Memperbaiki Dan Melengkapi Teks Prosedur Membuat Angklung

  Edukasi
Memperbaiki Dan Melengkapi Teks Prosedur Membuat Angklung

memperbaiki dan melengkapi teks prosedur membuat angklung.

Daftar Isi

1. memperbaiki dan melengkapi teks prosedur membuat angklung.

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat. (judul) MEMBUAT ANGKLUNG Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut. langkah pertama, siapkan bambu: 1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun. langkah kedua, siapkan rangka: 1. ambil batang bambu yang telah kering. 2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan. 4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi. langkah ketiga, bu
at tabung suara: 1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan). 2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan). 3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya. 4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan. (penutup) Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

1. Proses Pemilihan Bahan Bambu yang baik

Bambu merupakan bahan baku dari Angklung yang dipilih berdasarkan usia yaitu 4-6 tahun dengan ukuran kurang lebih 2-3 jengkal dari permukaan tanah, bambu harus disimpan selama 1 minggu, sehingga bambu benar-benar tidak berisi air.

 

Setelah seminggu, bambu harus dipisahkan dari cabang-cabangnya. Dan dipotong menjadi berbagai ukuran tertentu. lalu, bambu harus disimpan selama sekitar satu tahun untuk mencegah dari gangguan hama. Beberapa cara lain yaitu dengan cara merendam bambu di genangan lumpur, kolam atau sungai, juga bisa dengan cara diasapi di perapian (diunun), dan prosedur modern: dengan menggunakan formula cairan kimia tertentu.

2. Bagian Bahan Bambu yang digunakan untuk membuat Angklung

Angklung terdiri dari 3 bagian:

a.       Tabung Suara

b.      Kerangka

c.       Dasar

3. Proses Penyeteman

a. Pembentukan tabung suara : proses membentuk bambu menjadi sebilah tabung suara.

b. Proses Penyeteman : proses meniup bagian bawah tabung angklung dan menyamakan suaranya ke alat tuner.

c. Proses utama dari penyeteman : proses penyeteman suara dengan meninggikan dan menurunkan nada dengan membunyikan nadanya dengan memotong bagian atasnya sedikit, dan menurunkan nada dengan menyerut kedua sisi bilah tabung dengan pisau.

 

d.    Cara menggunakan alat Tuner : perhatikan dengan baik dari lampu di sebelah kiri dan kanan dari panel, dan juga jarum penunjuk.

4. Tahap Akhir : tabung harus diletakkan ke dalam rangka dan diikat dengan tali rotan.

5. Pemeliharaan

a. Menala / Men-stem Angklung

Apabila suara Angklung lebih tinggi, sebaiknya daun Angklung diraut dengan pisau raut sedikit demi sedikit hingga mencapai suara yang diinginkan.

 

Apabila suara Angklung lebih rendah, sebaiknya ujung Angklung dipotong sedikit demi sedikit sehingga suaranya menjadi normal.

b. Penyimpanan dan Pemeliharaan Angklung

1. segeralah buka dan gantungkan pada tiang standard yang telah disediakan. Penyimpanan dalam kardus/tempat tertutup lebih dari 7 hari mengakibatkan perubahan suara dan penjamuran pada bambu.

2. Penyimpanan Angklung sebaiknya dengan cara digantung, tidak ditumpuk di tempat kering dan tidak lembab dengan temperatur berkisar 25 – 33 C.

3. tidak boleh di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari/hujan secara langsung.

4. gunakan obat anti rayap dan jamur produksi SAU secara teratur 2 minggu sekali dengan proses penyemprotan untuk memelihara Angklung dari penjamuran dan rayap,

5. lakukanlah penalaan/re-tuning Angklung secara berkala untuk menjaga kualitas suara

 

2. memperbaiki dan melengkapi Teks prosedur membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat. (judul) MEMBUAT ANGKLUNG Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut. langkah pertama, siapkan bambu: 1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun. langkah kedua, siapkan rangka: 1. ambil batang bambu yang telah kering. 2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan. 4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi. langkah ketiga, buat tabung suara: 1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan). 2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan). 3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya. 4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan. (penutup) Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

3. memperbaiki dan melengkapi Teks prosedur membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat.

MEMBUAT ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut.

langkah pertama, siapkan bambu:
1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun.

langkah kedua, siapkan rangka:
1. ambil batang bambu yang telah kering.
2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan.
4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi

langkah ketiga, buat tabung suara:
1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan).
2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan).
3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya.
4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan.

Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

4. Memperbaiki dan melengkapi Teks prosedur membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat. (judul) MEMBUAT ANGKLUNG Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut. langkah pertama, siapkan bambu: 1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun. langkah kedua, siapkan rangka: 1. ambil batang bambu yang telah kering. 2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempur
na. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan. 4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi. langkah ketiga, buat tabung suara: 1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan). 2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan). 3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya. 4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan. (penutup) Mudah sekali cara membuatnya, bukan? Selamat mencoba.

