Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 56

  Edukasi
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Halaman 56

kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 56​

1. kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 56​

Jawab:

Paragraf 1:

Ada lima komponen yang berperan penting dalam rantai makanan di sawah yaitu padi, tikus, ular, elang dan pengurai.

Paragraf 2:

Ada beberapa komponen yang berperan dalam rantai makanan di laut, yaitu fitoplankton, zooplankton, ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar.

Paragraf 3:

Syarat keseimbangan rantai makanan yaitu harus terdapat seluruh komponen dalam suatu ekosistem.

Paragraf 4:

Dalam rantai makanan penguraian memiliki peran yang besar

jadikan jawaban tercerdas

2. kunci jawaban Tema 4 kelas 6 halaman 56​

Jawaban:

ga ada kak maaf ya sebelumnya

3. kunci jawaban kelas 5 tema 3 halaman 5​

KataKunciadalah sebuah inti kalimat, kata ini digunakan sebagai kunci dan inti untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

CiriCirisebuahkatakunciadalahterdiri dari satu kata atau dua kata bisa juga satu kalimat yang membentuk sebuah paragraf, mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan, mewakili sebagain besar/keseluruhan topik/konsep/informasi dari sebuah iklan.

KataKunciyangakutemukandalamiklanadalahpentingnya makanan sehat dan bergizi.

Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah karena kata tersebut mewakili keseluruhan informasi dalam iklan.

Buatlahkesimpulandarihadildiskusikelompokmutentangkatakunci!

KataKunci

adalah satu atau dua kata yang dapat mewakili sebagian besar/keseluruhan topik.

4. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 65​

Jawaban:

1. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling bekerja sama sekalipun berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama.

2. Menurut pendapatku, semua orang dapat saling membantu walau mereka berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan.

3. Menurut pendapatku, tidak ada halangan orang yang berbeda agama, suku, adat istiadat, dan pekerjaan, hidup berdampingan dalam suatu lingkungan.

4. Menurut pendapatku, kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain

Penjelasan:

maaf kalo salah

5. Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 11

Jawaban: magsutnya apa

6. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 75 sampai 76​

penyebab gangguan sistem pencernaan adalah: makan tidak teratur, konsumsi pedas, begadang, menunda buang air, kekurangan serat

Pembahasan

Pencernaan adalah proses yang mengubah suatu zat menjadi nutrisi. Pencernaan diawali pada mulut sebagai tempat masuknya dan menghaluskan makanan. Lalu disalurkan oleh kerongkongan ke lambung. Pada lambung, makanan dipecah menjadi kecil. Lalu ke usus halus, disini nutrisi makanan disaring dan diserap. Lalu di usus besar, dibuang zat yang tidak mudah dicerna. Lalu terakhir pada anus, tempat pengeluaran tinja (kotoran manusia)

Gangguan sistem pencernaan dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu

Makan tidak teratur: Menunda makan, ketika makan menjadi terlalu kenyang.Terlalu banyak konsumsi pedas: Memakan jajanan terlalu pedasBegadang: pola tidur berubah ubah, tidur yang tidak teraturMenunda buang air: menahan BAB terlalu lamaKekurangan serat: Jarang makan buah dan sayurObesitas: Konsumsi makanan yang membuat gendut, makan setelah jam 7 malam

Beberapa gangguan kesehatan pencernaan adalah

Mag

Definisi: Mag adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada lambung

Gejala: Cepat kenyang, mual, kembung, nyeri pada ulu hati, dan lain lain

Cara pencegahan: Tidak makan terlalu banyak, mengunyah makanan perlahan, istirahat cukup, hindari asam tinggi

Penyembuhan: Mengurangi makanan pedas, tidur dengan cukup, olahraga

Kolera

Definisi: Infeksi usus kecil yang disebabkan bakteri Vibrio cholerae. Dibawa oleh makanan yang terkontaminasi

