Konsep Berbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

  Edukasi
Konsep Berbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

Konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

Daftar Isi

1. Konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

Jawaban:

Konsep bahasa Indonesia baik dan benar adalah sebuah konsep terkait penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Kedua konsep ini harus dipenuhi agar kita mampu menyampaikan pesan dari ujaran kita dengan tepat kepada lawan bicara.

2. konsep bahasa indonesia baik dan benar

Konsep bahasa Indonesia baik da
n benar adalah sebuah konsep terkait penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Kedua konsep ini harus dipenuhi agar kita mampu menyampaikan pesan dari ujaran kita dengan tepat kepada lawan bicara.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjabarkan konsep tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

KONSEP BAHASA INDONESIA BAIK DAN BENAR DAPAT DIPISAHKAN KE DALAM DUA BAGIAN YAITU BAIK DAN BENAR.

BAHASA INDONESIA YANG BAIK ADALAH BAHASA INDONESIA YANG DIGUNAKAN SECARA TEPAT ATAU SESUAI DENGAN KONTEKS PEMBICARAAN ATAU SITUASI YANG TENGAH DIHADAPI.

SEMENTARA ITU BAHASA INDONESIA YANG BENAR ADALAH BAHASA INDONESIA YANG DIGUNAKAN SESUAI DENGAN SELURUH KAIDAH BAHASA YAGN MELINGKUPINYA SEPERTI SESUAI DENGAN EJAAN (DAPAT DIPERIKSA SESUAI DENGAN SISTEM EJAAN YANG SAAT INI DIGUNAKAN).

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang kaidah kebahasaan:

https://brainly.co.id/tugas/310665

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: konsep, bahasa Indonesia, baik, benar

3. Apakah konsep bahasa indonesia yang baik dan benar harus menggunakan konsep buku

Jawaban:

kata baku adalah berbahasa Indonesia yang baik Dan benar. sesuai KBBI

4. Jelaskan konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar beserta contohnya.

Jawaban:

Baik dan benar.

Penjelasan:

Ada lima laras bahasa yang dapat digunakan sesuai situasi. Berturut-turut sesuai derajat keformalannya, ragam tersebut dibagi sebagai berikut.

Ragam beku (frozen); digunakan pada situasi hikmat dan sangat sedikit memungkinkan keleluasaan seperti pada kitab suci, putusan pengadilan, dan upacara pernikahan.

Ragam resmi (formal); digunakan dalam komunikasi resmi seperti pada pidato, rapat resmi, dan jurnal ilmiah.

Ragam konsultatif (consultative); digunakan dalam pembicaraan yang terpusat pada transaksi atau pertukaran informasi seperti dalam percakapan di sekolah dan di pasar.

Ragam santai (casual); digunakan dalam suasana tidak resmi dan dapat digunakan oleh orang yang belum tentu saling kenal dengan akrab.

Ragam akrab (intimate). digunakan di antara orang yang memiliki hubungan yang sangat akrab dan intim.

Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah untuk bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan. Ciri-ciri ragam bahasa baku adalah sebagai berikut.

Penggunaan kaidah tata bahasa normatif. Misalnya dengan penerapan pola kalimat yang baku: acara itu sedang kami ikuti dan bukan acara itu kami sedang ikuti.

Penggunaan kata-kata baku. Misalnya cantik sekali dan bukan cantik banget; uang dan bukan duit; serta tidak mudah dan bukan nggak gampang.

Penggunaan ejaan resmi dalam ragam tulis. Ejaan yang kini berlaku dalam bahasa Indonesia adalah ejaan yang disempurnakan (EYD). Bahasa baku harus mengikuti aturan ini.

Penggunaan lafal baku dalam ragam lisan. Meskipun hingga saat ini belum ada lafal baku yang sudah ditetapkan, secara umum dapat dikatakan bahwa lafal baku adalah lafal yang bebas dari ciri-ciri lafal dialek setempat atau bahasa daerah. Misalnya: /atap/ dan bukan /atep/; /habis/ dan bukan /abis/; serta /kalaw/ dan bukan /kalo/.

Penggunaan kalimat secara efektif. Di luar pendapat umum yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia itu bertele-tele, bahasa baku sebenarnya mengharuskan komunikasi efektif: pesan pembicara atau penulis harus diterima oleh pendengar atau pembaca persis sesuai maksud aslinya.

5. Konsep berbahasa indonesia yang baik dan benar beserta contohnya

Jawaban:

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar” dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.

Misalkan dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku Contoh :

Apakah kamu ingin menyapu rumah bagian belakang ?

Apa yang kamu lakukan tadi?

