Jelaskan Pengecekan Umum Untuk Jenis Power Supply Tx

  Edukasi
Jelaskan Pengecekan Umum Untuk Jenis Power Supply Tx

9. Berikut tiga jenis diagnosa komputer adalah … A. BIOS, pengecekan motherboard, dan pengecekan power supply B. pada saat booting, BIOS, dan pengecekan power supply C. POST, pada saat booting, dan BIOS D. POST, diagnosa umum, diagnosa mencari, dan memecahkan masalah E. POST, diagnosa umum, dan BIOStolong bantu dong kk​

Daftar Isi

1. 9. Berikut tiga jenis diagnosa komputer adalah … A. BIOS, pengecekan motherboard, dan pengecekan power supply B. pada saat booting, BIOS, dan pengecekan power supply C. POST, pada saat booting, dan BIOS D. POST, diagnosa umum, diagnosa mencari, dan memecahkan masalah E. POST, diagnosa umum, dan BIOStolong bantu dong kk​

Jawaban:

POST, Diagnosa umum dan diagnosa mencari dan memecahkan masalah

2. jelaskan bagaimana cara mengecek power supply bisa menyala tanpa
dipasang pd mainboard

caranya dengan cara jumper

3. Cara menggunakan multimeter display untuk mengecek tegangan power supply gimana?

pada dasarnya tegangan psu adalah dc,yang :
1. kita atur switch ke arus dc dahulu(x10,x50dst)
2.tempatkan probe merak ke tegangan +
3.untuk probe hitam sebaliknya
4.mulailah membaca tegangan yang tertera pada jarum/display tapi jangan abaikan perkaliannya ya

4. jenis jenis kabel apa yang ada di power supply?​

Jawaban:

Konektor 20/24 pin ATX Motherboard

Penjelasan:

Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang biasa ada pada bagian belakang casing. Saat ini power supply yang sering digunakan adalah power supply jenis ATX.

Jawaban:

1.Konektor ATX 24/20 pin

2.Konektor ATX 4/8 pin

3.Molex Connector

4.Mini Molex Connector

5.SATA Connector

6.PCI-E Connector 6 pin & 6+2 pin

Penjelasan:

1.Kabel Daya Motherboard

2.Kabel Daya CPU

3.Konektor Peripheral 4 pin

4.Konektor Floppy Disk

5 dan 6,aku gk tau penjelasan nya

Maaf kalo salah yaa:)

5. sebutkan dan jelaskan jenis masalah yang menyebabkan gangguan catu daya / power supply pada komputer​

Jawaban:

1. Kurangnya daya atau tegangan listrik pada area tempat kita berada

2. Kesalahan pemasangan kabel atau colokan (misalnya kabel atau colokan daya komputer kurang masuk dengan stop kontak atau steker)

3. Performa komputer yang terlalu dipaksakan sehingga akan memakan banyak daya dan menambah beban CPU maupun GPU

Penjelasan:

sesuai pengalaman pribadi,semoga membantu:)

6. power supply pada komputer digunakan untuk

sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnyaPerangkat keras yang berfungsi untuk menyuplay tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan. 

7. Pada jenis power supply atx urutan nomer pin yang dapat digunakan untuk menguji kondisi power supply debgan melihat kipas dapat menyala atau tidak adalah

Jawaban:

Sambungkan pin warna hijau 14/ps on (+) dengan pin kabel warna hitam ps negatif pin nomor 3, 5, 7, 13, 15, 16 atau 17. Jika kipas berputar maka psu dalam kondisi normal

8. jelaskan tentang power supply ATX dengan power supplayyang lainnya

Jawaban:

Power Supply Komputer ATX. ATX singkatan dari Advanced Technology eXtended

da beberapa poin penting yang menjadi ciri – ciri utama dari penggunaan power supply ATX ini. berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari power supply ATX :

Sudah memiliki sistem oof tersendiri, sehingga hal ini membuat power supply bisa mati secara otomatis ketika komputer melakukan proses shutdown, berbeda dengan power supply AT yang harus dimatikan terlebih dahulu secara manual.

Power supply ATX ini memiliki daya listrik yang lebih besar dibandingkan dengan power supply AT, sehingga cukup membantu dalam menyalakan komputer yang membutuhkan daya yang besar

Power supply ATX menggunakan konektor pembangkit daya yang terdiri dari 20 pin konektor

Penjelasan:

1.Power Supply Komputer AT. AT singkatan dari Advanced Technology.

