Peran Mahasiswa Dalam Upaya Mewujudkan Praktek Good Governance

  Edukasi
Peran Mahasiswa Dalam Upaya Mewujudkan Praktek Good Governance

peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance

Daftar Isi

1. peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance

Jawaban:

Memberikan aspirasi dan juga kritisi atas kebijakan dan juga tindakan yang dilaksanakan oleh pemerintah yang didasari oleh penelitian atau kajian

Penjelasan:

2. Telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!.

Good Governance adalah Suatu Praktik Pemerintahan yang Bersih dan Terbebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan juga Nepotisme).

Mahasiswa Memiliki banyak peranan penting sebagai generasi penerus bangsa demi mewujudkan Adanya Praktek Good Governance.

Beberapa Peran Mahasiswa tersebut diantaranya :

1. Turut Mengkritik celah-celah KKN yang disebabkan oleh Pemerintah sekecil apapun bentuknya.

2. Mengikuti Seminar tentang Good Governance dan juga Pendidikan Kewarganegaraan agar dapat mempersiapkan diri sendiri menjadi Calon Pemimpin Bangsa yang baik kedepannya.

3. Tidak ikut mempraktikkan KKN dalam Pemerintahan apabila memiliki suatu urusan dengan Pemerintah sebagai Mahasiswa.

3. lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!

Jawaban:

pliids deh

Penjelasan:

gw bosen banget

maaf g4but

4. Peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek governance ​

Jawaban:

Jawaban Terlampir

#SemogaMembantu.

Tetap SemangatBelajar.

5. Sebutkan peran rakyat dalam mewujudkan good governance

1. Tingkat pendidikan; semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat suatu negara, budaya politiknya akan cenderung lebih santun dan liberal. 

2. Tingkat ekonomi, selama tingkat ekonomi masyarakat belum tinggi, budaya politiknya cenderung radikal, dan partisipasi tinggi. sealiknya pada masyarakat dengan ekonomi mapan, tingkat partisipasi politik cenderung rendah. 

3. Reformasi politik; budaya politik yang baru dapat dibangun lewat reformasi politik, bisa bersifat revolusioner seperti budaya politik di indonesia yang lebih terbuka dan partisipasi masyarakat tinggi pasca reformasi politik. 

4. Supremasi hukum; selama tidak ada supremasi hukum, masyarakat akan cenderung apatis dan memandang politik sebagai kebohongan semata. 

5. Media komunikasi yang independen; keberadaan media yang independen mendorong terciptanya budaya politik yang terbuka dan dinamis.

6. Essay tentang peran masyarakat dalam mewujudkan good governance

Contoh=
-Tidak Melakukan Korupsi
-Musyawarah Mufakat
-Menjalan kan Aturan Negara Undang undang dan PP

7. Bagaimana peran lembaga pemberantasan korupsi dalam rangka mewujudkan good governance

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang sedang berjuang dan mendambakan terciptanya good governance. Namun, keadaan saat ini menunjukkan bahwa hal tersebut masih sangat jauh dari harapan. Kepentingan politik, KKN, peradilan yang tidak adil, bekerja di luar kewenangan, dan kurangnya integritas dan transparansi adalah beberapa masalah yang membuat pemerintahan yang baik masih belum bisa tercapai. Untuk mencapai good governance dalam tata pemerintahan di Indonesia, maka prinsip-prinsip good governance hendaknya ditegakkan dalam berbagai institusi penting pemerintahan. Dengan melaksanakan prinsip-prinsip good governance maka tiga pilarnya  yaitu pemerintah, korporasi, dan masyarakat sipil hendaknya saling menjaga, saling support dan berpatisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan yang sedang dilakukan

8. Apa peran anda sebagai mahasiswa dalam mengawal tata kelola pemerintahan yg baik (good governance)

Beranda Pendidikan 5 Peran dan Fungsi Mahasiswa dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

PENDIDIKAN

5 Peran dan Fungsi Mahasiswa dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

SEPTEMBER 21, 2020TINGGALKAN KOMENTARPADA 5 PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

peran dan fungsi mahasiswa

Mahasiswa adalah kalangan muda intelektual yang memiliki peran bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itulah memahami peran dan fungsi mahasiswa dalam hidup bermasyarakat perlu kamu ketahui.

Status mahasiswa merupakan status pada level intelektual yang tinggi, usia muda dengan idealisme yang masih kuat. Peran dan fungsi mahasiswa dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara.

