Kunci Jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 113

  Edukasi
Kunci Jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 113

kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 113 uji kompetensi 4.2 ​

1. kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 113 uji kompetensi 4.2 ​

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

Keragaman agama di Indonesia disebabkan oleh letak geografisnya yang berada di antara dua samudera dan dua benua membuat Indonesia termasuk ke dalam jalur lalu lintas perdagangan internasional. Masuknya para pedagang dari penjuru dunia ke Indonesia menyebabkan adanya keragaman agama yang mereka sebarkan. Sebagai buktinya adalah para pedagang Gujarat yang menyebarkan agama Islam, agama kristen dan nasrani disebarkan oleh para pedagang dari bangsa Eropa, kemudian ada agama Hindu dan Buddha yang dibawa oleh bangsa India.

Jelaskan 3 manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!

Keberagaman dapat meningkatkan sikap toleransi yang dimiliki setiap warga sekolah.Belajar untuk saling menghormati dan menghargai setiap warga sekolah.Menumbuhkan sikap kesatuan dan persatuan.Mengenal berbagai macam budaya, adat istiadat, agama, dan lain lain.

Bagaimana upaya agar keragaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

Saling menghargai dan menghormati orang lain yang memiliki, budaya, agama, bahasa, hingga adat istiadat yang berbeda.Tanamkan jiwa kesatuan dan persatuan.Beri kesadaran bahwa setiap individu di dunia ini berbeda dan beragam.Tanamkan sikap saling tolong menolong dan membantu sesama tanpa membeda bedakan.Tanamakan sikap saling mengasihi antar sesama manusia tanpa membeda bedakan.

Pembahasan

Keragaman merupakan bentuk sosial dimana terjadinya perbedaan yang menjadi ciri khas dalam setiap individu di dalam sebuah kelompok, masyarakat, hingga suatu bangsa. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari interaksi sosial manusia, karena sejatinya manusia itu beragam dan berbeda baik dilihat dari bahasa, suku, ras, agama, budaya, maupun dilihat dari status ekonomi dan tingkat pendidikan.

Keragaman dapat menjadi potensi persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat bila diolah dan diarahkan dengan baik. Namun, dapat menjadikan perpecahan bangsa pula. Oleh sebab itu kita harus memiliki sikap saling mengasihi, menolong, menghargai, menghormati, dan sebagainya agar kita
tidak senantiasa memiliki pemikiran untuk menyakiti orang lain.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang penyebab keragaman agama di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/2068218Materi tentang manfaat keragaman https://brainly.co.id/tugas/10098454Materi tentang upaya agar keragaman tidak menimbulkan perpecahan https://brainly.co.id/tugas/2014031

Detail jawaban

Kelas: VII

Mapel: PPKN

Bab: Pembelajaran Keregaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Kode: 7.9.4


#AyoBelajar

2. kunci jawaban buku paket PKN kelas 7 uji kompetensi 4.1 halaman 113 tolong pliss​

Jawaban:

1. Karena ras, lingkungan geografik, dan latar belakang sejarah.

2. 1. Suku Batak

Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang dimana berasal dari daerah pronvinsi Sumatera Utara, Indonesia lebih tepatnya sendiri, suku Batak ini berasal dari daerah Pantai Barat dan Pantai TImur. Suku Batak sendiri adalah salah satu dari suku bangsa yang besar di Indonesia. Untuk klasifikasinya sendiri, Suku Batak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yang dapat dianggap sebagai suku batak, yaitu Suku Toba, Suku Karo, Suku Pak Pak, Suku Simalungun, Suku Angkola, dan Suku Mandialing. Suku ini memilik bahasa yang dimana digunakan pada kehidupan sehari-harinya yaitu Bahasa Angkola, Bahasa Mandailing, Bahasa Pak Pak, Bahasa Simalngun, Bahasa Toba, dan Bahasa Toba. Untuk pakaian daerahnya sendiri, suku Batak ini menggunakan pakaian yang disebut dengan pakaian Ulos.

