Mengapa Status Sosial Dapat Dimasukkan Sebagai Elemen Pembentuk Struktur Sosial

  Edukasi
Mengapa Status Sosial Dapat Dimasukkan Sebagai Elemen Pembentuk Struktur Sosial

apa alasan status sosial itu termasuk ke dalam elemen struktur sosial?

Daftar Isi

1. apa alasan status sosial itu termasuk ke dalam elemen struktur sosial?

Karena status sosial itu di gunakan sebagai pengurut (menentukan urutan) di dalam struktur sosial tersebut

2. Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat status sosial yang membedakan antara sati dengan lainnya. Status sosial yang dimiliki sesorang memiloki pengaruh terhadap struktur sosial. Mengapa status sosial dapat dimasukkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial?

karena dari status sosial itu dapat menjalankan struktur sosial

3. mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial ??

mungkin karena dapat tersebar luas keseluruhan dunia,maaf kalau salah

4. mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

iyap, karena masyarakat dari dulu hingga kini masih membedakan sikap dan tingkah lakunya pada masyarakat berdasarkan tingkat ekonomi dan materi. semakin kaya atau suksesnya seseorang, maka semakin hormatlah orang lain padanya.. dalam pembentukan struktur sosial, rata-rata orang yang paling dihormati mendapatkan pengakuan dan tempat yang lebih ditinggikan di masyarakat. cth: orang dengan kepandaian tinggi akan mendapat peluang yang besar menjadi ketua Rt/ lurah didesanya daripada masyarakat biasa… jadi status sosial disini bisa digolongkan dari ekonomi, pendidikan, dan keturunan

5. mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

Kerena status sosial adalah sebuah pangkat yang dapat membuat seseorang dapat disegani sehingga dapat menarik masyarakat lain untuk ikut dalam segala kegiatan yang dimilikinya sehingga nantinya akan membentuk suatu komunitas sosial

Maaf kalau salah. Itu semua menurut pendapat saya ^_^

6. Jelaskan pengertian antara status sosial,kelompok,peran sosial,dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Status sosial timbul akibat adanya peran sosial, begitu pun sebaliknya. 
Tdk ada peran tanpa status & sebaliknya. 
Sedangkan kelompok sosial timbul akibat adanya saling interaksi antara masyarakat sosial yg memiliki peran & status.

7. mengapa status dan peran sosial dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

Karena klu seseorng itu mempunyai status yg tlh pasti tentunya ia akan menjalankan perannya itu dgn baik dan penuh tanggungjawab dilembaga maupun dimasyarakat.Akan tetapi,tdk sdkt dari masyrakat yg memanfaatkan status dan perannya itu untuk kepentingan pribadinya.Dengan begitu,jika tlh ada satus dan peran maka akan ada pengelompokannya dan bagan pembentuk sturuktur sosial.

semoga membantu ūüôā

8. mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

karna status sosial dapat berupa stratifikasi sosial secara tingkatan dan diferensiasi sosial secara sejajar,yang dapat menentukan struktur sosial.

9. mengapa status sosial dimaksudkan seabagai elemen pembentuk struktur sosial ?

karena status sosial itu di gunakan sebagai pengurut (menentukan urutan) di dalam struktur sosial tersebut

10. Jelaskan mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai pembentuk struktur sosial

karena masyarakat dari dulu hingga kini masih membedakan sikap dan tingkah lakunya pada masyarakat berdasarkan tingkat ekonomi dan materi. semakin kaya atau suksesnya seseorang, maka semakin hormatlah orang lain padanya.. dalam pembentukan struktur sosial, rata-rata orang yang paling dihormati mendapatkan pengakuan dan tempat yang lebih ditinggikan di masyarakat. cth: orang dengan kepandaian tinggi akan mendapat peluang yang besar menjadi ketua Rt/ lurah didesanya daripada masyarakat biasa… jadi status sosial disini bisa digolongkan dari ekonomi, pendidikan, dan keturunan

11. Bagan di atas merupakan elemen elemen dasar struktur sosial berdasarkan bagan di atas coba jelaskan keterkaitan antara status sosial kelompok peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

bange mana kah yg harus dilakukan dengan cara yang paling penting

12. Jelaskan keterkaitan antara status sosial kelompok sosial peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Keterkaitan antara status sosial, kelompok sosial, peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial adalah sebagai berikut:

Pembahasan

Pada pembahasan kali ini, kakak akan jelaskan keterkaitannya berdasarkan per aspek.

1. Status sosial sebagai elemen dasar struktur sosial

Status sosial merupakan status atau kedudukan individu dalam hidup bermasyarakat. Status sosial tersebut melekat pada tiap individu dalam hidup bermasyarakat dan memberikan hak dan kewajiban yang berhubungan dengan hubungan timbal balik atau interaksi antar individu.

