Contoh Paragraf Kohesi Dan Koherensi Tentang Pendidikan

  Edukasi
Contoh Paragraf Kohesi Dan Koherensi Tentang Pendidikan

Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema pendidikan di Indonesia​​​​

Daftar Isi

1. Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema pendidikan di Indonesia​​​​

Jawaban:

sistem pendidikan di indonesia masih tertinggal. hal itu dikarenakan indonesia kekurangan SDM unggul (kohesi)

indonesia masih tertinggal dalam bidang pendidikan. Namun jika siswa terus belajar dengan giat, maka tak heran indonesia akan memilik SDM unggul.

2. Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema
pendidikan di Indonesia​​

Jawaban:

sistem pendidikan di indonesia masih tertinggal. hal itu dikarenakan indonesia kekurangan SDM unggul (kohesi)

indonesia masih tertinggal dalam bidang pendidikan. Namun jika siswa terus belajar dengan giat, maka tak heran indonesia akan memilik SDM unggul

3. Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema pendidikan di Indonesia​

Penjelasan:

sistem pendidikan di indonesia masih tertinggal. hal itu dikarenakan indonesia kekurangan SDM unggul (kohesi)

indonesia masih tertinggal dalam bidang pendidikan. Namun jika siswa terus belajar dengan giat, maka tak heran indonesia akan memilik SDM unggul

4. Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema pendidikan di Indonesia​​​​….TOLONG DIJAWAB BESOK DIKUMPULKAN​

Kohesi (kesatuan) dan koherensi (kepaduan) merupakan unsur-unsur yang menentukan kualitas suatu paragraf. Kesatuan dalam paragraf dapat terjadi jika kalimat-kalimat yang termuat di dalam paragraf tetap dikendalikan oleh gagasan utama. Sedangkan, kepaduan pada suatu paragraf dapat terjadi jika kalimat-kalimat yang termuat di dalam paragraf berupa kalimat yang logis dan berkaitan satu sama lain dalam mendukung gagasan utama tersebut. Berikut ini merupakan contoh kalimat kohesi dan konherensi:

1. Pak Andi mengajar bahasa indonesia dan prakarya. Pelajaran tersebut merupakan pelajaran yang dikuasainya dan mampu diajarkannya dengan baik.

Pada contoh tersebut, dalam kalimat kedua terdapat kata – kata “pelajaran tersebut” yang maksudnya adalah pelajaran “bahasa indonesia dan prakarya”, menunjukkan kedua kalimat tersebut memiliki kohesi.

2. Telepon guru berdering saat pelajaran berlangsung. Hal itu mengganggu kegiatan belajar siswa.

Pada contoh tersebut terdapat kata “hal itu” yang menunjukkan kejadian telepon guru yang berdering.

3. Bapak dan ibu berangkat ke kantor bersama menggunakan mobil. Mereka berangkat di pagi hari sebelum saya berangkat ke sekolah.

5. buatlah sebuah paragraf yang memenuhi unsur kohesi dan koherensi dengan topik “Pentingnya Pendidikan Modern”

untuk belajar seperti brainly ini jika kita kesulitan mengerjakan pr bisa dibantu oleh brainly

maaf ya kalau salah

6. pengertian kohesi dan koherensi paragraf?

Kohesi itu keterpaduan Bentuk
Kalau koherensi itu kepaduan Makna

Semoga membantu

7. Buatlah sebuah paragraf kohesi dan koherensi​

Jawaban:

Paragraf Kohesi:

Keluarga adalah aset terbesar yang harus dijaga dengan baik. Kebersamaan, kasih sayang, dan ikatan emosional yang kuat merupakan hal yang dapat menjaga keutuhan dan kesejahteraan keluarga. Setiap anggota keluarga harus saling mendukung dan menghargai satu sama lain agar hubungan tetap kuat. Kegiatan bersama dan berbagi cerita dapat membantu membangun ikatan emosional yang lebih kuat antar anggota keluarga. Kuncinya adalah menjaga kebersamaan dan saling bersikap hormat. Dengan cara ini, keluarga dapat bertahan dan tetap bahagia.

Paragraf Koherensi:

Kebutuhan akan komunikasi yang efektif di dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana komunikasi dapat dioptimalkan. Ini berarti kita harus memahami bagaimana berbicara, mendengarkan, dan menulis dengan benar. Jika kita mampu melakukan komunikasi dengan baik, kita dapat meningkatkan kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan menghargai orang lain. Dengan demikian, kita dapat menciptakan komunikasi yang saling menghormati dan kondusif.

Pesan:

Semoga BermanfaatJangan lupa bintang 5 dan love nya yahhhJadikan jawaban ini teratas dan terbaik

8. Contoh paragraf yang memiliki kalimat kohesi dan koherensi

Jawaban:Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Akibatnya, impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998.

