Dongeng Ikan Dan Burung Tema 7 Kelas 2

  Edukasi
Dongeng Ikan Dan Burung Tema 7 Kelas 2

kak tolong di ceeitakan tentang dongeng ikan dan burung soalnya di buku adek ku gak ada ceritanya bukunya tema 7 kelas 2​

Daftar Isi

1. kak tolong di ceeitakan tentang dongeng ikan dan burung soalnya di buku adek ku gak ada ceritanya bukunya tema 7 kelas 2​

cerita fabel “Ikan dan burung”adalah Cerita yg terdapat pada buku tema 7 kelas 2.pada cerita fabel “ikan dan burung”Siswa diminta untuk mendengarkan yg disampaikan guru, kemudian siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yg berhubungan dgn cerita”iklan dan burung”.

Penjelasan:

1.Siapakah tokoh dongeng yang disampaikan guru?.Jawaban:ikan dan burung

2.dimanakah letak tempat cerita tersebut?Jawaban: dipinggir sungai

3.dimanakah tempat hidup cacing yg dimakan oleh burung?Jawaban:dida
sar sungai

4.burung ingin membantu ikan dengan cara? jawaban: mencari cacing didasar sungai

5.ikan ingin membantu burung dengan cara?megambil biji-bijian

6.setelah ikan Dan burung berkenalan maka mereka menjadi? sahabat yang saling membantu

thank you don’t forget to follow my brainly account!

2. Apa tema dan bagaimana sifat burung pada dongeng tersebut

kasih gambar kek ini cuma soalnya doang haduhhh

Penjelasan:

tapi gpp lah gw dapet poin

3. dongeng ikan dan burung​

Jawaban:

pertanyaannya mana gan?

4. contoh dongeng jenis dongeng ikan dan burung merupakan contoh jenis​

Jawaban:

jawaban nya adalah cerita fabel

Jawaban:

fabel

Penjelasan:

tolong jadikan jawaban terbaik

5. 1. siapakah tokoh dongeng yg disampekam guru ? soal ikan & burung 2. dimanakah tempat dari cerita tersebut? 3. dimanakah tempat hidup cacing yg akan di makan oleh burung? 4. burung ingin membantu ikan dengan cara… 5. ikan ingin membantu burung dengan cara.. 6. setelah ikan dan burung berkenalan maka mereka…​

Jawaban:

1) anak kecil , ikan kecil ( ikan arwana ) , burung , serangga, dan cacing

2) di sebuah gua di papua yaitu di dalam gua tersebut terdapat sungai kecil tempat tinggal sang ikan.

3) tempat hidup cacing ada di dalam sungai yang di penuhi dengan lumpur ( sungai lumpur )

4) burung membantu burung dengan mencari ibu sang ikan yang hilang.

5) ____setahu saya sang burung tidak butuh bantuan dari sang ikan___

6) setelah ikan dan burung berkenalan , maka sang ikan langsung memintan bantuan kepada sang burung untuk mencarikan ibu nya.

SEMOGA MEMBANTU

6. carilah cerita fiksi dari buku dongeng perpustakaan atau internet !tolong pls sertain judul nya sama tulisin dongeng nya, pelajaran kelas 4 tema 8 sub tema 2​

Jawaban:

dongeng papua

Penjelasan:

beli je kak kedai ada pasti tu

7. Siapa tokoh dongeng flanel ikan dan burung

Tokoh dari dongeng “Ikan dan Burung” adalah seekor ikan dan burung. Dongeng ini diciptakan oleh Kak Yunarvian.

Pembahasan

Tokoh dari dongeng “Ikan dan Burung” adalah seekor ikan dan burung. Dongeng ini diciptakan oleh Kak Yunarvian.

Berikut adalah penggalan kisah dari dongeng “Ikan dan Burung” karya Kak Yunarvian.

Di sebuah hutan hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah burung dan ikan. Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. Waktu itu ikan sedang beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya.

“Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan,” kata ikan dalam hati.

Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya. Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu. Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh seekor burung yang berterbangan ke sana-kemari.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku bisa meraih biji-bijian itu?” Kata si ikan dalam hati.

