Fase Pertama Dalam Suatu Proses Integrasi Sosial Adalah

  Edukasi
Fase Pertama Dalam Suatu Proses Integrasi Sosial Adalah

Fase pertama dalam suatu proses integrasi sosial adalah

Daftar Isi

1. Fase pertama dalam suatu proses integrasi sosial adalah

Jawaban:

fase pertama dalam suatu proses integrasi sosial adalah perkenalan sosial, pengembangan sikap saling percaya, dan komitmen

2. Fase pertama dalam suatu proses integrasisosial adalah ….a. fase konsolidasib. fase koordinasiC. fase asimilasid. fase akomodasi​

Jawaban:

“Fase Akomodasi”

Penjelasan:

Fase akomodasi adalah proses meredakan pertentangan atau konflik untuk mencapai kastabilan sosial.

Semoga Membantu 🙂

3. proses integrasi sosial diawali fase

Fase Akomodasi

Fase akomoda
si adalah proses meredakan pertentangan atau konflik untuk mencapai kastabilan sosial. Akomodasi merupakan cara-cara untuk meredakan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan.

Fase Kerja Sama

Kerja sama timbul karena adanya ketegangan masyarakat sebagai akibat adanya unsur-unsur yang berbeda-beda setelah terjadi proses akomodasi. Kerjasama dapat lahir karena mereka yang terlibat konflik menyadari mempunyai kepentingan yang sama.

Fase Koordinasi

Fase ini merupakan fase yang sangat penting dan diperlukan dalam rangka menyempurnakan bentuk kerja sama yang telah terjalin. Proses koordinasi terlihat jelas apabila dalam suatu masyarakat terdapat kelompok-kelompok yang saling berbeda paham dalam politik.

Fase Asimilasi

Dalam prose asimilasi anggota masyarakat mengidentifikasi dirinya dengan kepentingan-kepentingan serta tujuan-tujuan kelompok. Apabila dua kelompok mengadakan asimilasi batas antara dua kelompok itu akan hilang dan akan lebur menjadi satu kelompok.

4. Bagaimana hubungan antara proses pemetaan sosial dengan proses integrasi sosial!!

Bagaimana hubungan antara pemetaan sosial dengan integrasi sosial?

Jawab:

Hubungannya antara lain, Jika kita telah memahami suatu gambaran/Pemetaan kondisi Sosial Suatu masyarakat pada Wilayah tertentu, Maka kita telah mendapatkan gambaran gambaran dari Kondisi sosial suatu wilayah. Dan juga  kita dapat mengemukakan Aspek aspek/tatanan apa saja yang terdapat pada suatu kelompok dalam menciptakan sebuah kesatuan walaupun terdiri dari berbagai pihak yang berbeda beda, serta dapat menyimpulkannya dalam sebuah data.

“Semoga membantu”

5. Jelaskan bentuk integrasi sosial dan proses integrasi !​

Jawaban:

Pengertian Integrasi Sosial

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa integrasi adalah pembauran sesuatu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat.

Syarat-syarat Integrasi Sosial

Integrasi sosial akan terbentuk apabila sebagian besar anggota masyarakat tersebut sepakat mengenai struktur kemasyarakatan yang dibangun termasuk nilai-nilai, norma-norma, dan pranata-pranata sosial.

Faktor-faktor Cepat Lambatnya Integrasi Sosial

Suatu integrasi sosial dapat berlangsung cepat atau lambat, tergantung pada faktor-faktor berikut.

1. Homogenitas kelompok

2. Beşar kecilnya kelompok

3. Mobilitas geografis

4. Efektivitas komunikasi

Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

Integrasi sosial dapat terjadi dalam tiga bentuk berikut.

1. Integrasi Normatif

2. Integrasi Fungsional

3. Integrasi Koersif

6. sebutkan fase yang harus dilalui dalam proses integrasi sosial

1. fase akomodasi 
2. fase kerjasama
3. fase koordinasi
4. fase asimilasi

7. proses integrasi sosial merupakan proses yang bersifat?

Asosiatif
maaf kalau salah semoga membantuAsosiatif

Semoga Membantu

8. Proses integrasi sosial dapat dilihat melalui proses ?

Integrasi sosial dapat terjadi melalui proses sosial yaitu asimilasi, akomodasi, dan akulturasi.

Pembahasan:

Integrasi sosial didefinisikan sebagai suatu proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda sehingga menjadi satu kesatuan dalam suatu masyarakat. Integrasi sosial dapat dilihat melalui proses asimilasi, akomodasi, dan akulturasi.

