Untuk Mengembangkan Masyarakat Agar Semakin Maju Dan Sejahtera

  Edukasi
Untuk Mengembangkan Masyarakat Agar Semakin Maju Dan Sejahtera

Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera?

Daftar Isi

1. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera?

Jawaban:

bayar pajak tepat waktu

Jawaban:

Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal.

2. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera pemerintah mengembangkan

Jawaban:

Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek

Penjelasan:

semoga membantu

3. Apa tindakan pemerintah untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera

Jawaban:

rasa solidaritas sesama masyarakat; Menghapus tindakan diskriminasi

Penjelasan:

Jawaban:

Pemerintah terus berupaya mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Untuk itu, pemerintah menyediakan anggaran yang mencukupi, sehingga pengembangan iptek bermanfaat bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam sambutan saat Pembukaan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) ke XI di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Kamis (8/9).

“Tidak bisa dimungkiri bahwa keberhasilan peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan iptek sangat bergantung pada faktor kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pendanaan.

Di antara faktor SDM dan pendanaan, seringkali menjadi perdebatan mana yang lebih dahulu dipersyaratkan. Apakah dengan semakin kuat kualitas SDM yang ada, maka akan semakin besar dukungan dana yang diberikan. Atau, semakin banyak dana yang diberikan, maka akan menghasilkan SDM yang semakin berkualitas, ujar Menko Puan.

Dikatakan, apabila dilihat dari kebutuhan anggaran untuk kegiatan iptek, saat ini persentase anggaran untuk kegiatan iptek di Indonesia hanya berkisar 0,08 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Padahal, rasio anggaran iptek yang memadai menurut United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organisation (UNESCO) adalah sebesar 2 persen dari PDB.

Untuk Indonesia, 2 persen PDB 2014 berarti lebih dari Rp 200 triliun, sedangkan yang tersedia saat ini kurang lebih hanya sekitar Rp 10 triliun. Tentu itu merupakan kesenjangan yang sangat besar antara kondisi ideal dan apa yang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, kata Menko, Pemerintah mengoptimalkan ketersediaan anggaran riset dan teknologi dengan menggabungkan urusan riset dan teknologi dengan urusan pendidikan tinggi. Penggabungan itu untuk memacu perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi ), dan inovasi.

Latar belakang yang mendorong asimilasi kedua sektor tersebut adalah agar karya-karya yang dihasilkan perguruan tinggi tidak berhenti menjadi arsip saja, namun diharapkan dapat menjadi solusi konkret untuk menjawab permasalahan masyarakat melalui jalur implementasi. Selain itu, alokasi anggaran riset akan bisa ditopang oleh anggaran pendidikan tinggi dan kedua sektor dapat berjalan dengan sinergi, katanya.

Menko PMK juga meminta agar dibangun koneksitas yang semakin kokoh antara dunia riset dengan dunia usaha dan industri. Diperlukan prioritas dalam mengelola dan membangun koneksitas antara keduanya.

Kementerian Ristek dan Dikti, kata Puan, harus dapat mengambil peran dalam membangun koneksitas tersebut dengan memberikan berbagai skema kerja sama antara ilmuwan dan industri yang dapat memberikan nilai tambah kepada masing-masing pihak.

“Upaya lainnya dalam pemberdayaan riset dan hasil riset nasional bagi pembangunan ekonomi masyarakat adalah dengan membangun Science and Techno Park (STP) di daerah.

STP harus memacu pembangunan yang cerdas dan inovatif dengan mengedepankan aspek keberlanjutan atau pembangunan ekonomi masyarakat yang berbasis pengetahuan serta mampu berdaya sain
g. Pemerintah menargetkan untuk membangun sebanyak 100 STP yang tersebar di berbagai daerah yang diharapkan menjadi rintisan dan percontohan untuk pembangunan STP selanjutnya, jelas Puan.

Dijelaskan, dalam UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019 telah dicanangkan penyelenggaraan riset difokuskan pada tujuh bidang. Tujuh bidang itu adalah pangan dan pertanian; energi, energi baru dan terbarukan; kesehatan dan obat; transportasi termasuk maritim; telekomunikasi, informasi dan komunikasi; teknologi pertahanan dan keamanan; serta teknologi material.

“Dengan membangun kekuatan iptek yang difokuskan pada tujuh bidang tersebut diharapkan Indonesia dapat memiliki kemandirian dalam membangun ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, kata Puan.

Menko juga menambahkan, belajar dari keberhasilan bangsa dan negara lain yang saat ini dinilai memiliki kekuatan ekonomi dan tingkat kemakmuran yang baik, maka kunci keberhasilannya adalah pada penguasaan iptek.

Dunia saat ini berada dalam era persaingan global untuk dapat memenangkan kepentingan nasional masing-masing melalui kekuatan ekonomi, sumber daya alam, sumber energi, sumber daya manusia, dan iptek, ujar Puan.

