Sebagian Dari Atau Individu Yang Dapat Mewakili Suatu Populasi Disebut

  Edukasi
Sebagian Dari Atau Individu Yang Dapat Mewakili Suatu Populasi Disebut

Sebagian dari atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebut

Daftar Isi

1. Sebagian dari atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebut

Jawaban:

Penelitian dapat dilakukan pada keseluruhan populasi. Namun, jika populasi yang diukur sangat luas dan tidak memungkinkan untuk meneliti keseluruhan populasi, peneliti dapat menyelidiki sampelnya saja. Sampel adalah sebagian dari objek atau individu-individu yang mewakili suatu populasi.

Penjelasan:

semoga membantu btw FOLLOW AGUNGSURYA X WIBUSFOT spam like video saya semua nya dong enjoy staying here we go again later

2. sebagian individu
atau objek penelitian yang mewakili populasi di sebut​

Jawaban:

Sebagian individu atau obyek penelitian yang mewakili populasi di sebut dengan sampel penelitian. Sampel adalah obyek penelitian yang terdiri dari sebagian individu yang mewakili populasi. Sedangkan populasi adalah sekumpulan individu yang memiliki karakteristik khas yang menjadi perhatian dalam suatu penelitian.

Penjelasan:

Populasi adalah kelompok besar yang menjadi obyek penelitian, sedangkan sampel adalah kelompok kecil dari populasi yang menjadi obyek penelitian. Pemilihan sampel dapat didasri oleh beberapa hal. Jenis – jenis sampel penelitian diantaranya adalah :

Random SamplingStratified SamplingPurposive SamplingQuota Sampling.

Pelajari lebih lanjut tentang materi teknik pengambilan sampel, pada https://brainly.co.id/tugas/22972012

#BelajarBersamaBrainly

3. Sebagian individu atau objek penelitian yang mewakili populasi disebut ….​

Jawaban:

sampel penelitian

semoga membantu^^

4. Sebagian individu atau obyek penelitian yang mewakili populasi disebut A judul penelitian B masalah penelitian C tujuan penelitian D sampel penelitian E populasi penelitian

A maaf klau slah jwbn nya A) judul penelitian. maaf klo salah semoga membantu ^_^

5. Sebahian dari objek atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebut

Jawaban:

Metode ini disebut dengan “survey”, sedangkan contoh yang diambil ini disebut dengan “sampel”. Sampel ini diharapkan dapat mewakili seluruh populasi dan menghasilkan data yang akurat. Karena itu, pengambilan sampel biasanya dilakukan dengan baik, tanpa adanya bias.

Penjelasan:

maap k|0 slh

smg membntu ^^

6. sebagian dari populasi yang benar – benar diteliti yang diangap mewakili populasi adalah…………….​

Populasi dan Sampel

Salah satu bagian dalam penelitian adalah menentukan popolasi dan sampel penelitian. Kegiatan penelitian banyak dilakukan dengan menggunakan penarikan sampel, karena dibandingkan metode sensus penarikan sampel lebih praktis, hemat biaya, dan tidak banyak menyita waktu maupun tenaga. Penentuan sampel dari suatu populasi, disebut sebagai penarikan sampel (Sukmadinata 2011,251).

Sampel merupakan bagian dari populasi yang diharapkan mampu mewakili populasi dalam penelitian. Dalam menyusun sampel perlu disusun kerangka sampling yaitu daftar dari semua sampling dalam populasi sampling, dengan syarat harus meliputi seluruh unsur sampling, tidak ada unsur sampling yang dihitung dua kali, harus up to date, batas-batasnya harus jelas, dan harus dapat dilacak dilapangan.

Dalam penelitian yang menggunakan sampel sebagai alat untk menganalisis, baik pada penelitian dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Yang menjadi masalah atau persoalan yang dihadapi yaitu, bahwa persoalan sampling adalah proses untuk mendapatkan sampel dari suatu populasi. Disini sampel harus mencerminkan keadaan populasi. Masalah yang kedua adalah tentang bagaimana proses pengambilan sampel dan berapa banyak unit analisis yang akan diambil. Sehingga masalan yang dihadapi diantaranya teknik penarikan sampel manakah yang cocok dengan karakteristik populasi, tujuan, dan masalah yang akan dikaji. Selain itu berapa banyak unit analisis atau ukuran sampel yang akan dilibatkan dalam kegiatan penelitian.

