Dalam Budidaya Tanaman Pangan Agar Tanah Tetap Terjaga Kelembabannya Diperlukan

  Edukasi
Dalam Budidaya Tanaman Pangan Agar Tanah Tetap Terjaga Kelembabannya Diperlukan

dalam budidaya tanaman pangan agar tanah tetap terjaga kelembabannya diperlukan

Daftar Isi

1. dalam budidaya tanaman pangan agar tanah tetap terjaga kelembabannya diperlukan

Apa yang diperlukan dalam budidaya tanaman pangan agar tanah tetap terjaga kelembabannya :

Kita memrlukan unsur senyawa alami yang dapat memberi Zat yg baik pada TanahPemilihan tempat jga sangt berpengaruh dalam membudidayakan tanamanKita harus memilih tempat yg cocok dgan jenis tanamanya.Pembahasan :

Kerajinan adalah bagian dari seni terapan, dan produksinya melibatkan keterampilan manual untuk membuat barang sehari-hari. Produksi pengrajin melayani tujuan fungsional (kemudahan penggunaan
) dan nilai estetika. Produk pengrajin tentu memiliki tujuan. Selain dekorasi dan utilitas, mereka memiliki tujuan lain. Indonesia memiliki beragam budaya yang harus di lestarikan.

Salah satu produk budaya adalah kerajinan tangan. Setiap daerah dengan budayanya yang berbeda membutuhkan kerajinan yang unik dan unik. Ini memberinya identitas unik yang membedakannya dari daerah dan budaya lain. Kerajinan ini juga didukung oleh sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, produk pengrajin dapat digunakan sebagai alat untuk mendukung perekonomian. Kita perlu memaksimalkan sektor industri kreatif dan menjadikannya sebagai sumber devisa  negara kita. Karena kerajinan tangan Indonesia juga diakui  dunia internasional.

Selama bisa menjaga kualitas dan kuantitasnya, kerajinan Indonesia akan terus diminati karena keunikan dan keunikannya. Ada kerajinan yang terbuat dari bahan lembut. Hasil Anda mungkin berbeda. Dilengkapi dengan berbagai fungsi. Baik sekedar hiasan atau perlengkapan fungsional lainnya. Contohnya adalah kerajinan yang dibuat dari tanah liat, kulit, serat alam, gips, lilin dan lain-lain.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang kerajinan dari tanah liat brainly.co.id/tugas/10714159Materi tentang penghargaan untuk pengrajin brainly.co.id/tugas/3923053Materi tentang fungsi kerajinan brainly.co.id/tugas/565937Detil jawaban

Kelas:  4

Mapel:  Seni Budaya

Bab:  Bab 7 Mengenal Karya Kerajinan Nusantara

Kode: 4.19.7

#TingkatkanPrestasimu#SPJ3

2. 12. Dalam budidaya tanaman pangan, agar tanah tetap lembab terjaga kelembapannya diperlukan ….​

Jawaban:

penyiraman

Penjelasan:

Penyiraman dilakukan untuk menjaga agar tanah tetap lembab.

Semoga membantuu

Jawaban:

Kita memrlukan unsur senyawa alami yang dapat memberi Zat yg baik pada Tanah,,,,Pemilihan tempat jga sangt berpengaruh dalam membudidayakan tanaman,,,Maka dari itu kita harus memilih tempat yg ccok dgan jenis tanamanya

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH

3. mengapa lahan budidaya tanaman pangan perlu di olah tanahnya​

Jawaban:

supaya hasil nya memuaskan atau banyak

maaf kalo salah

masih pemula

4. contoh penetapan harga produk budidaya tanaman pangan​

Jawaban:

BerandaKewirausahaanPerhitungan Biaya Budi Daya Tanaman Pangan | Metode Penetapan Harga Produk

Perhitungan Biaya Budi Daya Tanaman Pangan | Metode Penetapan Harga Produk

pintarilmuJuni 24, 2019

Suatu perencanaan dalam usaha, selalu dibutuhkan perencanaan bisnis yang baik agar usaha yang dijalankan bisa berhasil dengan baik. Dimulai dengan pencarian ide, penentuan jenis usaha, lokasi usaha, kapan memulai usaha, target pasar, sampai strategi pemasarannya. Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah masalah pengelolaan keuangan, termasuk di dalamnya perhitungan dari besaran biaya investasi dan operasional, sampai ketemu harga pokok produksinya, kemudian penentuan besaran margin sehingga bisa ditentukan berapa harga jualnya.

