Map Arsip Yang Dilengkapi Dengan Daun Penutup Disebut

  Edukasi
Map Arsip Yang Dilengkapi Dengan Daun Penutup Disebut

Map arsip yang dilengkapi dengan daun penutup disebut….

Daftar Isi

1. Map arsip yang dilengkapi dengan daun penutup disebut….

JAWABAN.

• Stopmap folio.•

STomap folio adalah map yg dilengkapi dengan daun penutup pada setiap sisiNya.Dan Daun penutup ini berfungsi Untuk Menopang surat yg terdapat didalam nya agar tdk terjatuh.

#SeMoGaMeMbAnTu✨

#Jika slah mohon dikoreksi ☺️

#BELAJAR BERSAMA BRAINLY ♥️

2. Jelaskan yang dimaksud dengan ma
p arsip dan macam-macam map arsip

Peralatan Kearsipan adalah alat atau sarana yang dipergunakan dalam kegiatan pengelolaan arsip

macam macam :

1. Filing Cabinet
Filing cabinet adalah lemari arsip yang terdiri dari beberapa laci, antara 1 – 6 laci. Tetapi yang paling banyak digunakan adalah 4 dan 5 laci. Setiap laci dapat menampung kurang lebih 5000 lembar arsip ukuran surat yang disusun berdiri tegak lurus (vertikal) berderet ke belakang.

2. Rotary Filing Cabinet (alat penyimpanan berputar)
Rotary filing cabinet adalah alat penyimpanan arsip seperti filing cabinet yangdapat digerakkan secara berputar.

3. Lemari Arsip
Lemari arsip adalah lemari tempat penyimpanan arsip, yang biasanya terbuat dari besi atau kayu yang dilengkapi dengan daun pintu, dan arsip terlebih dahulu dimasukkan ke dalam ordner atau stopmap.

4. Rak Arsip
Rak arsip adalah lemari tempat penyimpanan arsip, yang biasanya terbuat dari besi atau kayu tanpa pintu, dan arsip terlebih dahulu dimasukkan ke dalam ordner atau box file.

5. Stopmap Folio
Stopmap folio adalah map yang terdapat daun penutup pada setiap sisinya. Daun penutup ini berfungsi untuk menopang surat yang ada di dalamnya agar tidak terjatuh.

6. Map Snelhecter
Map snelhecter atau lebih sering disebut dengan snelhecter map adalah map yang mempunyai penjepit di tengahnya dan tidak mempunyai daun penutup. Untuk menopang arsip/surat yang ada di dalamnya maka digunakan penjepit tersebut, maka sebelumnya arsip harus terlebih dulu dilubangi dengan menggunakan perforator.

7. Folder
Folder adalah map tanpa dilengkapi dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan kertas tebal/plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya maka map ini fungsinya untuk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam box arsip secara vertikal.
Map ini mempunyai TAB (Bagian yang menonjol pada posisi atas) untuk menuliskan judul/label tentang arsip yang ada di dalam folder tersebut.

8. Map Gantung (hanging map)
Map gantung adalah folder yang mempunyai besi penggantung. Fungsi besi penggantung ini adalah untuk di pasang pada gawang yang ada di filing cabinet. Hanging folder juga mempunyai TAB untuk menuliskan kode atau indeks arsip yang ada di dalamnya.

9. Ordner
Ordner adalah map besar yang terbuat dari kardus atau plastik tebal dengan ukuran punggung sekitar 5 cm yang didalamnya terdapat besi penjepit yang dipergunakan untuk menjepit arsip. Untuk itu arsip sebelum disimpan harus dilubangi terlebih dahulu dengan menggunakan perforator.

10. Guide
Guide adalah lembaran kertas tebal atau karton manila yang digunakan sebagai penunjuk dan atau sekat/pemisah dalam penyimpanan arsip.

3. Map yang terdapat daun penutup pada setiap sisinya. Daun penutup ini berfungsi untuk menopang surat yang ada di dalamnya agar tidak jatuh disebut…​

JAWABAN NYA ADALAH STOPMAP FOLIO

4. Bilamana map pengganti digunakan dalam kearsipan

Penggunaan Map pengganti Dalam Pengarsipan. Jawaban

Pendahuluan

Menata dan mengelola administrasi sebenarnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak hal yang yang harus ditata dan dikelola sehingga keadministrasian sebuah badan usaha menjadi tertata dan mudah diakses.  

