Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 132

  Edukasi
Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 132

jawaban esai ips halaman 132 kelas 8

1. jawaban esai ips halaman 132 kelas 8

          Perbedaan antara mobilitas sosial naik (Social Climbing) dengan mobilitas sosial turun (Social Sinking) adalah social climbing menjadikan adanya peningkatan status, kedudukan, serta menjadikan jiwa lebih bahagia, sedangkan social sinking menjadikan adanya penurunan status, kedudukan, serta menjadikan gejolak jiwa seperti gelisah, depresi, dsb.

Pembahasan

1. Jelaskan perbedaan dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun!

Jawab :  

           Perbedaan antara mobilitas sosial naik (Social Climbing) dengan mobilitas sosial turun (Social Sinking) adalah social climbing menjadikan adanya peningkatan status, kedudukan, serta menjadikan jiwa lebih bahagia, sedangkan social sinking menjadikan adanya penurunan status, kedudukan, serta menjadikan gejolak jiwa seperti gelisah, depresi, dsb.

           Contoh mobilitas sosial naik adalah pelantikan seorang menteri menjadi presiden. Contoh mobilitas sosial turun adalah seorang presiden yang gagal menjabat 2 periode.

Pelajari juga tentang contoh mobilitas sosial, baca di https://brainly.co.id/tugas/12721317  

2. Untuk mendapatkan jabatan politik tertentu, tentu terdapat persaingan yang dapat memunculkan konflik sosial. Apa cara kalian untuk meminimalisir interaksi sosial tersebut agar tidak memicu konflik?

Jawab :  

           Konflik dapat diselesaikan dengan berbagai cara seperti kompromi, toleransi, konversi, koersi, mediasi, arbitrasi, konsiliasi, ajudikasi, dan segregrasi.

           Bagi kakak, cara paling tepat untuk meminimalisir interaksi sosial tersebut agar tidak memicu konflik adalah dengan mengutamakan sikap toleransi, yaitu sikap saling menghormati/menghargai pendirian masing-masing.

Pelajari juga tentang interaksi asosiatif dan disosiatif, baca di https://brainly.co.id/tugas/2213342  

3. Mengapa faktor
ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Jawab :  

           Faktor ekonomi memiliki peranan yang penting, dapat menjadi pendorong maupun penghambat mobilitas sosial. Seseorang yang memiliki perekonomian rendah/kecil, akan sulit untuk mendapatkan modal, pendidikan, dan kesempatan lainnya, sehingga faktor ekonomi menjadi penghambat sosial.

4. Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

Jawab :  

           2 Hal yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia adalah perbedaan lokasi dan perbedaan agama/keyakinan.

5. Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?

Jawab :  

           Akulturasi adalah proses pertemuan dua kebudayaan atau lebih yang lambat laun diterima dan tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayan itu sendiri. Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Pelajari juga tentang asimilasi, akulturasi, akomodasi, dan kontraversi, baca di https://brainly.co.id/tugas/53320  

6. Jelaskan syarat agar terjadi integrasi sosial!

Jawab :  

           Berbagai syarat agar terjadi integrasi sosial adalah :  

Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan kebutuhan mereka.

Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai nilai dan norma.

Nilai dan norma sosial itu berlaku cukup lama dan dijalankan secara konsisten.

Detail Jawaban

Kelas          : VIII

Mapel         : Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab            : Bab 2 – Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Kode          : 8.10.2

Kata Kunci : Kunci Jawaban Essai halaman 132, Integrasi Sosial, Mobilitas Sosial

2. Tolong jawabTugas Ips kelas 8 Halaman 132

1.Jelaskan Perbedaan Dengan Disertai Contoh Mobilitas Sosial Naik Dan Mobilitas Turun?

Mobilitas Vertikal Ke Atas (Social Climbing) Adalah Mobilitas Yang Terjadi Karena Adanya Peningkatan Status Atau Kedudukan Seseorang atau Naiknya Orang-Orang Berstatus Sosial Rendah Ke Status Sosial Yang Lebih Tinggi.           Contoh:Seorang Karyawan Yang Karena Prestasinya Dinilai Baik Kemudian Berhasil Menduduki Sebagai Kepala Bagian Manajer,Bahkan Direktur Suatu Perusahaan.

