Naskah Drama 8 Orang Tentang Persahabatan Sejati Singkat

  Edukasi
Naskah Drama 8 Orang Tentang Persahabatan Sejati Singkat

berikan contoh drama singkat tentang sahabat sejati

Daftar Isi

1. berikan contoh drama singkat tentang sahabat sejati

Berikut ini contoh naskah drama tentang sahabat sejati:

Pada suatu hari di sebuah sekolah pada jam istirahat, Asep melihat Agus yang sedang merenung.

Asep: Gus! Kenapa lu? gak biasanya bengong begini?

Agus: Enggak, sep. Gak ada apa-apa.

Asep: Jangan bohong Gus! Kalo ada masalah cerita aja.

Agus: Beneran enggak ada apa-apa kok Sep.

Asep: Haduh, gak bisa bohong lu Gus, keliatan dari wajah lu tuh. Kita kan udah bertemen sejak lama. Kalo ada apa-apa cerita aja sama gue.

Agus: Iya ya Sep, keliatan ya?

Asep: Banget!

Agus: Jadi gini Sep. Bapak gue kena tipu orang, usahanya bangkrut, sekarang lagi susah ban
get di rumah, udah beberapa bulan gue belum bayar uang sekolah, kemaren dipanggil TU, katanya kalo belom bayar juga gue terancam dikeluarin dari sini.

Asep: Oh gitu, emang telat berapa bulan?

Agus: 3 bulan Sep.

Asep: Nah, gitu dong Gus, cerita kalo ada apa-apa. Kan bisa kita cari solusinya bareng-bareng.

Agus: Iya Sep.

Asep: 3 Bulan ya? Ya udah nih mau gue pinjemin gak?

Agus: Hah? Serius? Uang dari mana Sep?

Asep: Gak usah tanya dari mana deh, yang penting gue pengen bantu Gus. Tapi ini pinjem ya, nanti balikin, hehe.

Agus: Beneran Sep? Aduh makasih banget nih sebelumnya Sep.

Asep: Iya iya, besok gue bawa uangnya ya.

Agus: Makasih banyak Sep, lu emang sahabat sejati.

Pembahasan

Naskah drama merupakan naskah yang berisi percapakan antara dua orang atau lebih yang menggambarkan suatu cerita. Dalam membuat naskah drama hendaknya diperhatikan alur ceritanya. Dengan kejelasan alur ceritanya pembaca atau penonton akan lebih merasakan pesan dari cerita yang disampaikan dalam naskah drama tersebut.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang naskah drama https://brainly.co.id/tugas/3068383Materi tentang naskah drama https://brainly.co.id/tugas/424883Materi tentang naskah drama https://brainly.co.id/tugas/1593520

Detail Jawaban

Kelas: 9

Mapel: B. Indonesia

Bab: Drama

Kode: 9.1.10

#AyoBelajar

#SPJ2

2. 1.analisis alur,babak dan konflik drama sahabat sejati,jelaskan. 2.jelaskan kelebihan dan kekurangan drama sahabat sejati tersebut.​

1. Pertanyaan yang diutarakan merupakan pertanyaan ambigu karena tidak memuat kutipan dari “drama sahabat sejati” yang dimaksud sehingga tidak dapat dijawab. Maka kami akan menjelaskan mengenai alur, babak, dan konflik drama secara umum sebagai panduan dalam mengerjakan soal tersebut.

2. Pertanyaan yang diutarakan merupakan pertanyaan ambigu karena tidak memuat kutipan dari “drama sahabat sejati” yang dimaksud sehingga tidak dapat dijawab. Maka kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan drama secara umum sebagai panduan dalam mengerjakan soal tersebut.

Penjelasan:

Definisi dari Drama secara sederhananya adalah sebuah replika kejadian dalam suatu kehidupan manusia yang dipertontonkan pada sebuah pentas dengan dukungan dan arahan naskah, gerak laku, beserta unsur-unsur pendukung pentas.

Alur menggambarkan berbagai tahapan sebuah perkembangan cerita dari awal hingga akhir. Alur biasanya dibedakan menjadi 3 yaitu alur maju, mundur, dan campuran.

Babak dalam suatu drama didefinisikan sebagai bagian-bagian dari suatu konflik dalam drama. Babak biasanya dicirikan sebagai perubahan baik itu nasib, perpindahan masalah, maupun pergantian peristiwa yang signifikan.

