Jelaskan Jenis Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya

  Edukasi
Jelaskan Jenis Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya

jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaian

1. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaian

Jelaskan jenis jenis komunikasi yang berhubungan timbal balik

2. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

Lisan dan tulisan
Lisan   =>komunikasi langsung..
Tulisan=> Komunikasi tidak langsung yang berupa tulisan..
Membantu tidak??

3. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya!!

a. Komunikasi lisan· Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatatp muka, misalnya dialog 2 orang, wawancara maupun rapat dan sebagainya.· Yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.
b. Komunikasi tertulis· Yang dilaksanakan dalam bentuk suratdan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.· Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.· Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.· Gambar dan foto, karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalima
t.· Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.Dalam berkomunikasi secara tertulis, sebaiknya dipertimbangkan maksud dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Disamping itu perlu juga resiko dari komunikasi tertulis tersebut, misalnya aman, mudah dimengerti, dan menimbulkan pengertian berbeda dari yang dimaksud.

4. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya!!

KOMUNIKASI DARING dibedakan ke dalam beberapa jenis dengan berdasar pada dua hal yakni metode penyampaian dan juga bentuk. Apabila didasarkan pada metode penyampaian ini, maka komunikasi daring terbagi atas dua jenis yakni:

● KOMUNIKASI ONLINE ASYNCHRONOUS atau Komunikasi Online Tidak Langsung (tidak serempak), merupakan komunikasi di mana komunikasi dimediasi oleh komputer secara tunda. Contoh jenis komunikasi daring ini adalah e-mail, membaca informasi di website, forum dan lain sebagainya.

● KOMUNIKASI ONLINE SYNCHRONOUS atau Komunikasi Online Langsung (serempak), yakni komunikasi daring yang menghubungkan orang-orang secara real time. Contohnya adalah text chat, video chat dan sebagainya.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan lebih lanjut pada tautan berikut:

Jelaskan jenis daring berdasarkan metode penyampaian synchronous brainly.co.id/tugas/11298673

Jelaskan komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya brainly.co.id/tugas/11298673

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Kode Soal   : 10.11.3

Kelas            : X (1 SMA)

Pelajaran     : TIK

Kategori      : Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi

Kata Kunci  : Daring, Metode, Penyampaian, Sinkron, Serempak, Tunda

5. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

a. Komunikasi lisan· Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatatp muka, misalnya dialog 2 orang, wawancara maupun rapat dan sebagainya.· Yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.b. Komunikasi tertulis· Yang dilaksanakan dalam bentuk suratdan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.· Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.· Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.· Gambar dan foto, karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.· Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.Dalam berkomunikasi secara tertulis, sebaiknya dipertimbangkan maksud dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Disamping itu perlu juga resiko dari komunikasi tertulis tersebut, misalnya aman, mudah dimengerti, dan menimbulkan pengertian berbeda dari yang dimaksud.

6. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

HAndphone , Tfon rumahh .. 1. Komunikasi Lisan, yaitu terbagi menjadi komunikasi langsung dan tak langsung 
2. Komunikasi Tertulis, yaitu terbagi menjadi naskah, blangko, gambar, dan spanduk

7. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaian

Ada 2 jenis :
1. Komunikasi dari sinkron(serempak)
Adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time)
Contoh, text chat, video chat

2. Komunikasi asinkron(tak serempak)
Adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda
Contoh email, forum, membaca dan menulis blog

8. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

ada 2 metode komunikasi daring :
ada komunikasi online Asynchoronous, komunikasi ini bisa melalui gmail,forum dll
dan ada komunikasi online synchornous komunikasi ini melalui text chat, video audio.

9. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya!​

Jawaban:

Jenis-jenis komunikasi daring antara lain

Komunikasi daring sinkron(serempak) komunikasi daring serempak atau sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut Google+, Hangouts, Face Time dan Skype.

