Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 10 Bab 1

  Edukasi
Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 10 Bab 1

sejarah indonesia rangkuman bab 2 kelas 10​

1. sejarah indonesia rangkuman bab 2 kelas 10​

Jawaban:
PEDAGANG, PENGUASA,DAN PUJANGGA PADA MASA KLASIK (HINDU-BUDDA)
Kebudayaan India masuk ke Indonesia pada saat Indonesia masih mengalami masa pra-sejarah. Masuknya kebudayaan India ini sekaligus menandai berakhirnya masa pra-sejarah dan mulai membawa bangsa Indonesia ke jaman sejarah, karena sejak saat itu bangsa kita mulai mengenal tulisan.
pengaruh kebudayaan india;
para pedagang India tersebut melakukan interaksi dengan penduduk setempat, selain menjalin hubungan dagang, para pedagang India membawa ajaran agama beserta kebudayaannya sehingga semakin lama ajaran dan kebudayaan mereka berpengaruh terhadap penduduk setempat
Masuknya Kebudayaan Hindu ke Indonesia
Proses masuk dan berkembangnya pengaruh Hindu di Indonesia disebut penghinduan atau Hinduisasi. Berikut merupakan teori-terori masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia :
1. Teori Brahmana
Teori ini mengatakan bahwa kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para kaum brahmana. Para brahmana mendapat undangan dari penguasa di Nusantara untuk mengajarkan agama kepada raja dan memimpin upacara-upacara keagamaan.
Tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut adalah J.C. Van Leur. Ia perpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh kaum brahmana, karena hanya kaum brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci Weda.
2. Teori Ksatria
Teori ini mengatakan bahwa kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para kaum Ksatria atau para prajurit. Tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut adalah F.D.K. Bosch. Menurut Teori ksatria, jaman dulu di India sering terjadi perang. Kemudian para prajurit yang kalah banyak yang pergi meninggalkan India. Banyak diantara mereka pergi ke wilayah nusantara.
3. Teori Waisya
Teori ini mengatakan bahwa agama Hindu yang masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang India yang berdagang di Indonesia dan kemudian mengajarkan ajaran agama Hindu kependuduk setempat. Tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut adalah N.J. Krom. Menurut NJ. Krom, prose
s terjadinya hubungan antara India dan Indonesia karena adanya hubungan perdagangan, sehingga orang-orang India yang datang ke Indonesia sebagian besar adalah para pedagang.
4. Teori Sudra
Teori ini mengatakan bahwa kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para kaum sudra,dalam hal ini adalah kaum-kaum terbawah. Tokoh yang mengemukakan pendapat tersebut adalah Von Van Faber. Von Van Faber ini menyatakan bahwa penyebaran agama hindu ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India yang berkasta sudra
5. Teori Arus Balik
Teori ini mengatakan bahwa agama Hindu yang masuk ke Indonesia dibawa oleh para pelajar (orang Indonesia) yang belajar atau mendalami agama Hindu di India kemudian setelah mereka menempuh pendidikan. Lalu mereka pulang dan mengajarkan (menyebarluaskan) ajaran Hindu kepada penduduk setempat.
Teori ini di kemukakan oleh F.D.K Bosch. Ia mengemukakan peranan bangsa Indonesia sendiri dalam penyebaran dan pengembangan agama hindu. Penyebaran budaya India di Indonesia dilakukan oleh kaum terdidik
Masuknya Kebudayaan Budha ke Indonesia
Informasi paling tua tentang keberadaan Buddhisme di Indonesia yang pada waktu itu belum begitu meluas juga didapat dari pengelana China bernama Fa Hsien (+/-337 – 422 M), yang sekembalinya dari Ceylon (Sri Lanka) ke China pada tahun 414 Masehi terpaksa mendarat di negeri yang bernama Ye-Po-Ti karena kapalnya rusak.
Kerajaan – Kerajaan pada Masa Hindu-Buddha ;
1. KERAJAAN KUTAI
2. KERAJAAN TARUMANEGARA
3.. KERAJAAN SRIWIJAYA
4. KERAJAAN MATARAM
5. KERAJAAN KEDIRI
6. KERAJAAN SINGASARI
7. KERAJAAN MAJAPAHIT
8. KERAJAAN KURIPAN
9. KERAJAAN KALINGGA
10. Kerajaan Buleleng dan Kerajaan Dinasti Warmadewa di Bali.

