Langkah Pengeboran Lubang Yang Benar Pada Mesin Bubut Adalah

  Edukasi
Langkah Pengeboran Lubang Yang Benar Pada Mesin Bubut Adalah

Tuliskan langkah² untuk mengebor lubang dengan menggunakan mesin bor tangan

Daftar Isi

1. Tuliskan langkah² untuk mengebor lubang dengan menggunakan mesin bor tangan

Jawaban:

Pilih alat bor dengan kekuatan yang dianjurkan. …

Lihat kondisi permukaan yang akan dibor. …

Agar titik pengeboran dapat tepat, maka titik itu harus ditandai terlebih dahulu dengan alat tulis atau paku.

Posisi mata bor harus tegak lurus dengan titik yang akan dibor.

Perhatikan cara berdiri ketika mengebor.

Penjelasan:

maaf jika salahjangan lupa untuk follow❤❤

2. Jelaskan langkah-langkah memeriksa kebenaran program CNC di mesin bubut CNC GSK 928TE!​

Berikut adalah

Persiapkan program CNC: Pastikan program CNC yang akan dijalankan telah dibuat dan dipersiapkan dengan benar oleh pengguna atau programmer. Pastikan program sudah dipindahkan ke mesin melalui transfer data atau media penyimpanan lain yang kompatibel.

Load program ke mesin: Load program ke mesin dengan ca
ra memasukkan file program CNC ke dalam mesin melalui media penyimpanan yang terhubung ke mesin.

Verifikasi program: Setelah program di-load ke mesin, verifikasi program CNC dengan cara mengecek baris per baris program CNC yang ditampilkan di layar kontrol mesin. Pastikan setiap baris program mengandung perintah yang benar dan sesuai dengan spesifikasi mesin.

Simulasi: Setelah program diverifikasi, jalankan program CNC dalam mode simulasi untuk memeriksa apakah program berjalan dengan benar atau tidak. Pada mode simulasi, mesin akan menampilkan grafik visual program CNC dan melakukan simulasi gerakan alat potong di atas material. Periksa secara visual untuk memastikan bahwa program berjalan dengan benar.

Uji trial run: Setelah program di-simulasikan dan dinyatakan benar, jalankan program CNC dalam mode trial run atau uji coba. Mode ini memungkinkan mesin melakukan gerakan potongan di atas benda kerja dengan kecepatan yang rendah. Periksa secara visual apakah program berjalan dengan benar dan cek hasil potongan pada benda kerja.

Produksi: Jika semua tahap sebelumnya telah berhasil dan program dinyatakan benar, maka program CNC dapat dijalankan dalam mode produksi dengan kecepatan yang diinginkan.

Setelah program dijalankan dalam mode produksi, periksa hasil potongan dan benda kerja secara berkala untuk memastikan bahwa program CNC berjalan dengan benar. Selalu periksa kondisi alat potong dan suhu mesin untuk mencegah kerusakan mesin akibat penggunaan yang tidak benar.

3. Langkah langkah membuat kollet mesin bubut

Jawaban:

Cara menggunakan collet pada mesin bubut manual

Cara menggunakan collet pada mesin bubut

Penggunaan collet pada mesin bubut standar, dipasang pada spindel kepala tetap dan masih memerlukan dudukan/rumah kolet (collet adapter) dan batang penarik (drawbar), perhatikan Gambar di atas. Langkah pemasangan collet pada kepala tetap mesin bubut dapat dilakukan sebagai berikut:

Rumah collet dipasang terlebih dahulu pada spindel kepala tetap. Pastikan bahwa cekam sudah tidak terpasang pada spindel mesin yang akan menggunakan collet.

Selanjutnya collet dimasukkan ke dalam rumah collet dengan benar/lurus.

Kemudian batang penarik dimasukkan ke dalam rongga spindel mesin dari arah belakang. Pastikan posisinya sudah benar

Kemudian mur pemutar pada batang penarik diputar searah jarum jam sehingga uliran batang penarik berpasangan dengan uliran pada ujung collet.

Apabila colllet tersebut akan digunakan untuk menjepit benda kerja, maka benda kerja dengan ukuran diameter yang sesuai dimasukkan ke dalam lubang collet, selanjutnya batang penarik diputar terus sampai ketat sehingga collet akan tertarik masuk ke dalam lubang tirus rumah kolet, sehingga benda kerja akan terjepit dengan kuat.