Komunikasi Daring Asinkron (tak serempak) komunikasi daring tak serempang atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi fisual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui Word Wide Web

semoga membantu

maaf kalo salah

jadikan jawaban tercerdas ya 🙂

10. Jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya?

1 b. Komunikasi Menurut Cara Penyampaian
Berdasarkan cara penyampaian informasi, bentuk komunikasi dapat kita bedakan,antara lain :Komunikasi dari titik ke titik/point to point communications, dikenal juga dengan sistem telekomunikasi.Komunikasi dengan cara Broadcassting, adalah dari satu titik ke banyak titik.Hal-hal penting pada sistem komunikasi :Berita/informasi haruslah dapat dimengerti oleh penerima.Karakteristik sistem komunikasi.Derau/gangguan.Teknik penyambungan : Circuit switching.Message switching.Pengolahan data : Adalah pengolahan data dengan menggunakan mesin/komputer..Komunikasi data :Merupakan komunikasi dari mesin ke mesin/komputer ke komputer, dengan menggunakan proses pengiriman data menggunakan saluran telekomunikasi.Jadi, pengertian dari Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi(data) yang telah diolah dalam bentuk kode tertentu yang disepakati melalui media listrik / elektronik dari titik ke titik yang lainnya.Komponen dasar komunikasi data :DTE : Data Terminal Equipment.DCE : Data Communication Equipment.Komuikasi data dapat melakukan sesuatu dalam waktu bersamaan, antara lain :Pengumpulan dan persiapan data.Pengolahan data.Distribusi data.

2 b. Komunikasi Menurut Perilaku
Komunikasi merupakan hasil belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga di pengaruhi oleh perilaku maupun posisi seseorang. Menurut perilaku, komuniaksi dapat dibedakan menjadi:Komunikasi formalKomunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi / perusahaan yang tata caranya telah di atur dalam struktur organisasinya, misalnya rapat kerja,kerja perusahaan, konferensi,seminar dan sebagainya.Komunikasi InformalKomunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak di tentukan dalam struktur organsasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung,desas desus dan sebagainya.Komunikasi NonformalKomunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan
dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.Maka dapat diketahui bahwa komunikasi formal,informal,nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi nonformal merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, serta dapat mengarahkan komunikasi informal kepada komunikasi formal.

3 b. Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi
Bila diperhatikan dengan seksama, maka dapat diketahui bahwa komunikasi dapat terlaksana bila terdapat inisiatif dari komunikator maka maksud terlaksananya komunikasi lebih banyak ditentukan oleh komunikator tersebut. Menurut maksud dilakukan komunikasi dapat dibedakan sebagai berikut:BerpidatoMemberi ceramahMemberi prasaranWawancaraMemberi perintah atau tugas
Dengan demikian jelas bahwa inisiatif komunikator menjadi faktor penentu, demikian pula kemampuan komunikator tersebutlah yang memegang peranan keberhasilan proses komunikasinya.
4 b. Komunikasi Menurut Ruang LingkupPokok bahasan ruang lingkup komunikasi membahas mengenai definisi komunikasi dan karakteristik komunikasi.RUANG LINGKUP KOMUNIKASIPada sesi pertama sudah dijelaskan mengenai pemahaman komunikasi baik sebagi proses social, peristiwa, ilmu dan ketrampilan. Setiap berbicara istilah komunikasi diharapkan kita mempunyai pemahaman yang sama, berada pada lingkup yang sama. Untuk itu memahami definisi dan karakteristik komunikasi sangat perlu, agar tidak keluar dari ruang lingkup pengertian komunikasi.

11. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya ?

