Pers Tetap Dituntut Adanya Social Responsibility Maksudnya

  Edukasi
Pers Tetap Dituntut Adanya Social Responsibility Maksudnya

mengapa dalam menjalankan misinya pers tetap di tuntut adanya social responsibility

Daftar Isi

1. mengapa dalam menjalankan
misinya pers tetap di tuntut adanya social responsibility

karena apa yg dilakukan pers atau dimunculkan oleh pers akan dilihat oleh publik, jadi apa yang dimunculkan harus bisa ditanggung jawabkan pada publik

sorry klo salah

2. Mengapa dalam menjalankan misinya, pers tetap dituntut adanya social responsibility?

Karena mereka harus bertanggung jawab dengan

3. Mengapa dalam menjalankan misinya, pers tetap dituntut adanya social responsibility?

karena agar tidak mengecewakan rakyatnya….semoga membantu

4. 1. pers digunakan untuk menyampaikan segala informasi dari negara kepada rakyat . hal tersebut adalah pengertian dari.. a. teori pers totalitarion b. teori pers authoritarion c. teori pers legalitarian d. teori pers libertarian e. teori pers social responsibility 2. masuknya informasi dari luar negeri

1. teori pers authoritarion

5. [Marhaban ya Ramadhan] Soal ujian akhir semester PKN SMA: Pers tetap dituntut adanya social responbility maksudnya … a. kontrol dari masyarakat sangat diperlukan b. nilai – nilai social dalam masyarakat perlu diperhatikan c. dituntut tanggung jawab social dalam menegakkan keadilan d. menghargai pengetahuan sosial masyarakat e. memperhatikan tanggapan social.

E. Memperhatikan tanggapan social
Semoga Membantu 🙂

6. Social Responsibility merupakan istilah dari?

fenomena dan strategi

tanggung jawab sosial

7. jelaskan dantujuan dari social responsibility

Program CSR sudah mulai bermunculan di Indonesia seiring telah disahkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, adapun isi Undang-Undang tersebut yang berkaitan dengan CSR, yaitu:

Pada pasal 74 di Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, berbunyi:

1) Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

2) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

3) Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

4) Ketentuan lebih lanjut mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Sedangkan pada pasal 25 (b) Undang – Undang Penanaman Modal menyatakan kepada setiap penanam modal wajib melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.

Dari kedua pasal diatas dapat kita lihat bagaimana pemerintah Indonesia berusaha untuk mengatur kewajiban pelaksanaan CSR oleh perusahaan atau penanam modal

Definisi CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah komitmen dari bisnis/perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas. Wacana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang kini menjadi isu sentral yang semakin populer dan bahkan ditempatkan pada posisi yang penting, karena itu kian banyak pula kalangan dunia usaha dan pihak-pihak terkait mulai merespon wacana ini, tidak sekedar mengikuti tren tanpa memahami esensi dan manfaatnya.

Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi lain masyarakat mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi keuntungan-keuntungan ekonomis memiliki komitmen moral untuk mendistribusi keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat lokal, karena seiring waktu masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan, melainkan juga menuntut untuk bertanggung jawab sosial.

Penerapan program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Coporate Governance). Diperlukan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) agar perilaku pelaku bisnis mempunyai arahan yang bisa dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan pemangku kepentingan (stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional, mencegah kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.

Dengan pemahaman tersebut, maka pada dasarnya CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security). Selain itu melalui CSR perusahaan juga dapat membangun reputasinya, seperti meningkatkan citra perusahaan maupun pemegang sahamnya, posisi merek perusahaan, maupun bidang usaha perusahaan.

Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa CSR berbeda dengan charity atau sumbangan sosial. CSR harus dijalankan di atas suatu program dengan memerhatikan kebutuhan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang. Sementara sumbangan sosial lebih bersifat sesaat dan berdampak sementara. Semangat CSR diharapkan dapat mampu membantu menciptakan keseimbangan antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Pada dasarnya tanggung jawab sosial perusahaan ini diharapkan dapat kembali menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia dalam kebersamaan mengatasi masalah sosial dan lingkungan.

