Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170

  Edukasi
Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 170

Jawaban bahasa indonesia dalam buku paket halaman 170 kelas 8 bagian B

1. Jawaban bahasa indonesia dalam buku paket halaman 170 kelas 8 bagian B

Buku Paket Halaman 170 Kelas 8 Bagian BPembahasan

Di soal, kita disuruh mengerjakan soal tentang membuat kalimat dari kata akhirnya, bahwa, hendaknya, lalu, karena.

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.Hendaknya termasuk kata saran. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.
Pelajari lebih lanjut

Contoh kalimat berkonjungsi

https://brainly.co.id/tugas/3357341

°ω° °ω° °ω° °ω°

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kelas: 8 SMP

Kata kunci: konjungsi

Kode soal: 1

Kode kategori: 8.1

#OptiTeamCompetition

2. jawaban buku paket Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 235​

Jawaban:

judul bukunya apa dan apa soalnya

3. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 51​

Jawaban:

Judul Iklan:Buku Yang Bermanfaat.

Isi Iklan:Buku Yang Bermanfaat Merupakan Temab Yang Sejati.

A.Kepersuasifan:0

Alasan:Tidak ada unsur ajakan pada poster tersebut.

B.Keimperatifan:0

Alasan:Tidak ada kalimat perintah pada poster tersebut,seperti MARILAH.

C.Kebeiramaan:0

Alasan:Tidak ada irama pada poster tersebut.

D.Keberkesan:1

Alasan:Gambar yang ditampilkan kurang menarik.Hanya tulisannya yang besar saja yang menjadi daya tarik poster tersebut.

E.Keringkasan:4

Alasan:Kata-kata yang ditampilkan cukup sederhana&ringkas.

JUMLAH IKLAN :5

4. ringkasan buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 134-139​

Jawaban:

Teks eksplanasi adalah karya sastra Indonesia yang menyajikan informasi perihal detil terjadinya suatu peristiwa. Terdapat dua aspek yang dilaporkan dalam teks eksplanasi yaitu bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait teks eksplanasi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

PERTANYAAN

A. Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini? Diskusikanlah dengan teman-temanmu!

1. Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Terjadinya hujan sangat dipengaruhi oleh konveksi di atmosfer bumi dan lautan. Konveksi adalah proses pemindahan panas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Air yang ada di permukaan bumi mengalami proses penguapan akibat adanya panas sinar matahari. Air tersebut menguap ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit.

POLA PENGEMBANGAN: KRONOLOGIS

2. Gempa bumi terjadi saat batuan di dalam bumi mengalami tekanan yang sangat hebat. Dua lempengan kulit bumi saling bergesekan. Lempengan yang dimaksud yaitu lempeng samudra dan lempeng benua. Ketika lempeng saling bergesek dan bertumbukan, akan menghasilkan gelombang dahsyat, yang kita rasakan sebagai gempa bumi.

POLA PENGEMBANGAN: KRONOLOGIS

3. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. Peristiwa harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para perjuang.

POLA PENGEMBANGAN: KAUSALITAS

B. Tuliskanlah masing-masing dua cuplikan teks eksplanasi yang berpola kronologis dan kausalitas. Jelaskan alasan ataupun bukti-buktinya. Lakukan secara berkelompok. Cantumkan sumber-sumber kutipan tersebut.

TEKS EKSPLANASI BERPOLA KRONOLOGIS

Tsunami sendiri merupakan salah satu fenomena alam yang menarik untuk dipelajari. Secara umum, terdapat tiga penyebab terjadinya tsunami yaitu gempa bumi, erupsi gunung berapi, hingga kondisi atmosfer. Pada kejadian tsunami Selat Sunda, para ahli dapat memastikan bahwa tsunami kali ini terjadi akibat erupsi Gunung Anak Krakatau. Tsunami akibat erupsi gunung berapi sedikit berbeda dengan tsunami akibat gempa bumi. Untuk dapat menciptakan tsunami, sebuah gunung berapi yang terletak di dalam atau di daerah perairan harus mengalami erupsi dalam skala besar. Hal ini karena untuk menciptakan gelombang tinggi, diperlukan energi yang tidak sedikit. Ketika erupsi tersebut terjadi, sebagian besar material dinding gunung berapi akan luruh. Peluruhan inilah yang akan mendorong terciptanya gelombang tinggi dengan energi yang sangat masif menyertainya. Gelombang yang tercipta akan semakin tinggi dan mematikan ketika mendekati wilayah darat. Hal ini dikarenakan semakin landai dan dangkalnya wilayah yang dilewati oleh gelombang tsunami tersebut. Adapun bukti dari erupsi Gunung Anak Krakatau sebagai penyebab terjadinya tsunami Selat Sunda dipastikan melalui pengamatan udara setelah bencana terjadi. Informasi awal yang disampaikan oleh BMKG terkait tinggi gelombang yang tidak mencapai 1 meter dipatahkan dengan kenyataan di lapangan yang menunjukkan sebagian besar dinding gunung berapi longsor. Hal ini kemudian dipertegas dengan pernyataan saksi korban di lapangan yang menyatakan tinggi gelombang tsunami bahkan mencapai angka belasan meter. Tentunya angka ini dapat memberikan gambaran betapa dahsyatnya bencana yang melanda kawasan Selat Sunda kala itu, terutama mereka yang berada di kawasan pesisir pantai di sekitar Banten dan Lampung.

