Contoh Poster Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

  Edukasi
Contoh Poster Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda

1. Contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda

contoh iklan layanan masyarakat tentang menggalakkan budaya sunda:

Hayu Urang sami-sami
NGAMUMULE

Budaya Sunda

2. Contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa sunda

Isi dari iklan layanan masyarakat biasanya berupa kalimat ajakan. Hal ini berbeda dengan wawaran dalam bahasa Sunda. Isi dari wawaran dalam bahasa Sunda, biasanya berupa kalimat perintah, kalimat larangan atau kalimat ajakan.

Isi dari wawaran adalah misalnya seperti kalimat perintah untuk selalu menutup pintu di ruang yang ber-AC, kalimat larangan membuang sampah, atau kalimat ajakan untuk selalu menjaga kebersihan. Sedangkan isi dari iklan layanan masyarakat biasanya hanya merupakan kalimat ajakan saja.

Dalam hal penempatannya, iklan layanan masyarakat juga berbeda dengan wawaran. Wawaran biasanya ditempatkan di tempat umum yang ada hubungannya dengan isi wawaran tersebut, misalnya di sekolah, di mesjid, di bandara, di rumah sakit, di mall, dan sebagainya. Sedangkan iklan layanan masyarakat tidak perlu ditempatkan di tempat yang ada hubungannya dengan isi dari iklan layanan masyarakat tersebut.

Iklan layanan masyarakat dapat ditempatkan di mana saja di tempat umum, yang penting di tempat yang strategis atau di tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat. Di bawah ini adalah contoh dari iklan layanan masyarakat dalam bahasa Sunda :

1. Peupeujeuh ka sakumna pamuda-pamudi, urang kudu ati-ati, ulah nepi ka kajiret ku narkoba!.

2. Hayu urang patuh dina mayar pajak pikeun kamajuan bangsa jeung nagara urang sarerea!.

3. Mangga ulah asa-asa, enggal pariksakeun kasehatan salira di Puskesmas anu tos disadiakeun, gratis, kanggo urang saday
ana!.    

3. contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda?

kanggo kamaslahatan sadayana hayu urang kerjabakti di padusunan urang

4. Buat satu contoh iklan layanan masyarakat menggunakan bahasa sunda

Jawaban:

Iklan layanan masyarakat agar menjauhi narkoba

“Dunya karasa éndah tanpa Narkoba.

“Selametkeun keluargi tina bahaya narkoba.”

“Ulah jadikeun narkoba jadi pelarian.”

“Jauhkeun Narkoba, Jadikeun Bangsa Sinareng Nagara Aman tur tentrem salawasna”

“Narkoba ngan ukur ngaruksak mangsa harep salira, ulah daék nyoba-nyoba!”

“Narkoba bisa ngajauhkeun urang ti jalmi-jalmi nu mikanyaah urang.”

Dari beberapa iklan tersebut, dapat dilihat bahwa iklan tersebut ditujukan pada lapisan masyarakat dan untuk mencegah trjadinya penyalahgunaan narkoba.

itu menurut ku agak mudah

5. membuat contoh iklan layanan masyarakat dengan bahasa Sunda tentang “virus Corona”​

Jawaban:

C’mon, AND ANU AKAN HENTE WASH AND DONTOS DAPAT KUMUTAN TANPA, KONTAK DENGAN LAIN, DAPATKEUN SUKA PENTEWANG, DENGAN, KAMI DAPAT BUKA DARI AMIN CORONA

6. contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda bahaya narkoba

boh sakeclak boh sasendok haram hukum naraka bageana (arak) narkoba

7. conto iklan layanan masyarakat dina televisi(contohnya dalam bahasa sunda)​

Jawaban:

contohiklanlayananmasyarakatbahasaSunda

tentangmembuangsampahsembarangan.poekieumasihkenehmiceunruntahkawalungan?aduhulahatuhkang!manggasami-samimiarakaendahansartakarapihanlingkungankalawanhenteumiceunruntahdiwalungan!