2.Power Supply Komputer ATX. ATX singkatan dari Advanced Technology eXtended

3.Power Supply Komputer BTX. BTX singkatan dari Balanced Technology eXtended

9. jenis power supply yang tidak memiliki fitur untuk mematikan komputer secara software adalah​

Jawaban:

Power supply AT

Penjelasan:

Power supply AT memiliki saklar On/Off yang dioperasikan secara manual, jadi untuk menghidupkan atau mematikan komputer harus menekan tombol.

AT dalam power supply ialah singkatan dari Advance Technology.

10. jelaskan fungsi dari power supply​

Jawaban:

Power supply merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan.

semogabermanfaat

11. apa perbedaan dari power supply ATX dan TX , kak tolong bantu please tugasss !!! yang paham komputerrr

setahu saya itu dari segi besar dayanyaPower Supply AT : Konektor yang terdiri dari 12 pin                          Power Supply ATX : Konektor yang terdiri dari 20 pin                   Perbedaan diantara ke- 2 jenis power supply ini adalah power supply ATX status on dan offnya diatur oleh melalui motherboard serta oleh operating system.Dimana apabila operating system pada PC di shut downmaka power supply secara otomatis akan non aktif ( off ).Sedangkan PC yang menggunakan power supply AT status on atau offnya diatur melalui saklar yang pada salah satu kabel pada power supply tersebut.Dan apabila operating system dishut down maka power supply tidak akan off secara otomatis.

12. Jenis Connector dalam power supply

AT,ATX&BTX …………….

13. Jelaskan pengertian power supply?​

Jawaban:

Pengertian Power Supply adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supplay ini bisa ditemukan pada chasing komputer dan berbentuk persegi.

Pada dasarnya Power Supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut.

Jawaban:

Pengertian Power Supply adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya.

Penjelasan:

jadikan yang terbaik

14. Jelaskan bagaimana proses penggantian power supply,sebuah komputer rdiservis karena terjadi masalah pada power supply ​

Cara mengganti PSU yang rusak:

1. Perhatikan sebuah konektor 6 + 2 pin yang digunakan untuk memberikan   tegangan untuk GPU dan CPU.

2. mencabut kabel listrik yang terhubung ke komputer. Jika power supply unit (PSU) termasuk saklar daya diakses di bagian belakang PC Anda.

// hati hati kesetrum gan//

3. lepas pin yang tersambung antara motherboard dengan PSU

4. Pastikan konektor besar yang akan diganti sama persis sehingga power  supply baru benar-benar berfungsi.

5. lepaskan skrup yang menahan casing power supply dengan casing CPU.

6. kamu bisa copot psu yang rusak dengan aman

7. beli atau pilih PSU yang sangat cocok dengan komputer mu( Kalo ga cocok nanti bisa merusak komponen komputer mu).

8. Setelah menemukan power supply yang cocok dengan kebutuhan CPU, kemudian pasang kabel-kabelnya dan konektor ke motherboard 24-pin, konektor daya 4-pin atau 8-pin, optik-drive, harddisk/ SSD, konektor kipas, dan sebagainya.

9. Skrup kembali dan kencangkan agar kuat menempel di casing CPU.

10. Sebelum menghidupkan sebaiknya cek ulang jika terjadi kekeliruan bisa diminimalisir.

11. Langkah terakhir adalah lakukan test power supply apakah berfungsi atau tidak, kemudian tutup rapat kotak PSU.

// tolong sebagai tanda apresiasi muhon untuk di berikan tanda love dan bintang 5. Oke//

15. 1.Sebutkan jenis jenis power supply beserta penjelasannya​

Jawaban:

JAWABANNYA ADA DIATAS YA

Semoga Membantu

jawaban:

1. DC Power Supply

DC Power Supply adalah pencatu daya yang menyediakan tegangan maupun arus listrik dalam bentuk DC (Direct Current) dan memiliki Polaritas yang tetap yaitu Positif dan Negatif untuk bebannya. Terdapat 2 jenis DC Supply yaitu :

a. AC to DC Power Supply

AC to DC Power Supply, yaitu DC Power Supply yang mengubah sumber tegangan listrik AC menjadi tegangan DC yang dibutuhkan oleh peralatan Elektronika. AC to DC Power Supply pada umumnya memiliki sebuah Transformator yang menurunkan tegangan, Dioda sebagai Penyearah dan Kapasitor sebagai Penyaring (Filter).

b. Linear Regulator

Linear Regulator berfungsi untuk mengubah tegangan DC yang berfluktuasi menjadi konstan (stabil) dan biasanya menurunkan tegangan DC Input.

