Sel Tubuh Lalat Buah Betina Mempunyai Jumlah Kromosom

  Edukasi
Sel Tubuh Lalat Buah Betina Mempunyai Jumlah Kromosom

Se tubuh lalat buah betina mempunyai jumlah kromosom….buah

Daftar Isi

1. Se tubuh lalat buah betina mempunyai jumlah kromosom….buah

jumlahnya dua kromosom yakni XX

2. Pada inti sel lalat buah terdapat 8 kromosom (4 pasang). Tentukan kariotip sel tubuh lalat buah jantan dan betina ! Jumlah kromosom lalat buah bertipe XY seperti manusia.

Jawaban:

ormula kromosomnya yaitu:

Pada sel tubuh (autosom) lalat buah jantan = 3AA+XY atau 6A+XY. Pada sel tubuh (autosom) lalat buah betina = 3AA+XX atau 6A+XX. Pada sel kelamin (gonosom) lalat buah jantan = 2A +X atau 2A + Y

//maaf klo salah

3. e. Diketahui: jumlah kromosom lalat buah (Drosophila) (2n) = 8. Tentukan jumlah kromosom pada sel tubuh(somatis) dan sel gamet (sperma dan ovum) serta tuliskan formula kromosomnya!f. Pada manusia dan lalat buah, kromosom nomor berapakah yang membedakan jantan dengan betina?​

Di dalam nukleus, teradpat kompleks DNA dan protein yang membentuk struktur benang-benang halus dan mudah diwarnai dengan pewarna tertentu yang disebut kromatin. Saat sel akan membelah, benang-benang kromatin ini akan memendek dan menebal yang disebut kromosom. Jumlah kromsoom antarorganisme berbeda-beda dan tidak dipengaruhi oleh derajat tingkatan kesempurnaan suatu organisme maupun ukuran tubuhnya.  Formula kromosom dapat dituliskan berdasar jumlah kromosom yang ada dalam organisme tersebut.  

Pembahasan

Pada soal diatas diketahui:

e. Jumlah kromosom lalat buah (Drosophila) (2n) = 8.

Jumlah kromosom pada sel tubuh (somatis) adalah 6 atau 3 pasang.  

Adapun jumlah kromosom pada sel gamet (sperma dan ovum) adalah 2 atau sepasang yaitu jantan dan betina.

Formula kromosomnya yaitu:

Pada sel tubuh (autosom)  lalat buah jantan = 3AA+XY atau 6A+XY Pada sel tubuh (autosom) lalat buah betina = 3AA+XX atau 6A+XX Pada sel kelamin (gonosom)  lalat buah jantan = 2A +X atau 2A + Y Pada sel kelamin (gonosom)  lalat buah betina = 2A + X  

Pada sel tubuh atau sel somatik, inti sel mengandung kromosom yang berpasangan atau bersifat diploid (2n), maka formula ditulis AA, sedangkan pada sel kelamin inti sel mengandung kromosom tidak berpasangan atau bersifat haploid (n) maka formula dituliskan A.

f. Pada manusia, kromosom nomor 23 yang membedakan jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Adapun pada kariotipe kromosom manusia, autosom terdapat pada kromosom nomor 1-22.  

Pada lalat buah, kromosom nomor 1 yang membedakan jantan dengan betina. Gambar dari kromosom lalat buah dapat dilihat pada lampiran.  

Berdasar fungsinya, kromosom dibedakan menjadi dua macam yaitu:

Kromosom tubuh (autosom=A) adalah kromosom yang mengendalikan sifat-sifat tubuh, seperti warna mata, warna kulit, tinggi badan, tidak menentukan jenis kelamin.   Kromosom seks (gonosom) adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin yang terdiri atas X dan Y. Apabila dalam tubuh individu terdapat kromosom XX maka individu tersebut berjenis kelamin perempuan atau betina, sebaliknya jika dalam tubuh individu terdapat kromosom XY maka berjenis kelamin laki-laki atau jantan. Kromosom X berbentuk lurus dan kromosom Y berbentuk bengkok pada ujungnya.    

Pelajari lebih lanjut tentang mutasi kromosom di: brainly.co.id/tugas/8773252.  

Pada manusia, jumlah kromosom setiap sel tubuh berjumlah 46 atau 23 pasang. Kromosom nomor 1 sampai nomor 22 adalah  autosom (kromosom tubuh), sedangkan kromosom nomor 23 adalah gonosom (kromosom kelamin). Formula kromosom pada manusia dapat dituliskan:  

Kariotipe  pada laki-laki = 22AA + XY atau 44 A+XY dan untuk perempuan ditulis 22AA + XX atau 44A+XX.  

