Peranan Toleransi Dalam Upaya Membina Rasa Nasionalisme Yaitu

  Edukasi
Peranan Toleransi Dalam Upaya Membina Rasa Nasionalisme Yaitu

peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

Daftar Isi

1. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

karna kita sebagai warga negara indonesia itu harus berjiwa nasionalisme. dan salah satu caranya adalah dengan bertoleransi. di indonesia kita bertoleransi itu bisa dengan orang yang berbeda agama, ras, warna kulit, daerah asal, dsb.
semoga membantu kakak :))

2. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

Peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu terciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat

Maaf kalau salah

3. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu ?

tidak mencela negara .

maaf kalau salah

4. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

karena toleransi rakyat Indonesia menjadi bersatu, sehingga terbentuk rasa nasionalisme. Sehingga keadaan negara aman dari pertikaian akibat tidak toleransi  dan terhindar dari disintegrasi.
contoh toleransi antar suku berarti kita bisa menjaga keutuhan bangsa dan negara dengan adanya kerrukunan antar agama

5. Berikut ini yang merupakan upaya yang dapat kita lakukan untuk membina nasionalisme adalah… A. Memupuk semangat pantang menyerah B. Mengembangkan rasa chauvinisme C. Mengembangkan sikap toleransi D. Menumbuhkan semangat rela berkorban

D .Menumbuhlan semangat rela berkorban

6. Jelaskan 3 upaya pembinaan sikap nasionalisme

menghormati sesama manusia,mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi,tdk mencela ras,suku,maupun agama orang lain

7. Pembinaan rasa kebangsaan atau nasionalisme telah dirintis sejak..

Sejak dini
Maaf kalo salahSejak :Kebangkitan Nasional, Proklamasi 17-8-1945, dan Sumpah Pemuda

8. Peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

9. Peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme adalah

Jawaban:

Dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

10. peranan toleransi dalam upaya ​

Jawaban:

peduli terhadap sesama

saling menghargai satu dengan yang lain

11. Salah satu manfaat toleransi adalah meningkatkan rasa nasionalisme. rasa nasionalisme adalah

Jawaban:

Salah satu manfaat toleransi adalah meningkatkan rasa nasionalisme. Rasa nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri serta tidak memandang rendah bangsa dan negara lain.

Penjelasan:

Toleransi adalah sikap menghargai perbedaan yang ada. Contoh sikap toleransi adalah menghargai pendapat dan kepercayaan orang lain yang berbeda ras, suku, agama, atau golongan dengan kita, hidup rukun secara berdampingan.

Toleransi bermanfaat untuk meningkatkan rasa nasionalisme karena dengan toleransi, seseorang mampu melihat betapa keberagaman sangat indah dalam membentuk persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan melihat keindahan dari keberagaman yang ada dalam bangsanya maka akan terpupuk rasa nasionalisme pada orang tersebut.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang cara meningkatkan rasa nasionalisme https://brainly.co.id/tugas/21670406

#BelajarBersamaBrainly

12. jelaskan 3 upaya pembinaan sikap nasionalisme

1. Memakai barang buatan dalam neg’ri
2. Memamerkan pada teman di luar negara
3. Membuat barang dari bahan dalam negri

13. Mengapa dalam membina nasionalisme indonesia perlu dikembangkan sikap toleransi? *

Jawaban:

karena dengan adanya sikap toleransi pada masing-masing individu maka akan tercipta rasa saling menghargai dan menghormati serta membuat rasa persatuan dan kesatuan antar mereka , sehingga rasa nasionalisme juga akan dengan mudah terbentuk karenanya.

Penjelasan:

semoga bermanfaat:)

14. Peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme,yaitu… A. Menumbuhkn sikap persatuan dn kesatuan bangsa B. Mengembangkn prinsip kebebasan yang bertanggung jawab C. Timbulnya sikap hormar menghormati sesama pemeluk agama D.membangkitkn kesadaran akan hak dan kewajiban setiap warga negara

D.membangktkan kesadaran akan hak dan kewajiban setiap warga negara.
kalau tidak salag

15. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu

sangat penting karena dalam kehidupan bermasyarakat sikap toleransi sangat perlu agar tercipta kerukunan dan damai dalam hidup bermasyarakat.

dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

1. Terhindar dari perpecahan

Sikap toleransi yaang tinggi yaitu saling menghormati. saaling mengahrgai dan mengabaikan perbedaan dapat menghindari terjadinya pertikaian, permusuhan , peperangan dan perpecahan yang dapat memicu konflik didalam negara , kondisi ini dapat mengancam keutuhan persatuan negara Indonesia dan tidak sesuai dengan semboyan kita bhinneka tunggal ika.  keadaan ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi negara lain yang mempunyai kepentingan tertentu.

