Gambar Tabung Reaksi Dan Rak Tabung Reaksi

  Edukasi
Gambar Tabung Reaksi Dan Rak Tabung Reaksi

mengapa tabung reaksi yang telah digunakan harus disimpan pada rak tabung reaksi ​

Daftar Isi

1. mengapa tabung reaksi yang telah digunakan harus disimpan pada rak tabung reaksi ​

Tabung reaksi biasa disebut reaction tube atau test tube. Tabung reaksi harus disimpan di dalam rak tabung reaksi agar memudahkan untuk penggunaan kedepannya. Hal tersebut bertujuan juga untuk mencegah tabung reaksi rusak atau pecah, mengingat ukurannya yang relatif kecil serta terbuat dari bahan kaca.

Pembahasan:

Tabung reaksi merupakan peralatan yang umum digunakan pada setiap laboratorium. Tabung reaksi terbuat dari bahan kaca dengan panjang sekitar panjang jari manusia. Tabung reaksi umumnya memiliki alas berbentuk huruf u. Fungsi dari tabung reaksi adalah sebagai tempat bereaksinya bahan kimia. Tabung reaksi juga bisa digunakan untuk tempat mengembangbiakan mikroba dalam media cair.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang tabung reaksi pada https://brainly.co.id/tugas/4306576

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

2. Mengapa tabung reaksi yang sudah tidak digunakan harus disimpan pada rak tabung reaksi​

Jawaban:

mudah pecah dan terkontaminasi

Penjelasan:

karena tabung reaksi adalah benda yang mudah pecah dan harus disimpan sesegera mungkin agar tidak terkontaminasi bahan kimia lainnya.

3. fungsi rak tabung reaksi

Jawaban:

fungsinya:

untuk meletakkan tabung reaksi

4. apa fungsi dari rak tabung

untuk meletakkan tabung tabung agar tidak berbahaya atau nudah pecah sebagai tempat meletakkan tabung reaksi
saat akan mencampur larutan agar tidak tumpah dan sebanding.

5. Budi ingin membuat larutan NaCl dengan konsentrasi tertentu. Alat-alat yang dibutuhkan Budi di antaranya a. spatula, neraca, gelas beaker, kaca arloji, labu ukur, dan pipet tetes b. neraca, tabung reaksi, gelas ukur, kaca arloji, spatula, dan pipet tetes c. labu ukur, spatula, neraca, pipet tetes, gelas ukur, dan pipet volume d. pipet volume, gelas beaker, spatula, tabung reaksi, neraca, dan rak tabung e. pipet tetes, gelas ukur, tabung reaksi, kaca arloji, rak tabung, dan spatula​

Jawaban:

Jika akan membuat larutan NaCi dengan konsentrasi tertentu. Alat alat yang dibutuhkan antaranya:

1. Neraca analitik

2. Kaca arloji

3. Gelas beaker

4. Batang akuades

5. Botol akuades

6. Corong kaca

7. Labu ukur

8. Botol Reagen

9. Kertas kabel

Penjelasan:

Konsentrasi suatu zat merupakan satuan yang menunjukkan jumlah zat terlarut dalam suatu larutan. Satuan konsentrasi larutan sering dinyatakan sebagai molaritas. Konsentrasi larutan merupakan perbandingan anatara jumlah zat terlarut dalam suatu larutan atau jumlah zat terlarut terhadap jumlah pelarut nya

SEMOGA BERMANFAAT!!

6. Perhatikan percobaan berikut ini Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dik*c*k dalam waktu yang sama dengan kekuatan peng*c*kan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi. Pasir ukuran butirannya 0,5mm – 2,0mm Lumpur 0,02 mm – 0,002 mm Lempung berpasir 0,2 mm – 0,02 mm Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah pasir. Tanah pasir cepat mengendap karena memiliki partikel lebih besar dan berat. Tanah merupakan komponen abiotik pada ekosistem. Tanah bermanfaat bagi makhluk hidup karena sebagai tempat hidup. Untuk tumbuhan tanah berfungsi menyediakan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

Pembahasan

Ekosistem adalah penggabungan dari setiap unit biosistem yang membentuk interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungannya menjadi aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme.  Terdapat dua komponen pembentuk ekosistem yang saling berkaitan satu sama lain yaitu komponen biotik dan komponen abiotik yang membentuk suatu ekosistem.