Berdasarkan masalah yang dikemukakan diatas, maka makalah ini akan mengkaji tentang mengkaji pengertian populasi dan sampel serta ragam dan jenisnya. Agar kita lebih memahami tentang populasi dan sampel dalam rangka mempelajari metodologi penelitian penulisan skripsi yang benar.

Dalam sebuah penelitian baik itu skripsi, tesis, maupun desertasi, keberadaan populasi dan sampel memiliki peranan yang sangat penting. hal ini dikarenakan sampel penelitian dijadikan sebagai sumber pengambilan data baik itu secara kuantitatif maupun kualitatif. Mengingat pentingnya populasi dan sampel dalam suatu penelitian tersebut, maka dibawah ini terdapat pengertian dari populasi dan sampel, serta ragam/jenisnya.

 

PENGERTIAN POPULASI DAN SAMPEL

Kata populasi dalam statistika merujuk pada sekumpulan individu dengan karakteristik khas yang menjadi perhatian dalam suatu penelitian. Populasi dalam statistika tidak terbatas pada sekelompok orang saja, tetapi juga binatang atau apa saja yang menjadi perhatian kita. Sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi yang dipilih dengan menggunakan aturan-aturan tertentu yang digunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang menggambarkan sifat atau ciri yang dimiliki populasi.

Sampel adalah kelompok kecil yang kita amati dan populasi adalah kelompok besar yang merupakan sasaran generalisasi kita. Gay (1976) mendefinisikan populasi sebagai kelompok dimana peneliti akan menggeneralisasikan hasil penelitiannya. Menurut Ferguson (1976) sampel adalah “beberapa bagian kecil atau cuplikan yang diambil dari populasi.” Atau porsi dari suatu populasi. Sedangkan Karlinger (1973) mendefinisikan populasi sebagai “keseluruhan anggota, kejadian, atau objek-objek yang telah ditetapkan dengan baik.”

Proses yang meliputi pengambilan sebagian dari populasi, melakukan pengamatan pada populasi secara keseluruhan disebut sampling atau pengambilan sampel (Ary, Jacob dan Razavieh, 1981). Selanjutnya, istilah sampling berkenaan dengan strategi-strtegi yang memungkinkan untuk mengambil satu sub-kelompok dari kelompok yang lebih besar, lalu kelompok kecil ini digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan tentang kelompok besar tersebut (Vockell, 1983).

Jadi populasi adalah keseluruhan wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan. Sedangkan sampel adalah bagian dari populasi yang diharapkan mampu mewakili populasi dalam penelitian. Jika populasi besar dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi. Maka dari itu sampel yang diambil dari populasi harus benar-benar mewakili.

7. sebutkan mana bagian yang di sebut individu , populasi , dan komunikasi

individu : sebuah organisme tunggal
populasi : sekumpulan individu yng membentu kelompok
komunikasi : merupakan proses sosialisasi dgn berbisara langsung maupun tidak langsung1.individu adalah makhluk hidup yang dapat hidup secara sendiri.
2.populasi merupakan kumpulan individu sejenis pada suatu daerah dalam pada jangka waktu tertentu.
3.komunitas merupakan kumpulan beberapa populasi yang berbeda yang saling berinteraksi pada daerah dan waktu tertentu.

ini Info hasil jawaban saya maaf kalo salah.

8. Perubahan populasi sewaktu-waktu dan dapat di hitung sebagai perubahan jumlah individu dalam sebuah populasi di sebut

Jawaban:

Kelompok , ras,penduduk

Penjelasan:maaf kalo salah sih..

9. sebagian dari objek penelitian yang dapat mewakili suatu populasi adalah.. a. populasi b. sampel c. subjek penelitian d. responden e. peneliti

jawabannya adalah e. peneilti

10. perginya suatu individu pada sebuah populasi disebut

suatu wilayah yang bersifat general yg terdiri dari subjek ataupun objek

11. Sebagian dari populasi yg mewakili sifat serta ciri ciri dr populasi disebut

komunitas . merupakan kumpulan dri populasi

12. suatu pot tanaman disebut individu atau populasi?​

Jawaban:

Individu

Penjelasan:

karena hanya ada satu jenis tanaman, jadi termasuk individu

Jawaban: Sudah pasti populasi

Penjelasan: Mengapa? Karena tumbuhan tersebut pasti akan semakin bertambah banyak, dan tidak mungkin hanya 1(individu) yang hidup di dalam pot tersebut.