Misalkan ketika dalam dialog antara seorang Guru dengan seorang siswa

Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?

Rino : sudah saya kerjakan pak.

Pak guru : baiklah kalau begitu, segera dikumpulkan.

Rino : Terima kasih Pak

6. buatlah uraian singkat dengan menggunakan konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan topik “peranan bahasa Indonesia sebagai bahasa teknologi” minimal 6 paragraf?​

                Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Teknologi

  Pengertian dari Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan dalam kehiduapan sehari-hari untuk digunakan dalam berkomunikasi dan berinteraksi  dengan sesama.Bahasa Indonesia selain digunakan dalam kehidupan sehari-hari juga dapat digunakan sebagai bahasa persatuan.Dengan adanya Bahasa Indoneisa ini kita dapat berkomunikasi dengan sesama.Banyak sekali kegunaan Bahasa Indonesia ini selain sebagai bahasa sehari-hari.

 

 Bahasa Indonesia juga dapat dilakukan dengan Bahasa Gaul dan Bahasa dalam media komunikasi.Yang biasa dilakukan (diucapkan) dalam bahasa gaul adalah woy,wkwk,P,dll.Hal tersebut sangat menunjukan bahwa bahasa Indonesia sangat beerperan dalam Bahasa teknologi.Entah kita mengerti bahsa teknologi itu atau tidak itu tergantung dengan mereka yang kurang update(kudet).

Salah satu contoh bahasa teknologi adalah misalnya wkwk.Wkwk merupakan bahasa teknologi yang diartikan dalam bahasa Indoneisa adalah Lucu/tertawa.Tentu wkwk dalam bahasa teknologi sangat lah berbeda jauh dengan bahasa Indonesia.Coba kalian tertawa saat berkomunikasi tatap muka dengan ketawa menggunakan wkwk pasti beda kan pengertian bahsanya,justru tertawa biasanya hahaha bukan wkwk.

 Contoh lain bahasa teknologi lainnya adalah P.P merupakan bahasa teknologi yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah hey/halo.Pasti berbeda kan jika kita berkomunikasi langsung dengan sesama menggunaka P.Tentu saja beda karena,P cuma cocok digunakan dalam bahsa teknologi saja(media komunikasi Online).

 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bahasa teknologi adalah bahasa Indonesia yang digunakan dalam media komunikasi online.Bahasa teknologi tidak dapat disamakan dengan bahasa Indonesia karena memiliki makna yang berbeda.Bahasa Indonesia adal
ah bahasa yang digunakan sehari-hari saat bertatap muka,sedangkan Teknologi secara Online.Jadi itulah peranan bahasa indonesia dalam bahasa teknoloogi.

 Perananya adalah memberikan pesan dengan bahasa yang cepat dan singat dengan upaya mempercepat membalas pesan atau pun kesan pada orang lain secara online.

7. konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar, lengkapi jawaban saudara dengan contoh

Jawaban:

Konsep bahasa Indonesia baik dan benar adalah sebuah konsep terkait penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Kedua konsep ini harus dipenuhi agar kita mampu menyampaikan pesan dari ujaran kita dengan tepat kepada lawan bicara.

8. Konsep bahasa indonesia yang baik dan benar sebagai ilmu teknologi.?

bahasa indonesia yang baik dan benar adalah menggunakan bahasa indonesia yang sesuai kotenks.(pembicaraan atau penulisan).berbahasa indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa yang sesuai kaidah (tata bahasa).bahasa indonesia adalah pengertian di atas baru saya peroleh dan pahami.

9. Jelaskan konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

Berbahasa Indonesia yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai konteks (pembicaraan atau penulisan). Berbahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia.

10. Uraikan konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

bahasa indonesia adalah bahasa kesatuan NKRI dan bahasa indonesia mengajarkan bertata bahasa yang tepat dan sopan juga berkaidah

11. 2. Bacalah teks berikut dengan saksama!Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar telah lama didengung-dengungkanoleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Lahirnya konsep bahasa Indonesiayang baik dan benar pada dasarnya tidak terlepas dari konteks pemakaian bahasa yangberagam. Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuaisituasi pemakaiannya, sedangkan bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesiayang digunakan sesuai dengan kaidah tertentu.Simpulan paragraf tersebut adalahA. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yangpenggunaanya sesuai dengan kaidah yang berlaku.B. Dalam situasi formal seseorang harus pandai menggunakan bahasa Indonesia yangbaik dan benar.C. Konteks pemakaian bahasa yang beragam harus ditingkatkan agar masyarakat yangmemahami bahasa yang benar.D. Bahasa Indonesia yang baik harus benar agar mudah dipahami olehparapemakainya.E. Keragaman bahasa menjadikan bahasa kita kokoh dan kaya sehingga menambahkekayaan budaya kita.​

