Jawaban Pkn Kelas 9 Halaman 98 Tugas Mandiri 4.1

  Edukasi
Jawaban Pkn Kelas 9 Halaman 98 Tugas Mandiri 4.1

Jawaban halaman 98 kelas 9 tugas mandiri 4.1 no 2

1. Jawaban halaman 98 kelas 9 tugas mandiri 4.1 no 2

Jawaban:

Hal-hal yang belum dapat di lakukan, penyebab, usaha untuk memperbaiki adalah sebagai berikut:

Penjelasan

Hal-hal yang belum dapat di lakukan, penyebab, usaha untuk memperbaiki adalah sebagai berikut:

​Mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya.  Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah. Oleh karena itu masyarakat perlu membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Dialog antar umat beragama. Penyebabnya yaitu sulitnya mengajak masyarakat untuk berpikiran terbuka. Maka perlu adanya pengertian kepada masyarakat bahwa kita semua sama meskipun berbeda agama.

Pelajari lebih lanjut tentang materi kesatuan dan persatuan https://brainly.co.id/tugas/26342426

#BelajarBersamaBrainly

2. Kunci jawaban pkn kelas 9 halaman 98 tugas mandiri 4. 1

Berikut adalah jawaban tugas mandiri 4.1, nomor 1 halaman 98 tentang persatuan dan kesatuan.

Upaya yang telah dilakukan di lingkungan keluarga yaitu:

Saling menghormati adanya perbedaan pendapat, kegemaran, hobi dan sebagainya antar sesama anggota keluarga.Tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap sesama anggota keluarga.Saling bekerja sama dalam membersihkan lingkungan rumah sesuai dengan bagian dan kemampuannya masing-masing.

Upaya yang telah dilakukan di lingkungan sekolah yaitu:

Saling bekerja sama sesama teman sekolah dalam membersihkan kelas dan lingkungan sekolah.Menghormati pendapat teman dalam kegiatan diskusi di kelas ataupun rapat organisasi sekolah.Saling menghormati dan menghargai agama dan kepercayaan yang berbeda antar warga sekolah.

Upaya yang telah dilakukan di lingkungan masyarakat yaitu:

Saling bertenggang rasa antar sesama tetangga.Saling gotong royong dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.Dalam pengambilan keputusan saat rapat atau saat menyelesaikan konflik, lebih diutamakan musyawarah mufakat.

Adapun untuk jawaban nomor 2 dapat disimak di pembahasan.

Pembahasan

Berikut adalah jawaban soal nomor 2 yaitu upaya yang belum dilakukan dalam membina persatuan dan kesatuan berserta penyebab dan solusi
untuk memperbaikinya.

Nomor 1

Hal yang belum dapat dilakukan adalah berpartisipasi dalam mengamankan hari raya agama lain selama beribadah.Penyebabnya adalah masih berstatus sebagai pelajar dan masih banyak juga orang dewasa sebagai petugas yang melakukan pengamanan tersebut.Upaya untuk memperbaiki yaitu memberi semangat kepada para petugas dalam mengamankan kegiatan tersebut.

Nomor 2

Hal yang belum dapat dilakukan adalah selalu aktif dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan masyarakat.Penyebabnya adalah banyak tugas dari sekolah yang perlu dikerjakan.Upaya untuk memperbaiki yaitu ikut membersihkan halaman depan rumah sekitar jika tugas sudah dikerjakan.

Nomor 3

Hal yang belum dapat dilakukan adalah mempelajari kebudayaan daerah lain untuk menambah rasa persatuan dan kesatuan.Penyebabnya adalah Indonesia memiliki banyak kebudayaan sehingga tidak punya waktu dan kesempatan dalam mempelajarinya.Upaya untuk memperbaiki yaitu mempelajarinya lewat internet jika memiliki waktu luang.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang tugas mandiri 4.3 halaman 112 https://brainly.co.id/tugas/37904048Materi tentang konflik di lingkungan sekolah https://brainly.co.id/tugas/21007468Materi tentang tugas mandiri 4.1 nomor 2 https://brainly.co.id/tugas/37411883

