Soal Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya

  Edukasi
Soal Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya

buatlah soal essay 15 PKN kelas 11 semester genap beserta jawaban dan pembahasannya di setiap soal​

1. buatlah soal essay 15 PKN kelas 11 semester genap beserta jawaban dan pembahasannya di setiap soal​

Jawaban:

opik: Demokrasi dan Partisipasi Politik

Soal: Jelaskan apa yang dimaksud dengan demokrasi dan mengapa partisipasi politik penting dalam sistem demokrasi. Berikan contoh konkret dari partisipasi politik yang dapat dilakukan oleh warga negara.

Jawaban dan Pembahasan: Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat. Partisipasi politik penting dalam demokrasi karena memungkinkan warga negara untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pengambilan keputusan politik yang mempengaruhi kehidupan mereka. Partisipasi politik dapat dilakukan melalui pemilihan umum, ikut serta dalam kampanye politik, menjadi anggota partai politik, atau berperan dalam kelompok advokasi. Contoh partisipasi politik konkret adalah pemilihan umum di mana warga negara memilih pemimpin dan wakil rakyat mereka.

Topik: Konstitusi dan HAM

Soal: Jelaskan peran konstitusi dalam menjaga perlindungan hak asasi manusia (HAM). Berikan contoh hak asasi manusia yang dijamin oleh konstitusi Indonesia.

Jawaban dan Pembahasan: Konstitusi berperan penting dalam menjaga perlindungan HAM karena konstitusi menetapkan hak-hak yang diakui dan dilindungi oleh negara. Di Indonesia, contoh hak asasi manusia yang dijamin oleh konstitusi antara lain hak atas kebebasan berpendapat, hak atas kebebasan beragama, hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak atas keadilan, dan hak atas kebebasan berkumpul dan berseikat.

Topik: Sistem Pemerintahan

Soal: Perbandingan sistem pemerintahan presidensial dan parlementer. Jelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing sistem pemerintahan.

Jawaban dan Pembahasan: Sistem pemerintahan presidensial adalah sistem di mana kepala negara (presiden) dipilih secara terpisah dari parlemen, sedangkan sistem pemerintahan parlementer adalah sistem di mana kepala negara (misalnya, perdana menteri) dipilih dari anggota parlemen. Keunggulan sistem presidensial stabilitas termasuk kepemimpinan, keunggulan kekuasaan yang jelas antara eksekutif dan legislatif, dan akuntabilitas presiden kepada rakyat. Namun, kelemahan sistem presidensial dapat mencakup potensi konflik antara eksekutif dan legislatif, kesulitan dalam mencapai konteks politik, dan kurangnya fleksibilitas dalam menyikapi perubahan politik. Di sisi lain, kelebihan sistem parlemen meliputi tanggung jawab yang cepat terhadap perubahan politik, adanya keterkaitan antara eksek
utif dan legislatif, dan kemungkinan pemecatan kepala pemerintahan melalui mosi tidak percaya. Namun, kelemahan sistem parlemen termasuk kekurangan stabilitas politik dan kehancuran kehancuran kekuasaan yang jelas antara eksekutif dan legislatif.

2. soal pkn kelas 11 beserta jawabannya

Pelajaran PPKn kelas 11 membahas tentang sistem pemerintahan di Indonesia dan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari berbagai macam sistem pemerintahan dapat membantu para siswa untuk memahami bagaimana pemerintah mengelola jalannya negara. Kemudian Pancasila sebagai ideologi negara merupakan panduan seluruh warga negara Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Pembahasan

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Fungsi dari Pancasila adalah sebagai panduan seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Di dalam Pancasila diajarkan bagaimana bersikap dan perilaku yang akan membawa kebaikan kepada negara Indonesia. Pemerintah juga menjalankan pemerintahan dan membuat kebijakan dengan dasar nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.

