Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 170

  Edukasi
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 170

Bahasa indonesia kelas 11 halaman 170

1. Bahasa indonesia kelas 11 halaman 170

Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 170 mengenai fitur-ftur kebahasaan lainnya yang menjadi penanda proposal.

Pembahasan

1. Istilah-istilah di bawah ini berkenaan dengan bidang bahasa, sastra, agama, budaya, komunikasi, fisika, atau biologi adalah

novel: sastrafonem: bahasagamelan: budayabakteri: biologiketerbacaan: komunikasipermintaan pasar: ekonomigravitasi: geografihuruf: bahasasanitasi: kesehatangurindam: sastra

2. Apa maksud dari istilah-istilah berikut?

1. Abstrak

Pengertian: ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti

2. Biaya

Pengertian: uang yang dikeluarkan untuk mengadakan (mendirikan, melakukan, dan sebagainya) sesuatu; ongkos; belanja; pengeluaran

3. Data

Pengertian: keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan)

4. Fokus penelitian

Pengertian: unsur yang menonjolkan suatu bagian kalimat sehingga perhatian pendengar (pembaca) tertarik pada penelitian itu

5. Hipotesis

Pengertian: sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat (teori, proposisi, dan sebagainya) meskipun kebenarannya masih harus dibuktikan; anggapan dasar

6. Kualitatif

Pengertian: berdasarkan mutu

7. Populasi

Pengertian: sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; suatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian

8. Random (bahasa Inggris)

Arti dalam bahasa Indonesia: acak

Pengertian: penggambaran suatu pemilihan yang tidak dibatasi atau kalau dibatasi haruslah diwujudkan dengan menggunakan pemilihan peluang

9. Sampel

Pengertian: bagian kecil yang mewakili kelompok atau keseluruhan yang lebih besar; percontoh

10. Statistik

Pengertian: data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan Istilah
-istilah di bawah ini berkenaan dengan bidang bahasa, sastra, agama, budaya, komunikasi, fisika, atau biologi, dapat dilihat di: https://brainly.co.id/tugas/14046118

—————————–

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Mempersiapkan Proposal (bab 5)

Kode: 11.1.5

Kata kunci: Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 170, istilah-istilah di bidang keilmuan

2. kunci jawaban buku geografi kelas 11 kurikulum K13 halaman 170 tentang temukan 30 kata yang berhubungan dengan kependudukan​

Beberapa kata  yang berhubungan dengan kependudukan​ sesuai gambar tersebut adalah:

1. sensus

2. rasio

3. urbanisasi

4. mortal.

5. bayi

Pembahasan

Jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 281.153.280 per Kamis, 23 Februari 2023, berdasarkan penjabaran Worldometer data terbaru PBB. Jumlah tersebut setara dengan 3,51% dari total penduduk dunia, dan menempati urutan nomor 4 dalam daftar negara (dan dependensi) menurut jumlah penduduk. Kepadatan penduduk di Indonesia adalah 151 per Km² (391 orang per mi²). Total luas tanah adalah 1.811.570 Km2 (699.451 mil persegi) dan 56,4% dari populasi adalah perkotaan (154.188.546 orang pada tahun 2020)

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kependudukan: https://brainly.co.id/tugas/1174071

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

3. kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 170 no 3​

di karenakan tubuh menghangatkan tubuh yg sedang kedinginan

4. Jawaban kelas 7 bahasa indonesia hal 170

Jawaban:

Berusahalah untuk tidak menjadi seseorang yang berhasil, tetapi berusahalah untuk menjadi seseorang yang berguna.”

5. halaman 170 agama kelas 7 tolong jawab

Beliau mempersaudarakan kaum muhajirin dan kaum anshar agar mereka dapat saling membantu dan mengasihi satu sama lain. Kaum muhajirin yang mana meninggalkan segala kekayaan mereka di kota mekah sangat membutuhkan bantuan dari kaum anshar di madinah untuk memulai hidup baru. Persaudaraan ini juga akan membentuk suatu solidaritas antara kedua kaum tersebut yang nantinya sangat penting bagi perjuangan umat islam.1. Kafir Quraisy kesal, marah, dan takut suatu saat Rasulullah berhasil mengumpulkan banyak pengikut sehingga keberadaan mereka sebagai pejabat Mekkah terancam. Oleh karena itu diadakanlah pertemuan dan mereka sepakat untuk membunuh nabi Muhammad. Mereka pernah mengepung rumah nabi Muhammad, menyiksa kaum Muslimin yang hendak hijrah, dan melakukan pencarian serta pengejaran. Namun tetap saja, nabi Muhammad dan kaum Muhajirin selamat dan berhasil sampai di Madinah.

