Tokoh Wirausahawan Di Bidang Kerajinan Yang Sukses Dan Kisahnya

  Edukasi
Tokoh Wirausahawan Di Bidang Kerajinan Yang Sukses Dan Kisahnya

Tokoh di wirausahawan yang sukses dalam bidang kerajinan dan hal-hal kisah wirausawan yang sukses

Daftar Isi

1. Tokoh di wirausahawan yang sukses dalam bidang kerajinan dan hal-hal kisah wirausawan yang sukses

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan sukses

Bagi kita mungkin sampah adalah sesuatu yang sama sekali tidak berguna. Namun untuk Eni Aryani sampah justru jadi sumber penghasilan tambahan yang cukup besar.

Dengan bermodalkan kaleng dan kayu bekas Eni bisa menghasilkan omset sampai ratusan juta perbulannya.

Ia sangat terampil menyulap sampah yang tak berguna menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual. Karyanya memiliki ciri khas tersendiri pada motif dan desainnya yang membedakan dari produk kerajinan lain pada umumnya.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 22 Desember 1979 ini membuat kebih dari 20 macam varian produk. Diantaranya yaitu guci stempel, kaleng krupuk, vas bunga, tenong, ceret angkringan, tempat kue, ember, pensil, siraman bunga, dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya.

Walaupun hanya dari kaleng dan kayu bekas, barang yang dibuat Eni ternyata dijual dengan harga yang cukup mahal. Yaitu sekitar ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Salah satu alasan mengapa harganya cukup mahal karena kerajinan itu dibuat sepenuhnya dengan tangan (handmade).

kisah singkat wirausahawan sukses di bidang kerajinan

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 1,2 juta per unitnya. Barang kerajinan yang mahal biasanya berupa hiasan atau pajangan yang dibuat custom.

Bisnis Wastraloka ini dirintis oleh Eni Aryani sejak tahun 2014.

Konon pada saat memulai bisnis, Eni hanya menggunakan modal sebesar Rp 5 juta. Sebagian besar hanya digunakan untuk membeli bahan baku berupa cat akrilik dan barang bekas.

Selama berjalan satu tahun usahanya terus mengalami perkembangan. Permintaan akan barang kerajinan kian membludak setelah Eni memasarkan produknya secara online.

Dengan banyaknya permintaan maka tak heran jika Eni bisa meraup omset sampai ratusan juta perbulannya.

Singkat cerita produk wastraloka kian terkenal. Terlebih lagi selama setahun menjalankan bisnis ini atau lebih tepatnya pada tahun 2015, Eni mengikuti ajang pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia yaitu Inacraft.

Eni merasa sangat beruntung mengikuti ajang tersebut karena dengan mengikuti Inacraft ia bisa memasarkan produk kerajinan tangannya pada jangkauan yang lebih luas.

Setelah 2 tahun menggeluti bisnisnya Wastraloka dengan omset yang cukup besar, Eni mulai berpikir untuk fokus menggarap bisnisnya.

Ia yang bekerja sebagai karyawan swasta pada suatu perusahaan ingin mengundurkan diri (resign) dari pekerjaannya.

Sementara untuk lokasi bisnis Wastraloka, Eni memiliki tempat workhshop kerajinan tangan di Yogyakarta. Dan untuk pemasarannya Wastraloka memiliki galeri pemasaran di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Untuk pembelinya sendiri tidak hanya dari kalangan perorangan atau individu, tetapi juga dari kalangan korporasi besar seperti restoran dan hotel. Bahkan sampai di ekspor ke Jepang dan Australia.

Dalam proses produksinya, Eni dibantu oleh 8 orang pegawai. Namun jika orderan sedang banyak-banyaknya Eni juga mempekerjakan 5 freelancer.

Untuk pengerajin kalengnya ada 3 orang dan dibantu 2 orang freelance. Sementara pelukisnya ada 5 orang dan dibantu 2 orang freelance.

