Soal Pilihan Ganda Pkn Kelas 8 Bab 1

  Edukasi
Soal Pilihan Ganda Pkn Kelas 8 Bab 1

buatlah 10 soal pilihan ganda pkn kelas 12 bab 1

1. buatlah 10 soal pilihan ganda pkn kelas 12 bab 1

Jawaban:

Pancasila adalah dasar negara sekaligus ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca yang berarti lima, dan sila yang berarti dasar. Pancasila sebagai dasar negara memiliki perkembangan dari tiap periode dengan pemimpin yang berbeda pula. Dalam perwujudannya, Pancasila selalu mengalami pasang-surut.

Di artikel kali ini, kita akan membahas penerapan Pancasila di Indonesia dari masa ke masa. Kita akan membaginya menjadi tiga rentang waktu, yaitu Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.

2. Buatlah 5 soal pilihan ganda dari pelajaran PKN bab 1 kelas 9​

Jawaban:

arti dari pahlawan

pancasila yg beearti

3. buat lah 20 soal pilihan ganda bab 1 ,2 ,dan 3 pkn kelas 11 ​

Jawaban:

maksudnya apa ?

Penjelasan:

maaf ya kalo salah

4. Membuat soal 10 pilihan ganda beserta jawabannya pkn kelas 9 bab 3 tentang kedaulatan nkri

Jawaban:

tu pilih sendiri udah gue jawab tinggal pilih no mana

5. 20 soal pkn pilihan ganda kelas 8

maaf y gk tau gk punya bukunyamaaf gk ada hehe :v hmmm

6. Bikin soal penilian harian PKN kelas 8 pilihan ganda dan kunci jawaban​

Jawaban:

1. Bangsa Indonesia memiliki ideologi berupa Pancasila dengan alasan…

A. Sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan masyarakat

B. Mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk

C. Setiap rencana perebutan kekuasaan dapat digagalkan

D. dapat menyelesaikan segala masalah tanah air

Jawaban : B

2. Fungsi Pancasila dalam hubungannya dengan pengaruh budaya asing dan IPTEK yaitu…

a. merupakan landasan berpijak

b. sebagai pandangan hidup

c. merupakan pedoman hidup

d. sebagai penyaring/filter

jawaban : D

Cari

HOME SEKOLAH

Kunci Jawaban Ulangan Harian PKN Kelas 9, Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara Pandangan Hidup

Tri Widiyanti

21 Agustus 2021, 11:40 WIB

kunci jawaban ulangan harian PKN kelas 9 SMP

kunci jawaban ulangan harian PKN kelas 9 SMP /buku paket PPKN kelas 7 SMP/

c. ideologi bangsa

d. pandangan hidup bangsa

jawaban : D

3. Manfaat yang didapat jika suatu negara mempunya ideologi negara yaitu…

a. agar menjadi bangsa yang mengadaptasi negara lain

b. agar memiliki cita-cita yang jelas

c. agar negara menjadi negara tertinggal

d. agar negara dapat menjadi negara yang terjajah

jawaban : B.

7. contoh soal pilihan ganda pkn bab 1 beserta jawabannya.kurikulum 2006 kls 8.30 soal.terimakasih

ini soalnya :)maaf kalo salah ya setauku dr buku gitu

8. jawaban pilihan ganda pkn bab 5 kelas 9​

Jawaban:

harusnya anda menulis pertanyaan nya

9. tugas PKN pilihan ganda untuk anak kelas 10 bab 7​

Jawaban:

hadeh zeyang deh sma kamuh tuh bukunya mna sini tak ajarin kalau perlu tak isi sampe tutas wkkkwkw sini mna

10. tolng bantu bwt soal pilihan ganda dari BAB 1 sampai bab 2 sekalian jawaban nya y pelajajaran PKN

mana soal pilihan gandanya
kamu minta tolong keluargamu saja karena tidak ada soal yang kamu foto 🙂

11. Buatlah soal pilihan ganda 10 nmr tentang materi kelas 8 PKN​

Jawaban:

1. Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….

A. Jong Sumateramen Bond.

B. Jong Java.

C. Trikoro Dharmo.

D. Sekar Rukun.

2. Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….

A. Perhimpunan Pelajar Indonesia.

B. Trikoro Dharmo.

C. Perhimpunan Indonesia.

D. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.

3. Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928, Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat serta….

