Teks Pidato Berbakti Kepada Orang Tua Singkat

  Edukasi
Teks Pidato Berbakti Kepada Orang Tua Singkat

Contoh teks pidato singkat tentang berbakti kepada orang tua

1. Contoh teks pidato singkat tentang berbakti kepada orang tua

Jawaban:

ayah ibu jika aq punya salah dan tidak pernah membahagiakan ibu dan ayah kali ini aq berjanji menjadi lebih baik

2. contoh teks pidato berbakti kepada kedua orang tua yang singkat​

Penjelasan:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak-Ibu guru, beserta rekan-rekan sekalian yang saya cintai.

Segala puja dan puji marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi, yakni Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabatnya serta kepada seluruh umatnya, dan semoga kita semua mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. (Amiin Ya Rabbal Alamin)

Rekan-rekan yang saya cintai

Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Kita pun menyadari bahwa orang tua berkuah keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain.

Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan

Betapa Penting Berbakti Kepada Orang Tua.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya banggakan.

Allah yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Janganlah sekali-kali kita berbuat durhaka kepada orang tua. Ingatlah begitu dahsyatnya ancaman bagi siapapun yang durhaka kepada orang tua. Membuat menangis orang tua juga terhitung sebagai perbuatan durhaka, tangisan mereka berarti terkoyaknya hati, oleh polah tingkah sang anak. Ibnu Umar menegaskan: Tangisan kedua orang tua termasuk kedurhakaan yang besar. (HR. Bukhari, Adabul Mufrod hlm 31. Lihat Silsilah Al Ahaadits Ash Shohihah karya
Al Imam Al Albani, hal. 2.898)

Allah pun menegaskan dalam surat Al Isro: Wallaa taqullahummaa uff bahwa perkataan uh atau ah terhadap orang tua saja dilarang apalagi yang lebih dari itu. Dalam ayat itu pula dijelaskan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua. Sekarang kita ketahui bersama apa arti penting dan keutamaan berbakti pada orang tua. Kita ingat kembali, betapa sering kita membuat marah dan menangisnya orang tua? Betapa sering kita tidak melaksanakan perintahnya? Memang tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Alloh, akan tetapi bagaimana sikap kita dalam menolak itupun harus dengan cara yang baik tidak serampangan. Mari kita bersegera untuk meminta maaf pada kedua orang tua kita, karena Ridhollaahi fii ridholwaalidaini ridho Alloh tergantung pada ridho kedua orangtua.

Dan yang terpenting adalah kita senantiasa mendoakan kedua orang tua kita dengan doa : Rabbighfirli waliwa lidayya warhamhuma kama rabbayani shoghira ( Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka mengasihani aku waktu kecil).

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya banggakan.

Demikianlah pidato singkat saya ini , mudah-mudahan kita semua menjadi anak yang senantiasa menjadi harapan orang tua, menjadi anak sholeh yang selalu mendoakan keduanya baik ketika masih hidup terlebih ketika sudah meninggal kelak.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan.

3. pidato singkat berbakti ke pada orang tua

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji Syukur Kita Panjatkan Kehadirat Allah SWT Yg Telah Memberikan Kita Beribu – Ribu Nikmat Terutama Nikmat Iman , Islam , & Sehat Wal’afiat Sehingga Kita Dapat Berkumpul Di Tempat Yg Insya allah Di Muliakan OlehAllah

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang diutus oleh Allah SWT ke muka bumi ini sebagai rahmatan lil alamiin, yang telah menggempur kesesatan dan mengibarkan panji-panji kebenaran, serta memperjuangkan islam hingga sampai kepada kita

Saya Disini Ingin Memberikan Sedikit Ilmu Saya Tentang Berbakti Kepada Orang Tua Berbakti Kepada Orang Tua Itu Wajib Karena Orang Tua Telah Mengasuh & Mendidik Kita Sampai Sekarang Ini Seperti Yg Sudah Di Jelaskan Di Dalam Surat Al Isra Ayat 23 Yg Artinya “Dan  hendaklah kamu berbuat baik  pada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua – duanya sampai berumur lanjut dalam pemliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Begitulah Alquran menggambarkan tentang bagaimana manusia harus berbuat baik kepada kedua orang tua. Karena memang sudah sepantasnya dan seharusnya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya, yang demikian itu karena betapa besar jasa keduanya kepada sang anak.Alqur’an juga menyinggung bagaimana pengorbanan orang tua terhadap anaknya ketika sang anak masih dalam kandungan. Betapa susah dan payahnya sang ibu dalam menjaga kandungannya agar sang anak terlahir dengan sehat dan sempurna. Bagaimana  sakitnya derita yang di tanggung sang ibu ketika menanti detik – detik kelahiran, dia berjuang sekuat tenaga antara hidup dan mati demi si mungil pujaan hati. Dan seberapa banyak keringat yang di keluarkan sang ayah dalam mencari nafkah untuk membahagiakan sang anak yang nantinya akan menjadi pelita ke hidupan mareka, kata – kata lelah tidak pernah terucap dari bibir sang ayah tatkala melihat senyum bahagia dari bibir mungil Si Penyejuk Mata.