Mobilitas Vertikal Ke Bawah (Social Sinking) Merupakan Proses Penurunan Status Atau Kedudukan Seseorang.   Contoh:Seorang Pegawai Diturunkan Jabatannya Karena Melanggar Aturan Sehingga Ia Menjadi Pegawai Biasa.

2.Untuk Mendapatkan Jabatan Politik Tertentu,Tentu Terdapat Persaingan Yang Dapat Memunculkan Konflik Sosial.Apa Cara Kalian Untuk Meminimalisir Interaksi Sosial Tersebut  Agar Tidak Memiciu Konflik?

   Hindari Sikap Fanatisme Terhadap Calon Pasangan Tertentu    Meningkatkan Sikap Saling Menghargai    Melakukan Politik Yang Sehat/Menghindari Black Campaign    Melakukan Kampanye Yang Sehat Dimana Setiap Kampanye Didasari Oleh Pancasila Dan UUD 1945    Menjunjung Tinggi Sportifitas Antar Kandidat Dan Pendukung    Senantiasa Memberikan Informasi Berkata Dan Bertindak Yang Benar Serta Jujur    Menghindari Perkataan Kasar Atau Tidak Senonoh    Menjunjung Tinggi Nilai Toleransi    Tidak Menggunakan Kekerasan Atau Tidak Berteman Kepada Lawan

3.Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?

Faktor Ekonomi Sangat Berperan Penting Dalam Mobilitas Sosial.Seseorang Dengan Kondisi Ekonomi Yang Baik Akan Dapat Mudah Mengakses Proses Yang Membantu Mobilitas Sosial,Terutama Pendidikan.

Dengan Kondisi Ekonomi Yang Baik,Seseorang Belajar Di Sekolah Yang Baik Dan Universitas Yang Baik Pula.Dalam Tempat Belajar Ini,Seseorang Itu Dapat Memperoleh Ilmu Pengetahuan,Kemampuan Dan Keterampilan Yang Akan Sangat Membantu Dalam Dunia Kerja.

Sehingga Dia Akan Mudah Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik Dan Bergaji Tinggi.Dengan Ini Dia Akan Mudah Melakukan Mobilitas Sosial Karena Posisinya Dalam Masyarakat Akan Naik Karena Memiliki Pekerjaan Dan Penghasilan Yang Tinggi.Akibatnya Dia Akan Kesulitan Memperbaiki Posisinya Di Masyarakat.

4.Hal Apa Saja Yang Menjadikan Perbedaan Budaya Pada Masyarakat Indonesia?

a.Perbedaan Lokasi

Bandingkan Bentuk Rumah Asli Masyarakat Jawa Dan Kalimantan.Perbedaan Kondisi Alam Di Jawa Dan Kalimantan Menyebabkan Perbedaan Hasil Kebudayaan Berupa Rumah.

B.Perbedaan Agama/Keyakinan

Agama Hindu Dan Budha Banyak Meninggalkan Hasil Kebudayaan Berupa Patung Dan Relief Pada Dinding Dinding Candi.Pada Masa Perkembangan Kerajaan Islam,Hasil Seni Bangunan Dan Ukir Relief Patung Bergeser Menjadi Seni Ukir Kaligrafi Dan Bangunan Masjid.Perbedaan Budaya Juga Disebabkan Faktor-Faktor,Seperti Adat Istiadat,Kebiasaan Dan Tradisi.

5.Apa Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi?

Perbedaan Dari Asimilasi Dan Akulturasi Adalah Pada Unsur kebudayaannya.Pada Akulturasi,Unsur Kebudayaan Lama Masih Ada Dalam Kebudayaan Baru Hasil Pencampuran.Sedangkan,Asimilasi Unsur Kebudayaan Lama Sudah Hilang Digantikan Dengan Kebudayaan Baru

6.Jelaskan Syarat Agar Terjadi Integrasi Sosial?

