Proses Pembelajaran Apa Yang Ingin Diperbaiki Dengan Menggunakan Asas Trikon

  Edukasi
Proses Pembelajaran Apa Yang Ingin Diperbaiki Dengan Menggunakan Asas Trikon

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?.

Daftar Isi

1. Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?.

Asas Trikon adalah salah satu asas pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yang terdiri atas kontinuitas, konvergeni, dan konsentris. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang ingin diperbaiki dengan menggunakan asas Trikon yaitu memperbaiki proses pembelajaran yang tadinya siswa malas, kurang memahami materi, dan tidak efektif menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Pembahasan:

Proses pembelajaran sangat penting bagi keberhasilan belajar mengajar. Sebagai seorang pendidik harus menentukan model pembelajaran yang sesuai agar tercapai tujuan dari pembelajaran. Asas Trikon adalah salah satu asas pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yang terdiri atas kontinuitas, konvergeni, dan konsentris. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang ingin diperbaiki dengan menggunakan asas Trikon yaitu memperbaiki proses pembelajaran yang tadinya siswa malas, kurang memahami materi, dan tidak efektif menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang penerapan salah satu asas trikon brainly.co.id/tugas/51534441

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

2. Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?

Dengan asas trikon dapat memperbaiki proses pembelajaran yang malas, kurangnya pemahaman materi, dan tidak efektif. Penerapan asas trikon sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem pendidikan saat ini.

Pembahasan

Agar pendidikan dapat terlaksana dengan baik, maka Ki Hajar Dewantara yang menetapkan asas trikon yaitu; Kontinuitas (Tidak melupakan akar nilai budaya), Konvergeni (Pendidikan harus memanusiakan manusia), dan Konsentris (Pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan murid). Berikut ini adalah penjelas dari tiga hal tersebut:

1.      Kontinyu

Artinya pengembangan yang dilakukan harus berkesinambungan, dilakukan secara terus-menerus dengan perencanaan yang baik. Suatu kondisi yang baik tidak mungkin dapat dicapai dalam sekali waktu seperti sebuah sulap. Tahap demi tahap pengembangan dilakukan dengan rencana yang matang.

2.      Konvergen

Artinya pengembangan yang dilakukan dapat mengambil dari berbagai sumber di luar, bahkan dari praktik pendidikan di luar negeri. Praktik-praktik tesebut dapat kita pelajari untuk nantinya disesuaikan dengan kebutuhan yang kita miliki sendiri. Saat ini teknologi informasi telah sedemikian canggih sehingga guru atau kepala sekolah dapat mempelajari berbagai kemajuan pendidikan dari mana saja dan kapan saja.

3.      Konsentris

Artinya pengembangan pendidikan yang dilakukan harus tetap berdasarkan kepribadian kita sendiri. Tujuan utama pendidikan adalah menuntun tumbuh kembang anak secara maksimal sesuai dengan karakter kebudayaannya sendiri.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang penerapan salah satu asas trikon

https://brainly.co.id/tugas/51534441

Materi tentang Ki Hajar Dewantara

https://brainly.co.id/tugas/5393231

Materi tentang media apa yang paling berpengaruh terhadap proses pembelajaran

https://brainly.co.id/tugas/26223415

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Ujian Nasional

Bab: –

Kode: –

#AyoBelajar #SPJ2

3. Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?

Asas trikon merupakan asas yang diawali dengan “kon” yaitu kontinyu, konvergen, dan konsentris. Pembelajaran murid harus berkesinambungan dari waktu ke waktu merupakan asas kontinyu.

Pembahasan

Asas trikon adalah asas yang terdiri dari kontinyu, konvergen, dan konsentris. Setiap asas mempunyai artinya masing-masing.

Kontinyu

Maksud dari kontinyu adalah pengembangan yang dilakukan dalam pembelajaran harus selalu berkesinambungan dan dilakukan secara terus-menerus dengan menggunakan perencanaan yang baik.

Konvergen

Maksud dari konvergen adalah pengembangan pada pembelajaran bisa didapat dari banyak sumber di luar.

