Soal Kasus Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

  Edukasi
Soal Kasus Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi? Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara? Apa saja solusi yang anda ajukan untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Daftar Isi

1. Mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi? Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara? Apa saja solusi yang anda ajukan untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Jawaban:

yang harus bertanggung jawab adalah semua warga negara

2. kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Jawaban:

melanggar peraturan negara

3. kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

tidak mau mengalah dengan siapapun

4. kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban hak warga negara terjadi ketika warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh haknya sebagaimana mestinya yang ditetapkan oleh undang-undang. Pelanggaran hak warga negara merupakan akibat dari adanya pelalaian atau pengingkaran terhadap kewajiban, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh warga negara sendiri. Misalnya, kemiskinan yang masih menimpa sebagian masyarakat Indonesia, penyebabnya dapat berasal dari pemerintah ketika program pembangunan tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau dapat juga disebabkan oleh perilaku warga negara sendiri yang malas untuk bekerja atau tidak mempunyai keterampilan sehingga mereka hidup di garis kemiskinan.

Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban warga negara di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a. Sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri

Sikap ini akan menyebabkan seseorang untuk selalu menuntut haknya, sementara kewajibannya sering diabaikan. Seseorang yang mempunyai sikap seperti ini akan menghalalkan segala cara agar haknya dapat terpenuhi, meskipun caranya tersebut dapat melanggar hak orang lain.

b. Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara

Hal ini akan menyebabkan pelaku pelanggaran berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain pun mempunyai hak yang harus dihormati. Sikap tidak mau tahu ini berakibat munculnya perilaku atau tindakan penyimpangan terhadap hak dan kewajiban warga negara.

c. Sikap tidak toleran

Sikap ini akan menyebabkan munculnya perilaku tidak saling menghargai dan tidak menghormati atas kedudukan atau keberadaan orang lain. Sikap ini pada akhirnya akan mendorong orang untuk melakukan diskriminasi kepada orang lain.

d. Penyalahgunaan kekuasaan

Di dalam masyarakat terdapat banyak kekuasaan yang berlaku. Kekuasaan di sini tidak hanya menunjuk pada kekuasaan pemerintah, tetapi juga bentuk-bentuk kekuasaan lain yang terdapat dalam masyarakat. Salah satu contohnya adalah kekuasaan di dalam perusahaan. Para pengusaha yang tidak memedulikan hak-hak buruhnya jelas melanggar hak warga negara. Oleh karena itu, setiap penyalahgunaan kekuasaan mendorong timbulnya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

e. Ketidaktegasan aparat penegak hukum

Aparat penegak hukum yang tidak bertindak tegas terhadap setiap pelanggaran hak dan kewajiban warga negara, tentu saja akan mendorong timbulnya pelanggaran lainnya. Penyelesaian kasus pelanggaran yang tidak tuntas akan menjadi pemicu bagi munculnya kasus-kasus lain. Para pelaku tidak akan merasa jera, dikarenakan mereka tidak menerima sanksi yang tegas atas perbuatannya itu. Selain hal tersebut, aparat penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang juga merupakan bentuk pelanggaran hak warga negara dan menjadi contoh yang tidak baik, serta dapat mendorong timbulnya pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

f. Penyalahgunaan teknologi

Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif, tetapi dapat juga memberikan pengaruh negatif bahkan dapat memicu timbulnya kejahatan. Kalian tentunya pernah mendengar terjadinya kasus penculikan yang berawal dari pertemanan dalam jejaring sosial. Kasus tersebut menjadi bukti, apabila kemajuan teknologi tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang sesuai aturan, tentu saja akan menjadi penyebab timbulnya pelangaran Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban hak warga negara. Selain itu juga, kemajuan teknologi dalam bidang produksi ternyata dapat menimbulkan dampak negatif, misalnya munculnya pencemaran lingkungan yang dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia.

Jawaban:

Kasusnya seperti korupsi, melanggar tata tertib lalu lintas, mengkonsumsi narkoba

Penjelasan:

Maaf klu nggak bener

5. Jelaskan kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Jawaban:

•Kasus Pengingkaran Kewajiban Negara

•Melanggar hak asasi orang lain.

•Tidak membayar pajak.

•Melanggar peraturan lalu lintas.

•Korupsi.

•Tidak ikut serta dalam bela negara.

•Merusak fasilitas umum.

•Tidak ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan.

•Pelanggaran pendidikan dasar.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat dan membantu ya:”)

6. Menganalisis nilai- nilai Pancasila terkait dengan kasus- kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Kasus- kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

contohnya tawuran yaitu, pelanggaran terhadap sila ketiga

•>sila ketiga berbunyi persatuan Indonesia

7. apa perbedaan antara kasus pelanggaran hak dan kasus pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

Sisi yang dirugikan

Penjelasan:

Jika kasus pelanggaran hak warga negara, warga negara dirugikan karena hak mereka dibatasi oleh negara. Sedangkan kasus pengingkaran kew
ajiban warga negara, negara selaku yang memiliki hak dirugikan oleh warganya, contohnya penghindaran pembayaran pajak oleh masyarakat, warga negara yang tidak mau membayar BPJS

8. mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi​

Jawaban:

Semoga membantu

Penjelasan:

Faktor internal penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah : Rendahnya tingkat kesadaran dalam melakukan kewajiban demi memenuhi hak warga negara lainnya. Memiliki sikap apatis terhadap terpenuhinya hak warga negara lainnya. Memiliki sifat intoleran.

Jawaban:

karena terjadinya kelalaian dalam melaksanakan kewajiban

Penjelasan:

maaf kalo salah

9. Tanggapan kita terhadap kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Jawaban:

seharusnya kita tidak melanggar hal itu.

karena itu berakibat besar.

