Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Kerajinan Bahan Keras

  Edukasi
Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Kerajinan Bahan Keras

tolong ringkaskan prakarya bab 1 semester 2 kelas 8 materi prinsip kerajinan bahan limbah keras sebelumnya terimakasih…… ​

Daftar Isi

1. tolong ringkaskan prakarya bab 1 semester 2 kelas 8 materi prinsip kerajinan bahan limbah keras sebelumnya terimakasih…… ​

Penjelasan:

< p>kerajinanbahan limbah keras adalah salah satu bahan yang memanfaatkan hasil kerajinan tangan yang memakai bahan yang tahan namun mudah dibentuk dalam suatu karya seni.

______________

kerajinan bahan limbah keras membutuhkan alat-alat bahan seperti hasilhasil alam seperti seperti sampah botol plastik yang dapat diolahkerajinan seperti kotak hias,tasbelanja,dll

Jawaban:

KERAJINAN BAHAN LIMBAH KERAS

Pengolahan limbah keras terdiri dari 3 cara yaitu:

1.sanitasi(sanitary landfill)

2.pembakaran (incineration)

3.penghancuran(pulverisation)

prinsip kerajinan bahan limbah keras

1.reduce

2.reuse

3.recycle

jenis dan karakteristik bahan limbah keras

1.limbah keras organik

2.limbah keras anorganik

Penjelasan:

Kerajinan bahan limbah keras adalah jenis kerajinan yang memanfaatkan sampahdaur ulang sebagai menjadi lebih berharga dan bernilai jual tinggi dengan menggunakan bahan bahas yang keras seperti plastik, kaleng.

maaf kalau salah

2. buatlah 10 soal pilihan ganda prakarya kelas 9 semester 1 bab kerajinan bahan keras​

Jawaban:

kmutinggalbikinsoalnyadulu

3. Tolong ringkaskan Materi prakarya semester 2 kelas 8 bab 1 tentang prinsip kerajinan bahan limbah keras.PRINSIP KERAJINAN BAHAN LIMBAH KERAS YA, BUKAN PENGERTIAN LIMBAH KERAS….Sebelumnya terimakasih…..​

membentuk

menganyam

menenun

membirdir

mengukir

4. rangkuman prakarya tentang kerajinan bahan keras kelas 9​

Jawaban:

Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang dalam tahap pembuatannya menggunakan bahan yang bersifat keras. Kerajinan bahan keras juga dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Kerajinan Bahan Keras Alami

Kerajinan bahan keras alami adalah kerajinan yang bahan baku pembuatannya masih berasal dari alam atau mengalami pengolahan tanpa mengakibatkan perubahan wujud benda itu. Bahan Keras Alami mudah didapatkan dan relatif murah karena beberapa bahan bisa kita ambil langsung di sekitar kita.

Contohnya yaitu :

Kayu

Biji Bijian

Bambu

Batu

Kerang

Tulang

Rotan

Pasir

2. Kerajinan Bahan Keras Buatan

Berbeda dengan kerajinan bahan keras alami, kerajinan bahan keras buatan adalah kerajinan yang bahannya telah mengalami pengolahan kembali. Contoh kerajinan bahan keras buatan :

Kaca Kaleng

Logam ( Tembaga, Perak, Kuningan, Emas dan Alumunium )

Semen Kawat Timah Besi

Berikut contoh kerajinan bahan keras :

Lemari rotan Patung Kursi jati Kalung dari Kerang -Bingkai Foto _ Cincin Emas Gong Angklung -Uang Logam Meja

Penjelasan:

semoga membantu maaf kalo salah

5. sebutkan yang termasuk ke dalam prinsip kerajinan bahan kerasprakaryakelas 9​

Jawaban:

Reduce(mengurangi)

Reuse(memakai kembali)

Recycle(mendaur ulang)

Penjelasan:

maaf kalo salah kk

tolong jadi kan jawab an tercerdas

semoga bermanfaat

6. meringkas bab 1 kls 9 pelajaran prakarya tentang kerajinan bahan keras​

Ringkasan materi prakarya tentang kerajinan bahan keras​ yaitu kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang bahan pembuatan berasal dari bahan keras. Dalam materi tentang kerajinan bahan keras akan dibahas tentang:

Prinsip kerajinan bahan keras.Jenis dan karakteristik kerajinan bahan keras.Proses produksi kerajinan bahan keras.