Detil Jawaban      

Kelas: 9

Mapel: PPKN

Kategori: Persatuan dan Kesatuan

Kode: 9.9.4

#AyoBelajar #SPJ2

3. tugas mandiri 4.1 pkn kelas 9​

Jawaban:

1. Bekerja sama membersihkan rumah

2. Membantu teman saat piket

3. Membantu warga membersihkan lingkungan

4. tugas mandiri 4.1 buku PKn kelas 10

semua buku pasti beda bos meskipun sm”kls 10..
jd di perjelas lg soalnya

5. kunci jawaban pkn kelas 9 halaman 19 tugas mandiri 1.3​

Jawaban:

-nilai ketuhanan

dan cara kita itu bahasa senantiasa selalu beribadah kepada Allah subhanahu ta’ala ataupun Tuhan Yang maha esa

-nilai kemanusiaan

saling menghargai diantara sesama

-nilai persatuan

saling bersatu untuk membela negara

-nilai kerakyatan

saling membela tentang kerakyatan

-nilai keadilan

menanamkan sifat adil

Penjelasan:

sekian 😀

6. PKN kelas 9 Tugas mandiri 4.3 halaman 112​

Jawaban dari tabel di atas terkait konflik yaitu:

Perbedaan keunggulan kelas, penyebabnya adalah rasa iri dan kesenjangan dari perlakukan para guru.Perbedana kubu dalam pemilihan kepala desa, penyebabnya keinginan dari masing-masing kepala desa untuk emnduduki jabatan.Pembullyan di sekolah, penyebabnya perbedaan sikap, fisik, dan intelegensi masing-masing individu.Pengeroyokan pelaku pencurian, penyebabnya rasa emosi ketika melihat seseorang merampas harta orang lain.Tawuran, penyebabnya rasa dendam terhadap sekelompok orang tertentu.

Pembahasan :

Konflik adalah perjuangan yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk memperoleh hal-hal yang langka seperti nilai, status, kekuasaan, otoritas, dan lain sebagainya, dimana tujuan dari mereka bertikai itu tidak hanya untuk memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan saingannya dengan kekerasan atau ancaman.

5 sumber konflik yang berlatar belakang kondisi kebhinnekaan di Indonesia:

1. Konflik Ekonomi : Konflik ekonomi merupakan konflik akibat adanya perebutan sumber daya ekonomi dari pihak yang berkonflik. Contohnya: konflik persengketaan tanah.

2. Konflik Kepercayaan :  Suatu pertikaian antar agama baik antar sesama agama, maupun dengan agama lain.

3. Konflik Lingkungan : Konflik lingkungan merupakan sengketa atau ketidakcocokan yang timbul karena adanya masalah lingkungan seiring dengan pesatnya pem- bangunan yang menyebabkan pencemaran, tata guna tanah, keamanan dan kenyamanan.

4. Konflik Sekolah : Konflik sekolah merupakan permasalahan yang timbul atau terjadi di sekolah. Hal ini biasanya terjadi akibat kesalah pahaman antar pihak

5. Konflik Pekerjaan : Konflik pekerjaan adalah ketidak sesuaian antara dua orang atau lebih di dalam perusahaan karena adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai, tujuan, serta kompetisi untuk memperbutkan posisi dan kekuasaan menurut sudut pandang masing-masing untuk mencapai tujuan

Pelajari lebih lanjut

• Materi tentang Konflik : brainly.co.id/tugas/14347115

• Materi tentang Konflik sekolah : brainly.co.id/tugas/21007468

• Materi tentang penyelesaian konflik : brainly.co.id/tugas/51077652

Detail jawaban

Kelas : 11 SMA

Mapel : Sosiologi

Bab : Bab 2 – Konflik Sosial dan Masyarakat

Kode : 11.20.2

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

7. Jawaban+tugas+mandiri+3.2+pkn+kelas+9

Jawaban:

Lah mana ni soalnya ni?? klo mau nanya pakek soalnya dong Aduh aduh adek siapa ni