Penjelasan:

9. buatlah 2 paragraf kohesi dan koherensi

Kohesi :
Suasana Rumah Surti, ibu rumah tangga yang sukses, tampak begitu menyeramkan. Dulu, rumahnya pernah disewa oleh seseorang. Rumahnya jadi tempat tewasnya dua anak beserta ibunya. Tumbuhan liar di tembok dan pohon besar di halaman depan rumahnya menambah keseraman di sekitarnya. Semenjak kejadian itu rumahnya sudah tidak ada lagi yang menempati. Kerabat-kerabatnya tidak ada yang mau menempati rumahnya. Akhirnya Surti membiarkan rumahnya tidak ada yang menempati dan tidak ada yang merawatnya. Ketika malam tiba tidak ada yang berani lewat di depan rumahnya. Namun, pernah ada seorang remaja lewat rumahnya. 
Betapa mengejutkan, terlihat sesosok Kuntilanak dan dua anak kecil di beranda rumahnya. Setelah kejadian itu kini rumahnya sudah dianggap angker oleh para warga di sekitarnya. Setiap malam sesosok makhluk halus itu muncul di rumahnya.
Dibuat oleh Ahmad Sugi Ajirianto

Koherensi :
Para remaja zaman sekarang sudah tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar. Mereka lebih memilih untuk memakai bahasa asing dan bahasa daerah. Terkadang mereka memakai bahasanya sendiri yang awalnya baku menjadi tidak baku. Bahasa memang mudah berkembang, tetapi setidaknya mereka menggunakan bahasa yang baik dan benar. Mereka kenal dan tahu kata-kata baru dalam bahasa Indonesia. Tetapi, mereka tidak tahu mana yang baku dan mana yang tidak baku. Jika tidak mempunyai kesadaran masing-masing, bisa-bisa bahasa Indonesia yang dulu dan sekarang berbeda. Bahasa Indonesia yang sekarang di posisi 4 dari bahasa-bahasa yang dipelajari negara-negara di dunia, mungkin akan turun dari posisi 4. Bahkan orang dari negara lain yang mempelajari bahasa Indonesia ketika datang ke Indonesia akan kecewa, karena apa yang mereka pelajari berbeda dengan bahasa Indonesia yang baru.
Dibuat oleh Ahmad Sugi Ajirianto

10. Paragraf yang berkohesi dan berkoherensi

Jawaban:

Paragraf yang kohesif dan koheren adalah paragraf yang seluruh ide penjelas di dalamnya dikendalikan oleh sebuah ide utama (kohesif) dan seluruh gagasan di dalamnya saling berkaitan satu sama lain (koheren).

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan satu contoh paragraf yang kohesif dan koheren. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaant ersebut.

CONTOH PARAGRAF KOHESIF DAN KOHEREN

Indonesia merupakan negara majemuk. Di Indonesia, keragaman tak hanya terjadi dari segi jenis kelamin maupun suku, tetapi juga agama, pendidikan, status ekonomi, status pernikahan, pekerjaan, pemikiran, dan lain sebagainya. Meski begitu, kemajemukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah lama tidak dipandang sebagai ajang untuk mencari perpecahan, melainkan alasan kuat yang mendorong lahirnya persatuan sebagai sesama anak bangsa.

< p>

11. Contoh paragraf yang tidak memenuhi syarat kohesi dan koherensi

paragraf yang tidak memenuhi kohesi dan koherensi itu berarti kalimat yang terpisah-pisah/tidak saling berhubungan. contohnya nanti ya…saya ada tugas yang harus dikerjakan.

12. Buatlah contoh paragraf yang menunjukkan terdapatnya kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf dengan tema pendidikan di Indonesia​​​

sistem pendidikan di indonesia masih tertinggal. hal itu dikarenakan indonesia kekurangan SDM unggul (kohesi)

indonesia masih tertinggal dalam bidang pendidikan. Namun jika siswa terus belajar dengan giat, maka tak heran indonesia akan memilik SDM unggul

13. jelaskan perbedaan kohesi dan koherensi dalam paragraf dan berikan contohnya

Perbedaan antara kohesi dan koherensi pada sesuatu yang terpadu atau yang berpadu. Pada kohesi, yang terpadu adalah unsur-unsur lahiriah teks, termasuk struktur lahir (tata bahasa). Penggalan teks percakapan dua orang berikut dapat dijadikan contoh.
“Hei, apa kabar?” “Oh, kamu. Kabar baik. Tinggal di mana? Masih di tempat yang dulu?” “Iya, di situlah saya tinggal sampai sekarang.” Contoh Koherensi
Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan mambaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif.
Paragraf di atas dikatakan tidak koheren karena terdapat satu kalimat yang melenceng dari gagasan utamanya yaitu kalimat yang dicetak tebal.

14. CONTOH DARI PARAGRAF KOHESI DAN KOHERENSI​

kohesi :

Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998. swasembada pangan tercapai pada tahun 1984, pada tahun 1985, kita mengekspor sebesar 371,3 ribu ton beras, bahkan 530,7 ribu ton pada tahun 1993. pada tahun 1994, neraca perdagangan beras kita tekor 400 ribu ton. Impor beras meningkat dan pada tahun 1997 mencapai 2,5 juta ton.

