Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

  Edukasi
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

contoh teks laporan hasil observasi hewan

1. contoh teks laporan hasil observasi hewan

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah laporan yang dibuat dan berisi rangkaian  struktur tentang pengamatan hasil dari mengobservasi suatu objek tertentu.

                  Contoh teks laporan hasil observasi hewan

         

               Burung adalah mahluk mekanis dengan segala keindahannya, yang memiliki peranan penting dalam ekosistem, mereka membantu penyebaran dan menyuburkan tanaman, sehingga bumi menjadi hijau. Secara ilmiah burung digolongkan dalam hewan kelas aves yang terdapat sekitar belasan ribu spesies di seluruh dunia. Di Indonesia terdapat sedikitnya 1.500 jenis burung. Dari jumlah tersebut tidak sedikit yang terdaftar dalam kategori terancam punah (Critically endangered), salah satunya burung Jalak bali.

Kepunahan tersebut disebabkan oleh berbagai hal seperti populasi burung yang sedikit, tingkat perburuan liar yang semakin tinggi.Jalak Bali yang bernama latin Leucopsar rothschildi adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku sturnidae. Jalak bali turut dikenali sebagai Curik Ketimbang Jalak. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam.

Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa.Jalak Bali ditemukan pertama kali pada tahun 1910. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan menurut pakar hewan berkebangsaan inggris sebagai orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912.Saat ini populasi jalak bali lebih banyak yang hidup di penangkaran (sekira 1.000 ekor) daripada di
alam liar.

Hal ini tentu saja merupakan salah satu usaha mencegah kepunahan. Salah satu pusat penangkaran jalak bali didirikan sejak 1995, berada di kawasan Buleleng,bali Keberadaan hewan endemik yang dilindungi undang-undang ini juga termasuk jenis satwa dalam penangkaran di  sejumlah kebun binatang di seluruh dunia.Perlindungan hukum untuk menyelamatkan burung maskot Bali ini ditetapkan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 421/Kpts/Um/8/1970 tanggal 26 Agustus 1970. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, jalak bali ditetapkan sebagai satwa langka yang nyaris punah dan tidak boleh diperdagangkan kecuali hasil penangkaran dari generasi ketiga (indukan bukan dari alam).

Selain itu, kasus jalak bali juga tertuang dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999 dan ada dalam kententuan Undang-Undang No. 5 Tahun 1990. Ketentuan ini berisi perihal denda dan hukuman bagi mereka yang dengan sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi ini.

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah salah satu bentuk  laporan yang dibuat dan berisi beberapa rangkaian  struktur tentang pengamatan hasil dari mengobservasi suatu objek tertentu. Dalam mengobservasi, Seseorang memperhatikan sekeliling objek pengamatan untuk mendapatkan sebuah informasi yang berdasarkan fakta disana, dimana nantinya akan ditulis dengan menggunakan struktur laporan sebagai berikut.

Pelajari lebih LanjutMateri tentang Struktur teks hasil observasi dapat disimak pada link  brainly.co.id/tugas/11574729

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

2. contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan​

Jawaban:

yaitu tentang cara melindungi hewan, dan menjaga keamanan hewan

3. contoh teks laporan hasil observasi hewan angsa

angsa adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Angsa adalah hewan yang paling mudah dirawat . Makanan bebek sehari hari biasanya rumput,serangga,cacing dsb. Angsa banyak jenisnya diantara lain angsa bali, angsa mojosari,bebek tegal, bebek alabio,bebek peking dan masih banyak lagi.

Bebek biasa hidup di lingkungan yang berair,karena bebek pada umumnya suka berenang. Bebek mempunyai kaki yang berselaput yang berfungsi untuk berenang. Kaki tersebut berguna untuk membantu bebek dalam berenang. Kaki bebes tidak bisa merasakan dingin bahkan saat mereka berenang di es dikarenakan pada kaki bebek tidak terdapat sel sel saraf,serta pembuluh darah.  Kaki bebek pun berfungsi untuk mempermudah bebek berjalan diatas lumpur.