   Anggota Masyarakat Merasa Bahwa Mereka Berhasil Saling Mengisi Kebutuhan-Kebutuhan Mereka    Masyarakat Berhasil Menciptakan Kesepakatan (Konsensus) Bersama Mengenai Nilai Dan Norma    Nilai Dan Norma Sosial Itu Berlaku Cukup Lama Dan Dijalankan Secara Konsisten

Dapat Disimpulkan Bahwa Integrasi Sosial Dapat Terjadi Ketika Individu Dalam Masyarakat Menjalin Interaksi Sosial Yang Kemudian Menciptakan Suatu Kesepakatan Yang Berujung Pada Terciptanya Nilai Dan Norma Yang Menjadi Landasan Kehidupan Bersama.

3. matematika kelas 8 semester 1 halaman 132 nomor 8 kunci jawaban​

jangan lupa

likefollow mejadikan jawaban ini menjadi jawaban tercerdas

4. jawaban buku paket kelas 10 halaman 132

dimana yah fotonya kalau boleh tau?

5. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132

Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132. Soal yang dimaksud adalah soal latihan “Ayo Kita Berlatih 8.1” tentang bangun ruang kubus dan balok. Untuk halaman 132, hanya terdiri dari 2 soal yaitu nomor 1 dan 2, tetapi disini kita akan mencoba membahas dari nomor 1 sampai 5

Pembahasan

1. Akan dibuat model kerangka balok berukuran 30 cm × 20 cm × 10 cm dari kawat sepanjang 10 m

Jawab

a) Banyak kerangka balok yang dapat dibuat

Panjang kerangka balok

= 4(p + l + t)

= 4(30 cm + 20 cm + 10 cm)

= 4(60 cm)

= 240 cm

Panjang kawat yang tersedia

= 10 m

= 1000 cm

Banyak kerangka balok yang dapat dibuat

= 1000 cm  ÷ 240 cm

= 4,17

4 kerangka balok

b) Sisa kawat yang telah digunakan untuk membuat kerangka balok

= panjang kawat – 4 × panjang kerangka balok

= 1000 cm – 4 × 240 cm

= 1000 cm – 960 cm

= 40 cm

2. Mana dian
tara bentuk-bentuk berikut ini yang dapat dilipat untuk membentuk kubus yang memenuhi aturan bahwa jumlah titik pada sisi-sisi yang berhadapan adalah 7

Jawab

Bentuk I: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu

1 dengan 5 ⇒ 1 + 5 ≠ 7 2 dengan 6 ⇒ 2 + 6 ≠ 7

Bentuk II: ya, memenuhikarena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu

4 dengan 3 ⇒ 4 + 3 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7

Bentuk III: ya, memenuhi karena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu

3 dengan 4 ⇒ 3 + 4 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7

Bentuk IV: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu

1 dengan 3 ⇒ 1 + 3 ≠ 7 4 dengan 6 ⇒ 6 + 6 ≠ 7

3. Terdapat 3 dadu disusun ke atas. Bagian atas dadu 1 adalah 4. Tentukan jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat.

Jawab

Bagian bawah pada dadu 1 = 7 – atas = 7 – 4 = 3 Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 2 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa) Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 3 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa)

Jadi jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat adalah

= 3 + 7 + 7

= 17 titik

4. Agar terbentuk jaring-jaring balok, bidang yang harus dihilangkan adalah bernomor …

Jawab

C. 1, 4, 9. Untuk gambarnya dapat dilihat di lampiran

5. Suatu balok memiliki luas permukaan 188 cm². Jika lebar dan tinggi balok masing-masing 8 cm dan 6 cm. Tentukan panjang balok tersebut

Jawab

Lp = 188  

2(pl + pt + lt) = 188  

pl + pt + lt = [tex]\frac{188}{2}[/tex]  

p × 8 + p × 6 + 8 × 6 = 94  

8p + 6p + 48 = 94

14p = 94 – 48

14p = 46

p = [tex]\frac{46}{14}[/tex]

p = [tex]\frac{23}{7}[/tex]

p = [tex]3\frac{2}{7}[/tex]

p = 3,28 cm

Pelajari lebih lanjut

Contoh soal lain tentang bangun ruang

Banyak titik sudut pada kubus: brainly.co.id/tugas/18409387 Perbedaan kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/186267 Volume kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/15348661

————————————————

Detil Jawaban    

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Bangun Ruang

Kode : 8.2.8

#AyoBelajar

6. Jawaban yang B halaman 132 kegiatan 5.2 kelas 8Tolong besok dikumpul!

fotonya Mana kak ? kok gak ada fotonya ?

