Makalah Bola Voli Singkat Padat Dan Jelas

  Edukasi
Makalah Bola Voli Singkat Padat Dan Jelas

makalah tentang sejarah bola voli

1. makalah tentang sejarah bola voli

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith.

SEJARAH BOLA VOLI

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

 

 

 

 

 

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur p
endidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November1861, dan meninggal pada tanggal 28 November1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan(handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick(Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

2. makalah tentang sejarah bola voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan.
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

3. Tuliskan makalah bola voli

Pemainan bola voli merupakan pemainan beregu yang dimainkan oleh dua regu dengan jumlah pemain masing – masing regu enam orang. Dimainkan dengan cara memvoli bola hilir mudik diatas net dan masing – masing regu berusaha secepat nya menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan pantulan bola sempurna. Penguasaan teknik, kemampuan fisik, taktik , dan mental yang baik , serta kerja sama sangat di butuhkan untuk memenangkan permainan .

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Beliau adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada organisasi Young Men’s Christian Association (YMCA) di kota Massachusetts, Amerika Serikat. Pada mulanya , pemainan bola voli di beri nama mintonete, di mana tujuan semula, yaitu untuk mengembangkan kesegaran jasmani pada tubuh, selain untuk bersenam umum.Kemudian, permainan ini di ubah menjadi volleyball yang artinya memvoli bola secara bergantian. Tahun 1892, YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di Amerika Serikat. Pada tahun 1847, untuk pertama kalinya permainan bola voli dipertandingkan di Polandia. Pada tahun 1948 dibentuk organisasi bola voli dunia dengan nama IVBF (International Volley Ball Federation ) dengan beranggota 15 negara dan berpusat di Paris.

Permainan bola voli di Indonesia berkembang dengan sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat , sehingga timbul klub – klub di kota – kota besar di seluruh Indonesia. Permainan bola voli di Indonesia sudah di kenal sejak tahun 1982 yang di bawa oleh orang – orang Belanda. Namun pada saat itu permainan ini belum populer di masyarakat. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, perkembangan bola voli nasional dan organisasi bola voli semakin cepat dan populer. Pada PON II di Jakarta tahun 1951 permainan bola voli mulai dipertandingkan, namun pada saat itu belum ada / belum terbentuk organisasi bola voli. Baru pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuk organisasi bola voli nasional dengan nama Persatuan Bola V
oli Seluruh Indonesia (PBVI), dengan ketua W.J.Latumenten.Sejak saat itu mulai di dakan kejuaraan bola voli nasional dan organisasi bola voli nasional juga ikut dalam kegiatan yang bertaraf internasional, seperti Sea Games, Asian Games, bahkan Olympiade. Pada tahun 1996 untuk pertama kalinya tim bola voli indonesia mengikuti pertandingan Olympiade di Atlanta, Amerika Serikat. Bahkan untuk bola voli pantai Indonesia merupakan negara yang menjadi unggulan dalam kejuaraan dunia.

4. buatlah makalah tentang peraturan, gerak spasifik pada permainan bola voli dati berbagai sumber informasi!!!​

Permainan bola akan dilakukan oleh enam (6) pemain setiap tim dengan beberapa pemain cadangan.

Tiap regu atau tim memiliki kesempatan tiga kali untuk memukul bola. Pada awal pertandingan, salah seorang pemain wajib melakukan serve ke area lawan yang dilakukan oleh seorang server.

Tim yang memenangkan reli berhak mendapat satu poin serta memiliki hak untuk melakukan servis. Saat reli telah selesai, pemainnya harus bertukar tempat dengan memutar searah jarum jam.

Anggota badan yang diizinkan untuk digunakan dalam bola voli adalah seluruh anggota tubuh mulai dari kepala, tangan, badan, dan kaki. Namun, yang paling dominan adalah tangan.

Jumlah pemain dalam satu regu adalah enam orang. Hanya tiga pemain yang bisa melakukan blocking di dekat net. Sedangkan pemain lainnya mencatat bola melewati net, dari garis belakang atau garis tiga meter (garis yang memisahkan garis depan dengan belakang lapangan).