5. memperbaiki dan melengkapi teks prosedur cara membuat angklung.

-buatlah ukuran ukuran setiap ruas bambu
-tentukan jarak dark satu lubang kelubang lain
-buatlah bambu didalamnya supanya bisa berbunyi
-tentukan juga besar kecil bambu tsb
-cat atau amplas Dan beri ukiran

6. Memperbaiki dan melengkapu teks prosedur membuat angklung

Jawaban:

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat. (judul) MEMBUAT ANGKLUNG Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut. langkah pertama, siapkan bambu: 1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun. langkah kedua, siapkan rangka: 1. ambil batang bambu yang telah kering. 2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan. 4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi. langkah ketiga, buat tabung suara: 1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan). 2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan). 3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya. 4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan. (penutup) Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

Penjelasan:

7. memperbaiki dan melengkapi teks prosedur membuat angklung sebuah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah kalimat saran kalimat larangan tambah perbaikilah penggunaan tanda baca atau ejaan yang kurang tepat memperbaiki dan melengkapi teks prosedur Ubahlah kalimat

di tambhkan tanda koma , titik , seru , dll

8. memperbaiki dan melengkapi tels prosedur membuat angklung

1.siapkan bambu

2.potong bambu

3.buat menjadi angklung

9. memperbaiki dan melengkapi teks prosedur perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara tambahkan bagian awal teks, Ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran,kalimat larangan, tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan perbaikilah penggunaan tanda baca atau ejaan yang kurang tepat .Membuat angklung ?…………………………??…………………………….?*Tolong di bantu jawab y,makasi ^^​

Jawaban:

memakai bambu

Penjelasan:

semiga jawabanya benar ya

10. teks prosedur membuat angklung​

Jawaban:

Cara Membuat Angklug

Angklung merupakan alat musik tradisional yg sebagai warisan budaya Indonesia. Angklung bahkan sudah diakui global sebagai warisan budaya global yg dari menurut Indonesia. Kita harus melestarikan angklung. Agar lebih mencintai dan menaikkan rasa memiliki, kita perlu belajar membuat alat musik angklung. Membuat angklung tidaklah sesulit yg dibayangkan. Membuat angklung itu mudah, mari ikuti langkah-langkahnya.

BAHAN DAN ALAT

Bahan:

Batang Bambu

Alat:

Gergaji

Pisau

Bor

Membuat Angklung wajib melalui beberapa tahap. Berikut ini merupakan langkah-langkah menciptakan angklung dengan benar.

Langkah pertama: Siapkan Bambu

1. Bersihkan btg bambu menurut cabangnya.

2. Potong bambu sepanjang 5 meter (10 ruas).

3. Ikat rabat bambu, kemudian simpan selama 1 tahun.

Langkah Kedua: Siapkan Rangka

1. Ambil batang bambu yg telah kering (sesudah penyimpanan 1 tahun).

2. Potong sinkron dengan tiang palang, sebaiknya rabat rapi serta tegak lurus agar rapi saat digetarkan.

3. Tatalah rangka secara lurus supaya tampak rapi ketika digantung.

Langkah Ketiga: Buat Tabung Suara

1. Pilih btg bambu kering menggunakan diameter yang diinginkan. Semakin besar nada yang didapatkan semakin rendah.

2. Potong bambu menggunakan panjang yang dinginkanl Semakin panjang, maka semakin rendah nada yang didapatkan.

3. Kupas bagian atas calon tabung suara.

4. Buat takik pada dasar tabung untuk pengait ke tabung dasar.

5. Haluskan rautan tabung supaya nada yang didapatkan sesuai dengan yang diinginkan.

6. Rangkai Rangka dan Tabung Suara, pastikan terpasang menggunakan rapi.

7. Angklung siap buat dimainkan.

Jika kita ikuti masing-masing langkah, maka kita akan mampu menciptakan serta memiliki angklung sendiri. Selamat membuat angklung, mari jaga warisan budaya luhur bangsa!

Penjelasan:

PELAJARAN:BAHASAINDONESIA

KELAS:VII

BAB:...

11. Teks prosedur: Membuat angklung

done
semoga mmbntu…..membuat angklung adalah cara melestarikan budaya kita karena angklung salah satu alat musik yang sangat mudah dimainkan.
bahan -bahan:
-batang bambu
-alat pemotong
cara membuat:
•langkah pertama,menyiapkan bambu
– siapkan bambu
– batang bambu kemudian dibersihkan cabang-cabangnya,dan dipotong dengan panjang secukupnya
– potong bambu diikat,lalu disimpan dengan di angin -anginkan selama setahun
•langkah ke2,menyiapkan rangka
– anda perlu mengambil batang bambu yang telah kering
– kemudian dipotong sesuai dengan tiang dan palang
– potong harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasilsempurna.bambu tidak lurus,saat digetarkan angklung membelok kekanan dan ke kiri
– tatalah rangka secara lurus,agar saat digantung tampak rapi
•langkah ke3,membuat tabung suara
– ambil bambu ya
ng telah kering,perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameternya bambu semakin rendah nada yang dihasilkan).
– memotong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung,makin rendah nada yang dihasilkan).
– kupas bagian atas calon tabung sesuai dengan tinggi nadanya
– buat takik pada dasar tabung untuk mengait ketabung dasar
– rautan tabung suara dihaluskan sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan.

mudah bukan cara membuatnya,walaupun terlihat sedikit sulit apa salahnya dicoba bahkan tidak seperti sesulit yang kita bayangkan bukan .