Penjelasan:

Collet merupakan salah satu kelengkapan mesin bubut yang memiliki fungsi khusus. Collet digunakan untuk menjepit/mencekam benda kerja yang sudah memiliki permukaan yang halus dan ukuran diameter yang kecil. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan collet pada mesin bubut manual. Tidak semua jenis pekerjaan pada mesin bubut memerlukan alat bantu yang berupa collet, tetapi hanya pekerjaan khusus tertentu yang akan memerlukan collet untuk mencekam benda kerja yang akan dikerjakan.

Macam macam cekam mesin bubut dan fungsinya

Jenis pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut

Collet biasanya digunakan untuk benda kerja yang memerlukan pengerjaan dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Collet memiliki kontruksi berbentuk silinder dengan kepala yang dibuat tirus dan ukuran badan collet yang lebih ramping yang memiliki alur-alur atau belahan pada sepanjang kepala dan sebagian badannya. Selain itu pada bagain ujung collet terdapat ulir. Bentuk lubang pencekam pada collet ada yang berbentuk bulat segi empat maupun segi enam. Collet juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsi penggunaannya, di mana ukuran diameter benda kerja yang dapat dijepit oleh collet tersebut dapat dilihat pada bagian muka collet.

Collet hanya digunakan pada pekerjaan dengan benda kerja yang memiliki diameter kecil dan permukaan halus. Cara menggunakan collet pada mesin bubut harus dilakukan dengan prosedur yang benar dan selamat.

4. bagian mesin pada mesin bubut

Berikut ini beberapa bagian yang terdapat pada mesin bubut seperti.

Headstock atau kepala tetap, tempat transmisi gerak atau pengaturan putaran. Tailstock atau kepala lepas, sebagai penyangga benda kerja yang panjang. Toolpost atau tempat pahat, sebagai dudukan bagi pahat bubut. Spindle, sebagai tempat untuk pemasangan benda kerja. Lead crew atau ulir pembawa, sebagai kabel pemandu untuk membuat benang. Feedrod atau poros penjalan, berfungsi dalam menyalurkan tenaga dari gear box. Carriage atau eretan, berfungsi mengarahkan pahat kea rah silang. Bed atau alas mesin, berfungsi sebagai dudukan eretan. Gear box atau lemari roda gigi, berfungsi dalam mentransmisikan daya dari spindle ke arah sekrup utama. Chuck, digunakan untuk menjepit benda kerja.

Penjelasan:

Berikut ini beberapa perlengkapan dari mesin bubut.

Pahat bubut yang merupakan alat untuk memotong benda kerja yang dipasang di tool post. Alat pencekam benda kerja, yang berfungsi sebagai penjepit. Senter, berfungsi dalam menahan suatu titik yang ada pada poros dari kedua ujung benda kerja. Eretan, dipasang bersama plat pembawa. Penyangga, berfungsi menyangga benda kerja. Kartel, berfungsi membuat lekukan kecil pada benda kerja.

» Pelajari Lebih Lanjut:

Materi tentang pengertian mesin bubut, https://brainly.co.id/tugas/13714356 Materi tentang fungsi utama mesin bubut, https://brainly.co.id/tugas/13883327 Materi tentang perlengkapan mesin bubut, https://brainly.co.id/tugas/20303686

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode           : –

Kelas          : SMP

Mapel         : Wirausaha

Bab             : –

#TingkatkanPrestasimu

5. 1.tuliskan persiapan2 membubut/kerja dg mesin bubut. 2.langkah langkah membubut muka / facing. 3.cara membubut lurus/ rata. 4.jelaskan cara men_champer. tolong bantu jwab mkasi.

Jawaban:

Penjelasan:

Ia

6. Tuliskan langkah” untuk mengebor lubang dgn menggunakan bor listrik

Jawaban:

Kenakan pakaian yang mendukung keamanan Anda dilengkapi pelindung muka dan sarung tangan. Dapatkan sarung tangan yang dipakai memiliki ukuran yang pas tidak perlu tersangkut di mesin bor.