Gejala: Diare cair, muntah, dan dehidrasi

Cara pencegahan: Meminum air bersih, cuci tangan, konsumsi makanan higienis

Penyembuhan: meminum oralit, atau bisa infus

Diare

Definisi: Sebuah penyakit dimana tinja lebih encer dan lebih sering keluar

Gejala: Kembung, tinja encer, mulas dan mual

Cara pencegahan: Cuci tangan, makan dan minum yang higienis

Penyembuhan: banyak minum, konsumsi makanan lunak

Pelajari lebih lanjut

Zat yang dihasilkan usus halus

https://brainly.co.id/tugas/32982357

Pengertian pepsin

https://brainly.co.id/tugas/24173907

Organ sistem pencernaan

https://brainly.co.id/tugas/20999834

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: biologi

Bab: 7 – Sistem

Pencernaan pada Manusia

Kode kategorisasi: 8.4.7

Kata kunci: pencernaan, maag

#TingkatkanPrestasimu

7. Kunci jawaban tema 5 kelas 3 halaman 193​

Ayo Menulis

Sudahkah kamu membaca teks bacaan tentang cuaca dan iklim?

Informasi apa saja yang dapat kamu temukan dalam teks bacaan tentang cuaca dan iklim?

Diskusikan bersama temanmu. Identifikasi informasi dalam teks bacaan tersebut.

Lalu, tuliskan pokok-pokok informasinya pada kolom yang tersedia berikut.

Jawaban :

Cuaca:

– Meliputi daerah tertentu saja

– Cuaca ditentukan pada waktu yang singkat

– Cuaca dapat diamati harian

– Prakiraan mengenai

– Cuaca terjadi dalam waktu kurang lebih 24 jam

– Cuaca terjadi suatu tempat yang lebih sempit

– Cuaca dapat berubah setiap harinya

Iklim :

– Meliputi daerah yang luas

– Iklim ditentukan dalam waktu yang lama

– Iklim diamati selama bertahun-tahun

– Prakiraan mengenai iklim lebih sulit dilakukan

– Iklim terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama

– Iklim terjadi di suatu tempat yang lebih luas

– Iklim tidak mudah berubah

semoga bisa membantu

8. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 4​

Gambar 1 gambar strawberry, jeruk dll, tulisan yang kulihat adalah Makanan Sehat dan BergiziGambar 2 gambar Anak sedang memakan buah, tulisan yang kulihat adalah Makanan sehat dan bergizi pentingnya untuk pertumbuhan otak anak andaGambar 3 gambar  berbagai macam buah dan sayuran, tulisan yang kulihat adalah Cintai jantung anda konsumsi sayur dan buah segar.

Pembahasan :Iklan adalah sarana untuk memperkenalkan produk pada media.Tujuan dibuat iklan adalah untuk mempengaruhi orang untuk menggunakan produk atau jasa dia, sehingga perlu adanya hal-hal yang menarik supaya orang tertarik dengan iklan kita. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan adalah tentang bahasa iklan.Iklan harus memiliki penyampaian bahasa yang menarik agar dapat selalu diingat dan akan memberikan pengaruh kepada pembaca atau pendengar selaku calon konsumen untuk membeli dan mencoba produk atau jasa tersebut. Bentuk iklan yang baik adalah yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang menyentuh calon konsumen.Ciri-ciri kebahasan iklan yang baik antara lain:Menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif yaitu kalimat untuk membujuk pembaca atau pendengar supaya  tertarik dengan kalimat tersebut akan suatu hal. Menggunakan slogan dan jargon. Slogan dan jargon adalah suatu kalimat  yang mencolok, menarik, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu terhadap khalayak ramai.Singkat dan mudah dipahami. Pesan yang hendak disampaikan dalam sebuah iklan harus singkat dan tetap menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang, bukan hanya sekelompok masyarakat saja.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang ciri iklan https://brainly.co.id/tugas/3048477Materi tentang ciri bahasa iklan https://brainly.co.id/tugas/23057678Materi tentang tujuan iklan https://brainly.co.id/tugas/17067670

Detail Jawaban

Kelas: SD

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Bab : –

Kode Soal: –

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

9. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 4​

Jawaban:

di brainly kayaknya gaada kj. kalau gabisa kerjain soal, coba ditulis atau difoto soalnya.