Perhitungan biaya produksi budi daya tanaman pangan pada dasarnya sama dengan perhitungan biaya suatu usaha pada umumnya. Biaya yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan penentuan harga pokok produksi, yaitu biaya investasi, biaya tetap (listrik, air, penyusutan alat, dll), serta biaya tidak tetap (bahan baku, tenaga kerja dan overhead). Biaya bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku, baik bahan baku utama, bahan tambahan maupun bahan kemasan.

Semua biaya tersebut adalah komponen yang akan menentukan harga pokok produksi suatu produk. Kuantitas produksi sangat memengaruhi harga pokok produksi, semakin besar kuantitasnya maka efesiensi akan semakin bisa ditekan, dan biaya yang dikeluarkan akan makin kecil.

Harga jual produk adalah sejumlah harga yang dibebankan kepada konsumen yang dihitung dari biaya produksi dan biaya lain di luar produksi seperti biaya distribusi dan promosi. Biaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjadinya produksi usahan, budi daya tanaman pangan. Unsur biaya produksi adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Secara umum, biaya overhead dibedakan atas biaya overhead tetap yaitu biaya overhead yang jumlahnya tidak berubah walaupun jumlah produksinya berubah dan biaya overhead variabel, yaitu biaya overhead yang jumlahnya berubah secara proporsional sesuai dengan perubahan jumlah produksi. Biaya yang termasuk ke dalam overhead adalah biaya listrik, bahan bakar minyak, dan biaya-biaya lain yang dikeluarkan untuk mendukung proses produksi. Jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan tersebut menjadi Harga Pokok Produksi (HPP).

Harga Pokok Produksi dihitung dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sejumlah produk. Penetapan Harja Jual Produk diawali dengan penetapan HPP/satuan dari setiap produksi yang dilakukan. HPP/unit adalah HPP dibagi dengan hasil produksi. Misalnya, pada satu kali produksi, seluruh biaya yang dikeluarkan adalah Rp5.000.000, dihasilkan 5.000 kg jagung. Maka ,HPP/kg jagung adalah Rp1.000,00

Harga jual ditentukan dengan beberapa pertimbangan, yaitu bahwa harga jual harus sesuai dengan pasar sasaran yang dituju, mempertimbangkan harga jual dari pesaing dan target pencapaian Break Even Point (BEP) serta jumlah keuntungan yang didapatkan sebagai bagian dari strategi pengembangan wirausaha.

5. usaha pengolahan tanah untuk membudidayakan tanaman pangan dinamakan

usaha pengolahan tanah untuk membudidayakan tanaman pangan dinamakan PERTANIAN

6. mengapa dalam budidaya tanaman pangan diperlukan tenaga kerja yang menguasai teknik budidaya komoditas pangan?​

Jawaban:

Karena bisa mempengaruhi hasil.

Penjelasan:

Bila tidak bisa menguasai teknik budidaya tanaman pangan, mungkin berakibat gagalnya produk tsb

Dan apabila sudah menguasai teknik budidaya tanaman pangan otomatis pasti tahu cara yang benar membuat produk tsb tidak gagal

7. Sebutkan pedoman budidaya tanaman pangan yang telah di tetapkan oleh pemerintah

Menetapkan:
PERATURAN MENTERI PERTANIAN TENTANG PEDOMAN BUDIDAYA BUAH DAN SAYUR YANG BAIK (GOOD AGRICULTURE PRACTICES FOR FRUIT AND VEGETABLES).