2. Rangkuman Materi Sejarah, Semester 1, Bab 1 (Kurtilas) kelas 10Mohon bantuannya makasih:)​

Sejarah merupakan rangkaian peristiwa masa lampau yang menyangkut kehidupan manusia sebelum dan setelah mengenal tulisan. Sejarah memiliki ciri-ciri abadi, unik, dan penting. Ruang lingkup sejarah terdiri dari sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah, sejarah sebagai ilmu, dan sejarah sebagai seni.

Penjelasan:

Sejarah berasal dari bahasa Arab yakni Syajaratun yang berarti pohon. Dalam bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti ilmu. Kata sejarah juga terdapat dalam bahasa inggris, yakni History yang berarti masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah berasal dari kata Geschichte yang memiliki makna sesuatu yang telah terjadi.

Beberapa pengertian sejarah menurut para ahli, diantaranya:

Menurut Herodotus, sejarah merupakan suatu kajian untuk menceritakan seluk-beluk jatuh-bangunnya seorang tokoh, masyarakat, ataupun peradaban.Menurut Ibnu Kaldun, sejarah merupakan catatan tentang masyarakat umat manusia atau tentang peradaban dunia, yakni tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut. Menurut Koentowidjojo, sejarah merupakan rekonstruksi masa lalu tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan dan dialami manusia.

Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan rangkaian peristiwa masa lampau yang menyangkut kehidupan manusia sebelum dan setelah mengenal tulisan.

Sejarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Abadi: Sejarah merupakan peristiwa yang tidak dapat diubah dan sifatnya kekal sehingga akan dikenang sepanjang hidup oleh manusia.Unik: Peristiwa dalam sejarah hanya terjadi satu kali.Penting: Peristiwa sejarah menjadi momen yang penting karena memiliki arti yang mendalam bagi kehidupan manusia.

Berdasarkan ruang lingkupnya, sejarah terbagi menjadi:

Sejarah sebagai peristiwa: Peristiwa dalam sejarah benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan secara ilmiah.Sejarah sebagai kisah: Peristiwa dalam sejarah dapat dikisahkan atau diceritakan kembali sesuai dengan faktanya.Sejarah sebagai ilmu: Peristiwa sejarah dapat dipelajari sehingga dapat disetujui atau ditolak oleh ahli.Sejarah sebagai seni: Peristiwa sejarah dapat disajikan dengan bentuk yang unik tanpa menghilangkan unsur penting dalam sejarah.

Pelajari lebih lanjut:Penelitian Sejarah: https://brainly.co.id/tugas/12790741Berpikir diakronis dan sinkronis dalam sejarah: https://brainly.co.id/tugas/6429631

———————————————————-        

Detail jawaban  

Kelas: 10

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 1 – Cara Berpikir Sejarah

Kode: 10.3.1

#TingkatkanPrestasimu

3. rangkuman materi prakarya bab 1 kelas 10 ​

Jawaban:

Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja. prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya.

4. rangkuman materi pkn bab 1 kelas 9 semester 1​

Materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Bab 1 untuk kelas 9 semester 1 dapat dijelaskan sebagai berikut:

Bab 1: Negara dan Konstitusi

Pengertian Negara: Negara merupakan suatu wilayah yang memiliki pemerintahan yang berdaulat, penduduk, dan kekuasaan untuk mengatur kehidupan bersama.Unsur-unsur Negara: Negara terdiri dari beberapa unsur, yaitu wilayah, penduduk, pemerintahan, dan kedaulatan.Fungsi Negara: Negara memiliki beberapa fungsi, seperti menjaga keamanan dan ketertiban, memberikan keadilan, memberikan perlindungan dan pelayanan kepada warganya, serta mengatur hubungan dengan negara lain.Konstitusi: Konstitusi adalah undang-undang dasar yang mengatur tentang pembagian kekuasaan, hak dan kewajiban warga negara, serta prinsip-prinsip dasar dalam negara.Pembentukan Konstitusi: Konstitusi dapat dibentuk melalui proses pembahasan, penyusunan, dan pengesahan oleh lembaga yang berwenang, seperti konstituante atau badan legislatif.UUD 1945: Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 adalah konstitusi Indonesia yang berlaku saat ini. UUD 1945 mengatur tentang negara, hak asasi manusia, pembagian kekuasaan, serta kewajiban dan tanggung jawab warga negara.Amandemen Konstitusi: Konstitusi dapat mengalami perubahan atau amandemen sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Proses amandemen dilakukan melalui sidang-sidang Konstituante atau badan legislatif.Pembahasan