Jawaban:

jawabannya adalah A

Penjelasan:

karena kesimpulan dari suatu paragraf pada umumnya terletak di bagian akhir

Jawaban:

Jawaban nya A. maaf kalo salah

12. Buatlah uraian singkat peran bahasa indonesia sebagai bahasa seni dengan menggunakan konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

Peran Bahasa Dalam Kaitannya Dengan Dunia Kesenian

Bahasa dapat dirtikan sebagai sebuah perlambangan yang memberikan makna terhadap suatu konsep. Menurut Bloch dan Tragger (1942), bahasa merupakan sebuah kumpulan symbol vocal yang digunakan masyarakat social untuk berkomunikasi. Secara asas bahasa digunakan manusia untuk berhubungan antara satu sama lain. Meskipun begitu, lewat system bahasa, para pengkaji berupaya untuk mengenal system kehidupan budaya, adab, adat dan kosmologi masyarakat tersebut.

13. Apakah konsep bahasa indonesia yang baik dan benar harus menggunakan konsep buku

Jawaban:

tergantung karena jikalau kita sedang membuat karya ilmiyah bahasa yang harus digunakan itu harus bahasa baku agar nantinya karya ilmiyah digunakan bahasa baku di dalamnya dan harus sesuai dengan kbbi

Penjelasan:

14. Jelaskan konsep bahasa indonesia secara baik dan benar

………………………

15. Jelaskan konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar

Konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar adalah penggunaan ragam bahasa yang sesuai dengan sasaran. Selain itu, penggunaannya juga mengikuti kaidah bahasa yang benar. Hal tersebut mengacu pada pemenuhan berbagai syarat dalam kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang dipakai adalah bahasa yang baku.

Pembahasan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penggunaannya memiliki berbagai konsekuensi yang logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan keadaan atau kondisi tertentu. Pada situasi atau kondisi formal, bahasa Indonesia yang benar adalah prioritas utama. Dalam keadaan tersebut, penggunaan bahasa yang sering digunakan adalah bahasa Indonesia dalam keadaan baku.

Kendala yang harus dihindari dalam penggunaan bahasa Indonesia baku adalah sebagai berikut.

Adanya kendala akibat interfensi.Adanya kendala akibat integrasi.Adanya kendala akibat campur kode.Adanya kendala akibat alih kode.Adanya kendala akibat bahasa gaul yang sering digunakan dalam komunikasi resmi.

Keadaan tersebut yang menyebabkan bahasa Indonesia yang digunakan menjadi tidak sesuai pada tempatnya. Penulisan yang sesuai juga dapat berpedoman pada kaidah-kaidah bahasa Indonesia standar seperti berikut ini.

Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).Tata bahasa yang baku.Kamus umum Bahasa Indonesia.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar https://brainly.co.id/tugas/12772688Materi tentang kaidah-kaidah dalam bahasa Indonesia https://brainly.co.id/tugas/24275619Materi tentang konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar https://brainly.co.id/tugas/8136176Detail Jawaban

Kelas: 8
Pelajaran:
Bahasa Indonesia
Bab:
2
Kode:
8.1.2

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

16. apa konsep berbahasa indonesia secara baik dan benar

Menggunakan EYD yang baik dan benar sesuai aturanBahasa Yang Baik
Penggunaan bahasa yang baik (sesuai aspek komunikatif) adalah sesuai dengan sasaran kepada siapa bahasa tersebut di sampaikan.

Bahasa yang Benar
Bahasa yang benar berkaitan dengan aspek kaidah, yaitu peraturan bahasa (tata bahasa, pilihan kata, tanda baca, dan ejaan).

maaf cuma itu yang saya tau^_^

17. Sebutkan beberapa konsep strategi berbahasa Indonesia yang baik dan benar!

Jawaban:

Berbahasa Indonesia yang benar berarti bahwa harus digunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah atau aturan bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia meliputi kaidah tata bahasa, kaidah ejaan, dan kaidah pembentukan istilah.

SEMOGA MEMBANTU,MAAF KALO SALAH 🙂

18. Uraikan konsep bahasa indonesia yang baik dan benar

kapan try out nya bu misalnya

19. Jelaskan konsep berbahasa Indonesia secara baik dan benar dan berikan contoh

Cara :

1.Belajar Dengan Benar

2.Belajar dengan Baik

3.Serius mempelajarkan Bahasa Indonesia

4.Bersungguh – Sungguh

Semoga membantu,maaf jika salah

Video Terkait