Jelaskan Teori Ketinggian Bangunan Dalam Struktur Kota

  Edukasi
Jelaskan Teori Ketinggian Bangunan Dalam Struktur Kota

jelaskan teori ketinggian bangunan dalam struktur kota

Daftar Isi

1. jelaskan teori ketinggian bangunan dalam struktur kota

Soal :jelaskan teori ketinggian bangunan dalam struktur kota____________________Jawaban :Pendahuluan

Halo, BrainlyLovers!

Apa kabar? semoga selalu sehat dan bersemangat!

Kali ini kita ada tantangan untuk menjawab sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan pekajaran geografi. Ada banyak sekali kajian dalam geografi salah satunya adalah tentang tata ruang kota. Terdapat teori-teori yang mengatur tentang bagaimana kota itu diatur sedemikian rupa agar hak-hak manusia yang tinggal di dalamnya ini menjadi terpenuhi. Soal kali ini adalah tentang bagaimana sih teori tentang ketin
ggian bangunan dalam struktur kota. Mari kita bahas

Pembahasan

Saat ini dalam sebuah ruang ada yang disebut dengan kota karena syarat-syarat yang menunjukkan ciri kelengkapan kota itu terpenuhi. Namun bagaimana dengan peraturan mengenai pendirian bangunan? Ada sebuah teori yang berbicara mengenai ketinggian bangunan dalam sebuah struktur kota. Tujuannya adalah jelas agar hak-hak manusia bisa terjaga. Hak-hak manusia yang sebaiknya dipenuhi itu terkait dalam struktur kota adalah tentang hak manusia untuk mendapatkan sinar matahari, hak manusia untuk bisa menikmati alam dengan batas ketinggian tertentu, dan juga hak manusia untuk menggunakan lahan dengan tingkat keterjangkauan yang tinggi yang berarti adanya kemudahan untuk menggunakan ruang publik. Teori seperti ini diutarakan oleh Bergel (1955). Harga lahan yang sangat tinggi menjadi salah satu alasan mengapa manusia membangun rumah vertikal. Maka dari sinilah muncul sebuah teori untuk bisa mengatur bagaimana bangunan itu dibuat.

Kesimpulan

Teori ketinggian bangunan diutarakan oleh Bergel (1955) teori ini mengatakan bahwa untuk membangun sebuah bangunan dengan jenis vertikal jangan sampai melupakan hak-hak manusia yang sudah dibicarakan didalam pembahasan. Baik semoga bermanfaat yak BrainlyLovers!

Pelajari Yang Lain

https://brainly.co.id/tugas/4223542 tentang aspek-aspek topologi geografi fisik

https://brainly.co.id/tugas/7232157 tentang apa sih yang dimaksud dengan poros maritim dunia itu

https://brainly.co.id/tugas/8345671 tentang jenis hewan apa saja yang bisa bertahan hidup di lingkungan rawa

______________________Detail Jawaban

Kelas : XII

Pelajaran : Geografi  

Kategori : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Kata Kunci : Teori Ketinggian Bangunan, Tata Kota, Struktur Kota  

Kode : 12.8.2001

2. Teori yang menjelaskan peranan transportasi dalam mempengaruhi struktur keruangan kota yaitu A. Teori konsentris B. Teori poros C. Teori pusat kegiatan banyak D. Teori sektor E. Teori ketinggian bangunan

Jawaban:

B,Teori Poros

Penjelasan:

Dikemukakan oleh Babcock Teori ini mengatakan Peran transportasi dan jalan mempengaruhi interaksi antar wilayah dll

3. teori yang menjelaskan peranan transportasi dalam mempengaruhi struktur keruangan kota, yaitu a. teori konsentris b. teori poros c. teori pusat kegiatan banyak d. teori sektor e. teori ketinggian bangunan

Teori yang menjelaskan peranan transportasi dalam mempengaruhi struktur keruangan kota adalah Teori Poros.

Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini! 🙂

Pembahasan

Seperti yang kita tahu bahwa dalam perkembangan kajian struktur kota muncul berbagai macam teori. Beberapa teori tersebut yaitu:

1. Teori Konsentris (Concentric Theory)

Dikemukakan oleh: Ernest W. BurgessIsi Teori: “Kota mengalami perkembangan dari pusat, kemudian meluas ke daerah pinggiran yang menjauhi pusat kota. Zona perkembangan ini melingkar dan berlapis membentuk konsentris”.

2. Teori Poros

Dikemukakan oleh: Babcock Isi Teori: “Teori ini menekankan pada peranan transportasi dalam mempengaruhi struktur keruangan kota.”

