Pernyataan Yang Benar Tentang Pemanfaatan Iradiasi Di Bidang Pertanian Adalah

  Edukasi
Pernyataan Yang Benar Tentang Pemanfaatan Iradiasi Di Bidang Pertanian Adalah

Pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah…

Daftar Isi

1. Pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah…

1.Iradiasi mengunakan sinar radioaktif
2.iradiasi membawa hasil lebih baik dari pada induk
3.pada tanaman homozigot jika terkena sinar iradiasi maka akan mati

2. pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalaha. Mutasi tanaman dengan radiasi sinar gamma menghasilkan transgenikb. Sinar radioaktif digunakan untuk memusnahkan serangga jantanc. Iradiasi umbi kentang menghambat pertunasan sehingga kentang lebih tahan lamad. Pada IR 20 merupakan padi unggul hasil mutasi dengan iradiasitolong bantu jwb mksh

A.mutasi tanaman dengan radiasi sinar gamma menghasilkan tanaman transgenik

3. Pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah . . . a. Mutasi tanaman dengan radiasi sinar gamma menghasilkan tanaman transgenik. b. Sinar radioaktif digunakan untuk memusnahkan serangga jantan. c. lradiasi umbi kentang meng- hambat pertunasan sehingga kentang lebih tahan lama. d. Padi IR 20 merupakan padi unggul hasil mutasi dengan iradiasi.

c. lradiasi umbi kentang meng- hambat pertunasan sehingga kentang lebih tahan lama.

Pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah iradiasi umbi kentang menghambat pertunasan sehingga kentang lebih tahan lama.

Pembahasan:

Penggunaan radiasi atau sinar radioaktif bisa dimanfaatkan sebagai pengawet makanan. Hal ini bertujuan untuk menghambat pertunasan, memperpanjang masa simpan, mengurangi bakteri pembusuk pada daging, membebaskan rempah-rempah dari kuman, dan mengendalikan kuman penyebab penyakit pada makanan.

Pelajari lebih lanjutMeteri mengenai pengolahan lahan: https://brainly.co.id/tugas/22282776Meteri mengenai kalus: https://brainly.co.id/tugas/22282775Detil jawabanKelas: 9Mapel: BiologiBab: BioteknologiKode: 4Kata Kunci: bioteknologi, radiasi, sinar radioaktif

4. tujuan proses iradiasi​

JAWAB :

Tujuan proses iradiasi adalah untuk mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan pangan serta membebaskan dari jasad renik patogen

5. apa kelebihan pengawatan makanan dengan iradiasi dibandingkan dengan pengawat makanan lainnya

Ø Keunggulan utama dari irradiasi adalah:
· Tidak ada atau sedikit sekali proses pemanasan pada makanan sehingga hampir tidak ada perubahan dalam sensor karakteristik makanan,
· Dapat dilakukan pada makanan kemasan dan makanan beku,
· Dapat dilakukan pada makanan segar melalui satu kali operasi dan tanpa menggunakan tambahan bahan kimia,
· Hanya membutuhkan sedikit energi,
· Perubahan pada aspek nutrisi dapat dibandingkan dengan metoda pengawetan makanan lainnya, dan
· Proses otomatis terkontrol dan memiliki biaya operasi rendah.
Ø Kelemahannya, yaitu:
· Proses dapat digunakan untuk mengeliminasi bakteri dalam jumlah besar sehingga dapat membuat makanan yang tidak layak makan menjadi layak jual,
· Jika mikro-organisme pembusuk dimusnahkan tetapi bakteria patogen tidak, konsumen tidak bisa melihat indikasinya dari bentuk makanan,
· Makanan akan berbahaya bagi kesehatan jika bakteri penghasil racun dimusnahkan setelah bakteri tersebut mengkontaminasi makanan,
· Kemungkinan perkembangan resistensi mikroorganisme terhadap radiasi,
· Hilangnya nilai nutrisi makanan,
· Sampai sekarang, prosedur analitik dalam mendeteksi apakah makanan telah diirradiasi belum mencukupi, dan resistensi publik disebabkan oleh kekhawatiran akan pengaruh radioaktif atau alasan lain yang berhubungan dengan kekhawatiran terhadap industri nuklir.

6. Apa pengertian dari iradiasi​

Iradiasi adalah suatu proses ketika suatu objek dipaparkan pada radiasi. Radiasi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber alami. Biasanya istilah ini merujuk pada radiasi terionisasi dan tingkatan radiasi yang memenuhi kebutuhan tertentu.Iradiasi bahan pangan dan makanan adalah salah satu teknologi pemrosesan pangan yang bertujuan untuk membunuh kontaminan biologis berupa bakteri pathogen, virus, jamur, dan serangga yang dapat merusak bahan pangan tersebut dan membahayakan konsumen dengan cara mengionisasi bahan pangan tersebut dengan menggunakan sinar tertentu.

semoga membantu

7. alat untuk iradiasi pangan

Jawaban:

piringggggggggggggggggggggggg

Penjelasan:

gggggggggggggg

8. pengawetan dengan iradiasi

bisa diperjelas pertanyaannya?