Materi PKN Bab 1 ini memberikan pemahaman dasar tentang negara, unsur-unsurnya, fungsi negara, konstitusi, serta pembentukan dan amandemen konstitusi. Memahami bab ini akan membantu siswa memahami sistem pemerintahan dan peran warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang kewarganegaraan https://brainly.co.id/tugas/2731470Materi penjelasan tentang contoh kewarganegaraan https://brainly.co.id/tugas/4059054Materi penjelasan tentang kewajiban warga negara https://brainly.co.id/tugas/6
248492Detil jawaban

Kelas: SD/SMP

Mapel: PKN

Bab: –

Kode: –

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

5. rangkuman materi IPS bab 1 kelas 7​

Di bawah ini terdapat Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 tentang Manusia, Tempat dan Lingkungannya, yaitu:

Ruang merupakan tempat di permukaan bumi, secara keseluruhan digunakan oleh mahkluk hidup sebagai tempat tinggal. Ruang meliputi perairan, daratan maupun lapisan bumi. Perairan mencakup laut, sungai, danau dan air tanah.  Sementara lapisan bumi mencakup tanah, bebatuan dan lapisan atmosfer.

Batas ruang merupakan tempat dan  berbagai unsur – unsur lain yang bisa mempengaruhi kehidupan di bumi.

Pembahasan

Ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang khas yaitu berupa tanah, bebatuan, tumbuhan, dan lain – lain yang memiliki perbedaan dengan tempat lainnya, misalnya jenis batuan di suatu tempat ditemukan di tempat lainnya tetapi dengan jenis tumbuhan yang berbeda.

Perbedaaan karakteristik ruang menyebabkan terjadinya interaksi antar ruang.

Interaksi antar ruang dapat berupa:

Pergerakan orang (mobilitas penduduk)Pergerakan barang atau energi (transportasi)Perpindahan gagasan dalam bentuk sebuah informasi (komunikasi).

Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu:

Saling melengkapi (complementary), hal ini bisa terjadi jika ada wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkan. Kesempatan antara (intervening opportunity) : lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Keadaan dapat diserahkan maupun dipindahkan (transferability).

Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi dari suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. Peta terdiri dari 8 komponen yaitu judul peta, orientasi utara, simbol peta, garis astronomis, Insert, Legenda, Garis Koordinat, Sumber peta.

Berdasarkan peta, Indonesia terletak antara 9°BT – 141°BT dan 6°LU – 11°LS. Batas darat Indonesia yaitu Malaysia, Papua New Guinea dan Timor Leste. Batas lautnya yaitu India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filiphina, Palau, Papua New Guinea dan Timor Leste.

Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu

Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia

Indonesia memiliki iklim tropis, dengan ciri suhu udara yang tinggi sepanjang tahun dan memiliki sumber daya alam yang melimpah, contohnya hasil hutan. Hasil hutan di indonesia yang kaya dan subur menghasilkan berbagai jenis sumber kayu, yaitu sekitar 4000 jenis kayu hasil hutan Indonesia, seperti kayu keruing, jati, meranti, rotan, cendana, rosmala, dan lain sebagainya.

Komposisi penduduk merupakanpengelompokan penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa pendidikan, tempat tinggal dan jenis pekerjaan.

Dinamika penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Jumlah penduduk Indonesia sekiitar 256 juta jiwa dan menduduki peringkat ke 4 di dunia.

Kondisi kependudukan di Indonesia adalah tingkat pertumbuhan termasuk ketegori sedang, sebarannya tidak merata, dan kualitasnya masih rendah. Mayoritas penduduk Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki suku bangsa dan budaya yang beragam. Di indonesia terdapat 1128 suku bangsa.

Suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut. Kesadaran budaya dikuatkan oleh kesatuan bahasa. Ciri – ciri yang membedakan suku bangsa yaitu bahasa, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang ruang lingkup pembelajaran IPS dan pembahasannya https://brainly.co.id/tugas/51515937Materi tentang rasionalisasi pembelajaran IPS https://brainly.co.id/tugas/45668668Materi tentang pengertian IPS https://brainly.co.id/tugas/54227

Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS (Geografi)

Bab: 6 – Dampak Interaksi Antar Ruang

Kode: 7.8.6

#TingkatkanPrestasimu#SPJ3

6. Merangkum Kemuhammadiyahan Bab 5 Materi Sejarah Muhammadiyah Berdiri​

Jawaban:

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Sejak pertama berdiri hingga sekarang, jumlah pengikut Muhammadiyah sudah mencapai jutaan orang. Pengikutnya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada 8 Dzulhijjah 1330 H atau 18 November 1912 oleh Muhammad Darwis yang kemudian dikenal dengan Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Dilansir dari situs resmi Muhammadiyah, setelah Kyai Haji Ahmad Dahlan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun 1890 dan 1902-1904, beliau mulai menyampaikan benih pembaruan di Tanah Air.

Gagasan pembaruan itu diperoleh Kyai Haji Ahmad Dahlan setelah berguru kepada ulama-ulama Indonesia yang bermukim di Mekkah.

7. rangkuman materi bab 1 IPS kelas 9 semester 1​

Penjelasan:

Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Benua tidak hanya sekadar menyangkut aspek fisik tetapi juga aspek budaya.

2. Para ahli menyebutkan pembagian benua menjadi lima, yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia

3. Setiap benua terbagi menjadi beberapa wilayah yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan wilayah lainnya.

4. Setiap benua mengalami dinamika penduduk, terjadi perubahan keadaan penduduk karena faktor kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.

5. Beberapa pengaruh perubahan dan interaksi yang antarnegara terhadap berbagai aspek kelahiran, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.

-SEMOGA MEMBANTU

8. ka tolong buat rangkumannyatentang materi pola bilangan bab 1 kelas 8 ​

Jawaban:

pola nilangan adalah pola yang terbang dari empat sisi persegi jadi pola bilang itu adalah sebuah kecamatan ini yang 2

9. rangkuman materi kelas 8 bab 1terimakasihh <33​

Jawaban:

pertanyaan ga jelas heran

10. rangkuman materi kelas 10 sejarah- konsep sinkronis dan diakronis dalam sejarah ​

Jawaban:

DIAKRONIS adalah sebuah kemampuan dalam memahami peristiwa bukan sebagai kejadian tunggal dengan menekankan pada penelusuran waktu.

SINKRONIS adalah memahami sebuah peristiwa atau kejadian dengan cara memperluas ruang dan mengabaikan proses perkembangan terjadinya peristiwa

11. rangkuman materi penjas bab 1 kelas 6​

Jawaban: bulu tangkis

Penjelasan:

12. rangkuman materi sejarah kelas 11 tentang indonesia pada masa jepang​

Jawaban:

Masa pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada tahun 1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan M. Hatta atas nama bangsa Indonesia. … Pasukan Belanda yang terakhir dikalahkan Jepang pada Maret 1942.

13. rangkuman pelajaran sejarah bab 1 kelas 10 kurikulum 2013 ​

Jawaban:

Pertanyaan baru di Sejarah

Mengapa kemajuan islam yang menguasai eropa, justru dikatakan menjadi penyebab utamal terjadinya praktik penjajahan bangsa eropa terhadap indonesia!!

rangkuman pelajaran sejarah bab 1 kelas 10 kurikulum 2013

fungsi batu pipihan pada masa sekarang adalah

fungsi batu pipihan pada masa sekarang

Apa kunci keberhasilan devide et impera oleh belanda?

Apa tindakan raja majapahit untuk

mengembalikan kebiasaan hidup rakyatnya yang tidak baik

mangapa pangeran siddharta bersedi malihat orang sakit

Tuliskan hadis riwayat an nasa’i abu dawud dan tirmidzi dengan artinya tentang minuman haram

SEBUTKAN DAN JELASKAN 4 ADAPTASI TUMBUHAN TERHADAP HABITATNYA!