8. Tugas mandiri 1.4 PKN kelas 9 halaman 20 tolong bantu jawab hari ini dikumpul​

Judul pada gambar adalah Suasana gotong royong di Masyarakat.Yang melaksanakan gotong royong adalah seluruh masyarakat setempat.Harus bergotong royong agar pekerjaan cepat selesai, dan akan terasa ringan.Yang mengalami perubahan setelah bergotong royong adaalh lingkungan menjadi lebih bersih, serta kerjasama antar warga dan kerukunan lebih erat.Proses perubahan itu terjadi karena dengan melakukan gotong royong, maka akan terjadi interaksi antar warga, sehingga mempererat silaturahmi dan kerukunan.Ada pengaruh dari perubahan tersebut, selain menciptakan lingkungan yang bersih juga memperserat kerukunan dan persatuan masyarakat.Perubahan tersebut sesuai dengan nilai-nilai pancasila, terutama sila ke tiga dan ke lima.

Pembahasan

Gotong royong adalah ciri bangsa Indonesia. Gotong royong sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu sila ketiga, yang berbunyi “Persatuan Indonesia”, dan sila ke lima, yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Gotong royong berarti melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama. Manfaat dari bergotong royong adalah pekerjaan cepat selesai, dan pekerjaan berat akan terasa ringan.

Pelajari lebih lanjut tentang materi Gotong royong merupakan pengamalan pancasila brainly.co.id/tugas/11983836

#BelajarBersamaBrainly

9. tugas mandiri 4.1 pkn kelas 9

Upaya yang telah dilakukan untuk membina persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah :  

Bersikap tenggang rasa dan toleransi terhadap siapapun. Mudah memaafkan kesalahan teman. Membantu teman kita yang sedang kesulitan.

Pelajari juga tentang makna persatuan dan kesatuan, baca di brainly.co.id/tugas/5561393

Pembahasan

Tugas Mandiri 4.1

Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang kalian lakukan dalam mem
bina persatuan dan kesatuan di berbagai lingkungan. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini!

1. LINGKUNGAN KELUARGA

Membantu orangtua dalam membersihkan rumah, menyuci, dan memasak. Tidak pernah mengecewakan orangtua karena tindakan maupun ucapan. Menyayangi seluruh anggota keluarga tanpa membanding-bandingkannya.

2. LINGKUNGAN SEKOLAH

Bersikap tenggang rasa dan toleransi terhadap siapapun. Mudah memaafkan kesalahan teman. Membantu teman kita yang sedang kesulitan.

3. LINGKUNGAN MASYARAKAT

Aktif dalam kegiatan gotong royong. Menjadi panitia lomba 17-an untuk mempererat kesatuan dan persatuan antar warga desa. Menghargai berbagai keberagaman yang ada di dalam masyarakat.

Pelajari juga tentang pengertian persatuan dan kesatuan, baca di brainly.co.id/tugas/47881

Lakukanlah evaluasi diri tentang upaya yang belum kalian lakukan dalam membinan persatuan dan kesatuan, serta uraikan penyebab dan usaha apa saja untuk memperbaikinya. Tulislah hasil evaluasi kalian di dalam tabel di bawah ini!

1. Sering melakukan corat-coret di dinding maupun pada infrastruktur sekolah.

Penyebab = Iseng, ingin meluapkan kreativitas. Usaha untuk memperbaiki = Meningkatkan kreativitas yang dimiliki pada media yang benar.

2. Belum mampu selalu mengerjakan ujian dengan mandiri dan jujur.

Penyebab = Kurang belajar, tidak percaya diri, takut nilai hasil ujian tidak memuaskan. Usaha untuk memperbaiki = Lebih giat belajar, memperbanyak latihan.

3. Membayar jajanan kantin sekolah tidak sebagaimana mestinya.

Penyebab = Kekurangan uang, gemar makan namun keadaan uang tidak sebanding, kurangnya pengawasan pihak kantin. Usaha untuk memperbaiki = Menyadari bahwa tindakan tersebut dosa, meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan.