Pengelolaan administrasi yang baik, sangat menunjang perkembangan dan kemajuan perusahaan. Apalagi sebuah perusahaan yang besar dengan data yang sangat masif.  

Seorang staff administrasi harus benar-benar dapat menata dan mengklasifikasi data-data tersebut sehingga mudah diakses dan digunakan sewaktu-waktu oleh perusahaan. Tentu saja, pekerjaan seorang staff administrasi dibantu oleh perlengkapan dan alat-alat kearsipan yang dapat memudahakan pekerjaannya.

Pembahasan

Banyak sekali perlengkapan yang dibutuhkan utuk membantu seorang pegawai administrasi dalam mengelola data administrasi perusahaan. Keperluan ini tentu saja harus disesuaikan dengan jumlah data dan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga pengadaan perlengkapan kearsipan sebaiknya dilakukan seefektif mungkin.

Perlengkapan kearsipan dapat berupa kartu indeks, kartu tunjuk silang, lembar pinjam arsip, map pengganti (out folder), dan buku arsip.

Map pengganti (out folder) mungkin jarang digunakan, tetapi tetap perlu disediakan. Map pengganti berfungsi untuk menggantikan sementara map utama yang berisikan surat atau arsip-arsip lain yang dipinjam. Sehingga arsip atau surat yang dipinjam tersebut tertata rapi dan memudahkan penataan kembali di tempat semula.

Kesimpulan

Map pengganti digunakan jika ada lebih dari satu arsip atau surat yang dipinjam. Sehingga terlihat rapi dan memudahkan dalam pengarsipan kembali ke tempat semula.

————————————————————————————–

Detil Jawaban

Kelas: SMP

Mapel: Wirausaha

Bab: Kearsipan.

Kode: –

Kata Kunci: administrasi, map pengganti, kearsipan.

5. Map tanpa penjepit yang digunakan untuk menyimpan arsip dan terbuat dari karton disebut…..a. Snellhecter mapb. Map gantungc. Stopmap foliod. Brief odnere. Guide card​

jawaban:

a.snellhectermap

penjelasan yaitu map yang mempunyai penjepitdi tengah map. Map ini tidak mempunyai daun penutup. Untuk menopang arsip/surat yang ada di dlamnya digunakan penjepit. Arsip yang di simpan pada umunya yang bersifat inaktif, tetapi dapat juga untuk menyimpan arsip aktif. Arsip yang ditempatkan di dalamnya terlebih dahulu harus dilubangi dengan menggunakan perforator.

6. 13. Berikut yang tidak termasuk tata cara penggunaan map snelhecter adalah …. A. memasukkan arsip yang sudah dilubangi B. melubangi arsip menggunakan perforator C. menutup kembali bagian daun penutup map snelhecter D. membuka penjepit snelhecter, lalu melepaskan penjepit merapikan arsip dan menutupnya kembali dengan penjepit snelhecter ​

Jawaban:

Jawabannya Yang D

Penjelasan:

Mohon Maaf Jika Salah

Jawaban:

C. menutup kembali bagian daun penutup map snelhecter.

Penjelasan:

semoga membantu kak

7. apa perbedaan antara hang map dengan schnelhecter terutama tentang cara menyimpan arsipnya​

Jawaban:

Hang map itu seperti map gantung yang mempunyai besi penggantung. Cara menggunakannya yaitu menggantungkan besi penggantung pada gawang yang ada di filing cabinet. Sedangkan schnelhecter itu map yang digunakan untuk menyimpan berkas yang telah diperfolator atau dilubangi sehingga berkas tersebut tidak lepas dari kaitannya. Cara menggunakan arsip harus dilubangi dulu baru diletakkan penjepit didalamnya.

