Teori Dan Konsep Ilmu Sosial Dapat Dijadikan Sebagai Pisau Analisis

  Edukasi
Teori Dan Konsep Ilmu Sosial Dapat Dijadikan Sebagai Pisau Analisis

Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis

Daftar Isi

1. Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis

Soal:

teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam hal tersebut merupakan konsep sejarah yaitu..

Jawaban:

sinkronik

Pembahasan

Kata sinkronik, berasal dari bahasa Yunani yaitu syn yang berarti dengan, dan chronoss yang berarti waktu. … Kajian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu dengan lebih mendalam.

2. teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah.

Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah karena akan membuat penulisan sejarah menjadi multikausaliltas dan membuat tulisan sejarah menjadi bersifat deskriptif-analitis.

PEMBAHASAN

Intinya sejarah adalah ilmu yang dikatakan tidak mampu untuk menjelaskan secara analitis mengenai suatu peristiwa sejarah karena hanya menciptakan kronologi dan menginformasikan tentang hanya berupa peristiwa dan kapan terjadinya suatu peristiwa. Untuk mendapatkan kajian yang lebih mengenai suatu peristiwa sejarah, maka dilakukan pendekatan ilmu sosial agar sejarah dapat dianalisus secara tajam mengenai suatu peristiwa, tentang bagaimana sebab akibat yang menjadi terjadi suatu peristiwa, bagaimana aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik pada masa lampau sehingga sejarah yang ditulis mampu menyajikan alasan atau sebab-akibat yang mendalam tentang peristiwa sejarah.

Pendekatan ilmu sosial yang diambil di dalam sejarah haruslah yang paling mendekati dari kajian sejarah yang akan diteliti. Jika menceritakan tentang konsep Dewa Raja kerajaan Majapahit maka kita ambil pendekatan ilmu politik khususnya ideologi kuno (kerajaan absolut dan feodalisme). Jika kita ingin menulis sejarah tentang kebudayaan Dongson, maka kita ambil ilmu arkeologi dan antropologi. Untuk itulah sejarah yang akan ditulis akan menggambarkan keadaan yang sebenarnya berdasarkan pandangan dan konsep dari ilmu sosial, sehingga sejarah semakin tajam untuk diteliti dan semakin kompleks sebab-akibat dari suatu peristiwa. Pendekatan ilmu sosial dan sejarah seringkali disebut dengan sejarah sinkronis-diakronis atau sejarah deskriptif-analitis.

Pendekatan ilmu sosial tidak hanya pada ilmu sosial, tetapi juga teori yang paling dekat dengan suatu peristiwa sejarah yang akan diteliti.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang konsep ilmu sosial dalam sejarah, klik link di bawah ini:

https://brainly.co.id/tugas/3773566

https://brainly.co.id/tugas/7453092

https://brainly.co.id/tugas/8482995

https://brainly.co.id/tugas/1175042

……………………

Kelas            : X (1 SMA)

Pelajaran     : Sejarah

Kategori      : Konsep sejarah

Kata Kunci  : Pendekatan Ilmu Sosial di dalam sejarah, Deskriptif-Analitis

3. Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai “pisau analisis” sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam”.Hal ini merupakan konsep sejarah, yaitu…

Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai “pisau analisis” sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam”.  Hal ini merupakan konsep sejarah, yaitu Sinkronik.

Pembahasan

Intinya sejarah adalah ilmu yang dikatakan tidak mampu untuk menjelaskan secara analitis mengenai suatu peristiwa sejarah karena hanya menciptakan kronologi dan menginformasikan tentang hanya berupa peristiwa dan kapan terjadinya suatu peristiwa.

Untuk mendapatkan kajian yang lebih mengenai suatu peristiwa sejarah, maka dilakukan pendekatan ilmu sosial agar sejarah dapat dianalisis secara tajam mengenai suatu peristiwa, tentang bagaimana sebab akibat yang menjadi terjadi suatu peristiwa, bagaimana aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik pada masa lampau sehingga sejarah yang ditulis mampu menyajikan alasan atau sebab-akibat yang mendalam tentang peristiwa sejarah.