TEKS EKSPLANASI BERPOLA KAUSALITAS

Pengering rambut memanfaatkan prinsip perubahan energi. Pada setiap pengering rambut terdapat tiga komponen vital yaitu penerima daya, elemen pemanas, hingga kipas. Daya listrik yang diterima bagian penerima daya akan digunakan untuk menghidupkan elemen pemanas sambil di saat yang bersamaan menyedot udara dari sekitar alat. Keberadaan elemen pemanas inilah yang akan meningkatkan temperatur udara yang dikeluarkan oleh perangkat. Oleh karena itu, tanpa adanya elemen pemanas, pengering rambut tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Elemen pemanas jugalah yang merubah energi listrik menjadi energi panas.

Bencana tsunami Selat Sunda setidaknya mengajarkan kita bahwa sebaik apapun pengetahuan kita tentang alam dan bencana, tetap ada hal yang tidak dapat kita pastikan. Kekuatan alam kerap melebihi daya manusia. Oleh karena itu, diperlukan tindakan preventif dan mitigasi bencana yang tepat agar di masa depan tidak perlu banyak saudara-saudari kita yang harus meregang nyawa akibat kelalaian kita dalam mengantisipasi dampak bencana.

semoga membantu

5. Jawaban bahasa Indonesia halaman 18 kelas 8 buku paket revisi 2017

Jawaban:

lah kok gak ada soalnya mana

6. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 82-83 ​

Kesimpulan: Kepariwisataan berdampak positif terhadap pendapatan masyarakat.Dalam hal ini perlu diperhatikan kebutuhan berekreasi yaitu, kenyamanan dan ketentraman.Oleh sebab itu, perlu ditingkatkan pembinaan/pengolahan pariwisata sehingga dapat meningkatkan omset bidang pariwisata.

Semoga membantu

7. buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 220 a sampai j​

Jawaban:

apa soalnya kok gak ada soal

8. jawaban buku paket ipa kelas 8 semester 2 aktivitas 11.2 halaman 170-171!​

Jawaban:

pembiasan cahaya sehingga sendok terlihat patah padahal pd kenyataannya, sendok tsb tdk patah

9. bahasa Indonesia kelas 8 halaman 72soal:• carilah di buku paket kelas 8 mu​

Jawaban:

Judul Teks: Letusan Semeru Picu Peningkatan Aktivitas Gunung Api Lainnya, Ini Penjelasan Pakar Bencana UNS.

Sumber: uns[dot]ac[dot]id.

Edisi: Berita Terkini oleh HUMAS UNS, Des 14, 2021.

Ringkasan:

Pada hari Sabtu, 5 Desember 2021, gunung Semeru tiba-tiba meletus meluluhlantakkan wilayah sekitar tanpa didahului adanya tanda-tanda erupsi. Letusan tersebut memicu aktivitas gunung api di sekitarnya yang memiliki level siaga lebih tinggi. P
enyebab terjadinya erupsi tiba-tiba tersebut diprediksi karena curah hujan yang tinggi. Guru besar Pendidikan Geografi UNS mengimbau agar wilayah-wilayah yang dekat dengan gunung api tersebut memiliki kesiapsiagaan darurat dalam menghadapi bencana. Bencana yang telah terjadi tersebut juga akan dikaji untuk analisis dampak dan kesiapsiagaan lebih lanjut.

10. jawaban bahasa indonesia kelas 8 halaman 80 donk buku paket​

Jawaban:

Jawaban bahasa Indonesia kelas VII halaman 80 adalah menunjukkan bagian-bagiannya yang meliputi tesis, rangkaian argumen, serta penegasan ulang teks itu.

Judul Teks: Indonesia-Malaysia Saling Tuding soal Kabut Asap Kebakaran Hutan

Penulis: Hari Widowati

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2019/09/12/indonesia-malaysia-saling-tuding-soal-kabut-asap-kebakaran-hutan

Penjelasan:

Bagian-bagian teks

1. Tesis

Kutipan: Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

2. Rangkaian argumen

– Malaysia berencana mengirim nota diplomatik kepada pemerintah Indonesia agar segera mengambil tindakan memadamkan karhutla .