Penjelasan:

maaf kalau salah

semoga membantu

jangan lupa follow ya

4. untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera,pemerintah mengembangkan IPTEK.tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan UUD nri tahun 1945 pasal? ​

kebijakan tersebut sesuai dengan Pasal 31 ayat (5) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia

5. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. Tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan UUD NRI Tahun 1945 Pasal…​

Tindakan pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan IPTEK sejalan dengan UUD 1945 termuat dalam pasal 31 ayat 5

Pembahasan

Pasal 31 ayat 5 UUD 1945 berbunyi “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.”

Mengapa IPTEK ini perlu dikembangkan oleh pemerintah? alasan yang paling logis adalah untuk mendapatkan manfaat yang besar untuk memajukan serta mensejahterakan bangsa, salah satunya yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu menjadi penggerak daya saing bangsa.

Tentunya dalam pengembangan Iptek tidak dilakukan dengan sembarangan harus berlandaskan nilai-nilai pancasila yang mana diharapkan dapat memberikan dampak luas pada kemaslahatan kehidupan bangsa Indonesia. IPTEK boleh berkembang dan maju, namun harus tetap seimbang dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang Pasal UUD 1945 yang memuat bentuk negara Indonesia https://brainly.co.id/tugas/15345194Materi tentang apa yang termuat dalam pembukaan UUD 1945? https://brainly.co.id/tugas/3743726Materi tentang 5 pasal yang mengatur hak warga negara https://brainly.co.id/tugas/86475

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: PPKN

Bab: Pancasila dan UUD 1945

Kode: 10.9.4

#TingkatkanPrestasimu

6. kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera diantaranya dengan meningkatkan taraf kehidupan bangsa meningkatkan taraf kecerdasan bangsa dan mengembangkan Segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa. Indonesia Apa judul yang tepat untuk penggalan teks di atas?​

Jawaban:

Memajukan indonesia

7. Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan meningkatkan taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia. Hingga saat ini, upaya-upaya tersebut masih terus dilaksanakan meskipun Indonesia sudah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Apakah gagasan utama dari teks di atas?

Jawaban:

kemerdekaan yang telah dicapai bangsa indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat indonesia yg sejahtera

8. untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan UUD NRI tahun 1945 pasal​

Jawaban:

pasal 31 ayat 5

maaf klo salah

9. apa tindakan pemerintah untuk mengembang kan masyarakat agar sekakin maju dan sejahtera

PPKn

Tindakan pemerintah untuk membuat masyarakat semakin maju dan sejahtra :

Memperluas lapangan pekerjaanMeningkatkan taraf hidupTidak membedakan masyarakat dan memperlakukan masyarakat dengan adilMenata kehidupan masyarakat

penjelasan:

Pemerintah selalu berusaha untuk membuat masyarakat sejahtra tetapi jika hanya pemerintah saja yang hanya berusaha membangun itu semua maka itu tidak akan berhasil jika masyarakat berusaha dan membantu pemerintah untuk membuat masyarakat sejahtra maka itu akan berhasil. Itulah tindakan yang dilakukan pemerintah untuk membuat masyarakat sejahtra.

_______________________________

Semoga Membantu-!

10. Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya sebagai berikut kecuali…. *4 pointsMeningkatkan taraf kehidupan bangsaMenggunakan kekayaan bangsa Indonesia untuk kepentingan golonganMeningkatkan taraf kecerdasan bangsaMengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia ​

Jawaban:

Menggunakan kekayaan bangsa Indonesia untuk kepentingan golongan

Penjelasan:

maaf klo salah

11. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal

Kemajuan IPTEK dapat menyebabkan perkembangan Indonesia untuk menjadi bangsa besar menjadi lebih cepat. IPTEK merupakan ilmu yang sangat penting karena dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Oleh karena itu negara berkewajiban untuk mengembangkan dan memajukan IPTEK di Indonesia. Perintah tersebut tertuang dalam pasal 31 Ayat 5 UUD 1945.

Pembahasan

IPTEK adalah singkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Setiap negara berlomba-lomba untuk memajukan dan mengembangkan IPTEK di negaranya masing-masing. Kemajuan IPTEK akan berpengaruh pada kemajuan di semua sektor. Hal ini disebabkan semua sektor dalam kehidupan memerlukan IPTEK.

IPTEK sangat penting dikembangkan karena dapat mempermudah semua pekerjaan manusia. Sehingga produktivitas kerja menjadi meningkat. Dampaknya kemajuan ekonomi secara menyeluruh akan meningkat.