Konflik didefiniskan sebagai pertentangan, perselisihan maupun kontradiksi yang terjadi antar tokoh dengan tokoh lainnya, seseorang dengan dirinya sendiri, maupun seseorang dengan suatu pemikiran atau dengan lingkungan sekitarnya.

Kelebihan maupun kekurangan drama biasanya merupakan pendapat subjektif seseorang terhadap drama tersebut. Biasanya dilihat dari alur (apakah alurnya jelas dan menarik atau tidak menurut penonton), babak (pergantian babak sesuai dengan alur ceritanya atau tidak), konflik (menarik atau biasa saja maupun kompleks tidaknya suatu konflik), maupun penokohannya.

Pelajari lebih lanjut tentang alur, babak, dan konflik pada drama pada

https://brainly.co.id/tugas/22704807

#BelajarBersamaBrainly

3. apakah jenis drama yang berjudul sahabat sejati tersebut???​

Jawaban:

jenis drama yang berada di dalam drama “sahabat sejati” adalah melodrama dengan sedikit heroik

4. Apa jenis dari drama yang berjudul sahabat sejati

jenis drama dalam tema atau judul sahabat sejati berjenis fantasi

#maaf kalo salah

5. buat cerita singkat bertema persahabatan sejati

itu contohnya dan ada yang lainAku tahu,
sahabat itu layaknya kalung emas yang mahal. Susah di dapatkan, sekalinya di dapatkan beruntung sekali

Sekalinya putus harus tetap berjuang menyatukan nya.
Mungkin mahal, tetapi itu lah persahabatan.

Suatu hari aku sedang sedih
Aku berpikir bahwa semua nya tidak ada yang peduli dengan ku.
Tetapi tidak , mereka datang menghampiri ku dan menenangkanku.

Lalu aku tersenyum.
Mereka ikut tersenyum juga.
Senyuman mereka layakny bunga yang baru bermekaran yang indah sekali.

Ya
Sangat mahal
Itulah mereka

Wkwkkww semoga bagus lah:v

6. apa indikasinya bahwa orang layak dijadikAn sahabat sejati

indikasinya adalah karena orang tersebut baik.

7. 1.Buat lah drama mini tentang persahabatan sejati ​

Jawaban:

maaf ya kak dapat dari google soal nya hehehe

8. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dalam drama sahabat sejati

Jawaban:

klimaks dan prolog

maaf kalo salah

9. 1.siapakah menurut anda sahabat sejati orang kristiani? ​

Jawaban:

Yesus Kristus sahabat sejati

karna dia tidak pernah meninggalkan kita yg sedang susah/senang maaf klo salah

Penjelasan:

agama Kristen

Jawaban:

Jawaban: Tuhan Yesus Kristus mendefinisikan sahabat sejati sebagai: “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku” (Yoh 15:13-15).

penjelasan

Yesus menjadi contoh yang sempurna mengenai sahabat sejati, karena Dia menyerahkan nyawa-Nya untuk “sahabat-sahabat”-Nya. Apalagi, siapapun bisa menjadi sahabat-Nya dengan beriman-percaya kepada-Nya sebagai Juru Selamat, sehingga mereka bisa dilahirkan kembali dan menerima hidup baru di dalam Dia.

10. Apa peristiwa puncak konflik tentang drama persahabatan sejati

Jawaban:

Peristiwa puncak konflik dalam drama persahabatan sejati biasanya adalah saat salah satu teman atau beberapa teman terlibat dalam masalah atau perselisihan besar yang menguji kekuatan persahabatan mereka. Mereka harus bekerja sama untuk mengatasi masalah tersebut dan memperbaiki hubungan mereka, membuktikan bahwa persahabatan sejati adalah hal yang lebih kuat daripada perbedaan atau masalah.

11. Membuat drama persahabatan sejati
tapi gk terlalu pendek dan gk terlalu panjang

Jawaban:

Andi: “Shan, aku ingin cerita nih?”

Shani: “Cerita apa? Soal mimpi gilamu, kan? Kamu sekarang mau bermimpi apa lagi? Jadi astronot? Atau, berkelana ke planet Neptunus?”

Andi: “Hahaha, kau ini tahu saja. Aku memang mau menceritakan mimpiku. Tapi, mimpiku kali ini tidak seaneh yang dulu. Kali ini, mimpi yang aku wujudkan ini lebih realtistis. Aku ingin jadi penulis novel, Shan. Tepatnya menjadi penulis novel fantasi. Kamu tahu sendiri kan kalau aku ini tukang ngayal. Jadi, aku merasa bahwa menjadi penulis novel fantasi adalah impian yang sepertinya bisa aku wujudkan.”