– Isnaraissah menyebut kabut asap lintas batas (transboundary haze) adalah penyebab utama kabut asap yang menyelimuti Malaysia saat ini.

– Laporan Asean Specialised Meteorological Centre (ASMC) pada 5 September yang menyebutkan satelit mendeteksi 1.393 titik api (hotspots) di Indonesia .

3. Penegasan ulang

Indonesia kembali menghadapi tantangan yang sama, yaitu negara-negara tetangga kembali menuding karhutla di Indonesia menjadi penyebab kabut asap yang menyelimuti negaranya .

Pelajari lebih lanjut struktur teks eksposisi pada https://brainly.co.id/tugas/285875

#BelajarBersamaBrainly

11. Kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 158

Jawaban:

D

Penjelasan:

Kunci jawaban untuk Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 158 adalah D, yang berarti jawaban yang benar dari soal tersebut adalah “tanpa bercacat”. Ini karena jawaban lainnya berupa kata-kata yang benar, namun bukan jawaban yang diberikan pada soal tersebut.

Pertanyaan Terkait:

Apa kunci jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 158?

https://brainly.co.id/tugas/24771065https://brainly.co.id/tugas/23985371https://brainly.co.id/tugas/24799423

Support: https://trakteer.id/dakunesu/tip

12. buku paket halaman 182 kegiatan 7.3 kelas 8 bahasa indonesia​

A.

1.simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan; hasil menyimpulkan; kesimpulan.

2.Cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasi adalah dengan menegaskan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya dan biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian,

13. Buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 6

Jawaban:

soalnya mana ya dek bingung soalnya

14. Kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167

Jawaban:

D

Penjelasan:

Kunci jawaban dari soal buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167 adalah D, yaitu jawaban yang menyatakan bahwa lagu berjudul ‘Anak Kecil’ dipopulerkan oleh Rano Karno.

Pertanyaan Terkait:

Apa jawaban dari soal buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 167?

https://brainly.co.id/tugas/21088471https://brainly.co.id/tugas/24799423https://brainly.co.id/tugas/21194520

Support: https://trakteer.id/dakunesu/tip

15. jawaban halaman 178 buku paket bahasa Indonesia kelas 8​

Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?

Teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembacanya agar melakukan hal yang dikemukakan oleh penulis.

Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya?

Hal-hal yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya adalah

Teks persuasi berisi pernyataan-pernyataan yang berupa ajakan atau bujukan, yang bertujuan mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulisnya.

Pada teks persuasi terdapat pendapat atau fakta yang digunakan untuk memengaruhi pembaca agar mau mengikuti bujukan-bujukan.

Jadi, pada garis besarnya, hal yang membedakan teks persuasi dengan teks yang lain adalah adanya ajakan, imbuan, atau bujukan yang disertai dengan rangkaian pendapat atau fakta yang menguatkan ajakan tersebut.

Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?

Yang diharapkan penulis teks teks persuasi untuk pembacanya adalah pembaca berbuat sesuatu sesuai dengan harapan penulisnya.

Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?

Fungsi fakta dalam teks persuasi adalah untuk menguatkan argumen-argumen yang disampaikan oleh penulis atau pembicara.

Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang (argumentasi). Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar (fakta). Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan (imbauan)

Cuplikan teks persuasif karena

Teks tersebut berisi argumentasi, yaitu kegiatan nonakademik dapat memaksimalkan diri untuk menghasilkan prestasi yang gemilang.

Teks tersebut mengandung fakta yaitu kegiatan utama pelajar adalah belajar.

Teks tersebut berisi imbuan kepada para pembaca untuk pintar membagi waktu antara kegiatan nonakademik dan kegiatan akademik

16. jawaban pada buku paket bahasa indonesia halaman 167 kurikulum 2013 kelas 8

Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian tentang suatu karya, baik karya sastra atau pertunjukan, untuk memberikan wawasan dan dasar bagi masyarakat untuk memutuskan apakah mereka akan membaca atau menonton karya tersebut.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan pada halaman 167 buku Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.

PERTANYAAN

A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!

2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut

secara jelas!

JAWABAN

IDENTITAS KARYA

Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja

Penerbit : Balai Pustaka

Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)

Tebal halaman : 232 halaman

ORIENTASI

Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan  Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa  Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak  tahun 1974 dengan judul yang sama.

SINOPSIS

Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik  menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya  a
dalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO.  Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini.  Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah  cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh  kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti  nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski  pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.

Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk  menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat  seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan  tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.

Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah  perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata  sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.

Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman  Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan  memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara,  kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran  Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh.  Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang  tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu  luas.

ANALISIS

Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus  pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada  akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita  harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan  Tuhan.

Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan  orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau  memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia  adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi  suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,

Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan  anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.