Keputusan manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara berkelanjutan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab implementasi program-program CSR akan menimbulkan efek lingkaran emas yang akan dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya. Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. Kondisi ini pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan. Sedangkan terjaganya kelestarian lingkungan dan alam selain menjamin kelancaran proses produksi juga menjamin ketersediaan pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam.

8. [Marhaban ya Ramadhan] Soal ujian akhir semester PKN SMA: . Pers tetap dituntut adanya social responsibility maksudnya … a. kontrol dari masyarakat sangat diperlukan b. nilai – nilai sosial dalam masyarakat perlu diperhatikan c. dituntut tanggung jawab sosial dalam menegakkan keadilan d. menghargai pengetahuan sosial masyarakat e. memperhatikan tanggapan sosial.

JAWAB : (C) DITUNTUT TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAL
AM MENEGAKKAN KEADILAN

9. social responsibility merupakan istilah dari

Social responsibility merupakan istilah dari tanggung jawab(kewajiban) sosial

10. Social responsibility mrp istilah dari

tanggung jawab sosial

11. Apa yang dimaksud dengan Corporate Social Responsibility (CSR)?

Penjelasan:

CSR adalah suatu konsep yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan itu berada.

semoga bermanfaat...

Jawaban: suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Penjelasan: semoga berguna

12. apa saja program Corporate Social Responsibility

Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahan (CSR) :a) Community Relation
b) Community Services
c) Community Empowering

13. apa yang di maksud social responsibility dan contoh nya?

Analisis Tentang Pentingnya Tanggung Jawab dan Akuntansi Sosial Perusahaan

14. contoh-contoh negara di dunia yang menganut teori pers Social Responsibility Press (pers tanggung jawab sosial)

Jawaban:Jerman dan Korea utara

Penjelasan:

15. apa yang di magsud carporate social responsibility​

Jawaban:

Corporate Social Responsibility (“CSR”) atau yang menurut peraturan perundang-undangan dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, …

Penjelasan:

semoga membantu

Jwaban:
Corporate Social Responsibility (“CSR”) atau yang menurut peraturan perundang-undangan dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi PT sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya

16. Apa yang di maksud pers sebagai social kontrol

Jawaban :

Ada empat fungsi pers sebagai control sosial , yang terkandung makna demokratis, didalamnya terdapat unsure-unsur sebagai berikut :

1. social participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan),

2. social responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat),

3. social support (dukungan rakyat terhadap pemerintah), dan

4. social control (control masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah.

17. Berikut ini yang bukan unsur dalam fungsi kontrol sosial pers adalah …A. Social participationD. Social responsibilityB. Social educationE. Social supportC. Social control​

Jawaban:

C.social control

Penjelasan:

alasanya jawabanya C karna yang bukan unsur unsur dalam fungsi kontrol sosial pers yang merupakan kottol sosial prs adalah sicial participation,social education dan social support yang merupakan funsi kontrol sosial pers SEMOGA MEMBANTU:)

18. Pers sebagai social control, apa maksudnya ?

Penjelasan:

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yangmeliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia. maka dari itu, pers dapat berfungsi sebagai kontrol sosial, di mana semua kejadian dapat di pantau oleh pers.

19. [[Marhaban ya Ramadhan]] Soal ujian akhir semester PKN SMA: Pers tetap dituntut adanya social responbility maksudnya … a. kontrol dari masyarakat sangat diperlukan b. nilai – nilai social dalam masyarakat perlu diperhatikan c. dituntut tanggung jawab social dalam menegakkan keadilan d. menghargai pengetahuan sosial masyarakat e. memperhatikan tanggapan social.

C, karena menurut saya kata tanggung jawab sosial dalam menegakkan keadilan paling relevan dengan “social responsibility”

Video Terkait