Maka dengan tegas Allah memerintahkan dalam al qur’an Surah Al luqman ayat 14  Firmannya.“Dan kami perintahkan kepada manusia  ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya ; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah dan menyapihnya dalam dua tahun ., bersyukurlah kepada –Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada –Kulah kembalimu”

Al qur’an adalah kitab pegangan umat Islam yang sangat sempurna, semua hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan ini telah tercantum dalam kitab yang mulia itu, dan tak terkecuali tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad (hak anak terhadap orang tua dan hak orang tua terhadap anak).

Demikianlah  Kultum Dari SayaSemoga Bermanfaat Bagi Kita SemuaJika Ada Kesalahan Kata Saya Minta Maaf

Wassalamualaikum Wr.Wb

4. pidato singkat tentang berbakti kepada orang tua

Berikut ini pidato singkat dengan tema “Berbakti kepada kedua orang tua”!

Assalamualaikum Warohmatullahii Wabarokatu!

Alhamdulillah segala puji syukur kepada Allah SWT atas rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Hadirin sekalian, terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada kesempatan kali ini untuk menyampaikan pidato saya mengenai bakti kepada kedua orang tua.

Kedua orang tua ialah orang yang sangat berjasa bagi kita dalam kehidupan ini. Ibu ialah orang yang telah mengandung, melahirkan dan membesarkan kita. Ayah ialah orang yang rela bekerja siang dan malam membanting tulang untuk menafkahi kita. Semua itu mereka lakukan dengan tulus dan tanpa pamrih. Sudah saatnya untuk kita membalas jasa-jasa mereka dengan berbakti kepada mereka.

Hadirin sekalian, berbakti kepada orang tua dapat kita mulai dengan selalu mendengarkan dan menaati nasihat mereka, membantu pekerjaan mereka, memberi hadiah, merawat mereka ketika sakit dan lain sebagainya. Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan mereka.

Oleh karena itu, saya ingin mengajak kita semua untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua. Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Saya memohon maaf atas kesalahan kata yang tidak saya sengaja. Akhir kata, wassalamualaiikum warohmatullahi wabarokatuu!

Pembahasan

Pidato merupakan kegiatan seseorang yang menyampaikan gagasannya di depan orang banyak. Pidato di atas merupakan pidato tentang berbakti kepada kedua orang tua. Dalam pidato tersebut pembicara akan menyampaikan jasa apa saja yang telah orang tua kita berikan dan cara kita berbakti serta membalas jasa-jasa mereka.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh pidato https://brainly.co.id/tugas/17194272Materi tentang cara membuat pidato https://brainly.co.id/tugas/28355Materi tentang pengertian pidato https://brainly.co.id/tugas/18349102

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 2

Kode: 9.1.2

#AyoBelajar

#SPJ2

5. Buatlah contoh teks pidato berbakti kepada orang tua!

Jawaban:

PEMBUKAAN:

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan kali ini,saya akan menyampaikan pidato tentang “BERBAKTI KEPADA ORANG TUA”.

ISIPIDATO:

Orang tua adalah seseorang yang mengasuh,mendidik dan menghidupi anak-anak.Kita sebagai anak harus berbakti kepada orang tua.Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban bagi seluruh anak.Berbakti kepada orang tua menunjukkan bahwa kita menyayangi orang tua kita.Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada orang tua.Yang pertama dimulai dari hal-hal kecil,seperti:tidak membantah perkataan orang tua.Sejak dini kita harus memiliki sifat sopan santun kepada orang tua.Berbakti kepada orang tua akan men
datangkan pahala yang sangat besar.

PENUTUP:

Sekian dulu pidato singkat dari saya,kurang lebihnya saya minta maaf.Wabilahitaufik wal hidayah.

WASSALAMUALAIKUMWARAHMATULLAHIWABARAKATUH

...