Pergantian pemain diperbolehkan selama pertandingan berlangsung. Umumnya komposisi pemain dalam permainan adalah seorang setter, dua blocker, dua receiver-hitter, serta seorang spiker.

Satu tim atau regu bisa mencetak satu poin di setiap reli, terlepas dari tim mana yang melakukan servis terlebih dahulu.

Pertandingan permainan voli terdiri atas lima set. Empat set pertama menggunakan sistem 25 rally point. Sedangkan pertandingan terakhir menggunakan sistem 15 poin.

Adanya peran libero, yang tidak bisa melakukan serve, pergantian posisi, serta melakukan pukulan bola. Libero menggunakan seragam berwarna beda yang berdiri di bagian belakang lapangan. Libero menjaga sistem pertahanan bagian belakang serta untuk memperpanjang titik reli sistem.

Panjang lapangan bola voli = 18 meter

Panjang lapangan bola voli = 18 meterLebar lapangan bola voli = 9 meter

Panjang lapangan bola voli = 18 meterLebar lapangan bola voli = 9 meterPanjang garis serang lapangan bola voli = 3 meter

Panjang lapangan bola voli = 18 meterLebar lapangan bola voli = 9 meterPanjang garis serang lapangan bola voli = 3 meterArea servis lapangan bola voli = 3 meter

Panjang lapangan bola voli = 18 meterLebar lapangan bola voli = 9 meterPanjang garis serang lapangan bola voli = 3 meterArea servis lapangan bola voli = 3 meterLebar garis dalam lapangan bola voli = 5 meter

Panjang lapangan bola voli = 18 meterLebar lapangan bola voli = 9 meterPanjang garis serang lapangan bola voli = 3 meterArea servis lapangan bola voli = 3 meterLebar garis dalam lapangan bola voli = 5 meterLuas lapangan bola voli = 162 meter persegi (18 x 9 meter)

semogamembantu

5. contoh pendahuluan singkat makalah

Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME dan sebagai wakil Tuhan di bumi yang menerima amanat-Nya untuk mengelola kekayaan alam. Sebagai hamba Tuhan yang mempunyai kewajiban untuk beribadah dan menyembah Tuhan Sang Pencipta dengan tulus

Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.

Metode Penulisan
Penulis mempergunakan metode observasi dan kepustakaan.
Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah :
Studi Pustaka
Dalam metode ini penulis membaca buku-buku yang berkaitan denga penulisan makalah ini.

6. 5. Uraikan dengan singkat dan jelas isi makalah yang anda buat!​

Jawaban:

makalah renang dibuat dari komputer ..

7. buatlah makalah singkat tentang belajar​

BELAJAR

Belajar membaca membuat ku pandai membaca

Belajar matematika membuatku bisa berhitung

Belajar b.Ingris bisa membuatku pandai berbahasa inggris

Sekian dan terimakasih

Penjelasan:

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Belajar adalah suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil / tujuan. Belajar bukan hanya mengingat akan tetapi belajar lebih luas dari pada itu, yakni mengalami, hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan perubahan kelakuan, kegiatan belajar dapat dihayati (dialami ) oleh orang yang sedang belajar dan juga dapat diamati oleh orang lain. Kegiatan belajar yang berupa perilaku kompleks tersebut menimbulkan berbagai teori belajar. Seorang pebelajar (siswa) harus menghayati apa yang dipelajarinya karena erat hubungannya dengan usaha pembelajaran, yang dilakukan oleh pembelajar (guru).

2.1.1 Masalah-masalah belajar

a. Masalah-masalah intern belajar

Dalam interaksi belajar mengajar ditemukan bahwa proses belajar yang dilakukan oleh siswa merupakan kunci keberhasilan belajar. Proses belajar merupakan aktivitas psikis berkenaan dengan bahan belajar.

b. Faktor-faktor yang ada dalam masalah belajar, terdiri dari :

* Sikap terhadap belajar.

* Motivasi belajar

c. Konsentrasi belajar

d. Mengolah bahan belajar

e. Menyimpan perolehan hasil belajar

f. Menggali hasil belajar yang tersimpan

g. Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar.

h. Cara menentukan masalah-masalah belajar

1. Pengamatan perilaku belajar

2. Analisa hasil belajar

3.Tes hasil belajar

3

2.1.2 Prinsip-prinsip belajar dan implikasinya

a. Pengertian prinsip

· Sesuatu yang dipegang sebagai panutan yang utama

· Sesuatu yang menjadi dasar dari pokok berpikir, berpijak dan sebagainya.