Kosentris

Pengembangan pembelajaran harus selalu tetap dan dilandaskan dengan kepribadian kita sendiri.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang “Asas Kontinyu” pada https://brainly.co.id/tugas/10795326

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

4. Sebutkan asas-asas dalam proses pendistribusian barang​

Jawaban:

Asas-asas penyaluran atau pendistribusian yaitu :

•Tepat waktu

•Tepat Jumlah

•Tepat mutu

•Ekonomis

Penjelasan:

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen, dalam mendistribusikan barang, kita harus memperhatikan asas-asas berikut ini yaitu :

•Tepat waktu yaitu barang sampai ke tangan konsumen tepat pada waktunya

•Tepat jumlah yaitu jumlah yang diantarkan sesuai dengan pesanan

•Tepat mutu yaitu mutu yang diberikan sesuai dengan yang dijanjikan

•Ekonomis, yaitu jika ketiga ketepatan tersebut dapat dipenuhi maka biaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut menjadi lebih ekonomis.

-semoga membantu-

5. apakah kepanjangan dari trikon?​

Jawaban:

trikonmerupakankependekandariistilahkontinyu,konvergen,dankensentris

Penjelasan:

maafcumaituygbisajawb

mmmm:):)

Jawaban:

trikon adalah kependekan dari istilah kontinyu,konvergen dan konsentris

Penjelasan:

maaf kalo salah

6. apa alasan anda mempelajari asas asas manajemen

Agar bisa meningkatkan kemampuan manajerial untuk membuat deskripsi, penjelasan, dan prediksi tentang fenomena manajemen

Jika salah maafkan saya

Trimakasih

7. Perhatikan ilustrasi berikut !Tidak hanya di lingkungan rumah saja, tetapi juga di lingkungan kelas dan juga di sekolah, membersihkan dan merawat itu juga penting. Ibaratnya, kelas adalah ruangan milik kita. Maka, harustetap kita jaga dan rawat sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan, baik itu bagi guru maupun bagi siswa. Jika dikaitkan dengan asas -asas wawasan nusantara, ilustrasi tersebut termasuk asas ?

Jawaban:

Solidaritas, karena Solidaritas adalah suatu sikap yang dapat dimiliki oleh setiap manusia yang didalamnya saling berkaitan dengan sebuah ungkapan perasaan seseorang atas rasa senasib dan sepenanggungan terhadap apa yang orang lain rasakan maupun kelompok itu sendiri.

8. Salah satu tujuan pembelajaran keanekaragaman dalam IPS, yaitu: mampu mentransformasikanbahwa ‘sekolah akan memberikan pengalaman dan kesempatan yang sama kepada semuapeserta didik baik putra maupun putri sekalipun mereka memiliki perbedaan budaya, sosial, ras,dan kelompok etnik. Berkaitan dengan uraian di atas, dalam pengembangan budaya sebagai seorang pendidik (guru)dihimbau untuk berpegang pada Trikon (Konsentrasi, Kontinyu, Konvergen) dari Ki HajarDewantara.Jelaskan dan beri contoh penerapan teori Trikon pada pembelajaran IPS dalam era globalisasi dankeragaman budaya!.​

Jawaban:

Kedudukan pembelajaran ips dalam era globalisasi dan keragaman budaya adalah sebagai berikut:

IPS mampu memberikan pengertian tentang persamaan dalam perbedaan.

IPS membantu mengembangkan pemahaman mengenai adanya saling ketergantungan dan adanya kesamaan budaya daripada perbedaannya

IPS membantu memahami kenyataan bahwa adanya masalah-masalah yang harus dihadapi bersama

IPS membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis terhadap masalah-masalah di dunia dan kemampuan menganalisis berbagai informasi yang diterimanya

Dari tujuan yang sudah dirumuskan, jelas bahwa dengan pengajaran IPS diharapkan akan muncul generasi penerus yang penuh pengertian tentang keanekaragaman budaya dan bertanggung jawab serta peduli terhadap timbulnya masalah dan isu global yang menyesuaikan dengan kematangan jiwa dan tingkat pendidikan.