7. Tolong bantu jawab secepatnya poinya banyak pula Tugas Ips kelas 8 Halaman 132

1.Jelaskan Perbedaan Dengan Disertai Contoh Mobilitas Sosial Naik Dan Mobilitas Turun?

Mobilitas Vertikal Ke Atas (Social Climbing) Adalah Mobilitas Yang Terjadi Karena Adanya Peningkatan Status Atau Kedudukan Seseorang atau Naiknya Orang-Orang Berstatus Sosial Rendah Ke Status Sosial Yang Lebih Tinggi.           Contoh:Seorang Karyawan Yang Karena Prestasinya Dinilai Baik Kemudian Berhasil Menduduki Sebagai Kepala Bagian Manajer,Bahkan Direktur Suatu Perusahaan.

Mobilitas Vertikal Ke Bawah (Social Sinking) Merupakan Proses Penurunan Status Atau Kedudukan Seseorang.   Contoh:Seorang Pegawai Diturunkan Jabatannya Karena Melanggar Aturan Sehingga Ia Menjadi Pegawai Biasa.

2.Untuk Mendapatkan Jabatan Politik Tertentu,Tentu Terdapat Persaingan Yang Dapat Memunculkan Konflik Sosial.Apa Cara Kalian Untuk Meminimalisir Interaksi Sosial Tersebut  Agar Tidak Memiciu Konflik?

   Hindari Sikap Fanatisme Terhadap Calon Pasangan Tertentu    Meningkatkan Sikap Saling Menghargai    Melakukan Politik Yang Sehat/Menghindari Black Campaign    Melakukan Kampanye Yang Sehat Dimana Setiap Kampanye Didasari Oleh Pancasila Dan UUD 1945

   Menjunjung Tinggi Sportifitas Antar Kandidat Dan Pendukung

   Senantiasa Memberikan Informasi Berkata Dan Bertindak Yang Benar Serta Jujur    Menghindari Perkataan Kasar Atau Tidak Senonoh    Menjunjung Tinggi Nilai Toleransi    Tidak Menggunakan Kekerasan Atau Tidak Berteman Kepada Lawan

3.Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?

Faktor Ekonomi Sangat Berperan Penting Dalam Mobilitas Sosial.Seseorang Dengan Kondisi Ekonomi Yang Baik Akan Dapat Mudah Mengakses Proses Yang Membantu Mobilitas Sosial,Terutama Pendidikan.

Dengan Kondisi Ekonomi Yang Baik,Seseorang Belajar Di Sekolah Yang Baik Dan Universitas Yang Baik Pula.Dalam Tempat Belajar Ini,Seseorang Itu Dapat Memperoleh Ilmu Pengetahuan,Kemampuan Dan Keterampilan Yang Akan Sangat Membantu Dalam Dunia Kerja.

Sehingga Dia Akan Mudah Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik Dan Bergaji Tinggi.Dengan Ini Dia Akan Mudah Melakukan Mobilitas Sosial Karena Posisinya Dalam Masyarakat Akan Naik Karena Memiliki Pekerjaan Dan Penghasilan Yang Tinggi.Akibatnya Dia Akan Kesulitan Memperbaiki Posisinya Di Masyarakat.

4.Hal Apa Saja Yang Menjadikan Perbedaan Budaya Pada Masyarakat Indonesia?

a.Perbedaan Lokasi

Bandingkan Bentuk Rumah Asli Masyarakat Jawa Dan Kalimantan.Perbedaan Kondisi Alam Di Jawa Dan Kalimantan Menyebabkan Perbedaan Hasil Kebudayaan Berupa Rumah.