Danh Hal-hal Kisah Wirausahawan yang Sukses

Pengusaha Sukses #1: William Tanuwijaya – Tokopedia

William Tanuwijaya dilahirkan pada tanggal 11 November 1981. Setelah tamat SMA, beliau merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan.

William Tanuwijaya kemudian mengambil pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), jurusan Teknik Informatika.

William kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet, dimana beliau kemudian memperoleh tambahan penghasilan dan internet gratis. Dari sinilah William pertama kali mengenal internet lebih dalam.

Kisah suksesnya berlanjut saat beliau bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual beli online KafeGaul.

Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia – Perencana Keuangan Independen Finansialku

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya, William mengajak salah satu rekannya bernama Leontinus Alpha Edison, merintis Tokopedia.com pada tanggal 6 Februari 2009 yang kemudian rilis pada 17 Agustus 2009.

Tanpa memakan waktu lama, Tokopedia mendapatkan suntikan investasi pada tahun pertamanya dan dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Kini, Tokopedia menjadi satu platform terbesar yang menghubungkan penjual dan pembeli dengan proses jual beli yang aman, nyaman dan praktis.

2. tokoh wirausahawan dibidang kerajinan yang sukses dan hal hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil berdasarkan kisah suksesnya

Lucky Danna Aria. Pemuda yang hanya lulusan SMA telah sukses dengan jam tangan matoa nya. Jam tangan hasil karyanya tersebut sudah mulai sukses merambah hingga keluar negeri. Dia bermodalkan semangat yg tinggi dan gigih dlm bkerja.

3. Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yg sukses dan kisahnya

Dewi Tanjung Sari adalah wirausahawan yang sukses di bidang pengolahan daun kering menjadi souvenir

Sebagai anak yatim sejak kecil, anak semata wayang ini telah terlatih hidup mandiri sejak masa kanak-kanak. Ibunya yang saat itu bekerja sebagai pembantu rumah tangga, menguatkan keinginannya agar kelak mampu menjadi anak yang dapat mensejahterakan ibunya.

Berwirusahalah dengan gigih, penuh ketekunan, tidak gampang menyerah, dan selalu menyikapi segala keadaan dan kebutuhan dengan kreatif, dan memiliki mimpi sukses. Dewi Tanjung Sari (33) adalah tipe orang yang gigih memperjuangkan cita-citanya sebagai pewirausaha sukses. Ia telah memulai usaha sejak awal kuliah di Program Diploma III, Universitas Brawijaya Malang, kemudian mengembangkan usahanya dengan berbagai kendala dan hambatan, melanjutkan kuliah lagi di jurusan yang sama di IKIP Budi Utomo.

Semua berawal dari keinginannya untuk mencari uang, membantu ibunya yang saat itu mulai membuka warung, dan berjualan kecil-kecilan untuk biaya hidup dan kuliahnya. Sejak masuk kuliah di Program Diploma Univeristas Brawijaya, tahun 2003, Dewi sering sepulang kuliah mencari daun-daun kering, limbah yang banyak berserakan di kampusnya untuk digunakan berbagai produk kerajinan.

Daun-daun kering tersebut dibersihkan, kemudian dikeringkan dan dibentuk menjadi pigura foto, kotak pensil, undangan, dan bentuk kerajinan lainnya. Modal untuk membuat kerajinan tersebut juga tidak banyak, han
ya Rp. 50 ribu. Hasil kerajinan tersebut ia jual kepada teman-teman di kampusnya. Bahkan dalam sebuah pameran produk kerajinan yang diadakan dikampusnya, kerajinan milik Dewi yang dijual seorang teman ternyata habis terjual.

4. Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan hal – hal apa saja yang membuat wirausahawan ter sebut berhasil bedasarkan kisah suksesnya

memiliki orientasi tinggi
bersungguh sungguh dalam usahanya
memiliki sifat kreatif dan inovasi tinggi
sukses dalam perencanaan
berani mengambil resiko

5. 5 tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan dan hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil, berdasarkan kisah suksesnya

Kelas : VII

Pelajaran : Kewirausahaan

Kategori : Wirausaha Kerajinan

Kata kunci : wirausaha, kerajinan

Pembahasan.