Penjelasan:

maafyahkalaujawabanakusalah

8. iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Selain iklan layanan masyarakat, terdapat bentuk tulisan yang mirip dengan iklan layanan masyarakat, yaitu yang dalam bahasa Sunda dikenal dengan istilah wawaran. Wawaran isinya mirip seperti iklan layanan masarakat. Kadang-kadang pegertian wawaran tertukar dengan iklan layanan masyarakat.

Iklan layanan masayarakat dan wawaran, perbedaannya dapat dilihat dari isinya. Isi dari wawaran biasanya berupa kalimat ajakan, kalimat perintah, atau kalimat larangan. Sedangkan di dalam iklan layanan masyarakat isinya biasanya berupa kalimat ajakan.

Isi dari wawaran, contohnya seperti kalimat ajakan untuk selalu menjaga kebersihan, atau kalimat perintah untuk selalu menutup pintu di ruang yang ber-AC, atau kalimat larangan membuang sampah. Sedangkan di dalam iklan layanan masyarakat, isinya biasanya hanya merupakan kalimat ajakan saja, seperti ajakan untuk menjauhi narkoba, dan sebagainya.

Mengenai penempatannya, wawaran juga berbeda dengan iklan layanan masyarakat. Wawaran biasanya ditempatkan di tempat umum yang memiliki hubungan dengan isi dari wawaran tersebut, misalnya di sekolah, di bandara, di mesjid, di rumah sakit, di mall, dan sebagainya. Sedangkan untuk iklan layanan masyarakat, tidak perlu selalu ditempatkan di tempat yang memiliki hubungan dengan isi dari iklan layanan masyarakat tersebut.

Iklan layanan masyarakat penempatannya dapat dilakukan di mana saja, yang penting di tempat umum yang strategis atau di tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat dari berbagai sudut pandang, dalam bahasa Sunda disebut di tempat yang “negrak”. Di bawah ini adalah contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa Sunda :

1. Pikeun sakumna pamuda-pamudi, kudu ati-ati, peupeujeuh ulah nepi ka kajiret ku narkoba!.

2. Keur kamajuan bangsa sarta nagara urang sarerea, hayu urang ulah poho mayar pajak !.

3. Hayu urang pariksakeun kasehatan urang di Puskesmas anu tos disadiakeun gratis, kanggo urang sadayana!. 

9. Berikan contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda tentang jauhi narkoba.

Jawaban:

boh sakeclak boh sasendok haram hukum neraka bageana (arak) narkoba

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH

10. Contoh wawaran dan iklan layanan masyarakat dengan bentuk tulisandalam bahasa sunda

Wawaran adalah tulisan yang berisi kalimat larangan, kalimat perintah dan kalimat ajakan. Seperti larangan untuk parkir di depan pintu pagar kantor atau sekolah. Wawaran biasa ditempel di tempat-tempat umum seperti di mesjid, sekolah, rumah sakit, mall atau bandara. Wawaran biasanya ditempel atau ditempatkan di tempat yang ada hubungannya dengan isi wawaran tersebut.

Iklan layanan masyarakat adalah tulisan, yang juga bisa dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi,  yang berisi kalimat ajakan, seperti ajakan untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk orang yang membaca iklan layanan masyarakat tersebut atau masyarakat pada umumnya. Iklan layanan masyarakat biasa dibuat oleh instansi atau organisasi yang mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk kepentingan masyarakat umum.

Iklan layanan masyarakat biasa ditempatkan di tempat umum yang strategis yaitu di taempat umum yang mudah terlihat dari berbagai arah. Iklan layanan masyarakat tidak perlu ditempatkan di tempat yang ada hubungannya dengan isi iklan layanan masyarakat tersebut, tidak seperti wawaran, tetapi yang penting ditempatkan di tempat umum yang strategis yang mudah terlihat dari berbagai arah.

