Tafsir Surat Al Lail Ayat 1 21

  Edukasi
Tafsir Surat Al Lail Ayat 1 21

Apa tafsir kandungan surat Al-Lail ayat 8 sampai 11?

1. Apa tafsir kandungan surat Al-Lail ayat 8 sampai 11?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَأَمَّا مَن بَخِلَ وَاسْتَغْنَى

“Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup”. (QS. Al-Lail : 8).

Barangsiapa yang bakhil atau kikir mengeluarkan kewajiban zakatnya atau berinfaq dijalan Allah Subhanahu wata’ala kemudian ia merasa cukup dan merasa sombong. Allah berfirman:

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”. (QS. Luqman:18).

وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى

“Serta mendustakan pahala terbaik”. (QS. Al-Lail : 9).

Dia mendustakan surga, mendustakan syariat, mendustakan balasan dari Allah Subhanahu wata’ala, siapa yang memiliki sifat yang seperti ini, Allah berfirman:

فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى

“maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar”. (QS. Al-Lail:10).

Allah akan mempermudah untuknya yang haram. Pintu yang haram semakin terbuka kepadanya, bahkan dia telah merasakan kelezatan dari yang haram daripada yang halal, sebagaimana sebuah kisah seorang lelaki selama hidupnya dia seorang pencuri sampai dia kaya raya dengan barang – barang yang ia curi, ketika sudah lanjut usia dan sudah tua ia tidak mampu lagi mencuri, maka ia bayar atau menyewa orang untuk mencuri, ternyata orang yang ia sewa mencuri kebun tuannya yang menyuruhnya, ketika dibawakan kepadanya kemudian dia makan baru beberapa gigitan ia langsung membuangnya dan mengeluarkan apa yang ada di mulutnya sembari berkata:”Ini tidak enak”, ia bisa membedakan mana barang bukan curian dan mana barang cur
ian, jadi dia telah merasakan kelezatan yang haram, ada orang yang diberikan istri yang halal namun matanya masih jelalatan atau suka memandang yang bukan miliknya, bahkan dia mennganggap bahwa yang haram itu lezat, kita berlindung kepada Allah dari sifat – sifat yang seperti ini.

Abu Bakar as Shiddiq pernah suatu ketika dihadirkan kepada beliau makanan oleh pembantunya, beliau kemudian makan makanan tersebut, setelah selesai makan sebagaimana kebiasaan beliau, pembantunya kemudian bertanya:“Anda tidak bertanya kepada saya dari mana saya hadirkan atau dapatkan makanan ini”. Abu Bakar bertanya:“Dari mana engkau mendapatkannya”, dia kemudian berkata:”Dulu dimasa jahiliyah saya adalah seorang dukun dan dari hasil perdukunan itu saya mendapatkan upah dan hari ini saya belikan makanan untuk anda yang baru saja anda makan”, dari segi fiqih Abu Bakar sudah terlepas dari dosa karena beliau tidak tahu, kemudian pembantunya ini sudah bertaubat dan masuk islam dan taubat itu menghapuskan dosa – dosa sebelumnya, tetapi apa yang dilakukan oleh Abu Bakar as Shiddiq, beliau memasukkan tangannya ke dalam kerongkongannya berusaha memuntahkan dari apa yang ia telah makan, sampai – sampai orang kasihan melihatnya dan berkata:”Wahai Abu Bakar kasihani diri anda, mengapa anda melakukan hal seperti ini“, beliau berkata:”Demi Allah andaikan makanan ini tidak keluar kecuali harus bersama dengan ruh saya maka saya lakukan”, Abu Bakar yakin bahwasanya yang haram itu adalah merupakan sebab seseorang mendapatkan murka dari Allah, setiap daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram maka nerakalah yang lebih pantas untuknya.

وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى

“Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa”. (QS. Al-Lail : 11).

Harta yang mereka miliki tidak bermanfaat sedikitpun, jika mereka telah dilemparkan ke dalam neraka, sebagaimana firman Allah di dalam Al-Qur’an:

وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُوْلُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوْتَ كِتَابِيَهْ (25) وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ (26) يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ (27) مَا أَغْنَى عَنِّي مَالِيَهْ (28) هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ (29)

“Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini). Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku. Telah hilang pula kekuasaanku daripadaku”.(QS. Al-Haqqoh: 25-29)

Harta yang selama ini mereka kumpulkan dan bangggakan, bermewah –mewahan, kekuasaan, pangkat dan jabatan di dunia tidak bermanfaat sedikitpun pada hari itu, kita bisa melihat orang bertengkar untuk memperebutkan kekuasaan, saling menjatuhkan, saling melempar tuduhan, saling mencekal bahkan sampai adu fisik, padahal yang seperti ini pada hari kiamat adalah penyesalan, Allah mengabadikan doa Nabi Ibrahim dalam surah Asy Syu’ara :

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ (88) إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (89)

“(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih”. (QS. Asy Syu’ara’: 88).