Salah satu wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan adalah.

Nama : Komang Adi

Bidang Kerajinan : Melukis

Asal : Gianyar, Bali

Kisah suksesnya:

Melukis merupakan hobi komang Adi dari kecil. Begitu tamat sekolah Menengah Pertama (SMP), ia memilih untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Batubulan, Sukawati. Tamat Sekolah ia pun menekuni dunia lukis sebagai bidang usahanya. Namun kala itu, lukisan belum memiliki banyak penggemar. Harga lukisan pun tergolong rendah. Komang memulai usahanya dari menjual pigura karena bidang itu lebih berkembang daripada menjual lukisan itu sendiri. Sambil mengembangkan usaha pigura, Komang tetap melatih kemampuan melukisnya dan mengamati pasar lukisan. Ketika usaha piguranya cukup berkembang, Komang mulai memberanikan diri untuk memasarkan karya lukisannya.

berawal dari menjual satu dua lukisan, usaha Komang terus berkembang sehingga ia memiliki galeri sendiri. Awalnya, peminat lukisan Komang masih pasar domestik, kian lama bisnis lukisannya pun makin berkembang sampai ke pelanggan manca negara.

Lantaran permintaan turut meningkat, lama – lama Komang Adi merekrut sejumlah pelukis untuk menjadi karyawannya.Setelah belasan tahun mengembangkan usaha, kini Komang memiliki 34 pelukis yang bekerja untuknya.

Melihat peluang pasar, Komang mencari strategi untuk lebih banyak menggaet turis untuk datang ke galerinya. Komang bekerja sama dengan para tour guide dan agen perjalanan untuk mengajak turis berkunjung ke galerinya. Sebagai imbalannya, Komang akan memberikan komisi pada tour guide yang berhasil membawa turis ke galeri dan membeli lukisannya. Besar komisi yang diberikan tergantung harga lukisan yang terbeli.

Taktik ini cukup jitu membuat pengunjung bertambah. Komang juga mengembangkan bisnisnya melalui internet dengan membuat website sehingga pembeli dapat melakukan pesanan secara online atau lewat telepon.

Kini, komang tidak perlu lagi mempromosikan lukisannya lewat pameran lukisan, melainkan pelanggan syang datang sendiri untuk memesan lukisan.

6. Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil berdasarkan kisah suksesnya ​

Jawaban:

Salah satu tokoh wirausahawan Indonesia masa kini di bidang kerajinan yang sukses adalah Rinaldy Yunardi, seorang desainer aksesori dan perhiasan ternama.

Penjelasan:

Rinaldy Yunardi memiliki bakat dan kreativitas yang luar biasa dalam merancang aksesori dan perhiasan. Desain-desainnya unik, berani, dan inovatif, membuat produk-produknya menjadi sorotan di dunia fashion. Rinaldy pintar dalam membangun kolaborasi dengan desainer dan brand terkenal. Kolaborasi ini membantu meningkatkan citra mereknya dan memperluas pasar serta jangkauan bisnisnya.

Rinaldy Yunardi memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk mempromosikan produk-produknya. Branding yang kuat dan konsisten membantu menciptakan kesan profesional dan eksklusif pada mereknya.

Rinaldy tidak hanya fokus pada desain, tetapi juga pada kualitas dan ketelitian dalam proses produksi. Produk-produknya dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan pengerjaan yang detail. Rinaldy Yunardi selalu mengikuti tren mode dan selera pasar. Ia mampu beradaptasi dengan cepat dan menghadirkan desain-desain yang sesuai dengan keinginan konsumen. Rinaldy menanamkan keunikan dan identitas khas pada setiap produknya. Penggunaan bahan-bahan unik, motif khas Indonesia, dan elemen budaya memberikan nilai tambah pada aksesori dan perhiasan yang dibuatnya.