2.Mereka menangkap Ali, menyiksa, dan menyeretnya ke ka’bah untuk dimintai keterangan tentang tempat persembunyian Rasulullah. Tetapi, dengan cara ini mereka gagal.
.Mengutus beberapa orang kafir Quraisy di antaranya Abu Jahal, agar pergi kerumah Abu Bakar. Di rumah itu hanya ada putrinya yang bernama Asma.
Mengawasi seluruh jalan yang menghubungkan kota Mekkah dengan kota lain dengan pengawasan yang ketat.
Mengadakan sayembara, bahwa barangsiapa dapat menangkap Muhammad akan mendapat hadiah yang besar yaitu 60 ekor unta.
Menyewa pencari jelek guna mengikuti jejak yang pernah dilewati Rasulullah dan Abu Bakar.

3. jabal tsur

5. memperbaiki perekonomian madinah dan mempersaudarakan kaum islam mekkah dan madinah 

6. sebagai tempat ibadah dan pembelajaran. Selain itu, Masjid juga berfungsi sebagai tempat musyawarah, merawat orang sakit, dan asrama. 

7. untuk mengikat setiap pengikut Islam yang terdiri dari berbagai macam suku dan kabilah ke dalam suatu ikatan masyarakat yang kuat, senasib, seperjuangan dengan semangat persaudaraan Islam. 

8. 1. Tidak saling menyerang antara kaum muslimin dengan penduduk Mekah selama sepuluh tahun.
2. Kaum muslimin menunda untuk Umroh dan diperbolehkan memasuki kota Mekah pada tahun berikutnya dengan tidak membawa senjata kecuali pedang dalam sarungnya serta senjata pengembara.
3. Siapa saja yang datang ke Madinah dari kota Mekah harus di kembalikan ke kota Mekah.
4. Siapa saja dari penduduk Madinah yang datang ke Mekah., maka tidak boleh dikembalikan ke Madinah.
5. Kesepakatan ini disetujui oleh kedua belah pihak dan tidak boleh ada pengkhianatan atau pelanggaran

9. SANGAT MENYAMBUT KEDATANGAN KAUM MUHAJIRIN DAN MEREKA DISANA SAING MENOLONG BERGOTONG ROYONG DAN SALING BAHU MEMBAHU

6. jawaban bahasa indonesia semester 2 halaman 170​

Jawaban:

Itu bro saya pernah mengerjakanya

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Maap kalau salah like kalau benar

7. Kunci jawaban matematika evaluasi diri 3 halaman 170

Penjelasan dengan langkah-langkah:

jawaban tercedas lah………

Jawaban:

kelas berapa?

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf, saya tidak bisa menjawab karena pertanyaannya kurang lengkap

8. Jawaban bahasa indonesia dalam buku paket halaman 170 kelas 8 bagian B

Buku Paket Halaman 170 Kelas 8 Bagian BPembahasan

Di soal, kita disuruh mengerjakan soal tentang membuat kalimat dari kata akhirnya, bahwa, hendaknya, lalu, karena.

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.Hendaknya termasuk kata saran. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.
Pelajari lebih lanjut

Contoh kalimat berkonjungsi

https://brainly.co.id/tugas/3357341

°ω° °ω° °ω° °ω°

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kelas: 8 SMP

Kata kunci: konjungsi

Kode soal: 1

Kode kategori: 8.1

#OptiTeamCompetition

9. kunci jawaban tema 1 kelas 6 hal 170tolong di bantu..​

Jawaban:

iya,komik di atas telah menggambarkan penerapan Pancasilapada sila ke 2 yang bunyinya “kemanusiaan yang adil dan beradab”dialog pada komik di atas sudah sesuai