· Sesuatu kebenaran yang kebenarannya sudah terbukti dengan sendirinya.

b. Pengertian belajar

· Suatu aktivitas mental dan psikis dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku pada diri sendiri.

· Suatu perilaku yang ditimbulkan dari respon belajar

· Suatu aktivitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi yang bersifat permanent.

Prinsip belajar adalah landasan berfikir, landasan berpijak dan sumber motivasi agar dapat berjalan dengan baik antara pendidik dengan peserta didik. Adapun prinsip-prinsip belajar, terdiri dari :

Prinsip pengulangan ( law of exercise )

Bahwa hubungan antara stimulus dengan respons akan semakin

bertambah erat, jika sering dilatih dan akan semakin berkurang apabila

jarang atau tidak pernah dilatih.

Prinsip kesiapan ( law of readiness )

Bahwa kesiapan mengacu pada asumsi bahwa kepuasan organisme

itu berasal dari pendayagunaan suatu pengantar (conduction unit) dimana

unit-unit ini menimbulkan kecenderungan yang mendorong organisme

untuk berbuat atu tidak berbuat sesuatu.

Prinsip kesan pertama ( law of primacy )

Prinsip yang harus dipunyai pendidik untuk menarik perhatian peserta

didik.

Prinsip makna yang dalam ( law of intensity )

Bahwa makna yang dalam akan menunjang dalam proses

pembelajaran.

4

Prinsip bahan baru ( law of recentcy )

Bahwa dalam suatu pembelajaran diperlukan bahan baru untuk

menambah wawasan atau pengalaman suatu peserta didik.

Prinsip gabungan

Bahwa hubungan antara Stimulus-Respon akan semakin kuat dan

bertambah erat jika sering dilatih dan akan semakin lemah dan berkurang jika

jarang atau tidak pernah dilatih.

8. buatlah makalah tentang permainan bola voli

Bola voli adalah cabang olahraga yang yang diciptakan oleh William G. Morgan. Permainan bola voli dapat dimainkan di tempat terbuka atau pun tempat tertutup. Permainan bola voli merupakan permainan beregu beranggotakan 6 orang. permainan ini dengan cara melemparkan bola dengan menggunakan tangan dan melewati net, tidak boleh menyentuh permukaan tanah.

Berikut Teknik permainan bola voliTeknik Service : adalah cara awal untuk memukul bola voli dan dilempar kepada lawan. Teknik service dikelompokkan menjadi 4 cara yaitu : service bawah, service atas, service samping dan Jump service.Teknik Passing : adalah teknik pemain melemparkan bola kepada teman setimnya guna untuk merancang strategi penyerangan terhadap lawan. Teknik passing dikelompokkan menjadi 2 cara, yaitu : passing atas dan passing bawah.Teknik Smash : adalah teknik memukul bolak dengan gerakan melompat menggunakan kekuatan untuk diarahkan ke area lawan. Terdapat 4 cara melakukan smash, yaitu : awalan, pukulan, tolakan dan pendaratan.Teknik Blocking : adalah teknik untuk menutup dan mencegah bola hasil penyerangan tim lawan masuk ke area sendiri. Berikut adalah aturan dalam permainan bola voli : Jumlah pemain terdiri dari 2 tim dengan masing masing beranggotakan 6 orang. Setiap tim wajib menggunakan jersey dengan warna yang sama dilengkapi dengan nomor punggung dan nomor di dada. Dalam melakukan service, setiap pemain melakukannya sesuai posisi berputar searah jarum jam. Waktu permainan bergantung pada total poin pada satu set, rally poin baru yaitu saat sudah mencapai 15 poin. Wasit yang mempimpin jalannya pertandingan yaitu berjumlah 1 orang dan dibantu oleh 4 asisten wasit.Setiap tim hanya dapat menyentuh bola sebanyak 3 kali.Dalam satu orang pemain tidak dibolehkan menyentuh bola lebih dari 1 kali secara berturut turut.Penambahan poin terjadi ketika bola masuk dan menyentuh tanah area dalam lapangan.Pelajari Lebih Lanjut :