SEMOGAMEMBANTU

6. teks pidato bahasa arab tentang berbakti kepada orang tua

صَاحِبُ الْفَخاَمَةْ جَمِيْعُ الْحُكَمَاءِ رَحِمَكُمُ اللهِ صَاحِبُ السَّعَادَة ْجَمِيْعُ الْمُشْتـَرِكِيْنَ وَجَمِيْعُ الْحَاضِرِيْن رَحِمَكُمُ اللهِ أُحَيـِّيْكُمْ تَحِـيَّةً إِسْلاَمِيَّةً, تـَحِيَّةً مُبَارَكَـــةً مِنْ عِنْدِ الله, تَـحِيَّةَ اْلأُخُـوَّةِ ، السَّلاَمُ عليكم ورحمة الله وبركاته. اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي هَدَاناَ لِهَذَا وَمَاكُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلاَ اَنْ هَدَانَا اللهُ مَنْ يَهْدِي اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ ُيضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُوْلِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقَائِلُ ” رضا الرب في رضا الوالد، وسخط الرب في سخط الوالدين.” وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ: أيها الحاضرون المحترمون, فِي هَذَا اْلوَقْتِ سَأُلْقِي لَدَيْكُمْ الْمُحَاضَرَةَ تَحْتَ الْمَوْضُوعْ :  بر الوالدين أيها الحاضرون المحترمون, ما هو بر الوالدين؟ بر الوالدين هو الإحسان إليهما، وطاعتهما، وفعل الخيرات لهما، وقد جعل الله للوالدين منزلة عظيمة لا تعدلها منزلة، فجعل برهما والإحسان إليهما والعم على رضاهما فرض عظيم، وذكره بعد الأمر بعبادته، فقال جلَّ شأنه: {وقضى ربك ألا تعبدوا إلا إياه وبالوالدين إحسانًا} وقال تعالى: {واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئًا وبالوالدين إحسانًا{ أيها الحاضرون المحترمون, إعلم أن بر الوالدين له فضل عظيم، وأجر كبير عند الله -سبحانه-، فقد جعل الله بر الوالدين من أعظم الأعمال وأحبها إليه، فقد سئل النبي صلى الله عليه وسلم: أي العمل أحب إلى الله؟ قال: (الصلاة على وقتها قال: ثم أي؟ قال: ثم بر الوالدين قال: ثم أي؟ قال: الجهاد في سبيل الله) هيا بنا ننظر إلى طاعة إسماعيل -عليه السلام-  كان غلامًا صغيرًا، يحب والديه ويطيعهما ويبرهما. وفي يوم من الأيام جاءه أبوه إبراهيم -عليه السلام- وطلب منه طلبًا عجيبًا وصعبًا؛ حيث قال له: {يا بني إني أرى في المنام أني أذبحك فانظر ماذا ترى فرد عليه إسماعيل في ثقة المؤمن برحمة الله، والراضي بقضائه: {قال يا أبت افعل ما تؤمر ستجدني إن شاء الله من الصابرين{ وهكذا كان إسماعيل بارًّا بأبيه، مطيعًا له فيما أمره الله به، فلما أمسك إبراهيم السكين، وأراد أن يذبح ولده كما أمره الله، جاء الفرج من الله -سبحانه- فأنزل الله ملكًا من السماء، ومعه كبش عظيم فداءً لإسماعيل، قال تعالى: {وفديناه بذبح عظيم} أيها الحاضرون المحترمون, فالمسلم الصالح يبر والديه في حياتهما، ويبرهما بعد موتهما؛ بأن يدعو لهما بالرحمة والمغفرة، وينَفِّذَ عهدهما، ويكرمَ أصدقاءهما. وحثَّ الله كلَّ مسلم على الإكثار من الدعاء لوالديه في معظم الأوقات، فقال ربنا اغفر لي ولوالدي وللمؤمنين يوم يقوم الحساب .وقال:رب اغفر لي ولوالدي ولمن دخل بيتي مؤمنًا وللمؤمنين والمؤمنات أيها الحاضرون الكرام……أكتفي بهذا , وفي الختام أستعفي منكم أيها السادة الكرام ومعاشر الإخوان, إنه لا غَرْوَ لنا من كل الزلّات والأخطاء,فأقول : ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

maaf,bila salah..

7. Teks ceramah singkat tentang berbakti kepada orang tua

Contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua. Ceramah atau biasa disebut sebagai pidato. Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato tentang berbakti kepada orang tua bagus disampaikan dalam acara pondok ramadhan atau istighosah.

Pembahasan

Contoh pidato oleh ketua osis SMA dalam rangka kegiatan pondok Ramadhan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuuh.

Selamat Pagi, dan salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak Kepala SMA yang saya hormati,

Bapak/ Ibu Wakil kepala SMA

Bapak/Ibu Pembina OSIS

Bapak/Ibu guru SMA yang kami muliakan

Teman – teman pengurus OSIS

Kakak kelas, adik kelas dan teman teman SMA yang berbagai

Sebelum saya menyampaikan perkenankanlah saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahnya pada bulaman Ramdhan ini kita semua dapat berkumpul di aula SMA dalam rangka kegiatan pondok Ramadhan. Tak lupa pula salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan besar Nabi agung Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari kiamat nanti.

Syukur alhamdulillah, pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk melaksanakan agenda di Bulan Ramadhan, dengan tujuan meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan Ibadah di bulan suci ini.