Shani: “Widih, tumben-tumbenan mimpimu realistis, mana bagus juga lagi. Eh, ngomong-ngomong, kamu udah bikin naskahnya belum?”

Andi: ” Udah, dong. Malah kemarin aku kirim ke penerbit.”

Shani: “Widih, mantap kali kalau begitu! Semoga naskahmu diterima penerbit ya, Ndi.”

Andi: ” Aamiin. Makasih ya Shan,.”

Beberapa waktu kemudian.

Shani: “Ndi, bagaimana dengan naskah novelmu? Diterima penerbit tidak?”

Andi: “Nggak, nih Shan. Malahan, aku disuruh revisi sama penerbitnya. Mana revisiannya banyak lagi. Ah, sepertinya impianku untuk bikin novel fantasi bukanlah impian yang bisa aku wujudkan.”

Shani: “Yaelah, Ndi. Naskah kamu kan cuma disuruh direvisi; bukan ditolak. Jadi, naskah kamu masih punya kesempatan buat diterbitkan oleh penerbit. Lagian, kalau tidak diterbitkan di penerbit yang kamu tuju itu, kamu masih bisa kirim ke penerbit lain. Iya, kan?”

Andi: “Iya sih, Shan. Eh, ngomong-ngomong, terim kasih ya atas masukannya.”

Shani: ” Sama-sama, Ndi.”

Andi pun kembali merevisi naskah novelnya tersebut. Shani sebagai sahabatnya pun terus memberi dukungan dan masukan kepada Andi. Singkat cerita, novel fantasi karangan Andi pun terbit dan digemari oleh banyak pembaca.

Demikianlah contoh naskah drama pendek tentang persahabatan dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa jenis drama, pembaca bisa membuka artikel jenis-jenis drama berdasarkan wujud pementasan. Sekian dan terima kasih.

12. Contoh naskah drama yg berjudul muslimah sejati yg di perani oleh 9 Orang

Jawaban:

Fitri, Aisyah, Doni, Siti, Diana, Ilham, Alya, Zalfa, dan Syawal sedang berkumpul ditaman yang berlokasi dirumah Aisyah. Mereka sedang merencanakan liburan selama dua minggu kedepan.

Fitri mengusulkan untuk berlibur kepantai, sedangkan Ilham mengusulkan untuk pergi ke gunung, Alya berpendapat jika lebih baik menghabiskan waktu dirumah. Syawal dan yang lainnya hanya mendengarkan pendapat dari mereka selama satu jam.

Aisyah: Ya Allah Akhi… udah dong jangan ribut terus!

Syawal: Udah… Udah… lebih baik kita gak jadi liburan deh. Daripada kalian berantem terus!

Fitri: Ih Awa… masa gitu sih?!

Syawal: Ya daripada kalian berantem terus mending gak usah.

Aisyah: Lebih baik kita ke panti asuhan aja! Bermanfaat juga kan? Uang yang selama ini kita sisihkan untuk pergi liburan lebih baik kita sedekahkan ke orang yang lebih membutuhkan.

Fitri: Berarti kita gak jadi liburan dong?!

Diana: Bukan begitu Fitri… maksud Aisyah mungkin jika lebih baik yang yang kita tabung buat liburan untuk orang yang lebih membutuhkan, contohnya panti asuhan.

Syawal: Aku setuju sama Aisyah!

Fitri: Tapi kan___

Ilham: Kalau diantara kalian masih ada yang keberatan, gimana kalau yang sisa uang dari panti asuhan kita gabungkan terus kita buat makan-makan. Maksudnya yang sederhana aja, misalnya kita bakar ikan dihalaman rumah Aisyah.

Zalfa: Aku sih setuju aja. Tapi kalau boleh masih pendapat kita bakarnya malam hari aja.

Doni: Iya, supaya lebih seru! Nanti aku yang cari lagi bakarnya!

Akhirnya mereka menemukan sebuah cara untuk menghabiskan liburan selama dua minggu kedepan. Selain bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, juga dapat membahagiakan hati orang yang lebih membutuhkan dan juga hari mereka ikut senang. Manfaat lainnya adalah mereka juga mendapatkan pahala.

