Soal Pilihan Ganda Tentang Sistem Reproduksi Manusia Beserta Jawabannya

  Edukasi
Soal Pilihan Ganda Tentang Sistem Reproduksi Manusia Beserta Jawabannya

Contoh soal SMA pilihan ganda tentang sistem reproduksi beserta jawaban

Daftar Isi

1. Contoh soal SMA pilihan ganda tentang sistem reproduksi beserta jawaban

1. apa yang kamu ketahui tentang reproduksi

2. buatkan 2 soal tentang sistem reproduksi kelas 11, beserta jawabannya (pilihan ganda)​

Jawaban:

1. Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang bertujuan untuk….

a. Memperbaiki keturunan

b. Menambah keanekaragaman jenis

c. Melestarikan jenisnya

d. Menambah keragaman varietas

e. Melindungi diri dalam kelompok

2. Pada waktu ereksi, penis mengalami pembesaran ukuran. Hal ini terjadi karena….

a. Rongga-rongga jaringan erektil terisi penuh oleh darah

b. Korpus kavernosa terisi penuh oleh darah

c. Korpus spongiosum terisi penuh oleh darah

d. Urethra terisi penuh oleh darah

e. Testis terisi penuh oleh darah

Penjelasan:

jawaban

1. C

2. A

3. Tolong dijawab soal Pilihan Ganda. Sistem Reproduksi pada Manusia. Nomer 6 – 7.

jawabn no 6 antara A dan B,kalo no 7 jawabn nya D…maaf klo salhnomer 6 B , kalo 7 menurutku B
maaf kalo salah

4. penyakit penyakit pada sistem reproduksi manusia beserta penyebabnya!

maaf kalau salah

setau aku ini:

1. Kanker Vagina
Penyakit ini menyerang wanita. Kanker vagina sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya dan kemungkinan disebabkan oleh virus yang menyebabkan iritasi. Upaya pengobatannya dapat dilakukan dengan kemoterapi dan bedah laser.

2. Gangguan Menstruasi
Penyakit ini menyerang wanita. Gangguan atau penyakit ini bisa berupa amenore primer dan juga amenore sekunder. Amenore primer merupakan gejala dimana menstruasi tidak terjadi hingga usia 17 tahun dan unsur seksual sekunder juga tidak berkembang. Sementara itu, amenore sekunder adalah tidak proses menstruasi selama 3 hingga 6 bulan pada wanita yang telah mengalami siklus menstruasi sebelumnya.

3. Kanker Serviks
Penyakit ini menyerang wanita. Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada serviks (leher rahim) yang hampir semuanya disebabkan oleh virus HPV (Human papilloma virus). Gejala awal berupa pendarahan pada vagina yang baru muncul saat memasuki stadium lebih jauh. Kanker serviks tidak menular. Penanganannya adalah dengan pengangkatan uterus, oviduk, ovarium, sepertiga bagian atas vagina, dan kelenjar limfa panggul.

4. AIDS
Penyakit ini menyerang baik pria maupun wanita. AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah penyakit yang merusak sistem imun pada manusia dengan menyerang sel darah putih. Sampai sekarang penyakit ini belum bisa disembuhkan bahkan vaksinnya belum ditemukan sehingga sangat berbahaya dan mematikan. AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human immunodeficiency virus). Virus ini menular lewat darah dan cairan kelamin baik melalui jarum suntik, ASI, maupun melalui hubungan seksual.

5. Epididimitis
Penyakit ini menyerang pria. Epididimitis adalah peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau karena terkena penyakit menular seksual (PMS). Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis.

6. Sifilis
Penyakit ini menyerang pria. Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidium yang ditandai dengan berbagai gejala yaitu:

Luka pada alat kelamin, rektum, lidah, dan bibir.
Pembengkakan getah bening pada bagian paha.
Bercak-bercak di seluruh tubuh.
Tulang dan sendi terasa nyeri ruam pada tubuh terutama pada bagian tangan dan telapak kaki.
Gejala ini bisa hilang walaupun bakteri masih terdapat di dalam tubuh. Bakteri ini dapat menyerang otak hingga mengalami kebutaan dan gila. Penyakit ini dapat menular ke orang lain. Pengobatan dapat dilakukan dengan antibiotik yang diberikan segera.