Talcott Parsons menyebutkan bahwa terdapat lima kriteria untuk menentukan status sosial seseorang dalam masyarakat, yaitu kelahiran, mutu pribadi, prestasi, pemilikan atau kekayaan, dan otoritas atau kekuasaan.  Dari ke lima kriteria menentukan status sosial tersebut, terdapat peranan dalam menentukan struktur sosial seseorang di dalamnya. Sebagai contoh:

Kelahiran : seseorang yang dilahirkan di keluarga kerajaan (contoh: Inggris) mereka otomatis akan memiliki status sosial sebagai keluarga kerajaan dan memiliki struktur sosial dalam hidup bermasyarakat sebagai pemimpin kerajaan.Mutu pribadi : dalam struktur sosial, mutu pribadi dapat dikategorikan menjadi mutu pribadi baik sebagai status sosial yang tinggi atau di hargai dalam masyarakat (orang yang jujur, ramah, sopan, cerdas, pandai, bijaksana, rendah hati, taat pada perintah agama, dll) dan orang yang memiliki mutu pribadi buruk sebagai status yang sosial rendah (suka berbohong, suka mencuri, sering atau pernah melakukan tindak kejahatan, dll).Prestasi : dalm hal ini status sosial di dapatkan melalui pencapaian prestasi pada individu . Individu yang memiliki prestasi, akan mendapatkan struktur sosial yang tinggi sedangkan yang tidak berprestasi, akan menduduki struktur sosial yang rendah.Kepemilikan atau kekayaan : individu yang memiliki harta kekayaan yang melimpah akan memiliki struktur sosial serta status sosial yang tinggi, begitu juga sebaliknya.Otoritas atau kekuasaan : otoritas individu dalam struktur sosial berhubungan dengan besarnya pengaruh individu tersebut terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang yang memiliki kekuasaan  akan disegani, dihormati, serta apa yang dikatakan atau dilakukannya cenderung diikut oleh orang lain. Sedangkan orang yang tidak mempunyai kekuasaan, akan menempati status atau kedudukan yang rendah.

2. Kelompok sebagai elemen dasar struktur sosial

Kelompok merupakan kumpulan indiv
idu yang memiliki nilai, norma, tujuan yang sama dan saling berinteraksi satu sama lain. Di dalam interaksi tersebut terdapat struktur sosial guna mempermudah dalam mengatur anggotanya. Sebagai contoh dalam kelompok tugas sekolah terdapat ketua yang mengkoordinir anggotanya dalam pembagian tugas. Di dalam kelompok tugas sekolah ini terdapat struktur sosial di dalamnya.

3. Peran sosial sebagai elemen dasar struktur sosial

Individu dalam berinteraksi memiliki peran yang ia jalankan. Peranan yang ia jalankan sesuai dengan status atau kedudukannya dalam masyarakat. Seperti halnya dengan status sosial, peranan memiliki andil dalam menentukan struktur sosial individu. Menurut kakak, peran sosial dalam struktur sosial ditentukan seberapa pentingnya peran atau kontribusi seorang individu dalam hidup bermasyarakat atau dalam lingkungannya.

4. Institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Institusi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia atau masyarakat. Contoh Institusi yang dibentuk adalah institusi pendidikan (sekolah, tempat les,dll), institusi keamanan dan keadilan (polisi, TNI, komnasnas HAM,dll) dan institusi-institusi lainnya. Di dalam Institusi Рinstitusi  tersebut memiliki tingkatan atau struktur sosial yang berbeda serta melekat pada individu Рindividu. Perbedaan struktur sosial tersebut berpengaruh dalam peran merka dalam berinteraksi (melakukan kewajiban dan mendapatkan hak) di dalam institusi.

Sekian dari kakak! Semoga membantu ya! Semangat! \(^^)9

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian struktur sosial dan elemen struktur sosial : brainly.co.id/tugas/8645514

————————————————————

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 1 – Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Kode: 11.20.1

Kata Kunci:  keterkaitan antara status sosial, kelompok sosial, peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

13. Apa saja yang termasuk ke dalam sistem sosial, struktur sosial dan elemen sosial

Elemen-elemen sosial itu terdiri atas tindakan-tindakan sosial yang dilakukan individu-individu yang berinteraksi satu dengan yang lainnya.

14. Jelaskan keterkaitan antara status sosial, kelompok, peran sosial, institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Status sosial timbul akibat adanya peran sosial, begitu pun sebaliknya.
Tidak ada peran tanpa status dan sebaliknya.
Sedanglan kelompok sosial timbul akibat adanya saling interaksi antara masyarakat sosial yg memiliki peran dan status

15. mengapa status sosial dapat dimaksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

karena status sosial tergantung pada elemen struktur yang terkandung dalam sosialisasi atau sosialisme yang terdapat pada pembentukan sosial

setau saya sih gitu

16. jelaskan keterkaitan antara status sosial,kelompok,peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial ??

Keterkaitan antara status sosial,kelompok,peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial adalah sebagai berikut:

Pembahasan

Pada pembahasan kali ini, kakak akan jelaskan keterkaitannya berdasarkan per aspek.

1. Status sosial sebagai elemen dasar struktur sosial

Status sosial merupakan status atau kedudukan individu dalam hidup bermasyarakat. Status sosial tersebut melekat pada tiap individu dalam hidup bermasyarakat dan memberikan hak dan kewajiban yang berhubungan dengan hubungan timbal balik atau interaksi antar individu.