Perintah kepada negara untuk mengembangkan IPTEK terdapat pada

UUD 1945 pasal 31 Ayat 5 yang berbunyi Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Pelajari lebih lanjut:Pengertian IPTEK https://brainly.co.id/tugas/9623688Perkembangan IPTEK di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/26127558Detail jawaban

Kelas : VII

Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 3 – Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Kode : 7.10.20

#AyoBelajar

12. kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera diantaranya dengan meningkatkan taraf kehidupan bangsa meningkatkan taraf kecerdasan bangsa dan mengembangkan Segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia hingga saat ini upaya-upaya tersebut masih masih terus dilaksanakan meskipun Indonesia sudah merdeka cukup lama dukungan masyarakat yang peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat Sejahtera Sebutkan tiga kata kunci yang terdapat pada paragraf di atas​

Jawaban:

gagasan utama nya ialah kemerdekaan itu sarana untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia,mengubah nasib masyarakat Indonesia,dan memajukan kemakmuran bangsa Indonesia

13. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal ….

Jawaban:

Pasal 31 Ayat 5 UUD 1945 hasil amandemen ke-4 menyebutkan bahwa : Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Penjelasan:

maaf kalo salah ><

14. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan Iptek. Tindakan pemeritah yang demikian sejalan dengan UUD NRI Thn 1945 Pasal​

Jawaban:

gatau gw bro:v,coba tanya goggle

15. Kemerdekaan yang telah dicapai bangsa Indonesia merupakan sarana mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera di antaranya dengan meningkatkan taraf kehidupan bangsa, meningkatkan taraf kecerdasan bangsa, dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan bangsa Indonesia. Hingga saat ini, Upaya-Upaya tersebut masih terus dilaksanakan meskipun Indonesia sudah merdeka cukup lama. Dukungan masyarakat yang peduli lingkungan sangat diperlukan dalam upaya-upaya bangsa untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Apakah gagasan Utama dari teks di atas? ​

Terdapat berbagai macam upaya-upaya di dalam mensejahterakan rakyat Indonesia, dimana upaya tersebut tidak akan terbentuk tanpa adanya dukungan dari masyarakat yang peduli lingkungan. Hal ini merupakan gagasan utama yang terdapat didalam soal.

Untuk lebih memahami mengenai materi gagasan utama dapat kita pelajari berikut ini

Penjelasan:

Gagasan Utama (Gagasan Pokok) adalah salah satu komponen di dalam sebuah paragraf selain gagasan pendukung. Gagasan ini merupakan ide dasar yang dapat dikembangkan dalam paragraf sehingga mewakili atas gagasan pendukung yang juga dijumpai dalam paragraf tersebut. Gagasan utama berperan sebagai inti dari suatu paragraf, maka seringkita jumpai kalimat yang jelas dan lengkap. Adapun ciri-ciri dari gagasan utama adalah sebagai berikut:

Didalamnya terdapat inti dari topik permasalahan.Dapat dijabarkan atau menjadi penjelas dalam suatu paragraf.Mampu berdiri sendiri sebab merupakan kalimat yang lengkap dan utama.Mempunyai makna yang lugas dan jelas.Umumnya berupa kesimpulan dari suatu paragraf.

Gagasan utama terletak di dalam suatu paragraf. Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang disusun menjadi satu kesatuan. Untuk dapat membangun sebuah paragraf diperlukan sebuah kalimat utama dan setidaknya satu kalimat penjelas. Adapun pengertian dari kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama yaitu gagasan yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun seluruh isi paragraf. Sementara kalimat penjelas memiliki pengertian sebagai suatu gagasan yang berfungsi sebagai pendukung dalam menjelaskan gagasan utama. Berdasarkan letak kalimat
utama
nya, sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

Paragraf deduktif. Merupakan paragraf dimana kalimat utamanya terletak di awal paragraf.Paragraf induktif. Merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.Paragraf campuran. Paragraf ini memiliki kalimat utama yang terletak di awal dan di akhir paragraf. Biasanya menggunakan awalan kata “oleh karena itu” , “Jadi”, “Sehingga”, dll.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang paragraf deduktif pada https://brainly.co.id/tugas/12188605

2. Materi tentang paragraf induktif pada https://brainly.co.id/tugas/24413316

3. Materi tentang paragraf campuran pada https://brainly.co.id/tugas/28339772

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: 1 – Sastra

Kode: 8.1.1

#AyoBelajar

16. untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal berapa ….

Jawaban:

pasal 28 H

maaf kalo salah

17. untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 tercantum pada

Jawaban:

Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia …

Penjelasan:

maaf kalau salah

18. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal

Jawaban:

pasal 31 ayat 5

Penjelasan:

smg membantu

19. Untuk mengembangkan masyarakat agar semakin maju dan sejahtera, pemerintah mengembangkan dan memajukan iptek. Tindakan pemerintah yang demikian sejalan dengan uud nri tahun 1945 pasal ………

Jawaban:

Pasal 31 ayat (5) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia

maaf klo salah

Video Terkait