7. Herpes Genetalis
Herpes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes yang ditandai dengan rasa gatal dan sakit di sekitar alat kelamin.

8. Hipogonadisme
Hipogonadisme adalah penyakit yang menyerang pria dan ditandai dengan penurunan fungsi testis. Penyebab penyakit ini adalah adanya gangguan pada interaksi hormon yang menyebabkan infertilitas, impotensi, dan tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Penanganan penyakit hipogonadisme adalah dengan terapi hormon.

9. Gonore
Penyakit gonore atau yang biasa disebut kencing nanah disebabkan oleh bakteri. Gejala penyakit ini adalah keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin, muncul rasa panas, dan sering buang air kecil. Bakteri yang menyebabkan gonore dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan dapat mengakibatkan kemandulan. Gonore dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik secara cepat.

10. Kanker Ovarium
Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang ovarium pada alat kelamin wanita. Gejala penyakit ini tidak jelas namun biasanya ditandai oleh rasa pegal pada panggul, perubahan fungsi saluran pencernaan, atau mengalami pendarahan abnormal pada vagina. Kanker ovarium dapat ditangani dengan kemoterapi dan pembedahan.

5. soal pertanyaan yang sulit tentang sistem reproduksi beserta jawabannya

Pada tahap embrionik manakah teratogen paling rawan menyerang janin?

jawab : Organogenesis (usia 3-4 bulan)

6. soal sistem reproduksi manusia

12.D

14.D

15.D

Maaf kalau salah

12) C
13) B
14) A
15) B

7. disuruh guru bikin soal alat reproduksi 20 soal pilihan ganda

1. sistem reproduksi pria terdiri dari…
     a.ovarium            c.oviduk
     b.epididimis         d.rahim
2.sel kelamin betina di sebut juga…
    a.ovum                 c.testis
     b.ovarium             d.zigot
3.alat reproduksi wanita yang berfungsi sebagai penghasil sel telur adalah…
   a.rahim                   c. oviduk
   b.vegina                  d.ovarium
4.di dalam testis terdapat saluran penghasil gamet jantan atau sperma yang di sebut…
   a.vasa deferensia         c.tubulus seminiferus
   b.vesikula seminalis      d.epidermis
5.penyakit yang disebabkan oleh bakteri neisseiria gonorrhoea adalah…
   a.gonorhea                c.sifilis
   b.kista                       d.klamidia

8. Soal mengenai Sistem Reproduksi Manusia….Mohon untuk jawaban sesuai intruksi soal.​

Mekanisme hormonal dalam mempertebal dan mempertahankan ketebalan endometrium pengaruh dari hormon FSH dan estrogen. Pada siklus mestruasi, FSH merangsang pembentukan folikel de Graaf. Folikel ini merangsang produksi estrogen yang berperan dalam pembentukan endometrium. Saat estrogen akan mempengaruhi produksi progesteron dalam mempertahankan ketebalan endometrium. Grafik ketebalan endometrium dengan FSH dapat dilihat pada gambar dibawah.  

Pembahasan

Seorang wanita dewasa setiap bulan melepaskan sel telur atau ovum matang dari salah satu ovariumnya. Bila tidak terjadi pembuahan atau fertilisasi maka akan terjadi pendarahan yang disertai luruhnya sel telur dan dinding endometrium rahim melalui vagina karena sel telur tidak dibuahi sel sperma yang disebut menstruasi. Menstruasi terjadi secara periodik dan umumnya siklus berlangsung selama 28 hari.

Siklus menstruasi terdiri dari 4 fase, yaitu:  

1. Fase menstruasi

terjadi saat ovum tidak dibuahi sperma korpus luteum menghentikan produksi estrogen dan progesteron   ovum meluruh bersama endomettrium ditandai dengan pendarahan melalui vagina.