Pada kesempatan ini saya sebagai ketua OSIS SMA, diberikan kesempatan untuk berbicara disini dalam dengan tema berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang hukumnya wajib karena orang tua telah mengasuh dan mendidik kita sampai sekarang ini. Seperti yang telah dijelaskan di dalam surat Al-Isra ayat 23 yang artinya “Dan  hendaklah kamu berbuat baik  pada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua – duanya sampai berumur lanjut dalam pemliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Begitulah Al-quran menggambarkan tentang bagaimana manusia harus berbuat baik kepada kedua orang tua. Karena memang sudah sepantasnya dan seharusnya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya, yang demikian itu karena betapa besar jasa keduanya kepada sang anak. Jika kita sebagai anak, sampai berani terhadap orang tua maka ancamannya adalah termasuk salah satu dosa besar. Alqur’an juga menyinggung bagaimana pengorbanan orang tua terhadap anaknya ketika sang anak masih dalam kandungan. Bet
apa susah dan payahnya sang ibu dalam menjaga kandungannya agar sang anak terlahir dengan sehat dan sempurna. Bagaimana  sakitnya derita yang di tanggung sang ibu ketika menanti detik – detik kelahiran, dia berjuang sekuat tenaga antara hidup dan mati demi si mungil pujaan hati. Dan seberapa banyak keringat yang di keluarkan sang ayah dalam mencari nafkah untuk membahagiakan sang anak yang nantinya akan menjadi pelita ke hidupan mareka, kata – kata lelah tidak pernah terucap dari bibir sang ayah tatkala melihat senyum bahagia dari bibir mungil Si Penyejuk Mata.

Maka dengan tegas Allah memerintahkan dalam al qur’an Surah Al luqman ayat 14  Firmannya “Dan kami perintahkan kepada manusia  ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya ; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah dan menyapihnya dalam dua tahun ., bersyukurlah kepada –Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada –Kulah kembalimu”

Al-quran adalah kitab pegangan umat Islam yang sangat sempurna, semua hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan ini telah tercantum dalam kitab yang mulia itu, dan tak terkecuali tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad (hak anak terhadap orang tua dan hak orang tua terhadap anak). Di antara kedua orang tua ini, maka berbuat lebihlah terhadap Ibumu. Sebab, surga di bawah telapak kaki ibu. Maksudnya, surga kita berada atas keridhoan Ibu.

Teman- temanku, Bapak Ibu guru yang berbahagia,

Saat ini kita telah berada di masa akhir zaman, zaman milenial maka jangan sampai kita terlarut dalam kemajuan zaman, namun mengikis akhlak baik kita. Semoga semoga orang tua kita senantiasa diberikan kesehatan, rezeki, kesabaran sehingga dapat menemani hingga nanti. Untuk teman-temanku yang orang tuanya telah dipanggil disisi Allah, semoga ditempatkan di surga firdaus yang senantiasa melihat kesuksesan kita dengan senyumnya.

Sekin yang dapat saya sampaikan, apabila ada yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih

Akhiru qouli hadza, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pidato

brainly.co.id/tugas/13972998

brainly.co.id/tugas/952409

—————————–

Detil jawaban

Kelas :  7

Mapel :  Bahasa Indonesia

Bab : Pidato

Kode :  7.1.10

Kata Kunci : pidato, ceramah, pendidikan

8. Buatkan sebuah teks pidato yang berbakti kepada orang tua

jawaban:

berbakti pada orang tua

dalam kehidupan kita telah melaluihal dunia

,dan orangtua lah yang memberikandorongan,

ia memberikanmasa depan yg cerah .

ia adalah malaikat yang menjagakita,ia mendidik kita ,maka kita harus balas Budi

hingga saatnya nanti

orang tua lah yg berjasa , tanpamukami tidak bisa apa apa

jadikan jawaban tercerdas

9. Contoh teks pidato berbakti kepada orang tua dan guru

PEMBAHASAN

Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan pidato untuk membujuk, menyakinkan para pembaca. Pidato ini bertujuan membujuk orang untuk melakukan sesuatu.

Prinsip Persuasif

Membujuk Demi KonsistenMembujuk Demi Perubahan Membujuk Demi Keuntungan

Strukutur Teks Pidato

Pembukaan IsiPenutup

Berikut Contoh teks pidato persuasif tentang berbakti kepada orang tua dan guru

Assalamualaikum Wr. Wb

Salam sejahtera untuk kita semua

Bapak kepala yang saya hormati, Bapak/Ibu yang hormati dan teman teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita kesehatan dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada pagi ini. Perkenalkan saya disini untuk menyampaikan pidato yang bertema berbakti kepada orang tua dan guru.

Hadirin yang berbahagia

Kita perlu ketahui bahwa Orang tua merupakan peran untuk membimbing, menemani, dan mendidik seorang anak. Seorang Ibu mengandung seorang anak selama 9 bulan lebih 10 hari. Pada saat mengandung, seorang ibu berjuang secara titik penghabisan untuk melindungi sang anak. Dari menjaga pola makan, kesehatan dan lain lain. Seorang ayah berjuang untuk mencari nafkah untuk kebutuhan istri dan anaknya. Seorang Ayah berangkat dari pagi sampai malam hanya untuk mencari nafkah. Seorang guru merupakan pembimbing untuk memberikan ilmu pengetahuannya untuk siswa.