Ciri khas dari benel yang lainnya adalah bulu-bulu bebek kedap terhadap air. Hal ini dikarenakan pada permukaannya terdapat lapisan minyak yang diproduksi oleh sesuatu kelenjar yang terdapat pada bagian ekor bebek.minyak yang dihasilkan bebek disebarkan ke seluruh permukaan bulu bebek dan membuatnya menjadi tahan air. Pada bagian dalam, bulu-bulu bebek memiliki tekstur yang lembut serta dapat berfungsi menghangatkan tubuh bebek.

Bebek dirumah saya biasanya dilepas begitu saja tetapi setiap menjelang magrib dimasukan kekandang. Tujuan bebek dilepas begitu saja supaya bebek itu mencari makanan sendiri. Terkadang bebek juga diberi makan  PUR.   Kandang bebek biasa dibersihkan setiap selesai melakukan kerja bakti tiap bulannya secara rutin.

Kandang bebek terletak di depan rumah lebih tepatnya disebrang jalanan. Bebek itu dirawat oleh saya dan paman saya. Tujuan memelihara bebek selain untuk berternak ialah untuk membuat pupuk. Pada saat membersihkan kandang kotoran-kotoran bebek itu dikumpulkan untuk dijadikan pupuk. Telur-Telur bebek itu biasanya dijual dipasar atau dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus.

4. Dari teks Laporan Hasil Observasi..Buatlah contohnya dengan tema hewan??mMohon Bantuannya ya kk abg​

Jawaban:Pernyataan Umum:

Kucing  adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Kucing termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.  

Kucing bisa dikelompokan menjadi 2, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lainnya.

Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan:

Kucing rumahan bisa mencapai berat 16 kg, panjang 60 cm, dan tinggi  45 cm. Selain itu kucing mempunyai taring yang runcing dan cakar yang bisa ditarik serta dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan kucing sangatlah bagus.

Kucing jenis ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing mempunyai daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat

Penjelasan:

5. ^*Contoh Teks Laporan Hasil Observasi hewan Ayam

Ayam adalah unggas yang banyak dipelihara sebagian besar masyarakat Indonesia. Ayam dipelihara untuk dimanfaatkan daging atau telurnya. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Jumlah telur maksimal yang dihasilkan ayam adalah 4 buah, dan jumlah minimal telur yang dihasilkan ayam adalah 1 buah.
            Ayam memiliki jalu, bulu dan warnanya bervariasi, seperti : ada yang hitam, hitam kemerahan, coklat, dan lain-lain. Ayam memiliki sepasang kaki dan dikakinya terdapat jalu untuk mempertahankan diri dari pemangsa.
            Ayam terdiri dari dua macam, yaitu : ayam petarung dan ayam petelur. Ayam petarung adalah ayam yang biasa digunakan di permainan sabung. Ayam petelur adalah ayam yang diternakan untuk dimanfaatkan telurnya atau dagingnya

6. contoh teks laporan hasil observasi hewan kijang

Definisi umum :
Kijang atau muncak adalah kerabat rusa yang tergabung dalam genus Muntiacus. Kijang termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora)
Deskripsi bagian :
Kijang Jantan memiliki tanduk pendek yang dapat tumbuh bila patah. Kijamg telah ada sejak 15-35 juta tahun yang lalu.
Deskripsi manfaat :
Kijang juga mempuyai manfaat dintaranya,bisa dipelihara,bisa untuk ditonton atau dipelihatkan di kebun binatang dan lain-lain.Dan hewan ini sangat dilindungi  dikarnakan hewan ini sangat langka.

7. contoh teks laporan hasil observasi hewan monyet

Jawaban:

Contoh teks laporan hasil observasi tentang monyet adalah sebagai berikut.

Monyet

Monyet adalah salah satu hewan dari kelompok mamalia. Hewan ini kerap dikenal akan kemampuannya dalam memanjat pohon serta lengkingannya yang cukup kuat.