Penjelasan:

maaf itu pendapatku..

10. contoh soal pilihan ganda tentang kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

1.apa contoh pelanggaran yang ada pada masyarakat ?

A….

B….

C….

D….

11. Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Jawaban:

kurang tau pasti jawabannya

12. kesimpulan kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara​

Jawaban:

KASUS KASUS PELANGGARAN HAK SERING TERJADI,DI KARENA KAN KURANG NYA KERJA SAMA DAN TOLONG MENONOLONG UNTUK SESAMA

Penjelasan:

HAL SEPERTI INI BISA DI UBAH DENGAN CARA:1.TOLONG MENOLONG ANTAR SESAMA2.TDK MELAKUKAN HAL YG DILARANG PEMERINTAH~MAAF KALAU SALAH~

13. soal pkn1.mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi?2. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara3. Apa saja solusi yang anda ajukan untuk mencegah terjadinya kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

1.karena di Indonesia rakyatnya itu banyak dan pelanggaran itu masih terjadi
2.masyarakat karena kalo bukan masyarakat Indonesia tidak bisa mencegahnya
3.seharusnya dibentuknya hukum dan undang undang lebih ketat lagi

14. Mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih

Jawaban:

masihberdebatU>U:v

(salah jawaban yg bener ialah masih membantu tapi karena buru-buru)

Penjelasan:

moga paham dan bermanfaat

Unfaedah:V

Jawaban:

karena kurangnya pendidikan mengenai hak dan kewajiban apa saja yang harus dilaksanakan dan tidak boleh di ingkar

15. Jelaskan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara serta penanganannya!

Jawaban:

#kasus2 pelanggaran hak:orang menahan nahan dan mencuri rezeki orang lain >cara penanganannya:sebaiknya orang itu di tegur atau di nasihatin.

#kasus2 pengingkaran kewajiban:orang yang sangat curang tidak mau melaksanakan kewajiban pribadinya dengan baik>cara penanganannya:kita menyuruh mereka untuk harus bertanggung jawab atas kewajibannya

maaf kalok salah

semoga membantu

16. Buatlah rangkuman tentang materi kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negarabuatlah rangkuman tentang materi kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Jawaban:

Rangkuman tentang materi kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah sbb:

Penjelasan:

Rangkuman tentang materi kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah sbb:

1.  Penyebab Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Sikap egois (mementingkan diri sendiri)Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegaraSikap tidak toleranPenyalahgunaan kekuasaanKetidaktegasan aparat penegak hukumPenyalahgunaan teknologi

2.  Kasus Pelanggaran Hak Warga Negara

Proses penegakan hukum belum optimal (Pasal 27 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945) untuk menjunjung hukumTingkat kemiskinan dan pengangguran (Pasal 27 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945) Hak mendapat pekerjaan yang layakBanyaknya kasus HAM (Pasal 28A – 28J UUD NRI Tahun 1945) menjamin HAMTindak kekerasan atas nama agama (Pasal 29 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945) menjamin kebebasan beragamaAngka putus sekolah tinggi (Pasal 31 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945), hak mendapat pendidikanPelanggaran hak cipta

3.  Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Diakibatkan sifat egois dan rendahnya kesadaran

Contoh pengingkaran kewajiban :

Membuang sampah sembaranganMelanggar aturan lainMerusak fasilitasTidak membayar pajakTidak berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

Pelajari lebih lanjut tentang materi pengingkaran kewajiban warga negara https://brainly.co.id/tugas/2045633

#BelajarBersamaBrainly

17. sebutkan kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara

Jawaban:

– Tidak membayar pajak.

– Tidak mentaati peraturan lalu lintas.

– Merusak fasilitas umum.

– Membuang sampah sembarangan.

– Korupsi.

– Tidak ikut serta dalam pembelaan negara.

18. mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi?2.siapa yg harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?3.apa saja solusi yg andaikan untuk mencegah terjadinya kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban war
ga negara?​

1. Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara masih terjadi dikarenakan banyak warga negara yang tidak menjalankan kewajibannya sebagai warga negara dan tidak mementingkan kewajibannya, namun tetap menuntut haknya sebagai warga negara. Selain itu, kurangnya pengawasan, pengaruh budaya, sifat dasar manusia yang egois dan mudah terprovokasi juga mendorong terjadinya pelanggaran HAM

2. yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM adalah seluruh masyarakat/ warga negara.

3. -Upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanganan pelanggaran dan pelanggaran kewajiban warga negara seperti :

a. supremasi hukum dan demokrasi harus ditegakkan

b. mengoptimalkan peran lembaga-lembaga selain lembaga tinggi negara yang berwenang dalam penegakan hak dan kewajiban warga negara.

c. meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran hak dan kewajiban warga negara oleh pemerintah

d. meningkatkan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan hak dan kewajiban warga negara

-membangun pastisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara seperti

a. di lingkungan keluarga

b. di lingkungan sekolah

c. di lingkungan masyarakat

d. di lingkungan bangsa dan negara

19. 1. Mengapa kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warganegara masih terjadi?2. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?3. Apa saja solusi yang Anda ajukan untuk mencegah terjadinya kasus-kasuspelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?​

Jawaban:

akibat dari adanya pelalaian atau pengingkaran terhadap kewajiban,

baik yang dilakukan oleh warga

negara sendiri.

2. Seluruh warga negara.

3. A. Mengadakan sosialiasasi

mengenai kewajiban warga negara

dan mengkatkan kesadaran

masyarakat akan pentingnya

mejalankan kewajiban

B. Memberikan sanksi yang tegas

kepada para pelanggar hak dan

pengingkar kewajiban.

Penjelasan:

#MaafJikaSalah

#backtoschool2019

#BACKTOschoolBRAINLY

Video Terkait