2. Suku Minang

Suku Minang adalah sebuah suku yang berasal dari daerah hampir sebagian dari wilayah daratan Pulau Sumatera, yaitu meliput daerah Provinsi Sumatera Barat,sebagian dari Provinsi Riau, sebagian utara dari Provinsi Bengkulu, sebagian barat dari Provinsi Jambi, Pantai Barat dari Provinsi Sumatera Barat, sebagian barat daya dari Provinsi Aceh, dan daerah Negeri Sembilan di Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan oleh suku Minang ini juga ada beberapa yaitu Bahasa Minang, Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Melayu. Kemudian, untuk pakaian adat dari suku Minang tersebut dikenal juga dengan sebutan Bundo Kanduang.

3. Suku Betawi

Suku Betwai adalah orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta. Kemudian untuk bahasa yang digunakan adalah Bahasa Betawi dan Bahasa Indonesia.

Untuk pakaian adat sendiri pakaian ini disebut dengan pakaian Baju Ujung Serong.

3. Daerah bali :a.putri cening ayu

b.tari kecak

c.gong

jawa barat :a.bubuy bulan

b.tari jaipong

c.angklung

yogyakarta :a.suwe ora jamu

b.tari langen mandra wanara

c.gamelan

3. kunci jawaban PKN halaman 143 aktivitas 6.2 kelas 7​

Jawaban:

https://seputarlampung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-973673247/kunci-jawaban-pkn-kelas-7-smp-halaman-143-aktivitas-62-peristiwa-sebelum-proklamasi-dilaksanakan

1.Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa penting menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Peristiwa ini diawali dengan ketidakcocokan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada 16 Agustus 1945.

2.Ketegangan antara golongan tua dan golongan muda muncul dalam menyikapi peristiwa kekalahan Jepang dari Sekutu. Perbedaan pandangan tentang kapan waktu yang tepat mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia antara golongan muda dan golongan tua itulah yang melatarbelakangi ketegangan tersebut.

3.1) Ir. Soekarno, Beliau merupakan Presiden Indonesia yang pertama, beliau pula yang disebut Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Moh. Hatta karena menyusun, mengesahkan dan membaca Teks Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

2) Mohammad Hatta, Beliau ikut dalam penyusunan teks Proklamasi serta mengesahkannya bersama Ir. Soekarno lalu kemudian memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada 17 agustus 1945.

3) Sayuti Melik, Beliau tercatat di dalam sejarah Indonesia sebagai pengetik dari naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dibaca pada tanggal 17 Agustus 1945.

4) Fatmawati, Beliau dikenal sebagai sosok yang telah menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang pada tanggal 17 agustus 1945 dikibarkan dalam upacara Proklamasi Kemerdekaan di Jakarta.

Laksamana Tadashi Maeda, Beliau merupakan orang Jepang yang rela membantu Indonesia karena simpati akan nasib rakyat Indonesia. Perannya ialah mempersilahkan kediamannya menjadi tempat penyusunan naskah Proklamasi oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Achmad Soebardjo dan sang juru ketik Sayuti Melik.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 4 tokoh pendiri negara dengan perannya masing-masing dalam peristiwa proklamasi adalah Ir. Soekarno & Mohammad Hatta berperan untuk menyusun, mengesahkan dan membaca Teks Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Sayuti Melik berperan sebagai pengetik dari naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Fatmawati berperan dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih Indonesia..

#semogamembantu

#tetapsemangat

4. kunci jawaban tema 9 kelas 6 Halaman 113​

Jawaban:

Yo ndak tahu tanya kok tanya saya

5. kunci jawaban kelas 8 PKN halaman 47​

Jawaban:

Pada Aktivitas 2.4 Halaman 44 Kelas 8 Semester 1, kita diminta untuk mendiskusikan bagaimana upaya yang dapat kita lakukan guna mewujudkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai lingkungan. Berikut akan kakak sebutkan dan jelaskan.

Pembahasan

1. Perwujudan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut :

Belajar dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tidak melanggar aturan dan menegakan aturan yang berlaku di sekolah dengan sebaik mungkin untuk mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Berusaha menciptakan inovasi teknologi terbaru untuk mewujudkan tujuan negara memajukan kesejahteraan umum.