B.Perbedaan Agama/Keyakinan

Agama Hindu Dan Budha Banyak Meninggalkan Hasil Kebudayaan Berupa Patung Dan Relief Pada Dinding Dinding Candi.Pada Masa Perkembangan Kerajaan Islam,Hasil Seni Bangunan Dan Ukir Relief Patung Bergeser Menjadi Seni Ukir Kaligrafi Dan Bangunan Masjid.Perbedaan Budaya Juga Disebabkan Faktor-Faktor,Seperti Adat Istiadat,Kebiasaan Dan Tradisi.

5.Apa Perbedaan Antara Asimilasi Dan Akulturasi?

Perbedaan Dari Asimilasi Dan Akulturasi Adalah Pada Unsur kebudayaannya.Pada Akulturasi,Unsur Kebudayaan Lama Masih Ada Dalam Kebudayaan Baru Hasil Pencampuran.Sedangkan,Asimilasi Unsur Kebudayaan Lama Sudah Hilang Digantikan Dengan Kebudayaan Baru

6.Jelaskan Syarat Agar Terjadi Integrasi Sosial?

   Anggota Masyarakat Merasa Bahwa Mereka Berhasil Saling Mengisi Kebutuhan-Kebutuhan Mereka    Masyarakat Berhasil Menciptakan Kesepakatan (Konsensus) Bersama Mengenai Nilai Dan Norma    Nilai Dan Norma Sosial Itu Berlaku Cukup Lama Dan Dijalankan Secara Konsisten

Dapat Disimpulkan Bahwa Integrasi Sosial Dapat Terjadi Ketika Individu Dalam Masyarakat Menjalin Interaksi Sosial Yang Kemudian Menciptakan Suatu Kesepakatan Yang Berujung Pada Terciptanya Nilai Dan Norma Yang Menjadi Landasan Kehidupan Bersama.

8. essai kelas 8 IPS hal 132

1. perbedaan antara social climbing dan sinking adalah:
a. Mobilitas vertikal keatas adalah peristiwa seseorang atau sekelompok orang yang mengalami perpindahan posisi atau status sosial ke tingkat yang lebih tinggi.
contohnya: seorang guru di sekolah A pindah ke sekolah B dan menjadi seorang kepala sekolah.
b. Mobilitas vertikal ke bawah
Mobilitas vertikal ke bawah adalah proses dimana seseorang atau sekelompok orang mengalami penurunan jabatan/status sosial dari yang tinggi ke yang rendah.
contohnya: Presiden yang turun jabatan.

2. dengan cara tidak menyinggung pihak lain, bersaing secara sehat dan menerima dengan berlapang dada apabila kalah dipersaingan jangan dendam.

3. ka
rena belum semua rakyat Indonesia sudah tercukupi dalam bidang ekonominya oleh karena itu dapat menghambat proses mobilitas sosial.

4. perbedaan sejarah juga perbedaan bentuk muka bumi sehingga tiap daerah memiliki cara tersendiri atau kepercayaan/budaya masing-masing.

5. Asimilasi adalah bertemunya 2 kebudayaan atau lebih yang saling memengaruhi sehingga memunculkan budaya baru dan meninggalkan budaya asalnya. sedangkan Akulturasi adalah proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan budaya asing sehingga kebudayaan asing tersebut diserap/diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri tanpa meninggalkan kebudayaan asalnya.

6. a. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka saling mengisi kebutuhan-kebutuhan mereka.
b. Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (konsensus) bersama mengenai nilai dan norma.
c. Nilai dan norma tersebut berlaku secara lama dan dijalankan secara konsisten.

semoga membantu ^_^

9. Jawaban B.indo Kelas 8 semester 2 halaman 132 kegiatan 5.2 Dari A sampai Centar saya kasi 80 point​

Jawaban:

coba cari digogle semua nya kak pasti ktm

Penjelasan:

maap aku g bisa bantu nya

10. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 132 ​plis jawab mau langsung di kerjain!