Akulturasi, akulturasi merupakan proses sosial yang terjadi pada kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda. Proses akulturasi terjadi ketika kebudayaan yang berasal dari luar atau kebudayaan asing mulai diterapkan ke dalam kebudayaan sendiri. Namun, masing-masing kebudayaan masih mempertahankan ciri khasnya masing-masing. Asimilasi, asimilasi merupakan suatu proses sosial yang berupa usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan yang terjadi di tengah individu atau kelompok masyarakat. Proses asimilasi mengakibatkan setiap individu dalam masyarakat berusaha untuk menjunjung tinggi kesatuan sikap, perilaku, dan proses-proses mental dengan tetap mempertahankan tujuan dan kepentingan bersama. Akomodasi, akomodasi merupakan suatu proses sosial manusia untuk meredakan pertentangan dan mencapai kestabilan. Akomodasi di dalam masyarakat diharapakan akan menyelesaikan pertentangan atau konflik tanpa menghancurkan pihak lawan dan menjadikan interaksi yang bersifat lebih damai.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai persamaan re integrasi dan integrasi sosial, pada:

brainly.co.id/tugas/5762270

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

9. proses integrasi sosial dalam masyarakat dilakukan melalui fase sosial dan….a. politikb. hukum c. konflikd. budayae. alamiah​

Jawaban:

D.Budaya

Penjelasan:

maaf kalau salah

10. Proses integrasi sosial dalam masyarakat dilakukan melalui fase sosial dan

ada fase akomodasi, fase kerja sama, fasekoordinasi dan asimilasi

11. sebutkan fase yang harus dilalui dalam proses integrasi sosial!

1. tahap akomodasi
2. tahap kerja sama
3. tahap koordinasi
4. tahap asimilsi

12. dalam suatu integrasi sosial proses menuju integrasi dapat dipersamakam dengan prosws sosial bersifat​

Jawaban:

bersifat lebih mengutamakan keakraban, kesopanan dalam bertutur kata,menjaga perasaan seseorang,dan saling menghargai pendapat, serta lebih mengutamakan kepentingan bersama

mohon maaf bila salah, itu yang bisa saya bantu

13. proses+integrasi+sosial+dan+contohnya

Jawaban:

Squad, pada setiap masyarakat akan selalu ada gesekan antarindividu atau kelompok yang berbeda yang kemudian memicu terjadinya gejala sosial, perubahan sosial, atau bahkan konflik. Hal ini baru bisa teratasi jika terjadi proses integrasi yang berjalan dengan baik untuk menyatukan kembali individu atau kelompok yang berbeda tersebut. Nah, bagaimana sih sebenarnya proses integrasi sosial terjadi di masyarakat?

proses integrasi sosial

Pernikahan antarkelompok masyarakat atau kewarganegaraan yang berbeda menjadi salah satu faktor pendorong integrasi sosial.

(sumber: labhukum.com)

1. Proses Interaksi

Proses interaksi adalah proses paling awal untuk membangun suatu kerjasama yang ditandai dengan adanya kecenderungan serta niat positif yang berpotensi menjadi aktivitas bersama.

2. Proses Identifikasi

Berangkat dari proses interaksi tersebut, dapat berlanjut ke proses identifikasi
. Proses identifikasi ini berlangsung ketika tiap-tiap pihak dapat menerima secara terbuka terhadap keberadaan pihak lain secara utuh. Sehingga, pada hakikatnya, proses identifikasi merupakan proses untuk memahami berbagai karakter, latar belakang, dan kepentingan pihak lain.

3. Kerjasama (Cooperation)

Charles H. Cooley mengungkapkan jika suatu kerjasama dapat mungkin terjadi jika masing-masing pihak sadar bahwa mereka punya kepentingan yang sama. Di saat yang bersamaan pula, mereka memiliki pengetahuan dan pengendalian diri yang cukup untuk mencapai kepentingan tersebut dengan kerjasama. Ketika hal ini sudah dipahami oleh masing-masing pihak, maka proses integrasi akan berjalan lebih mudah karena setiap pihak sudah bersedia untuk membuka diri untuk menjalin kerjasama yang positif.

4. Proses Akomodasi

Akomodasi dapat dipahami sebagai langkah untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan. Dalam proses ini, semaksimal mungkin tiap-tiap pihak mencapai kata sepakat dalam memenuhi tujuan dengan tidak merugikan pihak lain.