A. Bahasa dan pendidikan.

B. Bahasa dan lagu kebangsaan.

C. Bendera kebangsaan dan lambang negara.

D. Bahasa dan bendera negara.

3. Perhatikanlah nama-nama dibawah ini!

1. Soegondo Djojopoespito.

2. R. M. Djoko Marsaid.

3. Amir Syarifuddin.

4. WR. Supratman.

5. Senduk.

6. Johanes Leimena.

Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….

A. 1, 2, 3, 4, dan 5

B. 2, 3, 4, dan 6

C. 1, 2, 3, 5, dan 6

D. 3, 4, 5, dan 6

5. Ketika M. Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres, rumusan sumpah Pemuda ditulis oleh seseorang di selembar kertas. Siapakah yang menulis rumusan tersebut….

A. Soegondo Djojopoespito.

B. Moehammad Yamin.

C. M. Tabrani.

D. Amir Syarifuddin.

6. Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga ….. bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana tersebut….

A. Menumbuhkan rasa cinta.

B. Menggerakkan hati.

C. Mempertegas jati diri.

D. Mempertegas keinginan.

7. Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….

A. Keistimewaan.

B. Keunggulan.

C. Kehebatan.

D. Kelebihan.

8. Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….

A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.

B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea.

C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.

D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah.

9. Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….

A. Devide et impera

B. Balas budi

C. Etische Politic

D. Dumping

10. Perhatikanlah nama-nama berikut ini!

1. Baron Van Houvel.

2. Van Den Bosch.

3. Mr. Van Deventer.

4. Edward Douwes Dekker.

Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya tanam….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 1, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 4

12. buatlah 5 soal pilihan ganda dari pkn kls 7 bab 5

1. Manusia tidak dapat hidup sendiri karena manusia adalah…
a. Ciptaan Tuhan               c. makhluk berakal
b. memiliki nalar                d. Zoon politicon
2. Menurut Aristoteles, manusia adalah makhluk zoon politicon. apa artinya ?
a. makhluk hidup                            c. makhluk yang hidup sendiri
b. makhluk yang sempurna            d. makhluk yang selalu hidup bermasyarakat
3. permainan yang membutuhkan kerja sama adalah…
a. catur                                 c. sepak bola
b. renang                              d. pencak silat
4. kerja sama merupakan pengalaman sila, yaitu terutama sila ke-….
a. 1                                 c. 5
c. 4                                 d. 2
5. kerja sama yang dihindari adalah…
a. membersihkan dan merapikan bersama
b. menyelesaikan tugas kelompok
c. mengadakan pertandingan olahraga
d. memberi tahu jawaban ulangan saat ujian

13. PENILAIAN AKHIR BAB 2 PKN 1-25 SOAL, PILIHAN GANDA

2. a
3. b
4. d
5. b
6. c
7. c
8. a
9.
10. a
11. a

14.
buatlah 10 soal pilihan ganda dari pkn kls 7 bab 5​

Jawaban: 1. Manusia adalah makhluk hidup yang dalam kehidupannya akan selalu melakukan interaksi dengan sesama. Tidak ada seorangpun manusia yang hidup bisa hidup sendirian, karena mereka sangatlah membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Pernyataan tersebut tentunya menguatkan pendapat bahwa manusia merupakan makhluk yang..

a. Sosial

b. Individualis

c. Humanis

d. Pribadi

Jawab= a

2. Interkasi sosial yang hadir dalam bentuk perseorangan ataupun kelompok manusia yang bertujuan untuk dapat mencapai satu ataupun beberapa tujuan bersama tentu merupakan pengertian dari…

a. Musyawarah

b. Kerjasama

c. Koalisi

d. Gotong royong

Jawab= b

3. Kerjasama yang suatu kelompok lakukan tentunya memiliki tujuan tersendiri. Adapun salah satu dari bentuk kerjasama yang merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia sebagai rasa solidaritas sosial yang hadir dalam kehidupan masyarakat tentunya adalah…

a. Siskamling

b. Gotong royong

c. Ronda malam

d. Musyawarah

Jawab= b

4. Berikut ini yang merupakan bentuk contoh kerja sama yang terjadi hanya semata mata untuk dapat meringankan adanya beban penderitaan orang lain tanpa mengharapkan pamrih adalah…