Jawaban:

2. a. 8 cm

b. 14

c. 21

Maaf kalau salah, semoga membantu 🙂

11. kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 halaman 132​

~ Bagian A ~

Memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan kesimpulan

~ Nomor 1 ~

Memuat informasi berdasarkan fakta atau kenyataanFakta yang terkandung memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan

~ Nomor 2 ~

Paragraf kausalitas sebagai teks eksplanasi adalah jenis paragraf induktif yang didalamnya memuat unsur sebab² dan akibat terhadap suatu peristiwa

~ Nomor 3 ~

Fungsi fakta dalam teks eksplanasi yaitu menjelaskan mengenai sebab dan akibat sebuah peristiwa atau fenomena sosial/alam yang terjadi

~ Bagian B ~

~ Nomor 1

Bukan eksplanasi, karena tidak menceritakan urutan waktu dan sebab akibat

~ Nomor 2 ~

Termasuk dalam teks eksplanasi

Alasan: Teks di atas menceritakan tentang proses terjadinya siklus karbon

~ Nomor 3 ~

Termasuk dalam teks eksplanasi

Alasan : Teks di atas menjelaskan hubungan peristiwa mengenai persediaan darah di PMI yang selalu kurang yang dilengkapi dengan fakta-fakta berpola kausalitas ( sebab akibat)

~ Bagian C

~ Nomor 1 ~

Saat liburan aku tidak bepergian jauh dan hanya jalan-jalan sekitar kompleks

~ Nomor 2 ~

Menjelaskan tentang siklus karbon dari karbon dioksida

~ Nomor 3 ~

Persediaan darah pmi selalu kurang,para pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan dan lain sebagainya

12. jawaban tema 5 kelas 6 Halaman 132-133​

Jawaban:

gk punya temanya terus gmn

13. Essai 1-5 hal.132 ips kelas 8 jwban?

Essai 1-5 hal.132 IPS kelas 8 jwban?Susah terlalu banyak coba cari lagi di buku

14. Jawaban yang B halaman 132 buku paket bahasa indonesia kelas 8 Tolong dijawab besok dikumpul!!

Halaman 132 buku paket Bahasa Indonesia kelas 8 merupakan materi yang mengandung pertanyaan tentang identifikasi teks eksplanasi. Teks eksplanasi sendiri dapat diartikan sebagai teks yang mengandung informasi tentang suatu peristiwa. Terdapat dua aspek yang disampaikan dalam setiap teks eksplanasi. Kedua aspek tersebut mencakup kenapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Untuk menyampaikan informasi tersebut, setiap teks eksplanasi dibangun atas tiga struktur. Ketiga struktur tersebut mencakup identifikasi peristiwa, urutan penjelas atau rangkaian sebab akibat, dan ulasan.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan yang terdapat pada halaman 132 pada buku paket Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.

Sebagai rujukan, ada dua pertimbangan yang dapat kita jadikan untuk menentukan suatu teks termasuk teks eksplanasi atau tidak. Pertama, teks harus dikembangkan dengan pola kronologis atau kausalitas. Pola pengembangan kronologis dilakukan berdasarkan urutan waktu, sementara pola pengembangan kausalitas dikembangkan berdasarkan urutan sebab akibat. Selain itu, informasi berupa fakta harus ditemukan dalam teks eksplanasi, sehingga jika suatu teks hanya mengandalkan pada opini pribadi, maka teks tersebut dapat dianulir.

1. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks.

Teks ini TIDAK TERMASUK TEKS EKSPLANASI karena meskipun dikembangkan dengan pola kausalitas, unsur penyebab mengandung pernyataan pribadi, bukan fakta.

2. Di alam, karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO2 oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik, dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan, dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO2 yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.

Teks ini TIDAK TERMASUK TEKS EKSPLANASI karena tidak menggunakan salah satu dari pola pengembangan baik kronologis, maupun kausalitas. Pola  pengembangan yang digunakan lebih mendekati kronologis, tapi informasi yang disajikan tidak lengkap, hanya berupa informasi tentang sumber CO2 dan penyerapan CO2, sementara siklus karbon masih terdiri dari beberapa bagian lain.

3. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak. Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai.