8. 1. sebutkan 3 macam perlengkapan yang digunakan untuk pengarsipan!2. sebutkan 3 macam peralatan yang digunakan untuk pengarsipan!Tolong bantu jawab yaaa ​

Jawaban:

1.Macam-Macam Perlengkapan Pengarsipan:

1.Filling Cabinet

2.Rotary Filling

3.Lemari arsip

4.Map arsip

2.Macam-Macam Peralatan Pengarsipan:

1.Kartu indeks

2.Kartu tunjuk silang

3.Lembar pinjam arsip

4.Map pengganti

Penjelasan:

Maaf Kalo salah…

9. Macam-macam map arsip

1. Stopmap folio
2. Map Snelhecter
4. Folder
3. Hanging folder
4. Ordnera. Stopmap folio, yaitu map yang terdapat daun penutup pada setiap sisinya. Daun penutup ini berfungsi untuk menopang surat yang ada di dalamnya agar tidak jatuh.  Pada umumnya, stopmap folio digunakan untuk menyimpan arsip yang sudah inaktif, di mana map yang berisi kumpulan arsip ini akan dibendel atau diikat dengan menggunakan tali.

b. Map snelhecter, yaitu map yang mempunyai penjepitdi tengah map. Map ini tidak mempunyai daun penutup. Untuk menopang arsip/surat yang ada di dlamnya digunakan penjepit. Arsip yang di simpan pada umunya yang bersifat inaktif, tetapi dapat juga untuk menyimpan arsip aktif. Arsip yang ditempatkan di dalamnya terlebih dahulu harus dilubangi dengan menggunakan perforator.

c. Folder, yaitu map tanpa dilengkapi dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan kertas tebal/plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya, maka map ini fungsinya untuk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak arsip secara vertikal.

Map ini mempunyai tab (bagian yang menonkjol pada posisi atas) untuk menuliskan judul/label tentang arsip yang ada di dalam folder tersebut.

d. Hanging folder, yaitu folder yang mempunyai besi penggantung. Besi penggantung ini dipasang pada gawang yang ada di filing cabinet. Hanging  folder juga mempunyai tab untuk menuliskan kode atau indeks arsip yang ada di dalamnya.

10. Sebutkan dan jelaskan macam-macam peralatan dan perlengkapan kearsipan. (masingmasing 1)!yang bisa jawab aku follow ​

Jawaban:

belajar bosku

Penjelasan:

belajar bosku

Rotary

Rotary adalah alat kearsipan untuk menaruh berkas dan bisa digerakkan secara berputar. Jenis ini memang dirancang sedemikian rupa dengan tujuan bisa menampung berkas lebih banyak dari lemari biasa. Dengan hanya memutar alat ini, pekerjaan bisa dilakukan lebih mudah dan cepat.

11. Tuliskan perlengkapan kearsipan

filing kabinet,rotaly filing,lemari arsip, rak arsip,map arsip,stopmap folio, folder,map snelhecter,hanging folder,oldener,guide,stapler,stepalator,numelator,calder,label…

maaf hny tau itu saja..

12. 1.Apa yang dimaksud dengan peralatan kearsipan danapa pula perlengkapan Kearsipan?2. Apa manfaat peralatan dan perlengkapan kearsipan dalamkegiatan kearsipan3. Apa faktor yang menentukan memilih peralatan dan perlengkapanKearsipan4. Klasifikasikanlah yang termasuk peralatan dan perlengkapanKearsipanTolong dijawab dengan benar dong:)​

Jawaban:

1.peralatan kearsipan adalah alat atau sarana yang digunakan dalam bidang kersipan. peralatan pada umumnya tahan lamakarena dibuat dengan bahan-bahan yang kuat seperti logam,kayu,alumunium,besi,plastic,dan sebagainya.  sebagai alat bantu untuk mempercepat,meringankan,dan mempermudah pekerjaan di bidang kearsipan.

2.Fungsi peralatan kearsipan adalah sebagai sarana penyimpanan arsip, sebagai alat bantu untuk mempercepat, meringankan, dan mempermudah pekerjaan di bidang kearsipan, sebagai alat pelindung arsip dari bahaya kerusakan sehingga arsip tahan lama

3.Memilih Peralatan dan Mesin Mesin Kantor

Mesin yang akan dipakai harus betul-betul diperlukan. Jenis mesin hendaknya adalah mesin yang praktis. Mesin tersebut bisa mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan. Mesin bisa mempercepat selesainya suatu pekerjaan.