EVALUASI

Sayangnya, novel  ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.

B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis

2. Novel memberikan banyak pelajaran pada  pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai  bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi

3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang  memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun  1969. -> Orientasi

4. Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas

5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh  Hasan. -> Sinopsis

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:

brainly.co.id/tugas/14215924

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

kata kunci: teks ulasan, atheis

17. Jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 8 kegiatan 9.4 halaman 242​

Buku non fiksi pertama:

Informasi tentang buku:

Judul: The Miracle of Enzyme

Penulis: Hiromi Shinya, MD

Penerbit: Qanita – PT Mizan Pustaka

Edisi: Hard Cover, Cetakan ke-11, 2010

Tebal: 300 halaman – Bahasa Indonesia

Buku kedua tentang fiksi (novel):

Judul: Recipes for a Perfect Marriage

Penulis: Kate Kerrigan

Penerbit: Gramedia

Edisi: Cetakan ke-1, 2010

Tebal: 450 halaman – Bahasa Indonesia terjemahan

PembahasanRingkasan buku The Miracle of Enzyme:

Berdasarkan 45 tahun praktik medisnya di Amerika Serikat dan Jepang, Dr. Hiromi Shinya menyajikan penelitiannya yang mendukung gagasan tentang enzim ajaib yang menghasilkan semua enzim yang dibutuhkan tubuh. Dia menyarankan kanker dan penyakit lain terjadi ketika enzim kunci ini habis dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Peta konsep:

Tubuh → enzim → enzim pangkal → harus dijaga → menjaga kesehatan

Ringkasan buku Recipes for a Perfect Marriage:

Penulis tentang makanan dari New York, Tressa, kembali dari bulan madu, khawatir bahwa dia telah menikahi suami barunya yang sangat tampan. Pada akhir usia tiga puluhan, ia mulai panik.

Pada tahun 1930-an Irlandia, neneknya, Bernadine, dinikahkan dengan guru sekolah setempat setelah keluarganya tidak bisa mendapatkan mas kawin untuk menikahi cinta sejatinya, Michael.

Selama tahun pertama pernikahannya, Tressa mengalihkan dirinya dari dilema bercerai atau tetap bersama dengan mengerjakan resep neneknya, mencari hiburan dan jawaban melalui kegiatan memasak tersebut.

Peta konsep:

Tressa → pernikahan yang tidak nyaman → mencari solusi

                                                                                   ↓

Nenek Tress → pernikahan yang datar → mengalihkan perhatian dengan memasak

Pelajari lebih lanjut

Tentang resensi buku:

https://brainly.co.id/tugas/7502837https://brainly.co.id/tugas/500965https://brainly.co.id/tugas/4307149Detail Jawaban

Kelas: 12

Mapel: Bahasa Indonesia 1

Bab:

Kode: 10.12

#AyoBelajar

18. Apa jawaban buku paket bahasa Indonesia halaman 190 kelas 8 1-4

Pada zaman dulu hiduplah keluarga miskin yang tidak memiliki anak . Dan mereka berdoa meminta anak walau hanya sebesar jari kelingking , singkat cerita terkabullah doa mereka istrinya melahirkan bayi sebesar kelingking . Ketika si Kelingking sudah besar ia melihat anaknya makan banyak sekali yang membuat orang tuanya kewalahan . Lalu muncullah ide irang tua kelingking untuk membunuh anaknya dan sudah berkali kali dilakukan namun tetap gagal hingga pada suatu hari saat ayahnya mencelakainya dihutan sang ayah menduga kelingking sudah meninggal dan mereka melihat kelingking pulang dengan membawa kayu besar . Orang tuanya pun sadar anak adalah titipan tuhan yang harus dijaga dan pada saat itu banyak orang yang membutuhkan kelingking untuk mengangkat barang barang dengan bayaran yang cukup

jgn lupa ksih like nya yah!

19. jawaban buku paket kelas 8 bahasa Indonesia halaman 146-147​

Jawaban:

1. Bukti kebahasaan: Kata benda jenis fenomena (proses) dan kata teknis (ekosistem)

2. Bukti kebahasaan:

kata teknis : organisme, metamorfosis, evolusi, amfibia, reptilia, mamaliakata benda jenis fenomena : perpindahan kehidupankonjungsi kronologis: selanjutnya, akhirnya

3. Bukti kebahasaan: Konjungsi kaulitas (karena) dan konjungsi kausalitas (jika) penggunaan konjungsi kronologis (hubungan waktu) seperti kemudian, lalu, setelah itu pada akhirnya.Penggunaan kata benda yang merujuk pada jenis fenomena.Penggunaan kata teknis atau peristilahan yang sesuai dengan topik yang dibahasnya.

SEMOGA MEMBANTU

MAAF JIKA SALAH


Video Terkait