Jawaban:

Penjelasan:

Ini ya jawabannya

10. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 23-26​

Jawaban:

hal 23 : Interaksi sosial antara pemilik lahan pertanian dengan para pekerja yang mengolah tanah, menanam padi, membajak tanah, dan memanen padi.

– Interaksi lingkungan antara manusia dengan tanah, tumbuhan dan air pada lahan pertanian.

Menyiram dan memupuk tanaman. Jika manusia sering memberi asupan air dan tanah maka tanaman akan tumbuh sehat sehingga membantu menjaga udara sekitarnya tetap bersih.

Penjelasan:

maaf cuman bisa bantu 1

11. kunci jawaban tematik tema 5 kelas 6 hal. 56​

Penjelasan dengan langkah-langkah:

#1. Menghitung volume bangun bawah

[tex]v = p \times lebar \times t[/tex]

[tex] = 18 \times 5 \times 6[/tex]

[tex] = 540 \: {cm}^{3} [/tex]

#2. Menghitung volume bangun atas

[tex]v = p \times \: lebar \times t[/tex]

[tex] = 12 \times 5 \times 5[/tex]

[tex] = 300 \: {cm}^{3} [/tex]

Maka volume bangun tersebut adalah

[tex]v = v1 + v2[/tex]

[tex] = 540 + 300[/tex]

[tex] = 840 \: {cm}^{3} [/tex]

Jadivolumebanguntersebutadalah840cm³

12. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 98​

Hal yang Dibutuhkan dalam Iklan Layanan Masyarakat

Jumlah pemeran:

Empat Orang

Judul iklan:

Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Naskah iklan:

Adegan 1:

Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.

Siswa 1: “Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?”

Siswa 2: “Kalau aku inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang.”

Siswa 3: “Yah … aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa …”

Siswa 4: “Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih ..”

Siswa 2: “Jangan bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian menari dari Jawa. Bagaimana, setuju?”

Siswa 1: “Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?”

Siswa 2 dan 3: “Setuju! (Bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berangkat dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Adegan 2:

Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras Tunggu teman-teman yang akan sibuk menari .. Beberapa saat kemudian 3 orang temanya pun datang.

Siswa 2: “Akhirnya datang juga. Ayoo langsung masuk ke dalam !?”

Siswa 1: “Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa!”

Siswa 2: “Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian mulai gerakanku dari belakang ya!”

Mereka pun asyik latihan tari bersama-sama dengan riang dan gembira.

Adegan 3:

Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah.

Siswa 3: “Ternyata tari Jawa tidak sesulit yang aku pikirkan sebelumnya.”

Siswa 4: Iya … aku juga. Ternyata gerakannya mudah. ​​”

Siswa 1: “Adalah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa.”

Siswa 2: “Perbedaan asal suku yang ada di antara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing.”

Siswa 1,2,3, dan 4: (bersamaan sampil mengepalkan tangan) “Berbeda itu Indah. Yesss !!!”

Mereka pun kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan bangga dan gembira.

Karakter tokoh:

Siswa 1: Berasal dari Jakarta

Siswa 2: Brasal dari Jawa Tengah

Siswa 3: Berasal dari Bandung, Jawa Barat

Siswa 4: Bersasal dari Sumatera Selatan

13. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 115​

Jawaban:

sebutkan teknik teknik dalam pembuatan batik

1.teknik canting tulis

2.teknik celup ikat

3.teknik printing

4.teknik colet

sebutkan macam macam motif batik Nusantara.

1.Motif kawung

2.Motif tiga negri

3.Motif jombang

4.Motif mega mendung

5.Motif sulur anggrek

6.Motif beasan

7.Motif lasem

8.Motif sekar jagad

9.Motif palembang

10.Motif papua

apakah manfaat keberagaman budaya bagi suatu bangsa ?