Guru memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Guru sebagai orang tua disekolah.

Hadirin yang saya hormati

Apakah kalian sudah menyayangi kedua orang tua? Apakah kalian sudah memberikan kebahagian untuk orang tua? Apakah kalian sudah meminta maaf untuk kesalahan diri kepada orang tua? Apakah kalian sudah berterima kasih kepada orang tua? Jangan pernah sesekali menyakiti hati orang tua. Jika pernah melakukan kesalahan maka secepatnya minta maaf kepada orang tua. Berterima kasih lah kepada orang tua yang telah memberikan bimbingan dan biaya selama hidup. Orang tua sudah berusaha sebaik mungkin untuk anak. Mereka tidak mengenal lelah dan tidak merasakan lapar demi anaknya. Seorang anak juga harus menghormati dan mengikuti nasihat orang tua. Marilah kita berbakti ke orang tua, karena orang tua adalah jalan menuju surga. Janganlah sesekali menyakiti hati orang tua, karena menyakiti orang tua membuka jalan menuju neraka.

Apakah kalian sudah melaksanakan tugas dari guru? Apakah kalian sudah menghormati guru? Guru selalu mendidik siswa hingga siswa tahu. Dari tidak mengenal tulisan sampai mengenal tulisan. Guru juga tidak mengenal lelah dan tidak merasa lapar. Guru juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Seorang guru dari pagi sampai malam tetap mendidik siswanya. Janganlah menyakiti hati seorang guru, dan perhatikan guru pada saat memberikan materi ada pepatah “orang yang tidak memerhatikan guru, maka hilang semua ilmu”. Kita harus menghormati seorang guru, karena guru sudah berjasa untuk siswanya.

Demikian pidato yang bertema berbakti kepada orang tua, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kata kata yang tidak sesuai. Sekian dari saya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

PELAJARI LEBIH LANJUT

https://brainly.co.id/tugas/10370481https://brainly.co.id/tugas/5347963

 

DETIL JAWABAN

Kelas:  7

Mapel:  B. Indonesia

Bab:  Bab 10 – Pidato

Kode:  7.1.10

Kata Kunci:  Pidato Persuasif

#Optitimcompetition

10. Tuliskan pidato singkat tema berbakti kepada orang tua. CTT: Jangan terlalu panjang harus singkat dan jelas!

Jawaban:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak-Ibu guru, beserta rekan-rekan sekalian yang saya cintai. Segala puja dan puji marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT

Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Kita pun menyadari bahwa orang tua berkuah keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain.

Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan

Betapa Penting Berbakti Kepada Orang Tua.

Penjelasan:

11. Tolong berikan contoh teks pidato yang singkat tentang berbakti kepada orang tua, yg singkat yaa:)

hormat pada orang tua

kita harus menghargai dan menghormati orang tua kita maupun orang yang lebih tua dari kita, karena orang yang lebih tua dari kita orang tersebut juga orang tua kita. 

12. pidato kultum singkat tentang berbakti kepada orang tua​

Jawaban:

allah SWT berfirman dalam surat Luqman ayat 15

yang artinya:

“dan jik Kedua nya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuata yang tida ada pengetahuan mu tentang itu,maka jangan lah kamu mengikuti kedua nya,dan bergaul lah keduanya di dunia dengan baik…”

Ayat ini memberikan pelajaran kepada kita sebuah pelajaran yang berarti. Sebagai seorang anak tetap lah bebakti kepada orang tua,meskipun orang tua mu berbuat buruk pada mu.

Penjelasan:

maaf yaa kalo gk nyambung,ato salah

13. Teks pidato tentang berbakti kepada orang tua

Berikut ini contoh teks pidato yang berisi tema tentang berbakti kepada orang tua

Assalammualaikum Wr. Wb  

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi guru-guru dan teman-teman yang sangat saya sayangi.

Pada pagi hari ini, pertama-tama marilah kita sama-sama mengucapkan puji syukur atas nikmat yang telah Allah SWT beri dan limpahkan bagi kita, hingga kita bisa berada di sini. Di pagi yang luar biasa cerah ini, maka izinkan saya membawakan pidato dengan tema berbakti kepada orang tua.

Adapun pidato yang akan saya bawakan kali ini berisi tiga pokok bahasan penting. Isi pokok bahasan yang pertama adalah tentang jasa kedua orang tua, sedangkan isi pokok bahasan yang kedua adalah alasan mengapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua. Dan yang ketiga atau terakhir adalah bahasan yang berisi tentang cara-cara berbakti pada kedua orang tua.    