Kita tinggalkan si ikan dan beralih ke burung. Setelah beterbangan, burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat. Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan.

“Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan.” Kata burung dalam hati.

Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap cacing-cacing itu. Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang. Ia lalu hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada ikan yang sedang berenang di dalam air.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor dan sirip untuk berenang agar aku bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si burung dalam hati.

Akhirnya ikan dan burung saling tahu kesulitan masing-masing. Berkali-kali si ikan melihat burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacing. Demikian pun si burung berkali-kali melihat ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan.

“Hei ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini?” kata burung.

“Benar, tapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu.” jawab si ikan.

“Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tapi aku idak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu.” balas si burung.

“Bagaimana jika kau membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai.” Ajak si ikan.

“Wow ide bagus, aku setuju.” Sahut si burung.

Akhirnya ikan dan burung menjadi sahabat dan saling membantu.

Adapun amanat dari dongeng “Ikan dan Burung” adalah agar kita selalu mensyukuri dan menghargai apa yang telah kita miliki. Selain itu, untuk mencapai hal-hal yang sekiranya sulit untuk dilakukan sendiri, maka ada baiknya untuk mencari teman yang dapat saling membantu. Yang terakhir, ketika bersahabat saling menghargai dan membantulah satu sama lain.

Pelajari lebih lanjut Konflik yang dialami oleh tokoh utama dalam cerita “Puteri Alor” https://brainly.co.id/tugas/21431754 Tokoh dalam cerita “Bebek Selalu Hidup Rukun” https://brainly.co.id/tugas/22024843 Akhir dari sebuah konflik dalam cerita https://brainly.co.id/tugas/21849472

Detil Jawaban

Kelas : VIII

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Mendongeng

Kode : 8.1.3

Kata Kunci : Tokoh dan Penokohan, Dongeng “Ikan dan Burung”, Unsur Intrinsik Dongeng

8. Dongeng burung gagak dan burung pipit

burung itu cinta tapi burung itu sering pacaran
Kala pagi yang indah layaknya matahari memberikan energi nya untuk sintesa pepohonan yang berdiri gagah di humus lembab karya sang kuasa. Embun masih segar terlihat seperti anak sd yang bangun pagi dengan semangatnya ingin pergi kesekolah. Burung Gagak masih mengusap saliva nya yang menetes didedaunan sambil melihat kerumunan burung Pipit yang berkicau indahnya.
Sang surya terus beranjak ke ufuk barat layaknya jam normal yang terus berdetik tanpa hentinya. Seiring berjalannya waktu Gagak pun mengepakkan sayapnya lebar-lebar sambil mengamati salah satu burung Pipit yang ada diseberang pohon. Burung Gagak tidak terlihat beringas seperti biasanya, bahkan hanyut oleh salah satu burung Pipit tersebut,dan akhirnya menancaplah kaki burung Gagak di sarang burung Pipit.
Apa yang terjadi? Ya , keadaan kacau balau, burung-burung pipit tersebut berterbangan layaknya lomba layangan yang diadakan untuk memenangkan sebuah mobil sport.
Tetapi ada yang aneh,burung Pipit yang diincar oleh burung Gagak tersebut tidak
lari bahkan dia mendekati burung Gagak. Burung Gagak gede rasa seolah-olah kepalanya berubah menjadi buah durian. Setelah mendekat, burung Pipit berkata , “tidak usah mendekatiku, aku tau maksudmu , misalkan aku punya Handphone,aku tak akan membalas sms kamu,misalkan aku punya Facebook, aku tak akan membalas wall mu, misalkan kau punya Twitter,aku tak akan membalas tweet mu, misalkan aku mempunyai ym , aku tak akan membalas chatingmu ! “
Lantas Gagak sedikit kecewa dan bertanya “Mengapa ?”
Burung Pipit menjawab dengan simple “Aku tau kau akan mempersuntingku , tetapi percuma kita beda spesies, kau tak kan dapat bersatu denganku, memang kau tak mendapatkan pelajaran biologi ?”
Gagak diam dan terbang lalu terjatuh karena bulu-bulu seksi hitamnya rontok bagai manusia yang salah memakai shampo.