Sejarah mencatat kalangan muda di Indonesia sebagai kalangan terpelajar telah menggerakkan perjuangan bangsa.

Sejarah reformasi tahun 1998 adalah catatan kegemilangan perjuangan mahasiswa dalam menuntut keadilan di negerinya sendiri. Saat rakyat tak bisa bicara, mahasiswalah tonggak terdepan yang seharusnya mengaspirasikan suara masyarakat.

Baca Juga: 5 Kerja Part Time Hasilkan Gaji Besar untuk Mahasiswa di Luar Negeri!

Peran dan Fungsi Mahasiswa, Tak Sekadar Sukses Kuliah

fungsi mahasiswa

Sebagai kalangan dengan level intelektual yang tinggi di masyarakat, mahasiswa tak hanya cukup dengan kuliah, kantin, pustaka, kampus saja. Mereka ternyata juga memiliki fungsi sosial yang lebih luas bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedikitnya ada 5 peran mahasiswa baik secara pribadi maupun interaksinya dalam kehidupan sosial yang perlu Pinters ketahui, yakni:

1. Mahasiswa Sebagai Iron Stock

Mahasiswa sebagai iron stock dituntut memiliki kepribadian yang baik, akhlak yang terpuji sebagai generasi muda bangsa yang akan melanjutkan kepemimpinan Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Bagaimana mungkin mahasiswa bisa menjalankan peran yang lainnya jika dari segi akhlak dan perilaku tidak mencerminkan nilai intelektualitas sebagai mahasiswa?

Kecerdasan intelektual semestinya diimbangi dengan kondisi akhlak yang baik sehingga nantinya akan tumbuh generasi pemimpin Indonesia yang berkualitas. Tahukah Pinters,

Indonesia bukan kekurangan kalangan intelektual, tetapi kekurangan orang berakhlak. Di sinilah mengapa mahasiswa sangat penting memiliki fungsi ini.

2. Mahasiswa Sebagai Agent of Change

Peran mahasiswa sebagai agent of change ini barangkali yang paling sering disuarakan mahasiswa saat melakukan perubahan-perubahan terkait kebijakan pemerintah melalui serangkaia
n aksi yang dilakukan. Mahasiswa adalah agen pengubah yang harus berdiri di barisan paling depan menyuarakan aspirasi rakyat.

Apabila ada yang salah dengan pengelola negara ini, peran mahasiswa sebagai agen peubah harus muncul. Itulah sebabnya mahasiswa kerap melakukan gerakan-gerakan mahasiswa melalui berbagai aksi di lapangan.

Banyak orang mengira aktivitas demonstrasi mahasiswa misalnya sebagai kegiatan sia-sia yang ditunggangi kepentingan politik, padahal sebenarnya inilah fungsi utama mahasiswa. Melakukan gerakan perubahan yang berpihak kepada masyarakat.

Gerakan mahasiswa ada yang bersifat intelektual dan ada yang sifatnya aksi di lapangan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Keduanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

3. Mahasiswa Sebagai Guardian of Value

Peran mahasiswa sebagai guardian of value adalah bagaimana mahasiswa bisa menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat. Nilai-nilai seperti kejujuran, gotong royong, empati, keadilan, integritas dan sebagainya adalah hal yang harus dipertahankan keberadaannya di masyarakat.

Mahasiswa memiliki peran untuk mempertahankan nilai-nilai tersebut tumbuh dan terpelihara di masyarakat.

Guna mewujudkan peran tersebut maka harus Pinters harus mengawalinya dengan perbaikan diri sendiri melalui peran iron stock yang sudah dijelaskan di atas.

4. Mahasiswa Sebagai Moral Force

Mahasiswa sebagai kalangan intelektual harus mencerminkan nilai karakter terbaik sesuai dengan tingkatan intelektualnya.

Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter idealnya muncul dengan perilaku moral terbaik yang ditunjukkan oleh seorang mahasiswa. Hal ini adalah peran idealnya dalam mewujudkan kehidupan bangsa yang beradab.

Bisa dibayangkan jika kalangan intelektualnya memiliki moral yang tak beradab, maka negara ini akan salah urus. Para pejabat yang berakhlak didahului oleh sosok mahasiswa yang mengerti dengan perannya sebagai moral force.

5. Mahasiswa Sebagai Social Control

Peran mahasiswa sebagai social control merupakan peran yang penting dan signifikan di masyarakat. Mengapa mahasiswa selalu melakukan upaya kontrol terhadap kondisi pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat misalnya?

Sebab ini adalah bagian dari peran mahasiswa untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat.