Karena pada sel kelamin kromosom tidak dalam keadaan berpasangan (haploid), maka kariotipe sel kelamin jantan (sel sperma) yaitu 22A + X atau 22A + Y, sedangkan kariotipe sel kelamin  betina (sel ovum) yaitu 22A + X.  

Pelajari lebih lanjut tentang gen dominan resesif manusia di: brainly.co.id/tugas/17128368.  

Suatu kromosom terdiri atas bagian-bagian berikut ini:  

1. Kromatid (lengan)

Adalah badan kromosom yang mengandug filamen tipis disebut kromonema. Kromonema diselubungi matriks yag dibungkus membran. Kromonema terdiri atas bagian-bagian yang bergalanula besar dan kecil.  Kromatid melekat satu sama lain di bagian sentromer.

2. Kromomer

Struktur berbentuk manik-manik/ granula yang merupakan akumulasi materi kromatin/benang-benang halus yang kadang terlihat saat interfase. Granula berukuran besar disebut kromomer, sedangkan granula kecil disebut kromiol.  Kromomer disebut juga lokus yang mneyimpan materi genetik berupa protein histon dan DNA.

3. Sentromer

Adalah daerah perlekukan disekitar pertengahan kromosom. Pada sentromer terdapat kinetokor yaitu tempat pelekatan benang-benang spindel saat pembelahan inti dan berperan mengatur pergerakan kromosom selama pembelahan.  

4. Satelit

Adalah bagian kromosom yang berbentuk bulatan dan terletak di ujung lengan kromatid. Terbentuk akibat terjadinya kontriksi/ lekukan sekunderpada ujung kromosom.  

5. Telomer

Adalah daerah terujung pada kromosom, berfungsi untuk menjaga stabilitas ujung kromosom agar DNA tidak mudah terurai dan megahalangi agar tidak terjadi pelekatan antar kromosom.

Pelajari lebih lanjut tentang gambar struktur kromosom di: brainly.co.id/tugas/12816352.  

 

Detil jawaban

Kelas: 3 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Pewarisan sifat

Kode:
9.4.6

Kata kunci: kromosom, formula kromosom lalat buah, kromosom manusia  

4. 1. samakah jumlah kromosom lalat buah jantan dan betina ? jelaskan !

Tidak, karena kromosom lalat buah jantan adalah kromosom jenis Y dan kromosom lalat buah betina adalah X

5. gambarkan skema kromosom sel tubuh lalat jantan dengan jumlah kromosom 4 pasang

kromosom lalat jantan :

jumlah kromosom 4 :
2A + XY , 1AA + XY , 1A + X dan 1A + Y

6. jika drosophila melanogaster (lalat buah) mempunyai jumlah kromosom adalah 8 buah. tuliskan penulisan kromosom pada: a. sel sperma b. sel epidermis drosophila

Jumlah kromosom pada sperma yaitu 6A+X atau 6A+Y

7. 1. samakah jumlah kromosom lalat buah jantan dan betina ? jelaskan !

Tidak,karena kromosom lalat buah jantan merupakan kromosom jenis Y yang dapat ditemukan di sel-sel lalat buah jantan,sama seperti di betina tapi kromosom lalat buah betina adalah kromoson X

8. formula kromosom sel kelamin lalat jantan dan lalat betina

alat sel klamin jantan adalah sperma, alat kelamin betina adalah sel telur.

9. Sel tubuh lalat buah betina mempunyai kromosom… Buah A. 4 B. 8 C. 16 D. 32

sel tubuh lalat betina mempunyai kromosom A 4 buah

10. 1.bagian sel yang mengandung kromosom adalah..2.lokasi gen dalam kromosom disebut..3.jumlah kromosom pada sperma seorang pria adalah……… buah4.kromosom yang tidak berpasangan disebut…5.jika kromosom diploid suatu organisme adalah 60 pasang,maka jumlah kromosom haploidnya adalah…. buah6.jumlah kromosom diploid pada sel tubuh manusia adalah…. buah7.sel tubuh lalat buah betina mempunyai jumlah kromosom … buah8.keturunan dari suatu persilangan disebut..9.ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat makhluk hidup disebut…10.tokoh yang biasa disebut sebagi BP.genetika adalah…

1.DNA
2.Lokus
3. satu
4.Alel
5.120 buah
6.23 pasang
7.
8.Filal
9.Hideritas
10.George Mendel

11. Jika sel tubuh pada buah tomat mempunyai 24 kromosom,maka jumlah kromosom pada serbuk sarinya adalah…

12. krn serbuk sari merupakan sel gamet yg pd pembuatannya melalui meiosis yg bersifat haploid

