Seorang Peneliti Hendak Melakukan Penelitian Mengenai Kemiskinan Di Jakarta

  Edukasi
Seorang Peneliti Hendak Melakukan Penelitian Mengenai Kemiskinan Di Jakarta

Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di jakarta. namun, karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah….??

Daftar Isi

1. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di jakarta. namun, karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah….??

Data sekunder adalah informasi yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dan sudah tersedia publik, sehingga dapat digunakan oleh peneliti untuk tujuan tertentu.

Dalam penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta, beberapa data sekunder yang tepat untuk digunakan antara lain:

1. Data BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Jakarta:

BPS memiliki data statistik yang berkaitan dengan kemiskinan, termasuk jumlah penduduk miskin, indeks pembangunan manusia, dan tingkat pengangguran.

2. Laporan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta:

Laporan pemerintah provinsi tentang anggaran, program pemberdayaan sosial, dan kebijakan yang berkaitan dengan kemiskinan dapat menjadi sumber data sekunder yang berguna.

3. Jurnal atau studi sebelumnya:

Penelitian sebelumnya mengenai kemiskinan di Jakarta dapat memberikan informasi tambahan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan kemiskinan, dampaknya, dan upaya-upaya untuk menguranginya.

Dengan menggunakan data sekunder dari sumber-sumber yang terpercaya, peneliti masih dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang berharga dalam penelitian tentang kemiskinan di Jakarta, meskipun tidak menggunakan data primer.

2. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan d jakarta namun karena kesulitan mendapat data primer peneliti tersebut mengutuskan untuk menggunakan data sekunder.Data sekunder yang tepat untuk di gunakan dalam contoh kasus tersebut adalah

Data sekunder merupakan data yang diambil peneliti dari sumber yang sudah ada.
menurut saya, dalam kasus ini peneliti dapat menggunakan data prosentase kemiskinan di Jakarta yang didapatkan dari BPS (Badan Pusat Statistik)

sekian semoga membantu,
maaf jika salah

3. Seorang peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kemiskinan terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Jakarta”. Tentukan Variabel bebas dan terikat dari penelitian Tersebut !

Jawaban:

variabel bebasnya : pengaruh kemiskinan

variabel terikatnya : pendidikan anak di Jakarta

Penjelasan:

semoga membantu ya

4. Jelaskan proses penalaran yang tepat bagi penelitiyang ingin melakukan penelitian tentang penyebabkemiskinan di perkotaan!​

Proses penalaran yang dilakukan peneliti dalam melakukan penelitiannya yaitu dengan dua jenis penalaran, yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif.

Penalaran deduktif, untuk mengumpulkan informasi atau data dan pengolahannya.  Penlaran induktif, digunakan sebagai pembuat kesimpulan pada data yang telah diperoleh dan diproses.

Pembahasan

Penelitian sosial yaitu aktivitas ilmiah yang dilakukan seseorang secara sistematis dan menggunakan metode tertentu di dalam mengumpulkan dan mengolah sekumpulan data.

Ciri-ciri dari penelitian sosial, yaitu:

-Memiliki permalahan yang jelas.

-Prosedur penelitiannya dilakukan secara detail dan rinci.

-Sebuah penelitian harus bisa ditampilkan secara nyata.

-Simpulan harus meyakinkan pembaca.

-Selalu menjunjung tinggi kode etik penelitian sosial.

-Menghasilkan penelitian yang bersifat objektif.

Jenis-jenis dari penelitian sosial, yaitu:

-Penelitian dasar

-Penelitian terapan

-Penelitian estetika

-Penelitian evalasi

-Penelitian ilmiah

-Penelitian sosial

-Penelitian lapangan

-Penelitian library

-Penelitian non ilmiah

Metode dalam melakukan penelitian sosial, yaitu:

-Kuantitatif

-Kualitatif

Syarat dalam melakukan penelitian sosial, yaitu:

-Sistematis

-Terencana

-Analitis

-Selalu konsisten

-Operasional

-Skeptis

-Jujur

-Kritis

-Terbuka

Manfaat dari penelitian sosial , sebagai berikut:

-Untuk mengetahui adanya fenomena gejala sosial di kehidupan sehari-hari.

-Untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa
sosial yang terjadi.