Teks ini TERMASUK TEKS EKSPLANASI karena dikembangkan dengan pola kausalitas dan mengandung fakta. Pola sebab dapat ditemukan pada bagian terjadinya kecelakaan, operasi, penyakit berat, atau melahirkan. Sedangkan pola akibat terletak pada persediaan darah di PMI yang selalu kurang.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:

https://brainly.co.id/tugas/96700

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: teks eksplanasi, pola pengembangan, kausalitas, kronologis, fakta

15. kunci jawaban Prakarya kelas 9 halaman 132 semester 2tolong jawab donk plis​

Jawaban:

1) Produk kerajinan bahan keras : Ragam hias kayu

Bahan dasar kerajinan : Kayu

Bentuk kerajinan bahan keras : Berbentuk ragam hias yang unik

Muatan nilai : Nilai pada Ragam hias digunakan sebagai ornamen dan lambang nilai budaya setempat

2) Produk kerajinan bahan keras : sandal bambu

Bahan dasar kerajinan : bambu

Bentuk kerajinan : Lonjong – menyesuaikan ukuran kaki

Muatan nilai : Sandal bambu digunakan sebagai alas kaki

3) Produk kerajinan bahan keras : Tas rotan

Bahan dasar kerajinan : rotan

Bentuk kerajinan : berbentuk kotak

Muatan nilai : Tas rotan digunakan untuk membawa barang – barang dalam satu wadah

4) Produk kerajinan bahan keras : Perabot kursi

Bahan dasar kerajinan : Kayu

Bentuk kerajinan : Tersusun dari balok

muatan nilai : Kursi digunakan sebagai tempat duduk

=============

Mapel : Prakarya

Kelas : 9

bab : Kerajinan bahan keras

Materi : Aspek rancangan dalam produk kerajinan

Kata kunci : contoh produk kerajinan bahan keras, bahan dasar kerajinan, bentuk kerajinan , muatan nilai kerajinan bahan keras

Kode soal : 23

Kode kategorisasi : 9.23

===========

16. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 hal 132 nomor 6

Jawabannya adalah yang ada di pembahasan ya!

Pembahasan

Halo adik-adik! Balik lagi di Brainly bersama kakak!! Gimana, masih semangat belajar kah? Nah untuk pertanyaan di atas masuk ke bab fungsi. Nah sebelum mengenai fungsi biasanya akan dikenalkan terlebih dahulu mengenai relasi. Relasi merupakan aturan yang memasangkan anggota dari himpunan A yang disebut dengan domain (daerah asal) dengan himpunan B yang disebut dengan kodomain (daerah kawan) dimana tidak setiap anggota himpunan A harus punya kawan di himpunan B dan boleh terdapat anggota himpunan A yang mempunyai dua kawan atau lebih di himpunan B. Berbeda dengan fungsi dimana setiap anggota himpunan A harus punya kawan yang jumlahnya tepat satu di himpunan B. Oke langsung saja yukk kita lihat penjabaran dari jawaban soal kali ini.

Diketahui :

Fungsi f didefinisikan  dengan rumus f(x) = 5 – 3x dan diketahui daerah asalnya adalah {-2, -1, 0, 1, 2, 3}

Ditanyakan :

Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebut dan gambarlah fungsinya

Akan dicari range atau daerah hasilnya ya, atau dengan kata lain untuk x = {-2, -1, 0, 1, 2, 3} akan dicari f(x) = 5 – 3x, yaitu

f(-2) = 5 – 3(-2) = 5 + 6 = 11

f(-1) = 5 – 3(-1) = 5 + 3 = 8

f(0) = 5 – 3(0) = 5 – 0 = 5

f(1) = 5 – 3(1) = 5 – 3 = 2

f(2) = 5 – 3(2) = 5 – 6 = -1

f(3) = 5 – 3(3) = 5 – 9 = -4

penyajian dalam bentuk tabel nya ada di lampiran ya, dan himpunan pasangan berurutannya adalah {(-2, 11), (-1, 8), (0, 5), (1, 2), (2, -1), (3, -4)}

untuk menggambar grafiknya adalah dengan meletakkan {(-2, 11), (-1, 8), (0, 5), (1, 2), (2, -1), (3, -4)} ke koordinat kartesius dan menghubungkan masing-masing titik dengan garis, dan untuk lebih jelasnya grafiknya ada di lampiran ya!

Semangat adik-adik semua! Semoga membantu!!!

Pelajari Lebih Lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!