4. Sering berkata “nanti” terhadap perintah atau permohonan bantuan orangtua.

Penyebab = Orangtua kerap meminta bantuan ketika saya bermain game/membaca buku/menonton film. Usaha untuk memperbaiki = Langsung melaksanakan apapun perintah orangtua.

5. Sering tidak menjenguk tetangga yang sedang tertimpa musibah atau sakit.

Penyebab = Sering terbentur jadwal sekolah, kesibukan dan aktivitas sekolah yang tidak dapat ditinggal. Usaha untuk memperbaiki = Berusaha untuk tetap menjenguk tetangga seusai aktivitas sekolah walaupun hanya sebentar.

Pelajari juga tentang contoh evaluasi diri lainnya yang belum dilakukan untuk membina persatuan dan kesatuan, baca di brainly.co.id/tugas/20992156  

Detail Jawaban

Kelas          : IX

Mapel         : PPKn

Bab            : Bab 4 – Prestasi Diri dan Keunggulan Bangsa

Kode          : 9.9.4

10. Jawaban buku paket pkn kelas 9 halaman 98 tugas mandiri 4. 1

Jawaban:

Tugas Mandiri 4 yang ada di Halaman 98 Buku Paket PKN Kelas 9 berupa tugas menulis sebuah esai tentang Manfaat dan Keburukan Karekter Buruk dalam Kehidupan.

Penjelasan:

Tugas Mandiri 4 ini berisi tentang bagaimana kita menyikapi dan melihat manfaat dan keburukan dari sikap dan perilaku yang buruk dalam kehidupan. Melalui tugas mandiri ini, mahasiswa akan memahami betapa pentingnya memiliki karakter yang baik dan etika sosial yang positif untuk mencapai tujuan hidup kita.

Pertanyaan Terkait:

Apa yang terdapat di Halaman 98 Buku Paket PKN Kelas 9 untuk Tugas Mandiri 4?

https://brainly.co.id/tugas/31624715https://brainly.co.id/tugas/37904048https://brainly.co.id/tugas/37411883

Support: https://trakteer.id/dakunesu/tip

11. Jawaban pkn kelas 9 tugas mandiri 3.2 halaman 66​

Penjelasan:

jawabannya ada pada gambar

12. tugas mandiri 2.1 buku paket halaman 34 pkn kelas 9

KUNCI JAWABAN Kelas 9 SMP PKN Halaman 34, Tugas Mandiri

Mari dibuka buku paket PKN SMP kelas 9 milik adik-adik dan buka halaman 34.

1. Bandingkan kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan dengan masa kemerdekaan. Kemudian tuliskanlah dalam bentuk tabel seperti berikut!

Jawab:

a. Pada masa penjajahan rakyat kekurangan sandang dan pangan dikarenakan sumber makanan yang tidak tersedia.

Kemudian rakyat pribumi mendapat perlakuan semena-mena dari pemerintah Hindia Belanda.

Pribumi sendiri merupakan warga kelas dua dengan segala keterbatasannya.

Pada masa penjajahan, rakyat tidak diperbolehkan mengikuti pendidikan dan hanya orang tertentu saja yang boleh bersekolah.

Rakyat tidak memiliki kebebasan dalam berbicara dan berkumpul.

Pada masa ini, terjadi eksploitasi kekayaan alam secara besar-besaran oleh pemerintah Hindia Belanda namun fasilitas umum seperti jalan dan pembangunan lainnya tidak diperhatikan.

b. Pada masa kemerdekaan, rakyat sudah bisa bekerja sesuai dengan keinginan dan kemampuannya karena sudah tidak ada lagi yang namanya kerja paksa.

Kemudian semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan.

Di masa kemerdekaan, pemerintah sudah memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Setiap lapisan dari masyarakat berhak mendapatkan pendidikan dan rakyat memiliki kebebasan dalam berserikat serta berkumpul.

Selain itu juga pemerintah sudah memperhatikan bahkan sudah membangun fasilitas umum seperti jalan raya.

Kesimpulannya yaitu jika dibandingkan kondisi Indonesia pada masa penjajahan dan masa kemerdekaan, maka kehidupan pada masa kemerdekaan jauh lebih baik.