Pembahasan

Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang dibuat dari bahan yang memiliki tekstur yang keras. Dalam membuat kerajinan bahan keras ada beberapa prinsip kerajinan bahan keras yaitu:

Keunikan bahan kerajinan yaitu bahan dasar pembuatan kerajinan bahan keras dapat berupa bahan alami seperti batok kelapa, bahan buatan seperti kaca, bahan limbah organik seperti cangkang hewan laut, ataupun limbah anorganik seperti kaleng bekas.

Keragaman muatan nilai dalam produk kerajinan yaitu pesan yang dapat diperoleh  berdasarkan proses berkarya ada empat yaitu produk dengan nilai fungsional, produk dengan nilai informatif, Produk dengan nilai simbolik, dan produk dengan nilai prestise (wibawa).

Aspek rancangan dalam produk kerajinan dimana produk kerajinan mengandung banyak faktor yang menjadi acuan dan pertimbangan, yaitu faktor teknis, faktor ekonomis, faktor ergonomis, faktor sains dan teknologi, faktor estetika, dan faktor kondisi lingkungan.

Ada beberapa jenis dan karakteristik kerajinan bahan keras yaitu:

Bahan keras alam yaitu bahan keras yang berasal dan telah disediakan oleh alam yang merupakan sumber daya alam yang berasal dari hutan, gurung, maupun perairan. Bahan keras alam memiliki sifat pejal, solid, kuat, padat, dan tidak mudah diubah bentuknya. Contoh bahan keras alam yaitu kayu, batu, rotan, cangkang hewan, dan lainnya.Bahan keras buatan yaitu bahan keras yang berasal dari hasil produksi manusia yang memiliki sifat yang kuat dan tahan lama, seperti kaca, logam, kaleng bekas, dan lainnya.

Adapun proses produksi kerajinan bahan keras berbeda-beda berdasarkan bahan keras yang akan digunakan. Misalnya kerajinan bahan kayu dapat dibuat karya kerajinan dengan menggunakan teknik ukir, pahat, dan teknik tempel atau sambung. Contoh kerajinan bahan keras dari kayu yaitu vas bunga ukir, bingkai foto, miniatur kendaraan, rumah adat, dan lainnya.  

Pelajari lebih lanjutMateri tentang jenis dan karakteristik kerajinan bahan keras, pada: https://brainly.co.id/tugas/30280080Materi tentang pengertian kerajinan bahan keras, pada: https://brainly.co.id/tugas/14129530Materi tentang jenis kerajinan bahan keras alam dan buatan​, pada: https://brainly.co.id/tugas/30461675

Detail Jawaban

Kelas : 9

Mapel : Seni Budaya

Bab : Kerajinan Bahan Keras

Kode : –

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

7. Rangkuman prakarya bab 1 semester 2 kelas 8 tentang kerajinan bahan limbah keras​

Jawaban:

KERAJINAN BAHAN LIMBAH KERAS

Pengolahan limbah keras terdiri dari 3 cara yaitu:

1.sanitasi(sanitary landfill)

2.pembakaran (incineration)

3.penghancuran(pulverisation)

prinsip kerajinan bahan limbah keras

1.reduce

2.reuse

3.recycle

jenis dan karakteristik bahan limbah keras

1.limbah keras organik

2.limbah keras anorganik

Penjelasan:

8. meringkas bab 1 kls 9 pelajaran prakarya tentang kerajinan bahan keras​

Jawaban:

meringkas= mencatat hal hal yang penting yang terdapat didalam buku prakarya bab1

Penjelasan:

maaf klo slah

9. KELASObservasi Kerajinan Bahan Keras NusantaraKerajinan Bahan KerasTeksturRagamHiasJenisKerajinanDaerahAsalPerbedaanyangmenonjolWarnaBentukUngkapan perasaan tentang hasil pengamatan bahan keras pada produk kerajinanPrakarya “Kerajinan” Kelas IX Semester Genap14​

Jawaban:

ditangan tangan kreatif limbah keras organik dan anorganik dapat disulap menjadi aneka kerajinan yang unik dan menarik oleh sebab itu kali ini kita masih membahas bahan limbah keras

Penjelasan:

maap kalau salah

10. Rangkuman prakarya kelas 9 bab 1 kerajinan bahan keras dan bab 2 instalasi listrik

Jawaban:

juga merupakan salah satu kerajinan yang dapatmendatangkan pundi-pundi pendapatan. Tak sedikit pengusaha kerajinan ini yangmerambah ke luar negeri sebagai pangsa pasarnya. Pada kesempatan kali ini, sayaakan membahas mengenai pengertian, teknik, cara membuat hingga beragam contohproduk kerajinan bahan keras alami maupun buatan.