Tidak melakukan aksi tawuran untuk mewujudkan tujuan negara ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

2. Perwujudan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan pergaulan antara lain sebagai berikut :

Bergaul dengan teman tanpa membeda-bedakan serta saling melindungi untuk mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Membantu teman mengerjakan PR maupun belajar untuk mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa.

Mendukung serta membantu memajukan usaha yang digeluti teman untuk mewujudkan tujuan negara memajukan kesejahteraan umum.

Bersikap adil kepada teman untuk mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

3. Perwujudan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan masyarakat antara lain sebagai berikut :

Memberikan bantuan kepada fakir miskin untuk mewujudkan tujuan nega
ra memajukan kesejahteraan umum.

Memprioritaskan kepentingan negara dan umum di atas kepentingan individu/golongan untuk mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia

Ikut membantu pembangunan perpustakaan umum untuk mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berpartisipasi dalam penjagaan keamanan desa yang ada dengan penuh tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan negara ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pelajari Lebih Lanjut :

Tujuan Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, baca di brainly.co.id/tugas/2856356

Penjelasan Indonesia melakukan hubungan Internasional berdasarkan UUD 1945, baca di brainly.co.id/tugas/13956898

Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, baca di brainly.co.id/tugas/16830884

Detail Jawaban

Kelas : VIII

Mapel : PPKn

Bab : Kelas 8 PPKn Bab 2 – Konstitusi yang Pernah Digunakan di Indonesia

Kode : 8.9.2

Kata Kunci : Tujuan NKRI, berdasarkan Pembukaan UUD 1945, Jawaban, Pembahasan PPKn.

6. Kunci jawaban pkn kelas 7 kurikulum 2013 halaman 92

Jawaban:

Maaf ya kalau salah….

Penjelasan:

Agama islam

1. kitab suci: Al Qur’an

2. Tempat ibadah: masjid

3. Hari besar: idul fitri, idul adha, maulid nabi

4. Upacara keagamaan: tidak ada

Protestan

1. Kitab suci: Al kitab

2. Tempat ibadah: gereja

3. Hari besar: natal, paskah, jumat agung

4. Upacara keagamaan: tidak tau

Katolik

1. Kitab suci: Al kitab

2. Tempat ibadah: gereja

3. Hari besar: natal, jumat agung, paskah pemkasta, hari sabat

4. Upacara keagamaan: tidak tau

Hindu

1. Kitab suci: wedha

2. Tempat ibadah: pura

3. Hari besar: galungan, nyepi, diawar

4. Upacara keagamaan: tidak tau

Budha

1. Kitab suci: tripitana

2. Tempat ibadah: vihara

3. Hari besar: waisak

4. Upacara keagamaan: tidak tau

Konghucu

1. Kitab suci: sushuwujing

2. Tempat ibadah: klenteng

3. Hari besar: imlek, cap go meh

4. Upacara keagamaan: tidak tau

Semoga membantu ya….

7. kunci jawaban dari tabel 1.1 halaman 12 buku PKN kelas 7​

Latar Belakang perubahan rumusan dasar negara sila pertama naskah piagam adalah adanya wakil-wakil Protestan dan Katolik yang merasa keberatan dengan kalimat “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Pembahasan

Pendiri negara pengusul rumusan dasar negara.

Uraian :  

Moh. Yamin Mr. Soepomo Ir. Soekarno

Pelajari juga tentang isi materi pembahasan sidang pertama dan kedua BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang, baca di brainly.co.id/tugas/7870399  

Anggota Panitia Kecil.

Uraian:  

Ir. Soekarno sebagai ketua Ki Bagoes Hadikoesoemo Kyai Haji Wachid Hasjim Mr. Muhammad Yamin Sutardjo Kartohadikoesoemo A.A Maramis Otto Iskandardinata Drs. Mohammad Hatta.

Pelajari juga tentang rumusan konsep usulan dasar negara, baca di brainly.co.id/tugas/13623980

Anggota Panitia Sembilan.

Uraian:  

Ir. Soekarno sebagai ketua. Drs. M. Hatta Mr. M. Yamin Mr. A. Maramis Mr. A. Soebardjo K.H. Wahid Hasjim Abdulkahar Muzakkir H.A. Salim Abi Koesno Tjokrosoejoso.