12. 1.bagian sel yang mengandung kromosom adalah.. 2.lokasi gen dalam kromosom disebut.. 3.jumlah kromosom pada sperma seorang pria adalah……… buah 4.kromosom yang tidak berpasangan disebut… 5.jika kromosom diploid suatu organisme adalah 60 pasang,maka jumlah kromosom haploidnya adalah…. buah 6.jumlah kromosom diploid pada sel tubuh manusia adalah…. buah 7.sel tubuh lalat buah betina mempunyai jumlah kromosom … buah 8.keturunan dari suatu persilangan disebut.. 9.ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat makhluk hidup disebut… 10.tokoh yang biasa disebut sebagi BP.genetika adalah…

9. ilmu genetika
10.Gregor Mendel

kalo salah maaf ya
 

13. Jumlah kromosom pada lalat jantan dan lalat betina​

Jawaban:

3 kalo gak salah

maaf kalo salah

14. Lalat buah memiliki jumlah kromosom sebanyak 4 pasang dan sel gametnya bersifat haploid berapakah jumlah kromosom pada sel kelamin lalat buah?

Pada manusia dan lalat buah terdapat perbedaan gonosom antara jantan dan betina. Pada lalat buah jantan, satu gonosom berbentuk batang diberi simbol X dan satu gonosom berbentuk bengkok di beri simbol Y. Dengan demikian gonosom jantan disimbolkan dengan XY. Pada betina kedua gonosom berbentuk batang dan disimbolkan dengan XX.
Oleh karena itu, jumlah kromosom lalat buah jantan dapat dituliskan 3AA
+ XY atau 6A + XY, sedangkan betina 3AA + XX atau 6A + XX. Adapun jumlah kromosom manusia laki-laki 22 AA + XY atau 44A + XX, sedangkan perempuan 22AA + XY atau 44A + XX.

15. Suatu individu diploid mempunyai 16 buah kromosom. Berapakah jumlah kromosom pada sel tubuhnya?

Jawabannya adalah 16 buah

16. Soal latihan UTS tahun lalu nih. hal yang diamati sebutkan jumlah kromosom,jumlah gonosom,jumlah autosom, formula kromosom individu,formula kromosom sel kelamin dari lalat jantan dan lalat betina!

kromosom=46buah/23pasang
gonosom=23 pasang
autosom=46buah/23pasang

17. apabila suatu individu betina memiliki kromosom tubuh berjumlah 60 buah kemungkinan jumlah kromosom pada sel kelamin adalah

jumlh kromosom pada sel kelamin adalah 30 kromosom

18. Perhatikan jumlah kromosom sel tubuh dari masing-masing makhluk yang ada pada table tersebut. Berapakah jumlah kromosom tubuh dan kromosom kelamin tiap-tiap makhluk hidup tersebut?Jawab:a. Pada kromosom sel tubuh marmot jantan, jumlah kromosom tubuhnya ……………. Atau ……………………………… pasang, yang terdiri dari kromosom …………………… dan kromosom …………………….b. Pada kromosom sel tubuh kucing betina, jumlah kromosom tubuhnya …………………….. atau ……………………. Pasang. Sedangkan jumlah kromosom kelaminya ……. Atau …………………….. pasang, yang terdiri dari kromosom ………. Dan kromosom ……………….c. Pada kromosom sel tubuh sapi jantan, jumlah kromosom tubuhnya …………………….. atau ……………………. Pasang. Sedangkan jumlah kromosom kelaminya ……. Atau …………………….. pasang, yang terdiri dari kromosom ………. Dan kromosom ……………….​

a. Pada kromosom sel tubuh marmor jantan, jumlah kromosom tubuhnya 46 atau 23 pasang, yang terdiri dari kromosom autosom(44) dan kromosom kelamin(XY)

b.  Pada kromosom sel tubuh kucing betina, jumlah kromosom tubuhnya 46 atau 23 Pasang. Sedangkan jumlah kromosom kelaminya 23 Atau pasang, yang terdiri dari kromosom autosom  Dan kromosom X

c. Pa
da kromosom sel tubuh sapi jantan, jumlah kromosom tubuhnya 44. atau 22 Pasang. Sedangkan jumlah kromosom kelaminya.23 Atau pasang, yang terdiri dari kromosom autosom 22. Dan kromosom X/Y

19. Sebagian besar sel dalam tubuh lalat buah memiliki 8 kromosom. Berapa banyak kromosom yang diberikan oleh setiap induk lalat buah

4 kromosom (haploid), karena kromosom kelamin jumlahnya adalah setengah dari kromosom tubuh.

Video Terkait