Tuliskan Prinsip Dasar Etika Kerja Menurut Yuwono

  Edukasi
Tuliskan Prinsip Dasar Etika Kerja Menurut Yuwono

Tuliskan prinsip dasar etika kerja menurut yuwono​

Daftar Isi

1. Tuliskan prinsip dasar etika kerja menurut yuwono​

Jawaban:

Prinsip dasar di dalam etika profesi :

1.)Tanggung jawab

Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya.

Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.

2.)Keadilan.

Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya.

3.)Prinsip Kompetensi.

melaksanakan pekerjaan sesuai jasa profesionalnya, kompetensi dan

4.)Prinsip Prilaku Profesional.

berprilaku konsisten dengan reputasi profesi.

5.)Prinsip Kerahasiaan.

menghormati kerahasiaan informasi

Penjelasan:

semogamembantu

maafjikajawabannyakurangtepat...

2. sebutkan prinsip-prinsip atau etika dalam kerja menurut islam

Lima Prinsip Kerja Seorang Muslim

Berikut adalah lima prinsip kerja seorang mu
slim:

1.   Kerja, Aktivitas, dan Amal
Kerja, aktivitas, amal dalam Islam adalah perwujudan rasa syukur kita kepada nikmat Allah SWT.

……اعملوا آل داود شكرا وقليلٌ مّن عبادي الشكور

“……Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih”, (QS. Saba’ : 13).

2.    Berorientasi Pada Pencapaian
Seorang Muslim hendaknya berorientasi pada pencapaian hasil: hasanah fi ad-dunyaa dan hasanah fi al-Akhirah

وِمنهم مَّن يقول ربّنا آتنا في الدّنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النّار

“Dan di antara mereka ada orang yang bendo’a: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka’”, (QS. Al-Baqarah : 201).

3.    Berkarakter al-Qawiyy dan al-Amiin
Dua karakter utama yang hendaknya kita miliki, yaitu: al-Qawiyy dan al-Amiin.

قالت إحداهُما يا أبت استأجره إنّ خير من استأجرت القويّ الْأمين

Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: “Ya bapakku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya”, (QS. Al-Qashash: 26).

Al-Qawiyy merujuk kepada: reliability, dapat diandalkan. Juga berarti, memiliki kekuatan fisik dan mental (emosional, intelektual, spiritual). Sementara al-Amiin, merujuk kepada integrity, satunya kata dengan perbuatan alias jujur, dapat memegang amanah.

4.    Kerja Keras

Ciri pekerja keras adalah sikap pantang menyerah; terus mencoba hingga berhasil. Kita dapat meneladani ibunda Ismail AS Sehingga seorang pekerja keras tidak mengenal kata gagal (atau memandang kegagalan sebagai sebuah kesuksesan yang tertunda). 

5.    Kerja Cerdas
Cirinya memiliki pengetahuan dan keterampilan; terencana; memanfaatkan segenap sumberdaya yang ada. Seperti yang tergambar dalam kisah Nabi Sulaeman AS (Alaihi Salam) jika etos kerja dimaknai dengan semangat kerja, maka etos kerja seorang Muslim bersumber dari visinya: meraih hasanah fiddunya dan hasanah fi al-Akhirah. Jika etos kerja difahami sebagai etika kerja; sekumpulan karakter, sikap, mentalitas kerja, maka dalam bekerja, seorang Muslim senantiasa menunjukkan kesungguhan.

3. Jelaskan 10 macam etos kerja menurut Yuwono​

Jawaban:

Etos kerja adalah prinsip yang mengatur sikap dan tindakan seseorang dalam bekerja, yang didasarkan pada nilai-nilai yang diakui oleh masyarakat. Berikut ini adalah 10 macam etos kerja menurut Yuwono:

Kejujuran: memiliki sikap jujur dan tidak berbohong dalam bekerja.Tanggung jawab: memiliki sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan.Inisiatif: mampu mengambil inisiatif dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.Disiplin: memiliki sikap disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.Kebersihan: memiliki sikap senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja.Kerja sama: mampu bekerja sama dengan tim dan rekan kerja lainnya.Efisiensi: memiliki sikap efisien dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.Kreatif: mampu memberikan solusi dan ide-ide baru dalam menyelesaikan pekerjaan.Bertanggung jawab terhadap keberlangsungan perusahaan: memiliki sikap bertanggung jawab terhadap keberlangsungan perusahaan yang bekerja.Berpikir terstruktur: mampu memecahkan masalah dengan cara yang terstruktur dan logis.

4. 1. Tuliskan pengertian anggaran menurut Sony yuwono, dkk !