Di dalam menjelaskan aspek seperti  ekonomi, sosial, budaya, dan politik, maka digunakanlah sebuah konsep yang identik dengan menggunakan ilmu sosial, yakni konsep sinkronik. Ini ditujukan agar peristiwa sejarah menjadi semakin tajam analitis deskripsinya yang akan membuat sejarah menjadi multidimensional.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah.  https://brainly.co.id/tugas/17648300Materi tentang Apa saja pendekatan-pendekatan dalam sejarah?  https://brainly.co.id/tugas/3773566Materi tentang Contoh monokausal dan multikausal  https://brainly.co.id/tugas/7453092======================== Detil Jawaban

Kode          : 10.3.1

Kelas          : 11 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Konsep Sejarah

#AyoBelajar

4. teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam. hal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu

Jawaban :

Sinkronik

Penjelasan :

Sinkronis dan diakronis adalah dua konsep yang digunakan untuk mempelajari sejarah. Sinkronis berarti konsep mempelajari sejarah yang sangat luas dengan ruang, tetapi memiliki keterbatasan dalam hal waktu.

5. Bacalah informasi berikut dengan seksama! Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam. Hal tersebut merupakan konsep sejarah, Yaitu .

Jawaban:

sinkronik

sorry kalo salah 🙂

6. contoh pisau analisis?​

Jawaban:

Pisau analisa itu analoginya kayak gini: Kamu sedang membahas tentang olahraga misalnya. Apa yang bisa kamu bahas jika kamu tidak mengetahui apa pun tentang olahraga? Tidak ada kan? Pisau analisa itu sebuah teori, wacana, gagasan untuk membedah suatu persoalan.

Penjelasan:

1. Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb);

2. Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahaan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan;

3. penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya;

4. Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Dari pengertian ini Anda dapat menyimpulkan sendiri apa itu pisau analisa (analisis). Pengertian simpelnya menurut saya pisau analisa adalah kerangka gagasan yang kita pakai untuk menganalisa dan mensintesa tema atau peristiwa tertentu (dalam upaya menemukan solusi).

7. 1. bagaimana kaitan organisasi, manajemen dan administrasi terhadap marketing?? 2. sebutkan pisau-pisau analasisi dalam manajemen 3. apa kegunaan pisau-pisau analisis dalam marketing??

1.Sehingga, hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah administrasi merupakan bagian dari ilmu manajemen dalam pengumpulan dan pencatatan data yang nantinya organisasi analisa dan olah. Hasilnya akan organisasi gunakan sebagai perbaikan dan pengembangan pada sistem organisasi.

2.SWOT.

Force field analysis.

Brainstorming.

Diagram pohon masalah.

Diagram fishbone.

Model causal map.

3.-

penjelasan

aku yang nomor 3 ngak bisa maaf ya

8. Seperangkat saling keterkaitan antara berbagai konsep dan digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian disebut ….

Pertanyaan

Seperangkat saling keterkaitan antara berbagai konsep dan digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian disebut ….

Pembahasan

Seperangkat saling keterkaitan antara berbagai konsep dan digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian bisa juga disebut dengan “pendekatan”, atau dalam bahasa aslinya disebut dengan approach. Pendekatan atau approach ini bisa diibaratkan sebagai sebuah “pisau” untuk membedah sebuah objek penelitian, sedangkan teori-teori bisa diibaratkan sebagai peranti pendukung seperti air, atau apapun yang mendukung proses pembedahan sehingga hasil pembedahan tersebut jelas dan bersih sesuai dengan apa yang sudah dibayangkan ataupun direncanakan sebelumnya. Sebuah approach ini juga bisa diibaratkan sebagai sebuah palu, dimana teori adalah paku yang ditancapkan pada tembok atau kayu dimana itu adalah pengibaratan dari objek penelitiannya.