Pelajari juga tentang tokoh yang berperan penting dalam BPUPKI, baca di brainly.co.id/tugas/13472770

Panitia Sembilan.

Uraian:  

Panitia yang beranggotakan 9 orang yang bertugas merumuskan dasar negara Indonesia.

Latar Belakang perubahan rumusan dasar negara sila pertama naskah piagam Jakarta.

Uraian:  

Latar belakangnya adalah adanya wakil-wakil Protestan dan Katolik yang merasa keberatan dengan kalimat “Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Detail Jawaban

Kelas         : VII

Mapel         : PPKn

Bab            : Bab 3 – Pembelajaran Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kode         : 7.9.3

#AyoBelajar

8. kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 3 tabel 1.1​

Jawaban:

untuk adanya aturan dan ajaran indonesia supaya indonesia semakin berjaya

salam:

answer by amelia

9. kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 89 aktivitas 4.2​

Jawaban:

kak kalo gini soal nya gak bisa kak harus make soal kak

Jawaban:

apa yg harus aku jawab?

soal nya g ada

10. kunci jawaban pkn kelas 7 halaman 139 TOLONG BANTUIN KAK:(​

Jawaban:

1. Perlawanan Rakyat Maluku

Masa perjuangan: 1811-1818

Perjuangan melawan: VOC Hindia Belanda

Ringkasan Perjuangan: Tokoh yang cukup terkenal dalam perlawanan rakyat Maluku adalah Kapitan Pattimura.Banyak perjuangan yang dilakukan seperti melakukan berbagai penyerbuan ke benteng VOC, menghancurkan kapal-kapal VOC, menentang berbagai kebijakan BelandaPerjuangan Rakyat Maluku harus berakhir kala Kapitan Pattimura dihukum gantung pada 16 Desember 1817.

2. Perlawanan Kaum Padri

Masa perjuangan: 1821-1837 (26 tahun)

Perjuangan melawan: Belanda

Ringkasan Perjuangan: Semula sebelum terjadinya perlawanan Kaum Padri, telah terjadi konflik antara kaum Padri dengan kaum adat.

Belanda yg datang kemudian berusaha mengadu domba antara Kaum Padri dengan Kaum Adat. Hal itu dilakukan Belanda dengan tujuan agar dapat menguasai Sumatera Barat.

Namun usaha untuk mengadu domba tersebut akhirnya tercium oleh Kaum Padri dan Adat sehingga akhirnya mereka melakukan perlawanan bersama terhadap Belanda.

Perlawanan tersebut dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

3. Perlawanan Pangeran Diponegoro

Masa perjuangan: 1825-1830

Perjuangan melawan: Kolonial Belanda

Ringkasan perjuangan: berbagai perlawanan dan peperangan yang dilakukan pangeran Diponegoro beserta para panglima dan masyarakat Jawa, dan pada akhirnya mengalami kekalahan setelah 5 tahun perang ini pun akhirnya berakhir pada tahun 1830 diakibatkan Belanda menggunakan taktik benteng stelsel yg menyebabkan pangeran Diponegoro beserta prajuritnya menyempit kemudian pangeran Diponegoro memutuskan untuk menyerahkan diri guna menyelamatkan sisa anggota pasukannya.

beliau pun kemudian ditangkap dan diasingkan ke tanah manado selepas itu beliau dipindahkan ke benteng Rotterdam Makassar hingga ajal menjemput nya pada 8 Januari 1855. dengan demikian lah berakhirlah seluruh perjuangan pangeran Diponegoro beserta para pasukannya

perlawanan rakyat Sulawesi

masa perjuangan : 1829 – 1907

perjuangan melawan : Belanda

ringkasan perjuangan : Belanda kembali mengundang raja raja Sulawesi Selatan untuk meninjau kembali perjanjian bongaya setelah Inggris tidak menjajah lagi pada 1824 Belanda belanda menyerang tanette dan kerajaan suppa belanda menang 2 kali perang Dengan kerajaan tersebut.