Jawaban:

wolldika

Penjelasan:

maaf kalau salah

5. Prinsip-prinsip etika bisnis menurut manuel valazques adalah ….

Jawaban:

Utilitarianisme; Hak; Keadilan; dan Perhatian (Caring).

6. Tuliskan lima prinsip dasar etika politik pancasila

PRINSIP DASAR ETIKA POLITIK PANCASILA :
1. Pluralisme
2. HAM
3. Solidaritas Bangsa
4. Demokrasi
5. Keadilan Sosial

7. jelaskan prinsip etika bisnis menurut anda?

cara melakukan kegiatan bisnis , yang cukup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat

8. bagaimana menurut anda menerapkan etika bisnis dalam sebuah persaingan dan menerapkan prinsip prinsip etika bisnis Islam?​

Jawaban:

bismillah. yang pertama harus yakin bahwa Allah telah memberikan rezeki kepada manusia sesuai dengan porsinya masing. walopun dagangannya sama. gak mengapa karena rezeki gak akan tertukar. bersainglah dengan sehat.

hallal. jangan curang. harus jujur amanah. jangan ada haram atau riba. di atas ridho sama ridho. jangan cuma nyari untung nya. tapi cari juga berkahnya.

9. Prinsip dasar etika pancasila ?

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang memiliki banyak sekali fungsi bagi kehidupan bangsa Indonesia dan salah satunya adalah sebagai sistem etika. Sebagai sistemetika, berikut adalah prinsip dasar dari Pancasila:

Pancasila digunakan sebagai penentu sikap dan penentu moral dalam pembuatan keputusan yang dilakukan oleh setiap warga negara.Pancasila digunakan sebagai petunjuk untuk menciptakan orientasi dan arah yang jelas dalam membina hubungan internasional, nasional, dan regional.Penyelenggara digunakan sebagai dasar analisa kebijakan yang akan berpengaruh terhadap kehidupan warga negara.Pancasila digunakan sebagai penyaring terhadap budaya, informasi, dan pluralitas yang ada di Indonesia.

Pembahasan

Etika adalah salah satu paham Pancasila dalam bidang filsafat sehingga nilai yang ada pada Pancasila bisa digunakan untuk mengatur dan membina tingkah laku dari masyarakat Indonesia. Sebagai sistem etika, Pancasila bisa dibedakan menjadi:

Deontologi: nilai yang ada pada Pancasila harus bisa direalisasikan secara wajib oleh masing-masing warga negara Indonesia.Teologi: penerapan terhadap nilai Pancasila adalah tujuan dari negara Indonesia dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut, warga negara harus mau menerapkan nilai Pancasila.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Pancasila secara etimologis, historis, dan terminologis https://brainly.co.id/tugas/418525Materi tentang sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar negara https://brainly.co.id/tugas/42152005Materi tentang fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia https://brainly.co.id/tugas/1642099

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: PPKn

Bab: 4 – Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945

Kode: 10.9.4

#AyoBelajar #SPJ2 

10. Sebutkan jelaskan menurut anda prinsip-prinsip dari etika

Jawaban:

Cara Bersikap Sesuai Dengan Norma

Penjelasan:

Menurut saya prinsip dari etika adalah cara kita bersikap dan bertindak terhadap sesama manusia sesuai dengan kaidah norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

11. jelaskan dan berikan contohnya prinsip-prinsip dasar di dalam etika profesi​

Jawaban:

Prinsip tanggung jawab.

Prinsip keadilan.

Prinsip otonomi.

Prinsip integritas moral.

Meningkatkan tanggung jawab.

Menekankan prinsip profesionalitas.

Menciptakan ketertiban.

Mencegah campur tangan dari pihak lain

12. Prinsip – prinsip etika profesi teknisi akuntansi menurut IAI​

1. Tanggung jawab profesi

2. kepentingan publik

3. integritas

4. objektivitas

5. kompetensi dan kehati-hatian profesional

6. kerahasiaan

7. perilaku profesional

8. standar teknis

13. Apa yang dimaksud prinsip kompetensi yang menjadi prinsip dasar dalam etika profesi?

Jawaban:

Sebagai salah satu profesi yang sangat penting dalam dunia ekonomi

14. 1. Apa yang di maksud dengan Etika dalam Pergaulan 2.Tuliskan prinsip prinsip Etika Pergaulan 3 Tuliskan Hal yang mendasar dalam Etika pergaulan 4.Tuliskan apa yang kamu ketahui ttg percaya diri 5.Tuliskan bagaimana meningkatkan Percaya diriTULUNG YA GESSSPOIN 20 OKEEEEEEE3​

Jawaban:

1. Suatu nilai yg mengatur dan memberikan pedoman atau patokan tertentu bagi setiap orang atau masyarakat untuk bersikap, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama, baik tertulis maupun tidak tertulis.