Pelajari lebih lanjut tentang macam-macam ekosistem di: brainly.co.id/tugas/9985269.

Berikut ini penjelasan mengenai komponen abiotik dan biotik:

A. Komponen Abiotik

Komponen Abiotik adalah komponen lingkungan yang terdiri dari unsur-unsur tidak hidup baik secara fisik atau kimia yang ada di dalam suatu ekosistem. Sumber abiotik umumnya diperoleh dari litosfer, atmosfer, dan hidrosfer. Komponen abiotik memiliki peranan penting bagi komponen biotik. Berikut ini adalah contoh komponen abiotik dan penjelasannya:

1. Suhu

Suhu merupakan komponen abiotik yang dipengaruhi banyak faktor seperti radiasi sinar matahari, garis lintang dan ketinggian tempat.

2. Air

Air merupakan komponen abiotik yang penting bagi semua makhluk hidup, bahkan ketersediaan air mempengaruhi distribusi makhluk hidup.

3. Garam

Beberapa organisme terestrial atau organisme yang hidup di atas tanah mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan kandungan garam tinggi contohnya adalah bakteri halofil, tumbuhan laut.

4. Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama makhluk hidup baik dari intensitas dan kualitasnya terhadap suatu ekosistem. Intensitas dan kualitas cahaya matahari dapat juga mempengaruhi proses fotosintesis.

5. Tanah

Tanah menjadi tempat hidup dan tumbuh bagi organisme autotrof dan juga tempat mencari makanan bagi organisme heterotrof. Karakteristik tanah meliputi struktur fisik, tekstur (komposisi partikel tanah), derajat kesamaan (pH) dan komposisi mineral maupun unsur hara dapat menjadi indikator apakah tanah tersebut subur atau tidak subur.

6. Iklim

Iklim merupakan kondisi atau keadaan cuaca dalam jangka waktu yang lama pada suatu area yang luas. Iklim terbentuk dari interaksi berbagai macam komponen abiotik. Komponen abiotik tersebut berupa suhu, cahaya matahari, kelembaban udara dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut tentang ketergantungan abiotik terhadap biotik di: https://brainly.co.id/tugas/184084.

B. Komponen Biotik

Komponen Biotik adalah sebuah komponen lingkungan yang terdiri dari semua jenis organisme atau makhluk hidup yang ada di dalam sebuah ekosistem.Terdapat ketergantungan antara komponen biotik yaitu melalui rantai makanan maupun jaring-jaring makanan.  Komponen biotik dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu produsen, konsumen dan dekomposer.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga kelompok komponen biotik tersebut yaitu:

1. Produsen atau Organisme Autotrof  

Organisme autotrof atau disebut sebagai produsen merupakan organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Produsen mampu membentuk makanan dengan menyerap senyawa dan zat-zat anorganik untuk kemudian diubah menjadi senyawa organik melalui proses fotosintesis. Organisme yang tergolong dalam organisme autotrof memiliki ciri khusus yaitu terdapat klorofil di dalam tubuhnya seperti pada tumbuhan tingkat tinggi.

2. Konsumen atau Organisme Heterotrof  

Organisme heterotrof atau disebut sebagai konsumen adalah organisme yang mengambil sumber energi dan makanan dari organisme lain. Organisme heterotrof tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri. Contohnya komponen biotik ini adalah manusia dan hewan yang berperan sebagai karnivora, herbivora, maupun omnivora.

3. Pengurai atau Dekomposer

Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang melakukan proses dekomposisi yaitu mengubah bahan-bahan organik dari organisme yang sudah mati menjadi senyawa anorganik. Contoh organisme yang disebut pengurai antara lainbjamur dan bakteri. Beberapa organisme yang menggunakan sisa bahan organik menjadi partikel-partikel yang lebih kecil disebut sebagai detritivor. Contoh organisme ini adalah kutu kayu atau rayap, kutu buku dan cacing.

Pelajari lebih lanjut tentang gejala alam biotik di: https://brainly.co.id/tugas/22021558.

