Mengapa Kita Harus Lebih Menjaga Kebersihan Saat Masa Pubertas

  Edukasi
Mengapa Kita Harus Lebih Menjaga Kebersihan Saat Masa Pubertas

mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas​

1. mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas​

Jawaban:

karena pada masa PUBERTAS, hormon kelamin juga merangsang aktifnya kelenjar keringat sehingga menyebabkan mudah berjerawat dan tubuh berbau keringat.

2. Mengapa pada masa pubertas kita harus lebih menjaga kebersihan

Jawaban:

agar kita sehat selalu,, dan tidak sakit

Jawaban:

akan tidak rentan terkena penyakit,

baik maupun penyakit kulit,

dan disebabkan seperti;celana lembab

Penjelasan:

Gemar Membantu

3. Mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas?​

Jawaban:

Penjelasan:

Karena pada masa kita pubertas, hormon kita mulai bekerja sehingga kita akan rentan akan penyakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan diri agar tdk mudah jatuh sakit dan selalu sehat (terhindar dari penyakit).

4. ^’bagaimanakah cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas?

ganti pakaian sehari 2kali atau 3 kali, membersihkan secara bersih alat kelamin bila setelah kencing 1. mandi dua kali sehari minimalnya
2. mencuci muka sehabis beraktifitas
3. rajin memotong kuku agar mencegah bakteri yang masuk di dalam tubuh
4. menyikat gigi sebelum tidur

5. Apa yang terjadi bila tidak menjaga kebersihan pada masa pubertas

< p>Jawaban:

terjadinya iritasi, gatal gatal pada kulit, dpt mengundang banyak penyakit

6. mengapa kita harus menjaga kebersihan diri saat masa pubertas​

Jawaban:

semoga benar tadi aku udh nge ringkas

Pertanyaan : Mengapa kita perlu menjaga kebersihan diri pada masa pubertas?

Kakak jawab menurut kakak ya 🙂

Jawaban :

Karena pada masa kita pubertas, hormon kita mulai bekerja sehingga kita akan rentan akan penyakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan diri agar tdk mudah jatuh sakit dan selalu sehat (terhindar dari penyakit).

Maaf kalau salah

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/21568891#readmore

Jawaban:

agar kita tidak rentan terkena penyakit, baik itu penyakit kulit maupun penyakit yg disebabkan oleh kurangnya kebersihan alat vital, contohnya keputihan,tumbuhnya bakteri akibat celana yg lembab,

Penjelasan:

maaf kalo salah

7. bagaimanakah cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas?

dengan membiasakan hidup bersih

8. mengapa pada masa pubertas kita harus lebih menjaga kebersihan​

Jawaban:

karena selama pubertas perempuan akan mengeluarkan darah kotor yang dapat menyebabkan bau dan dapat mengganggu orang lain

Penjelasan:

#maaf kalau salah

Jawaban:

Jawaban terdapat pada gambar yaa:)

Penjelasan:

Semoga membantu n jadikan jawaban terbaik✔️✔️

9. Mengapa kalian harus tetap menjaga kebersihan dimasa pubertas?​

Kalian harus lebih menjaga kebersihan saat masa puber adalah karena saat masa puber terjadi berbagai perubahan dalam tubuh yang terkait dengan ciri perkembangan primer, ciri perkembangan sekunder, perubahan emosi, cara berpikir, cara bersosialisasi dan lainnya. Jika tidak menjaga kebersihan tubuh, maka akan terjadi gangguan kesehatan yang juga akan mengganggu berbagai perkembangan yang seharusnya terjadi saat masa puber.

Pembahasan

Usia remaja atau usia pubertas merupakan sebutan untuk masa akhil baliq untuk manusia. Terdapat perubahan ciri yaitu ciri primer dan ciri sekunder pada pria maupun perempuan.

Pelajari lebih lanjut tentang puber di: brainly.co.id/tugas/13343770.

Perubahan primer pada perempuan saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel telur dan mengalami menstruasi. Perubahan sekunder pada perempuan saat memasuki pubertas adalah suara yang melengking, panggul membesar, tumbuh payudara dan tumbuh rambut di beberapa tempat.

Perubahan primer pada pria saat memasuki pubertas adalah mulai diproduksinya sel sperma dan mengalami mimpi basah. Perubahan sekunder pada pria saat memasuki pubertas adalah suara yang membesar, dada membidang, tumbuh jakun dan tumbuh rambut di beberapa tempat.

Pelajari system reproduksi pada manusia di: brainly.co.id/tugas/18056761.

Kemudian ciri-ciri yang terjadi selama masa remaja yaitu:

Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat.Perbahan yang cepat secara fisik yang juga disertai dengan kematangan seksual.Perubahan dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain.Perubahan nilai, dimana apa yang mereka anggap penting pada masa kanak-kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa.Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi.