Pendekatan penelitian merupakan cara berpikir yang diadopsi oleh para peneliti tentang bagaimana desain riset dibuat dan bagaimana penelitian akan dilakukan. Dalam riset sosial, pendekatan penelitian meliputi tiga jenis, yaitu kualitatif, kuantitaif, dan campuran yang juga dikenal sebagai mix method. Proses analisis data dengan pendekatan salah satu dari ketiganya bisa bersifat induktif, deduktif atau gabungan dari keduanya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, kualitatif adalah sifat penelitian yang memfokuskan analisanya pada hal-hal yang bersifat abstrak seperti arti atau makna dari hasil penelitian. Kemudian kuantitatif adalah penelitian yang lebih memfokuskan analisanya pada sifat-sifat nominal seperti jumlah penduduk, pesentase kelahiran, kematian, jumlah siswa yang berhasil mengerjakan suatu tugas dan lainnya. Sedangan mix-method adalah jenis analisa yang menggabungkan dua unsur tersebut untuk mendapatkan hasil baik secara abstrak maupun secara nominal.

Pelajari Lebih Lanjut

Fungsi Teori Analisis : https://brainly.co.id/tugas/6314831

Metodologi Penelitian : https://brainly.co.id/tugas/2809350

Detil Jawaban

Kelas : SMA 11

Subjek : Sosiologi

Bab : Struktur dan Diferensiasi Sosial

Kode : 11.20.1

Kata Kunci : Analisis Sosial

seperangkat saling keterkaitan antara berbagai konsep dan digunakan sebagai pisau analisis dlm penelitian disebut “pendekatan”.

Pendekatan tersebut diibaratkan pisau karena saling berkaitan dengan berbagai konsep lain.
sehingga konsep lain diibaratkan air atau alat lainnya

MAPEL : SOSIOLOGI
KELAS : XII
BAB : PENELITIAN
KATA KUNCI : PENDEKATAN,KONSEP PENELITIAN

9. dalam ilmu fisika pisau termasuk dalam hukum apa ?

bidang miring, membantu masyarakat dalam hal memotong barangtuas. pesawat seserhana. kalo ga salah itu

10. Kemiskinan masih belum bisa dihilangkan dari bumi Indonesia merdeka. Model apa yang paling tepat untuk menjelaskan fakta kemiskinan di Indonesia? Kupaslah fenomenanya dengan pisau analisis teori pengentasan kemiskinan!

Jawaban:

kemiskinan masih menjadi garis besar permasalahan di negara berkembang seperti Indonesia. kurangnya lapangan pekerjaan dan tingkat kualitas SDM yang masih terbilang rendah merupakan beberapa faktor yang menyebabkan garis kemiskinan di negara kita. masalah2 lain juga dapat diakibatkan oleh adanya kerusakan dari dalam kepengurusan negara yang mungkin masih dapat kurang dipercaya dalam mengelola keuangan, dan mementingkan dirinya sendiri nya lah yang membuat masalah ini menjadi semakin rumit karena mereka yg mengurus belum berkompeten dalam mengendalikan nafsunya akan dirinya sendiri.

11. Bacalah informasi berikut dengan saksama:teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah.hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam.hal ters
ebut merupakan konsep sejarah,yaitu: a.kronik d.monokronikb.sinkronik e.anakronismec.diakronik ​

Jawaban:

c. diakronik

Penjelasan:

maaf kalo salah ya

12. Pembuatan kapak dan pisau menerapkan konsep dari tekanan pada

Penjelasan:

tekanan zat padat

sekian terima kasih

13. mengapa pisau harus tajam jelaskan berdasarkan konsep tekanan

karena semakin kecil luas tekanan makin besar tekanannyaPisau tajam karena memiliki tekanan besar.Apabila luas bidang kecil maka tekanan yang dihasilkan besar

14. Bagaimana pembangunan masyarakat dilaksanakan sehingga tujuannya bisa dicapai? Kupaslah cara mencaspai tujuannya dengan pisau analisis konsep-teoritis pembangunan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan konsep perencanaan dan perubahan masyarakat!