9. Pada praktek good governance menyaratkan harus terdapat transparasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah secara keseluruhan. Transparasi merupakan konsep yang penting yang mengringi kuatnyakeinginan untuk praktek good governance. Masyarakat diberikan kesempatan yang luas untuk mengetahui informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat memberikan penilaian keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan public. Oleh karena itu, masyarakat dapat dengan mudah menetukan apakah akan memerikan dukungan kepada pemerintah atau malah sebaliknya. Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!​

Penjelasan:

mahasiswa dapat membantu mewujudkan praktek good governance dengan cara sadar berpolitik, dan lebih berhati2 dalam memilih calon pemimpin.

10. Bagaimana peran lembaga pemberantasan korupsi dalam rangka mewujudkan good governance

dalam rangka mewujudkan good governance, lembaga anti korupsi harusnya bertindak objektif atau netral. dimana posisi mereka tidak berpihak ke kubu manapun.

itu yg bisa saya jawab.
semoga membantu

11. peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek God govermen

Peranan mahasiswa dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dapat diwujudkan dengan cara :

Memberikan saran dan kritik terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan masyarakat luas melalui media penyampaian pendapat secara tertib tanpa adanya unsur kekerasan.belajar sungguh-sungguh supaya berprestasi dan mengharumkan nama bangsa

maaf kalau salah….

12. bagaimana peran lembaga pembrantasan korupsi dalam rangka mewujudkan good governance?

peran lembaga pemberantasan korupsi dlm rangka mewujudkan good governance , yaitu memberantas para koruptor atau tikus-tikus negara yg sudah korupsi uang negara, dan memberi hukuman bagi para koruptor itu misalnya, hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

13. bagaimana upaya mewujudkan good governance dalam rangka otonomi daerah

Mapel PPKn

Kategori: Sistem pemerintahan

Kata kunci: Pemerintahan daerah

Pembahasan: upaya mewujudkan good governance dalam rangka otonomi daerah diantaranya
1. Meningkatkan hubungan yang serasi antara lembaga pusat dan lembaga daerah
2. Adanya pengawasan yang optimal oleh pemerintah pusat terhadap pemerintahan daerah
3. Lembaga keuangan negara pusat harus senantiasa mengawasi keuangan daerah guna meminimalisir Adalah praktek korupsi di pejabat daerah

semangat belajarnya kawan-Memberi kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dlm kebijakan daerah
-Menciptakan pemerintahan yg transparan
-Menciptakan hukum yg adil
-Pemerintah punya daya tanggap terhadap semua pihak
-Menyelenggarakan pembangunan yg sreategis
-Melaksanakan asas desentralisasi

14. informasi tentang upaya pemerintah Indonesia dalammewujudkan good governance pada masa sekarang ini. Buatlah rangkuman tentang upayapemerintah Indonesia dalam mewujudkan good governance.​

Jawaban:

penghindaran salah alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administratif

Penjelasan:

maaf jika  salah

jadikan yg tercerdas

15. peran mahasiswa dalam mendorong good governance​

Jawaban:

MEMBERONTAK TIKUS BERDASI YANG SEDANG DUDUK DI KURSI GEDUNG DPR

16. Lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!.

Upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mewujudkan good governance yang baik yaitu dengan berpartisipasi dalam pemilu. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan organisasi.

Pembahasan :

Demokrasi adalah sistem pemerintahan Indonesia dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat. Maksudnya adalah semua hal yang dilakukan pemerintah hanya untuk rakyat dan merupakan aspirasi rakyat yang disampaikan melalui perwakilan rakyat. Sistem Demokrasi Indonesia menganut sistem Demokrasi Pancasila.

Demokrasi Pancasila adalah sistem demokrasi yang berlandaskan nilai Pancasila dan dijiwai oleh nilai-nilai tiap silanya. Dalam pelaksanaan nya Demokrasi Pancasila berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong-royong. Sistem ini dianggap cocok d
iterapkan di Indonesia karena sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Ahmad Sanusi menyampaikan 10 pilar demokrasi Pancasila yakni sebagai berikut :

1. Demokrasi Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya dalam pelaksanaan demokrasi harus didasarkan pada nilai ber Ketuhanan.

2. Demokrasi dengan Kecerdasan, artinya demokrasi yang dijalankan harus berdasarkan ilmu yang ada bukan hanya karena kekuatan masa saja.

3. Demokrasi yang Berkedaulatan Rakyat, artinya dalam pelaksanaan demokrasi pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat sehingga segala kepentingan harus sesuai dengan keperluan rakyat.