5 Soal Esai PPKn Kelas 11 Lengkap dengan JawabannyaBerikan contoh pelanggaran ham ringan! Contoh dari pelanggaran ham ringan adalah mengejek dan menghina seseorang, menunjukan sikap kebencian kepada seseorang atau kelompok sosial tertentu, dan mempubliksikan rasa kebncian kepada seorang yang dapat dibaca oleh kalayak umum.Sebutkan salah satu prinsip demokrasi Pancasila! Salah satu prinsip dari demokrasi Pancasila adalah setiap warga negara Indonesia bebasmemilihagama dan juga bebas menjalankanajaran yang sesuai dengan agama yang dianutnya. Selain itu negara menjamin akan kebebasan tersebut. Segala bentuk pemaksaan dan ancaman kepada kepercayaan seorang warga negara akan mendapatkan tindakantegas dari aparat keamanan.Siapakah yang menggantikan Soekarno sebagai kepala pemerintahan pada 14 November 1945? Indonesia menggunakan sistem presidensial saat pertama kali mendirikan negara. Namun sistem ini mendapatkan penentangan dari kalangan sosialis karena dapat mengarah kepada perilaku diktatorisme. Akhirnya Soekarno menunjuk Sutan Syahrir sebagai kepala pemerintahan pada 14 November 1945.Pelajari lebih lanjut:Penunjukan Sutan Syahrir Sebagai Kepala Pemerintahan https://brainly.co.id/tugas/26238387Partai Politik Pada Awal Kemerdekaan https://brainly.co.id/tugas/14158762Detail jawaban:

Kelas : VIII

Mapel: PPKn

Bab : Pokok pikiran dan Tata Negara Indonesia

Kode: 8.9.4

#AyoBelajar

3. Latihan soal pkn kelas 11 semester 1 bab 2

apa fungsi uud sebagai pedoman hi dup bansa

4. kisi kisi pkn kelas 11 semester 1​

Jawaban:

pengertian hukum

pengertian demokrasi

pengertian lembaga2 negara

pengertian nilai2 pancasila

arti nirmaw

5. soal pkn semester 1 kelas 5

apa arti bhineka tunggal ika?

maaf ya hanya itu yg bisa saya ingat

6. contoh soal dan jawaban PKN kelas 7 semester 2 bab 6​

Salam sejahtera bagi kita semua semoga berada dalam lindungan Allah.

Contoh soal dan jawaban PPKN kelas 7 bab 6 : Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

1. Nilai persatuan dan kesatuan tercantumkan dalam

=> Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4

2. Contoh masyarakat hukum adat

=> Marga, gugur gunung, menortor, norma adat, adab daerah

3. Daerah yang mengandung otonomi

=> DI Yogyakarta, provinsi Papua Barat, DKI Jakarta, DI Aceh

4. Manfaat pelaksanaan otonomi daerah

Memajukan daerah otonomi Memiliki nama otonomi supaya dikenal baik Memecahkan masalah khususMendapatkan nama otonomi Daerah Istimewa

5. Desentralisasi adalah

=> sistem pemerintahan yang banyak memberikan wewenang kepada pemerintahan daerah

Pembahasan :

    Kemerdekaan Indonesia dapat tercapai karena persatuan dan kesatuan semua daerah Indonesia. Kemerdekaan diraih 17 Agustus 1945 setelah Ir. Soekarno bersama pejuang nasional lainnya memutuskan agar Indonesia harus merdeka. Seluruh daerah di Indonesia segera mendapat kabar bahwa Indonesia telah merdeka dan mengumumkan seluruh daerah untuk bersatu lagi melawan perusak persatuan.

  Seluruh daerah segera mendapat kabar dan seluruh daerah percaya kepada pemerintah, begitu pula pemerintah percaya kepada daerah. Setelah merdeka pun, seluruh daerah diharuskan untuk terus bersatu dan percaya kepada pemerintah meskipun banyak masalah bermunculan. Untuk itu pemerintah memberikan wewenang kepada daerah untuk mengatur pemerintahan mereka sesukanya namun harus berlandaskan kepada Pancasila dan berlandas hukum UUD 1945 tidak boleh suka sukanya

Pelajari lebih lanjut :

Wewenang pemerintah daerah ?

https://brainly.co.id/tugas/5171598

Sebutkan kewenangan pemerintah daerah !

https://brainly.co.id/tugas/1732025

Sebutkan dan jelaskan fungsi lembaga pemerintahan

https://brainly.co.id/tugas/4195332

Detail jawaban :

Mapel : PPKN

Kela : 7

Bab : 6

Kata kunci : Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, soal dan jawaban

Kode kategorisasi : 7.9.6

#BelajarBersamaBrainly

7. tugas kelompok 5.1 pkn kelas 11 halaman 166 kelas XI semester 2

Strategi yang diterapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap integrasi nasional antara lain ialah sebagai berikut ini :