Tentukan posisi titik yang akan dibor. Jika perlu, Anda harus mengukurnya menggunakan penggaris untuk mendapatkan posisi yang pas. Berikan tanda pada titik tersebut merupakan tanda silang.

Lakukan persiapan awal dengan mempelajari mesin dalam kondisi normal. Periksa sumber daya untuk memastikannya telah terpasang dengan benar. Cek apakah ada tegangan listrik sudah sesuai dengan kebutuhan mesin atau belum.

Pasanglah mata bor pada kedudukannya. Jangan lupa untuk mengencangkannya menggunakan kunci khusus / kunci yacob yang biasanya sudah disertakan termasuk produk bor tangan tersebut.

Agar posisi benda yang akan dibor tidak goyah, Anda bisa menjepit posisinya pada wakil / ragum. Bila Anda ingin melubangi keramik dinding , maka langkah ini tentu tidak perlu dilakuka
n.

Buatlah lubang awal sebagai tumpuan mata bor agar tidak mudah meleset dari titik yang diinginkan. Caranya adalah Anda dapat mengetukkan tetes (alat pembuat titik) tepat pada titik bidang yang akan dibor. Tidak perlu terlalu dalam, cukup sekiranya bisa digunakan sebagai tumpuan mata bor.

Setiap lubang yang ingin Anda buat, mulailah dengan memakai mata bor yang perlu kecil lalu mulai ukurannya meningkat sedikit demi sedikit. Misalnya saat permulaan, Anda bisa mengandalkan mata bor yang berdiameter 2-4 mm.

Posisi Arah mesin bor selama proses berlangsung harus benar-benar lurus dengan bidang yang ingin dibor. Tujuannya Tentu saja agar lubang yang dihasilkan lebih rapi dan mata bor tidak akan patah.

Coba nyalakan mesin bor tangan Anda. Atur kecepatan perputarannya sesuai dengan keinginan. Silakan minta mesin tersebut untuk membuat lubang pada bidang yang dikehendaki.

Setelah diterima lubang yang dibuat sudah memiliki kedalaman dan diameter sesuai keinginan, Anda bisa mematikan mesin tersebut. Tunggu selama beberapa saat selesai perputaran pada mata.

Lakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan Anda. Jika lubang yang terbentuk masih belum sempurna, Anda bisa merapikannya kembali.

Setelah yakin pekerjaan Anda sudah selesai, simpanlah mesin bor ini di tempat semula. Buka mata bor terlebih dahulu. Kemudian cabut juga bagian sumber listrik-nya.

Jagalah kebersihan area kerja dan semua peralatan kerja yang Anda miliki.

Jawaban:

Kenakan pakaian yang mendukung keamanan Anda dilengkapi pelindung muka dan sarung tangan. Dapatkan sarung tangan yang dipakai memiliki ukuran yang pas tidak perlu tersangkut di mesin bor.

Tentukan posisi titik yang akan dibor. Jika perlu, Anda harus mengukurnya menggunakan penggaris untuk mendapatkan posisi yang pas. Berikan tanda pada titik tersebut merupakan tanda silang.

Lakukan persiapan awal dengan mempelajari mesin dalam kondisi normal. Periksa sumber daya untuk memastikannya telah terpasang dengan benar. Cek apakah ada tegangan listrik sudah sesuai dengan kebutuhan mesin atau belum.

Pasanglah mata bor pada kedudukannya. Jangan lupa untuk mengencangkannya menggunakan kunci khusus / kunci yacob yang biasanya sudah disertakan termasuk produk bor tangan tersebut.

Agar posisi benda yang akan dibor tidak goyah, Anda bisa menjepit posisinya pada wakil / ragum. Bila Anda ingin melubangi keramik dinding , maka langkah ini tentu tidak perlu dilakukan.

Buatlah lubang awal sebagai tumpuan mata bor agar tidak mudah meleset dari titik yang diinginkan. Caranya adalah Anda dapat mengetukkan tetes (alat pembuat titik) tepat pada titik bidang yang akan dibor. Tidak perlu terlalu dalam, cukup sekiranya bisa digunakan sebagai tumpuan mata bor.