Pelajari lebih lanjut tentang pergaulan remaja di: brainly.co.id/tugas/16961656.

   Jika tidak menjaga kebersihan tubuh, maka akan terjadi gangguan kesehatan yang juga akan mengganggu berbagai perkembangan yang seharusnya terjadi saat masa puber misalnya:

Pertumbuhan tinggi yang terjadi secara cepat saat puber akan terganggu saat kamu sering sakit-sakitan.Terjadinya berbagai gangguan kulit saat kamu jarang mandi seperti penyakit kulit, jerawat, bau keringat dan lainnya.Perkembangan organ reproduksi akan terhambat saat kamu sakit-sakitan.Terjadi gangguan dalam organ reproduksi saat kamu tidak rajin membersihkan organ reproduksi misalnya keputihan, gatal-gatal dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang reproduksi di: brainly.co.id/tugas/17343505.

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: biologi  

Bab: reproduksi manusia

Kode: 9.4.3

#AyoBelajar

Jawaban:

Batuk berdahak terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Sedangkan batuk kering merupakan batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Baik batuk berdahak maupun batuk kering bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, sehingga cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Penjelasan:

maaf jika salah

10. bagaimanakah cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas?

Cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas adalah rajin mandi, rutin mencuci rambut, merawat kesehatan kulit, menjaga kebersihan gigi dan mulut, membersihkan ketiak, mencuci tangan, memperhatikan kesehatan kuku dan menerapkan kebiasaan bersih di toilet. Kebersihan diri pada masa pubertas perlu dijaga agar tubuh tetap sehat dan terbentuk kebiasaan bersih dalam setiap segi kehidupan.

Pembahasan

Selain menjaga kebersihan diri, beberapa perilaku yang tepat untuk menyikapi gejala pubertas adalah tenang dan percaya diri karena perubahan yang terjadi. Berperilaku jujur, terbuka, dan berkomuikasi intens dengan orang tua untuk hal-hal yang perlu dilakukan. Menjaga kebersihan tubuh khusunya organ reproduksi. Membekali diri dengan ilmu serta wawasan dalam memilih pergaulan karena masa puber yang cenderung dengan perubahan emosi dan mental. Dan mencari dari berbagai sumber ilmu seputar pubertas untuk menambah informasi serta pengalaman.

Laki-laki dan perempuan sebagai manusia memiliki ciri fisik secara umum yang sama, baik mata, bentuk tubuh, rambut, paras atau wajah dan lain-lain. Karena ciri fisik masih dapat diciptakan oleh manusia itu sendiri dengan perubahan yang sedemikian rupa. Hal yang membedakannya adalah organ reroduksi. Pada laki-laki, organ reproduksi nya adalah penis (tampak luar), sedangkan pada perempuan adalah vagina.  

Ciri fisik pada laki-laki dan perempuan akan nampak berbeda setelah memasuki masa pubertas atau disebut juga masa remaja yaitu masa peralihan dari masa anak-anak mejadi dewasa. Masa ini ditandai dengan perubahan-perubahan baik secara fisik, sifat maupun organ reproduksi yang matang.  

Perubahan yang menyertai masa pubertas antara laki-laki dan perempuan berbeda.  Pada masa ini akan terjadi perubahan primer dan perubahan sekunder. Masa pubertas yang dialami oleh perempuan biasanya lebih cepat dibandingkan dengan laki-laki. Masa pubertas umumnya terjadi pada rentang usia 10-16 tahun.

Perubahan primer yang terjadi yaitu:

Pada laki-laki ditandai dengan matangnya organ reproduksi yang meliputi:  

Mimpi basah (tanda awal masa pubertas)   Organ kelamin mulai matang yaitu dihasilkannya sperma di dalam testis.   Mengalami ereksi secara spontan.  

Pada perempuan  dItandai dengan matangya organ reproduksi yang meliputi:  

Menstruasi (tanda awal masa puber)   Organ reproduksi mulai matang yaitu mengalami ovulasi (ovum di produksi oleh ovarium) dan dinding rahim semaki kuat.   Ovum yang dibuahi sperma akan menyebabakan keham
ilan.  

Pelajari lebih lanjut tentang menstruasi di: brainly.co.id/tugas/22775474.  

Ciri fisik atau perubahan sekunder pada laki-laki antara lain:

Tumbuh kumis dan jenggot   Jakun mulai nampak membesar   Suara lebih berat dan besar   Otot tubuh mulai terbentuk   Tumbuh rambut di beberapa area tubuh tertentu, seperti di ketiak, kaki, dada, dan organ kelamin.   Bahu nampak bidang dan lebar   Muncul jerawat  

Pelajari lebih lanjut tentang organ reproduksi pada laki-laki di: brainly.co.id/tugas/18448081.  

