Contoh Soal Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

  Edukasi
Contoh Soal Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

pengaruh kemajuan iptek terhadap negara kesatuan republik indonesia

Daftar Isi

1. pengaruh kemajuan iptek terhadap negara kesatuan republik indonesia

Jawaban:

Kemajuan iptek, menjadikan nilai-nilai seperti keterbukaan, kebebasan dan demokrasi berpengaruh kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia. Dengan adanya keterbukaan, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa.Mempercepat dan mempermudah proses informasi dan distribusi dalam kegiatan ekonomi. Menambah efektifitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat. Peningkatan di bidang produksi. Menambah pengetahuan dan wawasan.

Penjelasan:

semoga membantu

2. Rangkuman tentang pengaruh kemajuan iptek terhadap negara kesatuan republik Indonesia

Jawaban:

bidang politik

Penjelasan:

maaf kalo salah

3. Sebutkan pengaruh kemajuan iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

pengaruh negatif
anak anak jaman sekarang sudah bergantungan pada teknologi.contohnya hp jika ada yang mau mengerjakan tugas pasti di cari di google tdk berfikir sendiri makanya banyak anak jaman sekarang yg bodoh.dpt melihat film forno.sekiandampak positif.
a. memberikan berbagai kemudahan (komunikasi, transportasi, dll)
b. mempermudah meluasnya informasi.
c. bertambahnya pengetahuan tentang berbagai ilmu.

dampak negatif.
a. mempengaruhi cara/pola berpikir.
b. menimbulkan berbagai kerusakan.
c. hilangnya budaya tradisional.

4. PPKN kelas 12 SMA Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.Jawab ya no.1 jangan asal!Baca soalnya yang teliti dan cari di internet ya!

Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Politik
Politik adalah kegiatan pengambilan keputusan kolektif untuk kepentingan bersama. Ditinjau dari makhluk sosial, jelaslah bahwa politik merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Dari sebuah keluarga kecil, keanggotaan kelas, hingga negara adalah sebuah kegiatan politik.Politik memerlukan keterampilan berkomunikasi agar tujuan utama dari hal yang sudah ditetapkan bersama dapat tercapai. Kegiatan komunikasi yang konvensional tidak gampang dan tidak efisien untuk dilakukan, apalagi jika kegiatan politik itu adalah sebuah negara yang mengurus ratusan juta penduduk dan harus disampaikan dengan cermat. Dari sinilah teknologi informasi digunakan untuk membantu menyatukan kegiatan politik.

Teknologi Informasi Politik

Untuk mencapai tujuan maka kegiatan politik memerlukan interaksi. Interaksi utama sebagai manusia modern adalah komunikasi. Dengan adanya teknologi informasi maka kegiatan komunikasi akan lebih mudah, cepat, dan efisien. Hal ini tentu akan memberi kontribusi besar bagi kegiatan politik.

Sayangnya di hingga saat ini kegiatan politik seringkali terbentur masalah untuk berhubungan seperti jauhnya jarak antara yang satu dengan yang lainnya, hingga kegiatan pengarsipan yang kacau dan rumit hingga perkembangan cita-cita suatu golongan terganggu akibat tercecernya sumber evaluasi. Padahal hakikat dari politik adalah hubungan antar manusia dengan kekuatan otoritas untuk mendapatkan satu tujuan, namun jika hubungan itu tidak dapat dilaksanakan maka sia-sia lah kegiatan politik tersebut.

Kegiatan politik identik dengan kegiatan kenegaraan yang ruwet dan tidak menyenangkan. Padahal, tanpa adanya politik maka sistem negara tidak bisa berjalan. Demokrasi tidak berkumandang. Suara rakyat tidak dapat direalisasikan. Generalisasi pandangan terhadap politik ini diakibatkan ketidaknyamanannya bagi masyarakat yang awam terhadap politik. Bagi

Anggota MPR menggunakan budayanya dan pandangannya sendiri dalam menghadapi masalah. Mayoritas masyarakat menggunakan pandangan awam untuk berpendapat. Dikarenakan tidak sinkronnya dalam menyampaikan pendapat antara wakil rakyat dengan rakyat menyebabkan pendapat yang diajukan wakil rakyat berbeda dengan yang diinginkan sesungguhnya.

Kacaunya sistem dan masih primitifnya kegiatan politik di era modern ini menjadikan kegiatan pembangunan menjadi terpuruk. Komunikasi yang terkesan satu arah membingungkan masyarakat untuk ikut berkontribusi kepada pemerintah. Padahal dituangkan di konstitusi bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat, namun dalam realisasinya minim. Bila tidak ditindaklanjuti maka rakyat dapat menjadi pasif dan sistem demokrasi tidak berjalan.

Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum yang konsep tersebut telah muncul di beberapa negara maju. Selain itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislatif pemerintah melalui e-mail atau forum elektronik melalui web yang dibangun pemerintah setempat

Dari pandangan tersebut maka masyarakat akan meminta kejelasan informasi, transparansi, kebebasan berpendapat, dan pengajuan saran. Hal ini merupakan pilar demokrasi yang utama. Permintaan masyarakat ini perlu difasilitasi dengan jejaring sosial yang luas antara masyarakat ke masyarakat dan masyarakat ke pejabat tinggi.

Teknologi informasi memberikan fasilitas jaringan sosial yang luas bagi kegiatan komunikasi antar pejabat negara dan masyarakat. Sebagai contoh realisasi kini sudah banyak negara-negara maju yang memulai penerapan kegiatan politik yang menggunakan teknologi informasi secara penuh untuk menghubungi antar departemen dan pemerintahan. Kegiatan ini disebut sebagai e-government. Bahkan seperti di negara Amerika presidennya berpidato seminggu sekali dan menjawab pertanyaan khusus dari dan kepada rakyatnya menggunakan aplikasi yang ada di internet.

5. 5 contoh pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan RI

1. lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yg akurat di bumi bagian manapun melalu internet
2. sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan
3. pertumbuhan ekonomi semakin tinggi contohnya bayaknya penduduk indonesia yg membuka ollshop untuk menambah penghasilan atw sebagai sumber penghasilan
4. dapat berkomunikasi jarak jauh dengan melalui aplikasi-aplikasi chat 
5. meningkat hubungan diplomatik antarnegara

6. Jelaskan pengaruh kemajuan iptek terhad
ap negara kesatuan republik indonesia!

Perkembangan teknologi sudah merasuki budaya kita,yang tadinya masyrakat kita yang di kenal sebagai masyrakat yang ramah tamah,senang,ngobrol,ngumpul bareng,nongkrong, gotong royong,basa basi,dll,kini mendadak berubah setelah mengenal jejaring sosial seperti,facebook,twiter dan lainya,dengan kemudahan handphone smartphone,membuat lingkungan menjadi apatis,atau acuh tak acuh,dengan lingkungan nyatanya,mereka lebih senang bercerita dan berani mengeluh di dunia maya di banding nyatanya,namu apapun itu pasti memiliki nilai positifnya,sekarang dalam kehidupan manusia,baik secara di sadari ataupun tidak disadari, manusia selalu berkomunikasi dengan hal-hal berikut (dirinya sendiri, orang lain,Tuhan,hewan dan alam semesta)zaman sekarang masyarakat tidak perlu lagi “ngumpul” untuk sekedar mengobrol atau bertukar cerita.Melalui perkembangan teknologi,kegiatan komunikasi tetap bisa dilakukan dalam jarak sejauh apapun.Kita dapat mengobrol dan berkomunikasi dengan teman di luar kota atau luar negeri melalui telepon dan ponsel Selain itu,kita juga bisa melakukannya melalui messenger atau chatboard di internet.Canggihnya lagi, kita juga bisa bertatap muka dan seakan-akan berbicara langsung dengan orang di luar sana melalui Skype,Semakin maraknya situs jejaring sosial di internet juga mempengaruhi kehidupan sosial,kebiasaan,dan budaya masyarakat.

7. Tidak ada satu pun negara bangsa di dunia ini yang bisa lepas dari pengaruh kemajuan iptek, meskipun negara tersebut dikenal sebagai negara adidaya atau negara maju, tetap saja tidak bisa melepaskan diri dari kemajuan iptek. Bagi Indonesia sebagai negara berkembang, akan sangat sulit untuk mengelak dari pengaruh atau implikasi kemajuan iptek, akan tetapi Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mempunyai sikap yang tegas terhadap kemajuan iptek ini. Sikap yang tepat dalam menghadapi implikasi kemajuan iptek adalah …. (4 Poin) a. bersikap selektif terhadap pengaruh tersebut, yaitu kita mengambil hal-hal positif dari kemajuan iptek dan membuang hal- hal negatifnya b. menerima sepenuhnya pengaruh tersebut tanpa disaring terlebih dahulu c. menerima semua ilmu pengetahuan dan teknologi yang datangnya dari negara maju d. menolak semua iptek yang datangnya dari negara lain e. menolak dengan tegas semua pengaruh kemajuan iptek dalam semua aspek kehidupan

Dalam menghadapi dampak dari adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sikap yang tepat adalah (A) bersikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK tersebut dengan mengambil hal-hal positifnya dan menolak hal-hal negatifnya.

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena pada dasarnya kemajuan IPTEK adalah hal yang positif dan bisa meningkatkan kualitas dari kehidupan manusia. Maka dari itu, kita harus bisa bersikap selektif akan adanya hal tersebut agar kita bisa memaksimalkan manfaat dari adanya kemajuan IPTEK tanpa terpengaruh oleh dampak negatif yang dibawa oleh kemajuan IPTEK.