Pengertian Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan dari bahan keras merupakan sebuah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar bersifat keras. Di antara kerajinan bahan keras di Nusantara, adakerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya,namun ada pula yang telah mendapat inovasi sesuai dengan tuntutan pasar.Berdasarkan bahan yang digunakan kerajinan bahan keras ini dapat dibedakanmenjadi dua jenis, antara lain :

1.

Bahan Keras Alami

Kerajinan bahan keras alami adalah kerajinan yang dalam tahap pembuatannya

11. kerajinan bahan lunak Mata pelajaran prakarya kelas 8 Semester 1

jenis bahan: tanah liat
ciri2 lengket lembab mudah di atur
bentuk berubah ubah ( tidak tetap)
ukuran tdk teratur
warna ada kuning ada abu abu
tekstur lentur
teknik pembuatan ditekan sampai padat

12. prakarya kelas 9 nih soal kerajinan bahan keras please jawab slurrr. ​

Jawaban:

iya bener palembang, palembang mah di Sumatera

13. ringkasan buku prakarya kelas 9 bab 1 tentang kerajinan bahan keras hal 1-15

Jawaban:

gambar bukunya ……..

maaf saya tidak mengerti

14. Resume/rangkuman tentang materi jenis dan karakteristik kerajinan bahan lunak prakarya kelas 8 semester 1 , yok cptann dijawabb​

A. Tanah liat

Tanah liat memiliki warna yang beragam, tetapi semuanya merupakan warna natural tanah, yaitu coklat. Ada yang berwarna coklat muda, tua atau coklat ke abu abuan serta coklat keputihan. Setiap warna bergantung pada masing masing tanah tersebut. Tanah yang mengandung kaolin lebih bnyak akan berwarna lebih putih, stoneware lebih kehitaman/keabu abuan sedangkan earthenware lebih terlihat coklat kemerahan. Tanah liat stoneware memiliki daya bakar hingga 13000C sedangkan earthenware hanya mencapai 9000C. Tanah liat mudah hancur jika tidak melalui proses pembakaran. Jika dibakar jenis kerajinan ini adalah keramik.

masihbanyakmaterilainnya

15. Tugas prakarya kelas 9 halaman 6 tugas 1 observasi bahan keras nusantara amatilah jenis kerajinan bahan keras yang ada di beberapa wilayah nusantara

Kerajinan bahan keras merupakan segala bentuk produk dan hasil kerajinan yang terbuat dari bahan dasar bersifat keras, solid, dan tidak mudah dibentuk. Berdasarkan soal, jenis kerajinan bahan keras yang ada di beberapa wilayah nusantara antara lain sebagai berikut:

Rotan daerah asal Kalimantan, memiliki bentuk lentur dan kuat, berwarna cokelat, tekstur halus, ragam hias untuk membuat meja, kursi, dan keranjang, perbedaan yang menonjol rotan memiliki ukuran pitrit sehingga lebih lunak.Kaca serat fiberglass asal Jombang dan Bandung, memiliki bentuk chopped strand, berwarna bening, tekstur tahan karat dan kuat, ragam hias untuk membuat bangunan dan mobil, perbedaan yang menonjol campuran yang dipakai.Batu daerah asal Kalimantan, memiliki bentuk beraneka ragam, berwarna macam-macam, tekstur keras, ragam hias untuk membuat gelang dan cincin, perbedaan yang menonjol memiliki warna yang berbeda-beda.Kayu jati daerah asal Jepara, memiliki bentuk bermacam-macam, berwarna cokelat, ragam hias untuk membuat meja dan kursi.