a. Melakukan pengumpulan dana untuk korban yang terdampak wabah covid-19

b. Pembelaan atas tanah air dari adanya ancaman serta gangguan dari Negara lain

c. Melakukan penyelesaian tugas kelompok

d. Senantiasa menjaga keamanan serta ketertiban bersama

Jawab= a

Ada banyak sekali faktor pendorong yang dapat mencapai tujuan dari kerja sama secara maksimal. Berikut adalah beragam faktor pendorong dari sebuah kerja sama, kecuali…

a. Adanya tantangan bersama yang harus terselesaikan

b. Sebuah pekerjaan yang pastinya membutuhkan tenaga bersama

c. Salah satu pihak mendapatkan keuntungan

d. Menghindari terjadinya persaingan bebas

Jawab= c

6. Diantara pernyataan berikut ini merupakan tujuan dari kerja sama kecuali …

a. Muncul adanya sikap toleransi

b. memunculkan sikap saling menghargai antar sesama

c. tercapainya tujuan bersama

d. Munculnya peraturan baru yang dapat mengikat masyarakat

Jawab= d

7. Berikut ini adalah perilaku yang perlu dihindari dalam suatu prinsip kerja sama yaitu…

a. Mementingkan diri kita sendiri

b. toleransi

c. sukarela dan tanpa pamrih

d. saling menghargai satu sama lainnya

Jawab= a

8. Berikut ini yang merupakan contoh bentuk kerjasama yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah yaitu …

a. Mengerjakan tugas pribadi

b. Kerja sama dalam mengerjakan soal ulangan

c. membayar biaya sekolah

d. Melaksakan piket di kelas

Jawab= d

9. Di dalam sebuah organisasi, adanya rasa semangat kerja sama yang baik dapat terwujud jika…

a. Setiap anggota mementingkan kepentingan pribadi dengan mengabaikan kepentingan lainnya

b. Setiap anggota yang tergabung memiliki rasa senasib dan seperjuangan di dalam organisasi tersebut.

c. Pemimpin bertindak secara memaksa untuk bawahannya.

d. Aturan yang dibuat terlalu ketat kepada bawahannya.

Jawab= b

10. Di bawah ini merupakan contoh dari suatau bentuk kerjasama koalisi adalah …

a. Kerjasama PT axon mobil dan Pertamina dalam mengelola migas

b. Kerjasama kombinasi antara LPI dan PSSi dalam menyelamatkan sepak bola Indonesia

c. Kerjasama yang dilakukan dalam dunia perdagangan.

d. Musyawarah dalam peringatan HUT RI

Jawab= b

Penjelasan: Sumber = KelasBijak
                    Kelas     = 7 (SMP kls 1)
                    Mata Pelajaran = PKN