Materi tentang permainan bola voli https://brainly.co.id/tugas/3508283

Materi tentang permainan bola voli https://brainly.co.id/tugas/2011179

Materi tentang teknik permainan bola voli brainly.co.id/tugas/2011179  

_______________________________________________

Detail Jawaban :

Kelas : 9

Mapel : Penjaskes

Bab : 2

Kode : 9.22.2

kata Kunci : permainan bola voli

9. Makalah bola voli peran penting bagi tubuh

Peran penting bola voli bagi tubuh dalam konteks kesehatan dan kebugaran adalah sebagai berikut:

1. Kebugaran Kardiorespirasi: Bermain bola voli secara teratur dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Olahraga ini melibatkan gerakan aktif seperti lari, melompat, dan bergerak cepat, yang dapat meningkatkan denyut jantung dan melatih paru-paru. Ini membantu meningkatkan kapasitas oksigen tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Kekuatan Otot: Bola voli melibatkan banyak gerakan yang melibatkan kelompok otot utama seperti lengan, kaki, dan inti tubuh. Melakukan servis, smash, atau menggiring bola membutuhkan kekuatan otot yang baik. Dengan bermain bola voli secara rutin, otot-otot tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan lama.

3. Fleksibilitas dan Keseimbangan: Bermain bola voli melibatkan gerakan melompat, menghindari, dan merespons bola dengan cepat. Hal ini membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan keseimbangan. Melalui gerakan yang beragam dalam permainan, tubuh belajar untuk mengatur kekuatan, koordinasi, dan postur yang tepat.

4. Koordinasi Mata dan Tangan: Bola voli melibatkan interaksi yang cepat antara mata dan tangan. Mengikuti pergerakan bola dengan mata dan memberikan respon yang tepat dengan tangan melatih koordinasi motorik halus. Ini penting untuk meningkatkan keterampilan motorik dan waktu reaksi.

5. Kebugaran Mental: Bola voli juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Melibatkan diri dalam olahraga tim seperti bola voli dapat meningkatkan rasa kepemilikan, kerjasama, dan komunikasi. Bermain dalam tim dan menghadapi tantangan dalam permainan dapat membantu mengembangkan kemampuan mengelola stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Penting untuk diingat bahwa keuntungan-keuntungan ini dapat diperoleh dengan bermain bola voli secara teratur dan dalam kondisi yang aman. Penting juga untuk memperhatikan pemanasan yang cukup sebelum bermain dan menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan melalui pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan informasi tambahan, jangan ragu untuk bertanya. Saya senang membantu dalam semua hal yang berkaitan dengan pendidikan.

10. contoh makalah tentang permainan bola voli

Rumusan Masalah

.                       1. Bagaimana sejarah dalam permainan bola voli ?

                          2. Bagaimana peraturan dalam permainan bola voli ?

                           3. Berapa ukuran lapangan dalam permainan bola voli ?

C.      Tujuan

            1.    Dapat mengetahui sejarah bola voli

            2.    Dapat mengetahui peraturan dalam permainan bola voli

            3.    Dapat mengetahui ukuran lapangan bola voli

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah Bola Voli

Olahraga bola voli pada saat awal ditemukan dan diberi nama dengan Mintonette. Permaianan bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan yang lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York. Disaat itu Morgan bekerja sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) tepatnya pada tahun 9 Februari 1895, di Holyoke, MassachusettsAmerika Serikat.

Inspirasi datang ketika Morgan bertemu dengan James Naismith adalah Pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861. Saat itu terciptalah olahraga baru yang bernama Mintonette. Morgan adalah lulusan Springfield College of YMCA dan selama hidupnya Morgan selalu mendedikasikannya sebagai instruktur pendidikan jasmani. Ia menciptakan permainan ini kurang lebih membutuhkan waktu selama empat tahun dengan melakukan kombinasib dari berbagai macam jenis permaianan.