Koherensi :

Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan mambaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif.

15. contoh paragraf kohesi dan koherensi tema listrik​

Jawaban:

Tema listrik memainkan peran sentral dalam dunia modern, mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita. Dalam bidang energi, listrik menjadi tulang punggung infrastruktur ekonomi dan industri. Selain itu, aplikasi listrik yang semakin luas, seperti kendaraan listrik dan perangkat rumah tangga pintar, mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi sehari-hari. Meskipun keberadaannya begitu penting, penggunaan listrik juga memicu pertimbangan lingkungan yang tak dapat diabaikan. Oleh karena itu, upaya untuk mengoptimalkan efisiensi energi dan mengadopsi sumber energi terbarukan semakin menjadi fokus dalam menjaga kohesi antara kebutuhan listrik dan dampaknya pada lingkungan serta masyarakat secara keseluruhan.

Penjelasan:

semoga Membantu

16. paragraf terbaik dalam kohesi dan koherensi p. pendidikan itu persiapan masa depan kita ?​

Jawaban:

koherensi adalah kepaduan makna. Teks atau wacana yang kohesif berarti setiap unsur lahirnya terpadu secara internal dalam satuan teks tersebut.

Kohesi dan koherensi mempunyai peran yaitu untuk memelihara keterkaitan antarkalimat, sehingga wacana menjadi padu, tidak hanya sekumpulan kalimat yang setiap kalimat mengandung pokok pembicaraan yang berbeda

Penjelasan:

maaf kalo salah

17. contoh paragraf koherensi dan kohesi?

Jawaban:

Kepaduan Makna (Koherensi)

Suatu paragfraf dikatakan koheren, apabila ada kekompakan antara gagasan yang dikemukakan kalimat yang satu dengan yang lainnya. Kalimat-kalimatnya memiliki hubungan timbal balik serta secara bersama-sama membahas satu gagasan utama. Tidak dijumpai satu pun kalimat yang menyimpang dari gagasan utama ataupun loncatan-loncatan pikiran yang membingungkan.

Contoh:

Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan mambaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif.

Paragraf di atas dikatakan tidak koheren karena terdapat satu kalimat yang melenceng dari gagasan utamanya yaitu kalimat yang dicetak tebal.

Keterpaduan Bentuk (Kohesi)

Apabila koherensi berhubungan dengan isi, maka kohesi atau keterpaduan bentuk berkaitan dengan penggunaan kata-katanya. Bisa saja satu paragraf mengemukakan satu gagasan utama, namun belum tentu paragraf tersebut dikatakan kohesif jika kata-katanya tidak padu.

Contoh:

Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998. swasembada pangan tercapai pada tahun 1984, pada tahun 1985, kita mengekspor sebesar 371,3 ribu ton beras, bahkan 530,7 ribu ton pada tahun 1993. pada tahun 1994, neraca perdagangan beras kita tekor 400 ribu ton. Impor beras meningkat dan pada tahun 1997 mencapai 2,5 juta ton.

Paragraf di atas mengemukakan satu gagasan utama, yaitu mengenai masalah naik turunnya produksi beras Indonesia. Dengan demikian koherensi kalimat tersebut sudah terpenuhi, namun paragraf tersebut dikatakan tidak memiliki kohesivitas yang baik sehingga gagasan tersebut sulit dipahami. Paragraf tersebut perlu diperbaiki, misalnya dengan memberikan kata perangkai seperti berikut ini.

Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Akibatnya, impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998. Sesudah swasembada pangan tercapai pada tahun 1984, pada tahun 1985, kita mengekspor sebesar 371,3 ribu ton beras, bahkan 530,7 ribu ton pada tahun 1993. Akan tetapi, pada tahun 1994, neraca perdagangan beras kita tekor 400 ribu ton. Sejak itu, impor beras meningkat dan pada tahun 1997 mencapai 2,5 juta ton.

18. Tuliskan masing-masing 1 contoh paragraf kohesi dan koherensi dengan tema pendidikan dan kesehatan ! Tolong dibantu ya kak

Jawaban:

kohesi, pak guru mengajar atematka dan bahasa inggris. elajaran itu dikuasai dengan baik

bapak dan ibu sudah berangkat. mereka naik mobil listrik buatan indonesia

koherensi, ibu (mengetuk pintu kamar) ada telepon dari agus, bapak(sedang memakai parfum) iya tunggu sebentar

Penjelasan:

semoga membantu

19. Contoh paragraf yang memenuhi syarat kohesi dan koherensi

Jawaban:

Syarat sebuah paragraf adalah adanya kesatuan (kohesi) dan kepaduan koherensi. Kesatuan dan kepaduan juga menjadi ciri paragraf yang baik. Artinya, jika paragraf hanya memiliki salah satu syarat tersebut atau tidak memiliki keduanya, maka paragraf tersebut adalah paragraf yang buruk. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai syarat paragraf.

Penjelasan:

Maaf Kalo Salah

Video Terkait