13. Dialog untuk 2 Orang bahasa Indonesia Temanya Sahabat Sejati Gimana ya yang singkat???

bertemu di kelas. B masuk kelas
A:hai, B!
B:hai!
A:sedang apa kamu? kelihatannya sibuk sekali?
B:aku sedang menulis cerita
A:untuk apa?
B:bukan apa-apa

beberapa hari kemudian

A:mengapa kamu bersedih?
B;rumahku….(menangis)
A:kenapa? barangkali aku bisa bantu
B:rumahku terbakar….(sambil tersedu-sedu
A: (diam dan berfikir) bagaimana dengan orangtuamu?
B:mereka selamat…
A:lalu…
B:tapi, baju-baju dan peralatan sekolahku…
A:(berfikir sejenak) besok datanglah ke rumahku
B:baiklah… (mengusap air mata)

keesokan harinya… di depan rumah A

B:tok,tok,tok!
A:iya…(membukakan pintu)
B:aku sudah datang nih…
A:oke, ayo masuk! (mengajak B masuk)
B: (masuk)

duduk di sofa

A:nih… (menyerahkan sebuah bungkusan)
B:apa ini?
A:buka saja
B:(membukanya) waaah…. baju…
A:(tersenyum senang)
B:terimakasih…
A:(menyerahkan tumpukan buku dan alat tulis)
B:terimakasih sekali A! kamu memang sahabatku!
A:sama-sama…
B:aku bangga punya sahabat seperti kamu
A: aku juga bangga punya sahabat seperti kamu
A&B: berpelukan

maaf, semoga membantu

14. sebutkan kata tidak baku pada drama sahabat sejatiku​

kenapa-tidak apa apa-kan -dagangan dll

Jawaban:

– kenapa

– tidak apa apa

– kan

– dagangan

– tanyakan

maaf klo ad yg salah dan kurang, semoga membantu:)

15. Siapakah itu sahabat sejati? jika memiliki sahabat sejatinya laki laki apakah bisa dikatakan sahabat sejati ?

ya karena laku laki memiliki sikap tanggung jawab tethadap keluarganyasahabat sejati adalah teman dekat yang selalu ada bersama kita, saat kita sedang kesusahan sahabat sejati membantu. saat kita senang sahabt kita pun senang itulah yg dinamakan sahabat sejati… ya bisa bisa saja,asal jangan berkelahi itu saja pendapat saya…
terimakasih semoga membantu

16. kalau spahabat sejati kita bersahabat dengan orang lain apa yang harus kita lakukan​

Jawaban:

kita harus menerima persahabatan mereka dan usahakan kita juga bisa bersahabat dengan sahabatnya agar hubungan persahabatan kita tetap terjalin

Penjelasan:

semoga membantu

maaf klo salah

Jawaban:

•Tenang dulu jangan marah²

•Cemburu boleh tapi ikhlasin aja dulu

•Sabar, pasti dia lama² akan sadar

•Tanyain dengan baik “kok kamu jarang dekat aku lagi?”

soalnya aku pernah ngalamin, semoga membantu:)

17. Sebagai orang kristen kita dirancang menjadi sahabat bagi semua orang hal yang dapat kita pelajari dari yesus kristus sebagai sahabat sejati​

< p>Kita harus mengikutin prilaku kita seperti Tuhan tidak mencitai dunia dan kita harus taat kepada Tuhan :)

18. contoh naskag drama tentang sahabat sejati 7orang

nnaskah drama laskar pelangi

19. 7. Makna dari pernyataan: “Persahabatan yang sejati adalah persahabatan yang sungguh-sungguh berorientasi pada orang yang dikasihinya”, adalah:a. Orang-orang yang terlibat dalam persahabatan sejati berani berkorbaan bagi sahabatnya tanpa pamrih.b. Orang-orang yang terlibat dalam persahabatan sejati berani mengelabui orang lain dengan berpura-pura menjadi sahabat.c. Orang-orang yang terlibat dalam persahabatan sejati berani berkorban bagi orang lain agar kelak mendapatkan imbalan yang lebih banyak.d. Orang –orang yang terlibat dalam persahabatan sejati berani dan mampu mengarahkan orang lain pada tujuan kebahagiaannya sendiri.jawab yang bener​

Jawaban:

A

Penjelasan:

Karna Sahabat Tidak Memerlukan Imbalan Atau Balasan

Jawaban:

a. Orang-orang yang terlibat dalam persahabatan sejati berani berkorbaan bagi sahabatnya tanpa pamrih.

Penjelasan:

Sahabat adalah orang yg setia di bandingkan pacar:)

Semoga membantu boy:)

Video Terkait