Nama Orang Yang Menandatangani Perjanjian Dengan Sekutu Turki

  Edukasi
Nama Orang Yang Menandatangani Perjanjian Dengan Sekutu Turki

nama orang yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki​

Daftar Isi

1. nama orang yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki​

Jawaban:

Delegasi Utsmaniyah di Sèvres terdiri dari tiga penandatangan perjanjian. Kiri ke kanan: Rıza Tevfik Bölükbaşı, Wazir Agung Damat Ferid Pasha, menteri pendidikan Ottoman Mehmed Hâdî Pasha dan duta besar Reşad Halis. Mehmed Hâdî Pasha menandatangani Perjanjian Sèvres.

2. nama orang yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki adalah

Perang dunia I membawa efek yang sangat besar buat negara-negara blok sentral yang kalah perang seperti Jerman, Austria-Hungaria, Rusia, dan Kekaisaran Utsmani ( bangsa barat lebih mengenalnya dengan nama kekaisaran Ottoman berdasarkan ejaan barat).

Sekutu merancang sederet perjanjian buat negara-negara blok sentral yang mengalami kekalahan perang dunia I  antara lain

Perjanjian Versailles pada tanggal  28 Juni 1919 (sekutu dengan Jerman).Perjanjian St.Germain pada tanggal 10 September 1919 ( sekutu dengan Austria).Perjanjian Neui
lly pada 27 November 1919 ( sekutu dengan Bulgaria).Perjanjian Trianon pada tanggal 4 Juni 1920 ( sekutu dengan Hungaria).Perjanjian Sevres pada tanggal 10 Agustus 1920 (sekutu dengan Turki Utsmani ).

Perjanjian Sevres yang terjadi pada tanggal 10 Agustus 1920 di kota Sevres Prancis merupakan perjanjian perdamaian setelah selesai perang dunia I antara:

Sekutu ( Prancis, Italia dan Inggris yang merupakan negara-negara pemenang perang dunia I) dengan Turki Utsmani( dunia barat mengenalnya dengan sebutan kekaisaran Ottoman)

Penjelasan:

Isi dari perjanjian Sevres

Turki diharuskan melepaskan daerah yang menjadi wilayah kekuasaannya seperti Arab, Libya, Mesir, Irak, Syria dan LebanoDihapusnya hak ekstrateritorial ( wilayah suatu negara yang berada di luar yang berdasarkan hukum Internasional diakui sebagai daerah kekuasaan suatu negara).Sekutu berkuasa penuh atas pengendalian kekuatan militer Turki Utsmani (pembatasan militer dalam jumlah tentara, pelarangan memiliki angkatan udara serta pembatasan angkatan laut yang hanya boleh memiliki 13 kapal saja). Pemberian otonomi yang luas terhadap etnis Kurdi yaitu pembentukan wilayah Kurdistan yang merdeka, namun kenyataannya perjanjian tersebut tidak pernah tereleasasi bagi suku Kurdi.

Hasil dari Perjanjian Sevres

Berdirinya Kerajaan Hijaz, yang pada akhirnya negeri ini kemudian dianeksasi (pengambilan wilayah secara paksa) dan menjadi bagian Arab Saudi pada tahun 1932.Berdirinya Republik Demokratik Armenia, Negeri ini sempat diserang oleh Tentara Merah dan pada akhirnya menjadi bagian Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia semenjak tahun 1923. Pengendalian dan pengontroln secara ketat yang dilakukan Sekutu atas Turki Ottoman di bidang ekonomi, keuangan dan militer.Berdirinya negara Suriah yang lepas dari penjajahan Prancis, bersama dengan beberapa bagian Anatolia.Yunani menaklukan dan menduduki daerah Izmir, Kota ini menjadi bagian Turki pada tahun 1923. Italia menyatakan penegasan atas kepemilikan Dodekanisa dan sebagian besar Anatolia selatan dan barat atau tengah, termasuk kota pelabuhan Antalya dan bekas ibu kota Seljuk, Konya.Kurdistan dijadwalkan sekutu untuk mengadakan referendum dalam menentukan nasibnya, yang menurut Bab III pasal 62-4 masuk Provinsi Mosul. Perjanjian Lausanne tahun 1923 menentukan perbatasannya sekarang.