3. Teori Sektoral (Sector Theory)

Dikemukakan oleh: Hommer HoytIsi Teori: “Struktur ruang kota berkembang membentuk sektor-sektor daripada membentuk lingkaran. Teori sektoral lebih menggambarkan kota sebagai objek yang dinamis, yang bisa berkembang dengan zonasi yang tidak merata atau berupa irisan.”

4. Teori Inti Ganda (Multiple Nucleus Theory)

Dikemukakan oleh: Harris dan UllmanIsi Teori: “Karakteristik persebaran penggunaan lahan atau struktur ruang kota ditentukan oleh faktor-faktor yang unik seperti situs sejarah kota, sehingga tidak ada urutan yang teratur seperti pada teori konsentris atau teori sektor.”

5. Teori ketinggian bangunan

Dikemukakan oleh: BergellIsi Teori: ” Perkembangan struktur kota dapat dilihat dari variabel ketinggian bangunan. Zona pusat kegiatan (CBD) merupakan daerah yang memiliki harga lahan tinggi dengan aksesibilitas tinggi pula, sehingga cenderung membentuk struktur kota secara vertikal.”

6. Teori Konsektoral

Tipe Eropa dikemukakan oleh: Peter Mann dengan studi kasus di Inggris.Tipe Amerika Latin dikemukakan oleh: Ernest Griffin dan Larry Ford dengan studi kasus di Amerika Latin.Isi Teori: ” Teori ini merupakan penggabungan dari teori konsentris dan teori sektoral.”

7. Teori Historis

Dikemukakan oleh: AlonsoIsi Teori: “Faktor historis atau sejarah berkaitan dengan perubahan tempat tinggal penduduk di dalam kota.”

Semoga ringkasannya cukup membantu ya! 🙂

———————————-

Pelajari lebih lanjut

Yuk, pelajari materi lainnya tentang kota!