Sebab pada masa penjajahan, nasib rakyat ditentukan oleh penjajah dan mereka tidak memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri.

Padahal penjajah tidak mementingkan nasib dan penderitaan dari bangsa yang dijajahnya.

Mereka hanya mementingkan diri mereka sendiri.

Itulah kunci jawaban dari soal PKN SMP kelas 9 halaman 34.

KUNCI JAWABAN Kelas 9 SMP PKN Halaman 34, Tugas Mandiri

Sumber : https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/edukasi/pr-172481509/kunci-jawaban-pkn-smp-kelas-9-halaman-34-tugas-mandiri?page=all

13. jawaban buku paket pkn halaman 36 kelas 9.tugas mandiri 2.1​

Coba disertakan dengan fotonya kakak

14. Tugas mandiri 4.1 pkn kelas 12

Jawaban:

soalnya mana njir

………

Jawaban:

mana soalnya ngabbb

kasih dong soalnya

15. Tugas mandiri 6.4 pkn kelas 9 semester 2 halaman 178

Jawaban:

soal

1. bagaimana perasaan kamu setelah membaca wacana tentang penyebaran narkoba di kalangan anak anak remaja? berikan alasannya.

2. menurut kamu, apa yang menyebabkan semakin meningkatnya penyebaran narkoba di indonesia ?

3. menurut kamu apakah penerapan hukuman mati bagi para pengedar narkoba dapat mengurangi bahkan membebaskan indonesia dari peredaran narkoba ? berikan alasan kamu.

4. bagaimana solusi yang dapat kamu ajukan kepada pemerintah untuk mencega semakin meningkatnya peredaran narkoba?

5. apa yang akan kamu lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba?

jawavab

1.Pertama, perasaan saya sangat kecewa dengan anak ana
k dan remaja yang menjadi sasaran penyebaran narkoba. Hal ini karena, remaja masih memiliki masa depan yang gemilang, ketika sudah mengenal dan dikenalkan narkoba maka dapat merusak masa depannya sendiri.

Kedua, penyebaran narkoba di kalangan remaja bukanlah hal yang baik dengan berbagai dampaknya.

2. Kurangnya kesadaran akan bahaya narkoba

-Kurangnya peran masyarakan dan keluarga dalam memberikan pendidikan kepada anak

-Kurangnya kasih sayang keluarga terhadap anak

-Beredarnya video video tentang narkoba sehingga anak yang melihatnya memliki keingintahuan yang tinggi

-Belum meratanya sistem pendidikan, sehingga remaja yang tidak mengenal pendidikan terjerumus pada pergaulan bebas dan narkoba

3. Ya, dapat. Hukuman mati dapat membuat jera dan takut bagi seseorang karena, ketika terjerumus narkoba sudah tidak ada kesempatan bagi dirinya untuk memperbaiki lagi.

4. -Untuk remaja, diberikan pendidikan dan pengetahuan mengenai bahaya narkoba

-untuk orang tua, pemerintah perlu mensosialisasikan tentang peran keluarga terhadap anak anak untuk terhindar dari narkoba.

-Untuk mencegah peningkatan peredaran narkoba maka perlu peran dari semua pihak.

5.-Memilih teman yang baik

-Mendekatkan diri pada Allah dan banyak berdoa

-Membuka diri untuk selalu terbuka pada orang tua

-Meningkatkan prestasi diri

Penjelasan:

lihat jawaban di brainly adalah jalan ninjaku

16. pkn kelas 9 halaman 59 tugas mandiri 3.1​

PengertianKedaulatan

Kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri.Terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat.

SifatKedaulatan

Sifat-sifat Kedaulatan

Kedaulatan suatu negara akan tetap ada selama negara itu berdiri. Maksud dari asli adalah kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi. Maksud dari bulat adalah •kedaulatan tidak dapat dibagi-bagi karena merupakan kekuasaan yang tertinggi.

Permanen atau Tetap. Artinya kedaulatan itu tetap ada selama negara itu sendiri.

•Asli.

•Bulat.