Setiap lubang yang ingin Anda buat, mulailah dengan memakai mata bor yang perlu kecil lalu mulai ukurannya meningkat sedikit demi sedikit. Misalnya saat permulaan, Anda bisa mengandalkan mata bor yang berdiameter 2-4 mm.

Posisi Arah mesin bor selama proses berlangsung harus benar-benar lurus dengan bidang yang ingin dibor. Tujuannya Tentu saja agar lubang yang dihasilkan lebih rapi dan mata bor tidak akan patah.

Coba nyalakan mesin bor tangan Anda. Atur kecepatan perputarannya sesuai dengan keinginan. Silakan minta mesin tersebut untuk membuat lubang pada bidang yang dikehendaki.

Setelah diterima lubang yang dibuat sudah memiliki kedalaman dan diameter sesuai keinginan, Anda bisa mematikan mesin tersebut. Tunggu selama beberapa saat selesai perputaran pada mata.

Lakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan Anda. Jika lubang yang terbentuk masih belum sempurna, Anda bisa merapikannya kembali.

Setelah yakin pekerjaan Anda sudah selesai, simpanlah mesin bor ini di tempat semula. Buka mata bor terlebih dahulu. Kemudian cabut juga bagian sumber listrik-nya.

Jagalah kebersihan area kerja dan semua peralatan kerja yang Anda miliki.

7. Keunggulan mesin bubut CNC dibandingkan dengan mesin bubut konvensional adalah …​

Contoh keunggulan mesin bubut CNC dibandingkan dengan mesin bubut konvensional adalah memiliki sistem automatisasi. Sehingga mesin tersbeut dapat digunakan secara automatis dan mengugrangi tenaga manusia yang dibutuhkan.

Pembahasan

Teknologi definisnya menurut istilah merupakan sesuatu yang digunakan manusia untuk memepermudah kehidupannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa teknologi sudah seharunya memiliki dampak manfaat bagi kehidupan manusia. Adapun hal-hal yang termasuk manfaat dari penggunaan teknologi adalah:

Teknologi berguna untuk memudahkan dalam pencarian informasi/berita.Teknologi berguna untuk menghasilkan peluang usaha baruTeknologi berguna untuk meningkatlan efisiensi waktu dan operasionalTeknologi berguna untuk memperluas wawasan siswa dan guruTeknologi berguna untuk menghilangkan berbagai penyakit yan terkandung dalam makananPelajari lebih lanjutMateri tentang perkembangan teknologi brainly.co.id/tugas/5075411Materi tentang perkembangan teknologi komunikasi brainly.co.id/tugas/45262166Materi tentang manfaat teknologi brainly.co.id/tugas/7534947

===========================

Detail Jawaban

Kelas: –

Mapel : Umum

Bab:

Kode: –

#TingakatkanPrestasimu #SPJ3

8. jelaskan perbedaan mesin bubut manual dan mesin bubut otomatis!​

jawaban:

Bubut konvensional digerakkan manual oleh operator.

Bubut CNC digerakkan oleh motor yang dikendalikan komputer melalui bahasa numerik.

Yang digerakkan baik itu axis, spindle, ataupun aksesorisnya (coolant, chuck, tail stock)

CNC kan kepanjangannya computer numerically control. Atau jika dibahasa-indonesiakan adalah Kendali komputer secara numerik.

Penjelasan:

maaf kalau salah

9. jelaskan langkah langkah pengerjaan pengujian geometrik pada garis luncur eretan dan kepala lepas mesin bubut

Pelatihan Teknologi Pengujian Geometrik Mesin Untuk Meningkatkan Kompetensi

Pembelajaran Praktik Kerja Mesin Bagi Guru SMK

se-wilayah DIY

1. Analisis Situasi

Untuk mendapatkan hasil praktik kerja mesin yang baik tidak hanya ditunjang oleh

peralatan yang baik, tetapi juga harus didukung oleh keterampilan guru praktik. Survei yang

telah dilakukan di beberapa SMK di wilayah DIY menunjukkan bahwa, 50-60% peralatan

praktik di SMK kondisinya tidak terpelihara dengan baik terutama kualitas geometriknya. Hal

itu disebabkan umur pakai (life time) mesin sudah terlalu lama dan tidak presisi lagi.