Jawaban:

pembangunan masyarakat dapat kita lakukand Engan cara menghimbauan dan memberi informasi2 yang sekiranya dapat menyadarkan kelalaian di daerah setempat. misal, ada daerah yang masih mengenyampingkan pendidikan. maka, sebagai orang yang bertanggung jawab di daerah tersebut dan untuk menaikan kualitas SDM yang baik, kita harus menyadarkan masyarakat setempat dan jika perlu memberikan fasilitas2 yang mendukung program pendidikan tersebut dengan layak. dengan layak bukan berarti hanya mengandalkan bangunannya yg baik, namun diberikan tenaga ajar yg memiliki kemampuan yang baik dan berkompeten di bidangnya untuk membantu pembangunan SDM di wilayah tersebut

15. Bacalah informasi berikut dengan seksama! Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam. Hal tersebut merupakan konsep sejarah, Yaitu .

Jawaban:

sinkronik

maaf kalo salah

16. uran Soal A A ABacalah informasi berikut dengan seksama.Teori dan konsep ilmu social dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalamHal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu….AanakronismeBmonokronikCsinkronikDkronikEdiakronik​

Jawaban:A.ANAKKRONISME

SEMOGAMEMBANTU

A. anakronisme

Paling jawaban saya salah

17. Jelaskan, apa yang menjadi penyebab timbulnya penipuan dalam interaksi melalui media sosial? Gunakan penggolongan dari Sutherland dan W.A. Bonger sebagai pisau analisis jawaban anda

Semakin maraknya praktik penipuan dalam interaksi media sosial terjadi karena adanya persepsi yang diberikan oleh si korban penipuan bahwa semua pernyataan, tawaran dan semua ajakan yang disampaikan oleh para pelaku menurut korban adalah sebuah realitas atau kenyataan.

Pembahasan

Perkembangan dari teknologi informasi semakin membawa perubahan sosial. Dengan semakin berkembang dan majunya media sosial, maka pola perilaku dari masyarakat itu sendiri akan mengalami banyak sekali perubahan budaya, etika dan norma yang ada. Indonesia, dengan penduduknya yang beragam suku, ras, dan budaya serta agamanya, memiliki potensi yang besar bagi terjadinya perubahan sosial.

Hampir dari seluruh masyarakat Indonesia dan berbagai latar belakang dan usia memiliki dan menggunakan media sosial yang digunakan sebagai sarana untuk bisa mendapatkan sarana dalam berbagi informasi dengan masyarakat luas. Namun dewasa ini, banyak sekali terjadi kasus penipuan melaluimedia sosial.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang perkembangan internet yaitu pada link

https://brainly.co.id/tugas/603965

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

18. Bacalah informasi berikut dengan seksama teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam hal tersebut merupakan konsep sejarah yaitu

Jawaban:

Sinkronik

Penjelasan:

Jangan lupa subrek, like, and share

19. Sebutkan pisau-pisau analisis dalam management

Jawaban:

Pisau-pisau analisis dalam manajemen, diantaranya:

SWOTForce field analysisBrainstormingDiagram pohon masalahDiagram fishboneModel causal map

Penjelasan:

Pisau analisis adalah suatu teori, wacana, dan gagasan untuk membedah suatu persoalan.

Pisau analisis dalam manajemen merujuk pada gagasan dan metode untuk merinci dan menilai keadaan lingkungan secara komprehensif guna memperoleh informasi faktor kunci keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi, sehingga menghasilkan strategi, program, dan kegiatan yang tepat dilakukan.

Terdapat banyak jenis pisau analisis dalam manajemen, diantaranya:

SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) merupakan sebuah analisis keadaan lingkungan internal dan internal.Force field analysisadalah analisis merencanakan perubahan.Brainstorming yaitu teknik menggali ide, kreatifitas menyelesaikan masalah.Diagram pohon masalah merupakan model untuk merinci masalah dan sebab akibat.Diagram fishbone yaitu model untuk merinci sebab akibat.Model causal map untuk pemetaan sebab akibat.

Ragam alat analisis tersebut dapat digunakan sesuai tujuan analisis manajemen yang akan dilakukan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Pisau-Pisau Analisis Manajemen https://brainly.co.id/tugas/49823927

#BelajarBersamaBrainly

Video Terkait