1. Teori sektoral

brainly.co.id/tugas/18819935

2. Teori konsentris  

brainly.co.id/tugas/1289529  

3. Teori konsektoral

brainly.co.id/tugas/18909140

————————-  

Detil jawaban  

Kelas: 12  

Mapel: Geografi  

Bab: Interaksi Keruangan Desa dan Kota  

Kode: 12.8.2  

Kata kunci: teori poros, teori struktur kota

4. LATIHAN SOAL BAB 1: KONSEP DASAR SOSIOLOGI1. Perhatikan ciri-ciri berikut!1) Berdasarkan pada observasi nyata dalam masyarakat2) Tidak mempersoalkan baik buruknya fakta sosial3) Berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi menjadi teori4) Mempelajari kejiwaan individu sebagai bagian dari masyarakat5) Menjelaskan permasalahan sosial secara subjektifCiri ilmu Sosiologi ditunjukkan oleh pernyataan nomor…a. 1),2), dan 3) b. 1),2), dan 4) c. 1),3), dan 5)d. 2),3), dan 5)e. 3),4), dan 5)2. Ilmu Sosiologi diperlukan untuk mengkaji fenomena sosial dalam masyarakat secara empiris dan logis. Deskripsi tersebut menunjukkan bahwa sosiologi berfungsi sebagai …a. bahan pembuatan keputusanb. bahan pembangunan sosialc. bahan penelitian sosiald. solusi masalah sosiale. perencanaan sosial3. Masyarakat perkotaan cenderung bersikap individual dan bergaya hidup serba instan. Masyarakat perkotaan berbeda dengan dengan masyarakat pedesaan yang masih tradisional dan menjunjung tinggi rasa kebersamaan. Deskripsi tersebut dapat dikaji dalam kajian ilmu …a. sosiologi politik dan sosiologi hukumb. sosiologi gender dan sosiologi hukumc. sosiologi pendidikan dan sosiologi keluargad. sosiologi pembangunan dan sosiologi politike. sosiologi pedesaan dan sosiologi perkotaan4. Sosiologi mempelajari sistem sosial yang terdiri dari pola interaksi sosial, nilai dan norma, lembaga, struktur, serta perubahan sosial. Sistem sosial tersebut saling berhubungan satu sama lain. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa objek kajian sosiologi adalah …a. individu b. masyarakat c. sistem politik d. kebudayaane. Peristiwa masa lalu5. Perhatikan peristiwa berikut!1) kenaikan harga BBM diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok2) ditemukannya artefak alat-alat perlengkapan hidup zaman prasejarah3) kampanye calon bupati menarik simpati masyarakat4) aksi protes masyarakat akibat pergusuran lahan5) timbulnya gerakan menolak diberlakukannya kebijakan pemerintahObjek kajian sosiologi ditunjukkan nomor…a. 1),2), dan 3) b. 1),2), dan 4) c. 1),3), dan 5)d. 2),4), dan 5)e. 3),4), dan 5)6. Perhatikan fungsi dan manfaat Sosiol
ogi berikut.1) memberikan pengetahuan sistem nilai dan norma dalam masyarakat untuk dijadikan bahan pertimbangan.2) memberikan rekomendasi upaya pemecahan permasalahan sosial3) membuat rekomendasi untuk menjalankan kebijakan sesuai kebutuhan masyarakat4) memberikan penilaian baik dan buruknya fenomena/ gejala sosial dalam masyarakat5) Menindak pelaku penyimpangan sosial dalam masyarakatFungsi dan manfaat ilmu sosiologi dalam perencanaan sosial ditunjukkan oleh nomor…a. 1),2), dan 3) b. 1),2), dan 4) c. 2),3), dan 4)d. 2),3), dan 5)e. 3),4), dan 5)7. Sosiologi dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional karena …a. menggunankan metode yang tersusun secara sistematisb. berupaya memperbaiki teori lama dan mengembangkan teori baruc. meneliti aturan yang terbentuk berdasarkan pola interaksi antar individud. membahas fenomena yang sering terjadi, bukan yang seharusnya terjadie. berupaya menghubungkan gejala sosial dengan ilmu pengetahuan8. Setiap masyarakat selalu mengalami perubahan sosial. Perubahan sosial yang terarah dan direncanakan berdasarkan kebijakan pemerintah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Fenomena tersebut dapat dikaji menggunakan cabang ilmu…a. Sosiologi politik b. Sosiologi hukum c. Sosiologi pendidikan d. Sosiologi pembangunane. Sosiologi perdesaan dan Sosiologi perkotaan9. Sosiologi bersifat nonetis, artinya Sosiologi …a. merupakan ilmu pengetahuan terapanb. selalu menggunakan metode penelitianc. merupakan ilmu sosial yang mudah dipelajarid. tidak mempersoalkan baik buruknya fakta sosiale. menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat10. Konsep ilmu sosiologi tidak lepas dari teori-teori sebelumnya, namun memiliki kajian semakin kompleks dan terus mengalami perkembangan. Meskipun demikian, teori yang digunakan dalam sosiologi tetap berusaha menjelaskan fenomena sosial secara logis atas dasar hubungan sebab akibat. Hal ini berarti sosiologi mempunyai ciri…a. kumulatif dan teoritis b. empiris dan kumulatif c. teoritis dan empiris d. nonetis dan teoritise. Empiris dan teoritis​

Jawaban:

1. Ciri ilmu Sosiologi ditunjukkan oleh pernyataan nomor:

(A) 1, 2, dan 3

2. Deskripsi tersebut menunjukkan bahwa sosiologi berfungsi sebagai:

(C) Bahan penelitian sosial

3. Deskripsi tersebut dapat dikaji dalam kajian ilmu:

(E) Sosiologi pedesaan dan Sosiologi perkotaan

4. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa objek kajian sosiologi adalah:

(B) Masyarakat

5. Objek kajian Sosiologi ditunjukkan nomor:

(E) 3, 4, dan 5

6. Fungsi dan manfaat ilmu sosiologi dalam perencanaan sosial ditunjukkan oleh nomor:

(A) 1, 2, dan 3

7. Sosiologi dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional karena:

(A) Menggunakan metode yang tersusun secara sistematis

8. Fenomena tersebut dapat dikaji menggunakan cabang ilmu:

(C) Sosiologi pembangunan

9. Sosiologi bersifat nonetis, artinya Sosiologi:

(D) Tidak mempersoalkan baik buruknya fakta sosial

10. Hal ini berarti sosiologi mempunyai ciri:

(A) Kumulatif dan teoritis

Penjelasan:

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tatanan dan dinamika sosial di masyarakat.

Beberapa fungsi Sosiologi dalam masyarakat yaitu:

Fungsi Sosiologi dalam penelitian → Sosiologi dapat menjadi dasar ilmiah dan rujukan untuk menganalisis gejala sosial yang ada di masyarakat dari sudut pandang teoritis. Fungsi Sosiologi dalam pembangunan → Sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembangunan. Fungsi Sosiologi dalam pemecahan masalah sosial → Sosiologi membantu masyarakat dan pemerintah untuk menemukan penyebab dan solusi dalam memecahkan masalah sosial. Fungsi Sosiologi dalam perencanaan sosial → Sosiologi berperan dalam proses perencanaan sosial bersifat mencegah terjadinya masalah sosial.

Pelajari lebih lanjut materi tentang Ciri Masalah Sosial pada link brainly.co.id/tugas/4028336

#BelajarBersamaBrainly

Video Terkait