Pada Kasus Imunodefisiensi Orang Yang Menderita Mengalami Kerusakan

  Edukasi
Pada Kasus Imunodefisiensi Orang Yang Menderita Mengalami Kerusakan

Pada kasus imunodefisiensi, orang yang menderita mengalami kerusakan apa?

Daftar Isi

1. Pada kasus imunodefisiensi, orang yang menderita mengalami kerusakan apa?

Pada Kasus Immunodefisiensi

(Mungkin Yang di Sebut adalah AIDS)

Virus HIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh. saat Sistem kekebalan tubuh rusak, maka Penderita akan terkena AIDS (penjelasan di bawah).

Maka Penderita akan Terjangkit Penyakit penyakit yang Biasa dilawan oleh tubuh karena sistem imun telah rusak.

HIV=Human Immunodeficiency Virus/Virusnya

AIDS = Acquired Immuno Deficiency Syndrome/Penyakitnya

2. Pada kasus imunodefisiensi orang yang menderita mengalami kerusakan?

Pada kasus imunodefisiensi, seseorang mengalami kerusakan pada sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitasnya. Ini berarti tubuh tidak dapat melawan infeksi dan penyakit dengan efektif seperti yang seharusnya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk faktor genetik atau bawaan, infeksi virus tertentu, atau terapi medis tertentu seperti kemoterapi.

Kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi, khususnya infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang biasanya tidak berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Beberapa contoh infeksi oportunistik yang dapat terjadi pada orang dengan imunodefisiensi termasuk pneumonia, tuberculosis, kandidiasis, dan infeksi herpesvirus. Orang dengan imunodefisiensi juga lebih rentan terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker kulit dan kanker limfoma.

Kerusakan sistem kekebalan tubuh pada kasus imunodefisiensi dapat bersifat kronis dan menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak diobati dengan tepat.

3. pada kasus imunodefisiensi ,orang yang menderita mengalami kerusakan….

Kerusakan pada sistem imunnya, bisa juga karena kekurangan/rusaknya sel darah putih.

Semoga membantu^^

4. Virus HIV (Human Imunodefisiensi Virus) penyebab penyakit AIDS karena virus tersebut menyerang A) Saraf B) Penurunan C) Respirasi D) Reproduksi E) Kekebalan

Jawabannya E. Kekebalan

5. AIDS adalah penyakit imunodefisiensi yang disebabkan oleh virus HIV AIDS disebabkan oleh perusakan langsung atau tidak langsung pada sel a. limfosit B plasma b. limfosit B memori c. limfosit B pembelah d. limfosit T helper e. limfosit T Killer

AIDS adalah penyakit imunodefisiensi yang disebabkan oleh virus HIV AIDS disebabkan oleh perusakan langsung atau tidak langsung pada sel  d. limfosit T helper

Pembahasan

AIDS

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV;atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Apa perbedaan di Antara HIV dan AIDS?

Sering kali HIV/AIDS tertulis dan disebut sebagai satu istilah. Akan tetapi HIV dan AIDS mempunyai arti yang berbeda.

HIV merupakan singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. Virus ini merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. Jika anda terinfeksi HIV, anda akan dikatakan sebagai HIV positif.

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan.

Didiagnosa menderita HIV bukan berarti seseorang memiliki AIDS atau mereka akan meninggal.

Perawatan akan memperlambat kerusakan pada sistem kekebalan tubuh sehingga orang dengan HIV dapat tetap baik, hidup sehat dan memuaskan.

Tahapan penyakit HIV AIDS

Stadium satu: Infeksi akut atau seroconvertion

Terdapat dua hingga enam minggu masa jeda (window periode) setelah terpapar dengan human immunodeficincy virus yang mana orang tersebut menjadi terinfeksi. Selama stadium ini, tubuh berusaha untuk melawan virus, hingga menyebabkan gejala awal yang seringkali mirip dengan gejala flu.  

Stadium ini biasanya berlangsung satu hingga dua minggu dan diikuti oleh stadium tanpa gejala.  

Stadium dua: Stadium Asimptomatis/Tanpa Gejala

Jika gejala awal terlalui, hal ini berarti sudah melewati stadium kedua. Infeksi saat ini mengambil kendali tubuh saat sistem kekebalan tubuh kalah dalam perlawanan sepenuhnya.  

Hal ini biasanya terjadi dalam periode yang lama, kadang berlangsung selama sepuluh tahun atau lebih lama, dan selama itu pasien tidak merasakan gejala sama sekali.  

Namun di dalam tubuh, virus secara bertahap menyerang sel-T CD4, yang seharusnya secara normal berada di antara 450 hingga 1400 sel per mikroliter. Ini adalah stadium dimana banyak individu yang terinfeksi tanpa diketahui menularkan virus tersebut ke orang lain.  