2. Fase pra ovulasi atau fase folikel

hipotalamus menghasilkan hormon gonadotropin yang merangsang produksi FSH FSH merangsang pembentukan folikel yang mengelilingi oosit primer hingga matang yang disebut folikel de Graaf folikel de Graaf menghasilkan estrogen yang akan merangsang pembetukan endometrium estrogen juga mempengaruhi serviks mengeluarkan lendir basa sehingga sperma mampu hidup di dalamnya.

3. Fase ovulasi

estrogen semakin meningkat sehingga kadar FSH menurun mengakibatkan hipofisis memproduksi LH (luteinizing hormone). LH merangsang terjadinya ovulasi (oosit sekunder lepas dari folikel) biasa terjadi pada hari ke-
14 dihitung sejak hari pertama menstruasi

4. Fase pasca ovulasi atau luteal

LH merangsang folikel kosong menjadi korpus luteum (badan kuning) korpus luteum merangsang produksi estrogen dan progesteron yang akan memacu pembentukan endometrium jika sampai akhir fase pasca ovulasi tidak terjadi fertilisasi atau pembuahan, maka akan kembali ke fase menstruasi lagi

Berikut adalah fungsi masing-masing hormon pada siklus menstruasi:  

1. Hormon FSH (follicle stimulating hormone)  

Merangsang pembentukan folikel de graaf dalam ovarium. Memacu pembentukan estrogen.

2. Hormon estrogen

Merangsang kelenjar hipofisis untuk memproduksi LH Menghambat produksi FSH

3. Hormon LH (luteinizing homorne)

Merangsang ovulasi dan perkembangan korpus luteum. Merangsang ovarium untuk memproduksi progesteron.

4. Hormon progesteron

Memacu pembentukan edometrium uterus sehingga siap untuk implantasi embrio. Menghambat produksi FSH oleh hipofisis. Menghambat produksi LH.

Grafik hubungan hormon FSH dengan ketebalan edometrium dibawah dapat dijelaskan secara singkat  sebagai berikut:  

Hormon FSH yang dihasilkan pada fase ovulasi akan mempengaruhi produksi estrogen Estrogen berperan dalam pembentukan edometrium rahim. Saat kadar estrogen mulai naik/bertamabah menyebabkan kadar FSH turun/rendah sehingga endometrium mulai menebal. Pada fase luteal estrogen tetap diproduksi bersama progesteron yang membuat keadaan endometrium menjaga ketebalannya.  

Siklus menstruasi berlangsung bertahun-tahun hingga seorang wanita berusia kurang lebih 45-50 tahun. Pada usia 42-52 tahun, banyak oosit primer dalam ovarium mengalami degenerasi. Akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan akhirnya berhenti sama sekali. Berhentinya siklus menstruasi ini disebut dengan menopouse. Usia terjadinya menopouse pada wanita berbeda-beda,  namun ada pula yang mengalaminya di usia sebelum 40 tahun dan inilah yang disebut menopouse dini.  

Pada usia 40 tahunan, biasanya akan terjadi masa transisi. Hal ini dikarenakan ovum yang dihasilkan semakin sedikit. Kinerja ovarium yang menurun serta perubahan terjadinya produksi hormon estrogen yang naik turun secara tidak teratur.  

Beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah menopouse dini antara lain:  

1. Hindari makanan yang instan

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen

3. Terapkan pola hidup sehat

4. Olahraga teratur

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Pelajari lebih lanjut  

1. terlambat menstruasi: brainly.co.id/tugas/8200048  

2. gejala KPM: brainly.co.id/tugas/6588703    

3. grafik  kadar hormon saat menstruasi: brainly.co.id/tugas/3059245

Detil jawaban  

Kelas: 3 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Sistem reproduksi manusia