Pasal 1 : Pedoman Budidaya Buah dan Sayur Yang Baik (Good Agriculture Practices for Fruit and Vegetables) seperti tercantum pada Lampiran sebagai bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan ini.

Pasal 2 : Pedoman Budidaya Buah dan Sayur Yang Baik (Good Agriculture Practices for Fruit and Vegetables) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 sebagai acuan dalam pelaksanaan penerapan dan registrasi kebun atau lahan usaha dalam budidaya buah dan sayur yang baik.

Pasal 3 : Ketentuan mengenai tatacara penerapan dan registrasi kebun atau lahan usaha sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 lebih lanjut ditetapkan oleh Direktur Jenderal Hortikultura atas nama Menteri Pertanian.

Pasal 4 : Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pertanian ini, Peraturan Menteri Pertanian Nomor 61/Permenan/OT.160/11/2006 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
Pasal 5 : Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Semoga bermanfaat:)

8. penetapan produksi budidaya tanaman pangan berdasarkan apa jelaskan

Jenis usaha budidaya tanaman berdasarkan pada luas lahan dan/ atau tenaga kerja terdiri atas:
a.     Usaha dalam proses produksi;
b.     Usaha dalam penanganan pasca panen; dan
c.     Usaha keterpaduan butir a dan butir b.
Jenis usaha budidaya tanaman berdasarkan pada luas lahan dan/ atau tenaga kerja terdiri atas:
a.     Usaha dalam proses produksi;
b.     Usaha dalam penanganan pasca panen; dan
c.     Usaha keterpaduan butir a dan butir b.

Maaf gan kalu salah

9. Dalam perencanaan usaha budidaya tanaman pangan, perlu adanya lahan atau media tanam, media yang dapat digunakan untuk budidaya dilahan sempit adalah …

Jawaban:

1. Hydroponic

2. Teknik Tanam Intensif

3. Teknik Tanam Terasering

4. Teknik Tanam Tumpang Sari

5. Teknik Tanam Polybag

SEMOGA MEMBANTU

10. karakteristik fisik tanah yang dapat terjaga dengan adanya rotasi tanaman pada budidaya pertanian berkelanjutan adalah a tesktur tanah b struktur tanah c kelembaban tanah d permeabilitas tanah e berat jenis tanah

rotasi tanaman merupakan sebuah usaha menjaga kelestarian tanah dengan menanam tanah dengan berbagai jenis tumbuhan dalam saru musim.

Jawaban :

B.

Struktur

1. Tanah bagian paling atas yaitu tanahnya subur
2. Tanah pertengahan sedikit mengandung humus dan bebatuan
3. Terkandung bebatuan

jika tidak ada kegiatan tersebut

maka tanah paling atas tandus dan gersang

✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔✔

♻Okk♻

11. apakah budidaya tanaman pangan disekitarmu telah mengikuti standar budidaya yang ditetapkan​

Jawaban:

ya sudah.

Disini kami menggunakan pupuk organik dan kompos

tidak lagi menggunakan pestisida

12. sumber daya apa sajakah yang diperlukan dalam budidaya tanaman pangan​

Jawaban:

Man ( Manusia ) Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi. …

Money ( Uang ) Money atau uang adalah salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. …

Material ( Fisik ) …

Machine ( Teknologi ) …

Method ( Metode ) …

Market ( Pasar )

Penjelasan:

Semoga membantu ya kak:)

Jawaban:

Berikut adalah sumber daya yang akan dibutuhkan oleh seorang wirausahawan dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman pangan.

1.Manusia dalam hal ini adalah sebuah bentuk dari pendekatan ekonomi, dengan adanya sumber daya manusia yang akan menjadi faktor utama dalam produksi selain tanah, faktor, modal dan keterampilan.

2.Uang dalam hal ini menjadikan sebuah bentuk dari alat tukar maupun alat dari pengukuran sebuah nilai. Nilai besaran akan tergantung dari jumlah yang ada.