12. teks prosedur membuat angklung

pegang angklung dengan tangan kiri

pegang dengan genggaman tangan dan Telapak tangan menghadap ke atas ataupun ke bawah

posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh

pegang ujung tabung dasar angklung atau horizontal dengan tangan kanan
sewaktu angklung digetarkan sebaiknya dilakukan dengan frekuensi Getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata

mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik

Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita

13. tolong perbaiki dan lengkapi teks prosedur tentang angklung di buku paket halaman 83-84

Maaf belum selesai, semoga bermanfaat

14. perbaiki dan lengkapilah teks prosedur (membuat angklung) tambahkan bagian awal teks​

Jawaban:

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat.

MEMBUAT ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut.

langkah pertama, siapkan bambu:

1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun.

langkah kedua, siapkan rangka:

1. ambil batang bambu yang telah kering.

2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan.

4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi

langkah ketiga, buat tabung suara:

1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan).

2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan).

3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya.

4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan.

Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

15. Memperbaiki dan melengkapu teks prosedur membuat angklung

Jawaban:cara membuat angkulung

Penjelasan:asasasa

16. cara memperbaiki dan melengkapi teks prosedur membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat. (judul) MEMBUAT ANGKLUNG Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut. langkah pertama, siapkan bambu: 1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun. langkah kedua, siapkan rangka: 1. ambil batang bambu yang telah kering. 2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan. 4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi. langkah ketiga, buat tabung suara: 1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan). 2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan). 3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya. 4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan. (penutup) Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

17. Jawaban Bahasa Indonesia halaman 105 kelas 7 memperbaiki dan melengkapi teks prosedur membuat angklung

teks prosedur adalah teks menjelaskan secara tedail rental sesuatu barang ataupun benda

Anglung adalah alat musik tradisional yang menjadi warisan budaya Indonesia.

contoh membuat anglung
bahan dan alat
bahan
-batang bambu

alat
-gergaji
-pisau
-bor

tahap membuat angklung
1. bersihkan batang bambu dari cabangnya
2. potong bambu sepanjang 5 meter
3. ikat potong bambu lalu simpan selama 1 tahun

FOLOOW YA

18. Memperbaiki dan melengkapi Teks prosedur membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat.

MEMBUAT ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut.

langkah pertama, siapkan bambu:
1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun.

langkah kedua, siapkan rangka:
1. ambil batang bambu yang telah kering.
2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan.
4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi

langkah ketiga, buat tabung suara:
1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan).
2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan).
3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai denga
n tinggi nadanya.
4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan.

Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

19. Memperbaiki dam melengkapi teks prosedur cara membuat angklung

Perbaiki teks prosedur cara membuat angklung dengan cara: (1) tambahkanbagian awal teks, (2) ubahlah kalimat pada langkah menjadi kalimat perintah,kalimat saran, kalimat larangan, (3) tambahkan bagian penutup teks prosedur,dan (4) perbaikilah penggunaan tanda baca/ ejaan yang kurang tepat.

MEMBUAT ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Berikut adalah cara membuat angklung dengan urut.

langkah pertama, siapkan bambu:
1. bersihkan batang bambu dari cabang-cabangnya, dan potong dengan panjang secukupnya.2. Ikat potongan bambu, lalu simpan dengan diangin-anginkan selama 1 tahun.

langkah kedua, siapkan rangka:
1. ambil batang bambu yang telah kering.
2. potong sesuai dengan tiang dan palang.3. Potongan harus diusahakan lurus dan menyiku dengan baik supaya hasil sempurna. bila bambu tidak lurus, saat digetarkan angklung membelok ke kiri atau ke kanan.
4. Tata rangka secara lurus, agar saat digantung tampak rapi

langkah ketiga, buat tabung suara:
1. ambil batang bambu yang telah kering, perkirakan diameternya akan cocok untuk nada apa (semakin besar diameter bambu semakin rendah nada yang bisa dihasilkan).
2. potong bambu dengan panjang sesuai nada yang diinginkan (makin panjang tabung, makin rendah nada yang dihasilkan).
3. kupas bagian atas calon tabung suara sesuai dengan tinggi nadanya.
4. buat takik pada dasar tabung untuk mengait ke tabung dasar.5. haluskan rautan tabung suara sampai suaranya mendekati nada yang diinginkan.

Mudahkan cara membuatnya? selamat mencoba.

Video Terkait