Jasmerah pidato yang terkenal dari presiden soekarn

pengertian

jangan lupa follow

14. tolong bantu rangkumkan mapel sejarah sma muhammadyah kelas 1 bab 1 ​

Jawaban:

rangkumkan mapel sejarah sma muhammadyah kelas 1 bab 1

Penjelasan:

berhubung punya bukunya itu rangkuman nya yaaa,bukunya lagi dikumpulkan jadi ku lampirkan hasil rangkuman hal 4 ampek 7 bab 1 kota Mekkah

15. rangkuman Sejarah bab 3 kelas 10​

Jawaban:

Rangkuman Materi Sejarah Kelas 10 IPA/IPS – Ringkasan Sejarah merupakan sebuah catatan yang berisi pont-point penting untuk setiap pelajaran Sejarah. Tentu dengan adanya catatan ringkas ini, diharapkan dapat membuat Kamu lebih mudah dalam mengingat materi di pelajaran Sejarah. Dan ini akan sangat bermanfaat sekali, untuk Kamu pencinta Mata Pelajaran Sejarah.

Pelajaran Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang wajib sekali untuk Kamu pelajari. Ada banyak sekali Manfaat mempelajari pelajaran sejarah diantaranya:

Kamu dapat mengetahui mengenai Asal usul beda atau hal lainnya

Belajar Sejarah, juga mengajarkan Kamu untuk terus menghargai para pahlawan, atau orang-orang berjasa pada zaman sebelumnya.

Kamu juga dapat mengetahui perkembangan teknologi dan peradaban

Hal terpenting adalah dengan belajar Sejarah adalah untuk mempelajari kesalahan orang masa lalu agar Kamu bisa mengambil pelajaran dan tidak mengulang kesalahan lagi.

Penjelasan:

16. rangkuman materi TIK bab 6 kelas 7​

Jawaban:

BAB 6 Operasi Dasar pada Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer.

Fungsi sistem operasi yaitu:

1.sebagai penghubung antara pengguna dan program aplikasi.

2.sebagai tempat meletakkan program aplikasi.

mengatur sistem kerja dalam komputer.

3.Jenis sistem operasi misalnya: Microsoft DOS, Microsoft Windows, Linux, Unix, dan Mac OS.

4.Wilayah kerja sistem operasi Windows XP memuat bagian-bagian, yaitu:

a. ikon

b. start menu

c. quick launch

d. taskbar

e. wallpaper

5.Saat menggunakan mouse, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.

a. Klik kiri

b. Klik ganda

c. Klik kanan

6.Keyboard dapat kamu gunakan untuk memasukkan teks dan memberikan perintah pada komputer.

7.Dari tampilan desktop, kamu dapat melakukan hal-hal berikut.

a. Mengubah gambar latar belakang (wallpaper).

b. Mengubah nama pengguna komputer (user accounts).

c. Mengubah password.

Penjelasan:

capek ngga? cape ngga? ya capek lah masa engga

jadikan jawaban terbaik dan jan lupa ikuti ☑

17. rangkuman materi seni budaya kelas 9 semester 1 bab 3​

Jawaban

RINGKASAN MATERI SENI BUDAYA KELAS 9 SEMESTER 1 (BAB 3)

BAB 3 : MENGGUBAH LAGU MODERN SECARA UNISONO

A. Lagu Modern Indonesia

Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luar saat ini.

Alat musik modern yang sering digunakan adalah keyboard, karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam.

1. Jenis jenis musik modern yang berkembang di Indonesia

a. Pop

Lagu lagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu lagu pop mudah dicerna karena tema yang disajikan seputar kehidupan yang terjadi sehari hari.

b. Rock

Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.

c. Jazz

Musik jazz biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge. Dalam musik ini, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.

d. Dangdut

Masyarakat di daerah daerah sangat biasa mendengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.

2. Musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern di Indonesia

Ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunnya bahkan lebih cepat dari itu. Tetapi, ada juga yang jarang mengeluarkan album atau single. Para musisi atau penyanyi tersebut lebih banyak bergelut di belakang layar, misalnya sebagai produser atau pencipta lagu. Nama mereka kadangkala justru tidak lebih dikenal dibandingkan penyanyi atau musisi yang membawakan dan mempopulerkan lagu tersebut.