Berikut adalah beberapa sikap selektif yang bisa diterapkan dalam menyikapi kemajuan IPTEK:

Mengonfirmasi ulang segala informasi yang kita dapatkan di internet dengan cara menanyakan kepada pihak yang lebih mengerti.Menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam tingkah laku sehari-hari.Menolak segala hal yang bertentangan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di Indonesia.

Pilihan (B), (C), (D), dan (E) salah karena:

Pilihan (B): menerima sepenuhnya pengaruh dari kemajuan IPTEK tanpa disaring bisa membuat kita mendapatkan dampak negatif dari kemajuan IPTEK. Dampak negatif dari kemajuan IPTEK ini bisa berupa perilaku yang bertentangan dengan nilai dan norma sosial, seperti vandalisme.Pilihan (C): sama seperti pilihan sebelumnya, dengan menerima seluruh kemajuan IPTEK dari negara maju kita bisa mendapatkan budaya-budaya dari negara maju tersebut yang pada dasarnya bertentangan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di Indonesia. Selain itu, ada beberapa budaya dari negara maju yang bisa bertentangan dengan nilai dan norma sosial yang ada di Indonesia, contohnya adalah mabuk-mabukan.Pilihan (D): dengan menolak seluruh kemajuan IPTEK kita akan menjadi tertinggal dan juga tidak relevan dengan kemajuan dan juga perubahan zaman yang sedang terjadi.Pilihan (E): sama seperti pilihan sebelumnya, kita tidak bisa menolak seluruh pengaruh kemajuan IPTEK karena akan membuat kita tidak relevan dengan perkembangan zaman.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang dampak positif dan dampak negatif dari kemajuan IPTEK

https://brainly.co.id/tugas/10887222

Materi tentang perkembangan IPTEK di zaman modern

https://brainly.co.id/tugas/26756569

Materi tentang tantangan Pancasila terhadap kemajuan IPTEK

https://brainly.co.id/tugas/26165663

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: 3 – Dampak Globalisasi dalam Kehidupan

Kode: 9.9.3

#AyoBelajar 

8. 4 Tidak ada satu pun negara bangsa di dunia ini yang bisa lepas dari pengaruh kemajuan iptek, meskipun negara tersebut dikenal sebagai negara adidaya atau negara maju, tetap saja tidak bisa melepaskan diri dari kemajuan iptek. Bagi Indonesia sebagai negara berkembang, akan sangat sulit untuk mengelak dari pengaruh atau implikasi kemajuan iptek, akan tetapi Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mempunyai sikap yang tegas terhadap kemajuan iptek ini. Sikap yang tepat dalam menghadapi implikasi kemajuan iptek adalah

Jawaban:

yang tepat dalam

menghadapi implikasi kemajuan iptek adalah

Tetap rasionalMembatasi diri dari kemajuan IPTEKt etap memahami nilai budaya yang ada

Penjelasan:

IPTEK ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi adalah bagian dari globalisasi

9. PPKN kelas 12 SMA Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.Jawab ya no.1 essay!Baca soalnya yang teliti dan cari di internet ya!

1.berinternet dengan sehat.
2 tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian karna dapat memicu kejahatan.
3.tidak menggunakan iptek untuk hal kejahatan.
4.memblokir situs2yg bersifat negatif.
5.menggunakan iptek dengan bijaksana.. 1. Menggunakan internet dengan baik
2. Selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan
3. Tidak menyebar berita yang belum tentu benar ( Hoax )
4. Tidak melakukan pem-bully-an terhadap seseorang di medsos
5. Tidak memprovokasi pihak tertentu.

10. 5 contoh pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan RI

masyarakat menjadi tahu makanan khas megara lain,
bisa bekomunikasi jarak jauh,
masyarakat bisa mencari informasi di inTTernet,
masyarakat bisa berpergi memakai sarana transportasi peaawat,
dan ….

11. Apakah pengaruh dari negara lain untuk kemajuan iptek negara Indonesia​

Jawaban:

ya

Penjelasan:

karana tampa bantuan (pengaruh) dari Negara lain Indonesia ga bakalan maju

12. Sebutkan pengaruh positif dan negatif kemajuan iptek terhadap negara kesatuan Republik Indonesia dalam bidang sosial dan budaya

positif:Kemajuan teknolongi semakin pesat

negatif:seseorang yg trs menerus bergaul dngn komputer cenderung menjadi seseorang yg individualis

13. 2 Apa saja Pengaruh positif Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan RepublikIndonesia​

membuat nilai-nilai seperti kebebasan demokrasi dan keterbukaan berpengaruh terhadap kemajuan pikiran dan partisipasi bangsa Indonesia. Nilai-nilai ini akan menjadi alat kontrol yang baik bagi keberlangsungan pemerintah yang bersih, jujur, adil, dan mampu menerima aspirasi dari masyarakat secara baik