Dimulai dari jasa ibu kita yang telah mengandung kita selama 9 bulan lamanya dan juga setelah itu masih berjasa melahirkan kita ke dunia dengan rasa sakit yang luar biasa. Bukan hanya itu saja teman-teman sekalian, setelah susah payah mengandung dan melahirkan, seorang ibu juga sangat lelah dalam merawat anaknya. Besar sekali jasa seorang ibu dan tentu saja tidak bisa dibalas dengan harta apapun yang kita miliki.

Selain ibu, seorang ayah juga berjasa karena dengan perjuangannya yang telah memberi kita makan dengan hasil nafkah melalui cucuran keringatnya. Ada kalanya ayah kita juga harus menahan sakit akibat kesusahannya demi memenuhi kebutuhan dan keperluan kita. Oleh karena itu teman-teman, pengorbanan dari seorang ayah juga tidak bisa kita pandang sebelah mata. Tanpa adanya perjuangan yang juga ayah kita lakukan, rasanya sangat tidak mungkin kita bisa berada mengikuti acara ini.

Selain alasan-alasan tersebut, alasan utama lain kita harus berbakti kepada kedua orang tua karena Allah SWT yang telah memerintahkan kita untuk berbakti tanpa alasan melalui kitab sucinya. Sebagai seorang hamba/manusia yang taat kepadaNya, sudah menjadi kewajiban kita melakukan apa yang Allah SWT amanatkan dan perintahkan kepada seluruh umatnya. Salah satu amanatNya adalah berbakti kepada kedua orang tuamu.

Dengarkanlah segala nasihat dan lakukan perintah kedua orang tuamu selagi nasihat dan perintah itu menuju kebaikan dan berisi hal-hal untuk kebaikan. Selain itu, cara berbakti kepada orang tua yang paling mudah adalah dengan selalu mendoakan kedua orang tua kita di setiap saat atau setiap waktu kesempatan yang ada khususnya pada saat setelah sholat. Sebagai seorang anak yang selalu mendoakan orang tua, maka mudah-mudahan kita termasuk kategori anak yang berbakti.

Maka oleh sebab itu, mulai dari sekarang tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak berbakti kepada ibu dan ayah kalian semua di rumah. Segeralah menjadi anak yang berbakti dengan bisa menyenangkan hati kedua orang tua sepenuhnya. Demikian pidato dari saya, saya kira waktu yang diberikan sudah cukup maka ijinkan saya untuk undur diri dari bapak ibu guru dan juga teman-teman semuanya.  

Selamat pagi semuanya, salam sejahtera dan salam bakti kepada orang tua

Wassalamualaikum Wr. Wb

Pembahasan

Pidato adalah suatu pengungkapan pikiran dan wawasan yang dituangkan dalam bentuk ucapan/kata-kata yang terstruktur dan sistematis yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Secara umum, pengertian pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum/khalayak ramai yang dilakukan untuk menyatakan pendapat dan gagasan, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.

Tujuan dari Teks Pidato

Informatif        : bersifat memberikan suatu bentuk pemahaman atau informasi terhadap orang lainArgumentatif  : meyakinkan pendengar pidatoRekreatif        : bersifat membuat orang lain senang dengan teks pidato yang disampaikan karena dapat menghiburPersuasif       : memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator atau orang yang membacakan pidato tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang pidato pada link

https://brainly.co.id/tugas/33696568

Materi penjelasan tentang contoh pidato pada link

https://brainly.co.id/tugas/18540717

Detil Jawaban

Kelas          : VII

Mapel         : Bahasa Indonesia

Bab             : Bab 10 – Pidato

Kode           : 7.1.10

Kata Kunci  : Penjelasan pidato, contoh pidato

#JadiRankingSatu

14. Buatlah teks pidato tentang berbakti kepada orang tua

Jawaban:

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…..

Perkenankan nama saya…………..dari………. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema Berbakti Kepada kedua Orang Tua atau Birrul walidain…

Hadirin semua yang dirahmati Allah…

Marilah kita senantiasa panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat sehingga pada kesempatan pagi haari ini kita dapat berkumpul dalam satu majlis dengan keadaan sehat waal afiat.

Tak lupa sholawat serta salam juga tetap tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, salah satu Nabi pemimpin umat yang akan sanggup memberi Syaf’aat kepada umatnya yang taat, tidak pandang rakyat atau pejabat. S
emoga kelak kita termasuk umat yang mendapat Syafaat Nya. Amin ya robbal alamin……….

Hadirin semua yang dirahmati Allah…..

Kita sebagai makhluk Allah yang paling sempurna, sudah menjadi kewajiban setiap manusia untuk menjalankan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Selain itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepada kita.

Kemudian islam juga mengajarkan kepada kita untuk menyayangi, mengasihi dan menghormati sesama manusia. Agar bisa terjalin kerukunan hidup antara satu dengan yang lainnya. Namun kenyataannya sekarang ini banyak kita jumpai generasi muda yang sudah tidak lagi menghormati sesama saudaranya terutama kepada kedua orang tua. Mereka tidak mau menghormati, menyayangi dan mengasihi lagi. Apalagi bila orang tua tidak memiliki harta kekayaan yang banyak, maka anaknya tidak lagi hormat bahkan menyia-nyiakannya. Karena mereka merasa sudah bisa cari uang sendiri tanpa bantuan kedua orangtuanya, Kadang – kadang mereka memperlakukan orangtuanya seperti pembantu. Dan adapula yang menitipkannya di panti jumpo.