-Untuk memantau kegiatan atau program yang dilaksanakan.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang permasalahan sosial dalam masyarakat brainly.co.id/tugas/14218552

materi tentang gejala sosial di masyarakat brainly.co.id/tugas/10466265

—————————————————— Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Penelitian Sosial

Kode:

Kata kunci: Pengertian penelitian sosial, jenis-jenis dari penelitian sosial, ciri-ciri dari suatu penelitian sosial, metode untuk melakukan penelitian sosial, syarat dari penelitian sosial, manfaat dari penelitian sosial.

AJ.

5. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan dijakarta namun karena kesulitan mendapat data primer,peneliti tersebut memustukan untuk menggunakan data data sekunder.data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalaha

yaitu data dari pustaka/data yang telah ada yang dimabil dari masyarakatData sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.

6. seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di jakarta namun karena kesulitan mendapatkan data primer.peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder.data sekunder yang tepat untuk di gunakan dalam contoh kasus tersebut adalah

tingkat pendapatan
usia

7. organisasi internasional yang memaparkan hasil-hasil penelitian mengenai kemiskinan yaitu

unicef yang menangani kemiskinan, pemderitaan pd anak2 . dan jg membantu korban bncn alm.
UNICEF

semoga bermanfaat^_^

8. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta Namun, karen kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. Data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah . . A. survei D. studi pustaka B. observasi E. FGD (Focus Group Discussron) C. wawancara

D. studi pustaka

Data sekunder sendiri adalah data yang tidah diperoleh secara langsung dari lapangan. studi pustaka bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang terdapat di perpustakaan. Contohnya adalah buku, jurnal, majalah, naskah, catatan, kisah sejarah, dan dokumen lainnya.

Pelajari lebih lanjut Sosiologi kelas 10:

langkah-langkah penelitian: https://brainly.co.id/tugas/20815988jenis penelitian berdasarkan metode: https://brainly.co.id/tugas/20815972Penelitian: https://brainly.co.id/tugas/20815703Hal yang tergambar pada topik penelitian: https://brainly.co.id/tugas/20815713Kelas: 10Mapel: SosiologiBab: Rancangan penelitian sosialKode: 10.20.5

9. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian menegenai kemiskinan di jakarta namun, karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. Data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah…

bisa menggunakan data sekunder “studi pustaka”
karena, data sekunder studi pustaka adalah satu kegiatan yang melakukan suatu pengamatan atau penelitian terhadap suatu masalah

semoga membantu:))

10. Organisasi internasional yang memamparkan hasil-hasil penelitian mengenai kemiskinan adalah

Unicef Yang bertugas di bidang Sosial dunia

11. seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di jakarta namu karena kesulitan mendapatkan data primer,peneliti tersebut memutuskan mengunakan data sekunder.data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah….A.surveiB.obervasiC.wawancaraD.studi pustakaE.FGD(focus group discussion)​

Jawaban:

jawaban nya ada lah A survey

12. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta namun karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. Data sekunder yg tepat untuk di gunakan dalam contoh kasus tersebut adalah A. Survei B. Observasi C. Wawancara D. Studi Pustaka C. FGD(focus group discussion)

Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta namun karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. Data sekunder yg tepat untuk di gunakan dalam contoh kasus tersebut adalah  

A. Survei

B. Observasi

C. Wawancara

D. Studi Pustaka

C. FGD (focus group discussion)

Jawaban D. Studi Pustaka .

Kakak akan menjelaskan lebih lanjut dalam pembahasan dibawah ini !^^

Pembahasan

Dalam pengumpulan data, terdapat data primer dan data sekunder.

Data primer adalah data yang diambil langsung dari narasumbernya. Pada soal terdapat pilihan ganda berupa survei, observasi, wawancara dan FGD (focus group discussion). Ke – empat metode penelitian ini merupakan metode penelitian yang memiliki data primer.

Data sekunder adalah data yang kita dapatkan dari pihak kedua maupun ketiga yang sudah tervalidasi benar. Dengan demikian jawaban yang tersisa yaitu studi pustaka, merupakan metode pengumpulan data sekunder.