5. Proses Asimilasi

Proses asimilasi dalam hal ini dapat dipahamai sebagai suatu cara yang ditandai dengan kegiatan nyata untuk mengurangi perbedaan pada individu atau kelompok yang sedang berkonflik. Proses ini juga meliputi usaha untuk menyatukan persepsi kedua belah pihak dengan cara memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama.

5. Proses Integrasi

Proses integrasi dapat dipahami sebuah proses penyesuaian antarunsur dalam masyarakat yang majemuk hingga terbentuk keserasian dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Kemudian, RG Squad harus tahu juga nih ada faktor-faktor pendorong integrasi sosial. Nah, faktor-faktor pendorong integrasi sosial antara lain:

Toleransi terhadap perbedaan

Kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi

Sikap saling menghargai orang lain

Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat

Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan

Perkawinan campuran (amalgamation)

Adanya musuh bersama dari luar

14. Pernyataan yang tepat terkait proses integrasi dan reintegrasi sosial yaitu …. A. Integrasi dan reintegrasi sosial dilaksanakan sebelum dilakukan akomodasi B. Proses integrasi sosial cenderung berjalan lebih cepat daripada reintegrasi sosial C. Integrasi sosial dapat berjalan cepat ketika komunikasi antarkelompok lancar D. Semua konflik membutuhkan proses integrasi dan reintegrasi sosial yang panjang E. Reintegrasi sosial selalu dilaksanakan beriringan dengan integrasi sosial

D. Semua konflik atau pertentangan membutuhkan proses integrasi dan reintegrasi sosial yang panjang.

Karena jika tidak ditangani dengan proses integrasi dan reintegrasi maka akan terjadi perpecahan. Proses ini lama karena pihak-pihak yang berkonflik masih memiliki ego masing-masing dan butuh waktu dan cara yang tepat untuk meredam dan mempersatukannya.

Pembahasan

Integrasi sosial merupakan suatu proses membaurnya  elemen-elemen sosial masyarakat mulai dari individu hingga kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan yang bulat, utuh dan kuat. Reintegrasi sosial merupakan proses pembaharuan nilai dan norma sosial masyarakat setelah mengalami suatu perubahan.

Faktor yang mempengaruhi cepat dan lambatnya proses dari integrasi sosial, antara lain:

-Homogenitas suatu kolompok

-Besar kecilnya suatu kelompok

-Mobilitas geografis

-Efektivitas komunikasi

Bentuk-bentuk integrasi sosial, antara lain:

-Integrasi normatif

-Integrasi fungsional

-Integrasi koersif

Faktor pendorong integrasi sosial, yaitu:

-Adanya suatu interaksi hubungan yang saling menghormati dengan kebudayaan lain.

-Adanya kesamaan dari unsur-unsur budaya.

-Adanya sikap dan perilaku keterbukaan dari golongan penguasa di lingkungan tertentu.

-Adanya keseimbangan kesempatan dalam  bidang ekonomi.

-Adanya percampuran perkawinan.

-Adanya toleransi kelompok masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang sumpah pemuda brainly.co.id/tugas/4830317

materi tentang tujuan reintegrasi sosial brainly.co.id/tugas/15499237

materi tentang ilmu sosiologi brainly.co.id/tugas/17330336  

materi tentang interaksi sosial brainly.co.id/tugas/3539730

——————————————————Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Integrasi Sosial

Kode:

Kata kunci: Pengertian dari integrasi sosial, bentuk integrasi sosial, faktor pendorong integrasi sosial, faktor cepat lambatnya integrasi sosial.

AJ.

15. Fase awal dalam integrasi sosial adalah

Fase awal integrasi sosial adalah fase akomodasi.

16. Salah satu fase proses integrasi sosial yang sangat dibutuhkan dalam menyempurnakan suatu bentuk kerja sama yang telah terjalin

Jawaban:

Fase Akomodasi

Fase akomodasi adalah proses meredakan pertentangan atau konflik untuk mencapai kastabilan sosial. Akomodasi merupakan cara-cara untuk meredakan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan.

Fase Kerja Sama

Kerja sama timbul karena adanya ketegangan masyarakat sebagai akibat adanya unsur-unsur yang berbeda-beda setelah terjadi proses akomodasi. Kerjasama dapat lahir karena mereka yang terlibat konflik menyadari mempunyai kepentingan yang sama.

Fase Koordinasi

Fase ini merupakan fase yang sangat penting dan diperlukan dalam rangka menyempurnakan bentuk kerja sama yang telah terjalin. Proses koordinasi terlihat jelas apabila dalam suatu masyarakat terdapat kelompok-kelompok yang saling berbeda paham dalam politik.