Jenis-Jenis Komunikasi
Komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, tergantung dari segi peninjauannya. Ada sepuluh kriteria yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi komunikasi.
Kriteria-kriteria komunikasi tersebut adalah:a. Jenis komunikasi menurut lawan bicara~ Komunikasi pribadi~ Komunikasi umumb. Jenis komunikasi menurut jumlah orang yang berkomunikasi~ Komunikasi perseorangan~ Komunikasi kelompokc. Jenis komunikasi menurut cara penyampaian~ Komunikasi lisan (secara langsung dan tidak langsung)~ Komunikasi tertulis (gambar atau foto, surat, naskah)d. Jenis komunikasi menurut tujuan~ Komunikasi untuk memberi perintah~ Komunikasi untuk memberi nasehat atau ucapan selamat~ Komunikasi untuk memberi saran atau kritik~ Komunikasi untuk berpidato atau ceramah~ Komunikasi untuk rapat atau meeting~ Komunikasi untuk Perundingan~ Komunikasi untuk wawancarae. Jenis komunikasi menurut prosesnya~ Komunikasi langsung (tanpa perantara atau mediator)~ Komunikasi tidak langsung (menggunakan mediator)f. Jenis komunikasi menurut perilaku~ Komunikasi formal (lisan maupun tertulis)~ Komunikasi informal (lisan maupun tertulis)~ Komunikasi non formal (lisan maupun tertulis)g. Jenis komunikasi menurut ruang lingkup~ Komunikasi internal (berlangsung dalam suatu organisasi)~ Komunikasi eksternal (berlangsung antara pihak yang berada di dalam organisasi dengan pihak luar)h. Jenis komunikasi menurut aliran informasi~ Komunikasi vertical kebawah (top-down)~ Komunikasi vertical keatas (botton-up)~ Komunikasi horizontal~ Komunikasi diagonal~ Komunikasi satu arah dan dua arahi. Jenis komunikasi menurut jaringan~ Komunikasi menurut jaringan kerja rantai~ Komunikasi menurut jaringan kerja lingkaran~ Komunikasi menurut jaringan kerja bintang atau rodaj. Jenis komunikasi menurut total hubungan~ Komunikasi menurut hubungan tunggal langsung (antara seorang dengan seorang bawahannya)~ Komunikasi menurut hubungan kelompok langsung.~ Komunikasi menurut hubungan silang

12. Jelaskan Jenis-Jenis komunikasi daring berdasarkan metodePenyampaiannya?​

Jawaban:

1. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :

Text chat,video chat,

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

13. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

Jenis-Jenis Komunikasi
Komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, tergantung dari segi peninjauannya. Ada sepuluh kriteria yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi komunikasi.
Kriteria-kriteria komunikasi tersebut adalah:a. Jenis komunikasi menurut lawan bicara~ Komunikasi pribadi~ Komunikasi umumb. Jenis komunikasi menurut jumlah orang yang berkomunikasi~ Komunikasi perseorangan~ Komunikasi kelompokc. Jenis komunikasi menurut cara penyampaian~ Komunikasi lisan (secara langsung dan tidak langsung)~ Komunikasi tertulis (gambar atau foto, surat, naskah)d. Jenis komunikasi menurut tujuan~ Komunikasi untuk memberi perintah~ Komunikasi untuk memberi nasehat atau ucapan selamat~ Komunikasi untuk memberi saran atau kritik~ Komunikasi untuk berpidato atau ceramah~ Komunikasi untuk rapat atau meeting~ Komunikasi untuk Perundingan~ Komunikasi untuk wawancarae. Jenis komunikasi menurut prosesnya~ Komunikasi langsung (tanpa perantara atau mediator)~ Komunikasi tidak langsung (menggunakan mediator)f. Jenis komunikasi menurut perilaku~ Komunikasi formal (lisan maupun tertulis)~ Komunikasi informal (lisan maupun tertulis)~ Komunikasi non formal (lisan maupun tertulis)g. Jenis komunikasi menurut ruang lingkup~ Komunikasi internal (berlangsung dalam suatu organisasi)~ Komunikasi eksternal (berlangsung antara pihak yang berada di dalam organisasi dengan pihak luar)h. Jenis komunikasi menurut aliran informasi~ Komunikasi vertical kebawah (top-down)~ Komunikasi vertical keatas (botton-up)~ Komunikasi horizontal~ Komunikasi diagonal~ Komunikasi satu arah dan dua arahi. Jenis komunikasi menurut jaringan~ Komunikasi menurut jaringan kerja rantai~ Komunikasi menurut jaringan kerja lingkaran~ Komunikasi menurut jaringan kerja bintang atau rodaj. Jenis komunikasi menurut total hubungan~ Komunikasi menurut hubungan tunggal langsung (antara seorang dengan seorang bawahannya)~ Komunikasi menurut hubungan kelompok langsung.~ Komunikasi menurut hubungan silang

14. jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya?

Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara real time. Contoh: chatting, video call. Dalam komunikasi jenis ini, orang lain langsung membalas pesan kita setelah kita mengirim pesan

Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara tertunda. Contoh: e-mail, forum, rekaman simulasi visual. Pada komunikasi ini, si penerima tidak langsung membalas pesan yang kita kirim

15. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

komunikasi verbal dan non verbaldaring artinya dalam jaringan,

contoh daring syncron, pakai komputer + internet

16. Jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya!!

1. komunikasi daring sinkron (serempak atau bersamaan) . contohnya text chat, dan vidio chat.
2. komunikasi dar
ing asinkron (tak serempak) . contoh email, forum

17. Jelaskan jenis jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

Jenis komunikasi daring terbagi menjadi dua contoh yaitu sinkron synchronous communication(real time) dan asinkron atau asynchronous communication (delayed).

Jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya adalah sebagai berikut :

Komunikasi daring melalui pesan singkat.Komunikasi daring melalui sambungan telepon.Komunikasi daring melalui sambungan video.Komunikasi daring dengan pesan suara.Komunikasi daring melalui video conference.Komunikasi daring melalui surat elektronik (email).Pembahasan

Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang dapat terjalin dan terjadi sesuai dengan waktu yang bersamaan (real time) dan dapat dilakukan langsung dengan menggunakan media seperti ponsel, komputer, pc, laptop, tab, dan lainnya tentunya dengan dukungan jaringan internet yang dapat menyambungkan komunikasi tersebut.

Adanya pandemi COVID-19 membuat segala kegiatan terbatas termasuk kegiatan belajar mengajar dan bekerja. Salah satu alternatif yang kita miliki karena pembatasan pertemuan secara langsung tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi secara daring. Contoh dari komunikasi daring secara sinkron adalah dengan menggunakan fitur video conference dari berbagai aplikasi yang tersedia akhir-akhir ini. Selain fitur untuk video conference, pesan singkat di media sosial juga tergolong komunikasi daring sinkron.

Sedangkan komunikasi asinkron adalah komunikasi yang dilakukan tidak secara real time dan terkesan terlambat karena dilakukan secara bersamaan dan waktu yang sama pula. Komunikasi daring seperti ini biasanya terjadi dengan menggunakan surat elektronik (email) dikarenakan beberapa faktor yaitu email tersebut masuk ke kolom spam, dan kemungkinan lainnya adalah email tersebut tidak diterima si penerima pesan karena adanya kesalahan dalam alamat email nya ataupun hal lainnya.

Selain surat elektronik (email), blog juga masuk ke dalam jenis komunikasi daring asinkron karena tidak dilakukan secara real time baik bagi si pengirim dan penerima pesan (komunikator dan komunikan).

Pelajari Lebih Lanjut :Materi tentang jenis-jenis komunikasi daring pada https://brainly.co.id/tugas/782955Materi tentang jenis-jenis komunikasi daring pada https://brainly.co.id/tugas/887119Materi tentang jenis-jenis komunikasi daring pada https://brainly.co.id/tugas/3353104Detail Jawaban :Kelas : 7Mapel : TIKBab : 3 – Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam KehidupanKode : 7.11.3

#AyoBelajar

18. jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

sinkron ( langsung ) dan asinkron ( tidak langsung )

19. Jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya

1) Verbal = Tertulis ataupun lisan
2) Non Verbal = Bahasa isyarat, Ekspresi wajah
a. Komunikasi lisan· Yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatatp muka, misalnya dialog 2 orang, wawancara maupun rapat dan sebagainya.· Yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.
b. Komunikasi tertulis· Yang dilaksanakan dalam bentuk suratdan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.· Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.· Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.· Gambar dan foto, karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.· Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.Dalam berkomunikasi secara tertulis, sebaiknya dipertimbangkan maksud dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Disamping itu perlu juga resiko dari komunikasi tertulis tersebut, misalnya aman, mudah dimengerti, dan menimbulkan pengertian berbeda dari yang dimaksud.

Video Terkait