Pada Hikayat Penggunaan Latar Tempat Sangat Menonjol Yaitu

  Edukasi
Pada Hikayat Penggunaan Latar Tempat Sangat Menonjol Yaitu

Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol yaitu

1. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol yaitu

Jawaban:

Pada hikayat, penggunaan latar tempat sangat menonjol yaitu pada cerita yang berlatar kerajaan.

Pembahasan:

Teks hikayat telah lahir dan berkembang sejak zaman kerajaan. Karena itulah, teks hikayat juga memuat cerita yang latar maupun tokohnya berpusat pada kerajaan. Hikayat adalah sebuah teks prosa lama yang berbahasa melayu lama dan mengandung kata-kata arkais atau kata yang sudah tidak lazim digunakan pada zaman modern. Dalam teks hikayat, kisah yang diceritakan bersifat fiksi. Kisah dalam hikayat juga biasanya mengandung hal yang bersifat ajaib atau magis, serta memiliki nilai moral yang tinggi. Sama seperti teks cerita pendek, teks hikayat juga memiliki unsur intrinsik berupa tokoh, penokohan, alur, latar, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsiknya yakni keterkaitan antara teks tersebut dengan latar belakang sosial budayanya.

Pelajari lebih lanjut materi tentang teks hikayat: https://brainly.co.id/tugas/5149622

#BelajarBersamaBrainly

2. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol, yaitu….

jawaban:

Istana

Penjelasan:

karena di Hikayat sering sekali layar belakang cerita itu tentang kerajaa
n sehingga istana latar tempat sangat menonjol

3. Latar tempat yang digunakan pada hikayat adalah … *

lingkungan umum jssjznzznjzksa

4. dimanakah latar tempat terjadinya hikayat si miskin.

pristiwa penggalan hikayat terjadi di tempat-tempat yang dilalui Mara Karmah selama perjalanan (gunung, padang luas, tasik, dusun).

Bukti:

1)      Syahdan berapa Iamanya, ia berjalan itu, maka beberapa bertemu dengan gunung yang tinggi-tinggi dan padang-padang yang luas-luas, dan tasik yang berombak seperti laut

2)      Maka ia pun berjalanlah berkeliling pagarnya itu menanti orang yang empunya kebun itu.

5. dimanakah latar tempat terjadinya hikayat si miskin.

Bacaannya ada dimana??

6. Hal yang paling menonjol dalam sebuah hikayat adalah

1. Mengandung Kemustahilan

2. Tokoh Utama Mempunyai Kesaktian

3. Bersifat Anonim

4. Berkisah Tentang Lingkungan Istana

5. Dalam suatu cerita hikayat, terkandung lagi sebuah cerita

6. Menggunakan Bahasa Melayu Klasik

jadikan yang terbaik yaa:)

7. tentukan latar yang menonjol dalam hikayat panji semirang dan novel ibunda

maaf saya tidak tau kenapa kamu tak cari di toko buku ajah dong

8. 1. Tunjukkan tema kutipan hikayat tersebut2. Ciri-ciri/karakter (hikayat) apa saja yang menonjol pada kutipan hikayat tersebut?​

Jawaban:

raja habsyi tema kutipannya , putri itu dimasukan kedalam peti lalu dibawa terbang ke udara pulang ke negeri habsyi

Penjelasan:

semoga membantu maaf y kalo salah

9. nilai kehidupan paling menonjol yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah​

Jawaban:

D. Nilai sosial

Penjelasan:

karena si anak raja menolong katak ketika hendak dimakan ular.si anak raja memberikan sepotong daging pahanya sebesar katak trsbt kpd ular

10. Apa perbedaan yang menonjol antara hikayat dengan novel

Novel memiliki alur cerita yang beragam, dan tidak mengandalkan kata kata klise.
kalau hikayat alur ceritanya monotn dan menggunakan kata kata klise
Hikayat lebih banyak menceritakan kisah para raja dan keluarga. Cerita menggunakan logika yang berbeda dari logika umum, beberapa kalangan menyebutnya lebih berfantasi. Dalam penceritaan, hikayat lebih banyak menggunakan kata-kata klise. Pengarang sebuah cerita hikayat tidak diketahui atau anonim. Cerita yang disampaikan lebih terpusat pada tokoh utama dan selalu berakhir manis

Pd novel Unsur intrinsik yang wajib terkandung dalam sebuah novel berupa tema, setting, sudut pandang, alur, penokohan dan gaya bahasa penulis. Adapun unsur ekstrinsik berupa sejarah, latar belakang penulisan dan faktor-faktor lain diluar unsur intrinsik.

11. tulislah latar waktu,tempat,dan suasana dalam hikayat indera putra​

sebenarnya masih panjang jawabnya tapi cuma boleh 1 foto doang kata aplikasi ini kalau,no ngasal ga pake google lengkap

12. Mengapa latar tempat ya ada dalam hikayat berupa kerjaan atau kesultanan

Jawaban:

Sebab salah satu ciri hikayat adalah istana sentris. Artinya berlatar tempat dalam suasana istana kerajaan.

Penjelasan:

Selain istana sentris, ciri-ciri hikayat lainnya antara lain:

– anonim (pengarangnya tidak diketahui)

– statis (sifatnya tetap, tidak ada perubahan)

– memakai pengulangan bahasa.