Penjelasan:

9. dalam menjalankan kehidupan berpancasila bangsa Indonesia menggunakan asas dibawah ini yaitu… A. asas kebenaran B. asas kebaikan C. asas kenegaraan D. asas keindahan​

Jawaban:

A. asas kebenaran

Penjelasan:

Maaf kalau salah kak/adek.

10. Dalam Menjalankan kehidupan berpancasila bangsa Indonesia menggunakan asas di bawah ini yaitu ….a. asas kebenaran b. asas kebaikanc. asas kenegaraand. asas keindahan​

jawabannya adalah c. asas kenegaraan

Jawaban:

c. asas kenegaraan

Penjelasan:

maaf kalo salah

semoga membantu:))

11. Dalam teori “trikon” yang dikemukan ki hajar dewantara disebut dengan istilah

Inilah yang disebut teori Trikon (Kontinue, Konvergen, Konsentris) yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara sebagai upaya penanaman dan pengembangan kebudayaan Indonesia.

12. yang di maksud konsentris dalam teori TRIKON adalah?

yaitu mengembangkan pendidikan di indonesia haruslah bertolok dari kebudayaan indonesia sendiri sehingga nilai2 luhur dpat tertanam di generasi muda indonesia

13. asas dalam ajaran islam untuk membina pribadi dan memperbaiki masyarakat di antaranya

kalo gak salah ( iman atau al-quran )

14. Ilmu yang mempelajari asas-asas akhlaq adalah

Ilmu yang mempelajari asas-asas akhlaq adalah etika

15. Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas recount

Langkah pembelajaran  dengan menggunakan asas recount adalah memperbaiki pembelajaran yang membosankan dan tidak efektif.Pembelajaran yang tidak efektif dapat digunakan dengan menerapkan asas recount.

Pembahasan

Agar pendidikan berjalan dengan baik,  Ki Hajar Dewantaralah yang menetapkan prinsip trinitas, yaitu; Kontinuitas (tidak melupakan akar nilai budaya), konvergensi (pendidikan harus memanusiakan manusia) dan konsentrisitas (pendidikan harus menghargai keragaman dan membebaskan peserta didik). Asas kesinambungan artinya pembangunan yang akan dilakukan harus berkesinambungan, dilakukan secara berkesinambungan dengan perencanaan yang baik. Keadaan yang baik tidak  dapat dicapai sekaligus seolah-olah dengan sihir. Pengembangan selangkah demi selangkah dilakukan dengan rencana yang matang. Asas konvergensi berarti bahwa perkembangan yang dilakukan dapat bersumber dari berbagai sumber eksternal, bahkan dari praktik pendidikan di luar negeri. Kita dapat mempelajari praktik-praktik ini untuk kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Saat ini, teknologi informasi telah menjadi begitu kompleks sehingga guru atau kepala sekolah dapat mempelajari berbagai kemajuan pendidikan dari mana saja dan kapan saja.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang proses pembelajaran: https://brainly.co.id/tugas/51528975

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

16. Yang dimaksud konsentris dalam teori TRIKON adalah

Konsentris artinya
dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia kita harus berusaha menyatukan kebudayaan nasional kita dengan kebudayaan Junia (global) dengan catatan harus tetap berpegang pada ciri khas kepribadian bangsa Indonesia (berdasarkan Pancasila).
semoga membantu

17. jelaskan keterkaitan antar asas asas dalam pendidikan a. Asas Tut Wuri Handayanu b. Asas Belajar Sepanjang Hayat c. Asas Kemandirian Dalam Belajar d. Asas Demikratis​

Jawaban:

a maaf ya kalo salah maaf banget

18. Lebih baik menggunakan asas kearsipan desentralisasi, sentralisasi atau gabungan?

menurut saya lebih baik gabungan dari keduanyaLebih baik pakai gabungan karena lebih bagus

19. “Model Pembelajaran Perspektir global dalam IPS SD seansuerga dapatdieerapkan pada proses pembelajaran dengan memperhatikan asos-asas Pembelajaran Perspektir global.”Sebutkan asas-asas Pembelajaran tersebut ?​

asaas pembeelajaran adalaah asas menyayangi murid tersebut

Video Terkait