Ciri fisik atau perubahan sekunder pada perempuan antara lain:  

Payudara mulai membesar   Suara lebih nyaring dan lemah lembut   Tumbuh beberapa rambut di area tertentu seperti ketiak, kaki dan organ kelamin   Muncul jerawat   Panggul lebih lebar  

Masa pubertas juga nampak pada ciri sifat dan piskis/mental pada laki-laki dan perempuan, antara lain:

Mulai tertarik pada lawan jenis   Mencari identitas diri dengan nampaknya sifat tidak mau diatur dan merasa cukup dewasa dan mandiri serta mencoba hal-hal baru.   Mudah marah atau emosi   Mampu mengungkapakan pendapat serta keinginan diri sendiri.  

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria antara lain menghindari konsumsi alkohol dan rokok, mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi kebiasaan mandi air panas karena berpengaruh pada sperma. Cara lain seperti cukup olahraga, tidak memakai celana terlalu ketat dan melakukan pemeriksaan rutin pada organ reproduksi.  

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita adalah dengan menjaga kesehatan vagina. Karena jika terjadi infeksi vagina dapat meluas ke organ reproduksi lain.  

Pelajari lebih lanjut tentang menjaga organ reproduksi di: brainly.co.id/tugas/14784865.

Detil jawaban  

Kelas: 3 SMP

Mapel: Biologi  

Bab: Sistem reproduksi manusia  

Kode: 9.4.3

#AyoBelajar

Cara menjaga Kebersihan diri selama pubetasdiantara nya rajinmandi,Rajin mencuci muka,Rajinmencucirambut,rajinpotongkuku,rajinMenjagakebersihan gigi,olahragayangteraturdan sebagainya.

#AyoBelajar!

11. Apa manfaat menjaga kebersihan pada masa pubertas

Jawaban:

agar tidaklah mudah terkena penyakit

Penjelasan:

maaf kalo salah mohon maaf ya

Jawaban:

agar wilayah Indonesia bersih dan asri

12. Bagaimana cara menjaga kebersihan pada masa pubertas

Jawaban:

mandii

makan- makan yg sehat

olahraga

tidurr

bnyakin minum air putihh

Jawaban:

saat mandi alat reproduksinya juga harus dibersihkan dengan menggunakan air bersih agar terhindar dari penyakit

13. bagaimana cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas

-mandi 3x sehari
-cuci muka sebelum tidur
-keramas jangan terlalu sering

itu aja yang ku tau wkwk maapkan ane

14. Apa manfaat menjaga kebersihan pada masa pubertas

Jawaban:

agar tidak terjadi infeksi dan iritasi

15. 5. Mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas?​

Jawaban:

agar. terhindar dari kuman

16. Mengapa kita harus selalu menjaga kebersihan badan pada masa pubertas?

Jawaban:

Karena pada masa kita pubertas, hormon kita mulai bekerja sehingga kita akan rentan akan penyakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan diri agar tdk mudah jatuh sakit dan selalu sehat (terhindar dari penyakit).

jawaban Karena pada masa kita pubertas, hormon kita mulai bekerja sehingga kita akan rentan akan penyakit. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan diri agar tdk mudah jatuh sakit dan selalu sehat (terhindar dari penyakit).

semoga membantu

17. Mengapa kita harus lebih menjaga keberbersihan saat masa pubertas ?

Jawaban:

Menjaga kebersihan pada saat masa pubertas menjadi penting karena organ reproduksi sedang berkembang dan mengalami pematangan. Hal ini membuat tubuh seseorang mengalami perubahan-perubahan baik fisik dan non-fisik.

Jawaban:

karena saat masa puber terjadi berbagai perubahan dalam tubuh yang terkait dengan ciri perkembangan primer, ciri perkembangan sekunder, perubahan emosi, cara berpikir, cara bersosialisasi dan lainnya.

Penjelasan:

makanya dari itu mengapa kita menjaga kebersihan pada saat masa pubertas.

18. Mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas

Jawaban:

Karena banyak penyakit yg rentan terjadi saat telah memasuki masa pubertas

19. Mengapa kita perlu menjaga kebersihan diri pada masa pubertas​

Jawaban:

agar kita terbiasa bersih

Jawaban:

Pada saat masa pubertas, kebersihan harus selalu dijaga karena saat masa pubertasterjadi berbagai perubahan dalam tubuh yang terkait dengan ciri perkembangan primer, ciri perkembangan sekunder, perubahan emosi, cara berpikir, cara bersosialisasi dan lainnya.

Video Terkait