2. Hak kita memang layak untuk kita tuntut, tapi juga jangan sampai meninggalkan kewajiban kita sebagai makhluk sosial. Selalu tertib dan disiplin dalam melakukan setiap aktivitas. Disiplin waktu biar nggak keteteran.

3. Hal mendasar dalam etika pergaulan adalah :

-Bersikap sopan santun dan ramah.

-Perhatian terhadap orang lain.

-Mampu menjaga perasaan orang lain.

-Toleransi dan rasa ingin membantu.

-Mampu mengendalikan emosi diri.

4.Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

5.Meningkatkan Percaya Diri

– Bangun pola pikir positif.

– Kenali kekurangan dan kelebihan.

– Fokus pada langkah atau perubahan kecil.

– Lakukan hal yang disukai.

– Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

– Bergaul dengan orang-orang yang positif.

– Menerapkan pola hidup sehat.

Bergabung dalam kegiatan sosial.

Penjelasan:

SEMOGAMEMBANTU

JADIKANLAHAKUYANGTERBAIKYA!!!

Jawaban:

1. Apa yang di maksud etika dlm pergaulan

Suatu nilai yg mengatur dan memberikan pedoman atau patokan tertentu bagi setiap orang atau masyarakat untuk bersikap, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama, baik tertulis maupun tidak tertulis.

2. Prinsip- prinsip etika pergaulan yaitu:

Hak dan Kewajiban. Kita mempunyai hak yang layak untuk kita tuntut, tetapi juga jangan sampai meninggalkan kewajiban kita sebagai makhluk sosial.

Tertib dan Disiplin. …

Kesopanan. …

Kesederhanaan. …

Kejujuran. …

Keadilan. …

Cinta Kasih. …

Suasana dan Tempat Pergaulan kita.

3. Tuliskan hal yang mendasar dalam etika pergaulan

Hal mendasar dalam etika pergaulan adalah :

Bersikap sopan santun dan ramah.Perhatian terhadap orang lain.Mampu menjaga perasaan orang lain.Toleransi dan rasa ingin membantu.Mampu mengendalikan emosi diri.

4. Tuliskan apa yang kamu ketahui tentang percaya diri

Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif.

5. Tuliskan bagaimana meningkatkan percaya diri

Tips Meningkatkan Percaya Diri

Bangun pola pikir positif. …

Kenali kekurangan dan kelebihan. …

3. Fokus pada langkah atau perubahan kecil. …

4. Lakukan hal yang disukai. …

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. …

6. Bergaul dengan orang-orang yang positif. …

7. Menerapkan pola hidup sehat. …

Bergabung dalam kegiatan sosial.

15. 1. jelaskan pengertian etika menurut RS. sidi gajalba 2. sebutkan macam macam etika pergaulan 3. sebutkan prinsip prinsip etika pergaulan 4. sebutkan hal mendasar dalam etika pergaulan5. sebutkan manfaat dari etika pergaulan​

Jawaban:

1. Etika adalah teori mengenai perbuatan/perilaku manusia yang dipandang dari segi baik/buruknya dan sejauh mana bisa ditentukan oleh akal manusia.

2. saling menghormati, tolong menolong berprilaku positif, tidak membedak bedakan.

3. tertib dan disiplin, kejujuran, keadilan.

4. Bersikap sopan santun dan ramah, Perhatian terhadap orang lain,Mampu menjaga perasaan orang lain,Toleransi dan rasa ingin membantu,Mampu mengendalikan emosi diri

5. Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruknya perilaku atau tindakan manusia dalam ruang dan waktu tertentu,Mengarahkan perkembangan masyarakat menuju suasana yang harmonis, tertib, teratur, damai dan sejahtera.

16. bagaimana prinsip etika politik berdasarkan pancasial

dalam etika politik dalam pancasila memiliki
1. Norma Moral

yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut pandang baik maupun buruk, sopan maupun tidak sopan, susila atau tidak susila.

2. Norma Hukum

Suatu sistem peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam suatu tempat dan waktu tertentu dalam pengertian ini peratran hukum. Dalam pengertian itulah Pancasila berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum.

Dengan demiian, pacasila pada hakikatnya bukan meruakan suatu pedoman yang langsung bersifat normatif ataupun praktsis melainkan suatu sistem nilai-nilai etika merupakan sumber norma.

17. Tuliskan dan jelaskan prinsip prinsip etika Teknologi

1. Tanggung Jawab Profesi

Dalam prinsip tanggung jawabnya sebagai profesional, setiap anggota berkewajiban menggunakan pertimbangan moral dan profesional setiap melakukan kegiatannya.