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Biologi

Bab: Ekologi

Kode: 10.4.10

#AyoBelajar

7. bagaimana bentuk pipet? apa kegunaan tabung reaksi? apa kegunaan kaki 3? sebutkan macam2 tabung! ada berapa jenis termometer? sebutkan 3 klem! apakah eudiometer? sebutkan macam2 pipa! sebutkan 2 penjepit! terbuat dari apa rak tabung reaksi?

rak tabung reaksi terbuat dari kayu
penjepit tabung
tabung reaksi tempat untuk melakukan reaksi
hentuk pipit meruncing seperti jarum terbuat dari kaca

8. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang di isi oleh jenis tanah yang berada kemudian di beri air dengan volume yang sama . Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama. Setelah itu ketika tabung di diamkan pada rak tabung reaksi Tabung a : pasir: 0,5mn – 2,0 mm Tabung b : lumpur:0,02mm- 0,002mm Tabung c: lempung berpasir: 0,2mm- 0,02 mm Menurut pendapatan tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasan mu!

jawaban:

a.pasir 0,5mn – 2,0 mm

Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah berpasir . Tanah berpasir cepat mengendap karna memiliki partikel lebih besar dan berat .

semoga membantu

9. Apa fungsi dari beberapa alat bahan lab berikut: Rak tabung reaksi pengaduk kertas saring kaki tiga kawat kasa hymositometa 1 set alat bedah

– Rak tabung rekasi berfungsi untuk meraksikan tabung reaksi/untuk menyimpan tabung rekasi
– pengaduk berfungsi untuk mengaduk bahan² kimia
– kertas saring berfungsi untuk membersikan cairan yg menempel pada dinding labu ukur dan alat² lab yg lainnya
– kaki tiga berfungsi untuk menyangga saat pemanasan bahan kimia

10. C ontoh peralatan instrumental yang biasa dapat ditemui dalam laboratorium adalah ….A. TermometerB. ErlenmeyerC. MikroskopD. PipetE. Rak tabung reaksi​

Jawaban:

E Rak tabung reaksi

Penjelasan:

maaf kalau salah

jawaban

1) mikroskop

untuk mengamati benda-benda Yang tidak dapat dilihat oleh mata yang telanjang (Maksudnya tanpa alat)

2) Rak tabung Reaksi

tempat tabung reaksi

3) erlenmeyer

menyimpan dan memanaskan larutan dan menampung filtrate hasil penyaringan

4) pipet alat Untuk menetes cairan kimia

5) termometer laboratorium berfungsi untuk mengukur titik didih atau titik beku dalam sebuah penelitian

Penjelasan

maaf kalo Salah

11. Seperangkat alat laboratorium yang dapat digunakan untuk memanaskan 500 mL larutan meliputi… A. Lampu bunsen, kaki tiga, klem, dan gelas arloji B. Lampu bunsen, kaki tiga, kasa gauze, dan cawan petri C. Lampu bunsen, tabung reaksi, klem, dan rak tabung reaksi D. Lampu bunsen, kaki tiga, kasa gauze, dan gelas erlenmeyer

untuk memanaskan larutan, digunakan alat-alat
LAMPU BUNSEN
KAKI TIGA
KASA GAUZE
GELAS ERLENMENYER
jawaban ===>D.

^^SEMOGA MEMBANTU^^

12. bahan baku rak tabung​

Jawaban:

bahan baku rak tabung adalah dari sebuah kertas yang di buat menhadi rak tabung

Penjelasan:

semoga memvantu..:)

13. apa fungsi dari rak tabung?

untuk tempat penyimpanan tabung reaksi.
smga membantu

14. kegunaan rak tabung untuk menyimpan

Fungsinya untuk :
1. Menyangga tabung-tabung reaksi agar dapat berdiri dengan tegak
2. Sebagai tempat mereaksikan bahan kimia dalam laboratorium