Fase Asimilasi

Dalam prose asimilasi anggota masyarakat mengidentifikasi dirinya dengan kepentingan-kepentingan serta tujuan-tujuan kelompok. Apabila dua kelompok mengadakan asimilasi batas antara dua kelompok itu akan hilang dan akan lebur menjadi satu kelompok.

Penjelasan:

Semoga membantu

Jangan lupa jadikan jawaban terbaik ya 🙂

17. Bagaimana proses integrasi sosial

JADIKAN JWBN TERBAIK

DAN MAAP KLU SLH

18. jelaskan fase fase yang dilalui dalam proses integrasi

fase yang dilalui dalam proses integrasi adalah

Tahap Akomodasi

Tahapan ini adlaah sebuah proses sosial yang dimaan kemudian did alamnya terdapt dua atau lebih dari macam individu dan juga kelompok yang dimana memiliki sebuah usaha untuk dapat dengan saling melakukan penyesuaian diri, sehingg tidak akan dapat untuk saling mengganggu dengan cara melakukan pencegahan, pengurangan, dan penghentian akan ketegangan yang dimana akan dapat timbul.

Tahap Kerjasama

Kerjasama merupakan sebuah bentuk interaksi sosial yang dimana merupakan hal pokok. Hal ini melakukan penggabaran yang dimana sebagian besar dari tindakan tersebut akan dapat berbentuk interaksi sosial.

Tahap Koordinasi

Tahap koordinasi adalah sebuah bentuk hal yang berupa sebuah bentuk pengaturan yang dimana dilakuakn secara netral guna untuk melakukan pencapaian sebuah integrasi
dengan mealkukan sebuah persatuan individu dengan kelompok.

Tahap Asimilasi

Tahap asimilasi adalah sebuah bentuk proses yang idmana kemudian akan ditandai dengan munculnya berbagai macam bentuk usaha untuk mengurangi jumlah daripada perbedaan yang ada.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  dalam hal integrasi bangsa, sebenarnya hal-hal apakah yang diintegrasikan itu? https://brainly.co.id/tugas/9946109

—————————–

 

Detil jawaban

Kelas:  8

Mapel:  Geografi

Bab:  Bab 5 – Pluralitas, Konflik, dan Integrasi Sosial

Kode:  8.8.5

Kata Kunci:  Asimilasi, Akomodasi, Integrasi

19. Proses integrasi sosial merupakan proses yang bersifat asosiatif hal ini dikarenakan dalam proses integrasi terdapat

Proses integrasi sosial merupakan suatu proses yang memiliki sifat asosiatif sehingga di dalamnya terdapat interaksi sosial, dimana interaksi sosial tersebut bersifat asosiatif dan disosiatif.

Pembahasan

Integrasi sosial adalah proses pembauran dari elemen-elemen sosial masyarakat mulai dari individu hingga kelompok sosial menjadi suatu satu kesatuan.

Faktor pengaruh cepat dan lambatnya proses integrasi sosial, sebagai berikut:

-Homogenitas suatu kolompok

-Besar kecilnya suatu kelompok

-Mobilitas geografis

-Efektivitas komunikasi

Syarat adanya integrasi sosial, sebagai berikut:

-Semua anggota masyarakat berhasil memenuhi kebutuhannya

-Semua masyarakat berhasil dalam menentukan suatu kesepakatan sosial.

-Norma sosial tidak bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Bentuk-bentuk integrasi sosial, sebagai berikut:

-Integrasi normatif

-Integrasi fungsional

-Integrasi koersif

Faktor pendorong integrasi sosial, yaitu:

-Adanya hubungan saling menghormati dengan kebudayaan-kebudayaan yang lain.

-Adanya perilaku dan sikap terbuka antara golongan penguasa di lingkungan sosial.

-Adanya kesamaan dari unsur-unsur budaya.

-Adanya percampuran perkawinan.

-Adanya toleransi kelompok masyarakat.

-Adanya keseimbangan kesempatan dalam  bidang ekonomi.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang integrasi sosial  brainly.co.id/tugas/12808151

materi tentang ilmu sosiologi brainly.co.id/tugas/17330336  

materi tentang interaksi sosial brainly.co.id/tugas/3539730

——————————————————Detail jawaban

Kelas: 10 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Integrasi Sosial

Kode:

Kata kunci: Integrasi sosial, faktor pendorong integrasi sosial, syarat integrasi sosial, bentuk integrasi sosial, faktor cepat lambatnya integrasi sosial.

AJ.

Video Terkait