2. Kepentingan Publik

Setiap anggota berkewajiban untuk senantiasa bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, mengormati kepercayaan publik, dan menunjukkan komitmen atas profesionalisme.

3. Integritas

Integritas adalah suatu satu kesatuan yang mendasari munculnya pengakuan profesional. Integritas merupakan kualitas yang m
endasari kepercayaan publik dan merupakan standar bagi anggota dalam menguji semua keputusan yang diambilnya.

4. Objektivitas

Prinsip objektivitas mengharuskan anggota bersikap adil, tidak memihak, jujur, secara intelektual, tidak berprasangka atau bias, serta bebas dari benturan kepentingan atau berada di bawah pengaruh pihak lain.

5. Kompetensi dan Kehati- hatian Profesional

Setiap anggota harus melaksanakan jasa profesionalnya dengan kehati-hatian, kompetensi dan ketekunan, serta mempuyai kewajiban untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesional pada tingkat yang diperlukan untuk memastikan bahwa klien atau pemberi kerja memperoleh manfaat dari jasa profesional yang kompeten berdasaran perkembangan praktik, legislasi dan teknik yang paling mutakhir.

6. Kerahasiaan

Setiap anggota harus menghormati kerahasiaan informasi yang diperoleh selama melakukan jasa profesional dan tidak boleh memakai atau mengungkapkan informasi tersebut tanpa persetujuan, kecuali bila ada hak atau kewajiban profesional atau hukum untuk mengungkapkannya.

7. Perilaku Profesional

Setiap anggota harus berperilaku yang konsisten dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi. Kewajiban untuk menghindari perbuatan atau tingkah laku yang dapat mengurangi tingkat profesi harus dipenuhi oleh anggota sebagai perwujudan tanggung jawabnya kepada penerima jasa, pihak ketiga, anggota yang lain, staff, pemberi kerja dan masyarakat umum.

8. Standar Teknis

Setiap anggota harus melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan stsndar teknis dan stsndar profesional yang relevan. Sesuai dengan keahliannya dan dengan berhati-hati, anggota mempunyai kewajiban untuk melaksanakan penugasan dari penerima jasa selama penugasan tersebut sejalan dengan prinsip integritas dan obyektivitas.

Standar teknis dan standar professional yang harus ditaati anggota adalah standar yang dikeluarkan oleh IAI, International Federation of Accountants, badan pengatur, dan peraturan perundang- undangan yang relevan.

18. Prinsip-prinsip etika bisnis menurut Sonny Keraf (1998) adalah

Jawaban:

menurut Sonny Keraf, ada lima prinsip etika bisnis, yaitu:

Prinsip Otonomi: Otonomi merupakan prinsip kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab. Ini berkaitan dengan kemampuan untuk mengambil keputusan mandiri, melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diyakini, bebas dari tekanan, hasutan, ataupun ketergantungan kepada pihak lain.

Prinsip Kejujuran: Prinsip ini menanamkan sikap bahwa apa yang dilakukan harus sesuai dengan apa yang dijanjikan atau dikatakan. Prinsip ini juga mendorong kepatuhan dalam melaksanakan berbagai komitmen, kontrak, ataupun perjanjian yang telah disepakati.

Prinsip Keadilan: Prinsip ini menanamkan sikap untuk selalu berlaku adil kepada semua pihak tanpa membeda-bedakan, baik itu terkait masalah ekonomi, hukum, sosial, ataupun masalah lainnya.

Prinsip Saling Menguntungkan: Dalam berbisnis perlu ditanamkan prinsip win-win solution, atau dengan kata lain, setiap keputusan atau tindakan yang diambil harus bisa membuat semua pihak merasa diuntungkan.

Prinsip Integritas Moral: Prinsip ini menekankan untuk tidak merugikan orang lain dalam segala tindakan bisnis yang diambil. Prinsip ini menekankan bahwa setiap orang memiliki harkat dan martabat yang harus dihormati.

19. Prinsip dasar etika dengan laporan audit?

Akuntansi
Konsep Dasar Audit
Prinsip Audit

1.Integritas/ Integrity   >> Prinsip ini membangun kepercayaan dan memberikan dasar untuk landasan penilaian.2. Objektivitas/Objectivity
   >> Harus memiliki objektivitas dalam mengumpulkan dan  mengevaluas informasi aktivitas atau proses yang sedang diperiksa. Tanpa dipengaruhi oleh kepentingan pribadi.
3. Kerahasiaan/ Confidentiality    >> Henghormati nilai dan kepemilikan informasi perusahaan yang sedang diperiksa (menjaga seluruh kerahasiaanya)
4. Kompetensi/ Competency    >> Harus mempunyai pengetahuan, keterampilan dan pengalaman audit.

Video Terkait