Saya Harap Bisa Membantu ^v^

15. tuliskan 10 soal pilihan berganda PKN kelas 8 bab4 tentang Budi utomo​

1. Apa arti Budi Utomo?

A. Sebuah organisasi sosial

B. Sebuah organisasi politik

C. Sebuah organisasi seni

D. Sebuah organisasi kemasyarakatan

2. Sejak kapan Budi Utomo berdiri?

A. 1883

B. 1908

C. 1908

D. 1945

3. Siapa yang menjadi Presiden Pertama Budi Utomo?

A. Dr. Wahidin Sudirohusodo

B. Dr. Sutomo

C. H.O.S. Tjokroaminoto

D. Dr. Radjiman Wedyodiningrat

4. Dalam kegiatan apa Budi Utomo berperan?

A. Memperjuangkan kemerdekaan

B. Memperjuangkan martabat bangsa

C. Memperjuangkan keadilan sosial

D. Memperjuangkan kerjasama internasional

5. Apa tujuan dari Budi Utomo?

A. Menjaga ketertiban

B. Menjaga harkat dan martabat bangsa

C. Meningkatkan kemajuan ekonomi

D. Mengembangkan pemerintahan

6. Bagaimana Budi Utomo mengembangkan pendidikan?

A. Dengan membangun sekolah dan universitas

B. Dengan meningkatkan jumlah guru

C. Dengan menyediakan buku-buku gratis

D. Dengan menyelenggarakan pelatihan

7. Bagaimana Budi Utomo memperjuangkan kemerdekaan?

A. Dengan melakukan penyerangan

B. Dengan melakukan demonstrasi

C. Dengan melakukan sabotase

D. Dengan melakukan pemberontakan

8. Apa saja yang dilakukan Budi Utomo untuk memperjuangkan harkat dan martabat bangsa?

A. Memperjuangkan hak-hak sipil

B. Melawan diskriminasi

C. Memberikan pendidikan dan pelatihan

D. Memperjuangkan keadilan sosial

9. Siapa yang menjadi ketua terakhir Budi Utomo?

A. Dr. Radjiman Wedyodiningrat

B. Dr. Wahidin Sudirohusodo

C. H.O.S. Tjokroaminoto

D. Dr. Sutomo

10. Apa dampak dari perjuangan Budi Utomo?

A. Meningkatnya kualitas hidup

B. Peningkatan kesadaran politik

C. Pembentukan lembaga-lembaga kemasyarakatan

D. Peningkatan kemampuan kerjasama internasional

16. kak tolong buat kan soal pilihan ganda PKN dari BAB V

Bab V kelas berapa ya dik? Bab V materinya apa?

17. pilihan berganda pkn kelas 8 semester ganjil​

Jawaban:

mana soalnya kak

Penjelasan:

kayaknya fotonya ngebug

18. buat lah 1 soal pilihan ganda dan jawaban nya , mata pelajaran PKN BAB 3 kelas 9.tolong di jawab​

jawaban:

pasal-pasal dalam sistematika UUD NRI tahun 1945 setelah amandemen terdiri dari…

a. 21 bab,73 pasal,170 ayat,3 pasal aturan peralihan,2 pasal aturan tambahan

b. 16 bab,37 pasal,49 ayat,4 pasal aturan peralihan,2 pasal aturan tambahan

c. 18 bab,54 pasal,75 ayat,2 pasal aturan peralihan,2 pasal aturan tambahan

d. 24 bab,66 pasal,150 ayat,5 pasal aturan peralihan,3 pasal aturan tambahan

e. 30 bab,63 pasal,70 ayat,1 pasal aturan peralihan,2 pasal aturan tambahan

f. 30 bab,63 pasal,150 ayat,4 pasal aturan peralihan,3 pasal aturan tambahan

pembahasan:

pembahasan:jawaban=A

a. 21 bab,73 pasal,170 ayat,3 pasal aturan peralihan,2 pasal aturan tambahan

19. bikin Soal penilian pkn kelas 8 soalnya itu pilihan ganda dan kunci jawaban​

Penjelasan:

1.Dalam kehidupan bermasyarakat kita hendaknya menjunjung tinggi harkat dan martabat orang lain. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Pancasila yaitu sila…

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

Jawaban: b.

2. Pembentukan pemerintah negara Indonesia dilandasi oleh Pancasila. Pernyataan tersebut terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke….

a. ke-1

b. ke-2

c. ke-3

d. ke-4

Jawaban: d.

3.Tiga fungsi pokok Pancasila adalah….

a. pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup

b. pandangan hidup, ideologi, dasar negara

c. lambing negara, jiwa bangsa, ideology

d. dasar negara, lambing negara, pertahanan negara

Jawaban: b.

4.. Pancasila sebagai dasar negara dipergunakan untuk….

a. dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintah negara

b. menentukan tujuan negara

c. menyusun program pembangunan

d. landasan kehidupan berbangsa dan bernegara

Jawaban: a.

5.Pandangan Pancasila tentang kehidupan manusia dalam masyarakat adalah….

a. manusia harus hidup secara teratur

b. setiap individu mempunyai kebebasan mutlak

c. kehidupan manusia harus berada dalam keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara pribadi dan masyarakat

d. kehidupan manusia harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dalam kelompok bermasyarakat

Jawaban: c.

6Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan petunjuk atas semua kegiatan hidup dan penghidupan bangsa Indonesia diberbagai aspek kehidupan masyarakat dan bangsa. Pernyataan ini merupakan pembuktian Pancasila sebagai….

a. cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

b. perjanjian luhur bangsa Indonesia

c. kepribadian bangsa Indonesia

d. pandangan hidup bangsa Indonesia

Jawaban: d.

7.Dalam hal menyaring budaya asing kedudukan Pancasila berfungsi sebagai….

a. perjanjian luhur bangsa

b. dasar negara Indonesia

c. jiwa dan keperibadian bangsa

d. filsafat bangsa Indonesia

Jawaban: c.

8.Pancasila adalah dasar negara dari Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Pernyataan tersebut merupakan pengertian Pancasila secara….

a. yuridis

b. historis

c. agraris

d. etimologis

Jawaban: a.

Video Terkait