Permaianan Mintonette merupakan gabungan dari empat jenis olahraga yang kemudian dijadikan menjadi satu permaianan. Gabungan empat olahraga tersebut adalah

Ø  Olahraga bola basket

Ø  Olahraga baseball

Ø  Olahraga tenis

Ø  Olahraga bola tangan (handball)

1.    Perubahan Nama Mintonette menjadi Volley Ball (Bola voli)

Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1896, ketika terjadi demonstrasi pertandingan perdana di International YMCA Training School. Saat itu Director of the Professional Physical Education Training School yang bernama Dr. Luther Halsey Gulick memberikan surat panggilan kepada morgan terkait dengan permaianan yang telah ia ciptakan dan akan dipresentasikan atau didemonstrasikan di stadion kampus yang baru.

Kampus YMCA mejadi tempat dimana diadakanya sebuah konferensi yang di hadiri oleh semua instruktur pendidikan jasmani. Ketika itu Morgan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membawa dua tim, dimana se
tiap tim mempunyai lima orang pemain. kemudian morgan menjelaskan permaianan ini dapat dilakuakan di dalam runagan (indoor) maupun di luar rungan (outdoor) dengan sangat leluasa. Saat itu juga Morgan menjelaskan permainan ini dapat dilakukan oleh banyak pemain tidak memiliki batasan jumlah pemain yang menjadi standar. Permaianan ini dilakukan dengan tujuan mempertahankan bola agar bergerak melewati net yang tinggi dari wilayah ke wilayah lawan.

11. Makalah singkat padat dan jelas tentang perkembangan transportasi air yang ada di Indonesia dari masa ke masa?

orang dahulu terinspirasi untuk membuat kapal untuk memudah kan trasportasi dengan menggu nakan percobaan yg lama baru bisa di temukan bahan yg tepat untuk membuat perahu yg kecil karena pada zaman dahulu prahu sangat di gemari oleh orang banyak orang pun membuat prahu yg lebih besar yg sekarang kita sebut kapal

12. vail materi bola voli yang makalah​

Jawaban:

cari aja di toko buku gramedia

13. makalah bola besar, bola kecil dan altletik

Nama       : Yeni Rizkiyah

No. Abs    : 32

Kelas       : XI-TKJ 1

SMK NEGERI 1 PUNGGING

Teknik Komputer Dan Jaringan

Tahun Ajaran 2016-2017

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum.Wr.Wb

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan” ini dengan beberapa materi pembahasan sebagaimana yang telah ditentukan.

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. Serta ucapan terima kasih kepada guru pembimbing pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Yang terhormat Bapak Suroso, S.Pddimana atas bimbingan beliau kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan, baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, dengan tangan terbuka kami menerima segala kritik dan saran dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini menjadi lebih baik lagi.

Akhir kata, kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta referensi pembelajaran maupun inpirasi terhadap pembaca.

Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

 Pungging, 03 Agustus 2016

Penyusun

DAFTAR ISI

KATAPENGANTAR…………………………………………………………………………………  2

DAFTARISI………………………………………………………………………………………………  3

BAB I : PENDAHULUAN …………………..……………………………………….… 4

1.1  Latar Belakang ………………………………………………………………………………….  4

1.2  Rumusan Masalah …………………………………………………………………………….. 4

1.3  Tujuan ……………………………………………………………………………………………..  5

BAB II : PEMBAHASAN.…………………………….………………………..……..  6

2.1  Topik I : Atletik ………………………………………………………………………………..  6

A.    Pengertian Atletik ………………………………………………………………………..  6

B.     Sejarah Atletik …………………………………………………………………………….. 6

C.     Macam – macam Atletik ……………………………………………………………….  8

D.    Nomor – nomor yang Diperlombakan ……………………………………………. 18

2.2  Topik II : Bola Basket ……………………………………………………………………….. 19

A.    Sejarah ……………………………………………………………………………………….. 19

B.     Jumlah Pemain, Lapangan, Waktu dan Ukuran Bola Basket ……………..  20

C.     Peraturan Permainan Bola Basket ………………………………………………..  20

D.    Teknik Dasar Permainan Bola Basket …………………………………………..  20

2.3  Topik III : Sepak Bola ………………………………………………………………………   22

A.    Sejarah Sepak Bola ……………………………………………………………………..  22

B.     Pengertian Sepak Bola …………………………………………………………………  23

C.     Teknik Dasar Permainan Sepak Bola …………………………………………….  24

BAB III : PENUTUP …..………………………………..………………..…………….  26

3.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………………..  26

3.2 Saran………………………………………………………………………………………………  26

DAFTAR PUSTAKA …….………………………………….……………………….. 27

BAB I

PENDAHULUAN

            Latar Belakang

Olahraga adalah salah satu bentuk dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi, serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional. Kegiatan olahraga mencakup berbagai macam cabang seperti bola besar, bola kecil, atletik, dan lain – lain. Sebagai contoh yang biasa dibahas dalam bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yakni terutama dalam bidang Atletik, Bola basket, dan Sepak Bola sebagai topik pembahasan dalam makalah kami.

Adapun latar belakang khusus pembuatan makalah ini yakni terutama untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan sebagaimana ditentukan, kemudian juga dipergunakan untuk dasar pembelajaran kami dalam mata pelajaran tersebut
semoga bener ya jgn lupa di( follow)

14. Jelaskan dengan singkat 3 hal yang perlu di ketahui dalam penyusunan makalah

Jawaban:

1)menentukan tema.

2)menentukan judul.

3)mengumpulkan bahan referensi.

4)membaca referensi makalah dengan tema sejenis.

5)Menulis makalah secara sistematis.

6)Penambahan kutipan.

7)menyunting makalah.

Jawaban:

pernyataan yg di ungkap sesuai data lapangan

15. Makalah tentang pahlawan di indonesia yg singkat dan jelas. Mohon bantuannya

Jawaban:

1 SEJARAH PERJUANGAN RAJA SISINGAMANGARAJA XII Makalah Pahlawan Nasional Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Oleh Lano Arintaka (3412110012) PROGRA
M STUDI AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DEPOK 2015

2. 2 KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat yang dilimpahkannya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik, yang berjudul “Sejarah Perjuangan Raja Sisingamangaraja XII”. Adapun makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pendidikan kewarganegaraan yang telah setia memberikan arahan dan pengajaran kepada mahasiswa/i umumnya dan kepada penulis khususnya selama mengikuti perkuliahan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sejawat, mahasiswa/i yang telah turut berpartisipasi langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian penyusunan makalah ini. Penulis menyadari, dalam penulisan makalah ini masih terdapat berbagai kekurangan dan kesalahan karena kurangnya buku yang bisa dijadikan sebagai panduan serta karena keterbatasan waktu. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sekalian untuk kelengkapan dan kesempurnaan makalah ini dikemudian harinya.

3. 3 Harapan penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian umumnya dan bagi penulis khususnya untuk memahami bagaimana Perjuangan Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII. Depok, 4 Mei 2015 Lano Arintaka

16. Makalah pangeran antasari yang singkat

Jawaban:

Ia adalah Sultan Banjar. Pada 14 Maret 1862, dia dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar (Sultan Banjar) dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin dihadapan para kepala suku Dayak dan adipati (gubernur) penguasa wilayah Dusun Atas, Kapuas dan Kahayan yaitu Tumenggung Surapati/Tumenggung Yang Pati Jaya Raja

17. Ada yang bisa bantu kirim makalah program dan metode latihan cabang olahraga bola voli

lakgkslahdibandung

maafkalausalah

18. jelaskan tentang pengertian permainan bola voli.btuh bngt jawaban yg agak sedikit bnyak soalny buat ngisi makalah pls bntu​

Penjelasan :

Bola voli adalah permainan olahraga bola voli juga digolongkan sebagai bola besar.

Dan juga permainan yang dilakukan dengan menggunakan tangan untuk memukul bola hingga melewati net atau jaring serta dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing jumlah anggotanya sebanyak enam orang tim .

[tex]__________________________________________[/tex]Semoga Membantu

bola voli adalah salah satu olahraga permainan bola besar dan yang dimainkan oleh dua tim di lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net.

19. bagaimana cara mengatasi kesulitan yg ditemukan atau dialami pada saat mempelajari teknik dasar bola voli?buat ringkasan yak jan lupa,mau bikin makalah soalnya​

Jawaban:

Ketika kita mau bermain bola Voli. badan harus tinggi dan lentur.

Video Terkait