4. Demokrasi dengan Rule of Law, artinya adalah dalam pelaksanaan Demokrasi, hukum menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dan keadilan hukum sangat dijunjung tinggi.

5. Demokrasi dengan Pembagian Kekuasaan Negara, artinya dalam sistem demokrasi dilakukan pembagian kekuasaan dengan tanggungjawab masing-masing sehingga kekuasaan tidak hanya di pusat saja.

6. Demokrasi dengan Hak Asasi Manusia, artinya adalah dalam pelaksanaan demokrasi hak hak manusia harus dijunjung tinggi dan dihargai.

7. Demokrasi dengan Pengadilan yang Merdeka, artinya dalam pelaksanaan demokrasi semua lapisan masyarakat dapat mencari peradilan yang seadil-adilnya tanpa adanya berat sebelah dalam pelaksanaan.

8. Demokrasi dengan Otonomi Daerah, artinya adalah demokrasi dengan kekuasan penuh dipegang oleh daerah. Negara atau pemerintah pusat hanya memberikan monitoring dan menerima pelaporan hasil pelaksanaan di daerah.

9. Demokrasi dengan Kemakmuran, artinya adalah dalam pelaksanaan demokrasi bertujuan untuk menciptakan kemakmuran warganya dari berbagai bidang.

10. Demokrasi yang Berkeadilan Sosial, artinya adalah sistem demokrasi yang dijalankan mengutamakan keadilan sosial dari berbagai kelompok maupun golongan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang Demokrasi Pancasila brainly.co.id/tugas/2149234

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

17. Pada praktek good governance menyaratkan harus terdapat transparasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah secara keseluruhan. Transparasi merupakan konsep yang penting yang mengringi kuatnyakeinginan untuk praktek good governance. Masyarakat diberikan kesempatan yang luas untuk mengetahui informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat memberikan penilaian keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan public. Oleh karena itu, masyarakat dapat dengan mudah menetukan apakah akan memerikan dukungan kepada pemerintah atau malah sebaliknya. Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!

Jawaban:

ada praktek good governance menyaratkan harus terdapat transparasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah secara keseluruhan. Transparasi merupakan konsep yang penting yang mengringi kuatnyakeinginan untuk praktek good governance. Masyarakat diberikan kesempatan yang luas untuk mengetahui informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat memberikan penilaian keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan public. Oleh karena itu, masyarakat dapat dengan mudah menetukan apakah akan memerikan dukungan kepada pemerintah atau malah sebaliknya.

Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance

Penjelasan:

18. Peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktik good governance

Tiga peranan penting yang harus dilakukan mahasiswa terhadap masyarakat untuk mewujudkan good governance , diantaranya adalah Agent of Change, Agent of Control , dan Iron Stock .

Penjelasan :

• Sebagai Agent of Change mahasiswa tidak boleh hanya diam saja melihat kondisi lingkungan sekitarnya, namun mahasiswa dituntut dapat melakukan suatu perubahan dan merubah kondisi lingkungan sekitarnya menuju ke arah yang lebih baik. Mahasiswa harus bisa bertindak sebagai katalisator atau bisa disebut sebagai pemicu terjadinya sebuah perubahan yang nantinya akan berdampak positif serta memperjuangkan perubahan-perubahan yang mengarah pada perbaikan dalam kehidupan masyarakat.

• Mahasiswa juga sangat berperan penting untuk mewujudkan good governance dalam sistem pemerintahan sebagai kontrol terhadap kebijakan yang telah dibuat atau Agent of Control . Seperti mengkritisi dan mengamati keadaan yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat sekitarnya, baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat luas. Sebagai Agent of Control , mahasiswa diharuskan untuk terlibat sebagai pelaku di lingkungan masyarakat agar dapat menjadi panutan dalam masyarakat, bukan hanya sebagai pengamat yang hanya bisa duduk.

•Sebagai aset atau cadangan masa depan suatu negara (Iron Stock) , mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi generasi yang tangguh, memiliki jiwa kepemimpinan serta memiliki moralitas baik.

Jadikan, jawaban terbaik yaa…

19. Lakukan lah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance

Jawaban:

Memberikan aspirasi dan juga kritisi atas kebijakan dan juga tindakan yang dilaksanakan oleh pemerintah yang didasari oleh penelitian atau kajian

berikan aku jawaban tercerdas, bantu ak meraih si hebat supaya aku bisa membantu lebih banyak orang lagi!! Terima Kasih!!

Video Terkait