Stadium Tiga: AIDS

Stadium ketiga secara luas dikenal sebagai AIDS, yang merupakan stadium akhir infeksi ini. Faktor yang menentukan stadium ini adalah saat jumlah sel CD4 turun hingga dibawah 400 per mikroliter.

Bila ada tanda-tanda seperti gejala HIV/AIDS segera hubungi tenaga ahli dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tidak semua dokter memiliki keahlian atau terlatih dalam menangani HIV atau AIDS, tetapi dokter umum dapat mendiagnosa penyakit dan menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya.

Dokter Anda dapat menggunakan berbagai macam tes untuk mendiagnosa HIV/AIDS, secara umum termasuk diantaranya:

Tes penapisan/pemeriksaan antibodi atau immunoassay (menemukan infeksi dalam tiga hingga enam minggu setelah paparan) Tes antigen (dapat positif paling awal tiga minggu setelah paparan) Tes RNA (tes yang cukup mahal yang dapat mendeteksi penyakit antara 10 hari setelah paparan)Pelajari Lebih Lanjut Materi tentang  virus https://brainly.co.id/tugas/5386904Materi tentang  HIV dan AIDS https://brainly
.co.id/tugas/5386904Materi tentang cara pengobatan HIV dan AIDS https://brainly.co.id/tugas/1633045

—————————-

Detil Jawaban

Kelas: 11

Mapel: BIologi

Bab: 10

Kode: 11.4.10

Kata Kunci: sistem imun, AIDS, imunodefisiensi, virus HIV AIDS, sel limfosit T

6. Penyakit AIDS merupakan salah satu kelainanimunodefisiensi yang disebabkan oleh infeksiHIV. Gangguan ini dapat mengakibatkan ..a jumlah sel T berkurangb. terjadinya penipisan tulangpigmentasi kulit meningkatd. kadar gula darah meningkatperadangan oleh senyawa kimia hasil sekresisel fagositC.e.​

Jawaban:

A. Jumlah sel t berkurang

Semoga benar

a. jumlah sel T berkurang

7. pengertian imunodefisiensi -AUTOIMUNITAS -ISOMUNITAS

imunodefisiensi : kekurangan sistim kekebalan tubuh (lemahnya sistem kekebalan)
autoimunitas: sistem kekebalan dri dlm tubuh sendiri
isomunitas: maaf klo ini gk tau 🙂

8. kegagalan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh yang membuat badan menyerang jaringannya sendiri apakah nama kelainan tersebut Select one: a. hipertiroidtism b. Imunodefisiensi c. hipersensitivitas d. leukimia e. autoimiun

Jawaban:

b

imunodefisiensi

Penjelasan:

maaf kalo salah

9. 11. Pada kasus imunodefisiensi, orang yangmenderita mengalami kerusakan …A. monositB. limfositC. sel BD. sel TE. sel B dan sel T​

pertanyaan:

Pada kasus imunodefisiensi, orang yang

menderita mengalami kerusakan …

Jawaban:

E. sel B dan sel T

pembahasan:

Imunodefisiensi adalah keadaan dimana sistem imun tidak berfungsi secara normal. Yang mengakibatkan penderita lebih rentan terhadap infeksi virus, jamur/ bakteri, kanker, dan juga infeksi berulang.

__________________________________

Mata Pelajaran : Biologi

Materi: Penyakit Imunodefisiensi

__________________________________

smoga membantu >_^

10. apa penyakit imunodefisiensi? berikan contoh dan penyebabnya

Penyakit Imunodefisiensi
Penyebabnya : Menurunya atau gagalnya salah satu atau lebih komponen sistem imun/kekebalan tubuh.
Contoh : Kelainan darah, gangguan ginjal dan hati, kanker otak, cacar air, kurang gizi, luka bakar, dll.

11. Pada kasus imunodefisiensi, yang ditandai dengan adanya penurunan kekebalan tubuh. Orang yang menderita mengalami kerusakan

Sel B dan sel T

Penjelasan:

Imunodefisiensi ialah keadaan dimana sistem imun tidak berfungsi secara normal. Yang mengakibatkan penderita lebih rentan terhadap infeksi virus, jamur/ bakteri, kanker, dan juga infeksi berulang.

12. apa perbedaan imunodefisiensi primer dan sekunder

imunodefisiensi primer ditentukan secara genetik
Primer itu primer
sekunder itu sekunder

13. Setelah makan udang, Pak Amir mengalamigatal-gatal, kulit memerah, tenggorokan te-rasa kering, mual-mual, dan muntah. Haltersebut merupakan salah satu ketidakseim-bangan sistem pertahanan tubuh akibat …A. imunodefisiensiB. hipersensitifitasC. autoimunitasD. isoimunitasE. alloimunitas​

Jawaban:

B. Hipersensitifitas

Penjelasan:

Mari kita bahas masing-masing opsi jawaban:

* imunodefisiensi : keadaan dimana sistem imun mengalami penurunan fungsi sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit, misalnya pada penderita AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

* Hipersensitifitas : reaksi berlebihan sistem imun terhadap benda asing/antigen yang masuk ke dalam tubuh  sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan dapat mengancam nyawa bila respon imun terlalu tinngi. Misalnya: gatal dan kemerahan setelah makan makanan tertentu, kulit melepuh setelah minum obat tertentu (Steven Johnson Syndrome), reaksi anafilaksis, dan lain-lain.