13. Carilah cerita pendek menonjol dalam latar tempat

Cerpen, atau cerita pendek, adalah cerita yang panjangnya nggak lebih dari 10 ribu kata. Ia biasanya hanya punya satu konflik, tapi digali dengan cukup dalam dan dibahas dengan detail yang pas untuk cerita pendek. Kali ini, Kelas Merdeka akan membahas salah satu unsur intrinsik cerpen, yaitu setting.

Dimana sebuah kejadian pada cerpen terjadi? Kapan dan seperti apa suasananya? Semua itu bisa terjawab jika suatu cerpen punya setting atau latar ynag baik. Agar kamu nggak bingung, di bawah ini adalah 3 jenis latar yang kamu perlu tahu:

Latar tempat (berkaitan dengan dimana peristiwa dalam cerpen itu terjadi). Latar waktu (berkaitan dengan kapan peristiwa dalam cerpen terjadi). Latar Suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerpen itu terjadi).

Contoh penjelasan latar pada cerpen Seno Gumira Ajidarma yang berjudul Ibu yang Anaknya Diculik Itu:

Ibu terkulai di kursi seperti orang mati. Pintu, jendela, televisi, telepon, perabotan, buku, cangkir teh, dan lain-lain masih seperti dulutetapi waktu telah berlalu sepuluh tahun. Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu.

Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya pula, deringnya sudah berhenti. Ibu bergumam.

Nah, sekarang ayo kita analisis unsur intrinsic setting atau latarnya.

Latar tempat: ruang keluarga Latar waktu: masa kini Latar suasana: sedih (terkulai di kursi seperti orang mati.

Nah, itulah cara membaca latar dengan sederhana. Kadang-kadang latar bisa langsung terlihat dari kata-kata yang dipakai, dan bisa juga tersirat. Kamu juga bisa, kan?

14. Jelaskan latar tempat yang ada pada hikayat sa-ijaan dan ikan todak! ​

Jawaban:

– Tema

Dalam hikayat Sa-Ijaan dan Ikan Todak ini mengangkat tema tentang kesabaran dan kegigihan, dimana berkisah tentang seseorang yang bernama Datu Mabrur yang selalu bersabar demi mendapatkan sebuah pulau.

– Latar

Waktu : pada zaman dahulu, di tengah laut, Selat Laut dan Selat Makassar, Di malam hari, Siang hari

Tempat : Pulau Halimun, Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan

Suasana : Cuaca dingin, angin, hujan, embun dan kabut menyelmuti tubuhnya,

– Penokohan

Dalam Hikayat ini terdapat tokoh yang bernama Datu Mabrur dia mempunyai sifat sabar dalam menghadapi cobaan dan sakti mandraguna serta Raja Ikan Todak.

– Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan ialah sudut pandang ketiga dan pertama, hal ini bisa diketahui dengan penggunaan kata ganti orang ”ia” dan ”aku”.

– Alur

Alur yang digunakan ialah alur maju dimana menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi secara runtut dan jelas dari awal hingga akhir cerita dan tidak ada flashback.

– Agama

Dimana Datu Mabrur selalu bersabar dan melakukan pertapaan sebagai wujud keagamaannya. Dia melakukan pertapaan untuk bisa mendapatkan permo
honnya agar segera dikabulkan. Maksud pertapaannya itu adalah memohon kepada Sang Pencipta agar diberi sebuah pulau.

– Keadaan Sosial

Kegigihan dan kesabaran Datu Mabrur untuk memohon kepada Sang Pencipta agar diberi sebuah pulau. Jika dikabulkan, pulau itu akan menjadi tempat bermukim bagi anak-cucu dan keturunannya, kelak.

Penjelasan:

like ya btw udah saya bantu

15. apa perbedaan unsur intrinsik yang menonjol antara hikayat dan novel ?

Gaya bahasa dan tema.

Terimakasih, semoga membantu:)

16. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol, yaitu….     a.rumah orang miskin     b.istana dan lingkungan sekitar     c.pusat perbelanjaan yang banyak pengunjungnya     d.rumah orang kaya     e.tempat keramaian​

Jawaban:

b. istana dan lingkungan sekitar

maaf kalo salah

17. latar tempat dari setiap hikayat biasanya

Latar tempat dari setiap hikayat biasanya berlatar tempat pada zaman dahulu atau kerajaan.Latar tempat dari setiap hikayat biasanya kerajaan pada zaman dulu yang berceritakan tentang UU, keagamaan, atau lainnya.

maafkalausalah
semoga membantu 🙂

18. latar yang digunakan dlam hikayat bayan budiman ​

Jawaban:

Analisis Hikayat Bayan Budiman ini dibagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama berisikan cerita Hikayat Bayan Budiman. Pada bagian kedua berisikan analisis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik Hikayat Bayan Budiman. Pada bagian terakhir berisikan cerita singkat atau sinopsis dari hikayat bayan budiman

Penjelasan:

folow ya

jadikan yang terbaik

19. Dimanakah biasanya latar tempat pada cerita hikayat​

Jawaban:

biasanya di istana

Penjelasan:

Salah satu ciri-ciri hikayat yaitu istana sentris (mengisahkan cerita yang terjadi di istana), sehingga pada umumnya/ biasanya hikayat memiliki latar tempat di istana.

Video Terkait