Kode: 9.4.3

Kata kunci: hubungan FSH dengan ketebalan endometrium rahim  

9. buatkan soal piliahan ganda tentang sistem reproduksi tumbuhan dan hewan

Dalam sistem reproduksi hewan terdapat perkembangbiakan aseksual, salah satunya adalah tunas. berikut ini adalah hewan yang mengalami perkembangbiakan secara tunas yaitu…

a. Protozoa
b. Volvox
c. Hydra
d. Bintang laut

10. Buatlah Rangkuman tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia dengan susunan sebagai berikut:A.Macam- macam penyakit pada sistem reproduksi manusiaB. Cara penularan penyakit pada sistem reproduksi manusiaC.cara pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia. tlong dijawab soalnya mo dikumpulkan bsok​

Jawaban:

1. Endometriosis

Penyakit ini terjadi ketika ada jaringan yang tumbuh di dinding uterus. Orang yang menderita endometriosis akan merasa nyeri terutama saat sedang menstruasi bahkan berpengaruh terhadap kesuburannya. Dibandingkan dengan perempuan subur, mereka yang menghadapi kesulitan memiliki keturunan 8 kali lebih rentan mengalami endometriosis.

2.. Kanker serviks

Jangan sepelekan kanker yang disebabkan human papillomavirus atau HPV yaitu kanker serviks. Setiap tahun, puluhan ribu perempuan menderita kanker serviks. Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kesuburan seseorang. Namun, bisa dicegah dengan rutin melakukan pap smear terutama bagi yang sudah aktif berhubungan seksual dan melakukan vaksinasi HPV.

Sesuai namanya, penyakit menular seksual menyebar melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, maupun oral. Tidak hanya hubungan intim, penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan berbagi jarum suntik dengan penderita.

1.Menggunakan celana dalam yang berbahan katun dan bertesktur lembut. Hindari bahan yang bersifat panas, kurang menyerap keringat dan berbahan ketat (misalnya jeans).

2.Upaya Pencegahan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia rajin berolahraga dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selain bermanfaat bagi kesehatan, juga dapat mencegah terjadinya infeksi organ reproduksi oleh jamur.

Penjelasan:

#Semogabermanfaatkalau salahsayamintamaafdanjadikan jawaban tercerdas ya

11. Soal sistem reproduksi manusia ..mohon dijawab sesuai intruksi soal​

Jawaban:

Penjelasan:

Pengubahan potensial listrik membrane plasma sel telur berakibat terjadinya pencegahan polistermi.  Dalam 1-3 detik setelah masuknya sperma pertama maka terjadi pergeseran potensial ke tingkat positif, sekitar +20 mV.  Perubahan ini disebabkan oleh masuknya ion natrium ke dalam sel telur. Walaupun sperma masih dapat bergabung atau masuk dengan membrane yang memiliki potensial istirahat +70 mV, namun sperma selanjutnya tidak dapat lagi masuk menembus membrane dengan potensial istirahat positive .

Terjadinya polistermi dapat disebabkan jika membrane sel telur secara artificial masih dialiri potensial membrane negative, namun pembuahan dapat dicegah dengan menjaga potensial membrane positive.

12. BERIKAN 5 SOAL BESERTA JAWABANNYA TENTANG SISTEM REPRODUKSI MANUSIA#helpme​

Penjelasan:

jawaban ada di lampiran

13. Macam macam sistem reproduksi manusia beserta fungsinya

human reproductive organs man 1.testis function as a sperm cell formation and sex hormones 2.vas defferens function is the channel that connects the testes and sperm bag 3.kantong sperm function to accommodate the sperm prior to release of a person’s body man 4.penis function as the urinary tract and the sperm ducts woman 1.ovarium fungsinyamenghasilkan egg 2.oviduk function moves the ovum to the uterus with peristaltic movement . 3.vagina serves as an organ of copulation and to give birth to babies
sure not s
ure up but it is the best answer .