Seperti halnya setiap wirausahawan sukses, Rinaldy juga menghadapi berbagai tantangan dalam bisnisnya. Namun, ia terus mencari solusi dan tidak mudah menyerah, sehingga mampu melewati masa-masa sulit dengan baik.

Kisah sukses Rinaldy Yunardi dalam bisnis aksesori dan perhiasan menunjukkan pentingnya kreativitas, kolaborasi, pemasaran yang efektif, dan keunikan produk untuk mencapai kesuksesan dalam dunia wirausaha. Keberhasilannya juga mengingatkan kita tentang pentingnya memperhatikan kualitas produk dan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan tren dan pasar.

7. Temukan tokoh wirausahawan dibidang kerajinan tangan yang sukses, tuliskan hal hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut sukses, berdasarkan kisah suksesnya

Mapel : Kewirausahawan
Kategori : mengenal tokoh sukses
Kata kunci : tokoh, wirausahawan sukses

Pembahasan

Tokoh tokoh wirausahawan di bidang kerajinan tangan yang sukses antara lain :
1.) Pengusaha kerajinan tekstil kain songket : fauziah
2.) Profil H. Komarudin kudiya S. IP, M. Ds : sosok pengusaha batik yang sukses.
3.) pengusaha tekstil : valkrisda Caresti.

8. Tokoh Wirausahawan sukses dibidang kerajinan dan hal apa saja yg membuat Wirausahawan tersebut berhasil, berdasarkan kisah suksesnya

Kelas: X
Mata pelajaran: Wirausaha
Materi: Tokoh Wirausaha
Kata kunci: Iwan Tirta

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses misalnya adalah pengusaha batik Iwan Tirta.

Hal-hal yang membuat wirausahawan tersebut berhasil adalah kreativitasnya dan ketekunananya.

Jawaban panjang:

Iwan Tirta adalah salah satu pengusaha fashion ternama di Indonesia. Iwan berhasil membawa batik mendunia pada tahun 1980an dan 1990an.

Iwan Tirta lahir dengan nama asli Nusjirwan Tirtaamidjaja di Blora, Jawa Tengah, pada 18 April 1935. Dia meninggal di Jakarta pada 31 Juli 2010 karena sakit stroke dan diabetes.

Iwan membawa batik ke pangging dunia setelah menjadi perancang batik yang dikenakan oleh presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan dan istrinya, Nancy Reagan, saat mereka mengunjungi Indonesia pada tahun 1986.

Kemudian, dia juga menjadi perancang batik yang digunakan saat Konferensi Tingkat Tinggi APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) pada tahun 1994.

Kesuksesan Iwan Tirta tak lepas dari ketekunannya. Untuk menghasilkan batik berkualitas tinggi, Iwan Tirta menggunakan kerajinan batik tulis. Ini meski dengan waktu pengerjaan batik tulis yang
sangat lama, dapat mencapai 2 hingga 9 bulan.

Selain itu Iwan Tirta memiliki kreatifitas tinggi. Iwan Tirta tidak hanya menggunakan motif batik kraton dari Solo atau Yogyakarta sebagai Inspirasi, namun juga menggunakan motif batik Jawa Hokokai. Motif batik Jawa Hokokai adalah motif batik dari pesisir utara Jawa yang dipengaruhi oleh budaya dan motif Jepang, akibat dari pendudukan Jepang pada tahun 1942 hingga 1945.

Dengan kreatifitas ini Iwan Tirtta dapat menghasilkan motif yang sangat beragam. Ketika meninggal pada tahun 2010, Iwan Tirta mewariskan lebih dari 6000 motif batik.