perlawanan rakyat Kalimantan

masa perjuangan : 1829 – 190
7

perjuangan melawan : Belanda

ringkasan perjuangan : dalam perjuangan ini pahlawan yang paling berperan penting adalah pangeran Antasari. beliau bersama para panglimanya dan para rakyat banjar bersama sama gotong royong melawan Belanda. wlau sudah mati matian berjuang namun tetap saja Belanda masih tetap menang. pimpinan perlawanan rakyat Kalimantan ini kemudian meningggal di umur 75 tahun karena sakit cacarnya. walaupun demikian perjuangan masih berlanjut hingga akhirnya harus berakhir karena banyak para panglima yg tertangkap dan dibunuh.

maaf kalo salah

11. kunci jawaban mtk kelas 6 halaman 113 Please tolong qaqa​

Jawaban:

selamat pagi ini saya jawab ya soalnya contekin jawabannya silakan menyontek di buku saya ini ya

Jawaban: 1188 cm²

Penjelasan: Penjelasan ada dilampiran, semoga bermanfaat!

12. kunci jawaban buku PKN kelas 11 halaman 34​

Jawaban:

mana gambar ya ya kk

Penjelasan:

biar aku jwb kalau tau

13. kunci jawaban pkn kelas 9 halaman 13​

Jawaban:

1. Apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila?

Dibentuk kampung Pancasila karena kerukunan antarumat beragama di Desa Balun sudah terbentuk sejak lama dan terus terpelihara hingga saat ini.

2. Apa tujuan dibentuknya kampung Pancasila?

Tujuan dibentuknya kampung Pancasila adalah sebagai tempat percontohan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3. Siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila?

Yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila yaitu semua elemen dari masyarakat atau warga kampung yang tinggal di kampung tersebut.

4. Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan warga kampung Pancasila agar tercipta harmoni dalam keberagaman kampung Pancasila?

Mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati atau toleransi.Senantiasa menghargai keberagaman agama yang ada dalam masyarakat.

5. Bagaimana upaya yang dapat kalian lakukan untuk mencontoh pembentukan kampung Pancasila

Menciptakan kehidupan bermasyarakat yang rukun.Meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama.

14. Kunci jawaban matematika kelas 6 halaman 112-113

1. 120 m x 85 m

2. (a) 351 km

(b) 15,4 cm

3. (a) 30,16 km

(b) 65,975 km

(c) 33,93 km

4. (a) 1 : 6.000.000

(b) 540 km

(c) 8 cm

5. (a) 1 : 25

(b) 1,5 m

(c) 3 m²

Pendahuluan

Rumus-rumus skala, jarak peta, dan jarak sesungguhnya.

[tex]\boxed{Jp = S ~ x ~ Js}}[/tex]

[tex]\boxed{S = \frac{Jp}{Js}}}[/tex]

[tex]\boxed{Js = \frac{Jp}{S}}}[/tex]

Dimana:

Jp = jarak pada peta (cm)

S = skala pada peta (1 mewakili x cm)

Js = jarak sebenarnya/sesungguhnya (km/m)

Pembahasan

1. Diketahui

S = 1 mewakili 20 m = 1 : (20 x 100) = 1 : 2.000

Jp = 6 cm x 4,25 cm

Ditanya

Panjang dan lebar lapangan sepak bola (Js)?

Dijawab

Panjang sesungguhnya

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{6}{\frac{1}{2.000} }[/tex]

= 6 x 2.000

= 12.000 cm

= 120 m

Lebar sesungguhnya

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{4,25}{\frac{1}{2.000} }[/tex]

= 4,25 x 2.000

= 8.500 cm

= 85 m

Jadi, panjang dan lebar sesungguhnya sepak bola tersebut adalah 120 m x 85 m.

2. (a) Diketahui

S = 1 mewakili 15 km = 1 : (15 x [tex]10^{5}[/tex])

Jp = 23,4 cm

Ditanya

Jarak sesungguhnya (km)?

Dijawab

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{23,4}{\frac{1}{15 x 10^{5} } }[/tex]

= 23,4 x 15 x [tex]10^{5}[/tex]

= 35.100.000 cm

= 351 km

(b) Diketahui

Js = 231 km

Ditanya

Jp?

