Kemukakan Bahwa Badan Peradilan Bersifat Bebas Dan Tidak Memihak

  Edukasi
Kemukakan Bahwa Badan Peradilan Bersifat Bebas Dan Tidak Memihak

kemukakan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

1. kemukakan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

Badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak adalah konsekuensi dari negara Indonesia sebagai negara hukum dan negara konstitusional sebagaimana dengan tegas dinyatakan dalam UUD 1945. Di bidang peradilan pidana keberlakukan asas peradilan yang bebas dan tidak memihak ini dengan tegas dinyatakan di dalam KUHAP sebagai salah satu asas yang mengatur perlindungan terhadap keluhuran harkat serta martabat manusia. Pasal 1 angka 9, yang menentukan “Mengadili adalah serangkaian tindakan hakim untuk menerima, memeriksa, dan memutus perkara pidana berdasarkan asas bebas, jujur, dan tidak  memihak di sidang pengadilan dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam undang- undang ini”

                                    Pembahasan

Asas Peradilan yang Bebas dan Tidak Memihak dan Kekuasaan Kehakiman

Keberlakuan asas peradilan yang bebas dan tidak memihak di Indonesia merupakan konsekuensi dari negara Indonesia sebagai negara hukum dan negara konstitusional sebagaimana dengan tegas dinyatakan dalam UUD 1945.

Di bidang peradilan pidana keberlakukan asas peradilan yang bebas dan tidak memihak ini dengan tegas dinyatakan di dalam KUHAP sebagai salah satu asas yang mengatur perlindungan terhadap keluhuran harkat serta martabat manusia. Di dalam KUHAP secara tegas asas ini dim
uat di dalam :

1. Pasal 1 angka 9, yang menentukan “Mengadili adalah serangkaian tindakan hakim untuk menerima, memeriksa, dan memutus perkara pidana berdasarkan asas bebas, jujur, dan tidak memihak di sidang pengadilan dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam undang- undang ini”.

2. Penjelasan Umum angka 3 huruf e yang menentukan “Peradilan yang harus dilakukan dengan cepat, sederhana dan biaya ringan serta bebas, jujur dan tidak memihak harus diterapkan secara konsekuen dalam seluruh tingkat peradilan”. Penyelenggaraan asas peradilan yang bebas dan tidak memihak ini, menurut UUD 1945 dilaksanakan oleh Kekuasaan Kehakiman. Hal ini dengan tegas diatur di dalam Pasal 24 UUD 1945, yang menentukan :  

(1) Kekuasaan Kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

(2) Kekuasaan Kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara, dan sebuah Mahkamah Konstitusi.

(3) Badan-badan lain yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman diatur dalam Undang-Undang.

Pasal 1 angka 1 UU No.48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman menentukan “Kekuasaan Kehakiman adalah kekuasaan Negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, demi terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia”. Dengan demikian sekalipun UU No.14 Tahun 1970 tentang Pokok-Pokok Kekuasaan Kehakiman diganti dengan UU No.48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, tetapi prinsip hubungan antara kemandirian kekuasaan kehakiman dengan asas peradilan yang bebas dan tidak memihak sebagai salah satu ciri negara hukum bersifat tetap atau tidak berubah.

International Commission of Jurist sebagaimana dikutip oleh Moh. Mahfud MD (1999) menyebutkan  Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak (independent and impartial tribunals) sebagai syarat atau ciri negara hukum di samping ciri yang lain, yakni (1) perlindungan konstitusional; (2) pemilihan umum yang bebas; (3) kebebasan menyatakan pendapat; (4) kebebasan berserikat, berorganisasi, dan peroposisi; dan (5) pendidikan kewarganegaraan”.

Semoga jawaban ini dapat membantumu ya..  

Ayo kuasai materi pembelajaran lainnya melalui link di bawah ini!  

Pelajari lebih lanjut :

1. Keadilan dapat terwujud dalam kehidupan sehari-hari

https://brainly.co.id/tugas/9936188

2. Keadilan memperlakukan orang sesuai jasa

https://brainly.co.id/tugas/9927019

3. Keadilan adalah barometer dalam hukum islam

https://brainly.co.id/tugas/9923153

4. Keadilan di sila ke 5

https://brainly.co.id/tugas/9346338

Detail jawaban  

Kelas: 11 SMA

Mapel: PPKn

Bab: 5

Kode: 11.9.5

Kata Kunci: Badan peradilan, konsekuensi, tidak memihak

2. analisis pernyataan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak siapapun atau orang lain

3. analisislah pernyataan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak?

pada hakikatnya suatu badan peradilan baik dalam nasional ataupun secara internasional ialah bersifat bebas dan tidak memihak..dikarenakan ada unsur keadilan, kejujuran, keijaksanaan didalamnya

4. contoh badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak

Mahkamah Agung (MA), karena lembaga peradilan ini tidak memihak manapun, dan mengadili tanpa pandang bulu

5. sebutkan manfaat badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak

dapat memberikan keadilan yg seadil2nya dan menjatuhkan hukuman bagi orang yg bersalah atau melanggar hukumAdanya pengawasan
efektif oleh
perwakilan rakyat
terhadap
pemerintahan (DPR
mengawasi
pemerintahan)Adanya
peradilan yang bebas
dan tidak memihak
(hukum adil)Adanya
jaminan dan
kepastian tentang
legalitas hukum dan
segala bentuknya
(UUD)Adanya
pengakuan beserta
jaminan terhadap
HAMAdanya lembaga
perwakilan rakyat
(DPR)Keanggotaan
perwakilan rakyat
berdasarkan pemilu
(memilih DPR melalui
pemilu)Adanya
pengakuan rakyat
dalam pemerintahan