14. 5 contoh pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan RI

1.peranan pemerintah
2.sumber daya manusia yang berkualitas
3.pengaruh dari negara lain atau negara maju
4.arus globalisasi

15. soal pilihan ganda beserta jawabannya tentang pengaruh kemajuan iptek terhadap negara kesatuan Republik Indonesia ​

Jawaban:

maaf dek gua gatau, sorry bgt

16. Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap kesatuan Republik Indonesia. Analisis pengaruh positif dan negatif IPTEK bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam berbagai aspek baik : aspek politik, ekonomi, sosial budaya, hukum pertahanan dan keamanan.​

Jawaban:

dapat membuat negara se Asean menjadi maju

17. Sebutkan 3 pengaruh negatif kemajuan iptek terhadap negara kesatuan republik indonesia

Jawaban:

– budaya asli indonesia semakin tertinggalkan

– masuknya budaya asing yang buruk

– berpotensi munculnya ideologi baru yang berasal dari negara asing.

Penjelasan:

Karena kemajuan iptek akan mempermudah mobilitas dan masuknya negara dan budaya asing ke dalam negeri, sehingga pengaruh positif maupun negatif akan dirasakan oleh masyarakat indonesia.

✘ Pengaruh negatif kemajuan iptek terhadap negara kesatuan republik indonesia, yaitu:

1. Adanya perubahan tata nilai kehidupan dalam masyarakat Indonesia, seperti cara orang bekerja, gaya hidup dan tata nilai masyarakat.

2. Meningkatnya sifat konsumtif membuat masyarakat Indonesia mempunyai sikap pemborosan yang tidak sesuai dengan Pancasila.

3. Semakin canggih teknologi, semakin sedikit pula lowongan yang akan diterima di Indonesia.

4. Penyalahgunaan teknologi membuat tindak kriminal di Indonesia semakin bervariasi.

18. PPKN kelas 12 SMA Pengaruh Kemajuan IPTEK Terjadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.Jawab ya no.3 essay!Baca soalnya yang teliti dan cari di internet ya!

Peran Pancasila Dalam Iptek”
Kini ilmu pengetahuan bersama anaknya, IPTEK, dengan temuan-temuannya melaju pesat, mendasar, spektakuler. Iptek tidak lagi hanya sebagai sarana kehidupan tetapi sekaligus sebagai kebutuhan kehidupan manusia. Bersamaan dengan itu iptek telah menyentuh seluruh segi dan sendi kehidupan, dan akan merombak budaya manusia secara intensif , yg berakibat terjadinya perbenturan tata nilai dalam aspek kehidupan.
Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek) pada hakikatnya merupakan suatu hasil kreativitas rohani manusia. Unsur rohani (jiwa) manusia meliputi aspek akal, rasa, dan kehendak. Akal merupakan potensi rohaniah manusia dalam hubungannya dengan intelektualitas, rasa dalam bidang estetis, dan kehendak dalam bidang moral (etika). Tujuan yang esensial dari Iptek adalah demi kesejahteraan umat manusia, sehingga Iptek pada hakekatnya tidak bebas nilai namun terikat oleh nilai pancasila. Pengembangan Iptek sebagai hasil budaya manusia harus didasarkan pada moral Ketuhanan dan Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila-sila pancasila yang harus menjadi sistem etika dalam pengembangan IPTEK yaitu:
· Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, mengkomplementasikan ilmu pengetahuan, mencipta, keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal, rasa dan kehendak. Berdasarkan sila ini Iptek tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan, dibuktikan dan diciptakan tetapi juga dipertimbangkan maksud dan akibatnya apakah merugikan manusia dengan sekitarnya.

· Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan Iptek harus bersifat beradab. Artinya Iptek adalah sebagai hasil budaya manusia yang beradab dan bermoral.

· Sila Persatuan Indonesia, mengkomplementasikan universalia dan internasionalisme (kemanusiaan) dalam sila-sila yang lain. Pengembangan Iptek hendaknya dapat mengembangkan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa serta keluhuran bangsa sebagai bagian dari umat manusia di dunia.

· Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, mendasari pengembangan Iptek secara demokratis. Artinya setiap ilmuwan harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan Iptek juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan harus memiliki sikap yang terbuka untuk dikritik, dikaji ulang maupun dibandingkan dengan penemuan ilmuwan lainnya.

· Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengkomplementasikan pengembangan Iptek haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara serta manusia dengan alam lingkungannya.

19. 5 contoh pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan RI

-membuat negara menjadi lebih maju.
-membuat segala sesuatu lebih cepat mudah.
-memperlias sarana informasi dan transportasi.
-mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi rakyat.
-menambah wawasan pengetahuan anak bangsa.

Video Terkait