Dijawab

[tex]Jp = S ~ x ~ Js[/tex]

= [tex]\frac{1}{15 x 10^{5} }[/tex] x 231

= 231 : 1.500.000

= 0,000154 km

= 154/1.000.000 x 100.000

= 15,4 cm

3. (a) Diketahui

S = 1 : 1.885.000      

Jp = 1,6 cm

Ditanya

Js?

Dijawab

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{1,6}{\frac{1}{1.885.000} }[/tex]

= 1,6 x 1.885.000

= 3.016.000 cm

= 30,16 km

(b) Diketahui

S = 1 : 1.885.000

Jp = 3,5 cm

Ditanya

Js?

Dijawab

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{3,5}{\frac{1}{1.885.000} }[/tex]

= 3,5 x 1.885.000

= 6.597.500 cm

= 65,975 km

(c) Diketahui

S =  1 : 1.885.000

Jp = 1,8 cm

Ditanya

Js?

Dijawab

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{1,8}{\frac{1}{1.885.000} }[/tex]

= 1,8 x 1.885.000

= 3.393.000 cm

= 33,93 km

4. (a) Diketahui

Jp = 12 cm

Js = 720 km

Ditanya

S?

Dijawab

S = [tex]\frac{Jp}{Js}[/tex]

= [tex]\frac{12}{720 x 10^{5} }[/tex]

= 12 : 72.000.000

= 1 : 6.000.000

(b) Diketahui

Jp = 9 cm

S = 1 : 6.000.000

Ditanya

Js?

Dijawab

[tex]Js = \frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{9}{\frac{1}{6.000.000} }[/tex]

= 9 x 6.000.000

= 54.000.000 cm

= 540 km

(c) Diketahui

Js = 480 km

S = 1 : 6.000.000

Ditanya

Jp?

Dijawab

Jp = S x Js

= [tex]\frac{1}{6.000.000}[/tex] x 480 x [tex]10^{5}[/tex]

= 48.000.000 : 6.000.000

= 8 cm

5. (a) Diketahui

panjang x lebar (Jp) = 8 cm x 6 cm

panjang (Js) = 2 m

Ditanya

S?

Dijawab

S = [tex]\frac{Jp}{Js}[/tex]

= 8 cm : 2 m

= 8 : 2(100)

= 8 : 200

= 1 : 25

(b) Diketahui

Lebar (Jp) = 6 cm

S = 1 : 25

Ditanya

Lebar (Js)?

Dijawab

Js = [tex]\frac{Jp}{S}[/tex]

= [tex]\frac{6}{\frac{1}{25} }[/tex]

= 6 x 25

= 150 cm

= 1,5 m

(c) Diketahui

Js (p) = 2 m

Js (l) = 1,5 m

Ditanya

L?

Dijawab

L = p x l

= 2 x 1,5

= 3 m²

Pelajari Lebih Lanjuthttps://brainly.co.id/tugas/25684268: jarak petahttps://brainly.co.id/tugas/26345741: jarak sebenarnyahttps://brainly.co.id/tugas/9244637: skala

Detil JawabanMapel: MatematikaKelas: VIMateri: Pengerjaan Hitung Bilangan PecahanKode kategorisasi: 6.2.6Kata kunci: skala, jarak peta, jarak sesungguhnya, luas, perbandingan

#Semoga bermanfaat

15. kunci jawaban
mtk halaman 113 kelas 6​

Jawaban:

Luas bangun ruang seperti yang terlihat pada gambar adalah 135,02 cm²

Pembahasan

Menentukan Luas Bangun Ruang

Luas bangun ruang biasanya disebut juga dengan luas permukaan bangun ruang.

Secara umum, luas bangun ruang dihitung dengan cara menjumlahkan luas semua permukaan yang membatasi bangun ruang tersebut.

Pada kesempatan ini kita akan membahas soal tentang cara menentukan luas permukaan bangun ruang seperti yang terlihat pada gambar.

Bangun ruang tersebut berbentuk lingkaran dengan alas yang di tengah-tengahnya terdapat bagian kosong yang juga berbentuk lingkaran. Nah, bagaimana cara menentukan luas bangun ruang tersebut.