Not: Maaf jika salah/kurang, masih pemuk=la dan baru bergabung di Brainly

13. sebutkan individu dan populasi dari gambar diatas​

individu : rusa, elang, katak, sebatang kayu

populasi : capung, pohon, tanaman di pojok kiri bawah ( itu kaya tanaman pakis ), bunga matahari, cacing, rumput

maaf kalau salah yah, selebihnya ga tau soalnya gambarnya ga jelas

14. sebagian dari atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebuta. populasib. data sekunderc. respondend. data primere. sampel

Sebagian dari atau individu yang dapat mewakili suatu populasi disebut

e. sampel

Pembahasan:

Bila jumlah populasi yang akan diambil datanya terlalu besar, maka tidak mungkin dilakukan sensus atau pencacahan satu persatu. Karena, pencacahan akan memakan waktu yang terlalu lama dan biaya yang terlalu besar.

Karena itu, dilakukan pengambilan beberapa contoh yang diambil acak dari populasi itu, dengan jumlah teretntu. Metode ini disebut dengan “survey”, sedangkan contoh yang diambil ini disebut dengan “sampel”.

Sampel ini diharapkan dapat mewakili seluruh populasi dan menghasilkan data yang akurat. Karena itu, pengambilan sampel biasanya dilakukan dengan baik, tanpa adanya bias.

Contoh survey misalnya adalah survey ekonomi tentang pekerjaan dan pendapatan penduduk di suatu negara.

Sementara itu, registrasi adalah pendaftaran penduduk pada instansi pemerintah. Misalnya adalah registrasi pasangan suami istri yang menikah.

Sensus de jure, adalah sensus atau pencacahan penduduk berdasarkan penduduk yang secara hukum menempati suatu wilayah, misalnya berdasarkan KTP penduduk.

Sensus de facto, sebaliknya, adalah sensus penduduk berdasarkan fakta sebenarnya dimana penduduk itu tinggal, karena banyak penduduk yang pindah dan akhirnya bertempat tinggal di tempat yang berbeda dari tempat tertulis dalam KTP-nya. Perpindahan ini dapat karena pindah tempat kerja, belajar, atau menikah.

Pelajari lebih lanjut:

Pengertian sensus penduduk,registrasi penduduk,dan survei penduduk!

https://brainly.co.id/tugas/1772651

Kode: 8.10.3  

Kelas: VIII  

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 2 – Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional Prawacana  

Kata kunci: Sampel, Survei

15. apakah yang disebut individu,populasi,dan komunitas INDIVIDU ADALAH… POPULASI ADALAH… KOMUNITAS ADALAH…

Individu adalah unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berada pada wilayah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Jawaban:

1. individu adalah sebagai manusia hidup tunggal atau sendiri

2. populasi adalah kelompok individu yang sama atau kelompok individu sejenis yang menempati daerah tertentu.

3. komunitas adalah kumpulan macam macam populasi yang terdapat pada tempat tertentu dan waktu tertentu

16. Peruabahn populasi sewaktu waktu dan dapat dihitung sebagai perubahan jumlah individu dalam sebuah populasi di sebut

Per Waktu Unit,,,,maaf kalau salah

17. terjadi antara individu satu dengan individu lainnya dalam satu populasi disebut kompetisi

interaksi sosial=proses berbaurnya individu lain dgn individu lain,ataupun kelompok dgn kelompok,atau individu dgn klompokKompetisi Internal : Kompetisi pada organisme dalam satu spesies.
Maaf kalau salah ya 🙂

18. jumlah sesuatu yang tentu mewakili suatu populasi di sebut ?

Sampel itu jawabnya… ……

19. jika suatu populasi sebagian individunya menggalami spesiasi [berubah menjadi sepesies lain] kejadian tersebut akan untk uas

akan mempengaruhi ekosistem

Video Terkait