1.menumbuhkan sikap Nasionalisme

2.identitas bangsa di mata Internasional

3.alat pemersatu Bangsa

4.sebagai ikon pariwisata

5.menambah pendapatan Nasional

6.memupuk sikap toleransi

7.sumber pengetahuan bagi Dunia

14. kunci jawaban kelas 6 tema 6 halaman 56 semester genap ppkn​

Penjelasan:

2.d

1.b

3.c

sekian terimakasih

15. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 6​

Jawaban:

1. Apakah organ pencernaan hewan dan manusia sama?

2. Apakah organ pencernaan hewan yang terda
pat dalam mulut seperti gigi dan lidah, fungsinya sama seperti manusia?

3. Mengapa hewan mamalia memamah makanannya dua kali?

4. Apakah lambung hewan sama dengan lambung manusia?

5. Apakah usus yang dimiliki hewan sama dengan usus manusia?

6. Apakah proses mengeluarkan sisa makanan hewan sama dengan proses pada manusia?

7. Apakah fungsi gigi hewan sama dengan fungsi gigi pada manusia?

8. Apakah panjang usus hewan panjangnya sama dengan panjang usus pada manusia?

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 8

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas!

Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakatakosakata tersebut.

Jawaban:

Kosa kata baru yang aku temukan diantaranya:

1. Rumen

Rumen adalah bagian terbesar dari perut sapi, dengan kapasitas hingga 50 galon makanan yang dicerna pada waktu tertentu. Rumen ini mengandung enzim yang memulai proses pencernaan, memecah makanan keras dan selulosa.

2. Retikulum

Retikulum menangkap apa pun yang seharusnya tidak dimakan sapi, seperti potongan batang, bebatuan dan kerikil. Retikulum juga melembutkan rumput yang telah dimakan dan membentuk gumpalan kecil.

3. Omasum

Omasum memiliki banyak lipatan untuk menyaring makanan, memeras air dan selanjutnya memecah makanan yang dicerna sebagian untuk kembali dari perut ke mulut untuk dikunyah lebih lanjut.

4. Abomasum

Abomasum melengkapi proses pencernaan. Ini menyalurkan

nutrisi penting agar diserap oleh aliran darah dan mengirim sisanya menuju ke usus dua belas jari (duodenum). Sisa ini disebut dengan kim atau chyme.

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 9

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi).

Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

16. Kunci jawaban kelas 5 evaluasi 11 halaman 56

Langkah langkah dan penjelasan:

maaf mana gambar yang dimaksud ?

lampirkan lah gambar agar dapat dijawab

Detail jawaban:

ANSWER BY: INIDAVA24

17. kunci jawaban tema 3 halaman 49 kelas 5

Penjelasan:

semoga membantu maaf kalo salah^_^

18. kunci jawaban buku tema 3 halaman 89 kelas 5​

1. A
2. D
3. A
4. B
5. A

Maaf kalo salah

1A radio

2D

3A

4B

5C

ksihjwbantercerdasdong

19. kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 58​

Jawaban:

Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Suasana pasar selalu ramai oleh penjual dan pembeli.

Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?

Jawaban : Yang saya temui di pasar adalah penjual, pembeli, dan barang dagangan.

Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?

Jawaban : Sayur dan buah-buahan ditanam dan dipanen oleh petani kemudian di distribusikan kepasar untuk dijual kekonsumen dan akhirnya sampai ke rumah kita.

Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?

Jawaban : aktivitas seorang penjual sayuran dan pembeli.

Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?

Jawaban : Yang terlibat kegiatan di pasar adalah penjual, pembeli, distributor, produsen, konsumen.

Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di depan!

Jawaban :

Jenis aktivitas : Transaksi jual beli, tawar menawar dan memilih barang.

Pelaku aktivitas : Petani, penjual, pembeli.

maaf jika salaj

Jawab:beni mendapat makan dari ayah karena dia suka membantu ayah

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Video Terkait