2. Meningkatkan rasa persaudaraan

Sikap toleransi dapat menimbulkan rasa sayang dan meningkatakan rasa persaudaraan antara umat beragama. kondisi ini dapat membuat terhindar adanya kesalahpahaman dan pertikaian yang tidak perlu .

3. Meningkatkan kekuatan dalam iman

Perbedaan agama dan tradisi dapat membuat sikap toleransi semakin kuat. tradisi yang berbeda dapat membuat orang lain ingin mengetahui dan mempelajari tradisi daerah lain. hal ini dapat menumbuhkan rasa bangga seseorang terhadap negara yang memiliki keaneka ragaman agama, tradisi dan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain.  Menghormati agama orang lain dan menghargai perbedaan tradisi dapat meningkatkan kekuatan dalam iman dan lebih menyadari bahwa rasa persaudaraan sangat dibutuhkan dalam pergaulan.

4. Meningkatkan rasa nasionalisme

Jika sikap toleransi yang positif diterapkan dalam kehidupan sehari hari oleh semua masyarakat indonesia maka akan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara. karena bangsa yang maju adalah bangsa yang bisa menerima perbedaan satu orang dengan orang yang lainnya tanpa harus merasa paling benar dan akan mengurangi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan .

5. Dapat mencapai kata mufakat

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang demokrasi dan mengutamakan musyawarah untuk pencapaian kata mufakat tanpa ada pertikaian, permusuhan, pertemngkaran dan kesalahpahaman. didalam bermusyawarah sangat penting dibudidayakan sikap toleransi antara sesama manusia yang memiliki perbedaan agama, suku, tradisi atau budaya daerahnya.

6. Meruntuhkan rasa paling benar pada diri sendiri

Tidak ada satu manusiapun yang akan luput dari yanag namanya kesalahan ataupun kekurangan. sikap toleransi akan menghindari seseorang untuk bersikap egois dan merasa diri paling benar. sikap toleransi dapat membuat manusia lebih cerdas dalam berfikir positif. Sikap seperti ini adalah yang paling banyak disukai masyarakat dan tak heran jika seseorang yang memiliki sikap toleransi yang kuat akan menjadi seorang pemimpin yang adil.

7. Dapat mempersatukan perbedaan

Masih banyak manusia yang menganggap apa yang dianutnya at
au apa yang telah menjadi sejarah nenek moyangnya adalah yang paling baik dan paling benar, padahal pada kenyataannya tuhan menciptakan manusia penuh dengan perbedaan dan penuh dengan kekurangan. Semua itu semata mata agar manusia satu dengan yang lainnya dapat saling menghormati dan menghargai. sikap toleransi dapat mempersatukan perbedaan menjadi sebuah kekuatan bagi pertahanan negara.

8. Mempermudah pembangunan negara menjadi lebih maju

Sikap toleransi dapat mempermudah pembangunan negara menjadi lebih baik dan selalu selangkah lebih maju. Negara manapun tidak akan menjadi maju dan besar jika sikap toleransi tidak membudaya . karena sikap toleransi dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan didalam perbedaan yang akhirnya dapat membuat sebuah negara tidak mudah dirongrong dan diancam oleh bangsa lain.

16. Pentingnya toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme adalah ….

1.pertahanan dan keamanan negara menjadi tangguh
2.dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
3.dapat menjalankan ibadah dengan aman dan tenteram
4.terciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat

Semoga bermanfaat”

17. Peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme,yaitu

bersama-sama peduli mengembangkan nasionalisme

18. upaya pembinaan toleransi dalam keluarga​

Jawaban:

Dengan cara tetap dekat dengan anggota keluarga

Penjelasan:

upaya pembinaan toleransi pada seseorang pada lingkungan keluarga dapat di lakukan dengan cara pendekatan dengan anggota keluarga.karena ketika anggota keluarga dekat maka hal serta periku dan lain sebagainya akan terbentuk dengan sendirinya.akan terbentuk dengan seiring dengan berjalannya waktu.ketika mereka dekat,mereka akan bisa saling menginggatkan,menegur dsb.

19. peranan toleransi dalam upaya membina rasa nasionalisme yaitu…… a.terciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat b.dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa c.jurang pemisah antara si kaya dan si miskin d.dapat menjalankan ibadah dengan aman dan tentram e.pertahanan dan keamanan menjadi tangguh

b. dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

semoga pas dan membantuJawabannya adalah B.dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Karen toleransi dalam hal apapun tidak akan meimbulkan permusuhan jadi jawabannya B

Video Terkait