3.Material dalam hal ini perusahaan akan mendapatkan bahan mentah dengan cara menggunakan harga yang paling murah.

4.Mesin dalam hal ini benda yang akan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas.

5.Metode yang dilakukan untuk efisiensi pekerjaan dari usaha yang dilakukan.

6.Market yang dimana adalah adanya pelanggan yang membutuhkan produk dengan harga yang terjangkau.

Pembahasan

Wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha dengan cara yang sangatlah pandai serta memiliki bakat untuk melakukan pengenalan dari sebuah produk yang baru.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut1. Materi tentang sumber daya brainly.co.id/tugas/45266

Materi tentang sumber daya brainly.co.id/tugas/5014055

Materi tentang sumber daya brainly.co.id/tugas/13403362

Detil jawabanKelas: 10Mapel: EkonomiBab: Bab 1 – Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode: 10.12.1

#AyoBelajar

13. faktor apa saja yang perlu diterapkan dalam proses merancang budidaya tanaman pangan?

iklim, kesuburan tanah, saprodi, dll

14. jelaskan tujuan pengolahan tanah yang baik dalam proses budidaya tanaman pangan ​

Jawaban:

agar tanaman budidaya yg ditanam tumbuh dengan baik dan cepat panen untik para masyarakat

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas yaa….

#BelajarBersamaBrainly

15. Sebutkan pedoman budidaya yang baik untuk tanaman pangan yang sudah ditetapkan pemerintah!

menyirami dan memupuknya secara teratur

16. Tuliskan beberapa standar pemupukan yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman pangan​

Jawaban:

Standar pemupukan adalah sebagai berikut:

Tepat waktu

Tepat waktu artinya diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, stadia tumbuh tanaman, serta kondisi lapangan yang tepat.

Tepat dosis

Tepat dosis artinya jumlah yang diberikan sesuai dengan anjuran atau rekomendasi spesifik lokasi.

Tepat cara aplikasi

Tepat cara aplikasi artinya disesuaikan dengan jenis pupuk, tanaman dan kondisi lapangan.

Pemberian pupuk mengacu dari hasil analisis kesuburan tanah dan kebutuhan tanaman yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) setempat.

Penjelasan:

bukti penjelasan jawaban ada diatas gambar.

Pemupukan bertujuan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanah serta pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pemupukan dilakukan setelah benih ditanam. Pupuk dapat diberikan secara sekaligus pada saat tanam atau sebagian diberikan saat tanam dan sebagian lagi setelah beberapa minggu setelah tanam. Oleh karena itu, pemupukan harus dilakukan dengan tepat baik dari segi cara, dosis, jenis, dan waktu pengaplikasian.

Berikut ini adalah tata cara pemberian pupuk tanaman

Penyemprotan pupuk cair pada tajuk tanaman atau foliar sprays tidak boleh meninggalkan residu zat-zat kimia berbahaya pada saa
t tanaman dipanen.Mengutamakan penggunaan pupuk organik yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman seperti kondisi fisik tanah.Penggunaan pupuk tidak boleh menyebabkan terjadinya pencemaran air baku (waduk, telaga, empang, embung), atau air tanah dan sumber air.Tidak boleh menggunakan limbah kotoran manusia yang tidak melalui perlakuan khusus atau diolah.

17. jenis tanaman yang perlu dibudidayakan antara lain jenis tanaman sebagai obat bahan pangan atau sebagai​

pertama tanaman pangan yang bisa di budidayakan adalah tanaman serelia atau biji bijian.seperti padi, jagung dan kacang kacangan.

dan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sebagai obat adalah jahe,kumis kucing,sirih dll

Jagung. Kacang kacangan. Padi

18. Pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan merupakan industry dalam bidang

Pertanian ya kaka jadikan jawaban terbaikk

19. usaha pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan dinamakan?

bercocok tanam
semoga terbantupertanian atau perkebunan .
semoga terbantu .

Video Terkait