2. AC Power Supply

AC Power Supply adalah Power Supply yang mengubah suatu taraf tegangan AC ke taraf tegangan lainnya. Contohnya AC Power Supply yang menurunkan tegangan AC 220V ke 110V untuk peralatan yang membutuhkan tegangan 110VAC. Atau sebaliknya dari tegangan AC 110V ke 220V.

3. Switch-Mode Power Supply

Switch-Mode Power Supply (SMPS) adalah jenis Power Supply yang langsung menyearahkan (rectify) dan menyaring (filter) tegangan Input AC untuk mendapatkan tegangan DC. Tegangan DC tersebut kemudian di-switch ON dan OFF pada frekuensi tinggi dengan sirkuit frekuensi tinggi sehingga menghasilkan arus AC yang dapat melewati Transformator Frekuensi Tinggi.

4. Programmable Power Supply

Programmable Power Supply adalah jenis power supply yang pengoperasiannya dapat dikendalikan oleh Remote Control melalui antarmuka (interface) Input Analog maupun digital seperti RS232 dan GPIB.

5. Uninterruptible Power Supply (UPS)

Uninterruptible Power Supply atau sering disebut dengan UPS adalah Power Supply yang memiliki 2 sumber listrik yaitu arus listrik yang langsung berasal dari tegangan input AC dan Baterai yang terdapat didalamnya. Saat listrik normal, tegangan Input akan secara simultan mengisi Baterai dan menyediakan arus listrik untuk beban (peralatan listrik). Tetapi jika terjadi kegagalan pada sumber tegangan AC seperti matinya listrik, maka Baterai akan mengambil alih untuk menyediakan Tegangan untuk peralatan listrik/elektronika yang bersangkutan.

6. High Voltage Power Supply

High Voltage Power Supply adalah power supply yang dapat menghasilkan Tegangan tinggi hingga ratusan bahkan ribuan volt. High Voltage Power Supply biasanya digunakan pada mesin X-ray ataupun alat-alat yang memerlukan tegangan tinggi.

penjelasan:

jenis jenis power supply dan penjelasan

ada berbagai power supply contoh nya

1. DC Power Supply2. AC Power Supply3. Switch-Mode Power Supply4. Programmable Power Supply5. Uninterruptible Power Supply (UPS) 6.High Voltage Power Supply

penjelasan tertera di jawaban…

maaf kalau salah semoga membantu…

16. Jelaskan macam-macam power supply yang anda ketahui? ​

Jawaban:

power supply AT ,ATX , BTX

17. tuliskan jenis-jenis connector pada power supply

switch…router…yg pasti harus ada kabel nya oke…

muach…

18. Apa yang dimaksud power rating pada power supply? Apa yang dimaksud pure power Pada supply power

aneka taunyaower supply

jadi kayak om of, semisal stop kontak itu pusat powerpoint supply

19. Jenis power supply yang tidak memiliki fitur untuk mematikan komputer secara softwer adalah

Jenis power supply yang tidak memiliki fitur untuk mematikan komputer secara software adalahJawaban Pendahuluan

Jenis power supply yang tidak memiliki fitur untuk mematikan komputer secara software adalah jenis power supply AT. AT sendiri merupakan singkatan dari Advance Technology.

Pembahasan

Setelah mengetahui jenis software yang tidak memiliki fitur memaatikan komputer secara software, maka selanjutnya kita akan membahas lebih lanjut mengenai power supply sendiri. Power supply merupakan salah satu komponen pada komputer. Power supply berfungsi untuk menyalurkan listrik ke motherboard untuk selanjutnya diteruskan kepada komponen komputer lainnya.

Selain jenis power supply AT, jenis lain power supply lainnya adalah power supply ATX. ATX sendiri merupakan singkatan dari Advanced Technology Extended. Power supply jenis ATX sendiri merupakan power supply yang banyak digunakan oleh komputer pada jaman sekarang. Berbeda dengan power supply AT, power supply ATX cukup sekali saja dalam mematikannya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai jenis power supply. Power supply terbagi menjadi dua yaitu power supply AT dan power supply ATX. Untuk mempelajari materi lainnya mengenai jenis power supply atau komponen komputer lainnya dapat dibaca pada link berikut

Pelajari lebih lanjut

1. Mengapa pada power supply itu kabel merah bertemu dengan kabel merah https://brainly.co.id/tugas/2407653

2. Salah satu jenis dari power supply https://brainly.co.id/tugas/10100712

3. Perangkat komputer yang langsung dihubungkan dengan daya listrik https://brainly.co.id/tugas/9016143

Detil Jawaban

Kelas : 7 SMP

Mapel : TI

Bab : Komponen power supply pada komputer

Kata Kunci : Komponen power supply pada komputer

Video Terkait