Ancaman Militer : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta atau bisa disebut dengan sishankamrata. Indikator keberhasilannya ialah keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, hal ini dikarenakan adanya kerjasama yang erat antara TNI dan Polri dengan rakyat. Ancaman bermuatan ideologi : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem upacara pancasila kepada rakyat semesta. Indikator keberhasilannya ialah upacara di Indonesia selalu dilakukan setiap hari senin agar selalu diingat perjuangan kepada bangsa Indonesia ini. Ancaman bermuatan politik : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem pemerintahan Indonesia terhadap seluruh rakyat Indonesia. Indikator keberhasilannya ialah pemerintah Indonesia sudah berusaha sebaik mungkin untuk rakyatnya meskipun sebagian rakyat pemerintahannya korupsi. Ancaman bermuatan ekonomi : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sumber daya alam yang ada di Indonesia dengan cara bagaimana pemanfaatannya dan pengolahannya. Indikator keberhasilannya ialah sumber daya alam di Indonesia sudah memenuhi kebutuhannya meskipun banyak juga yang menyalahgunakan sumber daya alamnya dan masih import dan eksport ke luar dan dari luar negeri. Ancaman bermuatan sosial budaya : Bentuk strategi yang dilakukan adalah men
erapkan sistem budaya mulai dari budaya daerah sampai budaya nasional yang ada di Indonesia dan bagaimana cara melestarikannya agar tidak punah atau hilang ditimpa dengan jaman modern. Indikator keberhasilannya ialah budaya di Indonesia kadang diatas kadang juga dibawah, jangan sampai hilang dari budaya kita apalagi dari budaya daerah sendiri dan juga sampai budaya Indonesia sendiri.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  bentuk ancaman bagi integrasi nasional https://brainly.co.id/tugas/180322

2. Materi tentang  jelaskan ancaman militer yang paling mengancam integrasi nasional Indonesia pada saat ini https://brainly.co.id/tugas/15647874

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  11

Mapel:  PPKn

Bab:  Bab 7 – Menatap Tantangan Integrasi Nasional

Kode:  11.9.7

Kata Kunci: ancaman, disintegrasi bangsa, integrasi bangsa

8. BANTU JAWAB SOAL PKN KELAS 11​

Jawaban:

b. mengikuti program pertukaran pelajar ke negara lain

Jawaban:

b.mengikuti program pertukaran pelajar ke negara lain

Penjelasan:

semogamembantu#

jadikanyangterbaik#

follow me#

9. soal PKN kelas 12 semester 2​

Jawaban:

contoh soal nya mana kak?

Penjelasan:

karena soal itu berbeda beda

10. Soal pkn kelas X semester 1

3.c
4.e
5.b
6.b
7.b
8.d
9.c
10.b
itu menurut jawaban saya setelah baca soalnya

11. soal ujian PKN kelas 1 semester 2

mikir broooo………….un harus jujur 🙂

12. soal ulangan kelas 4 semester 2 pkn

pelaksana kedaulatan rakyat sebelum amandemen UUD 1945 adalah….
a.MPR
b.DPR
c.MK
dPresiden

13. tugas mandiri 9.2 pkn kelas 11 semester 2

soal nya mana bertanya soal nya juga

14. soal pkn semester 1 kelas XI

1.tuliskan pengertian kewarganegaraan dan pewarganegaraan ?
2.jelaskan apa yg di maksud dengan APARTRIDE dan BIPARTRIDE ?
3.jelaskan apa yg di maksud IUS SOLI dan IUS SANGUINIS ?
4.tuliskan bagaimana prinsip berkompetisi yg tidak sehat ( negatif ) ?
tuliskan UU tentang ke warga negara an yg perna di berlaku an di indonesia ?

15. contoh soal PKN kelas 11 semester 1​

Jawaban:

Soalnya mana kak

Penjelasan:

Gak ada soalnya

Jawaban:

so al nya ma na???

16. soal ujian tengah semester 2 pkn kelas 5

cari di google aja ka’

17. BANTU JAWAB SOAL PKN KELAS 11​

Jawaban:

Pancasila adalah dasar negara sekaligus ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca yang berarti lima, dan sila yang berarti dasar. Pancasila sebagai dasar negara memiliki perkembangan dari tiap periode dengan pemimpin yang berbeda pula. Dalam perwujudannya, Pancasila selalu mengalami pasang-surut.

Di artikel kali ini, kita akan membahas penerapan Pancasila di Indonesia dari masa ke masa. Kita akan membaginya menjadi tiga rentang waktu, yaitu Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.

18. Soal PKN kelas 11 tolong jawab

Jawaban:

menurut saya bagian B.politik

19. penilaian diri pkn bab 2 kelas 11 semester 1​

Jawaban:

yang mana kak soalnya ? 🙂

Jawaban:

iyahhh kok gak ad soalny

Video Terkait