Pembahasan:

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya yaitu keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan. Salah satunya yaitu kerajinan bahan keras. Kerajinan bahan keras merupakan segala bentuk produk dan hasil kerajinan yang terbuat dari bahan dasar bersifat keras, solid, dan tidak mudah dibentuk. Berdasarkan soal, jenis kerajinan bahan keras yang ada di beberapa wilayah nusantara antara lain sebagai berikut:

Rotan daerah asal Kalimantan, memiliki bentuk lentur dan kuat, berwarna cokelat, tekstur halus, ragam hias untuk membuat meja, kursi, dan keranjang, perbedaan yang menonjol rotan memiliki ukuran pitrit sehingga lebih lunak.Kaca serat fiberglass asal Jombang dan Bandung, memiliki bentuk chopped strand, berwarna bening, tekstur tahan karat dan kuat, ragam hias untuk membuat bangunan dan mobil, perbedaan yang menonjol campuran yang dipakai.Batu daerah asal Kalimantan, memiliki bentuk beraneka ragam, berwarna macam-macam
, tekstur keras, ragam hias untuk membuat gelang dan cincin, perbedaan yang menonjol memiliki warna yang berbeda-beda.Kayu jati daerah asal Jepara, memiliki bentuk bermacam-macam, berwarna cokelat, ragam hias untuk membuat meja dan kursi.

Pelajari Lebih lanjut

Materi tentang pengertian kerajinan bahan keras https://brainly.co.id/tugas/14129530Materi tentang Contoh bahan keras alam dan bahan keras buatan brainly.co.id/tugas/17638404Materi tentang sifat benda kerajinan yang terbuat dari bahan keras brainly.co.id/tugas/23228054

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: Peneraan Ragam Hias Pada Bahan Keras

Kode: 8.19.9

#AyoBelajar

#SPJ2

16. jawaban prakarya kelas 9 semester 1 halaman 5-6 tentang kerajinan bahan keras asal bentuk warna teksture ragam hias perbedaan yang menonjol​

Jawaban:

maaf kurang mengerti maksudnya apa??

17. Prakarya – Kerajinan Bahan Keras ​

1 Pintu khs bali kayu jati buatan pahat
2 meja kayu buatan pahat
3 kursi kayu buatan

18. Jelaskan tujuan pembuatan produk kerajinan dengan nilai prestise!.Matpel : Prakarya Materi : Kerajinan bahan kerasKelas : IX ​

Jawaban:

Karena kerajinan itu dengan imajinasi

19. observasi kerajinan bahan keras nusantara prakarya kelas 9

Jawaban:

1. Kerajinan Bambu, asal daerah, bentuk dengan teknik teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung., warna cokelat tekstur lurus panjang (bambu), ragam hias hiasan dinding, kipas, meja, kursi, lampu hias,dll, perbedaan yang menonjol adalah anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan berbagai motif dan bentuk yang menarik

2. jenis kerajinan Kerajinan Rotan, asal daerah pulau Kalimantan, bentuk kuat dan lentur, warna cokelat tekstur salah satunya permukaan halus, getas atau mudah patah setelah kering, ragam hias keranjang, meja kursi, almari, tempat makanan, perbedaan yang menonjol yakni rotan memiliki ukuran pietrit (adalah bahan rotan yang berasal dari bagian inti tanaman rotan) yang berbeda-beda yang dimanfaatkan untuk berbagai kreasi tertentu sesuai kebutuhan ukuran yang diperlukan.

3. jenis kerajinan Kerajinan Kaca Serat fiberglass, asal daerah bandung dan jombang, bentuk Resin dan fiberglass dalam bentuk chopped strand, warna bening tekstur kuat dan tahan korosi, ragam hias badan mobil dan bangunan kapal, perbedaan yang menonjol dapat dari Campuran fiberglass yang digunakan untuk membuat fiberglass

4. jenis kerajinan Kerajinan Batu, asal daerah Kalimantan, bentuk jenisnya beraneka ragam pastinya keras, warna bermacam-macam tekstur keras, ragam hias cincin, gelang, liontin, dll, perbedaan yang menonjol tiap batu memiliki warna berbeda didapatkan dari peristiwa kimia dan fisik yang berbeda.

5. jenis kerajinan Kerajinan Logam, asal daerah nusantara, bentuk sistem cor, ukir, tempa, warna logam, tekstur beragam, ragam hias (gelas, kap lampu, perhiasan, wadah serbaguna, piala), perbedaan yang menonjol menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak, dan lain-lain..

Penjelasan:

Semoga Membantu, maaf kalau salah

Video Terkait