•Tidak Terbatas.

•Absolut.

•Bentuk-bentuk Kedaulatan.

•Kedaulatan ke Dalam

MacamKedaulatan

Jenis-jenis Kedaulatan

Jenis-jenis Kedaulatan. Di bawah ini jenis-jenis kedaulatan, sebagai berikut:

Kedaulatan Tuhan. Kedaulatan Tuhan merupakan jenis kedaulatan yang bersumber dari Tuhan, yang diberikan kepada raja atau juga pihak penguasa.

Kedaulatan Raja.

Kedaulatan Negara.

Kedaulatan Hukum.

Kedaulatan Rakyat.

TeoriKedaulatan:

Teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi dalam suatu negara berada di tangan rakyat. Teori ini berusaha mengimbangi kekuasaan tunggal raja atau pemimpin agama. Penganut teori ini adalah John Locke, Montesquieu dan J.J Rousseau.

SALAH!!MAAF!!

17. Kunci jawaban tugas mandiri 3.1 halaman 53 pelajaran PKN kelas 9

Jawaban:

1. pengertian kedaulatan : suatu hak eksklutif untuk menguasai suatu wilayah pemerintah, masyarakat, atau atas diri sendiri. bisa juga di bilang KEKUASAAN TERTINGGI

2. sifat kedaulatan : Asli, Permanent, Bulat, mutlak, tertinggi.

3. macam kedaulatan : kedaulatan tuhan, kedaulatan negara, kedaulatan hukum, kedaulatan rakyat.

4. Teori kedaulatan : Tuhan, negara, hukum, rakyat, Raja.

Simak lebih lanjut di :

https://brainly.co.id/tugas/25762686?cb=1575474133638&fb=1

18. jawaban tugas mandiri 4.1 pkn kelas 11 bab 4

Kelas              : XI

Pelajaran       : Ppkn

Kategori         : Bab 4 Mengupas Penyelenggaraan Kekuasaan Negara

Kata Kunci    : Pentingnya Kekuasaan Negara, Pendapat, Alasan Rasional, Pentingnya Pembagian Kekuasaan.

Kode               : –

 

Pembahasaan :

Tugas Mandiri 4.1

Pertanyaan : Nah setelah membaca uraian di atas, coba kalian uraiankan dalam satu paragraf mengenai pentingnya kekuasaan negara. Informasikanlah pendapat kalian pada teman yang lainnya.

 

Pendapat :

           Pendapat kakak yang berdasarkan fakta, bahwa kekuasaan negara itu memang sangat penting. Alasan sederhananya, analogikan bahwa kekuasaan negara ini berada pada ruang lingkup kelas. Andai kata jika dalam suatu kelas tidak ada orang yang berkuasa seperti ketua kelas dan guru, maka sudah dapat dipastikan bahwa jalannya pembelajaran tidak akan efektif, karena setiap elemen di dalamnya akan berbuat semaunya sendiri, tidak mau diatur, dan akhirnya kelas tidak akan menjadi seperti kelas untuk tempat pembelajaran. Sama hal nya dengan negara, kekuasaan yang dimiliki suatu golongan atau orang sangat berguna untuk mengatur keharmonisan jalannya kehidupan di berbagai bidang, dengan catatan khusus bahwa pemegang kekuasaan adalah pihak yang pro dengan rakyat, dimana segala sesuatu hal yang diperbuat merupakan untuk kepentingan rakyat dan bangsa. Maka dari itu kekuasaan negara memang dinilai sangat penting guna menciptakan sebuah negara yang damai, serta negara yang mampu mensejahterakan rakyatnya.

 

————————————————-

Baca Juga :

–       Tujuan diadakannya pembagian kekuasaan negara https://brainly.co.id/tugas/11666366

19. pkn tugas mandiri 3.2 kelas 9 halaman 66​

Jawaban:

karena Malaysia berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan pada kedua pulau yang dipersengketakan sebagai pelaksanaan fungsu administrasi pemerintahan negeri tersebut

menjaga kelestarian pulau pulau yang ada di indonesia

Penjelasan:

Video Terkait