Jawaban:

8. Dan ada pun yg kikir dan merasa dirinya cukup

(tidak lerlu pertolongan Allah)

9. serta mendustakan (pahala) yang terbaik

10. maka akan kami mudah kan bagi nya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan)

11. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa

Semoga membantu ya…..

2. tajwid surat al – lail ayat 1-21

idzhar khalqi
gunnah
al syamsyiah
mad thobii
ikhfa’

3. ayat ke 7 surat al lail menurut tafsiran ibnu abbas artinya​

Jawaban:

kecuali jika Allah menghendaki,sungguh dia mengetahui yang terang dan yang bersembunyi

4. surat al lail terdiri dari berapa ayat

21 ayat klo gk salah surat Al-Lail terdiri dari 21 ayat

5. Tuliskan surat Al lail ayat 1-11​

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالَّيۡلِ اِذَا يَغۡشٰىۙ١

وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰىۙ ٢

وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰىٓ ۙ٣

اِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتّٰىۗ٤

فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰىۙ٥

وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ٦

فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰىۗ٧

وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ٨

وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ٩

فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰى١٠

وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓۙ١١

Penjelasan:

Semoga membantumu

6. Berikan contohhamzah qata dan Hamzah wasol pada surat Al lail ayat 1-21

Jawaban:

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :

1. Mad lin karena huruf ya’ sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf syin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke huruf nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

5. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu huruf hamzah, huruf yang disukun, huruf diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

6. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. Mad asli atau mad thabi’i karena h
uruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah dzal. Dibaca idgham (masuk ke huruf dzal ).

Baca pula : Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya.

10. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.

11. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu huruf tsa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf tsa.

12. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat. Tetapi, bila kita tidak berhenti di akhir ayat ini maka hukumnya menjadi mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

13. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.

14. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya dengan jelas.

15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

16. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

17. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca pula : Bacaan Takbiran Hari Raya Idul Fitri Atau Idul Adha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

19. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ha’. Dibaca secara jelas.

20. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

21. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.

.

7. baca surah Al-Lail dari ayat 1 sampai ayat 21!

bismillahhirrohmanirrohim

8. terjemahan surat al-lail dari ayat 1 sampai 5​

1. Demi malam apabila menutupi (cahaya siang),

2. demi siang apabila terang benderang,

3. demi penciptaan laki-laki dan perempuan,

4. sungguh, usahamu memang beraneka macam.

5. Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,

Maaf ya kalau jawaban saya salah

1. Demi malam apabila menutupi (cahaya siang),

bagikan ayat ke-1

2. demi siang apabila terang benderang,

bagikan ayat ke-2

3. demi penciptaan laki-laki dan perempuan,

bagikan ayat ke-3

4. sungguh, usahamu memang beraneka macam.

bagikan ayat ke-4

5. Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,

bagikan ayat ke-5

Penjelasan:

semoga membantu

9. hukum bacaan dalam surat al-lail ayat ke-1

mad lain dan mad asliMad lain,mad thobi’i

10. tuliskanlah surat AL-LAIL semua ayat

Jawaban:

ayat beserta artinya ada diatas ya

LATIN:

1. Wallayli idzaa yaghsya

2. Wannahari idzaa tajjalla

3. Wa ma kholaqodz dzakaro wal untsaa

4. Inna sa’yakum lasyatta

5. Fa amma man a’thoo wattaqo

6. Wa shoddaqo bil husna

7. Fa sanuyassiruhu lil yusroo

8. Wa amma man bakhilawas taghna

9. Wa kadzaba bil husna

10. Fassanuyassiruhu lil ‘ushroo

11. Wa maa yughnii ‘anhu maaluhuu idzaa taroddaa

12. Inna ‘alainaa lal hudaa

13. Wa inna la naa lal-aakhirata wal uulaa

14. Fa andzartukum naaron taladhoo

15. Laa yashlahaa ilaal asyqoo

16. Alladzii kadzaba wa ta walla

17. Wa sayujannabuhal atqoo

18. Alladzii yu’ti maalahu yatazak-kaa

19. Wa maa li-ahadin ‘indahuu min ni’matin tujzaa

20. illab tighoo-a wajhi robbi hil a’ laa

21. Wa lasaufa yardhoo

Penjelasan:

maaf kalo salah/telat

11. 1 apa arti al lail ?2 surat al adiyat surat ke ?3 surat al zazalah ada berapa ayat?4 jumlah surat al lail adalah?​