9. Tugas 1 individu Wirausahawan sukses •Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses •kisah sukses dari wirausahawan tersebut •hal-halyang membuat wirausahawan tersebut berhasil,berdasarkan kisah suksesnya Kls:X

Jawaban:

kisah dewi tanjung sari si penyulap daun daun kering menjadi milyader

Penjelasan:

semoga membantu

10. tokoh wirausahawan dibidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil, berdasarkan kisah suksesnya​

Jawaban:

NAMA WIRAUSAHAWAN:ENI ARYANI

BIDANG KERAJINAN:Berbagai produk dari bahan bekas kaleng

HARGA PRODUK:RP.25.000 SAMPAI RP.1.200.000 per unit barang

OMSET:Ratusan JUTA per unit

hal yang menjadikan ENY ARYANI berhasil dalam menjalankan usaha kerajinan dari kaleng bekas ini antara lain sebagai berikut

1.berani memulai bisnis meski dengan modal yang minim namun di sertai dengan ketekunan tinggi

2.fokus.ENY ARYANI adalah pekerja namun kemudian ia meninggalkan pekerjaannya dan fokus mengembangkan bisnis kerajinan hingga berhasil seperti sekarang ini

3.faktor keberhasilan lainnya adalah karena ENI ARYANI giat memasarkan produknya secara ONLINE sehingga jangkauan pembeli semakin luas

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU YA

11. Sebutkan dua tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses beserta kisahnya!

Jawaban:

1. made 2.diah

Penjelasan:

1. made mampu membuat meja kursi dan pajangan dingding dan lain2 dari sampah kayu bekas dengan ke kratifan nya.

2.diah mampu mendaur ulang limbah2 sampah bekas seperti botol gelas bekas hinga menjadi barang yang berseni

12. tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil berdasarkan kisah sukses nya

Made
Sutamaya, Made
mengumpulkan sampah kayu kemudian ia membuatnya
menjadi berbagai jenis barang seperti kursi, kayu, meja,
pajangan dinding, dan lain sebagainya. Produk-produk
buatan Made ini dikenal memiliki nilai artistik yang tinggi
sehingga sangat diminati pembeli dari berbagai
mancanegara seperti Prancis, Jerman, Italia.

13. Tokoh wirausahawan dibidang kerajinan non benda yang sukses disertai kisahnya

dibidang tekstil kah?

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.
seperti ini?

14. Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil berdasarkan kisah suksesnya ?

Buat daftar pengusaha di bidang kerajinan yang sukses dan gunakan kisah sukses mereka untuk menuliskan mengapa pengusaha ini sukses. Salah satu pengusaha kerajinan yang sukses  adalah Komang Adi, Handicraft: Painting, di Gianyar, Bali. Yang membuat Komang Adi sukses adalah ia pintar dalam mencari peluang pasar, strategi yang diterapkan sangat efektif dan menarik banyak konsumen.

Pembahasan :

Salah satu wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan adalah Komang Adi di Bidang Kerajinan : Melukis, Asal : Gianyar, Bali

Kisah suksesnya:

       Melukis sudah menjadi hobi Koman Adi sejak kecil. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia memutuskan untuk melanjutkan ke Sekolah  Seni Batubulan (SMSR) di Skawati. Setelah lulus SMA, menekuni dunia seni lukis sebagai profesi. Namun, tidak banyak penggemar di lukisan-lukisan itu pada waktu itu. Harga gambarnya juga relatif murah. Komang memulai bisnis penjualan bingkai karena daerahnya lebih berkembang daripada menjual lukisan itu sendiri. Sambil membangun bisnis framing, Komang terus melatih keterampilan melukisnya dan mengamati pasar lukisan. Ketika bisnis framingnya cukup berkembang, Komang mulai  memasarkan  lukisannya.

    Awalnya, peminat seni lukis Koman masih aktif di pasar domestik, namun seiring berjalannya waktu bisnis lukisnya mulai mengikutsertakan klien internasional. Karena permintaan yang meningkat, Koman Adi telah lama  merekrut banyak pelukis untuk  bekerja untuknya. Sepuluh tahun setelah membangun bisnisnya, Koman sekarang bekerja untuknya dengan 34 pelukis.