Tambahan !^^

Terdapat bermacam – macam metodelogi penelian yang dapat digunakan berdasarkan :

teknik: kualitatif dan kuantitatif fungsi : dasar, terapan, evaluatif tujuan: deskriptif, prediktif, importif, eksplanatif

Sekian dari kakak, semoga membantu ya! Semangat! \(^^)9

Pelajari lebih lanjut Materi tentang sistematika penulisan laporan penelitian : https://brainly.co.id/tugas/15820016 Materi tentang perbedaan data primer dan data sekunder : https://brainly.co.id/tugas/9905492

————————————————————————————————-

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Sosiologi

Bab: 3 – Metode Penelitian Sosial

Kode: 12.20.3

Kata Kunci: data sekunde
r, data primer, metode penelitian

13. manfat penelitian mengenai kemiskinan bagi masyarakat secara umum sbb,kecuali

Kecuali adalah membuat suatu masyarakat menjadi kaya

14. Mengapa penelitian tentang kemiskinan disuatu daerah termasuk penelitian deskriptif?

karena menyangkut deskripsi masyarakat

15. seorang peneliti melakukan mengenai kemiskinan di jakarta, namun karena kesulitan mendapatkan data primer , peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data primer. data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah

data orang yang tinggal di kolong jembatan atau pemukiman kumuh

16. Seorang peneliti ingin mengambil data tentang kehidupan masyarakat miskin yang ada di kota.Untuk memperoleh data tersebut, peneliti tersebut melakukan tanya jawab dengan masyarakat miskin yang ada dikota secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti tersebut adalah….

Jawaban:

Wawancara

Penjelasan:

Wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data dengan peneliti melakukan tanya jawab secara langsung dengan subjek penelitian, dengan peneliti yang bertanya kepada responden dan peneliti yang mengisi jawaban responden di pedoman wawancara.

17. manfat penelitian mengenai kemiskinan bagi masyarakat secara umum sbb,kecuali

kecuali, menambah kemiskinan, menambah kesengsaraan.

maaf sekali kalau salah

18. Mengapa penelitian tentang kemiskinan di suatu daerah termasuk penelitian deskriptif​.

Jawaban:

karena penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif

Penjelasan:

karena penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif,sehingga kita sebagai peneliti akan melakukan observasi selanjutnya kita akan mewawancarai responden, maka dari itu pasa saat membuat proposal atau jurnal penelitan kita akan mendeskripsikan hasil dari penelitian

19. Seorang peneliti hendak melaksanakan penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta. Namun, lantaran kesulitan mendapat data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk memakai data sekunder. Data sekunder yang sempurna untuk dipakai dalam referensi kasus tersebut adalah a.survei b.observasi c.wawancara d.studi pustaka e.FGD(focus group discussion)

Data sekunder yang digunakan dalam referensi  kasus dari ilustrasi penelitian di atas adalah… d.studi pustaka

Pembahasan

Penelitian sosial merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pihak tertentu dengan menggunakan metode ilmiah dan dilakukan secara sistematis dalam memperoleh informasi dan hasil secara ilmiah.

Ciri-ciri dari penelitian sosial, yaitu:

-Memberikan suatu informasi kelebihan dan kekurangan dari suatu penelitian yang dilakukan.

-Mempunyai permasalahan yang jelas.

-Prosedur penelitiannya dilakukan secara detail dan rinci.

-Menghasilkan penelitian yang bersifat objektif.

-Metode analisis penelitian ditampilkan secara real atau nyata.

-Simpulan harus meyakinkan pembaca.

-Menjujung tinggi kode etik penelitian.

Jenis-jenis dari penelitian sosial, yaitu:

-Penelitian dasar

-Penelitian estetika

-Penelitian sosial

-Penelitian terapan

-Penelitian lapangan

-Penelitian library

-Penelitian evalasi

-Penelitian ilmiah

-Penelitian non ilmiah

Metode dalam melakukan penelitian sosial, yaitu:

-Kualitatif

-Kuantitatif

Syarat dalam melakukan penelitian sosial, yaitu:

-Sistematis

-Selalu konsisten

-Operasional

-Skeptis

-Terencana

-Analitis

-Terbuka

-Jujur

-Kritis

Manfaat dari penelitian sosial , sebagai berikut:

-Dapat digunakan sebagai alat untuk menjelaskan semua kemungkinan adanya peristiwa sosial.

-Dapat digunakan untuk menganalisis tentang terjadinya gejala-gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat.

-Dapat digunakan dalam melihat program kerja yang berjalan sudah sejauh mana.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang permasalahan sosial dalam masyarakat brainly.co.id/tugas/14218552

materi tentang gejala sosial di masyarakat brainly.co.id/tugas/10466265

——————————————————Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Penelitian Sosial

Kode:

Kata kunci: Pengertian penelitian, metode penelitian sosial, syarat penelitian sosial, jenis penelitian sosial, ciri-ciri penelitian sosial, manfaat dari penelitian sosial.

AJ.

Video Terkait