Selain itu bahkan sekarang ini banyak kita jumpai juga seorang anak yang tega menyakiti orang tuanya sampai membunuhnya hanya lantaran persoalan yang sepele. Na’udzu billahi min dzalik….

Barangkali mereka telah lupa bahwa oang tuanyalah yang telah melahirkan dengan taruan nyawa, menyussuinya, menyuapinya, melindungi dari panas dingin dan mengasihinya dengan tulus ikhlas. Oleh karena itu kita wajib membalasnya dengan cara menyayangi, menghormati, mematuhi serta merawatnya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Sebagaimana Firman Allah dalam surat Al isra ayat 23 yang intinya kita dilarang menyekutukan Allah dan tidak diperbolehkan berkata kasar kepada kedua orang tua.

Kemudian pada suatu hari Rosulullah di datangi oleh seorang laki – laki dengan bertanya :

Ya…Rosulullah adakah yang masih bisa saya lakukan untuk berbakti kepada orang tua saya yang sudah meninggal ?

Rosulullah lalu menjawab :

Ada, yaitu :

dengan cara mendoakannya

memintakan ampun kepada Allah

memenuhi janji mereka berdua

menyambung sanak saudaranya

Hadirin semua yang dirahmati Allah…

Marilah bersama-sama kita berdoa untuk kedua orang tua kita

Bissmillahirrohmanirrohim….

Allahummaghfirli waliwa lidayya warkham humma kama robbayaani shoghiiro….”

Hadirin semua yang dirahmati Allah….

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mudah – mudahan bermanfaat bagi kita dan bila ada kekeliruan kami mohon maaf yang sebesar – besarnya.

Akhirul kalam….

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh…

Penjelasan:

semoga membantu

15. Tulislah sebuah teks ceramah singkat tentang berbakti kepada orang tua !

Jawaban:

Jangan lah kamu durhaka kepada Kedua orangtuamu karena dialah yang membesarkanmu dari kecil.dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orangtuamu dengan sebaik baiknya tatkala orangtuamu baik dan Menyayangi mu selagi kecil sampai besar

Penjelasan:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isra: 23

16. contoh pidato singkat berbakti kepada guru dan orang tua​

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bapak/Ibu guru dan orang tua yang saya hormati,

Saya merasa sangat terhormat dan berterima kasih bisa berdiri di sini hari ini, untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada para guru dan orang tua yang telah memainkan peran penting dalam membentuk hidup dan masa depan kami.

Pertama-tama, saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada para guru kami yang tercinta, yang dengan penuh kesabaran dan keikhlasan telah memberikan waktu, usaha, dan pengetahuan untuk mendidik dan membimbing kami. Pendidikan dan pengalaman yang kami terima tidak akan mungkin tercapai tanpa bantuan dan dukungan Bapak/Ibu guru. Kami sangat beruntung memiliki guru-guru seperti Bapak/Ibu yang peduli dan memperhatikan perkembangan kami.

Kepada orang tua kami yang tercinta, kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas cinta, perhatian, dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Bapak/Ibu orang tua adalah pahlawan sejati kami, yang tidak pernah lelah memberikan dorongan dan motivasi, serta mendukung kami dalam segala hal. Kami sangat berterima kasih atas segala pengorbanan dan usaha yang telah diberikan, demi kebahagiaan dan kesuksesan kami.

Akhir kata, kami berjanji akan terus berusaha semaksimal mungkin, agar dapat menghargai segala pengorbanan dan usaha yang telah dilakukan oleh para guru dan orang tua kami. Kami akan berbakti dengan belajar dengan sungguh-sungguh dan berprestasi, sehingga kelak dapat menjadi generasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara. Sekali lagi, terima kasih Bapak/Ibu guru dan orang tua, semoga Allah SWT selalu memberkati dan melimpahkan keberkahan kepada kita semua. Aamiin.

17. contoh pidato tentang berbakti kepada kedua orang tua singkat​

Jawaban:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teman-teman yang saya muliakan, izinkan saya untuk memberikan risalah singkat pentingnya hormat pada orang tua.

Dalam semua agama, menghormati orang tua hukumnya adalah wajib karena mereka telah berjasa untuk kehidupan untuk kita semua di sini.,

Menghormati orang tua bukan hanya sekadar patuh terhadap perintah, namun juga memberikan rasa bangga sebagai  penghargaan.

Rasa bangga bukan hal yang sulit, bahkan kamu dengan belajar yang baik sudah menghormati orang tua.