9. naon tema eta dongeng teh? kelas x

Jawaban:

aing macan

*dongengnya mana:v

10. siapakah tokoh dongeng yang di sampaikan guru .( ikan dan burung)​

Jawaban:

Ikan Dan Burung

(Maaf kalau salah)

Jawaban:

Ikan dan burung (sorry kalo salah)

11. Tematik tema 7 kelas 2 sdHalaman 3Siapakah yamg di ceritakan dalam dongeng tersebut​

−﴾Berikut jawaban + penjelasannya﴿−

Jawaban:

• Pertanyaan

[tex]\red{1. \: Siapakah \: yang \: diceritakan \: dalam \: dongeng \: tersebut?}[/tex]

[tex]\blue{2. \: Bagaimana \; kecerdikan \: tikus?}[/tex]

[tex]\pink{3. \: Mengapa \: ular \: dan \: tikus \: dapat \: hidup \: bersama?}[/tex]

• Jawaban

1. Dongeng diatas menceritakan tentang Ular dan Tikus.

2. Kecerdikan Tikus yaitu:

Sangat mudah curiga dengan setiap perubahan di lingkungannya.Memiliki indra penciuman yang tajam.Tikus merupakan hama yang lincah dan gesit.Tikus merupakan hewan sosial yang suka berkomunikasi satu sama lain.

3. Alasan Ular dan Tikus dapat hidup bersama adalah sebagai berikut:

Ular dan Tikus saling membutuhkan satu sama lain.

Semogamembantu

Maafkalausalah

12. Tuliskan tema serta pesan cerita dari dongeng Tiga Ekor Ikan tersebut!

Amanat / pesan : Apa yang baik bagi orang lain, belum tentu baik buat kita. Jadilah orang pintar agar tidak hanya mengikuti orang lain.

Semoga bermanfaat, jadikan jawaban terbaik ya! ☺

13. apa tema dari dongeng seekor anak Burung yang membalas budi jawab:​

Penjelasan:

Burung baik yg membalas budi

14. Bacalah penggalan dongeng “Ikan Emas Ingin Terbang”Burung Bangau berniat mewujudkan keinginan sahabatnya.burung Bangau mencari ranting,lalu mencengkeramnya.Burung Bangau: “Gigitlah ranting ini Sahabatku. Aku akan membawamu terbang.Ikan Emas : “Terima kasih, Sahabatku.” Kemudian, burung bangau membawa Ikan Emas terbang. Tulislah pesan yang terkandung dalam penggalan dongeng tersebut.​

Jawaban:

kita harus saling membantu teman

yang membutuhkan pertolongan

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalo ❌

15. contoh ringkasan dongeng fabel “ikan dan burung”plizz bantu kakak 🙂

Jawaban:

Di sebuah hutan hiduplah dua binatang yang saling bersahabat. Binatang itu adalah burung dan ikan. Keduanya sangat dekat dan selalu saling membantu. Kedekatan keduanya ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui suatu kejadian yang mengubah mereka. Waktu itu ikan sedang beristirahat di pinggiran sungai. Ia memandangi biji-bijian di pohon tepat di atasnya.

Kelihatannya biji-bijian itu enak dimakan kata ikan dalam hati.

Ia lalu berusaha meloncat setinggi-tingginya untuk mendapatkannya. Berkali-kali ia meloncat, namun tidak berhasil mencapai biji-bijian itu. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu. Saat sedang memandangi biji-bijian itu, perhatiannya teralihkan oleh seekor burung yang berterbangan ke sana-kemari.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku sayap untuk terbang agar aku bisa meraih biji-bijian itu?” Kata si ikan dalam hati.

Kita tinggalkan si ikan dan beralih ke burung. Setelah beterbangan, burung lalu hinggap di salah satu dahan pohon di pinggir sungai untuk beristirahat. Saat itu ia melihat ke air. Di dasar air sungai itu ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan.