9. pengendalian jumlah hama dengan iradiasi sangat efektif ​

yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

10. macam macam iradiasi

Jenis iradiasi pangan yang dapat digunakan untuk pengawetan bahan pangan adalah radiasi elektromagnetik yaitu radiasi yang menghasilkan foton berenergi tinggi sehingga sanggup menyebabkan terjadinya ionisasi dan eksitasi pada materi yang dilaluinya.  Jenis iradiasi ini dinamakan radiasi pengion, contoh radiasi pengion adalah radiasi partikel a, b dan gelombang elektromagnetik g  Contoh radiasi pengion yang disebut terakhir ini paling banyak digunakan (Sofyan, 1984; Winarno et al.,1980).

Dua jenis radiasi pengion yang umum digunakan untuk pengawetan makanan adalah : sinar gamma yang dipancarkan oleh radio nuklida 60Co (kobalt-60) dan 137Cs (caesium-37) dan berkas elektron yang terdiri dari partikel-pertikel bermuatan listrik.  Kedua jenis radiasi pengion ini memiliki pengaruh yang sama terhadap makanan.

11. Jelaskan perbedaan pengawetan iradiasi dan fermentasi

pengawetan iradiasi adalah pengawetan dengan menggunakan bantuan energi penyinaran bahan makan dengan menggunakan sumber iradiasi buatan untuk mengawetkan makanan yaitu radiasi elektromagnetik. sedangkan pengawetan dengan teknik fermentasi iyalah cara pengawetan makanan yang juga membuat makan menjadi sangat sehat. proses fermentasi biasanya dibantu oleh bakteri laktat.

12. jelaskan apa yang dimaksud metode iradiasi ?

teknik iradiasi adalah pemancaran energi dengan radiasi gamma berintensitas tinggi yang dapat membunuh organisme berbahaya, tetapi tanpa mempengaruhi nilai nutrisi makanan tersebut dan tidak meninggalkan residu serta tidak membuat makanan menjadi radioaktif Menurut Winarno et al. (1980), iradiasi adalah teknik penggunaan energi untuk penyinaran bahan dengan menggunakan sumber iradiasi buatan.

13. Apa yang dimaksud dengan pengawetan dengan iradiasi​

Jawaban:

Iradiasi pangan adalah metode penyinaran terhadap pangan baik dengan menggunakan zat radioaktif maupun akselerator untuk mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan pangan serta membebaskan dari jasad renik patogen. Iradiasi pangan merupakan proses yang aman dan telah disetujui oleh lebih kurang 50 negara di dunia

Jawaban:

Iradiasi merupakan sebuah teknik pengawetan bahan pangan yang efektif dalam memperpanjang umur simpan suatu produk pangan. Iradiasi memiliki tingkat efektivitas yang baik dan tinggi dalam pencegahan pertunasan serta pemusnahan mikroba patogen, sehingga mampu memberikan keamanan pangan terhadap foodborne illness.

Penjelasan:

semoga membantu..

maaf kalau salah..

14. Apa tujuan pengawetan makanan dgn cara iradiasi

Penjelasan:

Tujuan pengawetan pangan adalah untuk menghambat atau mencegah terjadinya kerusakan pangan, mempertahankan kualitas bahan, menghindarkan terjadinya keracunan dan mempermudah penanganan serta penyimpanan.

Iradiasi merupakan salah satu jenis pengolahan bahan pangan yang menerapkan gelombang elektromagnetik.

15. apa yang harus diperhatikan dengan iradiasi???​

Jawaban+penjelasan=

Sumber radiasi: Sumber radiasi yang digunakan harus memenuhi standar dan memiliki sertifikasi yang benar.

Dosis radiasi: Dosis radiasi harus dikontrol dengan baik agar tidak menimbulkan efek samping pada obyek yang dikenai radiasi.

Perlindungan staf: Staf yang menangani proses iradiasi harus mengenakan perlindungan radiasi seperti pakaian, kacamata, dan alat perlindungan lain.

Perlindungan lingkungan: Radiasi yang tidak sesuai dengan standar dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, proses iradiasi harus dilakukan dengan cara yang aman bagi lingkungan.

16. pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah… a. mutasi tanaman dengan radiasi sinar gama menghasilkan tanaman transgenikb. sinar radioaktif digunakan untuk memusnahkan serangga jantanc. Iradiasi umbi kentang menghambat pertunangan sehingga kentang lebih tahan lamad. Padi IR 20 merupakan padi unggul hasil mutasi dengan radiasimohon dijawab, terimakasih.

d. padi IR 20merupakan padi unggul hasil mutasi dengan radiasi

17. tahap tahap teknik Iradiasi​

Jawaban:

Iradiasi pangan terhadap pangan baik dengan menggunakan zat radioaktif maupun akselerator untuk mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan pangan serta melakukan metode penyinaran patogen. Iradiasi pangan merupakan proses yang aman dan telah disetujui oleh lebih dari 50 negara di dunia dan telah diterapkan secara komersial selama puluhan tahun di Amerika Serikat, jepang dan beberapa negara Eropa.

Penjelasan:

Maafklosalah

jadikanjawabanterbaikdanfollowyaa(^_^)

18. Apakah yg dmksd iradiasi?

Jawaban:

Iradiasi adalah suatu proses ketika suatu objek dipaparkan pada radiasi

JGNLUPA TEKAN TERIMA KASIH DAN JADIKAN JAWABAN TERBRAINLY

19. maksud dari iradiasi adalah

Iradiasi adalah suatu proses ketika suatu objek dipaparkan pada radiasi. Radiasi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk sumber alami.
Iradiasi adalah bentuk rekayasa genetika menggunakan mutasi secara radiasi

Video Terkait