Tentukan Bilangan Oksidasi Unsur Dalam Senyawa Berikut

  Edukasi
Tentukan Bilangan Oksidasi Unsur Dalam Senyawa Berikut

tentukan bilangan oksidasi masing masing unsur dalam senyawa berikut

1. tentukan bilangan oksidasi masing masing unsur dalam senyawa berikut

Semoga bisa membantu 🙂 b) 2H + 2C + 4O =0
2(+1) + 2C + 4(-2) = 0
2C + 2 – 8 = 0
2C = 6
C = 6/2 = 3
C) O + 2F = 0
-2 + 2F =0
2F = 2
F= 2/2 = 1
e)Na+H =0
1 + 1 = 0
2 = 0
= 2

2. tentukan lah bilangan oksidasi masing-masing unsur pada senyawa berikut

Yee, elu nanya tapi soalnya mana?

3. tentukan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa berikut …….​

Jawaban:

Jawabannya ada di gambar. Tapi kalo mau jawaban dari aku ga dulu deh hehehheh

Penjelasan:

Gada yang perlu dijelaskan semunya udah cukup jelas. xixixixi becanda doang ygy

Semangat belajar Kimianya. Kimia itu mudah asik dan menyenangkan…. katanya sih gtu

4. Tentukan bilangan oksidasi unsur pada senyawa berikut NH4NO2

NH4+
(N) + 4(+1) = +1
(N)= +1 – (+4)
(N)= (-3)
NO2-
(N)+2(O) = -1
(N)+2(-2)= -1
(N)= (-1) – (-4)
(N)= +3

5. tentukan bilangan oksidasi masing masing unsur dalam senyawa berikut k2cro4

K2CrO4 k=+1 x 2 = +2 
o=-2 x 4 = -8
+2 +6 -8
K2CrO4
+1 +6 -2

jadi biloks dari Cr adalah +6
O dan K sudah memiliki ketetapan yaitu -2 dan +1 dikalikan dengan jumlahny untuk mengetahui biloks unsur yg blm diketahui

6. Tentukan bilangan oksidasi masing masing unsur dalam senyawa berikut mgso4

Jawaban:

0 = 1. biloks Mg + biloks S + 4.biloks O

0 = +2 + biloks S + 4.(-2)

biloks S = +6

7. Tentukan bilangan oksidasi dari unsur yang digaris bawah dalam senyawa senyawa berikut​

Jawaban:

Gmpang

Penjelasan:

a. HI = 0

→ (1) – (1) = 0

→ Biloks I=1

b. H2S = 0

→ (2) – (2) = 0

→ Biloks S=2

c. CO2 = 0

→ (4) (-4) = 0

→ Biloks C=+4

d. HNO3 = 0

→ (1) + (5) – (6) = 0

→ Biloks N=+5

SemogaBermanfaat(^.^)

8. tentukan bilangan oksidasi unsur dari ion atom senyawa berikut SO3,bilangan oksidasi s?

SO3 : O memiliki biloks -2, karena O ada 3 jadi -2×3= -6. supaya habis jadi 0, maka -6+6=0. jadi biloksnya S=6Bilangan oksidasi yang sudah diketahui adalah O = -2

SO3 = 0 —–> 0 karena senyawa tersebut tidak memiliki muatan
S + (3 x -2) = 0
S – 6 = 0
S = +6

Jadi, bilangan oksidasi S dalam SO3 adalah +6

9. Tentukan bilangan oksidasi atom unsur unsur dalam senyawa berikut. KC1

Jawaban:

K=+1 dan Cl=-1

Penjelasan:

Jumlah biloks unsur unsur dalam senyawa sama dengan 0 dan jumlah biloks Cl dalam senyawanya adalah -1.