Sebab, orang tua kamu semua telah memberikan pendidikan layak sehingga tak boleh kamu sia-siakan.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak hanya diajarkan untuk berbakti dan menghormati orang tua saja namun juga cara mendoakannya.

Pengorbanan dan kerja keras mereka sangatlah wajib dihargai, bahkan sudah menjadi perintah jelas.

Oleh sebab itu, mari kita semua mendoakan orang tua supaya senantiasa dalam keadaan baik.

Turuti perintah dan nasihatnya, serta jauhi larangannya sehingga kita menjadi anak yang berbakti pada orang tua.

Akhir kata, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

18. teks pidato bahasa inggris tentang berbakti kepada orang tua

Every human being must have had parents. No one man who was born without parents. We also realize that our parents have struggled, both day and night, squeeze mind, hardest to fight so that all children can live well. In this short time, allow me to convey how very important filial to parents. Devoted to both parents is one of the very noble deeds even Allah has mentioned in the Quran about the virtues of filial to parents. In the word of God, we are ordered to de
vote to two parents and juxtaposed with the most important practice in Islam. This indicates that the charity is a very major one in the sight of Allah SWT. The magnitude of the dignity of both parents is seen through the eyes of the law

19. Contoh pidato singkat berbakti kepada orang tua

Seorang ibu telah berjasa mengandung kita selama 9 bulan dan juga berjasa melahirkan kita ke dunia dengan rasa sakit. Bukan hanya itu saja teman-teman sekalian, setelah susah payah mengandung dan melahirkan, seorang ibu juga harus lelah merawat anaknya. Besar sekali jasa seorang ibu dan tentu saja tidak bisa dibalas dengan harta apapun yang ada di dunia ini.

Seorang bapak juga sangat berjasa dengan telah memberi kita nafkah dengan hasil cucuran keringatnya. Tidak jarang bapak kita harus menahan sakit akibat kesusahannya dalam memenuhi kebutuhan kita. Pengorbanan seorang bapak juga tidak bisa kita pandang sebelah mata saja teman-teman sekalian. Tanpa perjuangan bapak kita, rasanya tidak mungkin kita bisa berdiri di sekolah yang kita cintai ini.

MAAF KALO SALAH

Yang terhormat Bapak-Ibu guru, beserta rekan-rekan sekalian yang saya cintai.

Segala puja dan puji marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi, yakni Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabatnya serta kepada seluruh umatnya, dan semoga kita semua mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. (Amiin Ya Rabbal Alamin)

Rekan-rekan yang saya cintai

Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Kita pun menyadari bahwa orang tua berkuah keringat, siang dan malam banting tulang, memeras pikiran, sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain.

Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan

Betapa Penting Berbakti Kepada Orang Tua.

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya banggakan.

Allah yang Maha Bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Janganlah sekali-kali kita berbuat durhaka kepada orang tua. Ingatlah begitu dahsyatnya ancaman bagi siapapun yang durhaka kepada orang tua. Membuat menangis orang tua juga terhitung sebagai perbuatan durhaka, tangisan mereka berarti terkoyaknya hati, oleh polah tingkah sang anak. Ibnu Umar menegaskan: Tangisan kedua orang tua termasuk kedurhakaan yang besar. (HR. Bukhari, Adabul Mufrod hlm 31. Lihat Silsilah Al Ahaadits Ash Shohihah karya Al Imam Al Albani, hal. 2.898)

Allah pun menegaskan dalam surat Al Isro: Wallaa taqullahummaa uff bahwa perkataan uh atau ah terhadap orang tua saja dilarang apalagi yang lebih dari itu. Dalam ayat itu pula dijelaskan perintah untuk berbuat baik kepada orang tua. Sekarang kita ketahui bersama apa arti penting dan keutamaan berbakti pada orang tua. Kita ingat kembali, betapa sering kita membuat marah dan menangisnya orang tua? Betapa sering kita tidak melaksanakan perintahnya? Memang tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Alloh, akan tetapi bagaimana sikap kita dalam menolak itupun harus dengan cara yang baik tidak serampangan. Mari kita bersegera untuk meminta maaf pada kedua orang tua kita, karena Ridhollaahi fii ridholwaalidaini ridho Alloh tergantung pada ridho kedua orangtua.

Dan yang terpenting adalah kita senantiasa mendoakan kedua orang tua kita dengan doa : Rabbighfirli waliwa lidayya warhamhuma kama rabbayani shoghira ( Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihanilah mereka sebagaimana mereka mengasihani aku waktu kecil).

Rekan-rekan dan para hadirin yang saya banggakan.

Demikianlah pidato singkat saya ini , mudah-mudahan kita semua menjadi anak yang senantiasa menjadi harapan orang tua, menjadi anak sholeh yang selalu mendoakan  keduanya baik ketika masih hidup terlebih ketika sudah meninggal kelak.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada perkataan yang tidak berkenan.

Penjelasan:

Semoga membantu

Video Terkait