Sewaktu perjanjian ini masih berjalan dalam perundingan, gerakan nasional Turki di bawah komando Mustafa Kemal Pasya berhasil memecah khilafah yang berbasis di Istanbul dan mendirikan Majelis Agung Nasional di Ankara.

Selain itu, Mustafa Kemal juga menang dalam Perang Kemerdekaan Turki dan memaksa Sekutu kembali ke meja perundingan. Dengan kata lain perjanjian dan jadwal referendum yang diperuntukan Kurdistan yang merupakan suku etnis kurdi tidak pernah terealisasi.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang penandatangan perjanjian Sevres antara sekutu –Turki https://brainly.co.id/tugas/49128243

Materi tentang isi perjanjian Sevres https://brainly.co.id/tugas/15146205

Materi tentang alasan Turki mengakui perjanjian Sevres https://brainly.co.id/tugas/1838865

Detail Jawaban  

Kelas : 12

Mapel : Sejarah

Bab : 1 – Perang Dunia I dan II

Kode : 12.3.1

#AyoBelajar

3. Nama orang yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki

Jawaban:

Delegasi Utsmaniyah di Sèvres terdiri dari tiga penandatangan perjanjian. Kiri ke kanan: Rıza Tevfik Bölükbaşı, Wazir Agung Damat Ferid Pasha, menteri pendidikan Ottoman Mehmed Hâdî Pasha dan duta besar Reşad Halis. Mehmed Hâdî Pasha menandatangani Perjanjian Sèvres.

4. Jepang menandatangani perjanjian damai sebagai tanda menyerah pada sekutu pada tanggal

13 Agustus 1945
thanks for Question14 Agustus 1945

Semoga Membantu

5. jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dengan menandatangani perjanjian​

Jawaban:

dengan perjanjian Indonesia akan di merdeka kan.

6. Siapa nama orang yang menandatangani perjanjian renvile

Jawaban:

Siapa orang yg menandatangani perjanjian renville??

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin Harahap. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh Kolonel KNIL Abdulkadir Widjojoatmodjo. Delegasi Amerika Serikat dipimpin oleh Frank Porter Graham

Jawaban:

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin Harahap. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh Kolonel KNIL Abdulkadir Widjojoatmodjo. Delegasi Amerika Serikat dipimpin oleh Frank Porter Graham.

7. Siapa nama Jendral yang menandatangani perjanjian penyerahan jepang kepada sekutu

Jawaban:

Jendral yang menandatangani perjanjian penyerahan jepang kepada Sekutu adalah … Jenderal Yoshijirō Umezu, Kepala Staf Umum Angkatan Darat.  

Pembahasan:

Perjanjian Penyerahan Jepang (Japanese Instrument of Surrender) adalah perjanjian tertulis yang meresmikan penyerahan Kekaisaran Jepang, dan menandai berakhirnya Perang Dunia II. Penandatanganan berlangsung di atas kapal Amerika Serikat, USS Missouri, yang berlayar di Teluk Tokyo pada tanggal 2 September 1945.

Perjanjian ini ditandatangani oleh perwakilan dari Kekaisaran Jepang, yang menyerah kepada Sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat, Republik Cina, Inggris, Uni Soviet, Australia, Kanada, Perancis, Belanda, dan Selandia Baru.

Perwakilan Jepang yang hadir untuk penandatanganan adalah sebagai berikut adalah Menteri Luar Negeri Mamoru Shigemitsu dan  Jenderal Yoshijirō Umezu, Kepala Staf Umum Angkatan Darat.

Penyerahan Jepang ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Postdam oleh Sekutu, yang menyerukan agar Jepang menyerah tanpa syarat. Deklarasi ini dikluarkan setelah Jerman dikalahkan Sekutu dan Jepang mulai terdesak akibat serangkaian kekalahan di Filipina, Burma dan Okinawa.

Setelah jatuhnya bom atom di Hirohima dan Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat, yang ditandai pidato Kaisar Hirohito pada 15 Agustus 1945, yang mengakhiri Perang Dunia II di Asia Pasifik  

———————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

1.  Jelaskan peristiwa kekalahan Jepang melawan Sekutu

https://brainly.co.id/tugas/10762613

2. Perjanjian Postdam dalam kaitanya kedatangan tentara Sekutu  

https://brainly.co.id/tugas/21562752

Detail Jawaban      

Kode: 9.10.2  

Kelas: 9

Mata Pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 2 – Perang Dunia ke II dan Pengaruhnya Terhadap Indonesia (1939-1945)

Kata Kunci: Menyerahnya Jepang kepada Sekutu    

8. siapa orang yang menandatangani perjanjian linggarjati??