10. Sbk kelas 8 halaman 170.​

Jawaban:

mana soalnya cuman tulisan nya saja

Jawaban:

mana soalnya ya kok cuma tulisannya aja

11. jawab
an bahasa Indonesia halaman 170 bagian A​

Jawaban:

jawabannya adalah 1 dan 2

12. tolong dong, soal bahasa Indonesia kelas 8 halaman 170 . . .​

Pasangan contoh kata dengan kaidah kebahasaannya adalah:

Sebab: konjungsi kausalitasHendaknya: rekomendasiSemenjak: kata depan penanda keterangan waktuKemudian: konjungsi temporalYaitu: konjungsi penerang

Contoh kalimat dari suatu teks ulasan yang menggunakan kata-kata berikut adalah:

Akhirnya: Rina akhirnya memutuskan untuk mengemas cerita tersebut dalam konsep retro yang apik.Bahwa: Kita semua tahu bahwa menulis cerita dalam alur maju-mundur sangat sulit untuk dilakukan, namun Christopher dapat melakukannya dengan sangat baik.Hendaknya: Kita hendaknya bercermin pada moral karakter utama novel Laskar Pelangi yang ….Lalu: Tokoh utama lalu memutuskan untuk pindah dari perkotaan menuju kawasan rural yang tenteram.Karena: Novel ini sangat baik dibaca saat senggang karena untuk memahaminya butuh konsentrasi yang tinggi.

Contoh kalimat yang dapat ditulis dari kalimat tersebut adalah:

Sebab: Aku berhasil menjadi juara umum sebab rajin belajar setiap hari. (Makna kata: hal yang menjadi asal sebuah kejadian.)Penyebab: Hujan deras menjadi penyebab banjir bandang yang melanda desa Kayutanam. (Makna kata: suatu hal yang menyebabkan suatu peristiwa terjadi.)Penyebabnya: Harga bawang mengalami kenaikan. Penyebabnya adalah musim hujan yang mengakibatkan gagal panen. (Makna kata: suatu hal yang menjadi alasan terjadinya sesuatu.)Menyebabkan: Penurunan harga minyak goreng subsidi menyebabkan kerusuhan di masyarakat. (Makna: hal yang menjadikan suatu hal terjadi.)Disebabkan: Mata minus dapat disebabkan oleh banyak hal. (Makna: menjelaskan bahwa sesuatu dapat terjadi karena suatu hal yang lain.)Oleh sebab itu: Oleh sebab itu, kita senantiasa harus membuang sampah pada tempatnya. (Makna: menyimpulkan sesuatu.)

Pembahasan

Konjungsi adalah kata penghubung yang berfungsi sebagai untuk menghubungkan dua kata, frasa, kalimat, hingga paragraf.

Konjungsi terbagi atas beberapa macam, yakni:

Konjungsi koordinatif. Fungsinya untuk menghubungkan dua unsur yang sama pentingnya.Konjungsi kausalitas. Berfungsi untuk menghubungkan dua unsur yang memiliki hubungan sebab-akibat.Konjungsi temporal. Fungsinya adalah untuk menjelaskan hubungan waktu antar peristiwa.Konjungsi penerang. Fungsinya adalah untuk menerangkan suatu kejadian dalam kalimat.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian konjungsi dan 5 contohnya: https://brainly.co.id/tugas/2707240Materi tentang konjungsi sebab akibat: https://brainly.co.id/tugas/6071662Materi tentang konjungsi koordinatif: https://brainly.co.id/tugas/18573241

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Kalimat Efektif

Kode: 9.1.11

#AyoBelajar

13. bahasa indonesia kelas 8 smp kurikulum 2013 halaman 170 kegiatan 6.6

Buku Paket Halaman 170 Kelas 8Pembahasan

Langsung ke intinya aja ya 🙂

A. Pasangkanlah!

Sebab termasuk konjungsi kausalitas karena memiliki persamaan arti dengan karena. Contoh kalimat; Kini ia dibenci orang sebab perbuatannya yang sering mengadu dombakan orang.Hendaknya termasuk rekomendasi (saran) karena memiliki persamaan arti dengan sebaiknya. Contoh kalimat; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Semenjak termasuk kata depan penanda waktu karena memiliki persamaan arti dengan dari, sejak. Contoh kalimat; Semenjak menjadi ketua kelompok, Tian yang dulunya ramah kini bossy.Kemudian termasuk konjungsi temporal (bersifat waktu), lebih rincinya temporal sederajat. Contoh kalimat; Kulihat sebuah mobil melaju kencang di jalanan raya, kemudian berbelok ke arah gang kecil.Yaitu termasuk konjungsi penerang. Contoh kalimat; Laptop Yani dipinjam oleh temannya yaitu Popo sejak kemarin siang.