4.Macam Macam Peralatan Kearsipan

Map Snelhecter

Hanging Map (Map Gantung)

Stopmap Polio

Map Folder

Ordner

Box Arsip

Guide atau Sekat Arsip

Numerator

Perforator

Rak Arsip

Lemari Arsip

Filling Cabinet

Stapler

Label Arsip

Alat Sortir

Rotary Filling dll

maaf kalo salah:’))

13. Macam-macam map arsip

-stopmap folio
-Map snelhecter
-folder
-hanging folder
-ordner

14. sebutkan kelebihan dan kekurangan map arsip

Map arsip adalah lipatan yang terbuat dari karton/kertas tebal atau plastik yang digunakan untuk menyimpan arsip/ surat-surat. Kelebihan dan kekurangan dari map arsip akan kakak jelasin dibawah ini ya adik-adik:

Pembahasan

Map arsip ada beberapa macam antara lain sebagai berikut:

Stopmap Folio, kelebihannya adalah  memiliki penutup pasa setiap sisinya yang berfungsi untuk menopang surat didalamnya agar tidak jatuh. Kekurangannya apabila arsip disimpan terlalu lama maka arsip akan lengket dengan map tersebut.

Map snelhecter merupakan map yang mempunyai penjepit di tengahnya dan tidak mempunyai daun penutup. Untuk menopang arsip/surat yang ada di dalamnya maka digunakan penjepit tersebut, tetapi sebelumnya arsip harus terlebih dulu dilubangi dengan menggunakan perforatormap yang memiliki penjepit di tengahnya.

Folder  adalah map tanpa dilengkapi dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan kertas tebal/plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya, maka map ini fungsinya untk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukan ke dalam kotak arsip secara vertikal.

Hanging folder  adalah folder yang mempunyai besi penggantun, besi penggantung ini dipasang pada gawang yang ada di filing cabinet. Hanging folder juga mempunyai tab untuk menuliskan kode atau indeks arsip yang ada di dalamnya.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang penyusutan arsip https://brainly.co.id/tugas/10157092

Materi tentang mcam-macam penyimpanan arsip https://brainly.co.id/tugas/5553663

Materi tentang Faktor kerusakan arsip https://brainly.co.id/tugas/12100855

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Wirausaha

Bab: –

Kode: 11. 24

#AyoBelajar

15. perlengkapan kearsipan adalah​

Jawaban:

bahan-bahan pendukung yang digunakan dalam kegiatan kearsipan, yang biasanya merupakan bahan yang tidak tahan lama (penggunaannya relative singkat) artinya bahan-bahan ini selalu disediakan secara terus-menerus.

Bahan² pendukung yg digunakan dalam kegiatan kearsipan.

16. Apa yang dimaksud dengan perlengkapan kearsipan dan sebutkan apa saja​

Jawaban:

perlengkapan kearsipan adalah bahan-bahan pendukung yang digunakan dalam kegiatan kearsip
an,yang biasnya merupakan bahan yang tidak tahan lama(penggunaannya relative singkat)artinya bahan-bahan ini selalu disediakan secara terus-menerus.

Penjelasan:

Sorry kalo slah):

17. Macam-macam map arsip

1.stopmap folio
2.map snelhecter
3.folder
4.hanging folder
5.ordner
6.guide
7.stapler
8.perforator
9.alat sortir
10.label
dll.

18. Yang bukan merupakan perlengkapan kearsipan adalah

Jawaban:

Buku agenda

Penjelasan:

HEY KAMU!!IYA KAMU YANG BARU BACA INI!!FOLLOW AKUN KU DAN LIKE SETIAP JAWABANNYA YA DAN DIJADIKAN JAWABAN TERBAIK YAA:)

Jawaban:

Lembar disposisi

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU DAN JADIKAN JAWABAN TERBAIK YA…

19. Penempatan atau penyimpanan arsip/dokume/map dilakukan secara tegak lurus (vertikal) dimana arsip disusun berderet ke belakang disebut Mata Pelajaran Administrasi Umum

Jawaban:

maksudnya       $$$$$

Penjelasan:

Video Terkait