15. 8. Alat-alat yang digunakan dalam percobaan uji kandungan klorofil dalam daun Curcuma adalah pipet tetes, rak tabung reaksi, gelas corong, gelas ukur, neraca analitik, mikropipet, kuvet 2 ml, dan spektrofotometer b. tabungreaksi, rak tabung reaksi, gelas corong, gelas ukur, neraca analitik, mikropipet, kuvet 2 ml, dan spektrofotometer c. tabung reaksi, penjepit tabung reaksi, gelas corong, gelas ukur, neraca ana- litik, mikropipet, kuvet 2 ml, dan spektro- fotometer a. d. tabungreaksi, rak tabung reaksi, gelas corong, gelas ukur, neraca analitik, mikropipet, kuvet 2 ml, dan kompor spiritus​

Jawaban:

The correct answer is: **a. pipet tetes, rak tabung reaksi, gelas corong, gelas ukur, neraca analitik, mikropipet, kuvet 2 ml, dan spektrofotometer**.

16. Sejarah penemuan rak tabung reaksi

rsk tabung reaksi merupakan salah satu dari instrumen peralatan laboratorium non-gelas yang digunakan untuk menyimpan atau menata beberapa tabung reaksi. Alat ini berbentuk seperti rak kecil dan terbuat dari kayu, di bagian atasnya terdapat beberapa lubang sebagai tempat untuk meletakkan tabung reaksi agar tabung dapat berdiri.

17. Di bawah ini yang merupakan kalimat simpulan adalah…a.Uji percobaan tersebut untuk mengetahui kandungan zat makanan dalam nugget gorengb.Berdasarkan hasil percobaan, nugget goreng mengandung zat makanan banyak amilum, protein, glukosa, dan lemakc.Bahan yang diperlukan antara lain lugol, Biuret, Fehling A dan fehling B, air, dan kertas buramd.Alat yang diperlukan yaitu tabung reaksi, gelas kimia, spiritus, mortal, penjepit tabung, pipet tetes, dan rak tabung reaksi​

Jawaban:

b. bedasarkan hasil percobaan, nugget goreng mengandung zat makanan banyak amilum, protein, glukosa, dan lemak

Penjelasan:

maaf banget kalo salah

follow ya kalo mau

jadikan jawaban terbaik

terima kasih dan assalamualaikum,wrb

ada yang hapus jawabanku karena iri aku dikasih jawaban terbaik dan yang hapus ini berarti kau iri

18. Tolong dong jelasin fungsinya : tabung reaksi, rak tabung, corong kaca, plat tetes, botol spritus, cawan petri, penjepit tabung, dan brus tabung

•Tabung Reaksi berfungsi untuk mencampur dan memanaskan larutan dalam volume sedikit.
•Rak Tabung berfungsi untuk meletakkan tabung reaksi supaya tersusun rapi dan indah
•Corong Kaca berfungsi sebagai tempat kertas saring yang digunakan untuk membuat campuran ke dalam tabung yang mulutnya kecil.
•Plat Tetes berfungsi untuk menguji keasaman larutan, mereaksikan zat dalam jumlah kecil
•Botol Spritus berfungsi Untuk membakar zat atau memmanaskan larutan.
•Cawan Petri berfungsi untuk tempat media agar untuk menumbuhkan mikroba dan untuk menumbuhkan biji bijian.
•Penjepit Tabung berfungsi untuk menjepit tabung reaksi.
•Brush Tabung berfungsi untuk membersihkan tabung reaksi, gelas ukur, labu ukur dan lain-lain.

MAAF JIKA ADA YANG SALAH

19. siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Amarasi barat melakukan percobaan menguji kandungan glukosa pada tahu mereka membutuhkan tabung reaksi untuk mencampur larutan untuk membakar rak tabung reaksi untuk meletakkan tabung reaksi pipet tetes untuk meneteskan larutan Benedict dan Mortal untuk melembutkan tahu mereka mulai melakukan percobaan tahu ditumpuk dengan mortal lalu dimasukkan dalam tabung reaksi kemudian mereka tambahkan Alga lalu mereka tambahkan 5 tetes cairan Benedict setelah tercampur tabung reaksi dipanaskan diatas lusin indikasi tahu mengandung glukosa 1. apa tujuan percobaan tersebut​

Jawaban:

Tujuan percobaan tersebut adalah untuk mengetahui kandungan glukosa pada tahu

Video Terkait