B. Contohkanlah!

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.Hendaknya termasuk kata saran/rekomendasi. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.

C. Contohkanlah!

Sebab adalah hal yang membuat terjadinya sesuatu. Contoh kalimatnya ada di atas ya 🙂Penyebab, kata dasarnya sebab. Berarti yang menyebabkan. Contoh kalimat; Rindu adalah penyebab seorang manusia galau.Penyebabnya berarti yang menyebabkan. Sama seperti yang atas. Contoh kalimat; Diduga seorang anak meninggal, penyebabnya adalah stres berkepanjangan.Penyebaban bukan kalimat baku, jadinya gak ada artinya yaa 🙂Menyebabkan berarti sesuatu yang menjadi sebab. Contoh kalimat; Berlama-lama di depan layar komputer akan menyebabkan mata rusak.Disebabkan sama artinya yang atas, tapi ini pasif alias lampau. Contoh kalimat; Stres pada anak sekolah disebabkan oleh jadwal sekolah yang terlalu padat.Oleh sebab itu sama artinya dengan oleh karena itu, merupakan konjungsi antar kalimat. Contoh kalimat; Putra kami melakukan banyak sekali pelanggaran, oleh sebab itu, kami memohon sebesar-besarnya dan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.
Pelajari lebih lanjut

Arti kata sebab, dkk

https://brainly.co.id/tugas/13931677

°ω° °ω° °ω° °ω° °ω°

Detil jawaban

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kata kunci: konjungsi

Kelas: 8 SMP

Kode soal: 1

Kode kategori: 8.1

#OptiTeamCompetition

14. Kunci jawaban buku paket ipa kelas 7 halaman 170 yg ayo kita latihan 1-3

Jawaban:

1. Perbedaan antara suhu dan kalor :

Suhu adalah suatu besaran untuk menyatakan tingkatan panas atau dingin suatu benda.

Kalor adalah perpindahan energi panas yang terjadi dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang besuhu lebih rendah. Sehingga dapat mengakibatkan perubahan suhu.

2. Orang akan menggigil ketika kedinginan karena saat menggigil tubuh akan bergerak lebih cepat, sehingga tubuh akan melakukan metabolisme dengan membakar energi kimia dari makanan menjadi energi gerak sehingga menghasilkan energi panas dan akan dapat mempertahankan suhu tubuh agar tidak turun.

3. Persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda :

[tex]\boxed{Q=m.C.\Delta{t}}[/tex]

Dengan :

Q = Kalor (J)  

m = Massa (Kg)  

C = Kalor jenis Benda (J/kg⁰C)  

Δt = Perubahan Suhu benda (⁰C)  

Persamaan kalor untuk mengubah wujud benda dari pada menjadi cair :

[tex]\boxed{Q=m\times\\L}[/tex]

Dengan :

L = Kalor lebur zat

Persamaan kalor untuk mengubah wujud zat menjadi uap :

[tex]\boxed{Q=m\times\\U}[/tex]

Dengan :

U = Kalor uap zat

Pelajari Materi Lebih Lanjut Pada :  

Materi Tentang kalor yang dibutuhkan untuk mencairkan Es : https://brainly.co.id/tugas/23187972  

 