Di bawah ini adalah contoh tulisan wawaran dan iklan layanan masyarakat yang menggunakan bahasa Sunda:

1. Ulah miceun runtah di dieu (wawaran dengan menggunakan kalimat larangan)

2. Peupeujeuh hidep ulah nepi ka kajiret ku NARKOBA, sabab NARKOBA teh tetela musuh urang sarerea (iklan layanan masyarakat)

11. contoh iklan disakola bahasa sunda,iklan komersial sareng gambarna,,iklan layanan masyarakat…..ngangge bahasa sunda…

euweuh unsur produk,boh barang boh jasa

12. Buat iklan layanan masyarakat dengan bahasa sunda

kadie atuh meli balanjaan sakola barudak..produk nana teh meni canggih
jeng berkualitas

13. contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa sunda

Iklan layanan masyarakat dapat berupa poster, spanduk atau dalam bentuk yang lebih besar lagi. Iklan layanan masyarakat biasa ditempatkan pada tempat umum yang strategis dan mudah terlihat. Iklan layanan masyarakat tidak perlu ditempatkan pada lokasi atau tempat yang ada hubungannya dengan isi iklan layanan masyarakat tersebut. Isi layanan masyarakat biasanya berupa ajakan seperti ajakan untuk menjauhi narkoba, ajakan untuk membayar pajak, ajakan menjadi donor darah dan sebagainya.

Iklan layanan masyarakat berbeda dengan wawaran. Wawaran adalah tulisan yang dibuat relatif lebih kecil dari pada iklan layanan masyarakat. Wawaran ditempatkan atau ditempel pada tempat yang ada hubungannya dengan isi wawaran tersebut. Wawaran misalnya ditempel di dinding sekolah, mesjid, bandara, mall dan sebagainya.Wawaran berisi perintah, larangan atau ajakan, seperti perintan untuk menutup pintu, larangan membuang sampah atau ajakan untuk menjaga kebersihan.

Contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa Sunda :

1. Masarakat nu boga martabat tangtu taat mayar pajak !
2. Narkoba musuh bangsa, musuh urang sarerea !
3. Hayu urang ngamumule budaya sareng basa Sunda !.

14. contoh iklan layanan masyarakat dalam bahasa sundaTolong dijawab ….

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi kalimat ajakan dari pemerintah atau organisasi lain kepada masyarakat umum untuk mengajak melakukan suatu pekerjaan yang ada hubungannya dengan program yang dibuat oleh pemerintah atau ada hubungannya dengan kepentingan masyarakat.

Iklan layanan masyarakat, supaya menarik, biasanya selain diisi dengan tulisan, juga dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi yang menarik. Iklan layanan masyarakat biasanya ditempatkan di tempat umum yang strategis. Di bawah ini adalah contoh iklan layanan masyarakat yang menggunakan bahasa Sunda :

1. Hayu urang taat dina mayar pajak, sabab pajak perlu pikeun kamajuan masarakat!.
2. Peupeujeuh ka para pamuda ulah nepi ka kajiret ku narkoba. Narkoba teh musuh urang sarerea!.

15. buatlah beberapa contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda​

Jawaban:

-Jauhkeun Narkoba, Jadikeun Bangsa Sinareng Nagara Aman tur tentrem salawasna

-Hirup sehat tanpa roko, Jauhkeun Roko ti ayeuna ogé

-Hejo alam kuring, tengtrem hirup kuring

Penjelasan:

Maaf bila ada kesalahan/Jawaban saya yang kurang memuaskan

16. Contoh iklan layanan masyarakat bahasa Sunda beserta gambarnya

“Narkoba ngan ukur ngaruksak mangsa harep salira, ulah daék nyoba-nyoba!”

“Narkoba bisa ngajauhkeun urang ti jalmi-jalmi nu mikanyaah urang.”

maaf saya tidak bisa kasih fotonya

17. buatlah contoh iklan layanan masyarakat berbahasa sunda​

Jawaban:

klo ini bikin sendiri kan posternya dari tanah kalian sendiri masa dibikin

18. bahasa sunda tentang iklan layanan masyarakat

Iklan Jasa Masyarakat (itu Bahasa Sunda)
miceun runtah katempatna

19. contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda tentang pentingnya membaca buku​

hayu ah ngabaca buku Sunda meh pinter

maaf ya kalau salah soal nya gak terlalu bisa bahasa Sunda

Video Terkait