Dengan ketentuan di atas dapat disimpulkan bahwa:

biloks K + biloks Cl = 0

biloks K + (-1) = 0

biloks K = +1

Semoga bermanfaat

10. tentukan bilangan oksidasi dari unsur S pada senyawa berikut​

Jawab :

bilangan oksidasi dari unsur S pada senyawa berikut​ :

a. SO₂ adalah +4

b. SO₃ adalah +6

c. H₂SO₄ adalah +6

d. Na₂S₂O₃ adalah +2

Penyelesaian soal :

a. Biloks S dalam SO₂

biloks O = -2             (aturan biloks)  

biloks SO₂ = 0

biloks S + (2 × biloks O) = 0

biloks S + (2 × (-2)) = 0

biloks S + (-4) = 0

biloks S = +4

b. Biloks S dalam SO₃

biloks O = -2             (aturan biloks)  

biloks SO₃ = 0

biloks S + (3 × biloks O) = 0

biloks S + (3 × (-2)) = 0

biloks S + (-6) = 0

biloks S = +6

c. Biloks S dalam H₂SO₄

biloks O = -2             (aturan biloks)  

biloks H = +1             (aturan biloks)  

biloks H₂SO₄ = 0

(2 × biloks H) + biloks S + (4 × biloks O) = 0

(2 × (+1)) + biloks S + (4 × (-2)) = 0

biloks S + (-6) = 0

biloks S = +6

d. Biloks S dalam Na₂S₂O₃

biloks O = -2               (aturan biloks)  

biloks Na = +1             (aturan biloks)  

biloks Na₂S₂O₃ = 0

(2 × biloks Na) + (2 × biloks S) + (3 × biloks O) = 0

(2 × (+1)) + (2 × biloks S) + (3 × (-2)) = 0

(2 × biloks S) + (-4) = 0

(2 × biloks S) = +4

biloks S = [tex]\frac{+4}{2}[/tex]

biloks S = +2

⇒ Kesimpulan, bilangan oksidasi dari unsur S pada senyawa berikut​ :

a. SO₂ adalah +4

b. SO₃ adalah +6

c. H₂SO₄ adalah +6

d. Na₂S₂O₃ adalah +2

Pembahasan :

Penentuan Bilangan Oksidasi

Bilangan oksidasi atau tingkat oksidasi suatu unsur adalah bilangan yang menyatakan jumlah muatan yang disumbangkan oleh atom atau unsur tersebut pada molekul atau ion yang dibentuknya.

Penentuan nilai oksidasi didasarkan atas perbedaan harga keelegtronegatifannya , unsur yang lebih besar elektropositif nilai biloksnya negatif.

Aturan penentuan bilangan oksidasi (biloks) :

Bilangan oksidasi unsur bebas adalah nol. Contoh : Bilangan oksidasi atom-atom pada C, Ne, H₂, O₂, Cl₂ , P₄, S₈, Cu, Fe, Na adalah nol. Bilangan oksidasi senyawa atau molekul adalah nol. Contoh : Jumlah bilangan oksidasi H₂O, NH₃, KMnO₄, SO₃ ,KCN adalah nol. Bilangan oksidasi unsur ion sesuai dengan jenis muatan ion dan jumlahnya. Contoh : Bilangan oksidasi Na⁺ = +1, Bilangan oksidasi Mg²⁺ = +2. Bilangan oksidasi senyawa atau molekul ion adalah sesuai dengan jenis muatan dan jumlahnya. Contoh : NH₄⁺ = +1, CO₃²⁻ = -2. Bilangan oksidasi unsur golongan utama (IA,IIA,IIIA,IVA,VA,VIA ) sesuai dengan golongannya. Contoh : IA = +1, IIA = +2, IIIA = +3, IVA = -4, VA = -3 , VIA = -2 , VIIA = -1 , VIIIA = 0. Bilangan oksidasi unsur-unsur logam golongan transisi , lebih dari satu. Contoh : Cu = +1 dan +2 , Fe = +2 dan +3 , Sn = +2 dan +4. Bilangan oksidasi hidrogen dalam senyawanya adalah +1 kecuali dalam Hidrida, atom Hidrogen biloksnya adalah -1. Contoh : Bilangan oksidasi H dalam H₂O, NH₃, dan HCl = +1, kecuali Bilangan oksidasi H dalam NaH dan CaH₂ = -1. Bilangan oksidasi dalam senyawanya adalah -2 kecuali dalam peroksida (-1) dan dalam senyawa biner dengan fluor (+2). Contoh : Bilangan oksidasi O dalam H₂O = -2 , kecuali bilangan oksidasi O dalam H₂O₂ dan BaO₂ = -1 , dan bilangan oksidasi O dalam OF = +2

Pelajari lebih lanjut :