Monyet merupakan hewan yang dapat bergerak dengan kaki maupun kaki dan tangannya. Selain itu, monyet merupakan hewan dari kelompok mamalia sehingga berkembang biak dengan cara melahirkan. Dari segi pola makan, monyet tergolong hewan herbivora dengan sumber makanan utama berupa pisang.

Penjelasan:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks laporan yang menyajikan informasi dari pengamatan terhadap suatu obyek atau peristiwa. Informasi ini kemudian disajikan dalam bentuk paparan. Untuk mencapai hal ini, digunakan dua struktur yaitu pernyataan umum dan uraian.

Pe
lajari lebih lanjut tentang materi teks laporan hasil observasi pada

#BelajarBersamaBrainly

8. Tolong dibantu. Contoh wawancara tentang cara merawat hewan peliharaan (hewan bebas) dan jadikan teks laporan hasil observasi.

1.bagaimana cara merawat hewan peliharan dengan baik

9. contoh pemodelan teks laporan hasil observasi tentang hewan pelihara’an

kucing merupakan hewan peliharaan yang jinak. mempunyai kuku yang tajam, merupakan karnivora, hobi tidur dan jago dalam hal panjat memanjat. kucing memiliki bulu yang lembut namun di usia tuanya bulu tersebut mudah rontok. dsb…

10. contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan peliharaan burung lovebird?

Jumat, 5 Februari 2017 aku mengunjungi tempat pemeliharaan burung lovebird. Disana banyak sekali burung², burung burung itu memiliki sayap yang sangat cantik

11. contoh teks laporan hasil observasi hewan,seperti sebuah cerita

Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Pernyataan Umum:

Kucing adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Kucing termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.Kucing bisa dikelompokan menjadi 2, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lainnya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan:

Kucing rumahan bisa mencapai berat 16 kg, panjang 60 cm, dan tinggi 45 cm. Selain itu kucing mempunyai taring yang runcing dan cakar yang bisa ditarik serta dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan kucing sangatlah bagus.

Kucing jenis ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing mempunyai daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat.

Kucing yang sedang berkelahi akan menegakan rambut tubuhnya dan melengkungkan tubuhnya agar tampak lebih besar.

Serangan kucing umumnya berupa cakaran, gigitan, dan tamparan. Jantan yang aktif biasanya akan sering terlibat perkelahian.

Biasanya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan hewan ini bisa menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies karena gigitannya dan gangguan pernafasan diakibatkan bulunya.

12. buatlah contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan?

Kucing  adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Kucing termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.Kucing bisa dikelompokan menjadi 2, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lainnya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

13. contoh hasil wawancara dengan tema hewan peliharaan didalam nya memuat 3 unsur teks laporan hasil observasi?

1.definisi umum
2.deskripsi bagian
dan
3.deskripsi manfaat
Cmn itu 😀 smoga bermanfaat 😀
{}
Y : “Hewan yang saat ini aku pelihara adalah kucing” 
A : “Kira-kira,apa sih alasan kamu kenapa memelihara hewan yaitu kucing?” 
Y : “Awalnya alasanku memelihara hewan yaitu kucing sebenarnya hanya untuk mengusir kebosanan, tetapi lambat laun kucing yang aku pelihara ternyata juga dapat aku jadikan sebagai teman” 
I : “Dapat dijadikan sebagai teman?” 
Y : “Iya, menurutku kucing dapat dijadikan teman karena kucing bisa menghargai dan mencintai pemiliknya” 
A : “Oh begitu, terus kenapa kamu lebih memilih memelihara kucing dibandingkan dengan hewan lainnya?” 
Y : “Karena hampir tidak ada orang yang takut pada kucing dan pastinya juga karena menurutku  kucing merupakan hewan yang imut dan manis”

14. Contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan bebek

Contoh laporan teks observasi

Bebek adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Bebek adalah hewan yang paling mudah dirawat . Makanan bebek sehari hari biasanya rumput,serangga,cacing dsb. Bebek banyak jenisnya diantara lain bebek bali, bebek mojosari,bebek tegal, bebek alabio,bebek peking dan masih banyak lagi.