Sedangkan untuk menambah mesin-mesin perkakas baru harganya sangat mahal, praktis

tidak terjangkau SMK pada umumnya. Sementara itu, kegiatan pembelajaran praktik harus

tetap berjalan dengan baik. Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah kemampuan

dalam menguji kualitas geometrik mesin .

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru praktik belum memiliki

kemampuan untuk melakukan pengujian kualitas geometrik mesin perkakas, sehingga kondisi

mesin yang mereka miliki tidak standar lagi. Dalam hal lain, pihak sekolah terhambat dengan

minimnya biaya maintenance untuk mesin, bilamana mereka harus mendatangkan .

10. jelaskan perbedaan yang terdapat pada mesin bubut copy dan mesin bubut biasa​

•mesin bubut copy

bubut copy merupakan penyayatan yang menghasilkan bentuk b
enda kerja sesuai dengan geometri benda replika yang telah ada. Replika tersebut ditransmisikan dengan eretan melintang dan eretan memanjang,sedangkan.

•mesin bubut biasa

Mesin bubut konvensional adalah mesin perkakas atau mesin bubut biasa yang memproduksi benda benda bentuk silindris.Mekanisme gerakan eretan,memasang eretan melintang dan eretan atas di layani dengan hendel hendel secara manual(dengan tangan),baik secara otomatis maupun langsung.

semoga bermanfaat

Jawaban:•mesin bubut copy

bubut copy merupakan penyayatan yang menghasilkan bentuk benda kerja sesuai dengan geometri benda replika yang telah ada. Replika tersebut ditransmisikan dengan eretan melintang dan eretan memanjang,sedangkan.

•mesin bubut biasa

Mesin bubut konvensional adalah mesin perkakas atau mesin bubut biasa yang memproduksi benda benda bentuk silindris.Mekanisme gerakan eretan,memasang eretan melintang dan eretan atas di layani dengan hendel hendel secara manual(dengan tangan),baik secara otomatis maupun langsung.

Penjelasan:

11. jelaskan langkah langkah persiapan pengujian geometrik pada garis luncur eretan dan kepala lepas mesin bubut

Jawaban:

PENGETESAN MESIN PERKAKAS

A. STANDART PENGETESAN

Mesin-mesin perkakas adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pembuat komponen

atau macam-macam benda kerja misalnya komponen-komponen permesinan, perkakas-

perkakas untuk keperluan industri, benda-benda untuk kebutuhan rumah tangga, dan benda-

benda lain yang merupakan hasil pengerjaan mesin perkakas. Adapun yang disebut dengan

mesin perkakas di sini adalah mesin bubut, mesin frais, mesin sekrap atau mesin ketam,

mesin gerinda silinder dan gerinda datar, dan mesin perkakas yang lain yang fungsinya

sebagai pembuat produk komponen permesinan.

Jenis komponen yang dihasilkan oleh mesin-mesin perkakas tersebut pada

prinsipnya adalah, komponen untuk keperluan perakitan dan jenis komponen yang tidak

perlu dirakit. Untuk keperluan yang perlu dirakit atau perlu disatukan dengan komponen

yang lain (baik dalam satu pabrik ataupun antar pabrik), maka untuk:

– ketelitian ukuran

– bentuk yang ideal, dan

– dimensi-dimensi lain

dari komponen tersebut harus betul-betul terpenuhi sesuai dengan kualitas yang diminta.

Sehingga komponen tersebut kalau disetel atau dirakit, tidak memerlukan waktu banyak

untuk mengadakan penyesuaian di antara komponen yang dirakit.

Jika demikian, maka mesin perkakas yang digunakan untuk mengerjakan

komponen tersebut harus bias memenuhi ketelitian atau kualitas yang diminta oleh

komponen yang dikerjakan, dalam arti ketelitian mesin perkakas (ketelitian geometris)

harus betul-betul memenuhi standard yang sudah ditentukan. Apalagi kalau mesin-mesin

perkakas tersebut sudah dipakai, yang mungkin dalam pemakaian tersebut tidak selalu

dikontrol, maka jelas mesin itu tidak akan bisa bekerja dengan teliti, sehingga hasilnyapun

tidak sesuai dengan ketelitian yang diminta.

12. Tujuan pengeboran lubang – lubang berdiameter besar adalah?​

Jawaban:

Kegiatan pemboran merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk. membuat lubang tembak pada aktivitas peledakan.