Perundingan Linggarjati ditandatangani ol
eh Sutan Sjahrir (pemimpin delegasi Indonesia) dan Willem Schermerhorn (pemimpin delegasi Belanda)  

Pembahasan:

Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, seiring dengan kekalahan Jepang di Perang Dunia II. Namun kemerdekaan Indoesia tidak serta merta diterima oleh Belanda, sebagai mantan penjajah Indonesia. Dalam berbagai upaya, mereka berusaha menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah kekuasaannya.

Hal ini menyebabkan konflik dan berbagai pertempuran antaa pasukan Sekutu dan Belanda, melawan terntara Indonesia di berbagai daerah.

Untuk meredakan konflik ini, diselenggarakanlah perundingan Linggatjati ini, yang dilakukan setelah disetujuinya gencatan senjata di Jawa dan Sumatra pada 14 Oktober 1946. Mantan duta besar Inggris untuk Mesir, Miles Lampson, 1st Baron Killearn (biasa disebut Lord Killearn) bertindak sebagai perantara pada tahap awal perundingan.

Pihak Belanda terdiri dari:

1. Willem Schermerhorn, Perdana Menteri Belanda tahun 1945-1946

2. F. De Boer, politikus Partai Liberal

3. Max van Poll, politisi Partai Katolik Roma

4. Hubertus van Mook, Letnan Gubernur Jenderal Hindia Belanda

Di pihak Indonesia adalah:

1. Sutan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia

2. Amir Sjarifuddin, Menteri Pertahanan

3. Johannes Leimena

Perjanjian Linggarjati tersebut terdiri dari 17 pasal, yang berisi kesepakatan bahwa:

1. Belanda setuju untuk mengakui kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Sumatra dan Madura  

2. Republik Indonesia akan menjadi salah satu dari tiga negara penyusun federal Republik Indonesia Serikat, bersama dengan Negara Kalimantan dan Negara Indonesia Timur

3. Indonesia, bersama dengan Belanda, Suriname, dan Antillen Belanda, akan membentuk Uni Belanda-Indonesia dengan Ratu Belanda sebagai ketua.

Namun Perjanjian Linggarjati baik hanya berhasil sebagian. Ketidaksepakatan dan bentrokan militer yang tajam antara pihak Belanda dan Indonesia berlanjut hingga pengakuan kedaulatan Indonesia pada tahun 1949

Pelajari lebih lanjut:

1. Sebutkan faktor faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda setelah proklamasi kemerdekaan RI!

brainly.co.id/tugas/612424  

2. Mengapa perjanjian linggarjati Indonesia mengalami kerugian dan beri contoh kerugiannya!

https://brainly.co.id/tugas/22234791  

Detail Jawaban      

Kode: 9.10.3    

Kelas: IX      

Mata pelajaran: IPS / Sejarah      

Materi: Bab 3 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949)    

Kata kunci: Perjanjian Linggarjati  

9. untuk mengakhiri serangan sekutu ke itali, maka negara tersebut harus menandatangani perjanjian…

perjanjian paris tanggal 10 Februari 1947. Keputusan yang dihasilkan dalam perjanjian tersebut adalah:

1. Seluruh jajahan Italia di Afrika Utara diambil alih oleh Inggris.
2. Wilayah Italia diperkecil.
3. Italia harus membayar kerugian perang.
4.Abessynia dan Albania mendapatkan kemerdekaannya.
5. Trieste menjadi negara merdeka di bawah PBB.

10. Sebutkan 4 perjanjian antara sekutu dan turki pada 20 Agustus…?​

Jawaban:

Penjelasan:

Perjanjian Sèvres ialah perjanjian damai setelah Perang Dunia I antara Turki Usmani dengan Sekutu pada tanggal 10 Agustus 1920.