Talcott Parsons menyebutkan bahwa terdapat lima kriteria untuk menentukan status sosial seseorang dalam masyarakat, yaitu kelahiran, mutu pribadi, prestasi, pemilikan atau kekayaan, dan otoritas atau kekuasaan.  Dari ke lima kriteria menentukan status sosial tersebut, terdapat peranan dalam menentukan struktur sosial seseorang di dalamnya. Sebagai contoh:

Kelahiran : seseorang yang dilahirkan di keluarga kerajaan (contoh: Inggris) mereka otomatis akan memiliki status sosial sebagai keluarga kerajaan dan memiliki struktur sosial dalam hidup bermasyarakat sebagai pemimpin kerajaan.Mutu pribadi : dalam struktur sosial, mutu pribadi dapat dikategorikan menjadi mutu pribadi baik sebagai status sosial yang tinggi atau di hargai dalam masyarakat (orang yang jujur, ramah, sopan, cerdas, pandai, bijaksana, rendah hati, taat pada perintah agama, dll) dan orang yang memiliki mutu pribadi buruk sebagai status yang sosial rendah (suka berbohong, suka mencuri, sering atau pernah melakukan tindak kejahatan, dll).Prestasi : dalm hal ini status sosial di dapatkan melalui pencapaian prestasi pada individu . Individu yang memiliki prestasi, akan mendapatkan struktur sosial yang tinggi sedangkan yang tidak berprestasi, akan menduduki struktur sosial yang rendah.Kepemilikan atau kekayaan : individu yang memiliki harta kekayaan yang melimpah akan memiliki struktur sosial serta status sosial yang tinggi, begitu juga sebaliknya.Otoritas atau kekuasaan : otoritas individu dalam struktur sosial berhubungan dengan besarnya pengaruh individu tersebut terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang yang memiliki kekuasaan  akan disegani, dihormati, serta apa yang dikatakan atau dilakukannya cenderung diikut oleh orang lain. Sedangkan orang yang tidak mempunyai kekuasaan, akan menempati status atau kedudukan yang rendah.

2. Kelompok sebagai elemen dasar struktur sosial

Kelompok merupakan kumpulan individu yang memiliki nilai, norma, tujuan yang sama dan saling berinteraksi satu sama lain. Di dalam interaksi tersebut terdapat struktur sosial guna mempermudah dalam mengatur anggotanya. Sebagai contoh dalam kelompok tugas sekolah terdapat ketua yang mengkoordinir anggotanya dalam pembagian tugas. Di dalam kelompok tugas sekolah ini terdapat struktur sosial di dalamnya.

3. Peran sosial sebagai elemen dasar struktur sosial

Individu dalam berinteraksi memiliki peran yang ia jalankan. Peranan yang ia jalankan sesuai dengan status atau kedudukannya dalam masyarakat. Seperti halnya dengan status sosial, peranan memiliki andil dalam menentukan struktur sosial individu. Menurut kakak, peran sosial dalam struktur sosial ditentukan seberapa pentingnya peran atau kontribusi seorang individu dalam hidup bermasyarakat atau dalam lingkungannya.

4. Institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Institusi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia atau masyarakat. Contoh Institusi yang dibentuk adalah institusi pendidikan (sekolah, tempat les,dll), institusi keamanan dan keadilan (polisi, TNI, komnasnas HAM,dll) dan institusi-institusi lainnya. Di dalam Institusi Рinstitusi  tersebut memiliki tingkatan atau struktur sosial yang berbeda serta melekat pada individu Рindividu. Perbedaan struktur sosial tersebut berpengaruh dalam peran merka dalam berinteraksi (melakukan kewajiban dan mendapatkan hak) di dalam institusi.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian struktur sosial dan elemen struktur sosial : https://brainly.co.id/tugas/8645514

————————————————————

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 1 – Struktur Sosial dan Diferensiasi S
osial

Kode: 11.20.1

Kata Kunci:  keterkaitan antara status sosial,kelompok,peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

17. Mengapa status sosial dianggap sebagai elemen pembentuk struktur sosial?

karena dengan adanya status sosial maka akan terbentuk struktur sosial, dimana didalam struktur sosial, pasti ada kelas atas, menengah,dan bawah.semakin tinggi status sosial seseorang,maka akan semakin tinggi kelas struktur sosial nya

18. jelaskan keterkaitan antara status sosial kelompok peran sosial dan institusi sebagai elemen dasar struktur sosial

Stratifikasi sosial. Dengan afanya stratifikasi sosial, masyarakat menjadi tahu akan peran dan kewajibannya dalam masyarakat sedangkan lembaga sosial.lembaga sosial disini berperan sebagai pengamat serta penengah terhadap segala permasalahan sosial yg terjadi di masyarakat

19. mengapa status sosial dapat di maksudkan sebagai elemen pembentuk struktur sosial

karna status sosial merupakan kedudukan seseorang. atau Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, sehubungan dengan kelompok-kelompok lain di dalam kelompok yang lebih besar lagi.

Video Terkait