“Kelihatannya cacing-cacing itu enak dimakan”. Kata burung dalam hati.

Ia lalu berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam dan menangkap cacing-cacing itu. Namun, ia tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang. Ia lalu hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Saat sedang memandangi cacing-cacing di dalam air, perhatiannya teralihkan pada ikan yang sedang berenang di dalam air.

“Tuhan, kenapa Engkau tidak memberiku ekor dan sirip untuk berenang agar aku bisa meraih cacing-cacing dalam air itu?” kata si burung dalam hati.

Akhirnya ikan dan burung saling tahu kesulitan masing-masing. Berkali-kali si ikan melihat burung menyelam ke air untuk mendapatkan cacing. Demikian pun si burung berkali-kali melihat ikan meloncat-loncat untuk mendapatkan biji-bijian. Lalu mereka berkenalan.

“Hei ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini?” kata burung.

“Benar, tapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbang mendapatkan biji-bijian itu.” jawab si ikan.

*Aku juga menginginkan cacing di dasar sungai, tapi aku idak punya sirip sepertimu sehingga tidak bisa mendapatkan cacing-cacing itu.” balas si burung.

“Gimana jika kau membantuku mengambil biji-bijian itu dan aku akan membantumu mendapatkan cacing-cacing di dasar sungai.” Ajak si ikan.

“Wow ide bagus, aku setuju.” Sahut si burung.

Akhirnya ikan dan burung menjadi sahabat dan saling membantu

16. apa tema dari dongeng seekor anak Burung yang membalas budi jawab:​

Jawaban:

mata pelajaran; bahasa indonesia

kls ;6

tema; Seekor Anak Burung yang Membalas Budi

Penjelasan:

Mereka menghabiskan waktu bersama dengan sangat bahagia dan saling menyanyangi. amanatnya : Seekor Anak Burung yang Membalas Budi adalah sayangi kedua orang tuamu dan sayangilah mereka. Ketika kita masih kiecil mereka yang merawat dan melindungi kita dengan penuh kasih sayang

semoga membantu.

nanti kasih bintang 5,follow,dan jadikan yg terbaikya.

17. apa tema dari dongeng burung kasuari yang sombong?​

Jawaban:

fabel

maaf kalau salah 🙂

Jawaban:

burung sombong ( FABEL)

Penjelasan:

Maaf kalau salah

swmoga membantu

18. Apa pesan dari dongeng tikus dan ular pada tema 7 bahasa indonesia kelas 2 sd?

Boleh fotoin soalnya dek?

19. Apa isi cerita dongeng kecerdikan menumbuhkan kebaikan tema 7 kelas 2 SD

Isi cerita dongeng Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan adalah tentang ular dan tikus pasir yang hidup di padang pasir. Ular ingin sekali memakan tikus, tetapi tikus berusaha mencari jalan agar tidak dimakan oleh ular. Hingga suatu hari, ketika ular akan memakannya, tikus berkata bahwa jika ular memakannya karena ular akan sendirian dan mati. Karena ular tidak akan mempunyai teman untuk mencari makan.

Pembahasan

Cerita dongeng Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan terdapat pada tema 7 kelas 2.

Yang dimaksud kecerdikan menumbuhkan kebaikan di sini adalah kecerdikan tikus dapat menyelamatkan dari ular. Tikus tidak hanya selamat saat itu juga, tetapi selamanya karena tikus dan ular menjadi sahabat dan hidup berdampingan.

Amanat dari cerita dongeng Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan adalah kita harus berpikir dengan cerdik dalam segala hal.

Pelajari lebih lanjut

Cerita singkat ular dan tikus pada dongeng Kecerdikan Menumbuhkan kebaikan dapat dilihat di brainly.co.id/tugas/14914979

Dongeng dengan tema kecerdikan membawa kebaikan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/14855491

Bagaimana kecerdikan tikus dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/27239131

——————————–

Detil jawaban

Kelas: II

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Kebersamaan (tema 7)

Kode: 2.1.7

#JadiRankingSatu

Video Terkait