Dilihat dari jenisnya, bangun ruang tersebut adalah tabung dengan alas berbentuk lingkaran. Namun lingkarannya tidak menutupi seluruh alas tabung.

Sebelumnya kita harus tahu dulu rumus untuk menghitung luas permukaan tabung, yaitu :

L = 2 × luas alas + luas selimut

L = (2 × luas lingkaran) + (keliling lingkaran × tinggi tabung)

L = (2 × π × r²) + (2 × π × r × t)

dimana r adalah jari-jari lingkaran alas dan t adalah tinggi tabung.

Berikut ini adalah langkah-langkah penyelesaiannya :

Langkah Pertama

Menentukan Luas Alas Tabung

Pada gambar terlihat bahwa alas tabung tersebut berbentuk lingkaran yang di tengahnya terdapat bagian kosong yang juga berbentuk lingkaran. Dengan demikian ada dua bentuk lingkaran pada alas tabung tersebut. Kita sebut saja dengan lingkaran besar dan lingkaran kecil. Sehingga luas alas tabung tersebut adalah :

Luas alas = luas lingkaran besar – luas lingkaran kecil

Lingkaran besar adalah seluruh bentuk lingkaran yang menjadi alas tabung (bagian alas tabung yang kosong dan tidak kosong. Sedangkan lingkaran kecil adalah bagian alas tabung yang kosong.

Menghitung luas lingkaran besar

L = π × r²

L = π × (1/2(diameter))²

L = π × (1/2(2 + 7))²

L = π × (1/2(9))²

L = π × (4,5)²

L = 3,14 × 20,25

L = 63,585‬

Jadi luas lingkaran besar adalah 63,585‬ cm².

Menghitung luas lingkaran kecil

L = π × r²

L = π × (1/2(diameter))²

L = π × (1/2(7))²

L = π × (3,5)²

L = 3,14 × 12,25

L = 38,465

Jadi luas lingkaran kecil adalah 38,465‬ cm².

Menghitung luas alas tabung

Luas alas = luas lingkaran besar – luas lingkaran kecil

Luas alas = 63,585 – 38,465

Luas alas = 25,12

Karena alasnya ada dua buah maka kemudian luas alas tersebut dikali dua.

Luas alas tabung = 2 × 25,12

Luas alas tabung = 50,24

Jadi luas alas tabung tersebut adalah 50,24 cm².

Menentukan Luas Selimut

Luas selimut tabung dihitung dengan cara mengalikan keliling lingkaran dengan tinggi tabung.

Luas selimut tabung = 2 × π × r × t

Luas selimut tabung = 2 × 3,14 × 4,5 × 3

Luas selimut tabung = 2 × 3,14 × 13,5

Luas selimut tabung = 2 × 42,39

Luas selimut tabung = 84,78‬

Jadi luas selimut tabung tersebut adalah 84,78‬ cm².

Menentukan Luas Permukaan Tabung

L = 2 × luas alas + luas selimut

L = 50,24 cm² + 84,78 cm²

L = 135,02 cm²

Demikian penjelasan dan penyelesaian soal di atas.

Pelajari lebih lanjut tentang luas bangun ruang pada :

1. Menghitung luas permukaan tabung : brainly.co.id/tugas/12932705

2. Menghitung luas permukaan kubus : brainly.co.id/tugas/15418964

Detail Jawaban

Kelas : 6

Mapel : Matematika

Bab : Luas dan Volume

Kode : 6.2.3

Kata Kunci : bangun ruang, luas

16. kunci cawaban buku pkn halaman 165 kelas 7​

Jawaban:

wani Piro. jknggfkwkwjtw

17. Kunci jawaban kelas 9 halaman 2 PKNkunci jawaban kelas 9 halaman 2 PKN ​

Jawaban:

-Makna Pancasila sebagai dasar negara adalah: “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

-Makna pancasila sebagai pandangan hidup adalah Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai kehidupan paling baik sehingga dijadikan dasar dan motivasi hidup.

18. kunci jawaban tugas PKN halaman 125 kelas 9 ​

Jawaban:

Mana soalnya..????

Penjelasan:

????

19. kunci jawaban SMP PKN kelas 8 halaman 23​

Jawaban:

soalnya mana?…………

Video Terkait