Jawaban:

1. Malam

2. Surah ke 100

3. 8 ayat

4. Surah ke 92 ada 21 ayat

12. terjemahan surat al-lail dari ayat 1 sampai 5​

1:demi malam apabila menutupi (cahaya siang)

2:demi siang apabila terang benderang

3:demi penciptaan laki² dan perempuan

4:sungguh,usahamu memang beraneka macam

5:maka bsrangsiapa memberikan (hartanya dijalan Allah) dan bertakwa

13. Jelaskan isi kandungan surat Al Lail ayat 1 sampai 21​

Jawaban:

Surat Al-Lail ini menjelaskan bahwa usaha manusia itu berbeda-beda

Penjelasan:

Karena itu balasannya berbeda-beda pula; orang yang suka berderma, bertakwa dan membenarkan adanya yang baik, dimudahkan Allah baginya melakukan kebaikan yang membawa kepada kebahagiaan di akhirat, tetapi orang yang dimudahkan Allah baginya melakukan kejahatan-kejahatan yang membawa kepada kesengsaraan di akhirat, harta benda tidak akan akan memberi manfaat kepadanya; orang yang bakhil merasa dirinya cukup dan mendustakan adanya pahala yang baik.

14. Surat Al-Lail diturunkan di Makkah sehingga Jumlah ayat dalam Surat Al-Balad terdiri dari ……ayat.​

20ayat

Penjelasan:

By :nabilah.afyandi

Jawaban:

20 ayat

Penjelasan:

semoga membantu

15. quizz1. surat al-lail yg ke….dalam Al-Qur’an2. jumblah ayat dalam surat al-lail adalah​

Pertanyaan :

1. surat al-lail adalah surat yang ke … dalam Al-Qur’an

Jawab = 92

Al Lail merupakan surat ke-92 dalam Al Quran. Membaca surat tersebut memiliki banyak keutamaan. Surat Al Lail diturunkan di kota
Mekkah, sehingga tergolong surat Makkiyah.

2. Jumlah ayat dalam surat al-lail adalah …

Jawab = 21 Ayat

SemangatBelajar⚡

16. Surat Al-Lail ayat 1-3 berisi tentang​

Penjelasan:

Al-Lail artinya malam. Nama Al-Lail diambil dari permulaan ayat pertama pada surat ini. Secara umum, kandungan surat Al Lail berisikan balasan bagi orang-orang yang memberikan hartanya kepada orang lain dengan ikhlas dan semata-mata hanya karena Allah SWT.

semoga membantu:)

mohon maaf kalo salah

17. isi kandungan surat Al lail ayat 1 sampai 11​

Isi kandungan surah al lail ayat 1 hingga ayat ke 11 antara lain adalah

Menjelaskan tentang perbedaan usaha manusia dalam beramal dengan harta yang dimiliki.Seseorang yang rajin menyedekahkan harta yang di miliki di jalan Allah dan bertaqwa kepada Allah maka akan Allah mudahkan kebahagiaan kepadanya. Seseorang yang kikir dan tidak menyedekahkan harta yang dimiliki di jalan Allah maka akan Allah mudahkan kesengsaraan kepadanya  dan harta yang dimiliki menjadi tidak bermanfaat.Pembahasan

Surah al lail merupakan salah satu surah yang Allah turunkan kepada nabi muhammad dan terdapat dalam mushaf al qur’an. Surah al lail terdapat di dalam juz yang ke 30. Di dalam surah al lail terdapat 21 ayat al qur’an.

Nama surah al lail diambil dari lafadz yang terdapat pada ayat pertama surah al lail. Lafadz ayat pertama dari surah al lail adalah وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىۙ. Al lail secara bahasa artinya adalah malam.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang isi kandungan surah al hijr ayat ke 9, pada https://brainly.co.id/tugas/9552131Materi tentang terjemahan dari potongan ayat ke 122 surah at taubah, pada https://brainly.co.id/tugas/28701260Materi tentang manfaat yang dirasakan oleh orang yang berpuasa, pada brainly.co.id/tugas/25966599

=======================

Detail jawaban

Kelas : VIII

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Puasa

Kode soal : 8.14.7

#TingkatkanPrestasimu

18. bacaan tajwid surat al-lail ayat 21​

Jawaban di fotoSemoga bermanfaatSemoga membantu

19. surat al lail berapa ayat​

Jawaban:

21 ayat

Penjelasan:

semoga membantu

jadikan yg terbaik yaa… 🙂

Jawaban:

Al Lail memiliki 21 ayatyang di turunkan di Mekkah ia di turunkan setelah surah Al a’la

Penjelasan:

Maaf kalo salah maklum kan manusia

Video Terkait