    Komang melihat peluang pasar dan mencari strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan ke galerinya. Komang bekerja sama dengan pemandu wisata dan biro perjalanan untuk mengundang wisatawan ke galeri. Sebagai imbalannya, Koman membawa turis itu ke galeri dan mempercayakannya kepada pemandu wisata yang sukses untuk membeli lukisannya. Besarnya biaya yang diberikan tergantung dari harga lukisan yang Anda beli.

    Taktik ini sangat efektif untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Komang juga melakukan bisnis melalui Internet dengan membuat situs web yang dapat dipesan pembeli  secara online atau melalui telepon. Saat ini Koman tidak harus mempromosikan lukisan melalui pameran lukisan, melainkan melalui pelanggan yang memesan lukisan secara langsung.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Jenis kerajinan brainly.co.id/tugas/6617959Materi tentang Teknik kerajinan brainly.co.id/tugas/7983070Materi tentang Tujuan kerajinan lukis brainly.co.id/tugas/24820209Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Seni Budaya

Bab:  2 – Berkarya Seni Rupa

Kode: 11.19.2

#AyoBelajar #SPJ2

15. TUGAS 1 (Individu) Wirausahawan Sukses. •c
arilah tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan. •pelajari kisah sukses dari wirausahawan tersebut. •tulis hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut sukses.

Di bidang kerajinan, salah satu tokohwirausahawan yang sukses adalah Saharudin Kibro Akbar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat Saharudin menjadi wirausahawan yang sukses:

BIsa membaca keinginan dan kebutuhan pasar.Bisa mengolah bahan-bahan yang ada di sekitarnya.Berpikir secara inovatif dan juga kreatif.Pantang menyerah.

Pembahasan

Kerajinan adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa tiga dimensi yang dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan. Di Indonesia, kerajinan menjadi salah satu produk yang banyak ditemukan di sekitar kita. Saharudin Kibro Akbar menjadi salah satu pengusaha atau wirausahawan yang menawarkan kerajinan yang terbuat dari kayu. Mengawali usahanya dengan mengolah limbah kayu yang ada di sekitar tempat tinggalnya karena ia merasa risih ketika ada sampah di sekitarnya. Saharudin mengubah limbah tersebut menjadi kerajinan berupa wayang golek yang sangat indah. Pada awalnya, kerajinan tersebut hanya ia jadikan sebagai koleksi pribadi hingga akhirnya ia mulai mendapatkan pesanan sebanyak 2 buah setiap bulannya. Hingga saat ini, kerajinan wayang golek milik Saharudin sudah diekspor hingga ke pasar internasional.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh budaya benda dan non benda https://brainly.co.id/tugas/11453463Materi tentang administrasi usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/42007821Materi tentang penyusunan usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/16019579

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Wirausaha

Bab: –

Kode: 7.23

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3 

16. tokoh wirausahawan dibidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal hal apa saja yang membuatnya berhasil berdasarkan kisah suksesnya

-kreatifitasnya dalam mengelola hal yang tak bermanfaat
-bertekad keras dalam usahanya tersebut
-bertanggung jawab dalam melakukan perbuatan seputar bidangnyaberdoa, kerja keras, rajin bersedekah.

17. Hal hal yang membuat tokoh wirausahawan dibidang kerajinan sukses dan berhasil berdasarkan kisah suksesnya

kerja keras, pantang menyerah, tidak takut gagal, berani mencoba, sabar.
semoga membantu.

18. Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan tuliskan hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut berhasil berdasarkan kisah suksesnya ?​

Jawaban:

pak Komang Adi ia tekun dalam melakoni hobi lukisnya tersebut berusaha untuk mempromosikan lukisannya dan cerdas dalam mencari peluang

19. TUGAS1 (Individu)Wirausahawan Sukses.•carilah tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan.•pelajari kisah sukses dari wirausahawan tersebut.•tulis hal-hal apa saja yang membuat wirausahawan tersebut sukses.​

tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yg sukses minsalnya adalah pengusaha batik Iwan tirta.

hal² yg membuat wirausahawan tersebut berhasil adalah kreativitasnya Dan ketekunannya.

Penjelasan:

semoga membantu.:)

Video Terkait