#BelajarBersamaBrainly

15. bahasa indonesia kelas 8 smp k13 halaman 170 kegiatan 6.6

Buku Paket Halaman 170 Kelas 8Pembahasan

Langsung ke intinya aja ya 🙂

A. Pasangkanlah!

Sebab termasuk konjungsi kausalitas karena memiliki persamaan arti dengan karena. Contoh kalimat; Kini ia dibenci orang sebab perbuatannya yang sering mengadu dombakan orang.Hendaknya termasuk rekomendasi (saran) karena memiliki persamaan arti dengan sebaiknya. Contoh kalimat; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Semenjak termasuk kata depan penanda waktu karena memiliki persamaan arti dengan dari, sejak. Contoh kalimat; Semenjak menjadi ketua kelompok, Tian yang dulunya ramah kini bossy.Kemudian termasuk konjungsi temporal (bersifat waktu), lebih rincinya temporal sederajat. Contoh kalimat; Kulihat sebuah mobil melaju kencang di jalan raya, kemudian berbelok ke arah gang kecil. Yaitu termasuk konjungsi penerang. Contoh kalimat; Laptop Yani dipinjam oleh temannya yaitu Popo sejak kemarin siang.

B. Contohkanlah!

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.Hendaknya termasuk kata saran/rekomendasi. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.

C. Contohkanlah!

Sebab adalah hal yang membuat terjadinya sesuatu. Contoh kalimatnya ada di atas ya 🙂Penyebab, kata dasarnya sebab. Berarti yang menyebabkan. Contoh kalimat; Rindu adalah penyebab seorang manusia galau.Penyebabnya berarti yang menyebabkan. Sama seperti yang atas. Contoh kalimat; Diduga seorang anak meninggal, penyebabnya adalah stres berkepanjangan.Penyebaban bukan kalimat baku, jadinya gak ada artinya yaa 🙂Menyebabkan berarti sesuatu yang menjadi sebab. Contoh kalimat; Berlama-lama di depan layar komputer akan menyebabkan mata rusak.Disebabkan sama artinya yang atas, tapi ini pasif alias lampau. Contoh kalimat; Stres pada anak sekolah disebabkan oleh jadwal sekolah yang terlalu padat.Oleh sebab itu sama artinya dengan oleh karena itu, merupakan konjungsi antar kalimat. Contoh kalimat; Putra kami melakukan banyak sekali pelanggaran, oleh sebab itu, kami memohon sebesar-besarnya dan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.
Pelajari lebih lanjut

Arti kata sebab, dkk

brainly.co.id/tugas/13931677

°ω° °ω° °ω° °ω° °ω°

Detil jawaban

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kata kunci: konjungsi

Kelas: 8 SMP

Kode soal: 1

Kode kategori: 8.1

#OptiTeamCompetition

16. jawaban hal 170 buku bahasa indonesia kelas 8 bagian c​

Jawaban:

yg mana itu soal najwhsushee

Penjelasan:

mana soal nya kok nggak ada

17. Bahasa Indonesia Kelas 7 halaman 170 Pls bantu kalo boleh tabel​

Jawaban dan Pembahasan terlampir di foto.

Pelajari lebih lanjuthttps://brainly.co.id/tugas/13805125

DETAIL

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : 7

Materi : Kata berima

Kata Kunci : Kata berima utuh dan sebagian

Kode Soal : 1

Kode Kategorisasi : 7.1

—————————–

Semoga membantu.

18. jawaban bahasa indonesia halaman 170 kegiatan 6.6 kls 8​

Jawaban:

Bagian A

1. B konjungsi kausalitas

2.A rekomendasi

3.D konjungsi temporal

4.D KONJUNGSI TEMPORAL

5.C KONJUNGSI PENERANG

BAGIAN C

•Sebab

Arti=sbg kata benda yg artinya hal yg menjadikan timbulnya sesuatu,karena,(asal)mula

•penyebab

Arti=sbg kata benda yg artinya yg menyebabkan

•penyebabnya

Sbg kata benda yg artinya menyebabkan sgn kata genti-nya

•penyebapan

Arti=bkn bhs baku jd tdk memiliki arti

•menyebabkan

Sbg kata kerja aktif yg artinya mendatangkan(menimbulkan,menerbitkan)adanya sesuatu

•disebabkan

Sbg kata kerja pasif yg artinya terjadi karena

•oleh sebab itu

Sbg konjungsi antarkalimat yg artinya oleh karena itu

Semoga Membantu

19. Tolong di jawab Bahasa Indonesia Kelas VII Hal 170

Maaf, untuk soalnya dimana ya?

Video Terkait