14. soal soal sistem reproduksi pada manusia smp

vegetatif dan generatif

15. kumpulan soal-soal dan jawaban kelas 9 bab sistem reproduksi manusia

1. Sebutlan macam” alat reproduksi wanita
Jawab: ovarium, oviduk, uterus(rahim), serviks(leher rahim), dan vagina.
2. Sebutkan macam” alat reproduksi pada pria
Jawab: testis, vas deferens, epididimis, vesikula seminalis, kelenjar prostat, uretra, kelenjar coupers, dan penis.
3. Sebutkan gangguan kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Jawab: gonores, HIV/AIDS, kanker serviks, prostat.
4. Apa yang dimaksud dengan sistem reproduksi
Jawab: disebut juga sistem perkembangbiakan yang bertujuan untuk menghasilkan keturunan baru melalui proses perkawinan.
5. Apa itu uretra
Jawab: uretra merupakan saluran sperma dan urine. Uretra berfungsi untuk membawa sperma dan urine ke luar tubuh.

Semoga membantu ^_^

16. Buatlah 5 soal pilihan ganda tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi

1)Sperma yang dihasilkan oleh testis akan ditampung di dalam…
A.vesikula seminalis
B.skrotum
C.uretra
D.Vas deferens √

2)Skrotum merupakan kantung yang didalamnya terdapat…
A.uretra
B.ureter
C.vas deferens
D.testis √

3) Alat kelamin wanita berupa ruang berotot yang berbentuk seperti buah pir adalah…
A.ovarium
B.uterus √
C.oviduk
D.vagina

4)Lapisan tipis yang menutupi vagina pada seorang perawan disebut…
A.Mons veneris
B.Klitoris
C.Serviks
D. Hymen √

5) Berikut ini yang termasuk organ kelamin dalam pada wanita adalah…
A.Serviks √
B.klitoris
C.mons veneris
D. labia mayor

Catatan:
Yang di ceklis itu adalah jawabannya ya maaf kalau salah
Thank you

17. buatlah 5 soal Pilihan Ganda beserta kunci jawabannya Reproduksi pada tumbuhan​

Jawaban:

1. Perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan bantun manusia disebut perkembangbiakan …

A. Vegetatif buatan

B. Generatif

C. Aseksual alami

D. Vegetatif alami

Kunci jawaban : A

2. Berikut ini yang merupakan perkembangbiakan vegetatif alami adalah ….

A. Setek, okulasi, dan cangkok

B. Geragih, tunas, dan okulasi

C. Setek, umbi batang, dan umbi akar

D. Tunas, umbi batang, dan umbi lapis

Kunci jawaban : D

3. Perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan dengan cara menimbun bagian cabang yang tumbuh memanjang dalam permukaan tanah disebut ….

A. Setek

B. Okulasi

C. Merunduk

D. Cangkok

Kunci jawaban : C

4. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang memiliki ….

A. Akar

B. Daun

C. Batang

D. Bunga

Kunci jawaban : D

5. Tanaman berikut ini yang dapat dicangkok adalah ….

A. Jambu dan apel

B. Pisang dan anggrek

C. Mangga dan kelapa

D. Ubi kayu dan mangga

Kunci jawaban : D

(sumber: amongguru.com)

semoga membantu yaa:)

18. Tuliskan 3 jenis penyakit pada sistem reproduksi manusia beserta penyebabnya3 jenis penyakit reproduksi manusia beserta penyebabnya ​

Jawaban:

1.Sifilis. Sifilis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. …

2.Gonore (kencing nanah) Gonore disebabkan oleh bakteri. …

3.Herpes genetalis. Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus. …

maaf klo salah

Jawaban:

1. Gonorhoe (GO)

Penyaki Gonorhoe disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat kencing, serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita. Penyakit ini dapat menye babkan kebutaan pada bayi yang baru lahir.

2. Sifilis (Raja Singa)

Adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya pada daerah sekitar kelamin. Penyakit ini dapat menyebar dan menyerang organorgan tubuh lainnya, kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.

3. Herpes Simplex Genitalis

Penyakit herpes simplex genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus, dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Pada daerah tersebut kemudian timbul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh menjadi pecah dan menimbulkan luka. Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering kambuh setelah beberapa bulan atau tahun.

semoga membantu yaa

19. Sebutkan penyakit yang ada pada sistem reproduksi manusia beserta gambar!

Jawaban:

hiv

Penjelasan:

penyakit yang menjakit reproduksi wanita

Video Terkait