Penjelasan:

MAAF KLO SALAHJADIKAN INI JAWABAN TERCERDAS PLZ

13. pengeboran adalah suatu pembuatan lubang dengan memutarkan​

Jawaban:

mata bor/ alat bor

Penjelasan:

semoga membantu:)

Jawaban:

Alat bor

maaf kalo salah

14. langkah apa sajakah yg diambil utk pengamanan mesin saat mengoprasikan mesin bubut

berhatihati dan harus menguasainya

 Melihat dan Mengenali Mesin
1) Kepala Lepas

Kepala lepas pada mesin bubut harus berjalan dengan lancar. Sistem tanggemnya juga harus diperhatikan masih berjalan dengan sempurna atau tidak. Pastikan semua berfungsi dengan sempurna agar tidak mengganggu pekerjaan. Adapun jika kepala lepas ini rusal, semisal pada sistem tanggemnya, akan membuat kepala lepas mundur dan pekerjaan menjadi terganggu.

2) Spindel

Spindel dalam bagian ini yaitu kita harus mengecek putaran spindel apakah stabil atau tidak, serta kecepatan putarnya sesuai pada tabel atau tidak. Dan diperhatikan ada suara aneh atau tidak di dalam mesin bubut itu sendiri.

3) Rumah Pahat / Tool Post

Dalam rumah pahat yang perlu diperhatikan sendiri yaitu dalam pengunciannya. Yaitu pada fungsi pengunci pahatnya dan pengunci sudutnya. Diusahakan semuanya berfungsi sedemikian rupa. Jika pengunci tidak sempurna maka dalam pengerjaan akan merubah posisi pahat yang berimbas pada hasil pengerjaannya seperti menjadi tidak presisi, bahkan pahat terlepas dari rumah pahat.

4) Aliran Coolant

Yang dimaksud dalam aliran coolant sendiri yaitu pada selang coolantnya, pastikan coolant mengalir dengan sempurna tanpa ada yang terhambat, serta sirkulasi coolant berjalan dengan lancar agar tidak terhambat. Kita harus menjaga kebersihan aliran coolant agar aliran tidak mampat.

5) Rem
Ada beberapa tipe mesin bubut saat ini yang menggunakan rem. Tujuan rem sendiri agar pada saat pengerjaan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kita bisa langsung mematikan mesin kemudian menginjak rem untuk menghentikan putaran dan mengurangi kesalahan. Pastikan rem berfungsi dengan baik.

6) Kelistrikan
Kelistrikan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan mesin bubut. Pastikan tegangan listrik yang dibutuhkan mesin bubut memenuhi kriteria minimum mesin bubut. Begiu juga kita harus memeriksa kelistrikan pada mesin bubut itu sendiri, dicek apakah ada beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya konsleting pada mesin bubut.

7) Tombol
Pastikan tombol – tombol pada mesin bubut berjalan sesuai fungsinya. Misal pada tombol emergency harus berfungsi dengan sedemikian rupa.

15. sebutkan langkah-langkah pemeliharaan mesin pelubang kertas?​

tidak disimpan di tempat lembah agar tidak berkarat pemotong nya

jika berdebu) bisa di lap pake tisu kering atau slime =

16. tuliskan langkah langkah melakukan try run pada mesin cnc bubut​

Jawaban:

hidupkan mesin telan mesin kau mati

Penjelasan:

mohon maap tak tahu saya

17. Jelaskan pengertian membubut dengan mesin bubut

Jawaban:

kita akan menggergaji kayu,tetapi dengan mesin yang otomatis dan tidak manual

18. ada berapa macam mesin bubut….?

ada 3 macam
maaf kalo salah

19. Mesin bubut yang melaksanakan dua mekanisme gerakan eretan
yaitu eretan melintang dan atas,cirri-ciri tersebut merupakan ciri-ciri dari mesin bubut yaitu mesin bubut..

Jawaban:

Sudut yang sesuai.

Penjelasan:

______________________________________

password:2245

“Ayo Semangat Belajar”

#AyoBelajar

#JanganMalas

#BackToSCHOLL2020

#JanganLupaBeriBintang5

#Mapel;IPA.

Video Terkait