6. jelaskan mengapa badan peradilan bersigat bebas dan tidak memihak​

Jawaban:

Sesuai dengan “Freedom of Judge”

Penjelasan:

Kebebasan Hakim merupakan personifikasi dari kemandirian kekuasaan kehakiman tidaklah berada dalam ruang hampa tetapi dibatasi oleh rambu-rambu akuntabilitas, integritas moral, etika, transparansi, pengawasan, profesionalisme dan imparsialitas. Terkadang independensi dan kebebasan Hakim tidak luput dari pengaruh-pengaruh direktif yang berasal dari antara lain lembaga internal dalam kekuasaan kehakiman itu sendiri sendiri, lembaga di luar lembaga peradilan baik eksekutif, legislatif maupun lembaga yang lain, dan pengaruh tekanan masyarakat baik nasional maupun internasional.

7. kemukakan pendapat anda mengenai peradilan yang bebas dan tdk memihak dlm negara demokrasi

peradilan yg hak adalah suatu tindak keadilan yg di ingin kan…

8. Jelaskan maksud dari badan peradilan yang bebas dan tidak memihak!

artinya adalah peradilan yang bebas dari intervensi (pengaruh) manapun sehingga dapat memutuskan dengan se adil-adilnya sehingga semua warga negara sama di mata hukum

9. apa itu badan peradilan yang bersipat bebas dan tidak memihak

Badan peradilan diharuskan bersifat bebas atau independen dan tidak memihak. Hal ini diperlukan agar keadilan benar-benar dapat ditegakkan tanpa pandang bulu sehingga kepercayaan masyarakat akan lembaga peradilan akan tinggi dan pada akhirnya dapat menjadi penegak hukum yang dapat diandalkan dalam negara.

10. kemukakan pendapat anda mengenai peradilan yang bebas dan tdk memihak dlm negara demokrasi

menurut saya peradilan di indonesia masih tumpul ke atas tajam ke bawah

11. jelaskan maksud dari badan peradilan yang bebas dan tidak memihak

artinya badan yang adil dan tidak memihak satu sama lainmaksudnya adalah badan peradlan itu dalam memberi keadilan tidak memihak pada salah satu pihak dan merugikan pihak lain,dan juga bebas dari tindak penyuapan dan juga wajib menjatuhkan hukuman bagi yang memang bersalah.

12. badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak. analisis maksud pernyataan tersebut!

badan peradilan bersifat bebas, tidak ada yang akan memihak selain badan peradilan

13. badan peradilan
bersifat bebas dan tidak memihak, analisislah maksud pertanyaan berikut

Kelas: SMA
Pelajaran: PPKN
Kategori: badan peradilan
Pembahasan:

Badan peradilan diharuskan bersifat bebas atau independen dan tidak memihak. Hal ini diperlukan agar keadilan benar-benar dapat ditegakkan tanpa pandang bulu sehingga kepercayaan masyarakat akan lembaga peradilan akan tinggi dan pada akhirnya dapat menjadi penegak hukum yang dapat diandalkan dalam negara. Jika tidak independen, badan peradilan akan kehilangan reputasinya di mata masyarakat.

14. analisislah pernyataan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

ke orang lain atau ke negara

15. Makna badan peradilan bebas dan tidak memihak

Jawaban:

Artinya adalah peradilan yang bebas dari intervensi (pengaruh) manapun sehingga dapat memutuskan dengan se adil-adilnya sehingga semua warga negara sama di mata huku

Penjelasan:

semoga bermanfaat

maaf kalau salah

ikuti / follow brainly

terima kasih

16. 5. Jelaskan mengapa Badan Peradilan bersifat bebas dan tidak memihak?​

Jawaban:

Badan peradilan diharuskan bersifat bebas atau independen dan tidak memihak. Hal ini diperlukan agar keadilan benar-benar dapat ditegakkan tanpa pandang bulu sehingga kepercayaan masyarakat akan lembaga peradilan akan tinggi dan pada akhirnya dapat menjadi penegak hukum yang dapat diandalkan dalam negara.

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAATTETAP BELAJARJANGAN LUPA FOLLOW YA

17. analisis petnyataan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak siapapub atau orang lain

18. jelaskan maksud badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak!

arti badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak adalah seperti yang tercantum dalam sila ke 5. keadilan ,, artinya badan2 yang memegang kekuasaan untuk mengadili,sebaiknya melakukan peradilan /pengadilan/mengadili setiap orang tanpa memihak atau tidak melakukan kegiatan nepotisme ,, dan yang bebas artinya badan2 tersebut mengadili dengan seadil-adilnya tnpa adanya nepotisme juga.

19. analisislah pertanyaan bahwa badan peradilan bersifat bebas dan tidak memihak

Ya… berarti bebas tanpa ada campur tangan dari badan kedaulatan negara yang lain, atau tidak ada tekanan dari pihak lain, orang-orang bekerja didalam badan peradilan tidak mudah untuk dipengaruhi untuk membolak -balik fakta yang ada untuk pihak tertentu, bukan badan peradilan yang dituntut untuk bebas tetapi yang dimaksud adalah para hakim dan jaksa yang bekerja dalam badan peradilan.

Video Terkait