Di antara perubahan penting akibat perjanjian itu ialah:

1. Pendirian Kerajaan Hijaz. Negeri ini kemudian dianeksasi dan menjadi bagian Arab Saudi pada tahun 1932

2. Pendirian Republik Demokratik Armenia. Negeri ini kemudian diserang oleh Tentara Merah dan menjadi bagian Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia dari tahun 1923

3. Pengendalian Sekutu atas Turki Ottoman di bidang keuangan dan militer

4. Pendirian Suriah dari penjajahan Prancis, bersama dengan beberapa bagian Anatolia

5. Yunani mencaplok daerah Izmir. Kota ini menjadi bagian Turki pada tahun 1923

11. perjanjian antata turki dan sekutu yang diadakan pada tahun 1920 adalah

Perjanjiannya
1. Daerah Turki diperkecil, sehingga tinggal kota Konstantinopel dan sekitarnya.
2. Daerah yang penduduknya bukan orang Turki harus dilepaskan.
3. Smyrna dan Thracia diduduki oleh Yunani.
4. Dardenalla, Laut Marmora, Selat Bosporus harus dibuka untuk kapal-kapal dari semua bangsa.
5. Armenia diberi status merdeka.
6. Kurdi merdeka.
Insyaallah benar, maaf kl slh

12. perjanjian lausanne disepakati oleh sekutu dan Turki untuk mengganti perjanjian sevres yang telah disepakati sebelumnya. Mengapa pergantian perjanjian tersebut dilakukan ?

Perjanjian Lausanne disepakati oleh Sekutu dan Turki untuk menggantikan perjanjian Sevres yang telah disepakatis ebelumnya. Hal ini karena setelah berakhirnya Perang Dunia ke II menangnya Turki atas peperangan antar Turki dan Yunani.

Pemahasan :

Pada tanggal 24 Juli 1923 terjadi penandatangan Perjanjian Lausanne di Swiss. Wilayah Turki Usmani di Arab dilepaskan akibat dari perjanjian tersebut dengan mengakui bahwa kemerdekaan atas negara Turki. Negara di eropa kehilangan atas hak wilayah – wilayahnya di Turki dan Yunani akibat dari Perjanjian evres.

Kekalahan Turki dan kehhilangan wilayahnya yang signifikan akibat dari perjanjian Serves menyebabkan Turki Usmani memihak Jerman pada Perang Dunia II. Berlanjutnya perang ke Yunani dan Sekutu karena telah menduduki wilayah dari Turki. Menangnya Turki menyebabkan Yunani harus melepas wilayah yang didudukinya.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang Perjanjian Server brainly.co.id/tugas/3955136

materi tentang Perjanjian Lausanne brainly.co.id/tugas/13891630

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Sejarah

Bab:  Internasional dan Peran Indonesia dalam Dunia Internasional

Kode: 9.10.14

Kata kunci: Perjanjian Lausanne, Sekutu, Turki, Perjanjian Server

13. jepang menandatangani perjanjian damai sebagai tanda menyerah kepada sekutu pada tanggal

14 agustua1945………14 Agustus 1945

Good Luck !

14. siapa yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki​

Perjanjian Sèvres ialah perjanjian damai setelah Perang Dunia I yang ditandatangi antara Turki Usmani dengan Sekutu.

Penjelasan:

Perang Dunia I yang berlangsung dari tahun 1914 hingga 1918 yang berakhir dengan kemenangan bagi Sekutu. Negara-negara blok Sekutu mengadakan perjanjian damai dengan blok Sentral dalam kurun waktu antara 1919 hingga 1920. Hal tersebut membuat aliansi Sentral terpaksa menandatangani perjanjian damai demi meminimalisir kerugian yang lebih parah. Salah satu perjanjian yang dibuat Sekutu yakni Perjanjian Sèvres yang dibuat dan ditandatangi Sekutu dan Turki Usmani.

Perjanjian Sèvres merupakan perjanjian damai pasca Perang Dunia I antara Sekutu dengan Turki Utsmani. Perjanjian ini berlangsung di kota Sè
vres, Perancis pada 10 Agustus 1920.

Pada pertengahan Perang Dunia I kekuatan Kekaisaran Ottoman berkurang. Keputusan administrasi pemerintahan Ottoman yang buruk, kekalahan dan kurangnya dukungan untuk pasukannya semakin menipiskan negara kekaisaran. Ini memberi dorongan kepada kekuatan-kekuatan Eropa untuk menyelesaikan dekrit disintegrasi mereka melalui Perjanjian Sèvres.