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/21158802  

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/21177950  

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/21878392

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/21177846

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/21177950

materi tentang bilangan oksidasi https://brainly.co.id/tugas/22006525  

—————————————————————————————————–

Detail Jawaban :  

Kelas : 10

Mapel : Kimia  

Bab : Reaksi Redoks  

Kode : 10.7.6

Kata kunci : biloks, muatan, bilangan oksidasi

11. tentukan bilangan oksidasi dari unsur unsur berikut S dalam senyawa HSO4-​

Biloks dari unsur S dalam senyawa HSO₄⁻ adalah [tex]\boxed{+6}[/tex]

Pendahuluan:

Bilangan oksidasi atau yan
g disebut dengan biloks ialah bentuk atas pernyataan jumlah banyak nya diberikan dan diterima saat membentuk molekul atau pun ion. Biloks dapat berupa positif serta negatif.

Ingat lah bahwasanya:

“Jumlah atas seluruhnya bilangan oksidasi atom atom penyusun satu ion maka jumlah ia sama dengan muatan ion tersebut”.

Pembahasan:

[tex]HSO[/tex]₄⁻

[tex]H = +1[/tex]

[tex]O = -2\: . \:4=-8[/tex]

[tex]Ion = -1[/tex]

[tex]Maka:[/tex]

[tex]+1 + BO \:S + (-8) = -1[/tex]

[tex]\boxed{BO \:S = +6}[/tex]

Dapat disimpulkan bahwasanya bilangan oksidasi dari unsur S dalam senyawa HSO₄⁻ ialah [tex]\boxed{+6}[/tex]

Pelajari lebih lanjut:Nilai bilangan oksidasi P dalam ion  PO₄³⁻ adalah: https://brainly.co.id/tugas/43170614Berapakah bilangan oksidasi Fe,S,dan O dalam senyawa Fe2(SO4)3: https://brainly.co.id/tugas/21177846Bilangan oksidasi B dalam (BO₂)⁻ adalah +3 . Biloks B dalam (BO₃)⁻³ adalah: https://brainly.co.id/tugas/14445401Detail jawaban:Kelas: 10 SMA (Sekolah Menengah Atas)Mata pelajaran: KimiaBab: Bab 6 – Reaksi RedoksKode kategorisasi: 10.7.6Kata kunci: Menentukan biloks dari unsur S dalam senyawa HSO₄⁻

12. Tentukan bilangan oksidasi unsur-unsur bercetak tebal dari senyawa berikut!

Jawaban:

maksudnya?

Penjelasan:

ga ada soalnya

13. Tentukan bilangan oksidasi setiap unsur dalam senyawa atau ion berikut!​

Bilangan Oksidasi

1) Na = +1

Br = -1

2) Na = +1

Br = +1

O = -2

3) Na = +1

O= -2

H = +1

4) Mn = +7

O = -2

5) F = +1

O = -2

Semoga membantu kak..

14. tentukan bilangan oksidasi masing masing unsur dalam senyawa atau ion berikut

a. HgCl₂
Hg=+2 , Cl=-1
b.NaHSO₃
Na=+1
H=+1
O=-2
S=+4
c.CaH₂
H=+1
Ca=+2
d.CF₄
F=-1
C=+4

15. Tentukan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa berikut! LiBrO2​

Jawaban:

Biloks Li +1

Biloks O -2

Biloks Br +3

16. tentukan bilangan oksidasi unsur S dalam Senyawa Senyawa berikut : NaHSO³

BO Na + BO H + BO S + 3xBO O = 0
(+1) + (+1) + BO S + 3(-2) = 0
(+2) + BO S -6 = 0
BO S = +4

17. Tentukan bilangan oksidasi unsur pada senyawa berikut NH4NO2

Biloks N pd NH4NO2 = +3

18. Tentukan bilangan oksidasi masing-masing unsur dalam senyawa berikut

dek tulis atuh senyawanya apa aja ini gak ditulis bagaimana mau nenjawabnya dekk

19. Tentukan bilangan oksidasi unsur-unsur dalam senyawa berikut CO² O4²-​

Jawaban:

Bilangan oksidasi dari unsur C dalam senyawa CO₂ adalah +4.

semoga bermanfaat

Video Terkait