Bebek biasa hidup di lingkungan yang berair,karena bebek pada umumnya suka berenang. Bebek mempunyai kaki yang berselaput yang berfungsi untuk berenang. Kaki tersebut berguna untuk membantu bebek dalam berenang. Kaki bebes tidak bisa merasakan dingin bahkan saat mereka berenang di es dikarenakan pada kaki bebek tidak terdapat sel sel saraf,serta pembuluh darah.  Kaki bebek pun berfungsi untuk mempermudah bebek berjalan diatas lumpur.

Ciri khas dari benel yang lainnya adalah bulu-bulu bebek kedap terhadap air. Hal ini dikarenakan pada permukaannya terdapat lapisan minyak yang diproduksi oleh sesuatu kelenjar yang terdapat pada bagian ekor bebek.minyak yang dihasilkan bebek disebarkan ke seluruh permukaan bulu bebek dan membuatnya menjadi tahan air. Pada bagian dalam, bulu-bulu bebek memiliki tekstur yang lembut serta dapat berfungsi menghangatkan tubuh bebek.

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif dan objektif. Artinya, isi tekstual laporan visual harus memberikan  informasi yang mudah dipahami  pembaca. Sedangkan menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kita yaitu dengan cara menulis sumber yang kita pelajari dan temukan. Dan tentu saja sumber tersebut sudah valid dan terverifikasi.

Fungsi dari teks laporan:

Sebagai dokumen penelitian.Sebagai sumber terpercaya.Sebagai laporan tugas dan kegiatan yang dapat diamati.Sebagai dokumentasi.Sebagai ilmu pengetahuan.Menjelaskan dasar pengambilan kebijakan, pengambilan keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam observasi.Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang contoh teks laporan yaitu pada link brainly.co.id/tugas/3208401Materi penjelasan tentang teks laporan yaitu pada link brainly.co.id/tugas/321508Materi penjelasan tentang cara teks membuat laporan yaitu pada link brainly.co.id/tugas/11322603Detail Jawaban

Kelas     : VII

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Bab 4 – Laporan

Kode      : 7.1.4

#AyoBelajar

#SPJ2

15. contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan peliharaan burung lovebird?

Ditanya tanya oleh beberapa orang??
mengapa dinamakan lovebird
ya karena suaranya yang indah menjadi beverapa orang jatuh cinta pada satu burung ini
lovebird ada beberapa kelebihan :
1. suaranya yang merdu
2. badannya yang lucu
3. kelincahan lovebird

16. contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan peliharaan

hewan peliharaan disebut dengan pets ialah jenis-jenis hewan yang jinak sehingga dapat kita pelihara dan disayang. Saat ini banyak toko hewan peliharaak menjual berbagai jenis hewan peliharaan, ka
ndang,hewan peliharaan adalah hewat yg di rawat oleh manusia yg dimana hewan itu akan menjadi jinak dan selalu terawat kebersihan kesehatanya juga yang dimiliki oleh hanya 1orang dan hewan itupun akan sngt akrab sekali dengan pemiliknya atau6 majikanya contohnya gogog.gogog dalah hewan yg setia kpd majikanya

17. contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan pemeliharaan

contohnya hewean kucing, kucing saya memiliki warna bulu putih, kuning agak kecoklatan. mempunyai kumis bewarna putih matanya yg bulat mempunyai ekor yg pendek dan memiliki suara khas iya itu “meong” kucing say suka sekali dielus” dikepalanya. dan makan kesukaannya adalah ikan

18. contoh teks laporan hasil observasi hewan monyet​

Jawaban:

jaga kesehatan monyet kasih pisang

19. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi hewan Ayam

ayam memiliki paruh tajam untuk memudahkan mencari makan,ayam termasuk hewan omnivora,ayam bercakar membantu memudahkan mencari makanan,ayam berkembang biak dengan dengan bertelur

Video Terkait