Perjanjian Sèvres bertujuan untuk mendistribusikan sebagian besar kekaisaran di antara para pemenang perang di Eropa. Sultan Mehmet VI yang didukung oleh para bangsawan bangsa Turki Utsmani memutuskan untuk menandatangi perjanjian tersebut.

Perjanjian Sèvres mempunyai pengaruh sangat besar bagi pergolakan politik banga-bangsa Timur Tengah. Daerah bekas kekuasaan Turki Utsmani saling berupaya memerdekakan diri dan pada perkembangannya menimbulkan konflik kepentingan antar golongan di Timur Tengah yang berkepanjangan.

Gerakan nasionalis Turki sama sekali tidak setuju dengan perjanjian tersebut, meskipun fakta bahwa Kekaisaran Ottoman diizinkan untuk mempertahankan kota Konstantinopel sebagai bagian dari wilayahnya, tetapi di bawah keadaan pendudukan militer oleh kekuatan Sekutu.

Perjanjian Sèvres tidak pernah benar-benar diberlakukan, karena tidak ada pihak yang memvalidasi atau benar-benar mencoba untuk melaksanakannya. Namun, ini tidak mencegah pemberontakan dan proklamasi patriotik di Turki karena hal yang sama.

Pelajari lebih lanjut:Perang Dunia I: https://brainly.co.id/tugas/23729169

———————————————————-        

Detail jawaban  

Kelas: 12

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 1 – Perang Dunia I dan II

Kode: 12.3.1

#AyoBelajar

15. Jepang menandatangani perjanjian damai sebagai tanda menyerah kepada sekutu pada tanggal……………………

14 Agustus 1945. #♛Hopefully Helps ♚♚pada tanggal 14 agustus…. ☺tolong jadikan saya yg terbaik☺

16. Siapakah nama-nama rokoh yang menandatangani perjanjian tordesillas???

diperinthkan oleh pope aleksander VI Dan ditandatangani oleh pihak gereja

17. Orang yang menandatangani perjanjian dengan sekutu turki

Jawaban:Tevfik Bolukbası, Wazir Agung Damat Ferid Pasha, menteri pendidikan Ottoman Mehmed Hadi Pasha dan duta besar Resad Halis.

Penjelasan:Maaf kalau benar

18. pada akhir perang dunia 2, penandatanganan perjanjian sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian………..

perjanjian penandatanganan sekutu dengan jerman , perjanjian postdamperjanjian damai?….

19. Tahun berapa Abdul Hamid penguasa Turki Usmani menandatangani perjanjian dengan Rusia?​

Jawaban:

21 Juli 1774

Penjelasan:

Abd-ul-Hamid I (20 Maret 1725 – 7 April 1789) adalah sultan Turki Ottoman dari 1774 hingga kematiannya.

Sultan Abdul Hamid I

Abd-ul-Hamid I adalah seorang penguasa yang lemah. Perang diumumkan terhadap Kekaisaran Rusia dan kurang dari setahun ia naik tahta, pasukannya kalah dalam Pertempuran Kozluja yang membuat Turki Usmani terpaksa menandatangani Perjanjian Küçük Kaynarca pada tanggal 21 Juli 1774. Meskipun banyak kelemahan, ia dipandang sebagai sultan paling berhasil di negaranya karena ia membentuk pasukan pemadam kebakaran, menjalankan kebijakan reformasi, perbaikan militer, naiknya standar pendidikan,

Abd-ul-Hamid I kemudian berhasil meredam sejumlah pemberontakan di sejumlah provinsi, tetapi ia kehilangan Krimea setelah berperang melawan Rusia, 2 tahun sebelum kematiannya. Kemudian kekuasaan kesultanan diteruskan kepada Selim III (7 April 1789 – 29 May 1807).[2]

Jawaban:

1774

Penjelasan:

Abd-ul-Hamid I adalah seorang penguasa. Perang diumumkan terhadap Kekaisaran Rusia dan kurang dari setahun ia naik tahta, pasukannya kalah dalam Pertempuran Kozluja yang membuat Turki Usmani terpaksa menandatangani Perjanjian Küçük Kaynarca pada tanggal 21 Juli 1774

Video Terkait