B. Lagu Unisono

Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Lagu unisono ini dapat disajikan secara kelompok.

Terdapat dua hal yang dapat dipelajari untuk dapat memberikan gambaran tentang ciri lagu unisono :

1. Melodi utama

Melodi merupakan rangkaian nada nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solminasi tangga nada terdiri dari

Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do yang dalam tangga nada natural dituliskan sebagai berikut:

Solminasi tangga nada Do=C

2. Lirik

Lirik dan melodi lagu harus berkaitan dengan tema dan suasana lagu yang ingin dibuat oleh penciptanya. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa not.

Contoh penulisan lirik lagu pada melodi lagu

C. Latihan Menggubah Lagu Modern secara Unisono

Dapat dilakukan dengan tahapan berikut :

1. Tema lagu (garis besar dari isi lagu)

Tema dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahapan selanjutnya.

2. Menentukan birama (patokan dari irama lagu untuk tiap barnya)

Mulailah dengan birama 4/4, birama ini memiliki makna bahwa dalam setiap birama terdiri dari 4 ketuk dan 1 ketuknya not seperempat.

Dalam birama 4/4 nilai notnya sebagai berikut :

Ben
tuk dan nilai not pada birama 4/4

Penulisan birama dan gambaran nilai notnya :

Contoh penulisan tanda birama dan gambaran nilai not di setiap barnya

3. Membuat ritmik lagu (pondasi penempatan notasinya)

Bisa dilakukan dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama yang diinginkan kemudian tuliskan dalam garis paranada sesuai nilai not yang digunakan.

Contoh penulisan ritmik sesuai dengan biramanya dalam 2 kalimat berbeda

4. Melodi lagu

Dapat dimulai dengan memilih nada yang diinginkan sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Dapat dibantu dengan alat musik piano, pianika atau alat musik melodis lainnya. Untuk pencipta lagu pemula cukup menggunakan nada dasar natural yaitu Do=C.

18. Rangkuman materi pkn kelas 7 bab 1

Jawaban:

Masa kerajaan nusantara, diawali dengan larangan dasar pancasila krama:

1.Tidak boleh melakukan kekerasan

2.tidak boleh mencuru

3.tidak boleh dengki

4.tidam boleh berbohong

5.tidak boleh meminum minuman keras

aturannya antara lain:

berpegang teguh pada tuhan yang maha esa

mempunyai sikap manusiawi

bersatu

bijaksana dalam permusyawaratan perwakilan

adil terhadap semua golongan manusia

19. rangkuman materi pkn bab 2 kelas 9 semester 1​

Rangkuman materi PPKn bab 2 berkaitan dengan “Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea yang masing-masing mengandung makna tersendiri.

Pembahasan

Pembukaan UUD 1945 merupakan perwujudan dari tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional. Adapun makna pembukaan UUD 1945 yaitu:

Sebagai sumber motivasi dan aspirasi dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kehidupan yang merdeka.Sebagai sumber cita-cita, tujuan, visi dan misi bangsa dalam lingkup nasional dan internasional.Mengandung nilai universal yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia.Mengandung nilai lestari yang mampu menampung dinamika masyarakat.

Berikut makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945:

Alinea 1. Menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak bagi semua bangsa, dan penjajahan merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan perikeadilan.Alinea 2. Menunjukkan adanya ketepatan dan ketajaman dalam penilaian bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan adalah cita-cita bangsa yang harus diperjuangkan.Alinea 3. Menyatakan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini menjadi perwujudan motivasi spiritual terhadap keyakinan bangsa Indonesia pada Tuhan Yang Maha Esa.Alinea 4. Mengandung prinsip-prinsip negara Indonesia yang meliputi tujuan negara, ketentuan undang-undang, bentuk negara, serta dasar negara Pancasila.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pembukaan UUD 1945 sebagai kaidah negara yang fundamental https://brainly.co.id/tugas/47372965Materi tentang isi Pembukaan UUD 1945 alinea 1 – 4 https://brainly.co.id/tugas/755652Materi tentang Pembukaan UUD 1945 sebagai dasar hukum demokrasi Pancasila https://brainly.co.id/tugas/45868737

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kode: 9.9.2

#TingkatkanPrestasimu

Video Terkait