Korespondensi satu-satu : https://brainly.co.id/tugas/12190921 Cara menentukan nilai fungsi : https://brainly.co.id/tugas/291926 Mencari banyak pemetaan yang mungkin : https://brainly.co.id/tugas/12233935

Detail Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Matematika

Bab : 3 – Fungsi

Kode : 10.2.2003

Kata Kunci : Pemetaan, Fungsi, Grafik, Himpunan Pasangan Berurutan

17. kunci jawaban tema 1 kls 4 halaman 129 sampai halaman 132​

Jawaban:

wiuwueehhdvvdvxzbsbJakwk

18. paket bahasa jawa kirtya kelas 8 halaman 131-132​

Ing ngisor iki tulisan latine saka aksara jawa ing halaman 131 kasebut:

Bu guru Tantri.

Bu guru siji iki pancen wasis banget crita, wiwit saka crita padhalangan tutuwuhan kewan sarta sejarah. para siswa manawa Bu Tantri crita ngenani apa bae mesthi padha siyap anteng ngrungokna kekanthi permati.

Dina iki mau Bu Tantri tangenani padhalangan lan tutuwuhan asring di rembug ing madya ning babrayan utamane ing tanah Jawa. Sing bisa cumanthel ana ing pikiranku kaya mangkene 1. Crita pawayangan : ing crita pawayangan bima iku kagungan putra telu lanang kabeh, yaiku : Gathutkaca, Antareja, Antasena.

Tetelune duwe kaluwihane dhewe-dhewe Gathutkaca bisa mabur.

Pembahasan

Terjemahan bahasa Indonesia

Bu Guru Tantri

Bu Guru satu ini sangat pandai sekali bercerita, mulai dari cerita tentang hewan-hewan dan juga sejarah. Para siswa ketika bu Tantri bercerita itu mesti anteng semuanya mendengarkan dengan cermat.

Hari ini tadi Bu tantri menceritakan padhalangan di tanah jawa, yang bisa aku ingat adalah cerita wayang bima itu memiliki tiga anak laki-laki semua, yaitu Gatutkaca, antareja dan antasena yang memiliki kelebihan masing masing, Gatutkaca bisa terbang

Teks aksara jawa ing halaman 131 iku nyeritakake guru sing jenenge Bu Tantri mahir ing cerito, mulai tekan padhalangan kewan sampe cerito sejarah, yen Bu Tantri cerito kabeh murid gatekno ceritane Bu Tantri iku mau.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang aksara jawane saka jeneng-jeneng iki brainly.co.id/tugas/12963116

Materi tentang aksara jawane saka kanjeng sunan kalijaga brainly.co.id/tugas/40893590

Materi tentang aksara jawane buku siji brainly.co.id/tugas/615273

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mapel: bahasa daerah

Bab: Aksara Jawa

Kode: –

#AyoBelajar

19. Bantu Kak,ips Kelas 8 hal 127-132​

Jawaban:

Dampak positif urbanisasi bagi desa sebagai berikut:

1. Meningkatnya kesejahteraan penduduk melalui kiriman uang dan hasil pekerjaan di kota.

2. Mendorong pembangunan desa karena penduduk sudah melihat kemajuan dikota.

3. Bagi desa yang padat penduduknya, urbanisasi dapat mengurangi jumlah penduduk.

4. pengangguran jumlah pengangguran di pedesaan.

dampak negatif

1 desa menjadi sepi dan kekurangan tenaga kerja

2 pembangunan di desa terhambat

3 industri kecil atau rakyat menjadi tidak berkembang

4 banyaknya fasilitas potensi desa yang terbengkalai

Dampak positif urbanisasi bagi kota sebagai berikut:

1. Kota dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

2. Semakin banyaknya sumber daya manusia yang berkualitas.

3 pembangunan di kota menjadi lebih cepat

4 industri berkembang dengan baik

* Dampak negatif urbanisasi bagi kota sebagai berikut:

1. Timbulnya pengangguran.

2. Munculnya tunawisma dan gubuk-gubuk liar di tengah-tengah kota.

3. Meningkatnya kemacetan lalu lintas.

4. Meningkatnya tindakan k
riminal dan bentuk masalah sosial lainnya.

Video Terkait