* Autoimunitas : kegagalan sistem imun untuk mengenali antibodi atau sel normal tubuh dan menganggapnya sebagai antigen asing sehingga timbul mekanisme untuk melawan bagian tubuh tersebut. Misalnya pada penyakit lupus, rheumathoid arthritis, psoariasis, dan lain-lain.

* Isomunitas : kondisi dimana tubuh memperoleh kekebalan dari individu lain yang melawan respon imun tubuhnya sendiri. Misalnya pada transplantasi (cangkok organ) dan transfusi darah.

* Alloimunitas : sama dengan isoimunitas.

Jadi jawaban yang benar adalah B. Hipersensitifitas

Pelajari lebih lanjut :

https://brainly.co.id/tugas/21437859

https://brainly.co.id/tugas/2709580

https://brainly.co.id/tugas/22259762

DETIL JAWABAN

Kelas : XI

Mapel : biologi

Bab  : Sistem Imun

Kode kategorisasi : 11.4.10

Kata kunci : hipersensitifitas, autoimunitas, imunodefisiensi, isoimunitas, alloimunitas.

14. pada kasus imunodefisiensi ,orang yang menderita

Pada kasus imunodefisiensi ,orang yang menderita akan mengalami kondisi menurunnya keefektifan sistem imunitas atau ketidakmampuan sistem imunitas untuk merespons antigen. Misal pada penyakit AIDS dan defisiensi imun kongenital.

15. Penyakit imunodefisiensi, orang yg menderita mengalami kerusakan

Mengalami kerusakan sistem pertahanan tubuh atau imun sehingga penyakit lebih mudah masuk ke dalah tubuh.
Imunodefisiensi adalah istilah umum yang merujuk pada suatu kondisi di mana kemampuan sistem imun untuk melawan penyakit dan infeksi mengalami gangguan atau melemah. Oleh karena itu, pasien imunodefisiensi akan rawan terkena berbagai infeksi atau timbulnya sel tubuh yang ganas.jadi tu kayak sakit kulit yg merah” gitu tapi panas

16. Karena terjadi imunodefisiensi, anak autism sering terkena penyakit dan sering pula diberikan obat antibiotik. Pemberian antibiotik yang berlebihan mengakibatkan…. A. Banyak bakteri yang resisten terhadap antibiotik B. Terbunuhnya bakteri lactobacillus C. Tubuh resisten terhadap virus maupun bakteri pathogen D. A dan B benar E. Semua benar

Jawaban:

A. Banyak bakteri yang resisten thd antibiotik

Penjelasan:

Pe
mberian antibiotik yang berlebihan/tidak sesuai dosis yang dianjurkan dapat membuat patogen menjadi kebal thd antibiotik tersebut.

17. Apakah virus corona termasuk penyakit imunodefisiensi​

Penjelasan:

iya kali(◕ᴗ◕✿) aku ga tau

18. apa perbedaan penyakit autoimun dengan penyakit imunodefisiensi?

• Penyakut autoimun yaitu berarti tubuh menyerang diri sendiri. Penyakit autoimun terjadi jika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

• Penyakit Imunodefisiensi adalah suatu keadaan dimana sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi secara adekuat, sehingga infeksi busa lebih sering terjadi, lebih sering berulang, lebih berat dan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Maaf yaa kalo salahPenyakit imunodefisiensi adalah jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dan atau penggunaan obat yang berakibat pada menurunnya fungsi sistem imun baik secara humoral maupun seluler.

Sedangkan autoimun adalah reaksi dimana tubuh justru balik menyerang jaringan-jaringan dan sel dalam tubuh yang baik-baik saja – sehat.

19. suatu kondisi dimana sistem imun menghasilkan antibodi untuk melawan sel tubuhnya sendiri disebut a. imunodefisiensi b. hipersentivitas c. autoimunitas d. isoimunitas e. alloimunitas

jawab C. autoimunitas.

Imunodefisiensi: sistem kekebalan tubuh yg tdk hadir/tidak berfungsi.

hipersensitifitas: reaksi berlebihan terhadap antigen tertentu.

isoimunitas: keadaan dimana tubuh mendapatkan kekebalan dari individu lain yg melawan sel tubuhnya sendiri.

Video Terkait